Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

T R U S T



OLeh : Ustadz Aly Arasy


بسم الله الرحمن الرحيم
*SAAT KU COBA MEMBUKA HATI*
```Membangun Kepercayaan (Making the Trust)```
Membuka hati untuk orang baru setelah perpisahan yang menyakitkan bukan perkara gampang. Tak hanya perlu waktu, perlu pula niat dan keberanian demi turun kembali arena perjuangan yang baru.
Untukmu yang hingga hari ini belum bisa membuka hati, tak ada yang salah denganmu. Kamu berhak punya waktu untuk menikmati sepi, merayakan kesendirian terlebih dulu. Tulisan ini dibuat untukmu.
*Halo, kamu yang masih terbayang-bayang indahnya pertemuan?*
*Apakah kamu masih mengulang adegan kalian berjabat tangan?*
*Apakah kamu masih terus membayangkan sungging bibirnya yang tersenyum saat melihatmu datang?*
Dia yang dulu kamu gadang-gadang sebagai cinta sejati itu kini tak hadir lagi. Pertimbangan panjang dan kalkulasi menghasilkan kata *pergi*.
Orang bilang meninggalkan dan ditinggalkan adalah bagian tak terpisahkan dari pertemuan. *Tapi bagimu, perpisahan ini siksaan. Neraka yang terwujud dalam bentuk helaan napas konstan*.
_Kamu cuma patah hati, putus cinta, patah arang, bukan mati_, begitu ujar mereka yang bermaksud menyemangatimu.
Mereka tak pernah tahu, kamu adalah manusia yang hanya bisa jatuh cinta sekali-setengah mati-lalu tak bisa lagi. Bagimu jatuh cinta tidaklah beda dari proses terjun bebas dari Air Terjun Niagara. Seumur hidup, kegilaan itu hanya bisa dilakukan sekali.
Sebab kemungkinannya kamu berhasil lalu enggan mempertaruhkan nyawa lagi, atau bahkan cedera parah hingga harus mati.
Jika perpisahan ini adalah mimpi buruk, kamu jelas memilih untuk tidak lagi tidur seumur hidup. Insomnia akut, atau bahkan mengikuti jejak Bella Swan jadi Vampir yang bisa terjaga sepanjang waktu.
Hatimu cuma satu, perpisahan habis menggerogotinya sampai kamu tak lagi bisa meraba bentuk aslinya.
〰〰〰
_If you're brave enough to say goodbye, life will reward you with a new hello_ (Paulo Coelho)
Orang-orang di sekitar menenangkanmu dengan berkata bahwa orang baru akan tiba. Dia yang kelak datang bisa membuatmu melupakan semua perih yang kini kamu rasakan. Pertanyaannya!!!
*Bagaimana jika hatimu yang sudah mati? Ruangannya ludes diakuisisi cinta sebelumnya yang tak mau kembali*
Kata mereka lagi,
*Kamu harus berani. Turunkan bentengmu, bukalah hatimu. Bagaimana bisa kamu dicintai kalau kamu tidak berusaha mencintai orang lain lebih dulu?*
```Rasa-rasanya kamu ingin berteriak dan menyuruh mereka semua diam. Mereka memintamu membuka hati, mereka menceramahimu agar segera menemukan keberanian, beranikah mereka menjamin nyeri itu tak akan lagi datang?```
Orang yang tak mengerti amat mungkin memandangmu sebagai pengecut yang terlalu takut untuk kembali membuka diri. Satu yang luput dari pandangan mereka, kamu yang terlihat lemah saat ini sesungguhnya adalah pribadi yang berani. Menyudahi perasaan bukanlah perkara mudah. Ibarat pecandu narkoba, kamu perlu sakaw sekian lama sebelum benar-benar sembuh sepenuhnya.
Saat ini, rasa sakit itu jelas masih ada. Hanya saja, kamu sudah bisa memperlakukannya sebagai cinderamata yang kamu dapatkan dari perjalanan sebelumnya.
Kamu sudah akrab pada perihnya menahan rindu seorang diri, membawa keinginan bertemu hingga terproyeksi dalam mimpi, kamu makin bersahabat dengan sepi yang datang-pergi sesuka hati.
*Kamu lelah, tapi tidak menyerah*.
*Untukmu, yang memilih bertahan dalam kesepian*
_Love when you're ready, not when you're lonely_ (Unknown)
Bohong jika kamu bilang kamu tidak kesepian. Di malam-malam saat kamu terjaga sendirian, kamu masih sering membayangkan nyamannya dekapannya. Hangatnya bergelung pada jarak antara leher dan bahunya.
Jika kenyamanan berbaring di sisinya bisa dibayar dengan uang, akan rela kau gadaikan semua yang kau miliki demi mengulang sensasi itu semalam lagi.
```Tapi bagimu, sepi kali ini tak perlu buru-buru minta diisi. Kamu mengerti bahwa dirimu butuh waktu sendiri demi kembali mempersiapkan diri. Bagimu yang sempat terluka, kebahagiaan bukan lagi perkara menjalani hidup berdua dengan dia yang kamu cinta. Pengalamanmu mengajarkan, perasaan tidak bisa selamanya diandalkan.
Hal paling penting saat ini adalah menemukan dia yang bisa dijadikan sandaran```.
```Kamu memilih lebih sering memeluk diri sendiri dibanding mencari lengan yang bisa sejenak menawarkan kehangatan di malam-malam sepi. Saat tak ada yang bisa diajak berbagi cerita, kamu dengan besar hati membuka catatan dan laptopmu, menuangkan segala hal yang kamu rasakan di sana```.
Kebersamaan tak selamanya menyelamatkan. Kali ini, kesendirian memang terasa jauh lebih nyaman. Bagimu, sepi macam ini rasanya bisa memberikan pengharapan. Dengan atau tanpa pendampingan, kamu tetap bisa berkembang menjadi sebaik-baik pribadi. Lewat perjalanan ini kamu sedang dididik Tuhan untuk jadi manusia yang lebih punya hati.
*Jika masih ada kesempatan untuk kembali membuka hati, nanti, kamu hanya berharap kesalahan yang sama tidak perlu terulang lagi. Cukuplah sekali saja sepi menyisakan lubang yang perlu setumpuk hari untuk menutupnya kembali*.
_Kamu juga perlu mempersiapkan diri untuk cintamu yang baru_.
_Bagimu yang kini percaya bahwa cinta bukan lagi perkara menemukan_,
_Love is not just about finding a good partner, it is also about being a good one_ (Unknown)
🌸 Selamat menyambut hubungan yang baru dengan terus memperbaiki diri. Kejarlah mimpi-mimpimu, penuhilah segala impian dan pencapaian pribadi yang selama ini hanya menjadi angan-angan semu. Tumbuhlah jadi sebaik-baik individu, seseorang yang lebih dulu mencintai diri sendiri sebelum bisa dicintai oleh orang baru dalam hidupmu.
Ruang perubahan ini memang pengap dan tidak nyaman. Tapi kumohon, bersabarlah. Do'a banyak-banyak. Do'a menguatkanmu. Do'amu, mengasihinya. Do'a, jadi pemberat kakimu meluncur dalam ekstase perubahan. Aku menantimu di ujung lorong ini. Ah, sudah terbayang betapa rupawan dirimu nanti.
```Lukamu itu tak perlu disesali. Bilur-bilur yang tertinggal di hatimu justru menjadi bukti bahwa kamu pernah berjuang sekeras itu untuk kembali menemukan diri sendiri. Saat cinta dan dia yang baru kelak sudah bisa kau terima lagi, dekap ia erat-erat seperti selama ini kau melindungi hatimu sendiri```.
📝
*Broken Heart*
When hidden from the world, is not give the chance
To befriended, to be loved, to be healed
Share your heart
Even if it is in pieces
🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
💘TaNYa JaWaB💘
0⃣1⃣ Nafisah
Gimn caranya memulai yang baru sementara sakitnya tuh masih disni,💔
Karena ada yang bilang, mencintaimu hanya butuh 5 menit.
Melupakanmu butuh bertahun" bahkan hampir separuh umur!
🌸Jawab:
Tidak mudah dan butuh perjuangan ekstra keras, pengorbanan yang besar juga,
Baik dari sisi yang punya hati, maupun yang mencintai ...
Cinta itu berat, karena harus dirasakan dan harus dibuktikan, dan semua itu butuh proses panjang
Benar sekali, mencintai hanya butuh 5 menit, tapi melupakan rasa sakit itu yang berat
Namun satu waktu mesti akan ada seseorang yang hadir dan membawa semua rasa yang diharapkan, meski awalnya ada penolakan, namun jika takdir menentukan mereka harus bersama, pasti akan luluh juga.
Ibarat badai dan karang, satu waktu mesti mereka akan berdamai
Waktu ... proses ... sabar ... ikhlas ...
0⃣2⃣ iMa
Cara tegas melupakan kenangan bagaimana tadz,,,
Dan sebenarnya kenangan di masa lalu itu harus dilupakan atau di pendam ya tadz.....
Dan seumpama kita mau memulai dengan yang baru terus yang lama tiba" datang mengusik hati kita lagi..
Kita harus meyikapi bagaimna tadz?
🌸Jawab:
Bukan dilupakan, tapi berdamai dengan semua kenangan itu, mencari hikmah di semua cerita yang terjadi
Teringat, takut terulang wajar ...
Manusiawi karena kita bukan malaikat
_Besarnya pahala sesuai dengan besarnya ujian dan cobaan. Sesungguhnya Allah تعالى bila menyenangi suatu kaum Allah menguji mereka. Barangsiapa bersabar maka baginya manfaat kesabarannya dan barangsiapa murka maka baginya murka Allah_ (HR. Tirmidzi)
0⃣3⃣ Sari
Gimana biar bisa menjauh😁
Sementara si dia masih suka menghubungi padahal sudah lumayan lama selesai hubungannya, apa harus dihapus pertemanan di semua sosmed hehe...
🌸Jawab:
Socmed kita saja yang ditutup, emang bisa ...
Susah kayanya ya karena dunia saat ini udah berubah, real life udah ketarik ke dumay 🙈
Sebenarnya ketika sang mantan menghubungi, jika sifatnya tidak penting ya jangan ditanggapi, kalau sekedar _say hello_ ayam jago juga tiap pagi berkokok 😅
Jangan sungkan untuk tidak menanggapi hal yang tidak jelas
Dikatakan sombong, biarkan saja
0⃣4⃣ Key
Afwan ada titipan pertanyaan,
Jodoh itu takdir yang bisa dirubah atau tidak?
🌸Jodoh:
Berjodoh atau tidak selama di dunia, itu tidak bisa diubah.
Namun, siapa jodoh kita, itu bisa diusahakan, tentu setiap orang ingin mendapatkan jodoh terbaik baginya, maka ia harus ikhtiar untuk mendapatkannya dan senantiasa berdo'a juga memohon kepada Allah
0⃣5⃣ Nji
Bagaimana cara terbaik menghibur sahabat yang patah hati ?
Sebagai seorang sahabat apa yang harus dilakukan saat ia selalu mengatakan dan mengungkapkan perihnya dilukai dan ditinggalkan saat hubungan sudah mengarah kepada keseriusan!
🌸Jawab:
Relatif tergantung bagaimana orangnya dan seperti apa ia menganggap kita
Karena tidak semua nasehat dari seorang sahabat akan didengarkan oleh sahabatnya, kadang ada yang cukup kita sebagai seorang pendengar yang baik, kadang ada juga seorang sahabat yang dibutuhkan tindakannya karena ia memang dianggap mampu melindubginya, adapula yang berfungsi sebagai tempat ia bertanya dan meminta nasehat.
Sadarilah kita diposisi yang mana baginya, jangan berlebihan
0⃣6⃣ Neng
Ustadz bagaimana caranya membangun kepercayaan ke teman sendiri...
Karena neng kadang jengkel, dia menghubungi Qta ketika ada maunya dalam hal pinjam uang...
Tetapi giliran Qta perlu (nagih hutang) Eh dia menghindar...
Tapi itu sering banget ustadz malah jadi kebiasaan dia...
Kalau dipikir-pikir dia sudah punya suami yang mapan, kok masih kurang ya😞
🌸Jawab:
Jadilah sahabat yang baik untuknya,
Dalam artian jujurlah
Katakan padanya, untuk sharing pendapat kita akan membantunya.
Namun, untuk urusan hutang kita tak akan meminjamkan uang lagi padanya.
Satu masa kita harus memukulnya dengan keras, agar ia sadar akan kesalahannya
0⃣7⃣ Rina
Apabila telah disakiti lalu masih berharap kembali hingga lelah dan memutuskan untuk menyudahi harapan ini, namun saat keputusan itu diambil malah membuat semakin sakit
Pertanyaannya sah kah kita teruss mengharapkan dia walaupun telah melukai hati ini ?
🌸Jawab:
Pasal rasa tidak pernah ada yang salah
Ada orang yang jiwanya sangat pemaaf, bahkan berkali-kali ia disakiti oleh orang yang sama, ia tetap bertahan
Ia rapuh sebenarnya, sama dengan yang lainnya, namun ia tetap mencoba dan berusaha ikhlas dan ikhtiar serta berdo'a agar Allah menyadarkan orang yang ia cintai tadi.
Namun jika memang tak mampu, mundurlah, jangan memaksakan hal yang di luar kemampuan kita, apalagi terhadap orang yang sama, yang jelas-jelas selalu menyakiti kita.
0⃣8⃣ Hanny
1. Tadz,, bagaimana menumbuhkan kepercayaan pada orang lain or sahabat tapi qta sendiri tidak percaya padai diri n kemampuan diri???
2. Apa Dampak negatif harapan tanpa kepercayaan ?
3. Bagaimana dan sikap apa yang terpenting untuk mencapai harapan ?
🌸Jawab:
1. *Pertama* tanamankan rasa percaya itu, ketulusan seorang sahabat akan berbeda dengan sekedar seorang kawan, sadarilah itu, seorang sahabat bahkan rela ia yang tersakiti asal sahabatnya bahagia.
*Berbeda* dengan seorang kawan, seorang kawan banyak mengenakan topeng kepalsuan di depan kita sedih tapi di belakang menentawakan kita, kenali mana yang sahabat mana yang kawan, jika sudah bertemu sahabat, rangkul erat ia dan jangan pernah dilepaskan.
2. *Kedua* harapan tanpa kepercayaan, sama dengan kesia-siaan ...
Karena harapan tanpa kepercayaan tidak akan bisa terwujud, ia akan gugur saat proses untuk mewujudkan harapan itu berlangsung, karena diliputi sejuta keraguan yang membuatnya selalu terhenyak dan terjatuh kembali.
3. *Ketiga* semangat meraih impian.
إِنَّ اللّهَ لاَ يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنْفُسِهِمْ
_Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri_ (QS. Ar Ra'd : 11)
0⃣9⃣ Siska
Kalau berpisah, tapi tetep temenan bagaimana ustadz?
🌸Jawab:
Non mahram?!
Teman seperti apa, kalau ndak ada kepentingan 📛
Kalau sama-sama wanita, tetep temenan aja kaya bisa, senyum salam sapa, bicara seperlunya
1⃣0⃣ Nafisah
Ada sahabat, sudah baik tapi selalu dimanfaatkn buat kepentingan dia, ada aja alasannya. Pertama bilang pinjam, kedua pinjam.
Tapi gak pernah dibalikin. Ke tiga juga gitu Lama" saya pikir emang aq ini mesin ATM dia apa!!!
Bagaimana cara nolaknya tadz!
🌸Jawab:
Lihat jawaban no 0⃣6⃣
1⃣1⃣ Chie
Ustadz, bagaimana menumbuhkan kepercayaan terhadap orang lain saat ia di masa lampau telah melukai kita?
🌸Jawab:
Lawan jenis kah?
Kalau lawan jenis santai saja, kalau ndak ada kepentingan yang harus dengannya ya sekedarnya saja.
Kalau sesama jenis, kalau ketemu senyum salam sapa
Senada ama no 0⃣9⃣
1⃣2⃣ Nurul
Ustadz, bagaimana caranya berdamai dengan keadaan?
Cara belajar ikhlas juga ustadz.
🌸Jawab:
Sabar tanpa batas dan tepi, yakinlah semua adalah qadarullah yang harus dijalani dan dilewati
1⃣3⃣ Sri
Ustadz.. Bagaimana cara mempertahankan kepercayaan saat bimbang/kecewa datang?
Ana sedang berkomitmen dengan *in syaa allah* calon suami ana, dulu kan pernah pacaran dan yang paling di tuntut itu komunikasi.
Sekarangg *in syaa allah* ta'aruf dan dalam 1 bulan bisa dihitung hanya berapa kali juga hanya membicarakan hal yang menuju kepernikahan..
Sedang pikiran negatif sering sekali mampir di pikiran ana😓
Jazaakallahu khayr ustadz.
🌸Jawab:
Kalau mau nikah emang gitu, berjuta keraguan akan merajai hati,
Banyak-banyak istighfar
1⃣4⃣ Devi
Ustadz, bagaimana cara menumbuhkan kepercayaan itu pak ustadz.
Terkadang kita tak terlalu percaya apabila sering dikecewakan..
🌸Jawab:
Sabar ikhlas tawakkal
1⃣5⃣ Ayu
Ustadz, menurut ustadz, Gimana sih cara menjaga kepercayaan orangtua, ingin menyampaikan kedua ortu tentang hal menikah dan akan segera dilamar dan insyaallah saya siap dalam menjalankan ibadah ini, sedangkan orangtua minta jangan terburu", dan sedangkan pihak laki" sedang mencari kerja tetapi berpendidikan tinggi.
Apa kita harus menuruti kedua orangtua?
Jika iyaa / tidak bagaimana menjaga kepercayaan nya?
🌸Jawab:
Menikah itu tidak mudah, ujian berat dimulai saat ijab-qabul.
Orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anak mereka, saran ana taatlah pada mereka
1⃣6⃣ Nuring
Disaat orang sakit hati sama kita , kita dak tahu salah kita , gimana menurutt ustadz apa yang harus kita perbuat???
🌸Jawab:
Instropeksi, tabayyun
Minta maaf padanya dengan tulus berbuat baik padanya sesuai kadar kemampuan kita,
MasyaaAllah ustadz, terus bagaimana pula caranya membuat ia percaya ustadz?
🌸Sabar dengan semua proses untuk menyakinkan dirinya.
1⃣7⃣ Hanny
Bagamana mengembalikan kepercayaan setelah ketahuan berbohong???
🌸Jawab:
Instropeksi diri kita, jangan hanya menyalahkan orang lain yang sudah berbohong pada diri kita, bisa saja karena kita mereka harus berbohong
1⃣8⃣ Reni
Bicara tentang Trust kadang kepercayaan sudah menjadi hal yang bisa di salah gunakan....
Ada beberapa kejadian di kantor ane banyak orang yang kerjaannya menurut ane sangat bagus sanggup pegang beberapa kerjaan tapi masih bisa dijatuhkan dengan yang iri, nah ustadz supaya kita terhindar dari orang" seperti itu gimna yaa?
Karena mereka orang kepercayaan atasan langsung....
Kalau dibiarin trus khawatir banyak yang kena imbasnya,
Selain berdoa dan ikhtiar apa yaa ustadz?
Afwan oot
🌸Jawab:
Semua pekerjaan yang kita lakukan pastikan sesuai SOP
Rekam semuanya, bahkan kalau perlu ada bukti fisik,
Sehingga saat ada yang memfitnah, keluarkan semua bukti itu
1⃣9⃣ Novie
Ustadz bagaimana jika ada teman akrab tapi dia malah suka membicarakan tentang saya di belakang, bagaimana saya menyikapi, pegal, usianya lebih tua dari saya😇
🌸Jawab:
Tabayyun 4 mata dengannya, ingat teman bukan sahabat, seorang teman bisa menyodok kita dari belakang
2⃣0⃣ Sri
Na'am ustadz..
Lalu bagaimana solusinya supaya bisa tetap percaya, positif thinking dan yakin kalau beliau bisa komitmen!
🌸Jawab:
ikhlas ...
🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
💘CLoSiNG STaTeMeNT💘
Ana suka sebuah *Quotes* perihal Kepercayaan ...
_Sebuah kepercayaan itu layaknya kertas, sekali saja kertas itu teremas dan kusut ..._
*Ia memamg akan kembali kebentuk semua, namun sayangnya tidak akan bisa semupurna*

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel