Recent in Fashion

Best Seller Books

Perdarahan Pada Kehamilan



OLeh : Khoirunnisa Yurliyana, S.Si.T., M.Kes

 *"Perdarahan Pada Kehamilan"*
Ada ibu hamil disini?😁🌹
Adakah yang pernah mengalami perdarahan saat hamil?
🌸Siapapun akan takut sekaligus panik jika mengalami perdarahan saat hamil.
Padahal, mengeluarkan darah dari vagina saat hamil tidak selalu menandakan masalah, namun harus diwaspadai dan disikapi dengan bijak, karena pada kasus kasus tertentu, perdarahan saat hamil bisa jadi merupakan tanda akan terjadinya keguguran atau kondisi ibu hamil yang memerlukan perawatan secepat mungkin.
🌸Apa sih penyebab perdarahan saat hamil?
Kok bisa keluar darah saat hamil?
🌸Penyebab umum perdarahan saat hamil =
A. Perdarahan Yang Terjadi Pada Trimester Pertama atau 12 Minggu Kehamilan, yaitu =
❣1. Keguguran:
Penyebab paling sering dari perdarahan saat hamil di trimester pertama adalah keguguran. Hampir setengah ibu hamil yang mengalami perdarahan di trimester pertama kehamilan berakhir dengan keguguran.
Keguguran sendiri biasanya diikuti gejala-gejala lain selain perdarahan, yaitu kram yang kuat di perut bagian bawah dan keluarnya jaringan atau gumpalan daging melalui vagina.
❣2. Perdarahan Implantasi:
Pada 6-12 hari pertama kehamilan, ibu hamil kemungkinan akan mengeluarkan bercak darah. Bercak bercak tersebut dikarenakan melekatnya sel telur yang sudah dibuahi di dinding rahim. Biasanya perdarahan ringan ini berlangsung beberapa jam hingga beberapa hari.
Pada umumnya, banyak perempuan tidak nenyadari bahwa dirinya sedang hamil, apalagi jika mengingat bahwa perdarahan ini berlangsung sebentar saja.
❣3. Kehamilan Ektopik:
Kehamilan yang terjadi ketika implantasi embrio dibuahi diluar rahim, biasanya di tuba falopii. Ketika embrio ini terus berkembang, maka yang terjadi adalah pecahnya saluran indung telur (tuba falopii) yang bisa menyebabkan perdarahan sekaligus membahayakan jiwa ibu hamil.
Selain perdarahan, kehamilan ektopik biasanya juga disertai dengan kram atau terasa sangat nyeri di perut bagian bawah.
❣4. Hamil Anggur/Kehamilan Molar:
Adanya jaringan lain yang tumbuh dalam rahim namun bukan janin, karena bentuknya bulat" seperti buah anggur, maka disebut hamil anggur.
🌸B. Perdarahan Pada Usia Kehamilan Lanjut =
❣1. Hubungan Seksual,
Perdarahan saat hamil juga disebabkan oleh hubungan seksual dikarenakan adanya perubahan pada tekstur serviks atau rahim.
❣2. Solusio Plasenta,
Hal ini merupakan kondisi yang serius, yaitu ketika plasenta mulai terlepas dari dinding rahim. Ditandai dengan rasa sakit perut yang hebat pada ibu hamil.
❣3. Plasenta Previa,
Yaitu melekatnya plasenta pada bagian bawah rahim, berada didekat mulut rahim, atau menutupi leher rahim.
Jika hal ini terjadi, maka perdarahan yang diakibatkan akan menyebabkan ibu dan bayi pada keadaan yang berbahaya. Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil biasanya direkomendasikan untuk bersalin secara operasi caesar.
❣4. Pembukaan Servix Sebagai Tanda Persalinan,
Tepatnya bukan perdarahan namun adanya pengeluaran darah bercampur lendir pervaginam yang disebabkan oleh membukanya mulut rahim akibat kontraksi menjelang dan selama proses persalinan.
❣5. Adanya Infeksi Vagina, infeksi pada servix, infeksi pada kemaluan yang terjadi karena penyakit menular.
🌸Apa yang dilakukan jika terjadi perdarahan saat hamil ?
🌸Sesuai sebab-sebab perdarahan diatas, maka kita bisa mengetahui kira kira perdarahan yang dialami saat hamil termasuk perdarahan yan beresiko berat ataupun tidak.
🌸Waspada dan lakukan pencegahan perdarahan saat hamil.
Saat terjadi perdarahan sebaiknya perhatikan hal-hal berikut:
1. Mengamati jumlah perdarahan, gunakan pembalut atau pantiliner untuk mengetahui seberapa banyak darah yang keluar.
2. Cegah terjadinya perdarahan berlanjut. Seperti jangan memasukkan apapun kedalam kemaluan, hindari hubungan sexual.
3. Berbaring dan istirahat supaya tubuh tidak kelelahan. Terutama pada awal kehamilan kadang terjadi flex darah. Konsultasikan ke dokter dan minta penguat kandungan jika diperlukan.
4. Untuk mencegah perdarahan saat hamil, hindari melakukan pekerjaan berat terutama pada trimester pertama kehamilan.
5. Cari bantuan dan segera ke dokter or ke rumah sakit terdekat jika = terjadi perdarahan hebat, nyeri yang sangat menyakitkan, kontraksi terus menerus.
6. Beritahukan pada dokter semua gejala dan apapun yang terjadi selama proses perdarahan, termasuk jumlah darah atau apapun yang keluar dan rasa sakit yang dirasakan.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎TaNYa JaWaB💎
0⃣1⃣ Miya
Bu nisa, saya hamil 16w..
Kalau hamil bolehkah berhubungan sampai klimaxs 😅🙈
Semoga bu nisa mengerti pertanyaan saya 🙈
🌹Jawab:
Bunda miya yang berbahagia..
Saat hamil sudah usia 16 minggu apakah boleh berhubungan sexual sampai klimaxs = boleh
Yang penting kondisi bunda dalam keadaan relaxs, tidak ada nyeri perut bagian bawah sebelum, dan selama proses berhubungan sexual, juga tidak ada riwayat perdarahan pervaginam sebelumnya.
0⃣2⃣ Adis
Saya mau nanya mohon maaf mungkin ini di luar dari tema, kalau misalkan kita lagi haid terus tanggal dapetnya bisa majuan atau malah mundur agak jauh itu masih dalam batas normal atau tidak ?
Bagaimana juga kalau dalam satu bulan kita malah ada tidak haid/tidak dapet tamu bulanan apa itu masih dapat di katakan wajar aja teh ?
Dan bagaimana biasanya agar haid kita bulanan itu lancar tanggalnya juga teratur seperti bulan-bulan sebelumnya ?
🌹Jawab:
Pertanyaannya diluar tema ya, untuk mengetahui apakah siklus haidnya normal atau tidak, tolong lengkapi tanggal hari pertama haid selama minimal 3 x siklus haidnya bunda adis👍😊
0⃣3⃣ Fitri
Assalamualaikum bu dokcan....mau tanya,,
1. Apa penyebab janin tidak berkembang?
Benarkah stress bisa jadi penyebabnya....?
2. Dulu pas hamil anak pertama, saya tiap bulan haid dok. Jadi tidak tau kalau saya lagi hamil karena tidak mengalami yang namanya ngidam atau morning sickness.
Baru ketauan pas sudah hamil 5 bulan, apakah haid" tersebut yang disebut perdarahan dok?
Jazakillahh dokcan😘
🌹Jawab:
*A.* bunda fitri yang di rahmati Allah...
1. Penyebab janin tidak berkembang = adanya infeksi virus berbahaya seperti toxoplasma, herpes, dan rubella.
Virus ini menginfeksi janin hingga membuatnya gagal tumbuh.
2. Kekurangan asam folat, ibu hamil harus mengkonsumsi sekitar 400 mikrogram asam folat, jika kekurangan asam folat maka janin tidak berkembang dengan baik, sistem syaraf akan terganggu dan menyebabkan bayi cacat.
3. Faktor genetis, saat terjadi pembuahan sel sperma dan ovum harus berada dalam kondisi terbaiknya.
4. Calon ibu yang perokok, maupun perokok pasif.
5. Usia ibu terlalu muda dan terlalu tua.
6. Ibu ketergantungan narkoba.
7. Berat tubuh ibu tidak ideal, artinya tidak terlalu kurus atau terlalu gemuk.
*B.* Keluar Haidnya sedikit sedikit ya bun?
Bisa jadi karena kondisi mulut rahim yang mudah terbuka sehingga darah mudah keluar walaupun sedang kondisi hamil, salah satu penyebabnya = anemia, dan capek fisik maupun psikis, dan lain".
0⃣4⃣ Rafika
Teman saya ada yang sedang dirawat dirumah sakit sekarag, dia hamil 6 bulan.
Penyebabnya kalau lagi buang air kecil bisa mengeluarkan darah tetapi di cek dokter ternyata di vaginanya bersih tidak ada darahnya, darahnya keluar kalau lagi buang air kecil, ketika di USG ternyata ari"nya dibawah dekat saluran kencing, apakah itu dinamakan plasenta previa?
🌹Jawab:
Ya, Plasenta previa, tapi perlekatan plasentanya bukan dekat saluran kencing, Tapi menutupi bagian bawah rahim.
0⃣5⃣ Kartika
Kehamilan ke 5, alhamdulillah tidak flek, semoga seterusnya.
Tapi sering kram perut😣
🌹Jawab:
Amin bunda kartika wulan yang disayang Allah..
Kalau yang dirasa kram berarti rasanya sangat nyeri ya bun?
Ini adalah kontraksi, sebaiknya bunda kartika mencukupi istirahat dan mengkonsumsi gizi seimbang agar membantu menguatkan kandungan bunda, serta konsultasi/cek teratur ke dokter kandungan😊
0⃣6⃣ Yuli
Diminggu keberapa sebaiknya melahirkan jika 9 bulan lebih masih belum ada tanda² mau melahirkan? Dihawatirkan air ktuban kering!!!
🌹Jawab:
Bunda yuli, ibu hamil normal melahirkan di rentang usia kehamilan 37-40 minggu. Pastikan bunda yuli tau tanggal taksiran persalinannya.
Di usia kehamilan ini diusahakan lebih memperbanyak mengkonsumsi air putih untuk membantu mempertahankan volume dan kualitas air ketuban.
0⃣7⃣ Adis
Kalau untuk siklus bulan November sekitar tgl 20, Desember tgl 22, Januari tgl 28 dan bulan Pebruari kemarin saya belum dapet bu.
Untuk saya yang masih belum menikah ini apakah wajar ?
🌹Jawab:
Ukhti adish, jika dilihat dari riwayat haidnya, siklus haid bulan november dan desember teratur.
Tapi di bulan januari mundur 6 hari. Apakah mba' adish sedang capek ?
Siklus haid yang tidak teratur disebabkan oleh gangguan hormon di dalam tubuh salah satunya dikarenakan faktor capek/stress fisik maupun psikis.
0⃣8⃣ Ayu key
Bunda nisa, key tanya...
Tapi diluar tema Alhamdulillah tidak pernah dan jangan sampai juga,
1. Sampai minggu keberapa si dedek bayi muter"?
Ni 34 minggu masih melintang... Sudah sujud duduk nya...
Takut banget kalau SC, semoga bisa spontan...
2. Penyebab ketuban bocor apa ya... Dibuat hububungan seperti keluar air gitu,, apa sampai melahirkan tidak boleh berhubungan???
🌹Jawab:
Bunda key yang dirahmati allah..
1. Sebaiknya di usia kehamilan 36 minggu kepala janin sudah berada dibawah. Terapy Sujudnya bukan seperti posisi sujud sholat bunda key, tapi dada menempel di lantai/kasur, posisi kepala boleh miring ke kiri atau ke kanan pastikan posisi ini membuat bunda nyaman, therapy ini dilakukan sering.
2. Air ketuban yang keluar merembas saat hamil disebabkan selaput ketubannya ada yang robek sehingga ketuban sering merembas keluar.
Baru boleh berhubungan sexual lagi setelah usia kehamilan 37 minggu.
0⃣9⃣ Ulfa
Bunda nisa..saya ijin bertanya..😊
Saya pernah keguguran, karena saya tidak menyadari kalau hamil. Karena sudah saya TP tapi masih negatif di seminggu telat....
Saya buat olah raga, kok perut sakit ada flek, saya kira mau mens, tapi kok besoknya langsung keluar banyak, terus saya periksakan ke dokter ternyata hamil tapi saya tidak tau,,,
Yang saya tanyakan:
1. Bagaimana ya bunda buat memastikan kehamilan di awal" itu?
2. Siklus menstruasi saya kan kacau, kemarin sampai hampir 2 minggu lebih mens, terus periksa ke dokter kandungan buat menghentikan mens saya di kasih obat NORE*** setiap hari saya minum obat itu..
Terus sekarang sudah habis obatnya..
kira" mens saya datang, setelah saya tidak konsumsi obat itu berapa lama ya bunda nisa?
Jazakillah bunda 😘
🌹Jawab:
Bunda ulfa yang baik..
1. Untuk memastikan tanda awal kehamilan adalah jika terlambat datang haid, segeralah test peck atau segera memeriksakan diri ke bidan atau dokter, sambil melihat gejala awal kehamilan secara umum, dan menghindari kegiatan/aktivitas berat selama dalam program kehamilan.
2. Obat yang bunda konsumsi adalah mengandung hormon, biasanya akan segera datang haidnya setelah bunda tidak mengkonsumsinya.
1⃣0⃣ Atik
Begini bu bidan,,, Saya Dua minggu yang lalu SC. Jahitan bagus, udah bisa jalan dan aktivitas ringan. Tapi kenapa ya perut kok sakit lalu badan agak anget.
Haid/nifas juga sudah tidak keluar darah. Saya boleh tidak beli obat pereda nyeri. Merk nya apa ya bunda?
Jazakillah
🌹Jawab:
Bunda atik yang dirahmati allah,, aamiin.
Demamkah?
Demam adalah gejala tubuh mengalami infeksi, sebaiknya diperiksakan ke bidan atau dokter kandungan.
Obat pereda nyeri boleh apa saja yang penting bunda Atik tidak mempunyai riwayat alergi pada komponen obat tersebut.
Yang aman = paracetamol.
1⃣1⃣ Oktriani
Jika haid kita tidak teratur setiap bulan terkadang 2 bulan sekli kadang bisa lebih, apakah penyebabnya dan apakah masih bisa memungkinkan untuk bisa hamil lagi!!!
🌹Jawab:
Bunda oktriani, kemungkinan kategori siklus haid bunda adalah siklus haid panjang. Insyaallah bisa hamil lagi tapi dengan dibantu penentuan masa suburnya oleh bidan atau dokter kandungan.
Penyebab siklus haid yang tidak teratur:
1. Stress= stress bisa memicu menstruasi datang lebih cepat atau lambat, karena ketika stress, banyak sistem tubuh yang sebenernya mulai terganggu dan berdampak pada siklus haid.
2. Olahraga yang intens yang cepat menurunkan berat badan bisa berdampak pada perubahan siklus menstruasi.
3. KB = memakai kontrasepsi.
4. Hyperthyroidisme = kondisi kelenjar gondok/tyroid tidak memproduksi hormon tyroid yang cukup.
Untuk menentukan penyebab pastinya sebaiknya bunda melakukan pemeriksaan ke dokter SpOG, dan bila perlu pemeriksaan laboratorium darah.
Jika siklus haid tidak teratur, sulit menentukan masa subur, karenanya silahkan berkonsultasi secara intensif dengan dokter kandungan👍🏻
💎Afwan bu Bidan ,,,,,,
Setelah melahirkan sampai sekarang tidak pernah ikut program KB tapi belum juga tambah momongan anak pertama sudah 14th, adakah terapi atau obat yang bisa menyuburkan kandungan?
🌹Cara alami menyuburkan kandungan = makan makanan yang kaya antioksidan, protein, asam lemak omega 3, produk susu rendah lemak, makanan kaya asam folat, vitamin C dan vitamin E.
Therapy infertil disesuaikan dengan hasil pemeriksaan, maka sebaiknya bunda dan suami melakukan pemeriksaan lengkap untuk menentukan terapy yang tepat dalam program hamil ini.
1⃣2⃣ Ummu Lilo
Buang air kecil bercampur darah apakah selalu placenta previa bunda?
🌹Jawab:
Ummu lilo..kalau buang air kecilnya bercampur darah apakah tanda dari plasenta previa = tidak/bukan.
Karenanya harus diperjelas kembali keluarnya darah apakah dari lubang kencing atau dari lubang haid/vagina. kalau dari lubang kencing berarti penyebabnya bisa karena adanya infeksi/penyakit yang berhubungan saluran kemih.
Tapi jika saat hamil sering mengeluarkan darah pervaginam, maka dicurigai adanya plasenta previa, untuk memastikannya dianjurkan untuk USG /periksa ke dr. SpOG.
1⃣3⃣ Adis
Kalau bulan Januari memang Adis lagi banyak aktivitas bund sama lagi ngerjain skripsi ini pun juga masih skripsian apakah faktor berpikir juga bisa menyebabkan tidak lancar ? Bulan Februari tadi belum ada dapet sampai sekarang bund. Biasanya ada dengan cara apa ya bund untuk melancarkan haid ?
Mohon maaf bertanya lagi 🙏soalnya adis tidak pernah telat banget begini bund!!!
🌹Jawab:
Ukhti adish..betul sekali faktor stress membuat siklus haid tidak lancar, saat ini ukhti adish sedang proses penyusunan skripsi yang menguras tenaga dan fikiran.
Solusinya hindari stress, relax, refreshing, jangan lupa cukupi gizi seimbang kalau perlu minum vitamin untuk membantu memperlancar siklus haidnya👍
1⃣4⃣ Anisa Eka Putri
Kak Nisa, maaf kalau pertanyaan di luar tema. Kalau sedang terinveksi virus CMV 200an tiba² hamil itu apa harus di gugurin kak?
🌹Jawab:
Bunda annisa eka putri yang dirahmati allah ...
CMV = CitoMegaloVirus salah satu virus yang membahayakan janin beresiko keguguran, janin tidak berkembang, janin lahir cacat dan atau janin meninggal didalam kandungan , dan janin lahir mati. Jika sedang terinfeksi virus ini sebaiknya tidak hamil dulu sampai pengobatannya total sembuh.
Keputusannya jika terlanjur hamil bagaimana? Sebaiknya dikonsultasikan ke dr. SpOG.
1⃣5⃣ Anisa Eka
Kak, Nisa saya sudah minum cripsa dari bulan november kenapa ASi masih keluar ya?
Biar ASi tidak keluar lagi bagaimana?
Soalnya tidak ada yang ngASi juga!!!
🌹Jawab:
Bunda annisa..payudara yang disapih secara tiba-tiba dan bukan secara bertahap bisa menyebabkan nyeri, bengkak, bahkan mastitis. Mengkonsumsi asam mefenamat dan paracetamol adalah untuk mengurangi rasa nyeri dan mengurangi ketidaknyamanan akibat pembengkakan, hindari stimulasi putting susu karena akan memicu produksi ASi (kenakan BRA yang menyangga tapi tidak terlalu ketat, pilih pakaian yang longgar, mandi air hangat bisa mengurangi tekanan pada payudara dan meredakan ketidaknyamanan, hindari stimulasi langsung dari air), Hindari memompa asi (karena ini memberikan sinyal pada tubuh untuk memproduksi asi lebih banyak, jika payudara mulai terasa penuh, pompa dengan tangan seperlunya untuk mengurangi ketidaknyamanan), jika bunda mengalami masalah terus menerus dengan penghentian lactasi, tanyakan ke dokternya bunda mengenai konsumsi obat bromocriptine (parlodel).
Dokter biasanya tidak merekomendasikan obat ini karena meningkatkan kemungkinan hipertensi, stroke, dan serangan jantung.
💎Asinya tidak banyak cuma terganggu aja, dan takut menghambat untuk hamil lagi karena terakhir di cek pas masa subur sel telur tidak sesuai ukuran yang harusnya 1,8 ini hanya 1,3 dan itu cuma 1 yang besar yang lainnya kecil²!!!
🌹Bunda annisa yang disayang allah..insyaallah keluarnya asi tidak mempengaruhi kesuburan bunda untuk program hamil lagi. Ukuran sel telur tidak dipengaruhi adanya pengeluaran asi, namun dikarenakan faktor pembentukannya.
Biasanya dokter memberikan terapy hormonal untuk menormalkan kualitas produksi sel telurnya, silahkan konsultasikan kembali ke dokter bunda,
Usahakan relax's, hindari stress fisik maupun psikis yang bisa mempengaruhi kerja tubuh👍
1⃣6⃣ Anisa
Nisa mau bertanya, nisa kan kemarin tes darah ternyata CMV naik sampai 200 dan nisa di kasih obat dosis rendah. Yang mau nisa tanyakan, selain obat²an apa yang harus dilakukan nisa agar virus menjadi negatif?
Misal apa nisa harus mengkonsumsi apa gitu!!
🌹Jawab:
Bunda anisa yang dirahmati allah, selain mengkonsumsi obat dokter, bunda tingkatkan daya tahan tubuh bunda. Jenis pengobatan diperlukan biasanya adalah berupa obat antivirus (agen antiviral) yang menghambat reproduksi virus, tetapi tidak bisa menghancurkannya. Seperti infeksi virus herpes lainnya, CMV tidak dapat disembuhkan, orang akan terinfeksi seumur hidup. Virus biasanya menetap dalam keadaan tidak aktif, namun dapat aktif kembali dari waktu ke waktu.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎CLoSiNG STaTeMeNT💎
Jangan menganggap remeh perdarahan walaupun sedikit baik itu di usia kehamilan muda ataupun lanjut..segeralah memeriksakan diri ke dr. SpOG.
Salam Semangaat Sehat Selalu.🌹

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel