Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

Loe...Gue...END



OLeh : Ustadz Satria Ibnu Abiy

بـــســم الـلّٰـــه الرحــمــن الرحــيــم
الــسلام علــيكم ورحمة الله وبركاته

Sebelum saya mulai, saya mau klarifikasi ini dulu
TIDAK BENAR saya romantis, ini pitnah
Karena belum ada yang mengakuinya seperti itu...
Sekian klarifikasinya,,,

🌸🌸🌸
بـــســم الـلّٰـــه الرحــمــن الرحــيــم

Salah satu sifat dasar manusia, ada selalu ingin terus & terus melakukan maksiat kepada Allah ﷻ, serta mengikuti hawa nafsunya

Allah SWT berfirman:

بَلْ يُرِيْدُ الْاِنْسَانُ لِيَفْجُرَ  اَمَامَهٗ

"Tetapi manusia hendak membuat maksiat terus-menerus."
(QS. Al-Qiyamah 75: Ayat 5)

Ini adalah salah satu sifat dasar seluruh manusia

Sehingga, ketika pertama kali manusia diciptakan oleh Allah ﷻ
Mulai terjadi kecemburuan dari makhluk lainnya, termasuk para malaikat & iblis,
Namun kecemburuan yang paling parah, diderita oleh Iblis.

Iblis betul-betul gak bisa menerima bahwa manusia yang jelas-jelas diciptakan dari bahan yang hina (menurutnya), harus dipatuhi & dihormati, bahkan Allah ﷻ memerintahkan mereka (malaikat & iblis) untuk bersujud (dalam rangka menghormati bukan dalam rangka ibadah) kepada Adam...

Dan Iblis serta bala tentara & antek-anteknya, sangat berkeinginan kuat untuk menyesatkan Adam & anak keturunannya (termasuk kita) sehingga bisa menemani ia di neraka
-wal iyadzu biLlah-.

Kisah perseteruan awal di atas langit ini selengkapnya bisa antum baca di surah Al A'raf mulai ayat 11 hingga 24 ya...

🌸🌸🌸
Yang menjadi inti pembahasan kita pada malam ini adalah, sumpahnya iblis di ayat 16 & 17 di dalam surah tersebut

Allah SWT berfirman:

قَالَ فَبِمَاۤ اَغْوَيْتَنِيْ  لَاَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيْمَ

"(Iblis) menjawab, Karena Engkau telah menghukum aku tersesat, pasti aku akan selalu menghalangi mereka dari jalan-Mu yang lurus,"
(QS. Al-A'raf 7: Ayat 16)

Allahu Akbar...

Catat... ini POIN PERTAMA

Allah SWT berfirman:

ثُمَّ لَاٰ تِيَنَّهُمْ مِّنْۢ بَيْنِ اَيْدِيْهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ اَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَآئِلِهِمْ ۗ  وَلَا تَجِدُ اَكْثَرَهُمْ شٰكِرِيْنَ

"kemudian pasti aku akan mendatangi mereka dari depan, dari belakang, dari kanan, dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur."
(QS. Al-A'raf 7: Ayat 17)

Dan ini POIN KEDUA

Di ayat 16 & 17, Iblis mendeklarasikan bahwa ia akan senantiasa menggoda, menjebak & memperdaya semua manusia, agar manusia melakukan maksiat kepada Allah ﷻ

Lalu timbul pertanyaan, Bagaimana caranya Iblis & kroco-kroconya bisa menggoda kita???

🌸🌸🌸
Jadi semenjak Iblis diusir oleh Allah ﷻ dari Jannah, iblis menaruh dendam yang sangat mendalam kepada Adam & seluruh anak keturunannya, termasuk kita hari ini!!!

Disini poin inti yang mau saya sampaikan,
Bahwa setiap manusia, baik tua atau muda, ganteng atau tampan (sama aja ya 😅), kaya atau miskin, yang pintar atau yang tidak berilmu, SEMUANYA...

Iblis akan senantiasa menggoda & mencoba untuk menyesatkan kita, dengan berbagai cara, dengan berbagai jalan!!!

Maka jangan heran, ketika kita jauh dari Allah ﷻ, maka Iblis & antek-anteknya akan merasa sangat senang kepada kita, dan mereka akan langsung "fall in love" kepada kita

Wal iyadzu biLlah

Namun ketika kita dengan tegas mau mengatakan kepada iblis...

Loe... Gue... END

Loe :: ┐(‘o’ ┐)
Gue :: (┎ ‘_’ ┒)
End :: ┒(⌣˛⌣)┎

Maka di saat itu, kita akan bisa meningkatkan kualitas keimanan kita kepada Allah ﷻ...

Dan tentunya secara otomatis, godaan dan perangkap (talbis) iblis kepada kita juga akan semakin meningkat juga...

Thayyib

Sampai disini bisa difahami?
✍🏻🙇🏻

🌸🌸🌸
Allah ﷻ ilhamkan kepada diri mereka semuanya, 2 karakter yang saling berdampingan, yakni FUJUR dan TAQWA

ﻓَﺄَﻟْﻬَﻤَﻬَﺎ ﻓُﺠُﻮﺭَﻫَﺎ ﻭَﺗَﻘْﻮَﺍﻫَﺎ

Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. (QS. As Syam:8)

Perhatikan...
Setiap jiwa itu Allah ﷻ ilhamkan (sematkan) di dalamnya 2 karakter ini, FUJUR & TAQWA

Fujur itu selalu mengarahkan jiwa kepada kejelekan & dosa
Sedang Taqwa adala kebalikannya, mengajak jiwa melakukan ibadah & berbagai kebaikan

Fujur itu sumbernya ada di dalam syahwat, sedang taqwa sumbernya ada di dalam iman yang kita miliki

🌸🌸🌸
Contohnya bagaimna?
💎Perhatikan
Satu contoh fujur misalnya buruk sangka
Sedang taqwa adalah kebalikannya, yakni berbaik sangka

Misal ada kasus, ketika kita sedang chat dengan teman/saudara/kenalan, ternyata chat kita cuma diread doang, lantas apa yang kita lakukan saat itu?

Nah disini peluang setan (anak buahnya iblis) bermain...
Setan akan hinggap di Fujur, lalu membisikkan agar kita berburuk sangka

Sedang taqwa akan mengcounter bisikan setan ini dan menyuruh kita untuk tetap berbaik sangka

Klo kita lebih memilih bisikan setan... maka sudah pasti fujur di dalam jiwa kita akan semakin membesar...
Wal iyadzu biLlah

Semakin kita ikuti, kita dengar dan kita taati, maka setan akan menjadikan fujur semakin besar & akhirnya bisa "memakan" taqwa di dalam jiwa kita.

Oleh sebab itu, ketika 2 bisikan ini sedang kita hadapi saat melakukan sesuatu, maka perlu dengan tegas kita katakan kepada fujur & bisikan setan ini...

Loe :: ┐(‘o’ ┐)
Gue :: (┎ ‘_’ ┒)
End :: ┒(⌣˛⌣)┎

💎Coba sekarang jujur ya
Pernah gak mengalami 2 bisikan ketika berhadapan dengan sesuatu?

Misal lagi janjian, tapi yang janjian gak datang-datang, atau yang semisalnya
Ada yang pernah seperti ini?
🌸Pernah

ﻣَﺎ ﺷَﺂﺀَ ﺍﻟﻠّﻪُ
Thayyib
Saya yakin mesti semuanya pernah/sering mengalaminya ya 😅

Maka ketika 2 bisikan itu datang, kita harus dengan tegas mengatakan kepada bisikan fujur...

Loe :: ┐(‘o’ ┐)
Gue :: (┎ ‘_’ ┒)
End :: ┒(⌣˛⌣)┎

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

Mungkin cukup dulu materinya ya,,,
Mudah-mudahan brmanfaat untuk diri kami khususnya, dan antum sekalian...

Semoga diberi kefahaman & berkah dengannya...
Semoga bermanfaat

Akhukum fiLlah,
🌴 Satria Ibnu Abiy

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Iffah
Tadz minta sarannya agar bisa selalu berfikir positif, tidak cepat berprasangka buruk.

Jazakallah tadz,,

🌴Jawab:
1. Bertaqwa kepada Allah ﷻ
2. Pelajari apa efek buruk dari seringny kita berburuk sangka & apa efeknya untuk jiwa & pikiran kita
3. Jangan mudah marah & banyak bersabar
4. Sering-sering & perbanyaklah kalimat dzikir

 ﻻَ حَوْلَ ﻭَﻻَ ﻗُﻮَّة ﺍِﻻَّ ﺑِﺎﻟﻠّﻪ


وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

0⃣2⃣ Husnul
Assalamualaikum ustadz,,
Begini ustadz, terkait Loe Gue END dengan bisikan iblis, bagi saya jika boleh berpendapat hal itu bukan hal yang mudah. Nah, sebagai manusia, kita juga mempunyai keterbatasan, kelemahan dalam hal tersebut. Misalnya, roda keimanan kita yang selalu naik turun.
Kira-kira bagaimana solusi ustadz, untuk saya dalam menanggapi keterbatasan tersebut!!
Terimakasih

🌴Jawab:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Betul sekali bu Husnul, loe gue end dengan bisikan setan bukan perkara yang mudah, kalau mudah tentu setan sudah pensiun lama ngegoda kita kan?

Hanya saja yang perlu kita catat baik-baik, bahwa...

إِنَّ كَيْدَ الشَّيْطَانِ كَانَ ضَعِيفًا

"...karena sesungguhnya tipu daya syaitan itu adalah LEMAH"

Ini kata kunci penting yang harus betul-betul kita catat. Bila perlu ditulis pakai tinta merah, trus distabilo, lalu digaris bawahi & dilaminating...

Apapun bentuk godaan, tipu daya & makar yang dilakukan setan & teman"nya, sebenarnya sangat lemah sekali...

Hanya saja, jika iman yang kita miliki lebih lemah dari godaan tersebut, tentu kita akan KALAH, pasti...

Lalu gimana jalan keluarnya???

Hanya ada satu jalannya... yakni PERBANYAK AMALAN SHOLIH kita!!!

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

0⃣3⃣ Imah
Ustadz, saat menghadapi persoalan dalam pengambilan keputusan, bagaimana membedakan yang mana kata hati dan yang mana bisikan iblis...???

🌴Jawab:
Bu Imah🌺 yang in syaa Allah ﷻ dirahmati Allah ﷻ...

RasuluLlah ﷺ bersabda,

البر حسن الخلق، و الإثم ما حاك في نفسك و كرهت ان يطلع عليه الناس

(yang namanya) kebaikan (pahala) itu adalah (semua bentuk) akhlak yang baik (termasuk keputusan dan tutur kata yang baik). Sedang keburukan (dosa) adalah apanya yang membuat sesak dirimu & kamu benci (gak suka) kalau hal tersebut sampai dilihat/diketahui orang lain (HSR. Muslim dari An Nawwas bin Sam'an)

Ini hadits yang juga gak kalah penting harus kita hafal & fahami buibu...

Yang namanya kebaikan itu, pasti bikin adem... bikin tenang...

Sedang keburukan itu mesti bikin dada sesek... pikiran capek dan tentunya bikin ngambek & sumpek 😅 wal iyadzu biLlah

Bisa difahami kira" bu Imah🌺 ???

0⃣4⃣ Riska
Assalamualaikum ustadz,,
Minta saran bagaimana mengembalikan kepercayaan pada orang yang suka bohong.
Dan terhindar dari ghibah dan su'udzon,,??

🌴Jawab:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

maksudnya biar kita bisa percaya sama orang yang suka bohong?

Atau biar kita gak disebut pembohong?

0⃣5⃣ Alvi
Tadz minta solusinya agar tidak selalu berburuk sangka dengan sesuatu.
Kadang sudah berusaha untuk menghindar dari sangkaan yang buruk, masih saja Ada unek" yang selalu berbisik .. Si anu Dan si anu .. 🤦🏻‍♀

🌴Jawab:
Ini pertanyaan mirip, senada serta seirama dengan pertanyaan nomor 01.

Monggo dirujuk jawaban saya sebelumnya gih bu Alvi

0⃣6⃣ Rere
Usat, iman seperti roller coster kadang naik kadang turun, bagaimana supaya bisa selalu taqwa & berbaik sangka?
Lebih sering tergoda daripada tidak nya,,

🌴Jawab:
Ini juga senada & seirama dengan pertanyaan nomor 01.

0⃣7⃣ Refia
Tanya ustadz,, ngadepin temen grup yang baperan bagaimana ya??

Cara memulai komunikasi yang baik tanpa ada rasa negatif duluan di dianya yang baperan ini bagaimana ya ustadz?? 😅

Syukron ustadz,,

🌴Jawab:
Bisa ajak ketemuan ndak?

Kalau cuma andalkan chat di medsos rasanya agak berat,

Minimal harus sering ditelp agar tidak ada miss disana,

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

0⃣8⃣ Adhyt
Assalamualaikum, ustadz,,

Bagaimana kita sudah memesan sesuatu dengan teman, awalnya dia menyanggupi, namun teman tersebut tidak memberikan kepastian dan mengulur" waktu, awalnya saya berbaik sangka namun sepertinya kesabaran saya sudah habis dan mulai berpikir yang tidak baik, dan saya cancel pesanannya.
Apakah itu termasuk merugikan dia karena dia juga sudah sedikit mempersiapkan pesanan saya?
Lantaran saya juga merasa dirugikan soal waktu dan tidak ada kepastian, saya harus bagaimana?
Afwan

🌴Jawab:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bu Adhyt yang in syaa Allah ﷻ dicintai Allah ﷻ...

Coba ibu telpon atau temui baik" lalu tanyakan kepada beliau apa sebabnya sampai bisa terjadi hal dekimian?

0⃣9⃣ Erna
Assalamualaikum warahmatullah

Usad mohon bertanya, bagaimana jika kita hadir majlis atau pengajian tapi kita berboncengan sama lawan jenis karena memang tidak ada boncengan temen perempuan yang mau diajak hadir (dalam arti kepepet) hehe, itu bagaimana ya tadz sebaiknya?
Mohon penjelasannya,
Terima kasih 🙏

🌴Jawab:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Gak boleh ❌

Hal begini kalau tidak tegas di awal, khawatirnya nanti jadi kebiasaan.

Kalau dah jadi kebiasaan, akhirnya tidak ada lagi takut akan dosa saat berduaan...

Wal iyadzu biLlah

1⃣0⃣ Nanda
Assalamualaikum usat,
Bagaimana ya cara menghindari iri hati terhadap teman / saudara yang sepertinya hidup lebih enak dibanding kita. Sulit mau nge END rasa seperti ini dia kok bisa begini begini begini padahal saya pun juga sudah melakukan ini ini ini kok belum juga bisa seperti si A.
Semakin saya berikhtiar kadang malah merasa kok dijatuhin lagi dan lagi tidak tercapai" apa yang di inginkan. Astagfirllah...

Jadi bagaimana ustadz kalau ada kasus seperti diatas,,,
Bagaimana ustadz ini bisikan syetan atau memang masih ujian atau karena si (orang tersebut) masih salah dalam berniat satu ingin mencapai tujuan!!

🌴Jawab:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Seorang hukamaa' (ahli hikmah), pernah berkata (dan perkataan ini sungguh banyak sekali faedahnya jika bisa kita hafal & amalkan),

الخير خيرة الله

Alkhoyr, khiirotuLlah

"Yang namanya kebaikan itu adalah apa apa yang dipilihkan oleh Allah ﷻ"

Jadi apapun yang Allah ﷻ pilihkan untuk kita saat ini, yakni takdir kita, itu SEMUA ADALAH BAIK UNTUK KITA...

Oleh sebab itu, RasuluLlah ﷺ memberi kunci untuk senantiasa bersyukur yakni,

Saat kita melihat orang lebih banyak harta atau kenikmatan dunianya dari kita, maka jangan lihat ke atas, tapi senantiasalah lihat ke bawah kita.

Berapa banyak hari ini saudara kita yang mungkin tidak bisa memakan makanan yang kita makan saat ini???

Berapa banyak saudara kita yang tidak bisa tidur nyenyak seperti tidurnya kita???

Berapa banyak saudara kita yang tidak bisa lagi menikmati udara pagi yang cerah seperti yang kita rasakan saat ini???

Lalu masihkah kita saat ini merasa kekurangan???

الخير خيرة الله

1⃣1⃣ Rafika
1. Pertama...manusia juga ada yang termasuk golongan iblis meski tidak dibisiki setan pun pada dasarnya perilaku dan sifatnya seperti iblis atau setan itu sendiri., itu maksudnya bagaimana ya ustadz?

2. Kedua, kadang-kadang kita berbuat jahat malah menyalahkan setan...gara-gara setan nih aku jadi jahat begini...apa benar setiap tindakan buruk datangnya dari bisikan setan ustadz?

🌴Jawab:
1. Kalimat "manusia juga ada yang termasuk golongan iblis" dapat darimana bu?

2. Semua perbuatan & bisikan jahat itu memang dari setan. NAMUN... yang memilih & melakukannya adalah DIRI KITA SENDIRI...

Jadi setan hanya bisa memberi pilihan yang buruk lewat karakter fujur, dan iman kita memberikan pilihan yang baik lewat taqwa, lalu KITA SENDIRI LAH yang menentukan mana yang akan kita ambil & lakukan

1⃣2⃣ Chie
Menanggapi Jawaban no 0⃣9⃣

Kalau berhubungan dengan pekerjaan kita bagaiman, Usat??
Misal mesti ada visit kerumah-rumah gitu sementara patner kita ikhwan, tidak ada akhwat nya!!

🌴Jawab:
Jika memang bisa ditolak, maka itu adalah lebih baik.

Tapi jika memang tidak ada pilihan lain yang lebih baik, maka baru ia boleh diambil, itupun dengan syarat :

1. Menjauhi hal-hal yang bisa memancing syahwat & maksiat

2. Berbicara apalagi bercanda seperlunya saja

3. Hendaknya takut kepada Allah ﷻ di saat manusia tidak melihat kita saat berdua...

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎CLoSiNG STaTeMeNT💎

Akhowati fillah...
Rohimany wa RohimakunnAllah...

Hidup kita ini sejatinya penuh dengan pilihan
Di setiap jalannya mesti ada persimpangan
Ada jalan yang berliku namun ia adalah pilihan kebaikan
Ada juga yang sekilas nampak indah tapi hakekatnya ia pilihan kejelekan

Oleh sebab itu jika nanti kalian temukan
Bisikan yang banyak lagi membingungkan
Maka ikuti bisikan kebaikan yang disampaikan oleh taqwa & iman

Jangan sesekali kalian ikuti bisikan fujur yang diserukan oleh setan
Juga jangan ragu untuk mengatakan...

Loe :: ┐(‘o’ ┐)
Gue :: (┎ ‘_’ ┒)
End :: ┒(⌣˛⌣)┎

Semoga bermanfaat

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel