Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

Emotional intelligence Anak Usia Dini



OLeh : Bunda Lara Fridani

Saya tidak akan beri teori atau artikel panjang ya teman teman. Tapi sekedar pancingan saja, dan bisa kita perbanyak di tanya jawab yang praktis, bagaimana?
Materi nya tentang perkembangan anak secara umum, tapi mungkin agak fokus ke masalah perkembangan emosi anak. Begitukah moderator?
Kalau kita bicara tentang perkembangan emosi, ini terkait dengan macam" emosi seperti rasa senang sedih marah takut dan lain-lain.
Emosi ini baik yang positif maupun negatif, secara natural terjadi pada anak". Tugas kita sebagai pendidik adalah melatih anak untuk mengatur emosi tersebut pada tempatnya
Kita sebagai pendidik dalam hal ini, menjadi contoh tauladan anak anak. Jika kita salah memfasilitasi, maka bisa terjadi problem emosi sosial pada anak kita.
Kita juga perlu membantu anak menggambarkan perasaannya ketika emosi tertentu terjadi pada anak.
Misal Jika anak merasa senang, gembira, maka respon pendidik:
Alhamdulillah, adik sedang senang ya. Kakak/ bunda juga ikut senang,
Misal jika anak merasa takut, maka respon pendidik:
Adik tadi takut ya. In shaa Allah sekarang sudah lebih tenang, kakak temani adik di sini. ............
( Kasih waktu untuk dia menenangkan diri, dengan menemani atau memeluk tergantung kondisi).
Kakak dulu juga pernah takut sedikit. Sekarang tidak takut lagi. Adik mau cerita sama kakak kah, kenapa tadi takut?
Contoh tadi buat anak yang sudah bisa komunikasi ya,,
Sepertinya itu dulu pancingannya.. Saya ijin sholat maghrib dulu ya sudah jam 8.30 di sini.
Kalau ada pertanyaan boleh ditampung dulu 😊
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎TaNYa JaWaB💎
0⃣1⃣ Widya
Bunda lara, bagaimana cara menghadapi anak usia 2,5th, yang apabila dilarang malah kayak disuruh, padahal saya sudah memberitahu alasan kenapa dilarang,
Yang sering dia lakukan mukul kepala adiknya yang masih usia 9bln..😭
🌸Jawab:
Anak seusia ini tidak cukup untuk hanya diberitahu karena belum paham dan lupa. Selain diberitahu juga dikasih contoh berkali". Untuk meminimalkan sikap melawannya, jangan tampakkan emosi kemarahan kita, tapi tampakkan ketegasan kita, seraya hati tetap lembut.
Bisa juga karena cemburu. Kalau kita tambah marah saat dia pukul adiknya, dia akan tambah cemburu.. Jadi kasih si kakak perhatian yang cukup dan libatkan dia bersama adik. Misalnya ibu minta pada kakak untuk mengambilkan celana adik. Bilang padanya adik ingin diambilkan celana sama kakak. Adik sayang sama kakak.
0⃣2⃣ Chie
Ana punya beberapa ponakan, bagaimana membaca emosi anak² usia balita yang belum fasih berbicara.
Dan bagaimana teknik mengembangkan emosi mereka bund.. Mengingat kedua orang tua mereka sibuk dan para balita tersebut lebih sering bersama ana.
Jazakillah khoir
🌸Jawab:
Emosi anak secara umum jelas kelihatan, mereka tak bisa menyembunyikan apa yang mereka rasakan.
Apa yang tampak, itulah yang mereka rasakan, sekalipun mereka tidak menjelaskan dengan kata kata.
Ada banyak teknik tapi tidak cukup waktu utk jelaskan satu". Contoh awal di atas yang saya berikan bisa jadi alternatif.
0⃣3⃣ Sofie
Anak saya 5 thn cowok ,TK kecil,dia kalau d rumah berani, tapi kalau di luar, cenderung takut dan sering dibuly temennya tapi diam saja, Apa yang harus saya lakukan ???
syukron sebelumnya
🌸Jawab:
Ajarkan anak untuk belajar mempertahankan dirinya agar tidak dibully lagi. Ini perlu diajarkan kepercayaan diri, yang perlu proses tidak sebentar. Anak yang pede biasanya tidak menjadi korban bully.
0⃣4⃣ iMa
Cara mendampingin adik/anak laki umur 9th, susah buat disuruh belajar alasanya nantilah,ngantuk/capek bagaimana ya bunda, terus cara mengajarkan untuk latihan puasa harus diiming"in dibeliin baju baru dulu atau yang lainnya,
Adakah cara lain mendidiknya supaya ikhlas kalau puasa??
🌸Jawab:
Perlu metode yang menyenangkan menantang dan kontekstual agar anak semangat belajar.
Jika ada anak malas belajar, jangan langsung disalahkan, bisa jadi karena pelajarannya berat atau membosankan.
Untuk mencapai ikhlas prosesnya panjang.. Seiring perkembangan dan kematangan, in shaa Allah jika dibiasakan melakukan hal baik dan sekali kali dikasih hadiah, mudah" an akan belajar ikhlas.
0⃣5⃣ Listi
Bagaimana cara menghadapi anak usia 12 thn yang agak tertutup, jika ada masalah dipendam sendiri, dan kalau ditanya malah marah,,??
🌸Jawab:
Anak yang terlanjur tertutup perlu proses untuk dilatih belajar terbuka. Dia perlu orang yang bisa dipercaya dan nyaman diajak bicara.
Jika kita terlalu memaksa, dia bisa marah.. Kita mulai dari diri kita dulu cerita sama dia. Memang harus sabar, mana tau suatu saat dia akan gantian cerita pada kita.
0⃣6⃣ Hilda
Cara mngatasi anak yang gelosor-gelosor jika menginginkan sesuatu tapi tidak kita tururti...
🌸Jawab:
Anak perlu diajarkan disiplin. Tidak semua keinginan harus kita penuhi. Di sini kita diuji apakah bisa tegas dan konsisten.. Katakan padanya ibu minta maaf, walau kakak ngelosor" ibu tetap tidak akan memberi.
Ibu menjauh dulu sementara, dan bilang pada anak kalau tangisnya sudah agak reda, ibu akan datang lagi.
Di lain kesempatan ajak anak baca buku cerita" bersama terkait hal ini. Intinya anak bisa paham cara meminta yang baik.
0⃣7⃣ Riska
Ana mau bertanya gimana kita mengatasi anak usia 5th yang bossy suka memerintah dan bisa melawan serta suka melempar barang?
🌸Jawab:
Anak biasanya meniru apa yang dilihatnya.. Keluarganya harus introspeksi diri dan mencari penyebabnya. Apakah karena anak nonton dari tv atau mencontoh dari lingkungan. Jika sehari" orang yang dilihat anak bersikap santun, anak tidak akan muncul menjadi bossy. Pasti ada yang ditiru
Kecuali jika anak memiliki hambatan atau masalah kesehatan tertentu yang menggangu perkembangannya sehingga lambat menyerap nilai" moral.
💎Itu keponakan ku mbak lara.
🌸Jadi orang tua harus introspeksi diri ya mbak.
0⃣8⃣ Annisa
Saya mempunyai ponakan 3th tapi ponakan saya suka tdk fokus.
Bagaimana cara mengajari anak 3th supaya fokus terhadap 1 arah?
🌸Jawab:
Coba check dulu secara medis ke dokter apakah fokusnya masih dalam batas kewajaran atau tidak.. Setelah mengetahui kondisinya apakah karena masalah kesehatan atau kebiasaan, baru kita bisa tentukan programnya. Karena akan beda tergantung sebabnya.
0⃣9⃣ Key
Bagaimana mengatasi trauma pada anak usia 5 tahun...
Trauma 2x menyaksikan angin puting.. sampai sekarang si anak tidak mau pulang kerumah gara" takut jadi tinggal dirumah nenek nya...
🌸Jawab:
Kita tidak bisa paksa agar anak tidak trauma. Sementara kita kasih kenyamanan dan sesekali cerita bahwa kejadian yang dulu sekarang tidak ada lagi in shaa Allah.
1⃣0⃣ Annisa
Mau nanya cara supaya anak mau makan dan tidak jajan mulu??
🌸Jawab:
Pada prinsipnya secara umum anak akan makan jika lapar, jadi jangan sampai kita paksa untuk makan, nanti malah tambah tidak suka makan.
Coba sesekali cerita tentang pentingnya makan untukk kesehatan agar badan tumbuh tinggi dan sebagainya.
1⃣1⃣ Ella
Mohon maaf ijin bertanya agak melewati tema ustdzah..
Bagaimana menyikapi anak" remaja sekitar 17-19th yang sering membuat sensasi kesalahan, dibiarkan malah menjadi , diingatkan dengan berbagai cara termasuk dengan giving punishment yaa semakin menjadi pula. Ada indikasi mereka cari perhatian,sudah mencoba solusi dengan pendekatan kasih sayang masih sama tidak ada efek jadi lebih baik. Ironisnya dari pihak Orgtua cuek" saja.
Bagaimana pendidik harus bersikap dalam kondisi seperti ini ustdzah?
Terimakasih🙏.. afwan kepanjangan
🌸Jawab:
Pertanyaan lainnya juga secara umum 🙂
Dalam menghadapi masalah anak usia berapapun yang terkait dengan sikap/ perilaku, yang pertama perlu diperbaiki adalah meningkatkan komunikasi kita pada Allah Maha Pencipta yang maha menggerakkan dan membolak balik hati. Selanjutnya orang tua harus banyak istighfar, menjadi tauladan, menerapkan komunikasi yang efektif dengan anak dan memberikan lingkungan yang kondusif/ mendukung untuk anak.
Menyelesaikan masalah sikap/ perilaku anak tidak bisa dengan cara instan, tapi perlu proses dan ikhtiar, serta kesabaran, dan ilmu mendidik anak.
Pendidik perlu berusaha mengajak orang tua bekerjasama, beri pengertian bahwa anak amanah bersama.
1⃣2⃣ Wafiqoh
Mau tanya bun, bagaimana cara menasihati anak umur 4 tahun yang suka teriak-teriak kalau tidak di turutin maunya terus suka nangis kalau tidak di turutin maunya...
Sedangkan kakanya anak autis yang tidak suka suara berisik jadi adiknya ini sering di jorokin kalau nangis dan teriak-teriak!!
🌸Jawab:
Menasehati anak yang sedang marah/ ngamuk dan sejenisnya, ortu harus bisa kendalikan emosi.. Nasehati dengan sabar, bijak, dan tunggu waktunya ketika tangisan atau teriakan anak reda..
Saat anak mengamuk, kita bicara secukupnya saja dengan cara baik" agar dia tenang terlebih dahulu.
Luangkan waktu untuk bercerita bersama anak tentang cerita yang sarat dengan nilai" moral, kesabaran dan lain-lainnya.
1⃣3⃣ Ipah
Bagaimana caranya supaya Anak di usia dini suka belajar Al Qur'an dan Bagaimana supaya Anak rajin sholat tanpa harus di suruh" ?
Syukron 🙇🏿‍♀
🌸Jawab:
Kasih contoh bahwa ortu dan orang" terdekat anak cinta Al quran, kasih contoh ortu sholat tepat waktu, motivasi anak untuk sholat tepat waktu bersama ortu, Sehingga lingkungan kondusif. Anak meniru apa yang biasa dilakukan orang" terdekatnya. In shaa Allah
1⃣4⃣ Aisyah
Assalamualaikum wr.wb.
Bagaimana menghadapi siswa yang pintar tetapi akhlaknya kurang baik, seperti asbun didalam kelas dan perilaku anarkis lainnya?
🌸Jawab:
Cari info apa penyebabnya. Apakah masalah latar belakang keluarganya, masalah medis dan sebagainya sehingga intervensi yang dilakukan sesuai dengan sebabnya. Bina kerjasama dengan orang tua anak untuk mendapatkan informasi lebih dalam tentang anak tersebut.
1⃣5⃣ Diyah
Bunda ingin bertanya bagaimana mengontrol emosi anak usia 7 thn ? karena anak itu memiliki kecenderungan emosi yang meluap-luap??
🌸Jawab:
Anak yang emosinya meluap" bisa karena berbagai faktor. Apakah masalah medis atau masalah psiko sosial.
Jika masalah medis, tanya tips dokter. Jika masalah psiko sosial, perbaiki lingkungan anak termasuk media yang ditonton dan lain-lain. Karena anak secara umum tak mungkin berperilaku demikian tanpa mencontoh dari lingkungannya.
Perbaiki juga cara kita mendidik agar lebih bijak dan sabar menghadapi anak.
1⃣6⃣ Essy
Izin bertanya bunda...
Bagaimana menghadapi anak yang super pendiam...?
🌸Jawab:
Anak yang pendiam butuh waktu untuk dipahami dan jangan dipaksa instan untuk berbicara. Anak pendiam pasti ada latar belakang penyebabnya. Apakah karena memang jarang distimulasi untuk bercerita, atau punya "Trauma" saat bertanya.
Orang tua bisa mulai perlahan untuk bercerita tentang diri orang tua, pengalaman dan lain-lain pada anak secara bijak. Jangan minta anak langsung untuk bercerita. Mulai saja dari diri kita. Mudah"an suatu saat perlahan anak juga akan bercerita / curhat pada orang tua.
1⃣7⃣ Ummu Najwa
Bagaimana mengatasi anak yang temperamen, seorang single parent punya anak 3 perempuan semua. Anak kedua ini beda dari kakak atau adiknya. Temperamen tinggi. Kalau marah meledak" suka melempar barang.
Ketika diminta untuk shalat dan belajar sulit.
Bagaimana cara mengatasinya....
Jazakillah khoiron sebelumnya.
🌸Jawab:
Idem dengan 15 pada prinsipnya.
Yang perlu diingat, kita sebagai orang tua jangan berharap cara instan bisa merubah anak. Dan standar harapan jangan mendadak tinggi. Refleksikan diri kita apakah kita sanggup pada usia tersebut untuk mencapai target" harapan orang tua.
1⃣8⃣ OLif
Gimana mengatasi anak yang suka ngambek.?
🌸Jawab:
Anak tidak tiba" ngambek. Pasti ada yang dicontoh. Kita bisa menasehati melalui cerita2" yang sarat nilai moral dan agama. Saat anak ngambek, orang tua juga jangan ikut ngambek. Tapi tetap semmagat dan sabar memotivasi anak agar ceria happy dan mengatakan apa keinginannya secara baik-baik.
1⃣9⃣ iNdika
Bagaimana membuat anak supaya tidak cengeng & mudah marah?
Terus membuat anak ingat sholat atau tidak merasa dipaksa untuk sholat?
Makasih🙇
🌸Jawab:
Idem dengan jawaban sebelumnya

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel