Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

Istriku Tak Cantik Lagi



OLeh : Ustadz Aziz Abu Hafshah

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarrakaatuh_
Jama'aaah 📡📡📡
Judulnya :
*ISTRI KU TAK CANTIK LAGI...*
😱
Temanya nuduh istri u-ziz ya 😝
Waaah *Fitnah lebih kejam dari pada tidak memfitnah* 😄
Itu bahasan keluarga ye,,, memang disini dah pada nikah apa???
Ungkapan untuk menghibur diri yang sedang merintih sedih menanti imam yang shalih,
🎤Ayo ahh materinya mana tadz
🌸🌸🌸
_Yuk kembali ke 💻_
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
خَيْرُ النِّسَاءِ مَنْ تَسُرُّكَ إِذَا أَبْصَرْتَ، وَتُطِيْعُكَ إِذَا أَمَرْتَ، وَتَحْفَظُ غَيْبَتَكَ فِيْ نَفْسِهَا وَمَالِكَ
_*“Sebaik-baik isteri adalah yang menyenangkan jika engkau melihatnya*, taat jika engkau menyuruhnya, serta menjaga dirinya dan hartamu di saat engkau pergi.”_
(Shahih, HR. Thabrani)
Akan menyenangkan dilihat apabila istri pandai berhias dan bersolek dihadapan suaminya di dalam rumah.
Istri Harus Berhias Dan Mempercantik Diri Untuk Suaminya, Selalu Tersenyum Dan Tidak Bermuka Masam Di Hadapan Suaminya, Juga Jangan Sampai Ia Memperlihatkan Keadaan Yang Tidak Disukai oleh Suaminya.
*Istri shalihah senangnya dandan? Iya benar.*
Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata,
كُنَّا نِسَاؤُنَا يَخْتَضَبْنَ بِاللَّيْلِ فَإِذَا أَصْبَحْنَ فَتَحْنَهُ فَتَوَضَّأْنَ وَصَلَّيْنَ ثُمَّ يَخْتَضَبْنَ بَعْدَ الصَّلاَةِ ، فَإِذَا كَانَ عِنْدَ الظُّهْرِ فَتَحْنَهُ فَتَوَضَّأْنَ وَصَلَّيْنَ فَأَحْسَنَّ خِضَابًا وَلاَ يَمْنَعُ مِنَ الصَّلاَةِ
_“Istri-istri kami punya kebiasaan memakai pewarna kuku di malam hari. Jika tiba waktu Shubuh, pewarna tersebut dihilangkan, lalu mereka berwudhu dan melaksanakan shalat. Setelah shalat Shubuh, mereka memakai pewarna lagi. Ketika tiba waktu Zhuhur, mereka menghilangkan pewarna tersebut, lalu mereka berwudhu dan melaksanakan shalat. Mereka mewarnai kuku dengan bagus, namun tidak menghalangi mereka untuk shalat.”_
(HR. Ad-Darimi, no. 1093. Syaikh Abu Malik menyatakan bahwa sanad hadits ini shahih dalam Shahih Fiqh As-Sunnah li An-Nisa’, hlm. 419).
*Bolehkah seorang istri memakai pakaian ketat di hadapan suami?*
Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid menyatakan, boleh saja seorang istri mengenakan pakaian ketat di hadapan suaminya....
Jadi wanita boleh saja berhias diri, namun hanya di hadapan orang-orang tertentu.
Disebutkan dalam ayat,
وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آَبَائِهِنَّ أَوْ آَبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَى عَوْرَاتِ النِّسَاءِ
_“Dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita.”_
(QS. An-Nur: 31)
*Sifat parfum wanita*
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
طِيبُ الرِّجَالِ مَا ظَهَرَ رِيحُهُ وَخَفِىَ لَوْنُهُ وَطِيبُ النِّسَاءِ مَا ظَهَرَ لَوْنُهُ وَخَفِىَ رِيحُهُ
_“Sifat parfum laki-laki, baunya nampak sedangkan warnanya tersembunyi. Adapun sifat parfum wanita, warnanya nampak namun, baunya tersembunyi.”_
(HR. Tirmidzi, no. 2787; An-Nasa’i, no. 5120. Ada seorang perawi yang majhul -tidak disebut namanya- dalam hadits ini, penguat hadits ini pun lemah menurut Al-Hafizh Abu Thahir. Namun Syaikh Musthafa Al-‘Adawi dalam Jami’ Ahkam An-Nisa’, 4: 417 menyatakan bahwa hadits ini hasan lighairihi yaitu melihat jalur yang lain).
🌸🌸🌸
Adapun utamanya yang masih betah ngejomblo aja, Alloh melarangan bertabaruj dalam ayat,
وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى
_“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyyah yang dahulu”_
(QS. Al-Ahzab: 33)
Wahai muslimah, tutuplah auratmu ketika keluar rumah, berhijab syar'i lah, tapi ingat fungsi hijab adalah untuk menutup aurat, maka janganlah engkau jadikan hijab sebagai perhiasan yang dapat memancing dosa bagimu.
📜 *Penutup*
Demikian materi kita pada malam hari ini,
Semoga bermanfaat dan bisa diambil hikmahnya.
*Silahkan apabila ada yang ingin ditanyakan.*
Atas kehadiran, semangat dan perhatiannya kami ucapkan
_Jazaakumullohu khoiron wa Baarokallohu fiikum_
_Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh_
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎TaNYa JaWaB💎
0⃣1⃣ Rini
Kutek yang di pakai boleh kutek biasa apa harus henna?
🍓Jawab:
Bagusnya pakai henna supaya ketika berwudhu air bisa mengenai kuku, kalau kutek umumnya mengandung minyak sehingga kalau wudhu air tidak bisa masuk.
0⃣2⃣ Firda
Assalamualikum ustadz mau tanya cara menghadapi orang yang memfitnah Kita itu bagaimana iya?
🍓Jawab:
Yah biasa aja keles,,, ya kalau bisa dikomunikasikan ya di komunikasikan baik", diberi tahu ancaman atau dosa memfitnah. Dan untuk anti bersabar dan memaafkan itu jauh lebih mulia.
0⃣3⃣ Bunda Aliffia
Nanya Ustadz..
Kalau umahat sudah ada putra lebih dari 2 terus masih krucil.. Pekerjaan rumah banyak tanpa PRT, finally lupa mengurus diri demi sang suami, lantas suaminya berpaling? Bagaimana itu Ustadz? Malahan berniat poligami.
Jazzakalloh Ustadz
🍓Jawab:
Ya bisalah ukh tetap dandan, masa' sampai tidak sempet. Yang punya anak 8 aja masih sempat dandan kok 😅
Soal suami poligami, ya niatnya dibenerin karena ibadah, bukan buat balas dendam 😅
0⃣4⃣ Nuring
Ustadz yang jomblo dilarang tabarruj , nah terus gimana acara menjelaskannya kepada orang yang awam ustadz?
Hemm apalagi remaja akhir jaman ustadz?
🍓Jawab:
Nah itu tugas kita" yang terjun di medan dakwah ini, dakwahi pelan" karena mereka belum paham ilmunya, bisa di beri buku" hijab, bisa juga dikirimin video kajian tentang perintah berhijab atau bisa juga dibelikan hijab syar'i yang insyaa Alloh itu menjadi sedekah jariyah.
0⃣5⃣ Suci
Assalamu'alaikum..
Di atas dikatakan ```Maka janganlah engkau jadikan hijab sebagai perhiasan yang dapat memancing dosa bagimu``` itu maksudnya bagaimana ustadz???
Mohon penjelasannya!!
🍓Jawab:
Fungsi hijab untuk menutup aurat dan agar supaya terhindar dari fitnah.
Maka janganlah bertabaruj dalam berbusana atau berpenampilan, karena itu bentuk kemaksiatan atau dosa.
0⃣6⃣ Refia
Masih muhrim kah ustadz antara kita dan kakak/adik ipar (ikhwan)??
Terus ustadz kalau memang sudah bukan muhrim apakah kita kalau berkumpul harus pakai pakaian syar'i ustadz??
🍓Jawab:
Bukan mahram, jadi tetap menutup aurat ketika bertemu atau berkumpul.
0⃣7⃣ Mira
1. kadang kita tidak niat pakai parfum
Tapi pewangi laundry khas dan harum sampai ada komntar dari lawan jenis, *duh wangiiii*
Bagaimana tuh ustadz ya!!
2. Bolehkah wanita mengajukan diri untuk di khitbah. Atau mengkhitbah
Tuntunannya gimana?
(Titipan sebelah tidak tau nyambung apa tidak) 😅
🍓Jawab:
1. Ukuran boleh tidaknya adalah bau yang semerbak, pakai wangian apapun kalau baunya semerbak maka tetap tidak boleh.
2. Boleh wanita minta di khitbah, ya dengan mengajukan diri dengan biodata dan foto.
0⃣8⃣ Eka Nurcianti
Assalamualaikum Uziz, izin bertanya yaa..
1. Dalam QS. An-Nur : 31 yang Uziz share tadi ada salah satu mahramnya, "putera² suami mereka" itu bisa termasuk saudara tiri ya Uziz?
Bagaimana dengan saudara angkat yang baru ketahuan bukan kandung ketika sudah besar, apa tidak bisa disebut mahram juga?
2. Bagaimana jika Tabaruj nya karena tuntutan pekerjaan? Atau memendekkan jilbab karna tuntutan pekerjaan?
3. Bagaimana hukumnya seorang istri yang masih pengantin baru, karena ketakutan jadi berniat menghindari suaminya pada saat malam pertama?
Syukron katsiran Uziz 😁
🍓Jawab:
1. Yang dimaksud adalah anak kandung.
2. Kalau pekerjaan menuntut kita untuk menampakkan aurat maka ya cari atau pilih pekerjaan yang lain karena itu ujian Alloh, dan pasti Alloh akan berikan pekerjaan lain yang lebih baik atau lebih barokah.
Yang jelas apapun keadaannya seorang wanita tetap harus menjaga auratnya atau berbusana sebagaimana yang diperintahkan dalam Islam.
3. Yah itu tidak apa" sih, kan belum terbiasa ya, hehe. Hal itu memang banyak terjadi sih, apalagi yang tidak diawali pacaran plus kenalnya baru bentar, jadi wajar kalau masih malu".
0⃣9⃣ Erna
Assalamu'alaikum warrahmatullah wabarrokatuh
Maaf saya belum jelas dengan pernyataan "sifat parfum laki" baunya nampak sedangkan warnanya tersembunyi. Adapun parfum wanita warnanya nampak namun baunya tersembunyi" itu maksudnya gimana ustadz, mohon penjelasannya. Terima kasih.
🍓Jawab:
Intinya wanita boleh pakai parfum tapi tidak boleh yang semerbak baunya.
Misalnya, pakai handbody, dan lain-lain tidak apa".
1⃣0⃣ Oktriani
Jika seorang suami tidak pernah protes apapun keadaan Istri, malah tidak suka istrinya berdandan, apalagi jika keluar rumah lebih suka yang natural🙊
Dosakah bila kita protes, maksudnya kita juga ingin berdandan!
🍓Jawab:
Ya kalau memang suami tidak suka istri yang berdandan, minimal istri berpenampilan bagus dan memakai pewangi atau parfum. Karena sudah sewajarnya laki-laki menyukai sesuatu yang menarik.
1⃣1⃣ Atik
Ustadz saya pas awal awal nikah selalu berdandan kalau suami pulang kerja. Karena pulang sampe rumah juga masih sore.
Jam 5 sore. Nah saya sudah 17 tahun menikah. Beberapa tahun belakangan suami pindah kerja di tempat yang lebih baik alhamdulillah. Tapi pulangnya malam. Jam 9-10 baru sampe rumah. Niatnya sih ingin dandan terus. Tapi karena sudah malam jadinya pake baju tidur terus. Saya salah ya ustadz​?
Sebaiknya bagaimana?
Jazakallah
🍓Jawab:
Walau malam kan bisa tetap berpenampilan menarik, misal memakai parfum, celak dan baju tidur yang menarik. Tidak salah seorang istri membeli baju baju seksi yang disuka suami.
1⃣2⃣ Essy
Maaf ustadz jika pertanyaan menyimpang.
Bagaimana hukumnya dalam Islam profesi tukang rias atau salon?
🍓Jawab:
Hal ini perlu dirinci, apabila melakukan periasan yang dilarang dalam Islam maka diharamkan.
Tapi intinya perlu dirinci,
1⃣3⃣ Rima
Sering terjadi perbedaan pendapat antara suami istri. Contoh istrinya suka baju berbunga sementara suami suka istri pakai yang polos. Atau istrinya merasa dirinya cantik kalau agak kurusan sementara suami melihat kalau istrinya jelek peyot katanya kalau kurus. Jadi kita tetap mengikuti kemauan suami ustadz?
🍓Jawab:
Istri bersolek atau berhias untuk suami, agar suami terpuaskan dengan penampilan istri sehingga menutup pintu dosa suami di luar sana.
Jadi bismillah turutin suami apa yang menjadi kesukaannya, puaskan suami dengan 2 hal : Perut dan Kemaluan, salah satunya dengan bersolek dan perpenampilan menarik dihadapan suami.
1⃣4⃣ Mey
Assalamua'alaikum ustadz,,
Dalam Islam laki-laki boleh berpoligami, apakah kalau tanpa seizin istri boleh dilakukan?
🍓Jawab:
Kalau dalam islam, kalau suami mau poligami tidak ada persyaratan persetujuan dari pihak istri 1 tapi hanya sekedar pemberitahuan sehingga nanti bisa adil terutama dalam pembagian malamnya.
Namun kalau dalam hukum di pemerintah ini, ketika poligami harus ada lembar persetujuan yang ditanda tangani oleh istri pertama.
1⃣5⃣ Erna
"Wanita boleh saja berhias diri namun hanya untuk orang" tertentu",,
Apakah masih memungkinkan pernyataan tersebut dilakukan di zaman sekarang, melihat berita" di TV kadang seorang ayah tega menggauli anaknya sendiri dan lain".
Mohon penjelasannya!!
🍓Jawab:
Kalau untuk pamer tidak boleh,
1⃣6⃣ Lulu
Nah kalau riasan pakai acara cukur alis itu gimana ustadz...kebanyakan begitu!!
🍓Jawab:
Cukur alis haram mbak tidak ada dalam islam ...
#mewakili u -ziz
1⃣7⃣ Adinda
U ziz jika sang istri sudah berdandan habis-habis an terus sang suami datar datar saja alias tidak ada pujian gimana?
🍓Jawab:
Ya tidak apa apa, berhiasnya anti untuk suami itu merupakan perintah dalam islam, sehingga sudah terhitung pahala di sisi Alloh ta'ala.
Seperti orang berbuat baik tetapi tidak ada yang memuji atau bahkan mencela, maka lanjutkan saja beramalnya karena kita beramal bukan untuk manusia tetapi hanya ingin mendapatkan ridho Alloh ta'ala.

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel