Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

Bahaya Rabies


OLeh : drh. Correy Wahyu Adi Sulistyo


🌸Berkaitan tema kita malam ini, sebelumnya kalau boleh tau, adakah yang memelihara anjing, atau kucing atau kera di sekitar rumah mbak-mbak semuanya?
🔹Kucing dari
🔹Saya melihara kucing
🔹Kucing 😉😍
🔹Dirumah ana nggak ada
🔹Ga ada peliharaan
🔹Saya memelihara kucing
🔹Ada kucing dari
🔹Ngga ada peliharaan
🌸Pernah lihat langsug, bagaima anjing rabies?
🔹Tidak dokter
🔹Aamiin.. memangnya kucing menyebabkan rabies juga yaa dok?
🔹Belum
🔹Nggak
🔹Pernah, tiba" ganas langsung menyerang siapa aja yang mendekat
🔹Masa gitu anjing rabies 😱
🔹Ooooh pernah tapi sudah lama
🔹Kalau saya pernah di gigit kucing.. waktu itu kucingnya lagi hamil..n setelah 1 minggu dari kejadian itu kucingnya mati.
Kadang kita sering mendengar,
"Hati" ama anjingnya, Awas rabies lo..,!!"
🌸Sebenernya, apa sih Rabies itu?
Mungkin ada yang tau?
🔹Rabies itu bukannya penyakit ya dok.
Kok anjing kena rabies??
Tidak tau dok
🔹Belum paham banget dok
🔹Sakit yang disebabkan gigitan anjing/kucing
🔹Gak hanya anjing yang rabies kan dok.... kucing pun??
🔹Rabies itu virus yang ditularkan hewan ke manusia.. Bener gak dok?
Rabies, adalah penyakit hewan menular yang disebabkan oleh virus, yang menyerang susuan syaraf pusat.
Penyakit ini bersifat zoonosis, artinya suatu penyakit yang bisa ditularkan dari hewan ke manusia.
Cara penularannya ke manusia, adalah melalui gigitan dari hewan yang terinfeksi rabies, seperti anjing, kucing dan kera..
Kata *Rabies* berasal dari kata Sanskerta _rabhas_ yang berarti kekerasan /kejahatan
Dalam bahasa Yunani, disebut Lyssa yang berarti kegilaan..
Rabies sendiri disebabkan oleh virus yang termasuk dalam famili Rhabdoviridae dan genus Lysavirus.
Virus ini hidup pada beberapa jenis hewan yang berperan sebagai perantara penularan.
Hewan perantara akan menginfeksi hewan lain atau manusia melalui gigitan. Infeksi jg bisa terjadi melalui *jilatan* hewan perantara pada kulit yg terluka.
Setelah menginfeksi, virus akan masuk menuju otak dan bereplikasi dsana. Selanjutnya virus akan berpindah lagi melalui syaraf ke jaringan lainnya...
🌸Ada yang tau, ciri" hewan yang terinfeksi rabies?
🔹 Belum tau dok ...
🔹 Blm tau dok
🔹 Mengluarkan liur
🔹 Hewannya bakalan mati bukan dok😅
🔹 Matanya merah gak ya dok?
Ciri-ciri hewan menderita rabies dibagi 2:
 *Rabies Ganas*:
- hewan yg terinfeksi tampak galak
- agresif
- menggigit dan menelan segala macam barang
- air liur terus menetes
- meraung-raung gelisah kemudian menjadi lumpuh dan mati
 *Rabies Tenang*:
- hewan yang terinfeksi mengalami kelumpuhan.
- suka bersembunyi tempat gelap.
- mengalami kejang dan sulit bernafas.
- ekor dimasukkan ke dalam di antara kaki belakang.
*Gejala yang dialami seseorang yang terinfeksi Rabies, meliputi 4 stadium:*
1. Stadium Prodromal
Berupa demam, sulit makan, susah menelan, merasa pusing.
2. Stadium Sensoris
Penderita merasa nyeri pada luka gigitan, panas, gugup, kebingungan, keluar banyak air liur.
3. Stadium Eksitasi
Penderita menjadi gelisah, mudah terkejut, kejang-kejang setiap ada rangsangan dari luar, hingga ketakutan akan udara, cahaya hingga takut air.
4. Stadium Paralitik
Penderita menunjukkan tanda kelumpuhan dari bagian atas hingga ke bawah.
Dan biasanya berakhir dengan meninggalnya si penderita.
Itulah kenapa kita harus bener" waspada terhadap rabies ini.
Kalau sekiranya kita digigit anjing (semoga aja jangan sampai kejadian), apa yang harus kita lakukan?
Jika kita digigit anjing, penanganan pertama adalah:
Cuci luka gigitan dengan sabun dan menggunakan air mengalir sekitar 10-15 menit, lalu diolesi alkohol 70% atau betadine. Kemudian laporkan ke puskesmas untuk mendapatkan VAR (Vaksin Anti Rabies, khususnya bagi daerah" yang belum bebas Rabies), dan laporkan juga ke dinas peternakan atau kesehatan hewan terdekat supaya anjing yang menggigit bisa diobservasi lebih lanjut..
Masa observasi biasanya 2 pekan. Kalau anjing tersebut menderita rabies, umumnya maksimal dalam 2 pekan anjing tersebut akan mati sendiri. Dengan catatan, selama 2 pekan tetap diberi pakan dan minum.
(Jadi matinya karena virus rabies, bukan karena kelaparan).
Adapun tindakan yang dilakukan untuk mencegah hewan peliharaan tidak tertular Rabies:
1. Bawa ke dokter hewan untuk vaksinasi secara teratur.
2. Hewan peliharaan jangan dibiarkan berkeliaran keluar rumah.
3. Jika hewan mau dibawa keluar, hewan harus diikat dengan rantai atau tali.
_Saat ini, di Indonesia baru ada 9 provinsi yang bebas dari Rabies, yaitu Kep. Riau, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Papua dan Papua Barat.._
Kami juga melakukan sosialisasi tentang bahaya rabies ke siswa sekolah dasar..
Kami memberikan tips bagi anak" SD, apa yang harus dilakukan jika bertemu dengan anjing..
Kami menyebutnya dengan 10 Rahasia Si Guguk..😊
Ana sampaikan dsini, biar anak kita bisa berhati" jika bertemu dengan anjing.
*Adapun 10 Rahasia Si Guguk; 🐕🐩*
1. Jangan dekati ibu Guguk yang sedang bersama anaknya.
2. Jangan berlari di dekat si Guguk yang sedang tidur.
3. Jangan ganggu si Guguk ketika sedang makan.
4. Jangan ganggu si Guguk dengan cara melempari kayu atau batu ke arahnya.
5. Jangan terlalu dekat dengan di Guguk ketika terikat atau di dalam kandang.
6. Jangan menatap mata si Guguk yang baru kita kenal.
7. Jika si Guguk mengejarmu, berdiri tegak dan jangan bergerak. Jika terjatuh, melingkar dan lindungi wajahmu.
8. Jika ingin lebih dekat dengan si Guguk, cari tau nama si Guguk dari pemiliknya, lalu panggil dengan nama itu, lihat jika dia mengibaskan ekornya.
9. Jika si Guguk mengibaskan ekornya, buat tanganmu menyerupai bola, dan biarkan si Guguk mengendus tanganmu.
10. Jika kamu sudah akrab dan kamu mau mengelusnya, kelitiki bagian bawah lehernya, dan jangan bagian atas kepalanya.
Afwan, di atas menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak".. 😊
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎TaNYa JaWaB💎
0⃣1⃣ iPah
Anjing, kucing dan kera.
Apakah ada hewan lain yang punya virus rabies???
Syukron 🙏
🌸Jawab:
Mbak Ipah yang baik,
beberapa referensi juga menyebutkan sigung, atau musang dan kelelawar bisa menularkan rabies..
Menurut data kejadian di lapangan, anjing menjadi hewan penular terbesar dalam kejadian rabies di seluruh dunia, sebesar 98%, sedangkan 2 persennya dari kucing dan kera..
0⃣2⃣ Dilla
Ustadz saya biasanya kan kalo cfd suka ada orang bawa² anjing yaa tapi dipegang sih rantainya sama si pemiliknya..
Tapi binatang itu mengluarkan air liur sepanjang jalan netes ke jalan..
Itu termasuk anjing rabies bukan?
Kalau air liurnya kena ke kita tapi bukan karena gigitan apa ada kemungkinan bisa kena rabies?
🌸Jawab:
Mbak Dilla yang baik,
Anjing yang terkena rabies, tentunya mengalami perubahan perilaku.
Kalau yang diajak cfd anjingnya slow aja, namun ileran, insya Allah bukan rabies.
Karena pada beberapa jenis anjing, apalagj jenis anjing besar, kalau sering exercise/latihan, dibawa jalan dikit, mereka akan panting (terengah-engah), dan keluar liur lebih sering, dan itu normal buat anjing besar..
Virus memang terbawa melalui air liur.
Kalau anjingnya normal, terkena air liurnya, ya tidak apa.. (cuma najis buat kita, namun tidak berpotensi rabies)
Namun klo anjingnya agresif, hati" dengan air liurnya, apalagi jika di tubuh kita, misal tangan atau kaki kita sedang ada luka terbuka, meski cuma jilatan, tapi kalau jilatannya/air liurnya kena luka di tubuh, virusnya bisa langsung masuk.
0⃣3⃣ Rafika,
Hewan apa saja yang bisa menularkan rabies selain anjing dan kucing?
Kucing yang terkena rabies tanda"nya apa dok?
🌸Jawab:
Mbak Rafika yang baik, sudah ana sampaikan di jawaban nomer 1⃣ ya..
Kalau untuk tanda"nya, hampir semua hewan tandanya mirip, seperti yang ana sampaikan di atas.. 🙏
0⃣4⃣ iFFah
Dok, bulu - bulu anjing bisa menyebabkan pilek tidak ya?
Pernah lihat di rumah temen ada yang punya anjing dan bulunya kemana-kemana. Dia sering pilek.
🌸Jawab:
Mbak Iffah yang baik,
Pilek atau flu, umumnya menyerang mereka yang daya tahan tubuhnya rendah, termasuk juga mereka yang punya alergi.
Alergi banyak penyebabnya, bisa karena debu, makanan, bahkan juga bulu hewan.
Kalau dugaannya karena bulu, bisa dicoba, jauhkan hewannya untuk sementara waktu, sambil dilihat apakah pileknya jadi hilang..
0⃣5⃣ Helmy
Berapa lama waktu yang diperlukan untuk vaksinasi sampai atau sebelum virus rabiesnya benar" masuk ke dalam tubuh?
Setelah tergigit, berapa lama waktu yang befektif untuk vaksin anti rabies tadi?
🌸Jawab:
Mbak Helmy yang baik,
Kalau virus uda sampai otak, gejala" gangguan syaraf akan timbul, dan kalau gejala sudah muncul, kecil kemungkinan bisa sembuh.
Jadi sebaiknya kalau terkena gigitan dan diperkirakan itu anjing rabies, sebaiknya segera di VAR.
Lokasi gigitan anjing juga berpengaruh dengan cepat tidaknya virus berjalan menuju otak..
Jika tergigit di kaki, membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan gigitan pada wajah..
Kejadian di Kalimantan Barat, ada anak usia skitar 6-7 thn, digigit anjing di bagian pipinya, orangtua tidak segera respon, dikira hanya luka biasa.
Kurang dari 1 memang anak sudah kejang", tidak sampai 1 bulan anak tersebut sudah meninggal.
Hal ini karena ketidaktahuan dari orangtuanya..
0⃣6⃣ Rima
Apakah kucing rabies akan seganas anjing?
Kucingkan biasanya mencakar, Apakah dari cakarannya bisa menularkan rabies?
🌸Jawab:
Mbak Rima yg baik,
Bisa..
Belum pernah ada laporan kejadian rabies karena dicakar. Namun karena tergigit, karena virus rabies dibawa melalui liur dari gigitan tersebut.
0⃣7⃣ Rima
Disekitar rumah saya ada yang punya anjing galak. Jika kita sudah merasa terganggu dengan anjingnya karena anak anak dak ada yang berani lewat situ terpaksa muter jl. Yg jauh. Adakah di Indonesia ini petugas kusus mengamankannya.
Dah lapor RT tapi gak digubris.
🌸Jawab:
Mbak Rima yang baik,
Apakah anjingnya dibiarkan berkeliaran di depan rumahnya?
Atau dirantai?
Atau selalu dalam pagar?
Setau ana, belum ada aturan khusus yang membahas larangan memelihara anjing.
Namun karena ini bersifat sosial, berkaitan ketidaknyamanan warga, kalau pak Rt dak mempan, coba hubungi pak RW, atau lurahnya sekalian..
Petugas khusus belumm ada..
Namun dari dinas peternakan umumnya rutin melakukan eliminasi anjing" liar..
0⃣8⃣ Yuni
Ukh Yanti
Belum dok....karena biasanya cuma menerka" kalau si fulan kena gigitan hewan rabies hehehe...
Kalau digigit langsung demam n gigitan meradang parah..
Saya pernah rasakan itu, bahkan kakiqu seperti melepuh seprti bintik" merah.
🌸Jawab:
Apakah yang dialami ukhti yanti ini sudah termasuk salah satu dr ke 4 stadium dimana seseorang telah trinfeksi rabies??
🌸Jawab:
Mbak Yuni yang baik,
Kalau tandanya cuma demam aja, sepertinya kurang kuat untuk masuk ke stadium awal, karena biasanya disertai susah menelan..
Namun kita sudah bisa waspada..
Jika tanda itu muncul tidak ada salahnya segera ke puskesmas..
Lebih baik segera daripada terlambat..
Kejadian di suatu kabupaten di Jawa Barat (kalau tidak salah subang), ada petugas yang digigit kecil oleh anak anjing di tangannya.
Si petugas tidak merasa itu suatu penyakit, meski diawali oleh demam.
Gejala syaraf baru muncul sekitar sebulan kemudian, saat beliau berusaha menyuapkan makanan ke dalam mulut, malah dak pernah tepat masuk ke mulut, namun malah miring sendoknya ke arah pipi.. si petugas pun meninggal tidak lama setelah itu..
0⃣9⃣ Eka
Dokter, setelah gigitan rabies di obati, adakah dampak jangka panjang yang berlangsung setelahnyaa?
Kira" dapat menyebabkan kematian tidak yaa dok?
🌸Jawab:
Mbak Eka yang baik,
Justru klo gigitan itu bisa segera diobati, insya Allah segera memutus rantai perjalanan virus tersebut menuju otak, sehingga kemungkinan selamat lebih besar..
Dampak panjang setelah diobati maksudnya?
1⃣0⃣ Tia
Dok mau tanya, apakah kalau suka mainan kucing akan susah untuk mempunyai keturunaan?
🌸Jawab:
1⃣1⃣ Non
Dokter....ada yang bilang kalau ibu hamil gak boleh dekat" dengan kucing...benar tidak dok ?
🌸Jawab:
No 1⃣0⃣ 1⃣1⃣
Sepertinya yang dimaksud itu toxo yaa
Agak melenceng sedikit dari rabies, tapi bolehlah.. 😊
📌Tentang Toxo
_Toxoplasma gondii_ adalah sejenis hewan bersel satu yang biasa disebut protozoa, merupakan parasit yang dapat menginfeksi hewan dan manusia. Nama penyakitnya disebut Toksoplasmosis.
Semua hewan berdarah panas dapat terinfeksi toxoplasma. Hewan yang berada disekitar manusia dan kucing seperti sapi, kuda, tikus, domba, anjing, ayam, babi bisa terinfeksi toxoplasma, termasuk juga satwa liar seperti musang, atau harimau.
Kucing merupakan inang definitif toxoplasma.
Dalam tubuh kucing, toxoplasma dapat berkembang biak secara seksual dan non seksual (membelah diri). Kista atau telur toxoplasma kemudian dikeluarkan melalui kotoran (feces) kucing.
Manusia atau hewan dapat tertular toxoplasma jika *tertelan* kista atau ookista dari toxoplasma.
Kista dapat bertahan hidup di tanah dalam jangka waktu tertentu. Dari tanah ini toxoplasma menyebar melalui hewan, tumbuhan atau sayuran yang kontak dengan kista tersebut.
*Penularannya melalui beberapa cara:*
1. Secara tidak sengaja menelan telur toxoplasma. Biasanya tidak kita sadari menyentuh mulut dengan tangan yang telah terkontaminasi kotoran kucing, misal habis berkebun, atau membersihkan tempat pakan kucing.
2. Parasit masuk melalui daging yang telah terkontaminasi, dan kita mengkonsumsi daging yang tidak dimasak secara matang.
3. Bisa melalui air atau sayuran yang terkontaminasi.
*Cara mencegah toxoplasma:*
1. Hindari mengkonsumsi daging mentah atau setengah matang.
2. Cuci alas pemotongan daging air panas.
3. Jangan menggosok mata atau mulut dengan tangan yang tidak bersih ataupun pada saat menyiapkan makanan.
4. Cuci sayuran dengan baik sebelum dikonsumsi.
5. Cuci tangan setelah beraktifitas atau sebelum makan.
6. Jika harus membersihkan kandang atau berkebun, sebaiknya gunakan sarung tangan.
🌸Jadi untukk mbak Tia di nomer 1⃣0⃣,
Tidak ada yg salah dengan memelihara kucing.
Akan salah kalau kucingnya dibiarin kotor, dak pernah bersihin pula, terus abis pegang kucing langsung pegang makanan, nah itu yang berpengaruh ke kita..
🌸Mbak Non di nomer 1⃣1⃣ jugu mirip ya..
Deket kucingnya tidak apa, cuma jaga kebersihan juga tetep perlu..
Ana punya teman kerja, tidak pernah pelihara kucing, saat hamil dianggap normal" aja. Ketika lahiran, baru diketahui ternyata bayinya tidak punya langit" di mulut, sehingga tidak bisa bertahan. Setelah diperiksa, si ibu terjangkit toxo (padahal tidak pelihara kucing sama sekali).
Setelah diusut, ternyata selama hamil si ibu gemar sekali makan sate hingga hampir tiap hari.
Proses pembakaran sate yang kurang sempurna, bisa mengakibatkan parasit toxo dalam daging tidak benar" mati..
Tetap waspada dalam memilih makanan bagi ibu" hamil.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎CLoSiNG STaTeMeNT💎
Rabies sangat berbahaya, karena bisa menimbulkan kematian pada manusia.
Untuk itu dibutuhkan kewaspadaan, dan kehati-hatian tiap kali bertemu dengan anjing khususnya..
Kenali cirinya, dan cara mengatasinya..
Semoga informasi ini tidak hanya berhenti dsini, tapi juga bisa disampaikan kepada keluarga atau orang" yang kita sayangi..

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel