Recent in Fashion

Best Seller Books

HEART




OLeh : Ustadz Abah Kaspin

Sebagaimana kita ketahui bahwa hati itu ada tiga kondisi,
Hati yang selamat (qolbun salim)
Hati yang sakit (qolbun mariid)
Dan Hati yang Mati (qolbun mayit)
Orang bilang sakitnya tuh disini...udah tau sakit kok masih disini?
Ituh!
🌸🔷🌸
*Penawar Penyakit Hati*
Hampir setiap orang tentu pernah mengalami sakit hati dalam hidupnya.
Baik dalam keluarga, bersahabat, mahupun bermasyarakat.
Sebagaimana sifat sedih dan gembira, rasa ini adalah suatu kewajaran dalam hidup manusia.
Apatah lagi, manusia adalah mahluk yang bersosial, yang dalam setiap interaksinya tidak lepas dari kekhilafan.
Sebab-sebab datangnya perasaan ini pun bermacam-macam.
Dari masalah yang simple hingga masalah besar, dapat menjadi penyebabnya.
Misalnya bermula dari perbedaan pendapat, adanya konflik atau ketidakserasian, sehingga iri hati dan dengki.
Bila perasaan ini dibiarkan terlalu lama membengkak dalam hati, maka akan tidak sihatlah hati itu. Pemiliknya pun akan stress dan tidak akan ceria. Lebih parah lagi, perkara ini dapat menjauhkan manusia dari RabbNya.
Na’udzubillaahi mindzaalik.
Bagaimana menangani rasa sakit hati, agar tidak menjemput dosa kepada kita sendiri?
*Antara petua – petua yang diajarkan oleh Rasulullah untuk dijadikan penawar sakit hati adalah :*
🔹1. Muhasabah Diri
Sebelum kita menyalahkan orang lain, seharusnyalah kita melihat diri kita sendiri.
Mungkin kita sakit hati oleh kata-kata saudara kita, padahal dia tak bermaksud menyakiti. Coba bertanya pada diri sendiri, mengapa saudara kita bersikap demikian.
Jangan-jangan kita sendiri yang telah membuat kesalahan kepadanya.
🔹2. Menjauhkan Diri dari Sifat Iri Hati Dan Dengki
Iri hati dan dengki adalah beberapa ruang yang menjadi pintu bagi syaitan untuk memasuki hati manusia.
Angan – angan yang berlebihan, dapat membuat seseorang buta dan tuli.
Bila tidak dilandaskan iman, seorang yang berangan-angan cenderung akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan apa yang dicitanya.
*Demikian sifat iri hati dan dengki.*
Sifat ini berasal dari kecintaan terhadap hal-hal yang bersifat material, kehormatan, dan pujian. Manusia tidak akan tenang bila dalam hatinya ada sifat ini.
Manusia juga tak akan pernah berasa bersyukur, kerana selalu merasa kurang.
Dia selalu memandang ke atas, dan seolah tidak rela melihat orang lain memiliki kelebihan melebihi dirinya.
Maka hapuskanlah terlebih dahulu sikap cintai dunia, sehingga dengki menghilang.
Rasulullah bersabda,
“Tidak boleh dengki kecuali kepada dua orang. Iaitu orang yang diberi harta oleh Allah, kemudian membelanjakannya di jalan yang benar. Dan orang yang diberi hikmah oleh Allah, kemudian memutuskan persoalan dengannya dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari).
🔹3. Menjauhkan Diri dari Sifat Amarah dan Keras Hati.
Bila marah telah timbul dalam hati manusia, kadangkala manusia bertindak tanpa pertimbangan akal.
Jika akal sudah lemah, tinggallah hawa nafsu. Dan syaitan pun leluasa melancarkan serangannya, lalu mempermainkan diri manusia.
Ibnu Qudamah dalam Minhajul Qashidin menyebutkan bahawa Iblis pernah berkata, “Jika manusia keras hati, maka kami akan membaliknya sebagai anak kecil yang membalik bola.”
🔹4. Memupuk Sifat Pemaaf.
“Jadilah engkau pemaaf, dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh.” Surah Al-A’raf : 199.
Allah sang Khaliq, Maha Pemaaf terhadap hambaNya.
Tak kira sebesar gunung atau sedalam lautan kesalahan seorang hamba, jika dia bertaubat dengan sungguh-sungguh, maka Allah akan membukakan pintu maaf selebar-lebarnya.
Kita sebagai manusia yang lemah, tidak sepatutnya berlaku sombong, dengan tidak mahu memaafkan kesalahan orang lain, sebelum dia meminta maaf. Insya Allah, dengan begitu, hati akan lebih terasa lapang.
Rasulullah bersabda,
“Bertakwalah kepada Allah di mana engkau berada, tindaklanjutilah kesalahan dengan kebaikan, nescaya kebaikan tersebut menghapus kesalahan tersebut, dan bergaulah dengan manusia lain dengan akhlak yang baik.” (HR. Hakim dan At-Tirmidzi).
🔹5. Husnuzon (Berprasangka Baik).
Allah berfirman:
“Hai orang-orang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka. Sesungguhnya sebahagian prasangka itu adalah dosa. Dan janganlah kalian mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah sebahagian kalian mengejek sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu.
Memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya.” (QS. Al-Hujurat : 12).
Adakalanya seorang muslim berburuk sangka terhadap seorang muslim lainnya sehingga dia memperkecilkan orang lain.
Dia mengatakan macam-macam tentang orang lain, dan mengatakan dirinya lebih baik.
Tentu, perkara ini yang tidak benar.
Setiap muslim harus mengawasi diri terhadap titik-titik yang cenderung untuk memancing tuduhan, agar orang lain tidak berburuk sangka kepadanya.
🔹6. Ikhlaskan Diri.
Ikhlas adalah kata yang ringan untuk diucapkan, tetapi cukup berat untuk dilakukan.
Orang yang ikhlas dapat meniatkan segala tindakannya kepada Allah.
Dia tidak memiliki jiwa yang bersifat duniawi. Apabila Allah mengujinya dengan kenikmatan, maka dia bersyukur.
Bila Allah mengujinya dengan kesusahannya pun, dia bersabar.
Dia selalu percaya bahawa Allah akan sentiasa memberikan yang terbaik kepada hambaNya.
Orang yang ikhlas akan lebih mudah menangani hatinyanya untuk selalu menyerahkan segalanya hanya kepada Allah. Hanya kepadaNyalah dia mengantungkan harapan.
🌸🔷🌸
Memaafkan adalah bentuk rasa cinta yang tertinggi dan yang terindah,
Sebagai balasannya kita akan menerima kedamaian dan kebahagiaan yang tak terhingga.
Kadangkala, sulit membiarkan cinta membimbing kita pada saat hati kita disakiti oleh orang lain.
Tetapi, biarpun luka hati itu kecil atau besar kita tidak akan boleh benar-benar bahagia sebelum memberi maaf..
🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
💘TaNYa JaWaB💘
0⃣1⃣ Putri Rosita
Jujur banyak bagian yang membuat saya tersindir, kembali lagi saya mau bertanya tentang pemberian maaf, ya saya tau bila kita juga pernah melakukan kesalahan, tapi bila saya sendiri sudah mencoba memaafkan dan tidak mendendam terhadap orang yang saya benci, bagaimana cara saya membuat keluarga saya, dan orang" terdekat saya yang masih sakit hati dengan orang yang menyakiti saya abah? Terimakasih
❣Jawab:
Bunda Rosita yang baik...
Pointnya adalah kita tidak bisa maksa orang lain dalam bersikap, namun kita bisa memberikan masukan yang baik buat mereka. Bicarakan aja baik baik, agar semuanya baik. Sabar karena waktu juga berperan dalam hal ini.
0⃣2⃣ InchesNhit
Bagaimana cara menjaga hati jika kita sedang mencintai seseorang? 🙈
❣Jawab:
Bunda inches yang baik...perbanyak doa dan berlindung kepada Allah. Cinta itu tidak menjerumuskan. Waspada nafsu dan bisikan setan.
0⃣3⃣ Ratna
Saya punya tetangga yang selalu sirik dengan apa yang saya punya. Di depan saya dia baik,d'belakng beda. Apa yang saya lakukan, dia selaluu melebih"kan perkataan saya. Dia mengadu domba.. & saya pun jadi d'benci sama tetangga yang lain
Bagaimana menyikapinya?
❣Jawab:
Bunda Ratna yg baik....sikapi baik baik aja, tidak usah senewen, doakan saja dan kalau bisa kasih hadiah. Surprise gituh.
0⃣4⃣ Gladys
Assalamualaikum ustadz,boleh bertanya?
Maaf agak meleset,,jujur saya saat ini saya mulai berhijrah membenahi diri,, banyak orang yang mempunyai pikiran negatif bahkan mencap saya dengan yang buruk", semisal dikatain teroris,sesat, atau apalah yang lain,yg saya mau tanyakan,bagaimana agar telinga serta hati saya tebal dengan omongan"an yang seperti itu sehingga saya tidak memiliki sakit hati terhadap orang tersebut,,terima kasih,,
❣Jawab:
Bunda Gladys yang baik...ya biasa aja, lihat sejarah orang orang yg hijrah...luar biasa ancaman tantangan hambatan dan gangguannya...yang bunda Gladys dapatkan mungkin tidak seberapa. Ingat balasan istiqomah itu surga, dan itu terasa berat ujiannya.
0⃣5⃣ Yulis
Assalamualaikum
Bagaimana caranya menyembuhkan hati yang sakit akibat kegagalan rumah tangga?
Dan ketika kita mudah memaafkan orang lain...tapi mengapa justru orang tersebut memanfaatkan sifat itu dengan membicarakan ana di belakang ana?
Syukron ustadz
❣Jawab:
Bunda Yulis yang baik...kendalikan fikiran kendalikan perasaan. Masa lalu sudah berlalu. Maka husnudzhon dengan masa depan adalah lebih baik. Senantiasa berlindung kepada Allah.
0⃣6⃣ �Devi
Abah kalau ada seseorang yang memiliki kecemasan . . cemas soal duniawi bagaimana kita memberikan masukan yang pas buat orang tersebut. Semisal cemas jika pindah bekerja maka pendapatan tidak akan sebanyak yang dia dapatkan sekarang karena memiliki banyak tanggungan .
Padahal rejeki kan sudah ada yang menjamin bukan yang penting berusaha. terimakasih .
❣Jawab:
Bunda Devi yang baik...kita tidak bisa maksa pilihan seseorang... Namun nasihat yang baik tetap diperlukan, biarlah dia dengan pilihannya selama itu legal dan halal dan ia bahagia dengan pilihannya itu.
0⃣7⃣ Iriyani
Assalamualaikum tanya ustadz..
Bagaimana agar hati kita tidak gundah dan cemas dalam menghadapi masalah apapun.. apakah Ada cara agar Rasa cemas itu tidak muncul lagi ustadz!!! terimakasih.
❣Jawab:
Bunda Iryani yang baik...husnudzon kepada Allah, husnudzon kepada diri sendiri dan husnudzon kepada orang lain dan peristiwa peristiwa.
0⃣8⃣ Eka Nurcianti
Abah, mau nanya sedikit..
Mengumbar foto bagi wanita kan tidak baik yaa abah, apa lagi kalau menampakkan aurat.
Terus bagaimana bagi wanita yang lihat foto lawan jenis sambil baper² gitu bah?
Gimana hukumnya bagi wanita yang baperan dan laki² yang pasang foto??
❣ Jawab:
Bunda Eka yang baik...ya kendalikan mata dan hatinya. Artis korea memang cakep tapi kan tidak kenal sama situh. Jadi plis deh ah....jangan baper.
Insyaallah Allah akan berikan jodoh terbaik.
0⃣9⃣ Asna
Bicara tentang hati, pasti nyeret-nyeret perasaan hehe
Bolehkah kita menyebut nama orang yang kita suka di dalam doa kita?
Misal kita mau orang itu jadi jodoh kita 😊 saya lagi baper hehee....
Terimakasih
❣Jawab:
Bunda Asna yang baik...ya boleh aja namun jangan maksa karena Allah Maha Berkehendak. Karena yang tau dia itu Allah. Jadi sebaiknya tawakal kepada Allah. Semoga berjodoh ya.
💎Kalau istikharah terus perasaannya kayak berkurang, dalam arti kata petunjuk Allah seperti belum jodoh, tapi masih kebawa perasaan, itu gimana abah?
❣Nah ini...perasaan berkurang tapi masih kebawa perasaan...gaje banget deh ah. Terima dan ridho jeng.
💎Maksudnyaa gak bisa terima sama tanda² nya abah..
Ya...kendalikan perasaan dan hatinya. Walaupun hatinya melompat lompat kayak film kartun...kalau kata Allah bukan itu ya terima. Sabar dan tawakal gitu.
1⃣0⃣ Yanti
Izin tanya🙏
Abah, bagaimana menghidupkan hati yang terlanjur mati?
❣Jawab:
Bunda Yanti yang baik....hati yang mati adalah hati yang kufur kepada nikmat Allah, hati orang kafir, cara menghidupkannya hanya Hidayah Allah yang mampu.
Maka doakan dan berikan nasihat kepada mereka.
🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
💘CLoSiNG STaTeMeNT💘
"Rasulullah senantiasa berwajah ceria, beliau pernah besabda :
"Janganlah terlalu membebani jiwamu dengan segala kesungguhan hati. Hiburlah dirimu dengan hal-hal yang ringan dan lucu, sebab bila hati terus dipaksakan memikul beban- beban yang berat, ia akan menjadi buta."
Sungai mahakam airnya bersih
Cukup sekian terima gajih
Mohon maaf lahir duluan
Wassalamualaikum.

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel