Recent in Fashion

Best Seller Books

Wanita Idaman



OLeh : Ustadz Satria Ibnu Abiy & Ustadz Hizbullah Ali

بـــســم الـلّٰـــه الرحــمــن الرحــيــم
الــسلام علــيكم ورحمة الله وبركاته
Saya muliakan pertemuan yg in syaa Allah ﷻ diberkahi ini, dengan satu kalam indah dari Rabbul 'Izzah yg juga mencintai keindahan...
الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ ۖ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ ۚ
_"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan *wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).* "_ (QS. An-Nur : 26)
Siapa kiranya disini yang tidak ingin mendapat pasangan (suami/istri) yang *BAIK*?
Pasangan yg baik inilah yg bisa membuat seorang Ahmad Bukhatir melatunkan syair yg sangat indah,
يغيب السعد إن غبت ويصفو العيش إن جئت
_"Kebahagiaannya akan lenyap tatkala kamu (wahai istriku) pergi. Dan hidupku akan dipenuhi sinar kebahagiaan kembali tatkala engkau datang"_
Itulah kiranya pancaran kebahagiaan yg dirasakan seorang pria/ikhwan tatkala telah menemukan pujaan dan dambaan hatinya...
Tentunya buibu, mbak2 dan dekadek disini penisirin pake banget kan.... kyk apa sih *Wanita Dambaan Pria* itu 😅
Untuk menghilangkan penasarannya, ustadz kita Uhiz akan membeberkan rahiasa kecilnya...
Tafadhol ustadz 🙇🙇
🌸🌸🌸
Terimakasih dinda satria 🌸
yang namanya dinda ana pinjam dulu ya
semoga ga bayar royalti nih 😅
Diiringi gerimis hujan rindu yang basahi kota banjarmasin,,,
Penyampaian dari dinda usat tadi telah membuka mata kita, betapa bahagianya seseorang yang telah menemukan damnaan hatinya ...
Ibarat taman dipenuhi bunga yang mekar dan pancarkan aroma serbak mewangi ... dan bahkan akan membuat berjuta orang iri melihatnya ❣
izinkan untuk ana berbagi ... dari sedikit yang ana ketahui, rahasia yang sangat kecil ...
🌸🌸🌸
🌸 *WANITA PUJAAN KU...*
Mungkin ada banyak kata tanya dalam kajian kita hari ini, dan yang menjadi pertanyaan utama adalah, *Seperti apakah wanita idaman seorang laki-laki?*
*Wanita calon istri idaman pria, apakah aku?!*
Yang patut menjadi catatan, bahwa *sekarang banyak sekali wanita yang dikatakan cantik*, namun ternyata walaupun cantik tidak semua wanita-wanita cantik tersebut bisa dengan mudah untuk dapat langsung menemukan pasangan hidupnya, atau dambaan hatinya. Bahkan banyak juga yang gagal dalam urusan cinta. Atau pun yang gagal dalam pernikahannya.
*Tentu hal ini ada penyebabnya*. Apakah itu? Kriteria apa yang dicari seorang pria dalam memilih wanita sebagai seorang istri?
🌸🌸🌸
Bagi kamu yang merasa bingung kenapa tidak ada seorang pria yang menjemput dan datang untuk menggenapkan dien mu, mari kita mencoba untuk membaca dan pahami serta merenungkan beberapa hal berikut, *karena para pria pada dasarnya menginginkan wanita yang menjadi istri memiliki kriteria berikut ini*,
*1. Melayani dengan setulus hati kepada*
Ini kriteria pertama yang mesti kamu perhatikan, karena tugas utama wanita ketika menjadi seorang ibu adalah merawat dan mendidik anak-anaknya. Tentu modal awal seorang ibu yang baik terhadap anaknya adalah *ketulusan cinta di hati dan kesabaran*.
Dan hanya orang yang mempunyai dua kriteria tadi yang bisa melayani orang-orang yang dicintainya dengan tulus termasuk suaminya.
*2. Selalu mendukung dan bisa memberi semangat*
Pria sebagai pemimpin dalam sebuah hubungan tentu mesti berani bertanggungjawab, dan memikul tanggung jawab yang tidaklah mudah dan ringan. ~Buktinya banyak pria yang lari dari tanggung jawab setelah ceweknya bunting ... #gubrak 💀👻~
Setiap orang yang berdiri di depan adalah orang yang pertama kali menghadapi masalah dan melindungi setiap orang yang di belakangnya.
Maka sangat besar nilai suatu dukungan dari seorang wanita untuk menghadapi problem yang sedang dihadapi oleh seorang pria.
Seorang pria juga ingin cita-citanya disupport, dia juga akan senang terhadap apa yang kamu senang, setidaknya dia tidak akan mengganggumu.
Bagi seorang pria, jika sekarang ini memiliki seseorang yang selalu memberikan support, selalu mendukung langkah kerjanya, maka ia akan merasa telah memilih wanita yang cocok untuknya. Ke depan usaha dan kerja kerasnya akan semakin mudah dengan adanya dukungan dari wanita tersebut.
*3. Menghargai Usaha Cinta*
Ini adalah hal yang sangat sulit dicari dari wanita, karena kadang lelaki merasa sebal ketika usahanya dalam menjaga cintanya merasa tidak dihargai dan tidak dianggap sebagai usaha. Padahal mungkin saja si wanita juga menghargai namun cara penilaiannya berbeda karena memang cara menilai cinta dari seorang wanita berbeda dengan pria.
Seorang wanita yang menghargai cinta lelaki maka dia akan setia dan berusaha juga untuk menjaga cinta yang dia terima dengan baik. Artinya seorang wanita yang pandai menghargai usaha seorang pria dalam menjaga cintanya, otomatis juga ia akan membalas cinta kamu dengan sebaik mungkin.
🌸🌸🌸
Rahasia yg sangat zupeeer ustadz 😅👍
Patut dinoted nih
🌸Dinda usat ada yang ingin ditambahkan kah 🌸
🌴Mungkin sedikit ending ya ustadz
Tepatnya kesimpulan dari rahasia yg telah dipaparkan barusan
1. Bahwasannya menjadi wanita dambaan itu *tidak selalu harus* memiliki wajah dan paras yg *_cantik nan rupawan_*
2. Karena *cinta adalah penyatuan 2 jiwa, 2 rasa*, bukan sekedar mengagumi rupa
3. *Wanita yg sholihah, baik, taat pada akhirnya akan bs menggeser wanita lain* di dalam hati seorang pria
Terakhir, saya ingin mengutip nasehat indah seorang guru sekaligus teman saya, yg disampaikannya beberapa tahun yg silam
_"Akhil kareem... bukan CANTIK yang bisa membuatmu jatuh CINTA. Tapi CINTA lah yang bisa membuat segalanya menjadi CANTIK"_
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
Sebagai penutup dari kami ...
_Sebaik-baik wanita di alam semesta ada empat, yaitu Asiyah istri Fir'aun, Maryam putri Imran, Khadijah binti Khuwailid, dan Fatimah binti Muhammad_ (HR. Bukhari & Muslim)
(Sambil menghayati nashed _Zaujaty_) 😅
Dari saya cukup sepertinya
🌸Begitu pun dari ana 😊
🍧Mungkin yg dinda rasakan antuna rasakan jga semangat perbaikan untik menjadi wanita idaman iya gakkk sii
Yuks kita buka sesi tanya jawab.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
📚TaNYa JaWaB📚
0⃣1⃣ Sri
Ustadz.. Bagaimana cara supaya Terhindar dari rasa merasa sudah menjadi wanita idaman??
Sehingga timbul rasa sombong dan merasa di perebutkan. Padahal masih banyak yg harus di perbaiki juga banyak ilmu yg belum di pahami juga di amalkan?? syukran wa jazaakallahu khayran
🌴Jawab:
Dikembalikan ke niatnya dlu bu
Untuk apa ia menjadi seorang muslimah yg sholihah?
Untuk mendapat pujian manusia dan dikejar" oleh sebagian mereka, atau untuk mendapatkan cinta dari Allah ﷻ yg lalu dipasangkan dengan orang yg juga sekufu dengan kita?
0⃣2⃣ Oktriani
Apakah yg harus dilalkukan untuk menjaga keharmonisan berumah tangga?
Syukron🙏
🌸Jawab:
Bagi seorang istri, hal berikut yang harus diperhatikan agar rumah tangga menjadi sebuah surga dunia 🌸
❣Menaati Perintah Suami
❣Berdiam Diri di Rumah dan Keluar Rumah atas Izin Suami
❣Memberikan Kebahagiaan kepada Suami di Ranjang
❣Menjaga Harta dan Harga Diri Suami ketika Suami Pergi
❣Memberikan Cinta yang Setulusnya
0⃣3⃣ Wida
Ustadz, sesuai yg di paparkan ustadz bahwa kriteria wanita idaman bahwa kecantikan bukan hal utama...
Namun pada zaman sekarang ini tidak dipungkiri bahwa laki" memilih wanita yg pertama kali dilihat adalah rupa nya...
Nah bagaimana yaa ustadz?
Dan apakah laki" dalam memilih wanita idaman harus ada rasa cinta dulu?? Bukan kah rasa cinta itu bisa ditumbuhkan??
Jazaakallah..
🌴Jawab:
Kalau boleh jujur, wajah itu sebenarnya bukan faktor utama seorang pria (seperti saya khususnya 😷) memilih seorang wanita. Kalo mau bukti, coba cari model wanita yg menikah di usia muda, banyak gak?
Padahal wajah mereka kurang cantik apa coba...
Yg dibutuhkan seorang ikhwan adalah partner (pasangan) yg bisa _saling menghargai_ dan _saling melengkapi_
Ini rahasia loh ya 😎
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
🌟Klo masih dalam proses ta'aruf nih.. bagaimana kita bisa yakin bahwa si dia nya ini bisa menghargai dan melengkapi kita nantinya, usat!
🌴Minta petunjuk kepada Dzat yg mengetahui isi hati seluruh hamba-Nya, termasuk isi hati aku, kamu, dia dan kita semua...
Mintalah dengan khusyu', khudhu' dan penuh rasa harap kepada Allah ﷻ agar memantapkan rasa yg memang baik sampai akhirnya.
Atau menghapus rasa yg sudah terlanjur singgah tatkala ia akan berakhir dgn kejelekan dan kesengsaraan di dunia dan akhirat sana...
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
0⃣4⃣ Nuring
Adakah tips dan trik menjadi wanita idamn??, dan apakah wanita idamaan itu harus mencari atau di cari ustadz??
🌸Jawab:
Tips menjadi wanita idaman sepertinya sudah ada di materi di atas, atau jika ingin lebih spesifik jadilah seperti para istri-istri Rasulullah صلى الله عليه وسلم 🙂
Menjadi wanita idaman itu harus diraih dan diusahakan, belajarlah untuk memperbaiki diri, menutup yang masih kurang pada diri degan kebaikan, dan menjaga semua yang sudah baik bahkan membuatnya lebih baik lagi, belajarlah dan terus belajat, pilihlah target engkau akan jadi siapa dari wanita terbaik yang menjadi istri Rasulullah صلى الله عليه وسلم
Karena jika engkau miliki sifat dari salah satu mereka, semua lelaki إن شآءالله akan tertuju pada diri kalian 🌸
والله أعلم 🙂
0⃣5⃣ Nurika
Untuk usat
Terkadang di saat kita mencoba lebih dekat lagi dengan perbaikan diri,selalu ada aja ikhwan yg coba menggagalkan segalanya
Mau dak di tanggapi tapi dia nya temennya kawan deket ana,
Merasa selalu gagal ana tadz dalam masalah perbaikan diri.
Pendapat ustadz bagaimana seharusnya ana bersikap 🙏
🌴Jawab:
Fokus... dan ingat niat awalnya aja...
Belajar aja klo gak fokus dan ingat niatnya mesti akan gagal kan?
Apalagi urusan cinta, beraat...
0⃣6⃣ Nurlela
Assalamualaikum.. Ustadz ijin bertanya,, kodrat wanita adalah dipilih dan pria itu memilih. Sedangkan setiap pria & wanita pastinya mempunyai idaman masing". Nah, bagaimana wanita menyikapi kodratnya ini yg mungkin jadi pembatas mencari n memiliki idamannya ini ?
Mohon pencerahannya usat n uhiz.. Trmksh 🙏
🌴Jawab:
Yang benar, hak seorang wanita adalah *menolak* selain dipilih,
Artinya, seorang wanita bisa menolak siapa saja yg tidak sesuai (sekufu) dengannya, jika mmg hal tsb tdk melanggar batasan syari'at
Namun demikian, karena wanita diciptakan memiliki perasaan yg jauh lebih tajam dibanding akalnya, maka hendaknya ia bisa mempercayakan hal ini kepada wali atau orang terdekatnya, jangan coba" memilih sendiri pujaan hatinya!!! Jangan...
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
0⃣7⃣ Ayyin
Assalammualaikum..
Tadi diatas dijelaskan wanita idaman adalah wanita yg solihah, taat dan yg tersebut diatas. Tidak dilihat dari kecantikan fisik.
Bagaimana dengan satu petikan kalimat, bahwasanya diserukan utk memilih seorang istri yg apabila kamu memandangannya membuat hatimu tentram. Gmn itu ustadz?
Ana lupa itu kalimat apa.
🌸Jawab:
Kecantikan itu sifatnya relatif, ada sebuah kecantikan yang memancar dari dalam hati seorang wanita beriman, kecantikan yang tidak bisa dilukiskan dengan jutaan kata puisi indah, kecantikan yang bahkan tidak bisa dilukiskan meski ada jutaan warna,
Yakinlah bahwa Allah تعالى telah mengatur semuanya, Allah tidak buta, Allah tidak tuli, Allah tidak bisu, Allah Maha Mengetahui dan Maha Adil, karenanya kalimah tentram itulah yang membuat makna kata cantik menjadi sirna, boleh jadi bagi orang lain ia terlihat biasa, namun bagi seseorang yang merupakan nahkoda cintanya ia adalah pasangan terbaiknya, pasangan tercantiknya ... karena saat memandang wajah wanitanya yang ada hanyalah kedamaian dan ketebtraman yang mengalir dalam segenap pembuluh darahnya dan meresap ke dalam jiwanya ...
So ... semua wanita adalah cantik, dan kencantikan yang paling sempurna ada dalam diri masing-masing, pancarkan itu pada wajah ... jodoh pasti akan datang menjemput mu ...
والله أعلم
0⃣8⃣ Olif
Ustadz, gimana kalau posisi saya sebagai istri yg LDR.. gmn caranya supaya tetap jadi idaman.??
Karena dari setiap point rahasianya mungkin tidak bisa dilakukan secara maksimal.. syukron wa afwan.
🌴Jawab:
Klo dah jadi istri, maka terus berusaha untuk menyenangkan suami bu,
Menyenangkan saat diajak ngobrol
Menyenangkan saat diajak diskusi
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
0⃣9⃣ Ulfa
Saya mau tanya ustadz..
Ada wanita idaman ada juga pria idaman..
Tentunya ada pula kriteria pria idaman buat qta semua..
Tetapi kok terkadang ada kesan yg menganggap qta ini pilih" ya ustadz..
Bagaimana seharusnya qta ya ustadz dalam hal memilih yg akhlaknya baik dan segalanya..
Apa yg perlu qta tekankan ke pihak ikhwan supaya tidak membuat sii ikhwan sakit hati karena tak sesuai kriteria qta?
🌸Jawab:
Caranya
Karena cara itu memiliki sejuta makna, ketika menghadapi seorang laki-laki, jika memang tidak menginginkannya, jangan pernah sedikitpun membuka hati, karena merasa tidak nyaman ...
Be pattient ‼
Laki-laki itu bapernya parah dari wanita 😷
Jadi, katakan tidak jika memang tidak, jangan memupuk hatinya dengan rasa cinta, kecuali memang ada perasaan suka terhadapnya, suka dalam artian berhujung pada muara cinta ❣
🌴Perasaan laki" itu gak kayak wanita.
Ini baru pakta 😅
1⃣0⃣ Dilla
Ustadz apabila seorang suami bila didekat istri dia selalu bahagia dan tersenyum bahkan dalam berumah tangga jarang terjadi pertengkaran ..
apakah seorang istri itu disebut wanita idaman?
🌸Jawab:
Coba ditanyakan pada suami
Intinya jika dalam rumah tangga selalu berasa nyaman, pulang ke rumah tak ada rasa ketakutan, selalu ada jutaan kasih sayang yang tercurah dan dapat dirasakan ... maka itulah yang di harapkan ... SaMaRa ... dan berbagialah seorang wanita yang bisa mendapatkannya ... karena bukan hanya surga dunia, sudah ada tempat yang begitu indah untuknya di alam keabadiaan ❣❣❣
1⃣1⃣ Chie
Cc to uhiz dan usat nih,,
Cara pandang pria saat memilih pasangan seperti apa??
First step saat awal proses ta'aruf
🌸Jawab:
Wah ini mah relatif jawabannya ...
Jika ana yang ditanya jawabnnya cukup satu kata *click* 🌸
🌴Jawab:
Kalau ditanya pribadi
Maka saya memilih yg cerdas, yakni ia yg pikirannya bebas dari jeratan dan sekat kejahilan.
Jika sdh demikian, maka _gelas_ tersebut akan menjadi gelas kosong yg siap diisi oleh air yg jernih dan menyegarkan.
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
🌟Click. Sudah ustadz, Lewat mbahnya.
Tapi kelanjutan belum ada kabar.
Supaya tidak baper selama menunggu, bgaimna ustadz?
🌸Jangan saling mengikat, jadi tanpa ada khitbah tanpa pacaran.
Jadi selama masa tunggu itu jika salah satu ada yang jemput harus ikhlas
Saran ana kalau emang klik disegerakan, bukan malah dianggunin.
1⃣2⃣ Neng
Ustadz kadang wanita itu selalu Baper ketika seorang Ikhwan yg baik menasehatinya...
Gimana caranya agar Qta sebagai Akhwat dak Baper dalam berhubungan, maksudnya biasa aja.
Karena klo Baper biasa menjadi salah persepsi.😁
🌸Jawab:
Kalau udah baper distop, direm, atau tanyanya via perantara.
🌟Via perantara maksudnya teman Ikhwan itu ya Ustadz...
Biasanya klo sesama cowok bilangnya tanya aja langsung sama orangnya😁
🌸Kan udah berasa baper jadinya mesti dijaga baik-baik tu, kalau pertanyaannya juga bisa didapat jawaban dari temen akhwat kenapa memaksa harus ke ikhwan tersebut ... *be simple in your life.*
1⃣3⃣ Ardit
Bagi setiap pria wanita seperti apakah yg membuat si pria tak bisa berpaling?
🌴Jawab:
_Menyenangkan_
1⃣4⃣ Dwi
Ustadz saya dulu menikah dri ta'aruf hingga akad hanya 14hri...cukup singkat tanpa banyak tau tentang dia hanya tau lewat saudara..tapi karena dorongan keluarga saya mengiyakan....
Pendidikan & pergaulan kami sunggguh jauh berbeda, dengan berjalanya waktu pernikahan kami banyak perbedaan...tapi saya selalu berusaha untuk slalu mengalah dan mencairkan suasana....apalagi belum adanya momongan sering kami berselisih karena usaha selalu dari saya ustadz, beliau cenderung diam n cuek tetapi lagi" saya nencoba untuk tetap bersabar menghadapinya....kadang ada rasa jenuh dihati....
Pertanyaan saya bagaimana cara biar saya bisa menjadi kuat ,sabar n tetap bisa menjadi istri yg terbaik buat suami....meski terkadang hati sakit dibuatnya...
🌸Jawab:
Menikah adalah sebuah pilihan, selama pasangan tidak lalai dalam memenuhi kewajiban, baik lahir maupun batin, maka bertahanlah, ikhlaskan hati, itulah resiko dari sebuah pilihan.
Sebaliknya jika pasangan tadi lalai maka kembali pada hati si perempuannya ... pilihan ada ditangannya, karena ia yang merasakan dan harus menjalaninya.
1⃣5⃣ Sinda
Ada teman, bagi saya beliau itu "wanita idaman".
Solehah, baik, tulus, penyayang...TOP BGT
Tapi sampai mendekati kepala 4, masih belum bertemu jodohnya.
Memang secara fisik kurang cantik.
Lama" beliau semakin dak PEDE & menganggap beliau bukan wanita idaman.
Apalagi memang saya pernah baca, untuk menikah, pilih dulu fisiknya. Kalau milih agamanya dulu & ternyata fisiknya tidak menarik hatimu, maka bisa jadi itu termasuk mengingkari agamanya.
Nah...bagaimana Ustadz untuk tetap menyemangati beliau?
Jazakumullah jawabannya 🙏
🌸Jawab:
Jika jawaban ini terkesan menyakiti maka maafkan ana, ana mewakili dinda usat untuk menjawabnya.
Jodoh setiap manusia sudah tentukan oleh Allah
Ada yang memang jodohnya ditemukan di dunia, namun ada juga yang jodohnya bukan di dunia, namun memamg sudah digariskan ia akan mendapatkan jodohnya di akhirat, kembali untuk pasal rupa relatif, cantik relatif ,
Sabar dan ikhlas ...
Allah lebih tau apa yang terbaik bagi makhluknya
والله أعلم
1⃣6⃣ Ulfa
Ustadz dalam proses ta'aruf..
informasi seperti apa yg harus qta ketahui dari calon suami qta agar qta tidak menyesal di kemudian hari..
Berapa jarak ta'aruf dengan khitbah yg baik itu ustadz..
Trus seandainya pilihan qta tadi baik menurut qta tapi orang tua tidak setuju bagaimana seharusnya ustadz!
🌸Jawab:
Informasi apa yang ingin diketahui dari seorang calon suami?
Yang pasti agamanya
lalu setelah agama relatif, tergantung ama wanitanya, sarab ana dikonsulkan dengan keluarga besar ya
Kalau orang tua ndak setuju, turutlah apa kata orang tua, lupakan ia, sejatinya *setiap orang tua pasti lebih mengerti, dan ingin yang terbaik untuk anak mereka*
والله أعلم
1⃣7⃣ Wandira
Untuk menjadi wanita Sholehah atau wanita idaman yang Ustadz jelaskan diawal tadi.
Pertanyaan nya:
1. Bolehkah wanita mencari kriteria pria idamannya?
🌸Jawab:
Tentu saja boleh, wanita kan memiliki hak, bahkan kalau pun orang tuanya mau menjodohkannya dengan seseorang, jika ia tak menyukai lelaki tersebut, ia boleh menolaknya 🙂
2. Bagaimana menyikapi laki" yg hanya berjanji tanpa bukti?
Mau dijauhin takut dibilang macem" Ustadz.
🌸Jawab:
karungin 😅 buang ke laut 😷
Tinggalin ajah, ngapain juga betah ama lelaki ga pasti ga jelas ... nanti janji tinggal janji ... 😷
3. Tolong jelaskan Ustadz kalimat "jodoh itu cerminan diri kita, kalau kita baik akan dapat yang baik"
Syukron ust.
🌸Jawab:
Pada intinya tidak mungkin jodoh tertukar, dan kalimah baik itu maknanya juga dalam ...
Jadi dak tentu jodohnya seorang ustadz mesti ustadzah, atau sebaliknya
Bisa saja ustadz/ustadzah jodohnya orang biasa saja, dan baik di sini pasti ada hikmahnya, tentu jodohnya tadi akan membimbingnya untuk menjadi seseorang yang memiliki kwalitas terpuji
1⃣8⃣ Hanny
Tadz ,, harus menentukan pilihan ke mana dulu antara pilihan ortu yg notabenx sedikit matre dengan pilihan ikhwan tapi agamanya biasa atau pilihan sendiri yg ikhwan itu biasa tapi agamanya bagus,,,
Sedangkan dalam agama khan qta harus mengikuti n patuh dengan orang tua, coz ridho orang tua itu ridho Alloh,,,
Bagamana menyikapi dan menjelaskan dengan masalah tersebut???
🌸Jawab:
biasanya dalam sebuah keluarga besar ada suaranya yang didengarkan, seorang yang paling bijak, coba dibicarakan dengan beliau, nanti beliau yang menyampaikan kepada orang tua, jika pun hasilnya tidak sesuai harapan bersabarlah, coba lihat orangnya yang ditawarkan oleh orang tua, jika memang tidak merasa klik, maka katakan tidak dengan bahasa yang santun agar orang tua tidak merasa sakit hati.
1⃣9⃣ Wida
Ustadz, ketika ada ikhwan yg menarik hati, ingin rasanyaa segera memiliki...namun hati berkata bahwa tidak mungkin...secara ikhwan tersebut insya Allah Sholeh, namun diri ini masih jauh dari kata Sholehah..😔
Ingin mencoba mengutarakan niat terlebih dahulu, namun taakut..😣
Takutnya bukan takut ditolak, tapi takut merusak hubungan yg sudah ada...
karena ana sudah berteman lama dan baik dengan beliau..
Mungkin ustadz bisa memberi saran, apa yg harus ana lakukan..🌹
🌴Jawab:
Cari perantara mbak, lalu utarakan niat hati dan ketertarikannya mbak...
Kalau memang si ikhwan mau, maka segera saja diproses, kalau memang tidak maka bersabarlah...
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
2⃣0⃣ Mona
"Betapa banyak para wanita sekarang ini yg menangis penuh penyesalan ketika mereka menikah dengan orang" yg kelihatannya bagus dalam menjalankan agamanya, ternyata mereka mendapati para suami mereka termasuk orang yg paling buruk dalam mempergauli istri" mereka" (liqa baabil maftuh, jilid 20 hlm 225)
Ustadz apa maksudnya kalimat itu ustadz?
🌸Jawab:
Untuk urusan ranjang, tidak ada jaminan seorang (maaf) ulama, kyai, ustadz akan berbuat baik terhadap pasanganya,
Sebagian ada yang nampak lembut, kalem, penyayang, penyabar, *namun* ketika dengan istrinya ia akan dengan mudahnya main tangan, menyiksanya secara fisik, bahkan mental.
Itu maksud dari liqa baabil maftuh, jilid 20 halaman 225
🌴Jawab:
Saya ingin menambahkan yang ini boleh ya?
Kesholihan/kesholihaan itu bukan hanya dilihat dari apa yg bisa dilihat semata, seperti janggut, cadar, jilbab lebar dan yg semisal dengannya.
Karena ketaqwaan itu letaknya bukan di pakaian, akan tetapi ketaqwaan itu letaknya di hati.
Seseorang yg bertaqwa dengan taqwa yg benar, tentunya ia akan terpancar secara jelas dari pancaran fisiknya, walau ia tidak mengumbarnya.
Sebaliknya, orang yang cuma (maaf) _macak_ taqwa, maka biasanya hal tersebut tidak akan berlangsung lama, dan bersifat sementara saja.
Untuk mengetahui atau menguji hal ini, coba tabayyun ke orang terdekat atau guru (murobbi) orang tersebut bagaimana akhlak dan ketaqwaan yg bersangkutan.
Bahkan Umar bin Abdul Aziz mensyaratkan jika ingin mengenal seseorang dengan perkenalan yg benar, yakni harus pernah melakukan 3 hal berikut :
1. Harus pernah tidur (tinggal serumah/seatap) minimal 3 hari.
2. Harus pernah melakukan safar/perjalanan bareng.
3. Harus tahu saat ia sedang terkena musibah, apa yg dilakukannya saat itu.
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
2⃣1⃣ Anis
Assalamu'alaikum
ustadz,, ketika kita sedang berusaha menjauhi pacaran dan mencoba mnyadarkan teman dekat kita bahwa pacaran itu tidak boleh, namun yg dikatakan olehnya yaitu "pacaran itu penting karna kita akan lebih tau seperti apa dia ,, intinya kita tdk akan salah dlm memilih calon suami" , nahh apa yg hrs kita katakan ustadz? :) 'afwan wa Syukron
🌴Jawab:
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Ada jaminan kah dengan pacaran kita bisa mengenal yg katanya calon kita tersebut?
Sepanjang yang saya tahu & saya survei, justru saat pacaran itu orang cenderung berbohong dan suka _macak_ (bahasa medannya _purba_)!!!
Yang ada malah, setelah bosen pacaran, terus diputusin, habis tuh gak bisa tidur sambil nangis.
2⃣2⃣ Atik
Uhiz mau tanya,
Bagaimana menasehati teman yg oleh suaminya agak diabaikan dalam masalah "ranjang".
Saya bilang biasanya normal nya lelaki minta jatah minimal 1x/minggu. Tapi ini sampai berbulan-bulan. Bahkan kalau istri nya yg ga mulai, Ga bakalan mau.
Sampai sekarang blm punya anak. Saya kasian banget sama teman saya ini.
Padahal secara fisik dia lbh cantik dari saya. Badannya jg bagus. Karena rajin senam dan diet!!
Jazakallah uhiz
#afwan yg single ya. Pertanyaan nya agak agak😅
🌸Jawab:
(maaf yang single)
Untuk urusan ranjang, ini termasuk bagian nafkah yang harus dipenuhi suami kepada istrinya,
Jadi, kembali pada istrinya, kalau ia fine about that biarkan saja itu urusan dia, jika dia ndak fine, coba ditabayyun dulu antara keduanya cari penyebabnya hingga suami kehilangan rasa, lalu dikonsultasikan agar ditemukan jalan keluar, jika pun tidak berhasil pilihan kembali pada si istri mau lanjut atau tidak
Kita yang diluar mereka jangan masuk dalam urusan rumah tangga mereka
2⃣3⃣ Anis
'Afwan ustadz ,Ketika seorang ikhwan tiba² menanyakan sesuatu yg berhubungan dgn kehidupan pribadi seperti "apasih tujuan & prinsip hidup kamu ? Kamu pernah pacaran ? , dan pertanyaan lainya yg seakan² pertanyaan² itu mnunjukan bahwa ikhwan itu mempunyai rasa suka yg dijaga , dan pertanyaan itu pula membuat akhwat baper😀 dan berfikiran mungkin dia lagi proses pilih²' , apa yg harus akhwat itu lakukan , menjawab kah ?
Atau apakah ? , Syukron
🌸Jawab:
Jawab saja simpel, silahkan tanyakan ke orang tua saya, mereka yang lebih berhak menjawabnya.
🌴Jawab:
Sebaiknya tanya, _"Apa maksud antum menanyakan hal ini?"_
2⃣4⃣ Mama Nindy
Assalamu'alaikum ustadz..
An mau tanya titipan dari temen..
ada seorang laki" yg tiba" ngajakin ta'arufan..
Diajakin ngobrol sana sini nyambung sampai ngajakin seriusan..
Temen ana (perempuan) sudah mulai sreg dengan laki"nya..setelah di bicarakan dengan ortu (perempuan)
Ortu perempuan kurang setuju dengan laki"nya karena tdk setara dengan pendidikan perempuan (s1)
Pihak perempuan ingin punya calon menantu yg setara guru dan s1..
Tapi si perempuan sdh mulai nyaman dengan laki"nya..
Bagaimana caranya supaya ortu bisa ngerti dan setuju ustadz..
Sudah di kasih tau tentang ta'aruf tapi karena di desa ta'aruf itu di artikan salah..
Laki"nya Dlm hal agama insya Alloh dah 😅👍..
Syukron..
🌸Jawab:
Sebentar ana juga kurang paham ta'arufan yang dimaksud di sini seperti apa , coba diperjelas rinci ya ,
2⃣5⃣ Eka
Semoga belum ada yang nanya,
Uhiz, Usat..
Bagaimana menurut pandangan ustadz jika ada wanita yg melamar laki"? Masih termasuk wanita idaman kah?
Atau bagaimana?
🌸Jawab:
Wanitanya langsung kah, kalau langsung mah dak ada itu,
Tapi kalau wanitanya suka dengan seorang laki-laki, lalu ia bilang kepada mahramnya, dan mahramnya mengusahakannya agar laki-laki itu tau, misal orang tua si wanita datang ke rumah orang tua laki-laki, lalu mereka membicarakan perihal rasa (tanpa membuat malu anak gadis mereka), maka hal ini bisa dibenarkan.
2⃣6⃣ Mama Nindy
Temen ana taarufan lewat telp dia sama laki"..
Trs sama temen ana (perempuan) menginginkan ortu utk mencari tau tentang laki" dan keluarganya..
Tapi dak tau knp pihak ortu perempuan menolak..
Kata ortu ribet akhir"nya..
Ini gimana ustadz..
Padahal perempuan dan laki" sdh mulai sreg dan suka..😁
Perlahan ana di suruh temen ana supaya ngerayu ortunya..😅😅
Ana kan jadi gimanaaaaaa...gituuuu...😅
🌸Jawab:
Putusin 😅
Ini termasuk kategori karungin 😅 buang ke laut 😷
2⃣7⃣ Asih
Assalamu'alaikum ustadz
Kebetulan saya punya temen ngajar sudah menikah tanpa sepengetahuan suaminya teman saya menerima uang dari laki" lain yang dulu katanya pacarnya ustadz sampai dibelikan cicin, padahal ini laki-lakinya juga sudah menikah ini bagaimana ya ustadz???
🌴Jawab:
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Jangan diterima, ini perangkap iblis
🌟Sama temen ana ditrima ustadz malah sering chatt juga diam" ketemuan janjian sebagai teman sebaiknya ana gimana ustadz untuk menyampaikan kalau yg dilakukan salah!!
🌴Suruh bertaubat, lalu jangan pernah berhubungan lagi,
Ini jelas perangkap iblis, na'udzubiLlah
Perhatikan yaa akhowat...
IKHWAN yg baik itu bukan yg pinter ngegombal dengan sejuta rayuan dan kata" yg puitis, BUKAN!!!
Ikhwan yg baik juga bukan yg suka kasih perhatian dan belikan hadiah, BUKAN!!!
Jangan tertipu dgn model "ikhwan" seperti itu
Kalau memang ia baik, tentu ia akan menjaga batasan" yg telah Allah ﷻ buat untuknya, bukan malah melanggarnya lalu membuka peluang setan utk bermain di dalamnya, BUKAN!!!
Kalo Allah ﷻ aja berani ia lawan, kemudian setan dijadikan temannya, kira" bagaimana nasib kita jika bersamanya???
2⃣8⃣ Indah
Assalamu'alaikum ustadz. Ada temen yang sebelum hijrah sempat terbawa arus pergaulan bebas.
Namun sejak beberapa tahun setelah hijrah, dia istiqomah utk menjalankan islam dan sudah berhijab. Apakah ketika ta'aruf temen saya harus menceritakan masa lalunya kepada ikhwan ? Sukron
🌴Jawab:
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
JANGAN CERITAKAN aib yang sudah Allah ﷻ tutup rapat.
2⃣9⃣ Asih
Sama temen ana diterima ustadz malah sering chatt juga diam" ketemuan janjian sebagai teman sebaiknya ana gimana ustadz untuk menyampaikan kalau yg dilakukan salah??
🌴Jawab:
Suruh temannya taubat dan berhenti menghubunginya...
Klo temennya tidak mau, tinggalkan aja temen seperti itu, daripada kelak apinya malah ikut membakar kita, na'udzubiLlah
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
3⃣0⃣ Rika
Assalamualaikum ustadz , kebetulan ada suami yang sejak menikah masih menanggung biaya hidup adik" nya karena dia anak tertua laki" , apakah uang yg diberikan ke saudaranya itu harus seijin isteri ya , dan sampai seberapa/kapan suami itu masih tanggungjawab atas kehidupan saudaranya?
*Catatan : sdh ditinggal ayah ibunya.*
Lalu bagamana sikap si isteri seharusnya? syukron katziron
🌸Jawab:
*PERHATIAN*
Biar para dak salah kaprah ya...
Ingat suami yang kalian nikahi itu adalah tetap milik orang tuanya dan adik-adiknya, berbeda dengan seorang wanita yang saat ijab-qabul diserahkan oleh orang tua wanita pada si laki-laki yang jadi suaminya.
Seorang wanita yang sudah menikah kewajiban dan pintu surga yang paling dekat dengannya adalah *suaminya*.
Sedangkan seorang laki-laki, meski ia menikah ia tetap wajib berbakti kepada kedua orang tuanya (jika masih hidup), dan menjaga saudaranya (terutama yang wanita), dalam segala hal.
Istri belajarlah menerima, *coz you are is a new ...* kalian adalah orang yang datang dan masuk pada keluarga suami kalian.
Masa kalian merasa berhak mengambilnya, mencabut kasih sayang suami kepada mereka, padahal dari kecil sampai menikah dengan kalian, mereka yang merasakan susah getirnya kehidupan, lalu setelah laki-laki tadi mapan, kalian datang dan merebutnya ...
Setiap istri cukupkanlah dengan apa yang suami bisa berikan, KURANG?!
Pasti kurang, sifat manusia kan dak pernah cukup,
Sadarlah
🌟Ustad klo sebaliknya bagaimana..pihak istri yg punya saudara dan dia juga yg tertua!!
🌸Sebuah resiko ketika ijab-qabul itu berat 'Arsy saja tergoncang karenanya ... ia bukan kalimah main-main,
Tentunya jika suami mengizinkan istrinya untuk bekerja, maka silahkan bekerja, penghasilannya bebas ia gunakan untuk keperluannya, entah untuk dirinya atau keluarganya,
Namun, jika suami ndak izinkan ia bekerja, uang pemberian suaminya pun pas bahkan kurang, ya jujur ama keluarga bahwa ndak bisa bantu perihal keuangan, jangan sampai memberikan uang yang dikasih suami untuk rumah dipake buat membantu keluarga tanpa sepengetahuan suami, bisa karam kapal sebelum jauh berlayar ...
Dibicarakan saja baik-baik
🌟Uhiz, tapi bagaimana jika keluarga suami bersikap kurang baik terhadap kita? Padahal kita orang baru yg masuk. Sendirian juga masuk nya...
🌸Harus sabar ... namanya juga baru, tentu kita yang harus menyesuaikan
3⃣1⃣ Meymey
Mba hanny tanya,.
Assalamu'alaikum usat & uhiz
Usia sudah matang tapi belum juga mendapatkan jodoh, apa kah kita itu bukan termasuk wanita idaman?😓
🌸Jawab:
Wanita Idaman dan perihal *mendapatkan* jodoh atau tidak selama di dunia sebenarnya adalah hal yang berbeda 🙂
Setiap wanita, berusahalah, belajarlah, buatlah dirimu menjadi wanita yang diidam-idamkan oleh para lelaki.
Sedangkan jodoh adalah merupakan takdir Allah, ada yang jodohnya ditakdirkan di dunia, namun ada pula yang memang Allah siapkan jodonya di surga
Yang penting selalu berpikiran positip atas semua yang Allah takdirkan atas diri kita
Allah lebih tahu apa yang terbaik untuk diri kita masing-masing.
والله أعلم
3⃣2⃣ Dwi
Alhamdulillah suami tdk pernah lalai ustadz....hanya terkadang sikap beliau yg datar" saja membuat saya jenuh.....setiap saya tanyakan apa yg harus diperbaiki dlm diri biar beliau semakin sayang, beliau selalu bilang kamu gak pernah salah tapi sikapnya terkadang buat saya tdk nyaman.....apa sayanya yg terlalu??????
🌸Jawab:
Mungkin memang sudah seperti itu bawaannya
Dijalani saja, karena ia adalah pilihan dan tidak ada yang beliau lalaikan, itu sudah cukup untuk mempertahankannya
3⃣3⃣ Asih
Bagaimana cara menyikapi orang tua yg masih saklek ama adat kejawennya.. soalnya saat ada yg mau ngelamar mesti d tanyain wetonnya.. trus klo dak cocok udah dak d bolehin ngelamar... nah uda dua kali ini ada yg datang mesti wetonnya dak cocok terus.. Sedih saya kalau ikuti hitungan gitu terus kapan saya nikanya????
🌸Jawab:
Memang agak sedikit riweuh untuk urusan seperti ini, harus ada pihak kekuluarga yang sangat dihormati atau ulama setempat yang mampu memberikan nasehay atau pandangan untuk meluruskan mengenai hal tersebut,
🌴🌸🌴🌸🌴
🌸Bawa gembok ama kunci
pintu digembok kunci di buang
Sungguh minta maaf dari hati
Jari udah berasa kaya kuku beruang 😅😅
🌴Paling enak makan-makan
Apalagi ada ikan asin
Saya dan uhiz mau pamitan
Mohon dimaafkan lahir & batin.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
📚PeNuTuP📚
Mari kita tutup dengan beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان
لا إله إلا أنت
أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel