Recent in Fashion

Best Seller Books

SPeCiaL PReSeNT JaRiNG (Jam Sharing)



OLeh : Ustadz Aly Arasy

TaNYa JaWaBπŸ’˜
0⃣1⃣ Erna
Assalamualaikum Uhiz izin bertanya seputar najis. Begini kalau misalnya lagi menjemur baju namun tanpa sepengetahuan di bawah jemuran ada seonggok kotoran hewan. Alhasil jemuran terkena najiz uap dari kotoran tersebut. Kira-kira itu baju apa harus di cuci lagi atau bisa langsung di pakai?
🌸Jawab:
Selama tidak terkena najis tadi tidak masalah, kecuali di baju tersebut tercium bau semerbak menusuk, maka lebih ahsan dicuci ulang.
0⃣2⃣ Esa
Assalamu'alaikum ustadz..
Pertanyaan saya, bagaimana cara menasehati saudara yang pelit memberi nafkah ke anak istrinya?
Dari 100% uang yang didapat, mungkin hanya 20% yg dikasi ke istrinya.
Sisanya dia yang pegang.
Padahal dia pun kerjanya serabutan..
udah sering dinasehati, tapi tetap aja gak berubah..
Akhirnya istrinya uring-uringan trus dirumah..
🌸Jawab:
Yang jadi pertanyaan, apakah sisa 80% tadi, yang ia pegang ia gunakan untuk keperluan kekuarga jugakah?
Kalau ia tidak masalah dia yang pegang.
Kalau tidak, dudukan saja mereka, biar mereka bisa sharring dan mengambil keputusan terbaik.
0⃣3⃣ Lufi
Assalamuallaikum warohmatullah...
Ustadz menikah itu harusnya disegerakan terutama untuk pihak akhwat.
Nah pada saat kita ingin ta'aruf dengan seorang ikhwan awalnya kita semangat aja, besoknya perasaan jadi berubah gak semangat karena membayangkan bermacam-macam, contohnya: "ah iya kalau jodoh", "iya kalau direstuin sama keluarga" dan sebagainya.
Akibatnya sampai sekarang belum menjalani ta'aruf, takutnya seperti surah Al-Baqarah ayat 216.
Pertanyaannya apakah itu termasuk godaan syaiton yang berusaha menggagalkan atau kode dari Allah kalau bukan jodoh?
Jazakallahu khayran katsiir
🌸Jawab:
Kalau mau nikah mesti gitu, mesti sering ragu
itulah perlunya ta'aruf sebelum memutuskan khitbah diterima atau tidak,
0⃣4⃣ Dilla
Assalamu'alaykum ustadz..
Ana ingin bertanya, kalau misalkan ada tempat terapi kesehatan dengan alatnya matras dari bebatuan yang udah diteliti kandungannya dan ada beberapa kandungan dalam batu tersebut bisa mengobati penyakit, lalu kita terapi di matras tersebut apakah termasuk perbuatan musyrik?
🌸Jawab:
Kalau percaya kasur batu tadi memiliki kemampuan penyembuhan, otomatis syirik,
πŸ“Berati tidak boleh terapi itu ya ustadz?
🌸Jika itu termasuk jalan ikhtiar silahkan, namun jika sangat yakin terapi itu yang bisa berikan kesembuhan jangan lakukan,
0⃣5⃣ Mainizar
Assalamu'alaikum...uhiz
Izin bertanya, ada kasus begini :
Seorang penjual pecah belah mengadakan hajatan besar, piring yang dipakai untuk acara tersebut di ambil di toko pecah belah nya.
Setelah hajatan selesai piring-piring tersebut di masukkan lagi ke kotak nya semula dan di jual kembali seperti piring-piring baru,
Pertanyaan saya
Apakah boleh melakukan hal yang demikian itu?
Bukankah itu termasuk menjual barang-barang bekas?
Bagaimana hukumnya?
🌸Jawab:
Agak sedikit riweuh, tergantung akad
Ana tidak berani menjawab,
πŸ“Ini akadnya beli baru Uhiz..
🌸Kalau memang disebutkan saat akad, bahwa ada jaminan piring itu baru, maka bagi penjual ia berdosa,
0⃣6⃣ Asna
Assalamaualaikum ustadz,
Bagaimana hukumnya nonton konser, mendengarkan musik ya..
Saya juga baru tahap hijrah tapi masih suka nonton konser, nyanyi, play musik,
Itu diperbolehkan apa tidak ya?
Karena pernah denger tidak boleh.
Kalau saya, selagi tidak meninggalkan tilawah saya pikir tidak apa-apa!!
Jazakallahu khayran katsiir,
🌸Jawab:
Dalam sebuah riwayat shahih, dinyatakan bahwasanya, pada satu masa akan tiba saat di mana musik di halalkan,
πŸ“Berarti sah sah saja kah?
🌸Haram atuh
πŸ“Penyanyinya dosa kah berarti?
🌸Seluruhnya pemain musik,
πŸ“Kalau nasyid itu bagaimana?
Musiknya kan islami,
🌸Nasheed Islami ndak make alat musik. Coba search Maher Zain no music di youtube. atau nasheed Mishary al-Fasy, acapella sile,
0⃣7⃣ Putri Rosita
Assalamualaikum ustadz,
Begini ustadz saya mau tanya, ini saya masih kuliah sekarang saya sedang dekat dengan seorang laki", dia sudah kerja.
Pertanyaanya ustadz, dia sudah ada keinginan untuk menikahi saya, tapi kode dari orang tua dan keluarga saya, saya harus menyelesaikan kuliah saya dulu ustadz. Bagaimana sikap yang harus saya ambil ustadz, apakah saya harus meninggalkannya dahulu yang memiliki niat baik terhadap saya, atau bagaimana?
Galau nih ceritanya ustadz, Trimakasih πŸ˜­
🌸Jawab:
Jika orang tua tak mendukung, lupakanlah ia
Jika memang berjodoh satu waktu Allah akan pertemukan dalam ikatan suci (pernikahan),
πŸ“Tapi kalo dia ke rumah di terima dgn baik kok ustadz.. Di restui namun tidak sekarang, yakin ini di tinggalin aja ustadz,,
🌸Diputusin dulu, pilihan dalam Islam itu tegas
nikah sekarang atau putus ...
0⃣8⃣ Ella
Assalamu'alaikum uhiz.. Mohon bertanya..
1. Ketika mau mandi besar atau thaharah dari haid, kondisi badan kurang fit sekali.. Apakah boleh mandinya pakai air hangat uhiz?
Sah atau tidak thaharahnya?
Karena tidak berani untuk menunda mandi besar yang sudah waktunya.
2. Bila ada ibu dan anak perempuan berniat mau shalat maghrib berjamaah, ada anak laki-laki tapi tidak mau jadi imam malah lebih memilih sholat sendiri di kamar.
Apakah boleh anak perempuan nya ini jadi imam dan tetap shalat berjamaah?
Atau lebih baik sholat munfarid?
Terima kasih uhiz..
🌸Jawab:
Boleh saja, yang tidak boleh mandi make air mendidih,
Anak lelaki di suruh sholat ke masjid, di rumah silahkan jama'ah ibu sama anak wanita, yang jadi imam yang bacaannya paling bagus,
0⃣9⃣ Lia
Mohon saran ustadz Ketika sedang taaruf, hal apa saja yang harus ditanyakan?
Selain itu batasan ketika ta'aruf apa?
syukron ustadz
🌸Jawab:
Batasan ta'aruf sama seperti sebelum ta'aruf, tak ada berdua-duaan,
Yang ditanyakan tentunya dan harus diketahui adalah,
πŸ”Ήakhlaknya
πŸ”Ήketaatannya
πŸ”Ήpekerjaannya
πŸ”Ήketurunannya
πŸ”Ήdan lain-lain
Bisa ndak memenuhi kriteria kita,
1⃣0⃣ Mainizar
Nanya lagi uhiz...
Bolehkah mencabut uban?
🌸Jawab:
Dimakruhkan mencabut uban 
1⃣1⃣ Meivita
Assalamu'alaikum ustadz,
Saya pernah dengar ada pendapat dari salah seorang ustadzah, kalau kita mau menikahi seseorang itu tidak harus jatuh cinta lebih dulu (lebih baik jatuh cinta setelah menikah), tapi yang penting harus ada ketertarikan,,
Kalau ada seorang laki" yang baik agamanya, tapi saya tidak ada ketertarikan, apakah sebaiknya taarufnya di lanjutkan atau dihentikan saja?
Syukron ustadz
🌸Jawab:
Kalau memang tidak ada rasa cinta jangan diteruskan, minimal suka.. karena akan sangat berat menjalani kalau rasa itu tak ada,
Itulah hikmah kenapa wanita, diperbolehkan menolak lelaki yang dijodohkan untuknya,
1⃣2⃣ Siska
Ustadz, kalau yang benar itu insya Allah atau inshaa Allah yang diartikan apabila Allah berkehendak?
Karena di juz 15 adanya insya Allah... Nohon penjelasannya...
🌸Jawab:
Yang benar adalah ...
Ψ₯Ω† Ψ΄Ψ’Ψ‘ Ψ§Ω„Ω„Ω‡
Translasi huruf arab ... di Indonesia Ψ΄ dibaca sya, internasional Ψ΄ dibaca sha
yang paling benar
Ψ₯Ω† Ψ΄Ψ’Ψ‘ Ψ§Ω„Ω„Ω‡
1⃣3⃣ Devi
ustadz... Bagaimana kalau semisal kita memutus kontak ataupun ukhuwah secara langsung.. Misal ngeblokir no hp biar gak bisa telp atau chat ke kita?
Karena terganggu dengan orang tersebut.. orang tersebut udah tua, salah kah?
Karena dibilangin baik-baik gak ngefek.
🌸Jawab:
Gak papa blokir saja
Asal niat kita baik, menghindarinya karena tak ingin menjadi semakin kesal dengan sikapnya, menghindari marah dan membencinya, jangan lupa berdo'a kebaikan untuknya,
1⃣4⃣ Arni
Ustadz, izin tanya, Bagaimana mengaalahkan egoisnya hati ketika direngkuh kemarahan dan kekecewaan karena suatu hal?
Syukron ustadz,
🌸Jawab:
istighfar, sabar, ikhlas ...
1⃣5⃣ Nida
Uhiz izin tanya, sekarang kan maraknya modus tipuan seperti ada ibu-ibu yang minta sedekah karna katanya tidak bisa pulang habis kecopetan terus ada lagi yang anak kecil nangis dijalan yang katanya ndak tau jalan pulang atau ibu-ibu minta tolong suruh nganterin pulang karena sudah kemaleman.
Itu bagaimana uhiz cara membedakan yang dialami ibu itu beneran atau tidak?
Soalnya pas orangnya cerita kan nanggis otomatis kita kasihan ingin nolong tapi disisi lain takut juga kalau kena tipu!!
🌸Jawab:
Kena tipu apa, duit?
Anggap sedekah saja
sabar, ikhlas ...
1⃣6⃣ Chie
Jika suami istri memiliki uang yang pas-pas'an utk brgkt umroh berdua. Mana yang didahulukan?
- Mendaftar dp haji untuk berdua. Dan untuk pelunasan biaya haji bisa dicari ketika menunggu pemberangkatan haji.
- Atau berangkat umroh berdua?
🌸Jawab:
Mendaftar haji, karena haji sifatnya wajib, umrah adalah sunah,
1⃣7⃣ Ainun
Assalamualaikum,
Bagaimana pandangan islam tentang sosok ayah yang hanya memberikan nafkahnya saja berupa materi tetapi tidak pernah menghubungi anaknya untuk memberikan kasih sayang maupun dukungan. Dan sudah setahun tidak menemui anaknya. Ayah si anak ini sudah bercerai dengan ibunya.
Mohon dijawab ustadz??
🌸Jawab:
Anaknya harus sabar, perceraian itu berat, tidak mudah dilalui, yang pasti tak ada mantan anak, dan jangan sampai berbuat durhaka kepada beliau,
Tetap berbuat baik kepada beliau ,
1⃣8⃣ Halimah
Assalamualaikum
Mau nanya ustadz, ada tidak yang namanya puasa mutih!!
🌸Jawab:
Dalam syari'at Islam tidak ada,
1⃣9⃣ Nuring
Bagaimanakah caranya menjelaskan kepada bahwa pakaian dalam wanita sebenarnya itu seperti yang ada dalam surat al ahzab 56 itu kepada orang tua, di saat memakai cadar, purdah dan lain lain mama masih belum sejutu, dan menjelaskan pada orang-orang disekeliling kita uhiz??
🌸Jawab:
Cadar adalah pilihan,
2⃣0⃣ Nene
Bila sampai usia cukup banyak tidak pernah ada rasa suka pada lawan jenis kira-kira apa yang salah ya ustadz?
🌸Jawab:
Coba ke periksa ke ahlinya,
2⃣1⃣ Hasanah
Assalamualaikum ustadz,
Kalau ada seseorang yang umurnya lebih tua dari kita dan jika datang waktu sholat dia gak sholat, mau ngasih tau tapi tidak enak, dan kalau tidak di bilangin takut dosa di kitanya, itu bagaimana ya ustadz? syukron
🌸Jawab:
Diajakin aja, ayo kita sholat, kalau ndak mau jangan dipaksa,
Ngajaknya lembut ya, jangan memaksa,
2⃣2⃣ InchesNhit
Jika pakaian kita Itu panjang nya melebihi mata kaki dan menyapu lantai pasti bawah nya kotor kan.. Nah jika sedang bepergian bolehkah kita sholat dalam keadaan baju tersebut?
🌸Jawab:
silahkan, jika ada najis basah, cukup cuci hingga najisnya hilang di bagian yang kena najis, kalau najis kering udah disucikan oleh tanah,
2⃣3⃣ Lia
Ada akhwat yang bekerja di pabrik, bissmillah sedari kerja diperusahaan mencoba untuk menjaga pandangan dan menjaga salaman berjabat sentuhan antara laki-laki dan perempuan, ada seorang laki-laki dia tahu bahwa si akhwat tidak pernah melihat wajah jika sedang berbicara apalagi pegang tangan dengan yang bukan muhrim. Nah dengan sengaja itu lelaki malah pegang tangan si akhwat, si akhwat kaget langsung lempar biskuit ke lelaki itu.
Gimana caranya agar terhindar dengan lelaki macam itu ustadz?
Apa si akhwat keluar/resign saja di perusahaan tersebut?
🌸Jawab:
Di perusahaan mesti ada supervisor kan ya, di atasnya ada manager, ada pimpinan, adukan secara berjenjang,
Jika memang tidak ada perlindungan atas hak-hak wanita, pilihan terbaik adalah hijrah (keluar),
2⃣4⃣ ZeeNinik
Soal menikah ya ustadz,, mungkin menikah itu perlu, tapikan kita gak bisa sembarangan ya ustadz, bukannya memilih, tapi kan harus tepat ustadz, sehingga karena kelamaan sendiri, seperti sebuah lagu yang "sudah terlalu lama sendiri, sudah terlalu lama aku asyik sendiri"
Jika kita yang belum menikah memiliki rasa seperti itu bagaimana cara menyikapinya ustadz??
Bener ya jika meninggal dalam keadaan belum menikah itu dosa besar???
Mohon penjelasan ustadz,, Terimakasih ,
🌸Jawab:
jika sudah berusaha/diusahakan mencari pasangan hidup, tidak menutup hati, namun jodoh tak datang juga artinya tidak berdosa,,
Namun, jika sengaja menutup hati, mengambil keputusan untuk hidup melajang, maka tidak mengikuti sunnah,
πŸ“Bukan menutup hati sih ustadz, cuman belum bertemu dengan orang yang pas, sehingga masih belum memikirkan untuk menikah, karena menurut saya ada banyak hal yang lebih penting untuk di utamakan, walaupun kadang berpikir juga bahwa ada saudari saya yang menunggu saya, bagaimana itu ustadz?
🌸Sabar, yang penting tetap ikhtiar,
πŸ“Tapikan usia terus bertambah ustadz, terkadang malu juga kalau di tanya kapan nyusul,
🌸Yakinlah jika tidak bertemu di dunia, Allah telah siapkan lelaki yang belum memiliki pasangan di dunia, untuk seorang wanita yang tak menikah kelak di surga
karena setiap lelaki yang miliki pasangan sah, ia akan bersama pasangan sah nya di surga,
πŸ“Ini beneran ya ustadz?
Jadi di dunia jangan menutup diri, juga jangan risau ya ustadz?
Dan tidak dosa kalau tidak di sengaja,
🌸Intinya selama tidak menutup diri,
Kalau dengan sengaja tidak mau menikah, maka tidak mengikut sunnah
Tidak ada alasan pembenaran di sana,
2⃣5⃣ Eka Nurcianti
Nanya ustad, Zakat kalau tidak salah bisa ya di salurkan kepada orang yang sedang menuntut ilmu?
Nah kalau bisa kepada orang yang sedang menuntut ilmu (zakat penghasilan), boleh tidak zakat nya di berikan ke adik kandung yang notabene nya sedang menuntut ilmu?
🌸Jawab:
Zakat itu kepada 8 asnaf, dengan ketentuan tidak orang yang kita sokong nafkahnya dan kuncinya harus fakir miskin,
Boleh berzakat ke adik sendiri, jika menang ia tidak diberi pos khusus setiap bulan dari penghasilan kita
Dan ia memang kekurangan, artinya orang tua kita tidak memiliki penghasilan cukup untuk membiayainya
Kalau tidak kondisi itu, ia tak berhak 
2⃣6⃣ Fahria
Ustadz, bagaimana menyampaikan secara ahsan kepada ikhwan yang terus menggangu akhwat agar bisa berhenti mengharapkan akhwat yang sudah tidak menginginkannya?
Padahal udah dibantu orang tua, agar bisa berlapang tuk tidak mengharapkan, apakah itu yang disebut terlalu terobsesi?
🌸Jawab:
Sabar, kuatkan hatinya dengan nasehat, sering-sering diajak ke pengajian, dan do'akan agar Allah segerakan untuk menghadirkan seseorang yang mampu menggantikan orang yang telah meninggalkannya,
πŸ“Bertemu pun, tidak berani dengan sikap yang begitu ustadz,
🌸Pasti ada orang yang ia segani dan berwibawa atasnya.
2⃣8⃣ Ainun
Bagaimana cara jadi single mother yang baik ustadz?
🌸Jawab:
Didik akhlak dan pengetahuan anak tentang Iman serta Islam dengan baik,
Cukupkan nafkahnya dari jalan yang halal.
πŸ”·πŸ”·πŸ”·πŸŒŸπŸŒŸπŸŒŸπŸ”·πŸ”·πŸ”·

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel