Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

Keputihan Pada Kehamilan



OLeh : Khoirunnisa Yurliyana S.Si.T, M.Kes

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...
Sahabat Bidadari Surga yang dirahmati Allah SWT, bertemu lagi dan lagi dengan nisa semoga tetap semangaat dan tidak bosan
Alhamdulillahirobbil aalamiin rasa syukur tak terhingga ke hadirat Allah SWT, sehingga kita berkumpul kembali di kajian online *Bidadari Surga* yg penuh barokah ini dengan sehat, seraya memohon kepada Allah agar kesempatan kajian ilmiah ini diberkahi, dimudahkan, dan dilancarkan, dan bermanfaat. Aamiin yaa robbal aalamiin
Ucapan terimakasih kepada *Trio BS* dan tim atas kesempatan yang diberikan untuk nisa bisa bersilaturahmi dan saling curhat disini seputar kesehatan kehamilan🙏😘🌹
Malam ini insyaallah kita sharing tentang "Keputihan Pada Kehamilan" ya sahabat...
Baik sebelum kita mulai, nisa mohon bantuan dari sahabat disini yg berasal dari kesehatan, untuk bersama menyempurnakan kekurangan dari kajian ini. Terimakasih🙏
Adakah yang hamil disini?
▶Saya
▶Saya habis keguguran dan lagi promil bidcan
▶Saya
Adakah yang pernah mengalami keputihan saat hamil?
▶Saya
Waktu di kehamilan pertama kemarin
▶Saya sekarang terkadang keputihan,,
▶Ana meskipun tidak hamil tapi doyan banget keputihan bidcan...
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎M a T e R i💎
Saat hamil, tubuh ibu mengalami banyak perubahan.
Hal yang terpenting adalah ketika mengalami perubahan apakah perubahan normal (fisiologis) atau perubahan abnormal (patologis) yang harus diberikan pengobatan.
Ibu hamil rentan terhadap cairan vagina karena perubahan hormonal selama kehamilan.
Semua wanita hamil pasti pernah mengalami keputihan.
Mengapa terjadi keputihan saat ibu hamil ?
Saat kehamilan, ibu hamil mengalami perubahan hormonal yang menyebabkan terjadinya keputihan. Aliran darah akan meningkat ke daerah kewanitaan sehingga cairan vagina menjadi lebih meningkat.
Pada ibu hamil cairan vagina mempunyai manfaat untuk mencegah infeksi dari vagina menuju rahim.
Akan tetapi tidak semua cairan vagina memberi manfaat karena jika telah terkontaminasi dengan bakteri, parasit, atau virus justru akan membuat pengaruh buruk sehingga bisa menginfeksi vagina.
Ibu hamil rentan terhadap infeksi vagina karena kesulitan dalam membersihkan daerah intimnya.
Adakah yang tau bagaimanakah tanda keputihan yang normal?
▶Tidak bau dan tidak berwarna serta tdk gatal
▶Tidak bau, tidak berwarna, dan tidak banyak yg keluar, end tidan gatal".
Ciri-ciri keputihan normal (fisiologis) = berwarna bening, tidak berbau, tidak gatal, dan tidak terasa nyeri
Namun segeralah diperiksakan ke bidan atau dokter jika keputihannya = berwarna kekuningan bahkan sampai kehijauan, cairan lebih kental dan lengket, banyak, rasa gatal tak tertahankan, berbau tak sedap, kulit sekitar vagina berwarna kemerahan
Penyebab keputihan yang patologis dapat disebabkan adanya infeksi kuman penyakit atau gangguan kehamilan. Infeksi ditimbulkan oleh jamur, protozoa, bakteri, dan atau virus.
Baik qta akan bahas satu-persatu ya sahabatqu..
🌸
1) Jamur candida= adalah penyebab tersering keputihan. Ibu hamil dapat terkena keputihan ini sejak awal kehamilan hingga trimester akhir menjelang persalinan.
Dan kondisinya akan semakin berat di bulan-bulan terakhir kehamilan karena pada saat tersebut kelembaban vagina paling tinggi. Umumnya keputihan ini disebabkan oleh efek samping dari sakit diabetes, konsumsi antibiotik berlebihan, jarang membersihkan organ kewanitaan dan sering menggunakan celana dalam yang ketat, serta penurunan imunitas. Tandanya = cairan kewanitaan berbau pekat dan menyengat, rasa gatal yang amat sangat, sakit saat kencing dan berhubungan badan. Dampak bahayanya = jika tidak ditangani segera bisa menyebabkan kelahiran prematur, bahkan bisa menyebabkan berat badan bayi lahir rendah.
🌸
2) Protozoa = yg sering dinamai trichomonas vaginalis yang berada di kandung kemih. Umumnya protozoa ini ditularkan pasangan saat berhubungan badan.
Tandanya = alat kewanitaan terasa gatal dan panas akibat iritasi, kadang bisa terjadi perdarahan setelah berhubungan badan dengan suami, daerah kewanitaan berbau dan berbuih dan kadang mengeluarkan cairan kuning kehijau-hijauan.
🌸
3) Vaginosis Bakterialis = jenis ini biasanya disebabkan karena perubahan keadaan ekosistem di organ genital. Tandanya = cairan berwarna putih keabu-abuan, berbau tidak sedap, dan nyeri di daerah kewanitaan. Dampaknya = bayi lahir tidak normal/persalinan prematur.
🌸
4) virus = Virus juga dapat membuat keputihan, yaitu Human Papiloma Virus (HPV) yang menyebabkan timbulnya kutil pada sekitar daerah kemaluan. Dampaknya = menyebabkan terjadinya papilona laring pada bayi yang menyebabkan gangguan pencernaan bayi hingga kematian.
🌸
5) infeksi bakteri neisserea gonorrhoeae = dapat menyebabkan infeksi pada mata bayi hingga terjadi kebutaan.
🌸
6) Infeksi chlamydia = dapat mengakibatkan pecahnya selaput ketuban sebelum masa persalinan.
Hal ini berakibat terjadinya infeksi pada janin dan ibu, jika infeksinya berat hingga kematian.
🌸
7) Infeksi virus herpes simplex menyebabkan radang pada otak bayi (ensefalitis)
Bagi wanita hamil yang menderita keputihan segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah keputihan tersebut masih normal atau patologis sehingga memerlukan pengobatan.
Tips yang dapat dilakukan ibu hamil agar tidak mengalami keputihan patologis = menjaga kebersihan vagina, mengeringkan bagian vagina setiap selesai cebok, menggunakan celana dalam yang terbuat dari katun, jangan menggunakan pentyliners, jangan sering menggunakan obat kewanitaan, hindarilah melakukan douche vagina.
Kita cukupkan materinya..silahkan mba' kimmy ke sesi selanjutnya👍
〰〰
Barakallah...akak bidcan....
Oke lanjutt ya...
Kita lanjut ke sesi selanjutnya...
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎TaNYa JaWaB💎
0⃣1⃣ Key
Assalamualaikum....
Bunda.. key lagi hamil 34 minggu usia 32 fc, fc sempat bocor ketuban... Akhirnya dikasih penguat paru, antibiotik dan penguat kandungan... Key harus periksa seminggu atau 2 minggu atau sebulan sekali bund... ??
Ini sudah sering banget kenceng"nya.. ada kayak keputian gitu juga.. tapi tidak banyak biasa...
Jawab:
Bunda key yang diberkahi Allah. Aamiin.
Jadwal pemeriksaan kehamilan untuk usia 34 minggu adalah 2 minggu sekali, diatas 36 minggu 1 minggu sekali, atau bisa lebih sering jika ada indikasi.
Di usia kehamilan 32 minggu bunda key pecah ketuban sehingga diberikan semua terapy tersebut untuk antisipasi terjadinya persalinan prematur, karenanya diberikan obat pematang paru, antibiotik untuk mencegah infeksi, dan penguat kandungan diharapkan kandungan bunda key bisa bertahan sampai aterm (cukup bulan) yaitu di atas usia kehamilan 37 minggu untuk layak dilahirkan janinnya. Untuk keputihannya pastikan jangan sampai kearah patologis. Semoga bunda key dan debay senantiasa sehat. Aamiin
0⃣2⃣ Annisa
1. Jika terjadi keputihan apa perlu di papsmear? Tujuannya apa?
2. Keputihan saat masa subur seperti apa?
Jawab:
1) Jika keputihannya kearah patologis dianjurkan pemeriksaan tambahan seperti papsmear untuk mengetahui adanya gejala kanker servix.
2) Lendir yang keluar pervaginam saat masa subur = mulur dan tidak gampang putus.
0⃣3⃣ Nurul Douche vagina apa ya ?
Jawab:
Bunda nurul..douche vagina = cuci vagina
0⃣4⃣ Yanti
Bun sebaiknya membersihkan daerah vagina menggunakan apa?
Pakai rebusan daun sirih boleh?
Berapa kali sehari?
Jawab:
Bunda yanti yang baik. Sebenarnya membersihkan vagina cukup dengan air bersih (jangan hangat) sampai bersih, kemudian keringkan baru memakai celana dalam.
Pastikan celana dalam selalu dalam keadaan bersih dan kering. Boleh saja pake rebusan daun sirih tapi jangan terlalu sering karena dapat mempengaruhi kadar normal ph vagina.
0⃣5⃣ Halimah
1.Tanya bun, untuk keputihan saat belum hamil, apakah menimbulkan tidak hamil??
2. Saya make manjakani kanza untuk menghilangkan keputihan, terus keluar kayak kertas" banyak kayak gitu itu kotaran apa gimana ya bu?? Makasih.
Jawab :
Jika keputihannya patologis 'Ya' bisa mempengaruhi kesuburan.
Manjakani kanza = pil herbal untuk keputihan ya bun?
Sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan untuk memastikan apakah pengeluaran yang seperti kertas itu adalah kotoran or keputihannya atau bukan👍
0⃣6⃣ Halimah.
Cuvag itu apa bun?? 😅
Jawab:
Proses pembilasan atau pembersihan vagina dengan cara mengalirkan air untuk membersihkan keputihan.
0⃣7⃣ Fitri
Bu dokcan,,, seberapa bahayakah keputihan pada ibu hamil?
Ana lagi hamil 28w dan keluar cairan lumayan banyak tapi tidak gatel bun. Bahaya kah?
Oh iya,,,,terkadang ada rasa ngebet pengen pipis.
Tapi tidak keluar pipisnya dok😅 rasanya seperti ada yang mau jatoh di perut bagian bawah. Itu apa ya dok?
Saya hamil anak ke 3.
Tapi yang ini beda sama yang pertama dan kedua.
Jawab :
Jika kearah patologis berbahaya, silahkan lihat kembali materinya ya bunda fitri👍
Bunda fitri usia kehamilannya 28 minggu, keluar cairan lumayan banyak.
Bunda..tolong diperjelas kembali yang keluar cairan atau keputihan?
Kalau cairan atau yang bentuknya air perlu diperiksa lebih lanjut apakah itu ketuban? Rasa ingin pipis terus di usia kehamilam bunda dan rasa nyeri seperti mau jatuh perut bawahnya bisa jadi jarena bagian terbawah janin sudah menekan/masuk ke pintu atas panggul, padahal belum waktunya.
Hal ini kerapkali terjadi pada ibu yang sudah beberapa kali hamil dan melahirkan, anjurannya = jangan angkat berat, jangan menahan kencing, tinggikan posisi kaki saat tidur/rebah
🌟Yang keluar seperti lendir gitu bun.
Oya,rasa pingin jatuh bisa dari suka nyela motor ga dok? Saya antar jemput sikecil pake motor yang harus disela dulu😬
Bunda fitri, kalau keluarnya lendir = keputihan.
Selama tidak ada tanda patologis insyaallah aman. Aamiin. Rasa nyeri perut bawah akibat sering menyela motor bisa ada hubungannya bunda fitri, karena pada saat menyela motor bunda fitri ada seperti mengedan ya.. Jadi mendorong bagian terbawah janin kearah panggul dan menyebabkan rasa nyeri di perut bagian bawah
0⃣8⃣ Widya
Mau tanya kak..
Kalai setelah nifas trus keputihan warna putih agak kental berbahaya tidak?
Dan setelah nifas masih menyusui belum dapat haid, bila berhubungan intim bisa hamil tidak?
Terimakasih kak nisa
Jawab:
Bunda widya.. keluar keputihan warna putih agak kental di nifas hari ke berapa?
Setelah nifas madih menyusui asi apakah bisa hamil?
Bunda widya apakah intens menyusui asi nya tanpa diselingi susu formula?
Jika ya, ini bisa dijadikan sebagai kb alami, karenanya bunda widya belum dapat haid.
Tapi sebaiknya bunda widya ber kb dulu sebelum berhubungan intim👍
0⃣9⃣ Annisa
Kalau sudah masa subur tapi keputihan tidak mulur dan tidak gampang putus, alias kayak cairan bening gitu jadi celana agak basah, itu kenapa ya? Dan pas di celana saat kering warna putih.
Jawab :
itu keputihan bunda annisa, silahkan dievaluasi apakah saat itu bunda annisa sedang capek or stress fisik /psikis?
Sehingga terjadi keputihan berlebih.
1⃣0⃣ Ima
Misal ketika sedang shalat seperti ada rasa keluar sesuatu, seperti sedang buang air kecil. Tapi saat itu sedang tidak pengen buang air kecil karena baru saja buang air kecil sebelum wudhu.
Sudah yakin bersih tidak ada lagi sisa. Lalu kira kira apakah yang keluar itu hanya perasaan saja, atau keputihan ?
Dan bagaimana hukum shalatnya apakah batal ? Karena jika sedang tidak shalat tidak merasakan apa apa,
Jawab :
Bunda ima yang baik..
Sebaiknya diperiksa kembali untuk memastikan apakah yang keluar itu keputihan or air kencing. Bedanya klo air kencing baunya pesing. Kalau air kencing maka tidak sah sholatnya. Wallahu a'lam
1⃣1⃣ Uul rahmadhani.
Afwan nanya bun... saya lagi hamil 16w, setelah 3 minggu terakhir saya perhatikan setiap "maaf" BAB dari vagina keluar juga cairan kental keputihan..tapi tidak berbau dan tidak sakit. berbahayakah bun?
Jawab :
Jika tidak bau, tidak gatal, tidak berwarna, tidak banyak keluarnya, dan tidak ada nyeri = normal bunda. Insyaallah👍
1⃣2⃣ Bunda Widya
Setelah selesai nifas sampai sekarang masih keputihan, kadang agak kental kadang cair, saya full ASI kak,
Dan sudah 8bulan dari selesai nifas belum dapat haid.. Apakah masih normal kak?
Jawab :
Masih keputihan kadang kental kadang cair jika tidak ada kearah patologis bisa jadi karena bunda lelah fisik or psikus, kurang istirahat.
Bagus sekali bunda full asi. Klo full asi insyaallah bisa dijadikan metode kb alami bun, tapi kalau di usia dede 8 bulan pemberian asinya pasti sudahh mulai berkurang karena dede sudah mulai makan mp asi, sebaiknya bunda ber kb
1⃣3⃣ Yuli
Ana sejak trimester kedua mengalami biang keringat, bahkan diselangkangan, sampai mendekati miss v, ana pakai cal*din cair, apakah berbahaya tuk janin bu dokter karena efek obat luar yang kadang lumer ke miss v. Karena kalau pakai bedak salis*l kurang berasa. Terus apakah tidak apa² lalu miss v di cuci dengan sabun dett*l untuk mengurangi gatal tersebut.
Ada keputihan normal tidak berbau dan bening.
Jawab :
Bunda yuli yang disayang Allah..
Boleh saja menggunakan obat luar untuk mengurangi gatal, tapi jangan sampai masuk ke lubang vagina karena beresiko kista.
Vagina di cuci dengan dettol/cairan pembersih boleh dengan indikasi, jadi tidak boleh sering karena akan mempengaruhi kadar normal ph vagina.
1⃣4⃣ Jenni
Maaf klo agak beda pertanyaan nya namun mirip , usia saya sudah 62 th sudah pasti saya sedang tidak hamil dan saya pasca stroke dan sudah di operasi otak 3x th lalu , setelah stroke jadi berbeda yang ingin saya tanyakan ... Anytime vagina saya basah dengan tidak terasa sudah mengalir sedikit" begitu juga jika sedang shalat seperti ada rasa keluar sesuatu, seperti sedang buang air kecil. Tapi saat itu sedang tidak pengen buang air kecil karena baru saja buang air kecil sebelum wudhu. Sudah yakin bersih tdk ada lagi sisa. Lalu tak terasa seperti ada yang keluar lagi cairan , bagaimana hukum shalatnya apakah batal ?
Bagamana cara mengatasi nya dokcan Nisa ?
(Kapamn pun saya mengunakan pembalut wanita)
Jawab:
Eyang jenni yang baik.. Pastinya pengeluaran cairan pervaginamnya kurang bisa dipastikan apakah itu air kencing atau keputihan karena terserap di pembalut yang eyang pakai.
Warna cairannya apa dan bagaimana eyang? Mohon dirinci ya..👍🌹
🌟Cairan nya tidak berwarna n cair tidak kental,
Ada lendirnya eyang?
🌟Tidak ada lendir nya
Jika tidak bau pesing berarti itu keputihan eyang
Jika keluarnya sering dan banyak sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan eyang.
Karena normalnya tidak sering keluar atau tidak ada pengeluaran👍
🌟Saya sudah histerektomi total di usia 33 th, Indung telur juga di angkat semua,
Tetap sebaiknya diperiksakan ke dr SpOG eyang jenni sayang👍
🌟Baiklah saya akan general chekup ya.
Syukron doccansol Nisa ... 😘😍👍
Semoga sehat selalu eyang jenni. Aamiin
1⃣5⃣ Mona Melisa
Saya umur 18th jadi beberapa hari yang lalu saat masa subur saya keluar keputihan bercampur darah, tanpa rasa nyeri atau bau yang berlebihan.
Bagaimana itu dok?
Selama dua hari dok, Lalu kembali normal kan.
Terus 2 hari setelah itu kembali lagi dok!!
Jawab :
Mba' mona belum menikah, saat masa subur kemarin keluar keputihan bercampur darah ga pa" mba' mona, mungkin saat itu mba' mona sedang capek or habis melakukan aktivitas berlebih sehingga pengeluaran lendir di masa suburnya berlebih dan bercampur darah akibat pembuluh darah yang melebar.
1⃣6⃣ Kimmy
Pertanyaan melenceng dikit ya akak....beberapa bulan yang lalu ana iseng coba pake pembersih vagina merek tiiiit....
Nah sejak itu vagina sering kali gatal tiba".... kalau gatal ampun" dah...😭
Betulkah itu pengaruh dari pembersih... atau ada faktor lain...
Jawab :
Betul sekali penyebabnya adalah dari pembersih vaginanya yang mempengaruhi kadar normal ph vagina sehingga yang seharusnya tidak ada keluhan malah menjadi gatal sangat, jadi hentikan penggunaannya dan periksakan ke bidan atau dari SpOG untuk pengobatannya
1⃣7⃣ Tik@
Usia kehamilan 12W, kalau sedang keputihan karena banyak, amankah untuk bumil jika menggunakan pembalut?
Jawab:
Bunda tika yang berbahagia, boleh pake pembalut bun, tapi pembalutnya yang aman dan sehat ya..
Cara memilih pembalut yang aman dan sehat = pembalut tidak melepaskan serabut pada waktu digunakan, tidak berbau, warnanya putih, tidak menyebabkan gatal dan iritasi, tidak mengandung kotoran dan zat asing, tidak mudah robek dan rembes, hindari yang mengandung bahan pewangi.
1⃣8⃣ Rikka
Saya usia 37 tahun mba Nisa , awal bulan lalu saya mens selama 5 hari lalu bersih selama 2 hari kemudian keluar flek coklat sedikit selama 6 hari .
Nah sekarang kadang" perut kiri bagian bawah suka nyeri hilang timbul , itu pertanda apa ya mba ? 🙏
🌸Jawab:
Bunda rika yang dirahmati allah..banyak faktor penyebab menstruasi tidak teratur atau sering keluar spoting salah satunya karena ketidakseimbangan hormon tubuh yang disebabkan oleh faktor stress fisik maupun psikis, pengguna kb hormonal (pil kb, suntik, implant), faktor gizi kurang, atau penyakit lainnya. Penyebab nyeri perut sebelah kiri pada wanita adalah =
1) Endometriosis (penyakit dimana sel sel endometrium berkembang keluar rongga rahim), rasa sakit akibat endometriosis bisa menjadi lebih buruk ketika menstruasi)
2) Sembelit akut dan kronis dapat menimbulkan nyeri perut bagian kanan bawah dan bagian kiri. Rasa sakit biasanya datang setelah buang air besar.
3) PID (Pelvic Inflamammatory Disease/penyakit radang panggul) = infeksi bakteri rahim, ovarium dan tuba fallopii secara kolektif.
Ini menyebabkan meningkatkan keputihan dan rasa sakit ringan sampai berat pada perut bagian bawah.
Penyebab PID = penyebaran penyakit sexual menular dari vagina dan leher rahim sampai ke perut. PID merupakan penyebab yang umum dibalik sakit perut disebelah kiri bawah pada wanita.
4) Kehamilan ektopik yaitu kondisi dimana ovum dibuahi akan tertanam dimana saja diluar rahim. Dalam sebagian besar kasus, zigot akan tertanam disalah satu saluran tuba. Tubuh ibu hamil secara spontan mengusir janin keluar selama tahap awal kehamilan. Hal ini ditandai dengan pendarahan pada vagina.
Kehamilan ektopik bisa menjadi penyebab sakit perut dibagian kiri selama awal kehamilan.
5) Kanker 6) Batu Ginjal
7) dll
Jadi untuk menentukan penyebab nyerinya sebaiknya diperiksakan dahulu ke dokter👍
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎CLoSiNG STaTeMeNT💎
Jangan menganggap sepele keputihan, segera memeriksakan diri jika timbul keputihan patologis untuk segera ditangani atau diobati sesuai penyebabnya. Agar ibu hamil dan janin sehat.
Aamiin🌹

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel