Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

Suamiku Tak Romantis Lagi



OLeh : Ustadz Erwan Wahyu Wibowo

Eheemmmm ada semacam mitos yang g bener tentang romantisme yang luntur seiring bertambahnya usia pernikahan.
Kalau menurut saya romantisme seiring bertambahnya usia pernikahan itu dak luntur or berkurang. Romantisme itu hanya berubah bentuknya.
Yang sering jadi Alasan berkurangnya romantisme kan contoh seperti ini:
*Dulu pas awal" nikah kalau isteri kesandung, suami segera megangi dan bilang: kamu dak pa pa sayang? Gak ada yang luka kan? Ati" ya kalau jalan*
Kalau udah nikah lumayan lama jadi kek gini:
*Jalan itu pakai mata dunk, nyandung kan*
Isteri dak mau kalah:
*Jalan ya pakai kaki lah*
Eit tapi cerita belum selesai
*Lalu suami dan isteri tertawa bersama demi mendengar celoteh isteri menanggapi perkataan suami*
Tertawa bersama suami dan isteri gegara celoteh satu sama lain itu sebenarnya bentuk lain dari romantisme.
🌸🌸🌸
Awal" nikah suami selalu gandeng isteri kalau jalan. Setelah nikah agak lumayan lama suami gandeng anak" so isteri bisa windows shopping di mall or pertokoan.
Suami dak gandeng isteri bukan berarti dak romantis. Suami gandeng anak" demi isteri bisa leluasa belanja apa dak romantis itu?
Nah bukan suami tidak romantis lagi
*Hanya saja bentuk romantismenya yg berubah*
🌸🌸🌸
Good People *Bidadari Surga* Yang dirahmati Allah. Ndak harus, Tapi kadang".
Romantis itu seperti cemburu.
Cemburu itu ibarat garam dalam masakan, Kalau kebanyakan bikin masakan getir.
Romantis itu ibarat gula dalam minuman teh, Kalau kebanyakan bikin diabetes.
So kadarnya harus pas supaya berumah tangga itu enak rasanya.
🌸🌸🌸
Apa saja yang bikin romantisme berubah bentuknya seiring bertambahnya usia pernikahan?
*1⃣ Bertambahnya Tanggung Jawab*
Sekarang gini, sebelumnya hidup hanya berdua. Serasa dunia milik berdua. Menganggap yang lain cuma numpang. Lalu isteri hamil, melahirkan anak. Tanggungjawab nambah, suami mencari nafkah halal untuk isteri dan anak. Demi memberikan kehidupan yang layak untuk keluarga.
Bok ibok disini punya udah anak 2-3 orang. Milih dikasih bunga or dikasih nafkah halal untuk belanja bulanan dan bayar sekolah anak?
🔹Nafkah halal + 🌹
🔹Bunga🌹
Tetep ada yg milih dikasih nafkah halal dan bunga 😂
Maksud saya gini,
Ada lho bok ibok yang malah bilang kek gini:
*Ngapain sih Bi, beli2 bunga kek gini, mending uangnya buat beli beras*
Masalah bunga nanti qta bahas dibelakang.
Jadi, tanggung jawab yang bertambah yang mengharuskan bentuk romantisme berubah. so saya ingin bilang
*Just because ur Husband not giving you a flower, he isn't romantic. By give u n ur children a better life Is more romantic*
*2⃣ Rutinitas*
Tidak ada yang bilang rutinitas keknya.
suami berangkat kerja pagi pulang petang. Isteri kerja juga, yang dak kerja biasanya arisan. Anak" sekolah
Dimana perubahan bentuk romantismenya?
Jadi ketika suami melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya. Lalu isteri pun sama.
Suami mencari nafkah dan isteri mengelola rumah.
Suami menjemput Rizki dan isteri mendidik anak.
Itulah romantisme berumah tangga.
Ketika masing" menunaikan tugas dan tanggungjawabnya sebagai suami isteri dalam kerangka ketaatan pada Allah.
*3⃣ Aktifitas dan Kesibukan*
Menikah adalah tahap kedua dalam hidup seorang Mukmin.
❣Tahap pertama apa? Memperbaiki diri
❣Tahap kedua, Memperbaiki keluarga
❣Tahap ketiga, Memperbaiki masyarakat
❣Tahap keempat, Memperbaiki negara dan pemerintahan
❣Tahap kelima dan seterusnya qta bahas lain waktu.
Aktivitas suami dan isteri setelah menikah tak hanya urusan domestik rumah tangga saja. Ada aktifitas" kemasyarakatan, bernegara, dan lain lain.
Awal nikah Umminya Keira sudah saya tinggal mubeng deso. Ketemu masyarakat, menyampaikan amar ma'ruf nahiy munkar.
Hampir tiap malam. Sekarang pun seminggu 3x saya ada agenda halaqoh, ngisi kajian or training offline maupun online. seminggu May be cuma 1 malam saya free. Dimana bentuk romantisme kami?
Ketika saya melakukan aktifitas" kebaikan dengan mengharap ridho Allah. Dengan Umminya Keira mendukung dan ikhlas serta patuh terhadap saya n aktifitas" saya. Kami mengharapkan perjumpaan di SurgaNya kelak. Berharap Allah kumpulkan kami sekeluarga di Surga bersama dg para Nabi, para syuhada n para salafus sholih.
آمِيْن يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ
Good People *Bidadari Surga* Yang dirahmati Allah
Sebagaimana cinta, ia harus dipupuk, disuburkan. Kalau orang Jawa bilang, Mebangun katresnan, Membangun cinta. Romantisme dan segala perubahan bentuknya pun harus dipupuk serta dibangun. Memupuk romantisme dalam pernikahan Antara lain:
*1⃣ Senantiasa Positif Thinkin', Baik Sangka, Husnudzan.*
Ketika qta telah dipertemukan Allah dengan jodoh qta. Telah diikat dalam ikatan suci pernikahan. Maka اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ Itu yg terbaik buat qta. Qta yakinkan pada diri kita bahwa istri atau suami qta adalah pasangan terbaik yang dihadirkan Allah untuk qta.
Qta sadar istri or suami qta adalah manusia biasa, ia bukan sosok sempurna yang tak ada cela.
Maka jika mendapati kebaikan pada istri atau suami qta, qta bersyukur kepada Allah Ta’ala, jika ada hal yang tidak baik, qta bersabar sembari bersama melakukan perbaikan.
*2⃣ Kepercayaan, Trust*
Kehidupan rumah tangga harus dibangun di atas landasan saling percaya. Suami percaya bahwa istrinya adalah wanita shalihah yang setia. Pun istri percaya bahwa suaminya adalah suami shalih yang setia.
Dengan kepercayaan ini, meskipun ada coba dan goda dalam berkeluarga, suami istri bisa melaluinya. suami istri juga perlu menjaga dirinya agar bisa dipercaya.
Caranya, dengan bersikap jujur, menepati janji dan menunaikan amanah dengan baik.
*3⃣ Maaf Serta Memaafkan*
Tidak penting mencari siapa yang salah. Karena kehidupan rumah tangga bukanlah persidangan di pengadilan. *No Bodies Perfect* Setiap qta pasti pernah salah dan khilaf. Tidak perlu menghukum pasangan secara berlebihan. Seolah" qta tidak pernah melakukan kesalahan saja. *Forgiven n Always Forgotten* Maafkan lalu lupakan. Tidak usah diungkit" lagi.
*4⃣ Berikan Waktu*
Prioritaskan waktu untuk berdua. Just Having Fun, melakukan hal" yan menyenangkan. Kemaren Umminya Keira sempet bilang, kangen boncengan berdua. Jadilah saya jemput doi dari skul pakai motor. Kalau naik mobil kan dak bisa pegang erat pinggang.
Sambil dicurahi gerimis dari langit qta pulang ke rumah.
Atau kalau aktivitas bener" dak bisa ditinggal.
Ajak pasangan ikut dalam aktifitas" qta.
Saat saya ngisi kajian or training Umminya Keira saya ajak. Senin lalu Umminya Keira ngisi halaqoh di SMA 1 saya anter n tungguin sampe selesai. Doi ngisi halaqoh saya main basket sama anak". Habis itu qta ke kantin bareng". Murah meriah makan di kantin sekolah. Aktifitas positif bersama selain Membangun katresnan dan memupuk romantisme juga berpahala اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ
*5⃣ Ibadah Bersama*
Menghidupkan rumah dengan ibadah bersama. Saling murojaah. Ngajari anak mengaji or hafalan bersama. Alangkah indahnya ketika rumah berhias tilawah.
Suami membaca, istri menyimaknya.
Istri membaca, suami menyimaknya. Dan "ibadah" lainnya.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎TaNYa JaWaB💎
0⃣1⃣ Anna
Kalo yang satu malas bagaimana pak ustadz?
🌹Jawab:
Romantisme itu tanggung jawab 2 pihak. Gak tabu bila isteri memulai romantisme lebih dulu. Dengan bermanja" misalnya, mengajak jalan kemana. Ajak nonton lalu dinner.
0⃣2⃣ Phity
Ada teman yang mengalami kondisi: Suaminya waktu ta'aruf baik, tapi setelah menikah menunjukkan sikap pemalas dan susah dinasehati, malah senengnya mistis"...
Sholat susah, bermasyarakat apalagi ..
tapi kalau urusan romantis.. ya romantis...
bagaimana tuh tadz?
🌹Jawab:
Pertama positif thinkin'
Dari segala sisi pasti ada hal yang positif dari suami.
Perbaikan diri dan pasangan itu berjalan seusia pernikahan, sampai hari inipun saya dan Umminya Keira senantiasa melakukan upaya" perbaikan diri, bersama.
Teruslah melakukan upaya perbaikan diri tersebut
Positif thinkin sama Allah, itu adalah ladang amal bagi isteri. Senantiasa mengingatkan kebajikan pada suami. Sambil tentu saja memperbaiki diri.
0⃣3⃣ Melani..
Saya punya teman umurnya masih 19 thn, tapi sudah menikah dan menikahnya karna hamil diluar nikah. Teman saya ini sudah ingin bertaubat dan mempelajari tentang agama islam, lah dia ini ingin ngajak suaminya juga bertaubat tapi suaminya tidak mau dan sering marah" sama mabuk".
Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya ngajak suami taubat dan menjalankan perintah Allah ?
Apa suami model begini boleh diceraikan ?
Maaf saya tanyanya agak melenceng dari tema.
🌹Jawab:
Batu ditetes air terus menerus akhirnya toh bisa berlubang atau pecah.
Ajakan kebaikan harus senantiasa dilakukan. Kalau dak bisa sendiri, minta tolong orang lain menasehati. Bisa oleh orang yang lebih tua yang dihormati or si suami segan. Bisa diajak ngaji or ikut kajian.
Bila ternyata mudharatnya lebih besar dengan mempertahankan pernikahan.
Boleh isteri menggugat cerai.
0⃣4⃣ Annisa
Ustadz, kalau ada suami yang keras kepala dan baru sadar saat kejadian, yang harus di lakukan istri supaya suami tidak seperti itu lagi gimana?
🌹Jawab:
Suami, Laki" itu egonya besar. Dikasih tau biasanya gengsi untuk menerima.
Tapi suami, Laki" itu punya sifat megalomania, ingin kelihatan hebat, ingin keliahatan super, dihadapan wanita.
So cara mengingatkannya adalah dengan menunjukkan bahwa isteri butuh suami yang bisa diandalkan bs mengayomi
Dipuji dulu, lalu sampaikan harapan" isteri pada suami. Jangan dinasehati langsung.
0⃣5⃣ Rafika
Ustadz setelah saya pikir" suami saya ada romantis"nya dikit meski dak pernah diungkapkan dengan kata"... Misalnya belikan kue kalo lagi ada rejeki berlebih, anterin saya kemana aja soalnya saya dak bisa naik kendaraan sendiri.
Tapi satu ustadz yang dak bisa diganggu gugat yaitu mancing.
Kalau liburan selalu mancing, diajak kemana" dak mau. Mancing number 1 deh. Pernah ikut suami mancing dak betah saya ustadz, panas dan lama 😁.
Bagaimana cara memberitahu suami kalo liburan mbok ya sekali" sama keluarga gitu, dak mancing mulu,
🌹Jawab:
Bikin kesepakatan minggu 1 mancing minggu 2 jalan sama keluaraga (1:1)
Kalau dak mau minggu 1 dan 2, mancing minggu 3 jalan sama keluaraga (2:1)
Intinya komunikasi dan kompromi.
0⃣6⃣ Phity
Trik dapat jodoh yang sholeh dan romatis !!
🌹Jawab:
Perbaiki diri, karena diwaktu yang sama si dia juga sedang memperbaiki diri agar pantas buat anti.
0⃣7⃣ Rima
Bagaimana cara agar tidak membanding bandingkan mantan dengan suami. (walau cuma dalam hati).
🌹Jawab:
Positif thinkin tadi,
Bahwa Allah kasih jodoh pasti yang terbaik
Selalu ingat hal" positif dari suami.
Hapus bayang" mantan. Mengingat" mantan apalagi banding"in sama suami itu dosa. Harus jaga hati.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎CLoSiNG STaTeMeNT💎
Tak perlu berusaha, apalagi sekuat tenaga untuk menjadi romantis. Sepanjang hati kita lembut, kasih sayang maka Romantisme akan tercipta.
Momen" Romantisme itu akan muncul segera mengejutkan dalam kehidupan rumah tangga.
So, kuncinya adalah bagaimana hati itu senantiasa Lembut dan berkasih sayang.
Yaitu dengan memperbanyak membaca Al-Qur'an dan mentadaburinya, memperbanyak dzikir dan berteman dengan orang baik.

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel