Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

Takut Kepada Syirik



OLeh : Ustadz Jayyad Al Faza

Bismillah....
BaarokaAllahu fiikum wa ahsanallahu ilaikum.
Jama'ah group *BS* yang in syaaAllah dimuliakan Allah.
Berjumpa lagi dengan saya disini, di channel *BS* dalam Room Kajian semoga Allah merahmati kita semua.
Dan semoga tidak bosan dengan penyampaian materi yang saya sampaikan😊
Thoyyib, sesuai tema malam ini yang diangkat yaitu *Takut terhadap Syirik*.
Takut sendiri memilki pengertian tersendiri dan syirik pun demikian.
Saya akan mulai dengan pengertian dari *Takut*....
🌺 *Takut dibagi menjadi tiga bagian :*
*1. Khoufus Sir* yaitu seseorang yang takut kepada selain Allah, berupa berhala atau thoghut karena khawatir dapat menimpakan sesuatu yang tidak diinginkan atasnya.
*2. Seseorang yang meninggalkan kewajiban karena takut pada orang lain*. Ini haram hukumnya. Ini merupakan jenis syirik kepada Allah Ta’ala yang merusak kesempurnaa tauhid.
*3. Khoufut Thobi’i*, yaitu takut dari serangan musuh, hewan buas dan selainnya. Hal ini tidak tercela.
(Lihat Fatawa Lajnah Ad Daimah Lilbuhuts Al Ilmiyah Wal Ifta’ I/363)
🌺 *Selanjutnya adalah sebab-sebab takut terhadap Syirik.*
Seseorang yang mengaku dirinya ahli tauhid hendaklah takut terhadap syirik karena sebab-sebab sebagai berikut :
*1⃣ Syirik merupakan dosa yang paling besar.*
Allah Ta’ala berfirman, “Seseungguhnya Allah tidak mengampuni dosa syirik, tetapi Dia mengampuni segala dosa di bawah (syirik) itu bagi siapapun yang dikehendakinya.” (Surat An Nisa ayat 448, 116)
Berkata Ibnu Katsir, “Allah Ta’ala memberikan khabar bahwasannya Dia “Tidak mengampuni syirik” maksudnya tidak mengampuni seseorag hamba yang menemui-Nya dalam keadaan musyrik, “Tetapi Dia mengampuni segala apa di bawah (syirik) itu bagai siapapun yang dikehendakinya”. Maksudnya, dosa-dosa besar (Allah mengampuninya) bagi hamba-hamab Nya yang dikehendaki.”
Berkata sebagian ulama’ yang dinukil dalam kitab Al Qoulul Mufid oleh Syaikh Utsaimin, “Sesungguhnya ayat tersebut mutlak (tanpa ikatan) mencakup segala jenis syirik bahkan syirik kecil sekalipun. Seperti sumpah dengan nama selain Allah. Maka sesungguhnya Allah Ta’ala tidak mengampuninya. Adapun berkenaan dengan dosa-dosa besar, seperti mencuri, minum khomer, maka Allah terkadang mengampuni.”
Berkata Syaikh Abdur Rohman bin Hasan, “Ayat ini (sekaligus) sebagai bantahan terhadap orang-orang Khawarij yang mengkafirkan seseorang yang berbuat dosa, dan begitu pula terhadap Mu’tazilah yang mengatakan bahwa pelaku dosa-dosa besar adalah kekal di Neraka. Menurut mereka, orang-orang itu bukanlah orang-orang Mukmin dan juga bukan orang-orang kafir.”
“Tetapi Dia mengampuni segala dosa di bawah (syirik) itu bagi siapapun yang dikehendakinya.” Ayat ini tidak boleh diarahkan kepada orang yang bertaubat, karena orang yang telah bertaubat dari syirik akan diampuni. Sebagaimana firman Allah, “Katakanlah, hai hamba-hamba Ku yang melampaui batas terhadap mereka sendiri, janganlah kamu berputus dari rahmat Allah, sesungguhnya Allah Ta’ala mengampuni dosa-dosa semuanya.” Di ayat ini Allah meyebutkan dalam bentuk umum dan mutlak, karena yang dimaksud adalah orang yang bertaubat. Sedangkan ayat sebelumnya Allah Ta’ala menyebutkan dalam bentuk khusus dan terikat, karena yang dimaksud adalah orang yang tidak bertaubat. Inilah ringkasan perkataan Syaikhul Islam.
Berkata Nabi Ibrohim, “Dan jauhkanlah aku dan anak cucuku dari (perbuatan) menyembah patung-patung.”
Berkata Syaikh Utsaimin, “Ibrohim alaihis salam takut terhadap syirik atas dirinya, sedangkan beliau adalah kekasih Allah dan hunafa’ (orang yang menjauhi syirik), lalu bagaimana dengan kita? Maka janganlah kamu merasa aman dari syirik, jangan merasa aman dari nifaq, karena tidaklah seseorang merasa aman dari nifaq kecuali dia adalah munafik dan tidaklah seorang yang takut kepafa nifak kecuali mukmin.”
*2⃣ Syirik itu lebih halus dari jenis semut terkecil.*
Abu Ya’la dan Ibnu Mundzir dari Hudzaifah bin Al Yaman dari Abu Bakar dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wa salam, beliau bersabda, “Syirik itu lebih halus dari jenis semut terkecil” Abu Bakar bertanya, “Wahai Rasulullah, bukankah syirik itu melainkan penyembahan kepada selain Allah Ta’ala atau menyeru selain Allah Ta’ala disamping menyeru Allah? Beliau menjawab, “Ibumu mencelakakanmu, semoga engkau terbenahi, syirik di kalangan kamu adalah lebih halus dari jenis semut terkecil” dan seterusnya.
Dalam hadits ini disebutkan “Jika kamu berkata, “Allah dan fulan telah memberiku”, sedangkan membuat tandingan terhadap Allah, yaitu jika seseorang berkata, “Seandainya bukan karena fulan, tentu fulan telah membunuhku.”
*3⃣ Syirik merupakan sebab utama orang masuk Neraka.*
Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud Rhadiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam, bersabda, “Barangsiapa mati dalam keadaan menyembah selaiin Allah,masuklah ia kedalam neraka.”
Muslim meriwayatkan dari Jabir Rhadiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam bersabda, “Barangsiapa menemui Allah (mati) dalam keadaan tidak berbuat syirik kepada-Nya sedikitpun, pasti masuk Surga, akan tetapi barangsiapa menemui Nya (mati) dalam keadaan berbuat syirik kepada-Nya pasti akan masuk Neraka.”
🌺 *Penutup*
Wahai saudaraku janganlah kamu merasa aman dari syirik dan jangan merasa aman dari nifaq!! Karena tidaklah seorang merasa aman dari nifaq kecuali dia adalah munafik dan tidaklah seorang yang takut kepada nifaq kecuali mukmin. Allahu a’lam.
BaarokaAllahu fiikum wa ahsanallahu ilaikum.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
📚TaNYa JaWaB📚
0⃣1⃣ Phity
Assalamualaikum wr.wb.
Beda paranormal dan kyai dalam hal mistis kan tipis sekali tadz ,,, bagamana soal pengobatan yang berkaitan dengan santet, guna" dll.
Kalau kita diminta merapal doa" yg ada di qur'an, tapi juga menggunakan pusaka" gitu 😬
🌺Jawab : Wa'alaikumussalam...
Paranormal dan kyai dalam hal mistis sebenarnya tidak ada bedanya, yang membedakan hanya tampilannya saja.
Mereka sama-sama meramal dan mengetahui hal yang ghaib dengan bantuan jin.
Berkaitan dengan pengobatan santet, guna-guna termasuk perbuatan syirik dan diharamkan meskipun caranya menggunakan ayat-ayat Al Qur'an, karena ayat al Qur'an digunakan hanya untuk tipu muslihaat saja.
Disinilah biasanya yang diguanakan cara paranormal dan "kyai". Tinggalkan sekarang juga dan jauhi perbuatan tersebut.
0⃣2⃣ Rafika
1. Pertama, ustadz saya mau bertanya...waktu itu saudara saya buka usaha tapi saudara saya ini modalnya mandek gara" banyak pelanggan yang dak bayar malah kabur.
Akhirnya beliau minta bantuan pak kyai malah disuruh pak kyai goreng pasir trus dibacain doa trus ditaburin didepan rumah...kata pak kyai tadi jangan bergantung pada pasirnya, itu cuma buat perantara, gantungkan semua pada Allah.
Nah itu syirik bukan ustadz?
2. Apa doa yg harus dibaca agar terhindar dari perbuatan syirik kecil maupun syirik besar?
🌺Jawab :
1. Inilah tipu muslihat dukun berkedok "kyai". Seolah-olah caranya benar dan syar'i padahal sesungguhnya itu perbuatan syirik dan tidak ada dalam ajaran Islam yang demikian. Ingat syirik itu lebih halus daripada semut terkecil pun.
2. Kedua, pertanyaan yang bagus sekali. hafalkan ya doa nya.
*Allahumma inni a'udzu bika an usyrika bika wa ana a'lamu, wa astaghfiruka lima la a'lamu.*
Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari terjerumus ke dalam kesyirikan, sedangkan aku mengetahuinya, dan aku meminta ampun kepada-Mu terhadap syirik yang tidak aku ketahui (namun aku terlanjur mengerjakannya).
0⃣3⃣ Atik
Terkadang kita tanpa sadar bicara seperti ini. Contoh nya:
"Untung aja ada si anu.
Ga jadi ilang deh duit ku. Soalnya dia sudah temukan. Terus dikasih ke aku"
Sepertinya ini juga syirik ya ustadz. Apa yang harus kita lakukan untuk memperbaiki perkataan yang sudah terlanjur terucap. Khawatir jadi dosa syirik bagi kita.
🌺Jawab :
Segala sesuatu sudah ditentukan oleh Allah, oleh karena itu kata untung diganti dengan Alhamdulillah dan dibiasakan agar kita selalu ingat bahwa segala sesuatu terjadi adalah atas kehendak Allah.
Allahu a'lam.
0⃣4⃣ Esa
Assalamu'alaikum ustad..
Dari pemaparan ustadz tadi kita dak boleh takut kepada selain Alloh..
Kita sebagai manusia biasa pasti juga pernah merasa takut telat (krn biasa'a ontime), takut dak dapat rangking 1, takut dipecat, takut bapak (karena si bapak galak) dll..
Gimana cara menekan perasaan takut tersebut?
🌺Jawab : wa'alaikumussalam...
Dibaca lagi pembagian pengertian takut diatas. adapun yang ditanyakan hal tersebut termasuk takut yang diperbolehkan karena termasuk thobi'i atau kebiasaan.
0⃣5⃣ Nina
Assalamualaikum. Wr. Wb, Ustadz Saya ingin bertanya tentang penafsiran mimpi. Apakah jika kita memercayai bahwa mimpi itu merupakan pertanda terjadinya sesuatu termasuk syirik?
Misalnya ketika mimpi dipatuk ular, orang tua dulu sering menyebutnya gadis yang bermimpi itu akan segera dilamar. Jika melihat pengalaman mereka sebelumnya yang memang seperti itu, saya jadi sedikit percaya. Namun saya bingung, termasuk syirikkah itu, Ustadz. Terima kasih. 🙏
🌺 Jawab :
wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh.
Mimpi merupakan buah tidur atau hiasan dalam tidur kita.
Adapun penafsiran mimpi memang dalam Islam ada penafsirannya akan tetapi hal itu memiliki syarat-syarat tertentu, seperti menjaga adab tidurnya dan yang bermimpi adalah orang yang sholih/ah.
Jadi, jangan terlalu "baper" dengan mimpi karena mimpi juga ada yang datangnya dari setan. Allahu a'lam.
0⃣6⃣ Ferlis
Assalamu'alaikum pak ustadz saya ferlis saya Ingin bertanya di tempat saya kalau ada tahlilan orang meninggal kayak 1000 harinya la pas hari H nya itu ada sandingan gitu maksdnya sandingan kayak minuman kopi dan teh ada makanannya juga ada dupa ratus juga,, itu apa termasuk syirik?
🌺Jawab :
wa'alaikumussalam...
Lebih baik tinggalkan hal seperti itu. Allahu a'lam.
0⃣7⃣ Atik
Saya dulu juga percaya aja lagi pas mimpi digigit ular katanya bentar lagi dapat jodoh. 😞
Ndilalah memang terus dak lama nikah. Astaghfirullah.
Harus taubat kayanya ya ustadz. Baru paham skrg,
🌺Jawab :
Semoga Allah senantiasa memberikan dan terus bertambah pemahaman Islam yang benar kepada Anda. Ahsanaallahu ilaik.
0⃣8⃣ Wida
Percaya pada teman yang mempunyai kemampuan bisa melihat hal-hal ghaib itu juga syirik yaa ustadz?? Lalu bagaimana jika hal yang dikatakan itu ternyata benar adanya?
Apakah itu hanya kebetulan?
Atau bagaimana yaa?? 🌹
🌺Jawab :
Sesungguhnya manusia tidak bisa melihat hal yang ghaib, jika ada sudah dipastikan dalam dirinya ada jin yang menyertainya. Allahu a'lam bi showab.
0⃣9⃣ Rahma
Ustadz mau tanya...... kalau kita pergi ke dukun" itu termasuk syirik tidak ustadz?
Gimana cara kita menasehati orang tua yang masih percaya dengan dukun" biar orang tua tidak marah sama kita ustadz?
🌺Jawab :
Iya, termasuk syirik.
Pergi kepada dukun atau peramal tidak boleh dan bila mempercayainya, lebih besar lagi dosanya, berdasarkan sabdanya Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
“Artinya : Barangsiapa mendatangi peramal lalu bertanya kepadanya tentang sesuatu, maka tidak diterima shalatnya selama 40 hari”. [Hadits Riwayat Muslim no, 2230, kitab As-Salam, dan Ahmad no. 22711]
Adapun cara menasehati ortu, sampaikanlah dengan baik-baik tentang akibat orang yang pergi ke dukun. in syaaAllah beliau-beliau akan memahami dan jangan lupa senantiasa doa kan mereka.
1⃣0⃣ Ferlis
Assalamu'alaukum pak ustadz saya ferlis,, pak saya bertanya lagi dulu saya pernah sakit usus buntu pernah berobat k pondok an gitu, la setelah saya di pondok penyakit saya di liat dari kelinci dan saya di kasih kertas yg bertulisan arab suruh di kasih d air dan suruh minum gitu dan saya yakin gitu tapi dalam hati saya smuanya karena Allah ta'ala perbuatan gitu apa termasukk sirik pak ustadz?
🌺Jawab :
Wa'alaikumussalam. iya hal termasuk perbuatan syirik, karena cara tersebut tidak berlandaskan dalil syar'i yang benar.
Allahu a'lam bi showab.
1⃣1⃣ Atik
Jika kita minta tolong teman. Untuk menerawang foto seseorang. Misalnya pingin tau dia kena Ilmu hitam atau tidak. Itu syirik juga ya Ustadz?
🌺Jawab:
Bisa termasuk perbuatan syirik karena hanya dengan foto dia bisa mengetahui hal ghaib berarti itu dengan bantuan jin pula.
Allahu a'lam bi showab.
1⃣2⃣ Aditya
Assalamuallaikum wr.wb.
Jika ada seseorang yang punya kepribadian aneh misalnya kadang baik banget seketika bisa jahat banget bahkan memukuli istrinya kalau lagi jahat banget itu adakah pengaruh hal ghaib ?
Atau malah penyakit ain ?
Karna dia shalatpun tidak pernah apalagi jumatan . Jauh sekali dari Allah . Sifatnya pun aneh
🌺Jawab :
Wa'alaikumussalam....
Itu bisa jadi karena dia jauh dari Allah, sehingga jin-jin tengik bersarang ditubuhnya. Allahu a'lam.
1⃣3⃣ Makhilatul Jan'nah
Di kampung (sensor daerahnya) ada kata ngidung (kaya di bacakan do'a² dan semacamnya) katanya sih tujuannya biar baik ... Lancar. Biasanya ngidung itu di lakukan pas "turun tanah" (anak kecil yg baru bisa jalan), atau bahkan kalo pas buat nikahan.
Itu termasuk syirik atau musyrik ??
🌺Jawab :
Membacakan do'a hukumnya boleh-boleh saja, asal sesuai tuntunan Nabi, tidak ada macam-macamnya dan tidak pula harus dilakukan pas sesuatu yang dianggap ritual.Hal ini tidak diperbolehkan.
Allahu a'lam bi showab.
1⃣4⃣ Nida
Ustadz, paman saya dulu pernah sakit lehernya sampai ndak bisa tengok" trus berobat dengan orang lillahitaala pingin sembuh tapi pas diobatin sama dukunnya keluar paku sama kawat" gitu katanya ada yg " ngantemi" istilah jawanya itu termasuk syirik juga kah?
🌺Jawab:
Berobat kepada dukun haramnya kecuali dukun beranak. Biasanya jika berobat kepada dukun maka akan bertambah lagi hal - hal ghaib lainnya.
Allahu a'lam bi showab.
1⃣5⃣ Novie
Ustadz saya punya intuisi jika ketemu orang pertama saya langsung bisa menilai orang tersebut bisa dari foto atau bertemu langsung yg ingin saya tanyakan apakah perbuatan saya termasuk meramal dan apakah termasuk syirik ?
🌺Jawab:
Jika menilai seseorang dari segi psikologi in syaaAllah tidak termasuk merama. Allahu a'lam bi showab.
1⃣6⃣ Tirta
Assalamualaikum
Tirta tanya ustadz
Ketika anak lahir trus di bayi tersebut di kasih namanya, tapi bayi tersebut sering sakit²an.. setelah di tanya ke kyai, Kyai bikang namanya terlalu berat tidak cocok buat si anak, kyai meminta untuk mengganti namax anak tersebut..apakah itu termasuk syirik ustadz 😊
🙏 terima kasih
🌺Jawab :
wa'laikumussalam.
Tidak in syaaAllah.
1⃣7⃣ Eka
Izin bertanya ustadz..
Kalo pake pawang hujan saat menikah, itu termasuk syirik gak yaa?
Ada kepercayaan di sini ustadz, turun hujan deras jika tidak pakai pawang hujan..
🌺Jawab :
Menggunakan jasa pawang hujan termasuk perbuatan yang menentang ketentuan Allah di samping cara-cara yang digunakan sarat dengan syirik, karena sesungguhnya hujan adalah Allah tetapkan, tidak seorang pun mampu menolak, memindah atau memperpendek atau mengurangi kadarnya.
1⃣8⃣ Mey
Assalamu'laikum ustadz
1. Di tempat saya tinggal ada kebiasaan/adat diakhir bulan shafar, yaitu beramai" pergi ke laut atau kesungai dengan membawa makanan, mereka menyebutnya tolak bala, padahal menurut saya malah mencari bala , itu bagaimana ustadz, mohon penjelasan nya,
2. Bagaimana dengan adat atau kebiasaan "tepung tawar", apakah itu di bolehkan?
Syukron tadz🙏🙏
🌺Jawab :
wa'alaikumussalam...
1. Pertama, hal tersebut termasuk perbuatan yang mengarah kedalam ke syirikan.
2. Kedua, afwan saya tidak tahu. karena saya tidak tahu seperti apa itu tepung tawar.
1⃣9⃣ Indah
Klo kita sakit sudah berobat di medis tapi belum ada hasil lalu kita ikhtiar dengan pengobatan alternatif (pijit urat syaraf) dan obatnya dari tanaman tapi beliau yg ngobati itu sepertinya menggunakan bantuan jin karena bisa tau hal lain..
Apakah ini termasuk syirik meskipun niat kita maunya hanya pijit saja supaya sakit kita sembuh,
🌺Jawab:
Jika kita telah mengetahui bahwa pengobatanya menggunakan bantuan jin maka tinggalkan pengobatan tersebut karena sarat akan kesyirikan, cari tempat pengobatan tempat yang lain yang tidak mengandung unsur bantuan jin.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
📚CLoSiNG STaTeMeNT📚
*Doa Berlindung dari Kesyirikan*
اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك أَنْ أُشْرِكَ بِك وَأَنَا أَعْلَمُ وَأَسْتَغْفِرُك لِمَا لَا أَعْلَمُ
_Allaahumma Innii A'udzu bika an Usyrika bika wa Anaa A'lamuhuu wa Astaghfiruka Limaa Laa A'lamuhu_
"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan syirik (menyekutukan-Mu) sedangkan aku mengetahuinya. Dan aku memohon ampun kepada-Mu terhadap kesyirikan yang tidak aku ketahui." (HR. Ahmad dan Shahih Abi Hatim serta yang lainnya, shahih)
اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ نُشْرِكَ بِكَ شَيْئًا نَعْلَمُهُ وَنَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لَا نَعْلَمُ
_Allaahumma Innaa Na'udzu bika min an Nusyrika bika wa Anaa A'lamuhuu wa Nastaghfiruka Limaa Laa A'lamuhu_
"Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari perbuatan syirik (menyekutukan-Mu) sedangkan aku mengetahuinya. Dan kami memohon ampun kepada-Mu terhadap kesyirikan yang tidak aku ketahui." (HR. Ahmad IV/403 dari Abu Musa al Asy'ari. Dihasankan oleh Syaikh al Albani dalam Shahih al Targhib wa al Tarhib I/121-122 no. 36)
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
📚PeNuTuP📚
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان
لا إله إلا أنت
أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel