Recent in Fashion

Best Seller Books

SPeCiaL PReSeNT *JaRiNG* ( JaM SHaRiNG )



OLeh : Ustadz Aly Arasy

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎TaNYa JaWaB💎
0⃣1⃣ Siska
Kalau dalam islam dan al qur'an kalo belum pergi haji apakah tidak apa-apa pergi umroh dulu?
🌸Jawab:
*Umar bin Abdul Aziz* berkata, _Orang yang disibukkan dengan amalan fardlu (wajib) sehingga tidak sempat mengamalkan yang sunnah maka ia dimaafkan, *dan orang yang disibukkan dengan amalan sunnah dan mengabaikan amalan fardhu maka ia tertipu*_
االفَرْضُ اَفْضَلُ مِنَ النِّفْلِ
_Amal wajib itu lebih baik daripada amal sunnah_
Menunaikan ibadah haji untuk saat ini terutama haji reguler waktu tunggunya memang sangat lama, 15-25 tahun tergantung daerah 😊
Saran ana, bayar dulu uang daftar ibadah haji, dapat porsi haji untuk buktikan niat kita untuk menunaikan ibadah haji yang wajib, jika ada dana untuk umrah berangkatlah umrah
Jangan utamakan umrah dibanding menyetorkan uang pendaftaran haji
والله أعلم
💎 Kalau dananya hanya bisa untuk umroh bagaimana ustadz?
Sementara dalam waktu dekat insya Allah mau berangkat umroh.....
إن شآءالله
🌸Jawaban ana jelas 😊
Setoran pendaftaran haji sekitar 25jt, sama dengan biaya rata-rata umrah saat ini, silahkan dibaca kembali jawaban ana di atas,
Jika merasa tidak sejalan, silahkan ikuti pandangan yang lainnya 😊🌸
Lanjutan no 1
💎 Ustadz, insya Allah kalau nabung hajinya setelah pulang umroh bagaimana?
🌸 Kayanya udah sangat jelas 😊
Ana kembalikan saja, ana tak pernah memaksakan, namun juga tak akan mengiyakan 😊
0⃣2⃣ Widya
Bagaimana caranya supaya hukum Islam bisa ditegakkan di Indonesia,
Tolong kasih contoh realnya ya uhiz, mengingat masyarakat Indonesia beranekaragam??
🌸Jawab:
Indonesia bukan negara Islam 😊
Kita berasas kepada Pancasila dan UUD 1945
Jika ingin merasakan penegakan syari'at Islam di NKRI silahkan ke NAD (Nangroe Aceh Darussalam)
0⃣3⃣ iPah
Assalamualaykum
Ipah nyampein pertanyaan dari temen.
Aasif jiddan sebelumnya
Mbak aku mau nanya?? tolong sampaikan pertanyaan ini sama guru ustadzah yang sudah banyak ilmu.. Saya mau nanya.. Saya suka keluar lendiran putih.. Tidak tau apa .. Hampir setiap saat saya keluar itu.. Padahal saya belum menikah.. gak tau itu air mani atau apa??
Dan apakah saya harus mandi wajib ketika setiap saat keluar cairan itu..
Syukron teh.
🌸Jawab:
Kemungkinan besar itu keputihan, silahkan dicek ke dokter ahli atau bidan 😊
0⃣4⃣ Rima
Bagaimana jika kita benar- benar lupa untuk sholat fardhu, misalnya sholat zuhur.. tiba-tiba waktu ashar kita ingat.
Apakah sholat dzuhurnya bisa diganti?
🌸Jawab:
Segera kerjakan dzuhur, lalu kerjakan ashar 🌸
0⃣5⃣ ALvi
Assalamyalaikum ustadz
Ana mau tanya ..
Kalau sedang sholat kadang di tengah" rakaatnya sering lupa .
Harusnya 4 rakaat baru 3 sudah salam ..apakah sholatnya sah ??
Bagaimana caranya biar sholatnya khusyuk ?
Mohon pncerahanya ustadz ..syukran
🌸Jawab:
Terkait bahasan sujud sahwi 😊
Namun pastikan lebih berat mana ragunya, jika kurang tambah satu raka'at, jika merasa pas, lepas tahiyat akhir lakukan sujud sahwi.
0⃣6⃣ Melani
Saya mau tanya tentang bid'ah. Saya pernah ikut kajian dan dalam kajian itu ada bahasan tentang bi'dah ada 2 yaitu bid'ah yang baik dan bid'ah yg buruk.
Tetapi ada juga ditempat kajian yang lain bilang bahwa bid'ah tidak ada yang baik alias buruk semua.
Yang mau saya tanyakan apakah ada yang namanya bid'ah khazanah atau bid'ah yang baik?
karna setau saya semua bid'ah itu tidak boleh dilakukan atau buruk.
Dan kalau memang ada bid'ah khazanah, apa saja bentuknya ?
Sekian ustadz pertanyaanya mohon pejelasannya hehe..
🌸Jawab:
Hmm ...
Perihal bid'ah ...
Saran ana kita jalankan saja ibadah sesuai syari'at, jika kita temukan ada pelaksanaan ibadah yang kita merasa ragu, tanyakan dasar dalilnya, coba dicek kepada orang-orang yang benar-benar paham al-Qur'an, Hadits, Ijma', Qiyas, ahli Fiqih
Jika mereka membenarkan dalil yang digunakan, lakasanakanlah, jika tidak jangan melaksanakan ibadah tersebut, dan tidak perlu kita untuk mengcounter mereka yang melaksanakannya, apalagi kita mengata-ngatai mereka melakukan bid'ah 😊
0⃣7⃣ Fauziah
Saya Kalau lagi sholat itu suka deg deg an, padahal tidak ada siapa" selain diri sendiri. Itu kenapa ya ustadz? Hihi
🌸Jawab:
Deg deg an nya kurang jelas ni, maksudnya apa ...
Kalau es degan ana mau 😜
0⃣8⃣ iFFah
Ustadz nanya, gimana ya caranya biar menerima sesuatu hal yang tak kita inginkan (Gagal nikah)
Padahal semua sudah di persiapkan.
🌸Jawab:
Tadaburi QS. al-Baqarah : 216
والله أعلم
0⃣9⃣ Rafika
1. Ustadz mau nanya kalau ikut tahlilan atau diba'an setiap malam jumat itu bid'ah apa bukan?
2. Masuk instansi pemerintah dengan jalur menyuap itu apakah haram gajinya sampai pensiun?
🌸Jawab:
1. Tahlilan tergantung ikut siapa, kalau ikut NU maka itu bagian ibadah 😊
Kalau ikut Muhammadiyah boleh selama tidak ada hal yang berlebihan,
Kalau ikut salaf artinya bid'ah
Kembali kepada diri sendiri 😊, jangan dipertentangkan, semua memiliki dalil masing-masing,
2. Seorang yang menyuap untuk mendapatkan pekerjaan, maka seluruh pengasilannya hingga ia pensiun adalah haram.
1⃣0⃣ Non
Ustadz....saya mau tanya tentang masalah pembagian harta warisan...ada 5 anak 1 laki-laki dan 4 perempuan, yang perempuan meninggal 1 tidak punya keturunan tapi punya anak angkat...nah bagaimana cara membaginya ?
Apakah yang meninggal dapat hak warisan yang bisa di berikan untuk anak angkatnya ?
🌸Jawab:
Anak angkat tidak berhak apa-apa, tapi ia bisa diberian wasiat maksimal ⅓ bagian dari seluruh harta
Silahkan gunakan aplikasi i-waris
1⃣1⃣ OLif
Kalau misalnya kita puasa sunah, trus niat batalin karena tergoda suatu hal.. tapi akhirnya tidak jadi batalkan puasanya.. itu sudah merusak niat dan mngurangi pahala kah.? Syukron uhiz
🌸Jawab:
😊
Tidak batal selama tidak melakukan hal yang membatalkan puasa
1⃣2⃣ Halimah
Jika arisan bulanan di lingkungan RT di isi denga yasinan/tahlilan apakah termasuk bid'ah uHiz...?
🌸Jawab:
Lihat jawaban soalan *nomor 9*
1⃣3⃣ Meymey
Ustadz saya mau nanya tentang orang yang bolak balik melakukan maksiat apakah diterima ibadahnya? Contohnya berjudi....
🌸Jawab:
Pasal diterima atau tidak itu adalah hak preogatif Allah
Yang pasti ahli maksiat tidak mengugurkannya terhadap kewajiban ibadah
وَأَقِمِ الصَّلاةَ إِنَّ الصَّلاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ
_Dan dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat mencegah perbuatan fahsya dan mungkar_ (QS. al-Ankabut : 45)
Kita do'akan saja, agar satu waktu, ibadah yang ia lakukan bisa menyadarkannya QS. ar-Ra'd : 11
1⃣4⃣ iFFah
Ustadz tentang mengusap wajah setelah shalat dan do'a itu katanya bid'ah. Benerkah begitu ustadz?
Hal tersebut di masyarakat sudah membudaya bahkan pas di sekolah pun di ajarkan seperti itu.
Mohon pencerahanya ustadz,,
🌸Jawab:
Tergantung sudut pandangnya 😊
Jangan dipertentangkan 😊
1⃣5⃣ Sri
Ustadz mau nanya, kalau penghasilannya dari jualan minum (misal kedai kopi) buat orang judi atau main domino apakah penghasilan tersebut haram?
🌸Jawab:
Hu um 😊🌸
1⃣6⃣ Asih
Ustadz mau tanya tips untuk tetap semangat dan istiqomah dalam menghafal surat dalam alqur'an itu seperti apa ya??
🌸Jawab:
Berkumpulah bersama para penghapal al-Qur'an, jangan bersendirian, karena menghapalkan al-Qur'an benar-benar harus dibimbing secara penuh, tidak bisa bersendirian 😊
1⃣7⃣ Phity
Apakah salah kita beramal dengan berharap surga dan takut neraka ?
Pernah dengar setiap manusia sudah ditentukan kelak di surga atau di neraka... apakah benar?
🌸Jawab:
Tidak salah 😊
1⃣8⃣ Juwitha
Assalamualaikum wr.wb.
Bagaimana pembagian harta bagi anak yang di asuh oleh orang lain.
Di keluarga angkat dia dapat bagian harta.
Apakah dia masih berhak dapat warisan dari Orangtua kandung?
🌸Jawab:
Nasab tidak pernah terputus, anak asuh tidak berhak atas harta warisan dari orang tua angkatnya.
1⃣9⃣ Mia
Kalau kuliahnya nyogok biar masuk universitas yang di inginkan gimana ustadz???
Boleh kah?
🌸Jawab:
Dosa besar 😊
2⃣0⃣ Rina
Ustadz mau tanya , jika kita mau ta'aruf apa harus dengan 1 orang dulu , atau boleh langsung 2 orang , karena ini pas banget yang mau taaruf 2 ikhwan ustadz ??
🌸Jawab:
Ta'aruf sebelum khitbah artinya pacaran, pacaran kan dilarang 😊
kalau setelah khitbah, lalu ta'aruf artinya ndak boleh double, yang telat mesti nunggu pasrah.
2⃣1⃣ Nurlela
Assalamualaikum.. uhiz,, Berdosa kah kita agak kasar menghadapi orang yang usianya lebih tua dengan kita (tapi bukan orangtua)? Karena seringkali komentar tidak enak di hati.. sekali 2kali masih bisa tersenyum dalam merespon.. tapi ketiga kalinya..khilaf uhiz.. skakmat dengan kalimat kasar.
Salahkah seperti itu?
Bagaimana sebaiknya? Mohon pencerahan uhiz.. Jazakillah khoir uhiz🙏
🌸Jawab:
Lebih baik diam, jika dirasa akan menyakiti
Jika, orang tersebut masih tetap memaksa, putuskan hubungan secara langsung sementara dengan yang berdangkutan
2⃣2⃣ iRa
Menggambar/melukis makhluk hidup itu apakah haram?
Karena saya suka sekali menggambar apalagi wajah manusia.Syukhron ustadz
🌸Jawab:
Tidak boleh menggambar makhluk bernyawa, apalagi manusia 😊
2⃣3⃣ Asih
Ijin tanya lagi ya ustadz,,,
Bagaimana cara memotivasi diri biar tidak malas menghafal al qur'an adakah waktu" tertentu yang baik buat menghafal al qur'an??
🌸Jawab:
Lihat jawaban *Nomor 16*
2⃣4⃣ Rina
Ustadz bagaimana cara menjelaskan ke mama tentang ta'aruf ..
Mama masih tidak mau dan tidak mau tau tentang taaruf , katanya ta'aruf itu kayak beli kucing dalam karung.
Udah di jelasin gitu ustadz tentang taaruf ,, tapi mama tetep takut gitu , sampe pernah ada ikhwan yang bener" mau serius tidak jadi sampai nikah dengan akhwat lain .. Bagaimana ya ustadz ...
🌸Jawab:
Ada salah pengertian sepertinya 😊
Someone datang khitbah
Lalu diberikan padanya dan keluarganya untuk ta'aruf, untuk mengenal masing-masing dari keluarga seberang menyebrang 😊
Jika dirasa cocok lanjut ke pernikahan, jika tidak batal 😊
Sesimpel itu sebenarnya, batasan waktu tidak ada, namun lebih cepat lebih baik, karena proses itu membuka jurang zina 😊
2⃣5⃣ Eka
Assalamualaikum ustadz, ijin tanya terkait sholat dhuha..
Sholat dhuha di waktu yang terlalu awaal atau terlalu akhir, apakah salah ustadz? Karena seringnya ana dhuhaa di waktu awal, sebelum berangkat kerja. Karena khawatir ada keadaan yang menyulitkan untuk dhuha,,
Lalu misalnya dalam keadaan pasca operasi, yang sulit untuk sholat seperti biasa, apa boleh dilakukan sebisanya ustadz, seperti dengan cara duduk atau tidur?
Satu lagi tadz, ana pernah dengar hadist atau apaa yaa, lupaa
"bahwa Allah akan mencatat pahala untuk ibadah sunnah yang biasa kita lakukan"
Nah pernyataan itu berlakunyaa untuk udzur seperti apa tadz?
🌸Jawab:
Waktu dhuha silahkan di awal, namun hati-hati jika di akhir, karena mendekati waktu diharamkannya sholat,
Sholat sesuai kemampuan, meski harus make isyarat (kedipan mata)
Nashnya shahih, misal seseorang yang biasa sholat malam, lalu karena letih, atau sakit lalu tertidur, bangunnya langsung shubuh, maka ia tetap dicatat pahala mengerjakannya.
💎Kapan ituu tadz, waktu diharamkannya sholat??
🌸 Selepas sholat shubuh hingga masuk waktu dhuha
Pas matahari ada di atas kepala hingga masuk waktu dzuhur
Setelah Ashar hingga masuk waktu Magrib
2⃣6⃣ iRa
Lagi ustadz,bagaimana dengan alat musik?
Haram kah?
🌸Jawab:
Dalil/nash keharamannya sangat jelas, sejajar dengan keharaman zina dan khammar 😊
2⃣7⃣ iSah
Assalamu'alaikum uhiz saya mau tanya jika kita masih suka lihat" medsos seseorang yang kita sukai tanpa komunikasi dengannya apakah sikap ini salah dan melanggar larangan Allah dalam hal menundukkan pandangan? Ceritanya Cinta Dalam Diam jadi cuma bisa liat sekilas aja dimedsosnya,,
🌸Jawab:
Tidak salah, tapi hati-hati semakin baper, apalagi ampe cinta mati hingga menutup diri, itu ndak boleh 😊
💎 InsyaAllah tidak uhiz ana sudah pasrah menerima takdir dari Allah walaupun nantinya bukan sama dia.
Benarkah puasa sunah Senin & Kamis bisa membentengi kita untuk melawan hawa nafsu uhiz ?
🌸 Tergantung niat dan tingkat kesungguhan 😊
2⃣8⃣ Mona
Menuntut ilmu itu wajib kan ustadz?
Ada teman saya dia slesai tamat SMA tidak mau kuliah ustadz, Padahal secara financial bagus dan dia juga pintar. Tapi dia lebih memilih mengaji saja ke surau dekat rumahnya.
Itu bagaimana ustadz?
🌸Jawab:
ilmu dunia itu secukupnya saja, ana salut dengan teman ukhty 😊
2⃣9⃣ Nuring
Uhiz , bagaimana caranyaa menjaga hati selalu bersih dan yang selalu ibadah tenang , dan bagaimana caranya memberitahukan kepada orang yang tilawahnya bagus tapi berpositif thinking kepada orang lain uhiz???
🌸Jawab:
Bersihkan diri dari keinginan dunia, karena ketika masih berharap dunia tak akan ada ketenangan dalam ibadah,
Contoh, ada sebagian orang yang bekerja banting tulang, alasannya ingin sedekah, tapi setelah rezeki ia dapat, ia sibuk menumpuk harta untuk dirinya saja 😊
Ujian nikmat lebih berat dibanding ujian lainnya, karena *banyak yang lalai dalam ujian nikmat*
Merasa dirinya lebih hebat dari orang lain, gila dengan jabatannya, titelnya, dan lain sebagainya
💎 Syukron uhiz , hem... lalai terhadap dunia , lupa akan akhirat gitu yaa uhiz???
🌸 hu'um
Bahkan sampai takut mati, karena takut berpisah dengan apa yang ia miliki di dunia.
3⃣0⃣ Aniek
Ustadz apakah pendukung basuki tjahaya purnama. dan pencibir ulama" otomatis seorang munafik ustadz?
Karena keluarga saya pendukung
bagaimana kalau salah satu mereka meninggal
apakah yang harus saya lakukan?
Jazzakallaah khayrran
🌸Jawab:
Mereka tetap muslim 😊
Kalau mereka meninggal selenggarakan seperti biasa
Jangan terlalu ekstrem
3⃣1⃣ iRa
Jadi kita tidak boleh menggambar makhluk hidup dan tidak boleh menggunakan alat musik ya ustadz?
Ga boleh mendengarkan musik juga?
Misalnya lewat HP gitu?
🌸Jawab:
إنَّ الَّذينَ يصنَعونَ هذِه الصُّوَرَ يعذَّبونَ يومَ القيامةِ، يقالُ لَهم: أحيوا ما خلقتُمْ
_Orang yang menggambar gambar-gambar ini (gambar makhluk bernyawa), akan diadzab di hari kiamat, dan akan dikatakan kepada mereka, *Hidupkanlah apa yang kalian buat ini*_ (HR. Bukhari dan Muslim)
Tentang musik:
وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْتَرِي لَهْوَ الْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَيَتَّخِذَهَا هُزُوًا أُولَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مُهِينٌ
_Dan di antara manusia ada orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan_ (QS. Lukman : 6)
ليكونن من أمتي أقوام يستحلون الحر والحرير والخمر والمعازف
_Sungguh akan ada sebagian dari umatku yang menghalalkan zina, sutera, minuman keras, dan alat-alat musik_ (HR. Bukhari)
Termasuk musik atau lagu islami yang menggunakan alat musik 😊
Ana ndak akan teruskan bahasan ini, karena dalilnya sudah jelas ya, kalau ndak sependapat silahkan 😊
3⃣2⃣ Dwie
Assalamualaikum ustadz..
Ustadz 4th pernikahan kami belum dapat keturunan & saya sebagai seorang istri saya sudah melakukan banyak pengobtan & terapi baik dokter maupun alternatif & hasilnya saya tidak ada masalah & sehat rahimnya.
Tapi saya cenderung tertekan kalau lihat suami datang tanpa ada bayi ditengah" kami....
Akhirnya saya bilang pada suami..kalau dalam beberapa tahun ini kami belum punya keturunan, saya ikhlaskan beliau lepas saya & mencari istri yang bisa beri dia keturunan.
Beliau sangat marah ustadz dengar hal itu.
Yang saya tanyakan berdosakah saya jika meminta hal itu??
Karena saya ingin suami bahagia.
Terimakasih atas jawabannya ustadz.....
🌸Jawab:
وعليكم السلام
Kenapa harus melepaskan ukhty 😊
Kalau memang beliau ikhlas nikmati kebersamaan yang ada 😊
💎 Entah semacam perasaan bersalah yang besar ustadz,
Karena kalau lihat beliau bermain dengan keponakan" hati ini selalu menangis....
🌸 Kayanya beliau suka ama anak kecil, jangan terlalu tenggelam dalam hal yang di luar kemampuan kita
Tetap usahakan, jangan terlalu banyak pikiran, jangan terlalu lelah 😊
💎 Terimakasih ustadz atas jawabannya,,
Satu lagi masalah yang saya hadapi ustadz.
Saya baru sadar setelah ikut kajian on line ini bahwa kita tidak boleh berhutang di bank.
Saya seorang pernah pinjam di bank sampai saat ini masihh kurang 8th cicilan..saya pinjam karena untuk berangkatkn ayah umroh dan belikan mobil murah untuk antar bapak ibu ke RS setiap bulan untuk kontrol....tidak untuk foya". Sekarang setelah saya tau akan riba lebih jelas saya kok takut ya ustadz,
Untuk saya membayar lebih cepat juga tidak mungkin karena gaji saya sudah dipotong dan sisanya untuk biaya hidup keluarga.
Apa yang harus saya lakukan ustadz??
🌸 Bayar angsurat tepat waktu
Perbanyak istighfar
💎 InsyaAllah tepat waktu karena langsug dipotong gajinnya setiap bulan.
Bahkan suami sampai ijin untuk bekerja ke Singapura 2 tahun untuk melunasi hutang" saya ustadz... Karena saya waktu berhutang dulu sebelum menikah.
Tapi saya tidak memperbolehkan....biar meski gaji suami kecil asal berkah....apa benar yang saya lakukan ini ustadz!!!
🌸 Bekerja di LN selama halal juga berkah 😊
Apalagi niatnya untuk menyegerakan mengakhiri lilitan riba
Cuman harus tabah, LDR tak mudah 😊
💎 Terimakasih atas semua jawabannya ustadz.
Sekarang mulai jelas & insyaAllah menjadi baik untuk saya dan keluarga..
3⃣3⃣ Suharti
Assalamualaikum ustadz ...
Jika kita minjam uang di bank atau tempat yang menyediakan pinjaman uang, apakah itu termasuk riba?
Terus yang terkena riba itu sipeminjam atau yang meminjamkan??
Dan bagaimana yang sedang berjalan pinjamannya kalau digolongkan riba, gimana solusinya .... sukron
🌸Jawab:
Riba itu menjerat semua yang terlibat, bahkan hingga orang yang sekedar menyarankan untuk meminjam riba tadi, semua mendapat dosa yang sama😊
Yang sudah terlanjur meminjam, lunasi secepatnya, kalau ndak mampu angsur, jangan sampai telat 😊
3⃣4⃣ Siska
Assalamu'alaikum uhiz...berdosakah saya bila penasaran denga wajah uhiz?😬🙊
🌸Jawab:
Di google aja 😜😅
3⃣5⃣ Bund Tini
Ustadz ...
Bagaimana denga pegadaian apakah termask riba juga??
Katanya pegadaian itu menyelesaikan masalah tanpa masalah ...
🌸Jawab:
Sama 😊
Gadai itu sama dengan hutang, bedanya ada barang jaminan, jika mengambil manfaat dari hutang maka terjerumus dalam riba, semua pihak yang terlibat, minimal kita terkena debunya (ana mengutik perkataan ustadz Khalid Basalamah)
3⃣6⃣ Melania
Lanjutin tanya no 31 tentang musik..
Kalau dilingkungan saya ada orang hajatan pasti menyalakan musiknya keras sekali, jadi kita yg sbenernya gamau denger musik jadi tidak sengaja denger apa kita dosa juga ?
🌸Jawab:
Jika bisa menghindar, wajib menghindar, misal jalan-jalan ke mana, ke masjid atai ikut kajian
Jika tak bisa, jangan sampai menikmati, kode menikmati adalah ketika kepala atau tangan, atau kaki, bergerak seirama musik.
3⃣7⃣ iFFah
Ustatz kalau nabung di bank non syariah itu kan ada pajak sama bunga, walaupun bunga lebih kecil dari pajak,
Bunga itu termasuk uang riba atau apa ya tadz?
🌸Jawab:
Riba atuh ...
Makanya harus ada pembukuan khusus kalau nabung di bank non syari'ah
Uang kita hanyalah apa yang kita setorkan
Pajak dipotong dari uang kita
Catatat bukukan setiap bunga
Nunga tadi *hadiahkan* untuk kepentingan umum, seperti perbaikan jalan, pembuatan tempat sampah
Jangan pernah gunakan bunga untuk infaq (baik zakat atau sedekah atau infaq sunah lainnya)
💎 Jazakallahu khair ustadz atas jawabnya.
Iya ustadz sudah lama bertanya" akhirnya terjawab.
Siap di catat.
Berati kalo untuk peminta" yang di jalan tidak boleh juga ya,,
Tanya dikit lagi ustadz kalo bank syariah sudah pasti terbebas dr riba gk ya tad?
🌸 Peminta-minta di jalan maksudnya pengemis kah ...
Kalau pengemis lihat perda daerah, kalau ada perda larangan yang mengatur, bahwa kita tak boleh memberi pengemis di jalan, maka taatilah 😊
Kalau merasa kasian, kalau lagi naik mobil atau motor, apalagi kalau pengemisnya dah tua, ajak lalu cari warung makan, kasih makan beliaunya, kasih uang sekedarnya, kalau bisa cukup untuk beliau 3 hari ke depan, syukur-syukur kalau bisa kasih pekerjaan atau modal 😊
3⃣8⃣ Eka
Ustadz, nanya lagii..
Untuk memutuskan menikah, hal apa yang penting untuk di cari tau dari pasangan tadz?
Lalu, jika belum memberikan jawaban untuk lamaran laki² yang kurang sholeh (menurut pendapat kita) bolehkah mencari laki² lain yang bisa jadi lebih sholeh tadz?
🌸Jawab:
Ditolak dulu dengan bijak dan tegas, baru open khitbah lagi
Apa hal yang dicari tahu dari pasangan,
Agamanya ... keturunannya ... apa pekerjaannya ... dan lain-lain yang sekiranya menjawab penasaran ukhty dan keluarga ukhty
💎 Ustadz bagaimana bisa tau agamanya?
Kita boleh yaa tanya langsung ke ibunya?
kalau temennya jauh!
🌸 Kan ada proses ta'aruf setelah khitbah 😊
Manfaatan di sana
Di keluarga mesti ada yang paham agama, coba suruh jadi imam sholat,
Lalu dari perantaraan keluarga yang paham agama tadi, coba buka diskusi kecil tema keluarga dalam Islam misalnya, nanti kan bisa dilihat pandangan-pandangannya.
3⃣9⃣ Yuli
Ustadz, kalau sholat di masjid kan pakai pengeras suara biar kedengaran semua jama'ah kan wajar. Tapi kalau dimushola kecil dari adzan, iqomah, sampai sholat dan dzikir itu masih pakai pengeras suara bagaimana ya ustadz apakah tidak riya' sholatnya?
Disekelilingnya juga ada banyak yang agamanya non muslim.
Terimakasih atas penjelasannya?
🌸Jawab:
Ulama setempat yang harus menegur 😊
4⃣0⃣ Lela
Uhiz.. mohon maaf tanya lagi..
Mengenai pengemis, Dulu saya tidak sengaja pernah lihat pengemis sedang menghitung Rupiah uhiz., sekitar jam 2 siang.
Tempatnya agak tersembunyi, dan itu uangnya banyak banget 1 karung lebih mungkin.
Dan langsung 2 pengemis ganti costume yang lebih rapi.
Nah semenjak itu, sampai sekarang saya agak" tidak percaya kalau ada pengemis, terkadang suudzon., Astaghfirullaah😱bagaimana ya uhiz solusinya?
Takut dosa suudzon ini😢 Terimakasih🤔
🌸Jawab:
Bukan urusan kita sebenarnya 😊
Kalau pun kita melihat hal tersebut, itu adalah aib bagi yang bersangkutan, dan jangan pukul rata dengan pengemis yang lainnya 😊
Karenanya ana sampaikan, perhatikan benar-benar, yang udah tua renta yang dikasih
Kalau masih mudah mah ga usah, kalau minta tawarin kerja aja, bersihin taman misalnya, kalai ndak mau artinya emamg malas, tinggalkan 😊
4⃣1⃣ iFFah
Afwan tadz nanya lagi,,
Tadi jawaban di atas ada infaq sunah itu contohnya apa saja ya tadz?
afwan tadz saya miskin ilmu sekali,,
🌸 Jawab:
infaq terbagi dua:
1. Wajib: dalam bentuk zakat
2. Sunah: sedekah, wakaf, hibah, hadiah.
ana juga miskin ilmu 
sama saja kita
💎 Jazakallah tadz atas smua jawabannya,,
4⃣2⃣ Reni
Ustadz bagaimana hukum 7 bulanan dan syukuran rumah?
Setau ane 7 bulanan itu dak ada di islam tapi agama budha,,,
Jadi gini ustadz.... saudaraku dia lagi hamil 6 menuju 7 bulan dan baru selesai bangun rumah..... dia mau syukuran rumah sedangkan ibu mertuanya niatnya 7 bulanan sedangkan keluarga perempuan udah paham islam dak ada 7 bulanan sampai guru ngaji kami marah kenapa udah paham tapi dak diamalkan...
Kalau kami keluarga dak datang dak enak gimana solusinya?
🌸Jawab:
Niatkan untuk mempererat silaturahmi, kalau sekedar selamatan ngundang keluarga, teman, tetangga kanan kiri, tanpa ritual aneh-aneh lakukan saja 
Inilah kenapa dalam pernikahan disyaria'atkan *harus sekufu* agar tidak terjadi hal seperti ini 
4⃣3⃣ Nurlaela
Assalamu'alaikum ..
Uhiz, mohon maaf saya bertanya lagi..
Tamu itu adalah raja., ketika sudah selesai sholat dan dzikir, dan sudah bersiap bahkan sudah bertilawah Al-Qur'an beberapa ayat dan belum selesai.. tiba" ada tamu datang.,dan tamu tersebut seringnya kalau mengobrol dak bisa sebentar😂..
Mana yang harus saya dahulukan ya uhiz.. Selesaikan tilawah dulu atau temui tamu dulu dan menemani ngobrolnya yang begitu lama?
Jazakillah khoir uhiz🙏
Biasanya sih,, selalu menemani ngobrol karena dak enak,, tapi tilawahnya jadi ketunda bahkan gagal😥
🌸Jawab:
Selesaikan hingga akhir ayat yang dibaca, temui ia 
Jangan di persilahkan masuk ke dalam, cukup diterima di teras saja, katakan bahwa ukhty ada keperluan jadi tidak bisa lama² 

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel