Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

Keluhmu Tidak Merubah Takdirmu



OLeh : Coach Freddy Setya BS., MCE, CT.

ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻪ
اعوذبالله من الشيطان الرجيم
بسم الله الرحمن الرحيم
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْه
ِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَهَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
Puji syukur kehadirat Allah ﻋﺰّﻭﺟﻞّ atas segala nikmat dan karuniaNya sehingga kita bisa berjumpa di kajian malam ini, dalam kafaah keilmuan kita untuk menjadi seorang yang lebih baik lagi dalam bertaqarrub kpd Allah, menguatkan Azzam dalam jamaah, memaksimalkn potensi dakwah, menyemaikan syariah dalam bermuamalah hingga dunia bersemai indah.
Shalawat dan salam kita haturkan pada baginda Rasulullah ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ , yan berahklak mulia, uswatun hasanah. Semoga terus memotivasi kita untuk terus menjadi lebih baik.
Alhamdulillah malam ini kita berkumpul lagi untuk menyimak kajian bersama Coach Freddy
Semoga semua berjalan lancar dengan izin Allah.. untuk lebih hikmatnya acara marilah membaca Ummul Qur'an Al Fatihah ...
(١) بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
(٢) الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين
(٣) الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
(٤) مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
(٥)إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِين
ُ(٦) اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيم
َ(٧) صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينََ
Iya, wahai Bidadari yang dimuliakan dirinya karena kemuliaan ada pada mereka yang berilmu, dan dengan menyimak materi kali ini insyaAllah akan menambah pengetahuan, meskipun secara online.
Baik yang aktif dan menyimak karena setiap orang memiliki kesibukan sendiri-sendiri dan berbeda prioritas.
Nah, saya hanya akan bercerita saja,...
Dimana seperti hari ini, baru saja,...
Ada keluarga, ada jadwal memberikan materi, ada juga yang hapenya dari tadi bunyi terus karena terlalu banyak grub yang diikuti tanpa tahu apa yang ingin didapatkan dan hanya menyimak, bukan aktif bertanya.
Nah, terkadang kondisi demikian menjadikan kita mudah sekali mengucapkan kalimat keluhan tanpa kita sadari betul atau betul, itulah yang terjadi.
Ada sebagai ingin jualan di online pakai sosial media karena banyak grub yang mereka jual menjadikan hanya sia" mengikuti banyak grub tapi mereka tidak melalukan apa yang dibaca, akhrnya hape memori penuh dan hang,...
Apa yang terjadi dia left tanpa izin, nah, perhatikan sikap demikian apakah itu termasuk pada sikap bersyukur atau mengeluh?
Namun, ada yang dengan kondisi seperti itu malah dia mencoba fokus pada satu grup dan setia untuk menyimak.
Iya, zaman sekarang sudah berbeda dengan dahulu.
Sekarang terlalu banyak informasi silih berganti di kepala kita, menjadi pusing, darah pun semakin naik, hingga yang keluar hanya keluhan dan keluhan.
💎Nah, bagaimana mengurangi keluhan pada diri kita?
🔹Selalu bertumpu pada Allah
🔹Dzikrullah ustadz
🔹Berusaha selalu ikhlas dalam mengambil tindakan dan Lillah
🔹Tilawah ustadz
🔹Rehat sejenak.
Bebaskan pikiran dengan melakukan hal lain,,
1. Sadari terlebih dahulu apa sebenarnya niat kita.
Apakah niat dari langkah kita yang kita ambil?
Ingat kembali apa yang menjadikan kita melangkah.
2. Berhenti sejenak, dari rutinitas yang membuat kita sering mengeluh.
Dengan berhenti sejak membuat kita mampu mengontrol emosi kita, ketika emosi negatif yang ada maka otomatis emosi positif berupa nasihat tidak dapat diterima atau tertolak.
Sebagaimana gelas yang berisi kopi, bagaimana kita ingin susu yang berada didalam gelas tersebut?
Iya, saya tahu minum terlebih dahulu baru dituangkan susu, atau pakai cara yang lain.
3. Selalu kenali diri kita, saat apa yang membuat kita mengeluh terus dan terus.
Bisa jadi kita tidak mengenali diri kita karena kita sering mengabaikannya. Ketika kita mengenali diri kita, misalkan ambil contoh:
Ketika kemacetan lalu lintas ibu kota, dan kita terjebak macet apa yang terlintas dipikiran?
Serta kondisi saat itu panas.
Iya, kita bisa dengarkan bahwa mungkin mereka yang terburu" bisa menyebutkan hewan yang ada di kebun binatang mulai Aceh hingga papua. 😅
4. Tarik nafas ketika kita sedang kondisi emosi, terkadang inilah yang jadi pemicu keluh kesah.
Mengapa?
Iya, karena sistem kerja otak manusia hanya bergerak karena dua hal, mencari kenikmatan dan menjauhi kesengsaraan.
Nah, bagi mereka yang tidak terlatih maka otomatis keluhan demi keluhan akan keluar tanpa ada kontrol, keluhan bisa ucapan, pikiran, dan tindakan.
5. Selalu berdzikir dekatkan diri kepadaNya.
Dengan begitu kita tahu dan ingat niat apa yang sudah kita bentuk dan buat untuk apa kita diciptakan, bukan?
Nah, sebagai muslim kita perlu yakin bahwa adakalanya kita susah tapi ada pula ketika kita susah lebih ada yang jauh lebih susah lagi daripada kita.
*Takdir kita tidak akan berubah ketika kita tidak berbuat apa-apa, bukan?*
Keluh kesahmu hanya mendatangkan energi negatif yang membuatmu menjadi semakin tidak bersemangat otomatis takdir mu tidak akan dapat kamu capai atau tertuda.
*You can't change the wind direction, but you can change the wing direction*.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎TaNYa JaWaB💎
0⃣1⃣ Key
Assalamualaikum...
Kalau kita curhat apakah itu termasuk mengeluh...
💎Jawab:
Curhat bisa mungkin berisi keluhan, dan curhat ada yang tidak berisi keluhan...
0⃣2⃣ Yulis
Assalamualaikum
Bagaimana caranya menasehati teman yang suka mengeluhkan keadaanya?
Tiap ketemu yang di bahas hanya itu" saja?
Ngeluh tentangg suaminya dan lain-lain.
Sudah diberi saran tapi tetep saja seperti itu...
Jazakallah🙏🏻
💎Jawab:
Sudahkah kamu cara berkomunikasimu?
Nah, berarti ini adalah salah satu seseorang yang menjadi korban curhatan yang berisi keluhan, bagaimana menasihati seseorang tersebut, perlu tingkatkan kemampuan diri tentang bagaimana berkomunikasi yang tepat dan memberdayakan bukan memperdaya. (baca: coaching)
0⃣3⃣ InchesNhit
Assalamualaikum warrohmatullahi wabarakatuh ustadz,.
Mau tanya jika Temen kita Selalu berkeluh kesah tentang APh yang dilakukan misalkan Mengeluh kan Cape nya bekerja, Apakah itu sifat yang kurang bersyukur? Padahal kan diluar sana banyak pengangguran yang membutuhkan pekerjaan sedangkan orang itu Mengeluh?
Mohon penjelasannya ustadz. syukron🙏🏼
💎Jawab:
yes, karena dia masih fokus dengan apa yang dilihat (masih pakai kaca mata yang sama)
0⃣4⃣ Lathiva
Assalamualaikum...
Boleh tidak mendengarkan teman kita curhat tentang dirinya beserta keluarganya yang pada akhirnya membuka aib keluarganya. Kalau ternyata tidak boleh, untuk menghindarinya bagaimana caranya?
Terimakasih,
💎Jawab:
Boleh, saya asalkan kita menjaga rahasianya,... karena Freddy sebagai seorang Trainer & Terapis memilki kode etik dalam sesi konseling serta terapi,... ada yang boleh dishare sesuai izin klien atau coachee. Nah, ini bila dilanggar sama halnya dengan kita ember bocor, ... tidak diperbolehkan,
0⃣5⃣ Sri
Ustadz..
Bagaimana cara membedakan antara mengeluh dan bermuhasabah?
Karena terkadang kedua nya saling berkaitan.. Ketika bermuhasabah lalu menemukan hal yang tidak diinginkan lalu mengeluh bahkan sampai menyalahkan diri sendri, keadaan atau orang lain😥.
Mohon solusinya ustadz.. Syukran😊
💎Jawab:
Kita bedakan dan *pisahkan rasa dan logika* ini yang membedakan muhasabah / kontemplasi / refleksi / meditasi / dan lain sesuai padanan katanya yang mirip tapi tak serupa.
Bagaimana maksudnya?
Iya, muhasabah lebih kepada menyertakan proses berpikir untuk mengevaluasi diri, bukan keadaan dan juga orang lain karena mereka hanya *object* bukan *subject* jadi orang lain dan keadaan tidak berada dalam kontrol kita (bekerja atau melakukan aksi ketika subject melakukan tindakan dan atau melancarkan aksinya).
0⃣6⃣ Farida
Assalamualaikum wr..wb
Seharian kita telah melakukan suatu pekerjaan sehingga kita capek, letih..seringkali mengeluh sama suami yang inilah, yang itulah, apakah yang kita kerjakan akan sia"kah..kalau kita sertai dengan mengeluh?
Mohon sarannya 🙏
Wassalamualaikum wr..wb
💎Jawab:
Bagaimana rasa yang kamu rasakan?
Negatif bukan?
Itu bagi yang belum tahu caranya menjadi pendengar yang baik,... dan kalo saja negatif tidak kita perangi dalam diri sendiri maka bisakah kita memerangi yang diluar kita kalo kita tidak bergerak dalam satu wadah yang sama, bukan? so, itulah tujuan dan peran kita, yang dimana komunitas *Personal Change* saya bina untuk menghasilakan leader" baru untuk diri dan lingukungannya menebarkan EPOS (energi positif) bukan ENEG (energi negatif) ,.... dan Lain-lain.
0⃣7⃣ Rafika
ustadz jika istri dirumah mengeluh pada suami tentang pekerjaan rumah yang terlalu banyak apakah diperbolehkan?
Kalau istri ngomelin suami karena suami tidak pernah membantu pekerjaan rumahnya sedikitpun sehingga membuat istrinya kecapekan itu berdosakah?
💎Jawab:
Nah, inilah yang dimana mengapa di ayat-ayat yang tertulis dan Al Quran perhatikan pilihan katanya kepada wanita, pasti mengandung emosi begitulah wanita fitrahnya, jadi harus dipahami,... begitu juga pasanganya,.. Mengeluh pada suami boleh atau curhat tadi daripada curhat kepada orang lain kan berabe, bukan?
*TAPI* inilah yang perlu menjadi pemahaman untuk wanita bahwa mengungkapkan isi hati kepada pasangan boleh *LIHAT KONDISI DAN SITUASI SUAMI* kalau pas capek dan suami lagi lesu,... pulang kerja lantas kalian curhati begitu bisa saja diomelin malah jadi marah",... berbeda bila mereka mengetahui ilmunya atau konsep dirinya. Solusinya bukan curhat mengeluh tapi curhat "Ayah, ini kan banyak banget kerjaan, bisakah kita tambah orang untuk menambah pekerjaan bunda?" (contoh) hehehe
Kalau dosa, sih mungkin lebih kepada tidak patuh kepada suami,...
Kalau mah itu menjadi terus dan terus bisa jadi akar dari masalah yang besar bisa jadi dosa akibatnya hubungan yang tidak harmonis, dan *jangan* dibayngkan sendiri endingnya? 😜
0⃣8⃣ Lufi
Assalamuallaikum ustadz..
Ada seseorang yang selalu mengeluhkan tentang apapun itu yang terjadi padanya padahal seharusnya segala keluh kesah disampaikan kepada Allah semata,
Nah pertanyaannya apa pengaruh negatif bagi seseorang yang mendengarkan keluhan" tersebut?
💎Jawab:
Sebelum saya menjawab, bagaimana rasa yang kamu rasakan?
Negatif bukan?
Itu bagi yang belum tahu caranya menjadi pendengar yang baik,... dan kalau saja negatif tidak kita perangi dalam diri sendiri maka bisakah kita memerangi yang diluar kita kalau kita tidak bergerak dalam satu wadah yang sama, bukan?
0⃣9⃣ Atik
Ada teman yang selalu curhat tentang suaminya. Saya sudah kasih saran.
Tapi kayanya dia tidak jalankan saran tersebut, (sarannya misal: Ajak ngomong bareng, Cari timingnya yang pas dan lain-lain)
Saya sampai risih dengernya. Kadang gemes. Dan males juga dengernya. Bagaimana caranya yaa supaya dia tidak cerita" lagi. Tapi tidak nyinggung dia. Soalnya orangnya baperan!!
💎Jawab:
Belajar bunda Atik,...
Mungkin saja kita yang kurang peka dengan lingkungan sehingga lingkungan bisa jadi seperti ini dan itu, tanpa diri kitalah mungkin itu malah membuat Dia memang memberikan misi pada kita untuk selalu bersinggungan dengan hal itu,...
Dan belajarlah pada ahlinya, tahu kan siapa ahlinya?
1⃣0⃣ June
Bagaimana kalau masalah itu penyelesaiannya harus ada campur tangan orang lain....
Mau tidak mau dalam usaha ini selain ikhtiar juga harus selalu berusaha sendiri dan juga menceritakan detail masalah berulang kali dari orang ke orang terdekat berharap agar bisa dapat bantuan....
Apakah itu sah" aja ustadz...
Mohon pncerahannya!
💎Jawab:
Iyaa, memang perlu bantuan orang lain, hanya saja kita salah bertemu dengan orang yang jadi orang ketiga,...
Dari kesalahan saya belajar, dari kesalahan saya melangkah pada yang benar, dari kesalahan membuat saya tahu siapa yang bisa saya ajak curhat dan diskusi sebagai pemecah masalah yang solutif.
1⃣1⃣ Umi Andy
Kalau sudah curhat dengan temen perasaan legaa,,, tapi ternyata temen cerita lagi ke temen yang lain😩
💎Jawab:
Nah, perlu orang yang tepat,... kalau saya konsultasi malah dibayar untuk dicarikan solusi,... dan mereka bisa tercerahkan saya dan dia sama" mendapatkan manfaat satu sama lain,... dananya bisa untuk donasi,.. atau belajar ilmu lagi,... naik level.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎CLoSiNG STaTeMeNT💎
Mengeluh jadikan pikiran keruh, karena bisa jadi itulah yang *Akibatkan* rezeki kita mengeruh dan acuh.
Bersyukur membuatkan kita dan rezeki semakin Akur.

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel