Recent in Fashion

Best Seller Books

SPeCiaL PReSeNT JaRiNG (Jam Sharing)



OLeh : Ustadz Hizbullah Ali

TaNYa JaWaBπŸ’˜
0⃣1⃣ Nuring
Uhiz bagaimanakah cara kita melaksanakan shoum jika sering pagi hari muntah" kemudian bagaimana hukumnya ??
Jika sekujur tubuh sakit semua bagaimana sebaiknya sholat uhiz?
Sambil tidur atau berdiri , tapi hati kalau tidak berdiri tak sah rasanya mohon penjelasannya uhiz
πŸ’Jawab:
Muntah yang tidak disengaja tidak batalin puasa,
Sholat sesuai kemampuan, kalau mampu berdiri, berdirilah πŸŒΈ
0⃣2⃣ Key
Assalamualaikum...
Key lagi hamil 8 bulan sempat opname gara" ketuban bocor, afwan...
Key puasa masih hutang 4 kemaren" sudah sempat puasa juga, minta solusiNya uhiz...
πŸ’Jawab:
Dibayar sisa hutang puasanya.
0⃣3⃣ Inches
Assalamualaikum ..
Ustad Uhiz, saya kan Puasa yang thn 2015 masih punya hutang Sebulan full karena Thypus dan baru saya bayar sekarang itu bagaimana yah??
Bayar fidiah juga kah??
πŸ’Jawab:
Bayar puasanya,
Fidyah sebagai tambahan ada perbedaan pandangan ulama.
0⃣4⃣ Chie
Assalamualaikum, uhiz
Kalau kita sakit dan seharian terbaring tidur, bagaimana kewajiban sholat kita apakah bisa di qodho??
πŸ’Jawab:
Kalau memang tertidur, silahkan dikerjakan segera selepas terbangun sholat yang tertinggal πŸŒΈ
0⃣5⃣ Aiska
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh uhiz.
Aiska mau nanya, Dulu pernah dengar kalau perempuan bisa mengeraskan suara pada saat di sholat tapi hanya sholat tertentu dan itu saat sholat sendiri. sholat manakah yang bisa mengeraskan suara bagi perempuan.
Mohon penjelasannya,,
πŸ’Jawab:
Tetap harus lirih (cukup terdengar untuk dirinya sendiri).
0⃣6⃣ iMa
Uhitdz mau tanya...
Bagaimana caranya menyadarkaan orang tua (ibu) yang kurang akrab sama tetangga/saudaranya,dulunya memang ada masalah, bahkan sekarang tidak mau membaur dengan tetanga/saudara, kalau masalah ibadah si masih melaksanakan, tapi sepertinya ada dendam dihatinya beliau yang tidak bisa buat baikan sama tetangga/saudara, padahalkan kita tidak bisa hidup sendirian... Mohon arahannya uhiz,,
πŸ’Jawab:
Kalau beliau hobi baca, belikan buku terkait bagaimana kita harus bersikap terhadap tetangga,
Kalau hobi nonton atau dengerin ceramah, cari rekaman terkait tema tersebut,
Kalau ndak hobi apa², cari orang yang beliau hormati dan beliau dengar nasehatnya, biar ia yang berikan nasehat ama ibu.
0⃣7⃣ Listi
Mau tanya Uhiz,,
Bolehkah menggabungkan niat puasa sunnah,
Misal sudah terbiasa puasa daut terus kan ada puasa yaumul bidh, nah bolehkah disaat daut itu sekalian puasa yaumul bidh?
πŸ’Jawab:
Boleh saja
Tapi kalau yaumul bidh dikerjakan berturut² puasa Daudnya batal otomatis.
0⃣8⃣ Siska
Bagaimana sikap perempuan (belum ada rasa apa") terhadap lelaki yang mau berhubungan serius dengan lelaki tersebut?
πŸ’Jawab:
Kalau memang tidak suka, ditolak tegas dan bijak.
0⃣9⃣ Cira
Assalamu'alaikum uhiz, mau nanya, kapan sih waktu sholat istikhoroh itu ?
kalau dikerjain pagi hari boleh kah ?
πŸ’Jawab:
Mubah dikerjakan kapan pun, selama tidak diwaktu haramnya sholat sunnah.
1⃣0⃣ Lufy
Assalamuallaikum ustadz Aly..
Ana lufy mau tanya sebelumnya afwan kalau pertanyaan saya agak aneh,
Apakah betul ustadz, berita dari palestina tentang Imam al Mahdi itu sudah lahir ke dunia?
Menurut ustadz untuk mengantisipasi benar atau tidaknya berita itu kita sebagai kaum muslimin harus bagaimana untuk kedepannya?
πŸ’Jawab:
hoax πŸ˜·
1⃣1⃣ Nani
Assalamu'alaykum.
Mau tanya Uhiz,,
Bagaimana hukum mengqodokan sholat orang yang sudh meninggal?
Misal alm/almh sakit keras, sehingga kadang tidak bisa melakukan sholat.
Jadi si pihak keluarga mau mengqodonya.
Bagaimana itu?
πŸ’Jawab:
Ana tidak berani menjawabnya πŸŒΈ
aasif,
1⃣2⃣ Asna
Saya kalau dimintai tolong tidak pernah nolak karena takut dibenci.
Takut kalau nanti pas giliran kita yang minta tolong orang lain tidak bantu. .
Itu sikap saya bener apa tidak? Itu termasuk ikhlas atau berharap balasan??
Sebaiknya seperti apa!
Syukron,,
πŸ’Jawab:
Tegantung menolongnya,
Karena kita diperintahkan tolong menolong dalam perbuatan taqwa, dan tidak tolong menolong dalam perbuatan keji serta munkar.
Rambunya itu saja, jangan pernah mengharap balasan dari manusia.
1⃣3⃣ Annisa E.P
Uhiz, untuk masalah nafkah siapa yang di dahulukan istri dan anak/orang tua yang masih bekerja beserta saudara yang sudah berkeluarga?
Soalnya ada orang yang lebih mendahulukan saudaranya untuk memberikan uang padahal itu bukan untuk sakit, dan sedangkan diri sendiri lagi butuh uang untuk keperluan rumah tangga dan istri yang lagi sakit!
πŸ’Jawab:
Orang tuanya, saudaranya, baru istri dan anak-anaknya
istri harus *pandai-pandai* mencukupkan berapa pun yang diberikan oleh suaminya.
1⃣4⃣ Devi
Assalamu'alaikum ustadz,
1. Ustadz sholat hajat jika dilakukan selain diatas pukul 12 malam itu boleh tidak ?
Mungkin siang atau sore ... begitu ?
2. Ustadz kalau istri mau membelanjakan/menggunakan uang dari suami..wajib ijin suami tidak ?
Terimakasih
πŸ’Jawab:
Tentang sholat hajat, ana ndak melaksanakan, tanya ama yang biasa melaksanakan saja πŸ˜
Untuk siapa uangnya?!
Kalau untuk dia silahkan, namun jika suami memberi untuk keperluan rumah tangga ada kelebihan, harus minta izin terlebih dahulu,
1⃣5⃣ Putri Rosita
Bagaiman menghindari sifat benci uhiz ?
Saya pernah sakit hati kepada sesseorang karena dia pernah melakukan kesalahan bukan hanya kepada saya namun juga kepada orang tua saya, bagaimana menyikapi perasaan benci uhiz?
Ketika kebetulan bertemu, rasanya benci aja gitu, setan ngajak benci dia bareng", padahal benci kan sama juga penyakit hati, trimakasih,,
πŸ’Jawab:
Maafkan ia dengan tulus ... kata tulus tadi yang menghapus perasaa benci.
Jangan terlalu membenci orang lain, seakan kita tak pernah berbuat salah πŸŒΈ
1⃣6⃣ Nurlaela
Assalamu'alaikum,, uhiz.. kapan waktu yang paling afdhol untuk melaksanakan sholat hajat?
Dan berapa rakaat?
Terimakasih uhizπŸ™
πŸ’Jawab:
Terulang πŸ˜…
1⃣7⃣ Nitnit
Bagaimana caranya kita bisa menyalurkan rasa rindu dengan cara yang sesuai syariat uhiz....!!
πŸ’Jawab:
Diam, jangan di publish di media apa pun πŸŒΈ
1⃣8⃣ Anggun
Assalamualaikum uhiz mau bertanya jika ada yang berjanji di depan ayah waktu akan meninggal untuk membiayai hidup kita namun orang itu tidak memenuhi janjinya dengan alasan dia punya kehidupan sendiri.
Bagaimana sikap kita?
πŸ’Jawab:
Move on dunks
Jangan berharap berlebihan ... cari kerja.
1⃣9⃣ Sulistiani
Hampir sama dengan ini cuma bedanya, apakah boleh kita menolak lelaki yang baik agamanya dikarenakan belum adanya kemantapan hati??
Dan apakah benar bila kita menolaknya maka kita dapat hukuman dari Allah??
πŸ’Jawab:
Kalau yang datang agamanya udah πŸ‘πŸŒΈ jangan pernah ditolak, nanti rugi sendiri.
2⃣0⃣ Listi
Puasa dautnya batal disaat yaumul bidh di 3 hari itu saja atau selama sebulan itu Uhiz,,,,
Terus kalau sudah selesai yaumul bidh boleh lanjut lagi tidak dautnya,,
πŸ’Jawab:
Kalau batal ngulang lagi
Puasa Daud itu puasa sunah paling baik, jadi cukup laksanakan puasa Daud saja *(bagi yang mampu)*
2⃣1⃣ Adhyt
Assalamualaikum wr.wb. ustadz, Afwan mau tanya,,
Bila malu meminta doa-doa dari orang tua, cukupkah hanya minta pada Allah saja?
πŸ’Jawab:
Orang tua tanpa diminta mesti dah memohon yang terbaik untuk anak-anaknya.
2⃣2⃣ Dhilla
Assalamu'alaykum ustadz..
Jika ada saudara kandung laki² yang mengandalkan adik perempuannya untuk bekerja menafkahi orangtua itu bagaimana ustadz?
Si kakak malas bekerja..
Sementara orangtua sudah tua..
Bagaimana menyikapinya ustadz?
πŸ’Jawab:
Semoga Allah selalu berikan kesabaran dan kemudahan serta kesadaran.
2⃣3⃣ Nitnit
Yaumul Bidh itu apa ya uhiz? Sering denger tapi belum paham.,
Sudah googling malah muter".. afwan nanya lagi uhiz,,
πŸ’Jawab:
Puasa 3 hari dalam setiap bulan, tidak harus di pertengahan bulan, yang penting 3x setiap bulan.
2⃣4⃣ Oryza
Ada seorang perempuan dia punya ibu kandung dan bapak tiri, dan dia gak tau siapa bapak kandungnya dan keluarga dari bapak kandungnya, nah jika dia mau menikah itu gimana ya uhiz!
πŸ’Jawab:
Dicari tau keberadaan bapak kandungnya.
2⃣5⃣ iMa
Uhiz kalau kita bablas pas sholat subuhnya tapi tidak sengaja, apa ada sholat pengganti!
πŸ’Jawab:
Telat bangun?
Segera berwudhu lalu sholat shubuh.
Kalau ada hadats yang mewajibkan mandi, segera mandi, sholat shubuh.
2⃣6⃣ Devi
Misal uangnya buat sedekah atau kirim ke orang tua atau ke saudara yang sekiranya perlu bantuan sama mungkin buat belanja keperluan,bagaimana ustadz ?
πŸ’Jawab:
ingatlah ...
Sebelum menikah dengan seorang wanita, laki-laki yang menjadi suami itu adalah milik orang tua dan saudarinya.
Jangan sampai seorang istri mengambil hak mereka, keperluan belanja sesuaikan dengan apa yang diberikan suami.
2⃣7⃣ Oryza
Uhiz jika si keluarga perempuannya tidak mau memberi tahu bagaimana?
Karena jika data di akta, kk dc dan yang lainnya perempuan itu anak dari bapak tirinya, bagaimana?
πŸ’Jawab:
Mereka berdosa, pernikahan tidak akan sah, orang tua tiri bukan walinya.
2⃣8⃣ Halimah
Assalamu'alaikum ustadz, saya dulu pernah janji kepada orang tua kalau anak pertama laki" saya mau khitan kan di kampung di rumah Opungnya (orang tua saya)
Saat ini saya ikut Suami dan Suami maunya anak saya di khitan di rumah kami dan tidak perlu dirayakan!
Pertanyaan saya, apakah saya harus bayar janji saya ke orang tua atas janji saya terdahulu (orang tua saya sudah meninggal saat anak laki" saya umur 2 tahun dan belum di khitan waktu itu)
Jazakallah U-Hiz
πŸ’Jawab:
Lebih taat ama suami πŸŒΈ
2⃣9⃣ Neng
Ustadz Hiz neng mau tanya tentang pembagian Warisan...
Ustadz kata orang", kalau ayah meninggal harta keluarga harus secepatnya dibagi waris.
Boleh tidak ustadz, neng bilang ke mama jangan dulu dibagi waris Karena warisan kalau sudah berupa uang akan cepat habis, manalagi anak" Mama belum pada menikah....
πŸ’Jawab:
Warisan masing² ada haknya,
Jika warisan tidak dibagi secara langsung harus kesepakatan seluruh ahli waris, atau tahan sebagian bayarkan sebagian πŸŒΈ
Diskusikan ama seluruh ahli waris, jangan ambil keputusan sendiri, karena masing-masing memiliki haknya masing-masing.
3⃣0⃣ Annisa E.P
Assalamualaikum
Mba, saya Nissa titip pertanyaan boleh ya...
Kakak ipar saya meminjam uang ke suami saya dan itu buat beli HP suaminya dan benerin motor, kebetulan suaminya kakak ipar saya rada malas.
Dan sekarang saya dan suami sedang butuh duit untuk berobat saya, saat diminta malah kakak ipar saya tidak ngasih malah bilangnya gak enak hati" nyuruh suami saya nabung" sedangkan itu kan duit tabungan kita. Dan saat ini kita bener² butuh duit tersebut untuk menambah biaya RS, Itu bagaimana ya?
Masalahnya kakak ipar saya sudah punya suami dan suaminya males sekali jadi saya rada kesel juga. Sedangkan kebutahan saya saja belum terpenuhi!!
πŸ’Jawab:
Diusahakan saja tetap ditagih dengan jalan yang bijak
Dan ingat kalau nanti kasih pinjaman ke orang lain, harus dicatat hitam di atas putih + materai + saksi-saksi.
3⃣1⃣ Siska
Ustadz bagaimana jika ada pria yang pernah ditolak, lalu datang kepada wanita, ingin serius, si wanita masih biasa biasa aja perasaannya?
Apakah harus ditolak lagi?
Ataukah diberi kesempatan?
πŸ’Jawab:
Jawaban ana masih sama, kalau memang ndak suka apalagi agamanya juga tidak terlalu bagus tolak dengan tegas serta bijak.
3⃣2⃣ Siti
Assalamualaikum Uhiz
Mau tanya jika anak sudah berumah tangga punya hutang kepada tetangganya, dan orang tua anak tersebut punya banyak harta, bolehkah tetangga itu minta pelunasan hutang kepada orang tuanya karena anaknya tersebut kabur dari rumah?
πŸ’Jawab:
Ndak boleh πŸ˜·
Yang berhutang bukan orang tuanya.

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel