Recent in Fashion

Best Seller Books

Siklus Haid



OLeh : Khoirunnisa Yurliyana, S.Si. T., M.Kes

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh... sahabat bidadari surga yang dirahmati Allah..aamiin
Bertemu lg dengan nisa disini di rumah yg penuh cinta "Bidadari Surga" dengan izin Allah melalui Trio BS yg super keche yg telah memberikan kesempatan untuk nisa bersilaturahmi bersama sahabat surga yg luar biasa disini..terimakasih nisa haturkan
Mohon izin untuk sharing tentang "Siklus Haid", yg sebenarnya sdh pernah kita singgung di pertemuan sebelumnya pada materi kajian "Gangguan Menstruasi". Namun di kesempatan ini kita akan lebih fokuskan sharing tentang "Siklus Haid"
Jadi lebih enak n seru jk bisa saling sharing ranya jawab sj
Mohon bantuannya kepada sahabat yg berasal dari kesehatan untuk bisa bantu nisa menguatkan sharing hari iniπŸ™πŸ‘πŸŒΉ
πŸ’šAdakah sahabat yang tau apakah "Siklus Haid" ?
πŸ”ΌSiklus haid itu tanggal/ hari normal pada waktu proses haid dengan jangka waktu 28hari πŸ˜¬
πŸ’šLuar biasa ukhti elfiraπŸ‘
Adakah lg yg bisa menyempurnakan?
Siklus Haid adalah daur menstruasi atau haid yang tiap bulannya dialami wanita ketika masih dalam usia produktif
πŸ”ΌSiklus haid adalah daur menstruasi atau haid yang tiap bulannya dialami wanita ketika masih dalam usia produktif. Haid atau menstruasi merupakan peluruhan dinding rahim yang terdiri dari darah dan jaringan tubuh. Kejadian ini berlangsung tiap bulan pada perempuan.
πŸ”ΌTidak teraturnya siklus haid kadang kadang berhenti kadang datang lagi dalam fase bln yg sama,
πŸ’šSiklus haid yg normal terjadi setiap 21-35 hari sekali dengan lama haid berkisar 3-7hari. Jumlah darah haid normal berkisar 30-40 ml. Menurut hitungan para ahli, perempuan akan mengalami 500 kali haid selama hidupnya
🌸🌸🌸
Menstruasi adalah proses keluarnya darah/peluruhan dinding rahim (endometrium) yg tebal krn tdk ada pembuahan/tdk terjadi kehamilan yg terjadi stp bulannya yang keluar melalui vagina. Wanita yg normal akan terus menstruasi jk tdk hamil sampai saatnya menopouse. Menstruasi jg merupakan proses mempersiapkan tubuh wanita untuk hamil. Menstruasi pertama kali (menarche) biasanya dimulai pd umur 8-16 tahun, tergantung dari berbagai faktor yg meliputi kesehatan wanita, nutrisi, dan berat tubuh yg relatif pd tinggi badan
Normalnya menstruasi berlangsung selama 3-7hr. Hampir sekitar 80% siklus menstruasi wanita = 22-30 hr, dan hanya 10-15% wanita yg memiliki siklus 28 hr. Selama masa reproduktif biasanya stp siklus menstruasi dilepaskan 1 sel telur,
Siklus haid dibagi dalam 2 tahap yaitu tahap pra-ovulasi (dari hari pertama haid sampai saat ovulasi) dan tahap pasca ovulasi (dari hari ovulasi sampai haid berikutnya)
Lamanya tahap pra ovulasi biasanya sekitar 2 Minggu, tetapi ini dapat berubah-ubah dari bulan ke bulan dan berbeda beda antara wanita yg satu dengan yg lain. Tahap pasca ovulasi adalah tetaP' dan sama yaitu rata rata 14 hari (10-16 hari)
Jadi, perbedaan dalam panjang pendeknya Siklus haid ditentukan oleh tahap pra ovulasi. Bila siklus haid tidak teratur, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, tetapi yg sangat penting adalah karena keadaan psikologi wanita ybs, misalnya banyak pikiran, tertekan, sedih, atau justru sangat gembira dan stress
Kelainan pada siklus menstruasi : durasi serta volume perdarahan pada siklus menstruasi yg dialami wanita masing masing berbeda beda. Tiap wanita dianjurkan untuk memperhatikan atau mencatat siklus menstruasi nya agar dapat segera menyadari jk muncul kejanggalan tertentu. Siklus menstruasi yg tidak biasa atau volume darah yg berlebihan terkadang dapat mengindikasikan adanya komplikasi atau masalah kesehatan
🌸🌸🌸
Permasalahan dalam menstruasi yg umum terbagi dalam 4 kategori yaitu :
1. Menorrhagia : volume darah yg berlebihan saat menstruasi.
2. Amenorrhoe : menstruasi terhenti sama sekali. Kondisi ini bisa terjadi dengan alami (kehamilan, menyusui, menopouse) atau diakibatkan dari penyakit dan konsumsi obat tertentu.
3. Dysmenorrhoea : rasa sakit saat menstruasi.
4. Oligomenorrhoea : haid biasanya datang setiap 21 - 35 hr, tetapi ada jg wanita yg mengalami menstruasi setelah 90 hari.
Penyebabnya : gangguan kontrasepsi, olahraga berat, gangguan pola makan, DM, penyakit thyroid, dll
Intinya setiap wanita harus mengetahui siklus menstruasinya, agar jk terjadi perubahan/ kejanggalan dlm siklus menstruasi bisa segera ditangani,
Alhamdulillah..sdh selesai materinya.., kita mulai saja tanya jawabnya
🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸
πŸ“šTaNYa JaWaBπŸ“š
0⃣1⃣ Yenny
Afwan mau bertanya..
Bagaimana dengan siklus haid yg maju satu minggu.. Apakah masih wajar ukhti
Biasanya haid maju satu hari.. Tetapi 3 bulan terakhir siklus haid jadi maju satu minggu.. Dan apa yg dimaksud drngan penyakit thyroid ukhti.. Mohon penjelasannya..
πŸ’šJawab: Bunda yeni usia 37 tahun, sudah menikah dan tidak menggunakan Kontrasepsi dalam 3 bulan ini mengalami haid yg maju 1 minggu = masih dianggap normal. Siklus haid yang tidak teratur disebabkan karena faktor kelelahan fisik or psikis. Silahkan bunda yeni evaluasiπŸ‘
πŸ”ΌPenyakit thyroid = berbagai gangguan atau masalah yg terjadi pada kelenjar thyroid. Kelenjar yg terletak dibawah jakun ini bertugas mengatur berbagai sistem metabolisme dalam tubuh. Jadi jk terdapat gangguan pada kelenjar thyroid maka beresiko terganggunya berbagai sistem metabolisme di tubuh,
0⃣2⃣ Elfira
Bertanya ukh. Teman ana ada yg terhenti menstruasinya dan katanya 4tahun sdh nggak menstruasi itu knp ya ? Dan apa pencegahan untuk itu? Syukron
πŸ’šJawab:
Ukhti elfira yang baik, usia temannya 19 tahun, belum menikah tidak menstruasi selama 4 tahun ini = hal ini biasanya karena gangguan hormonal tubuh or kelainan tertentu, maka harus diperiksakan ke RS ke dr SpG untuk pemeriksaan yg lebih lengkap.
πŸ”Όapakah berat badan berpengaruh?
πŸ’šYa, sangat berpengaruh
0⃣3⃣ Atik
Saat masih gadis siklus haid teratur. Lalu saat stlh nikah dan punya anak. Saya pake kontrasepsi. Setelah itu haidnya jadi ga teratur.
Pertanyaan nya. Bagaimana caranya spy siklus haid normal lg. Jazakillah
πŸ’šJawab:
Bunda atik yang dirahmati Allah..berarti alat kontrasepsi yg bunda gunakan adalah menggunakan hormonal ya bun? KB yg mengandung hormonal = kb suntik, kb pil, implan. KB yg mengandung hormonal tersebut memang cara kerjanya dapat mempengaruhi siklus haid. Jadi jk bunda ingin haidnya kembali teratur maka sebaiknya ganti metode KB nya dgn yg tidak mengandung hormonal seperti = IUD or kondom or MOB (Metode Ovulasi Billings), Selain mengurangi stress fisik n psikis, dan pola hidup sehat😊
0⃣4⃣ Linda
Gmn caranya mengukur jlh darah haid yg norma td ktnya 30-40 ml itu gmn cara mengetahuinya
πŸ’šJawab:
Ukhti linda purnamasari yg baik..klo kami saat bimbingan di laboratorium kuliah (masih mahasiswa kebidanan), cara mengukur darah dengan melihat hasil ukur darah mll pembalut yg diperas di gelas ukur, jadi jk 1 pembalut dibasahi cairan kemudian diperas dan ditakar di gelas ukur = sekitar 30-40cc
0⃣5⃣ Sri
Siklus haid itu di hitung dari Hari pertama haid sampai haid berikutnya kah?? atau bagaimana?? Lalu apakah normal jika saat haid hari 1-3 keluar gumpalan darah sperti ati kambing??
πŸ’šJawab: Ukhti sri rahmayanti shalihah, betul sekali bahwa siklus haid dihitung dari hari pertama haid sampai haid berikutnya. Jk saat hari 1-3 keluar gumpalan darah masih dianggap wajar, anjurannya : perbanyak minum air putih, makan makanan bergizi seimbang, minum vitamin penambah darah, hindari stress, cukup istirahat,
0⃣6⃣ Selvi
Mau tanya ukhti,
bagaimana kalau selama haid kita merasakan sakit sampai bisa menyebabkan tidak sadarkan diri atau pingsan? bermasalah atau berbahayakah?
πŸ’šJawab:
Ukhti selvi yg baik.., dalam istilah medis, nyeri haid disebut dismenore. Nyeri itu ada yg ringan dan samar samar, tetapi ada jg yg berat bahkan beberapa wanita sampai pingsan karena tidak kuat menahannya. Penyebab nyeri haid bisa bermacam macam, bisa karena suatu penyakit (misalnya radang panggul), endometriosis, tumor atau kelainan letak uterus, selaput dara atau vagina tidak berlubang, dan stress atau kecemasan yg berlebihan. Akan tetapi penyebab tersering nyeri haid diduga karena ketidakseimbangan hormonal dan tidak ada hubungannya dengan organ reproduksi. Sebaiknya segera memeriksakan diri / berkonsultasi ke dr SpOG jika mengalami=
1. Timbul rasa nyeri hebat, apalagi klo rasa nyeri tersebut semakin lama semakin hebat.
2. Jika darah menstruasi yg keluar sangat berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama.
3. Muncul noktah darah (spotting) antara 2 daur menstruasi atau warna darah tidak seperti biasanya, misalnya lebih kecoklatan atau malah merah segar,
0⃣7⃣ Linda
Ustadzah, saya sering tdk teratur haid. Kadang telat dua bulan. Pernah jg sampai lebih dari 6 bulan. Bgaimana agar pikiran bs rilexs sehingga haid bs teratur. Jika kondisinya sering demikian, berbahayakah bg kesehatan? Sukron
πŸ’šJawab:
Menstruasi sebetulnya adalah sesuatu yg normal, sehingga semua wanita mengalaminya. Pada setiap wanita, siklus haidnyapun bervariasi. Rata rata berjarak 28 hari, namun bisa juga sampai 42 hr. Jika terjadi keterlambatan sampai lebih dari 6 bulan sebaiknya diperiksakan ke ke dokter spesialis. Sering orang salah mengerti, klo sampai 3-4 bln tidak haid, menyangka darahnya bisa mengumpul didalam, menggenang, dan lama2 bisa berbaya. Padahal jika tidak haid, berarti tidak ada endometrium yg lepas, jd bukan berarti ada darah yg mengumpul. Darah baru keluar jk selaput lendirnya lepas. Jk tidak lepas, ya tidak berdarah,
Agar fikiran kita tetap relax, sebaiknya segera selesaikan setiap permasalahan dgn cepat dan lapang dada, silahkan share dgn orang2 yg bisa dipercaya dapat membantu menyelesaikan/ memberikan solusi super untuk kita. InsyaallahπŸ‘
0⃣8⃣ Dira
ijin tanya
Siklus haid yang tidak teratur tiap bulannya apa masih bisa dibilang sehat ust? Bukan hnya datangnya tp juga saat haid, kadang cepat sekali dan kadang lama. sudah selesai lalu ada lagi. Itu bagaimana ya ust? Adik saya sudah umur 14 tahun tapi blum juga haid bagaimana seharusnya ust? Syukron πŸ˜ŠπŸ™
πŸ’šJawab:
Ukhti dira yg dirahmati Allah..bisa minta contoh siklus haid yg tidak teratur yg ukhti alami? Yg kadang cepat dan kadang lama? Tolong berikan contoh tanggal datangnya haid selama 3 siklusπŸ‘πŸ‘
πŸ”ΌAfwan ust ana gak hafal tanggalnya Ust, kemarin lancar satu Minggu, bulan kemarin hanya 5 hari hari ke 6 sudah bersih sorenya ada lagi. Pernah dua bulan tidak haid, setelah cek itu faktor stress.
πŸ’šLama haid yg ukhti dira alami = normal. # adik ukhti dira usia 14 tahun belum menstruasi = "normal". Menarche biasanya dialami wanita pada usia 11 - 16 tahun. Pembagian menarche =
1. Pubertas prekoks/menarche dini, apabila menarche saat usia 8-10 tahun. 2. Menarche normal, apabila terjadi di usia 11-13 tahun 3. Menarche tarda, apabila terjadi di usia 14-16 tahun. Penyebab terjadinya menarche tarda = faktor keturunan (ibu jg mengalami menarche tarda), kurang gizi, gangguan kesehatan lain.
0⃣9⃣ Elfira
Itu kalo kurus kena DM abis gitu juga pengaruh sama mens gak ya ukh?
πŸ’šJawab:
Betul ukhti elfirraπŸ‘
1⃣0⃣ Linda
Assallammualaikum mba bidan...πŸ˜‚..afwan mau tya.. saya setiap haid..kok badannya drob..itu knp yaa..udah gitu dr ujung kaki smp kepala sakit semua....duh klo lgi haid..kdg bikin mewek...πŸ˜‚maklum belum bersuami..jadi blm ada yg buat peganggan
πŸ’šJawab:
Ukhti single fiisabilillah..ini yg disebut dengan PMS (pra menstrual sindrom), rasanya memang tidak nyaman.
πŸ”ΌIya bu dokter..gak nyaman bgt
πŸ’šBisa dikurangi nyeri dan rasa tidak nyamannya dgn konsumsi gizi seimbang, perbanyak air putih, minum vitamin penambah darah, cukup istirahat, kurangi lelah fisik or psikis,
1⃣1⃣ ibu iRna
Assalamu'alaikum Bu dokter, anak saya usia 18th, haid dari usia 12thn, dari awal haidnya tidak teratur dan dalam masa yg lama dari kebiasaan haid, bisa 10-13 hari, dan akhir2 ini slalu merasakan sakit kl lagi haid kadang sampai dihari ke 3, dulu untuk haid yg tidak teratur sudah dikonsul ke dokter dan dokter bilang itu hormonnya ngk normal, nanti bisa normal sendiri atau kalo tidak minum obat utk menormalkan hormon tp itu setelah agak dewasa, itu kira2 kenapa yaa dok? Dan umur berapa dibolehkan mengkonsumsi obat utk hormon? Utk mengatasi rasa sakit sebaiknya gimana bu dokter?
Terimakasih utk jawabannya
πŸ’šJawab:
Bunda irna yg baik..di awal permulaan mulainya haid memang seringkali tidak lancar dan berangsur menjadi teratur, hal ini bisa disebabkan oleh faktor gizi, kelelahan, stress fisik or psikis, dan kinerja hormon tubuh yg belum teratur. Maka segera perbaiki jk ada penyebab tersebut. Klo keluhan nyeri haid hanya sampai 3 hari msh dianggap wajar
Bunda irna..Penggunaan therapy hormonal biasanya sudah boleh diberikan di usia putrinya bunda irna atad indikasi dokter, jk dokter yg memeriksa putrinya bunda belum memberikan sekarang mungkin krn hasil pemeriksaannya menyatakan belum memerlukan pemberian therapy hormon. Untuk mengatasi nyerinya, bisa diberikan obat analgesik
1⃣2⃣ ELLa
Bunda, normal g siklus Haid 4 hari berhenti.
Pas hari pertama dan kedua haidx suka banyak bahkan bajir (sering ganti pembalut).
Biasax pas haid hari pertama suka sakit dibawah perut itu pengaruh apa ya?
Klo udh selesai haid suka gatal2, apakah itu pengaruh bakteri ato gmn? Terimakasih
πŸ’šJawab:
Ukhti Neng ella yg baik..apakah maksudnya lama haidnya ukhti neng ella 4 hari sj? Apakah ukhti neng ella sdh menikah? bisakah lebih detil gatal2 yg dirasakan setelah haid dimana lokasinya?
πŸ”Όiya siklusx 4 hari az Bunda, gatalx di selangkang.
πŸ’šBerarti Ini bukan siklus haid, tapi lama berlangsungnya haid ya ukhti.., ukhti neng ella belum menikah ya?
πŸ”ΌDulu udh, tapi udh pisah 3thnan Hehehe.😁
Tapi Bu Bidan masih normal Khan.
πŸ’šKlo nyerinya tidak disepanjang waktu haid = normal, tp jk disepanjang waktu haid = tidak normal, maka segera diperiksakan ke dr SpOG
Gatal diselangkangan krn lembab, maka dianjurkan sering mengganti pembalut, maximal setiap 3 jam sekali, jangan menahan BAK, dan pastikan setiap habis cebok bersih, keringkan dahulu area V nya baru menggunakan pembalut-celana dalam, jgn menggaruk area gatal krn bisa menyebabkan iritasi kulit dan infeksi.
πŸ”ΌNyeri haidnya hanya hari pertama aza Bu Bidan.
πŸ’šNormal ukhti neng ella. Insyaallah
1⃣3⃣ Uky
Assalamualaikum. Saya mau bertanya
1. kalau haid biasanya hanya 1-2 hari. Namun sisanya hanya ngeflek. Apa itu normal?
2. Normalkah kalo saat haid punggung terasa sakit? Bahkan sy pernah saat haid malah ga bs bangun gara2 punggung sakit sekali. Makasih
πŸ’šJawab:
Ukhti shalihah, apakah menggunakan alat kontrasepsi?
Usia berapakah ukhti shalihah?
πŸ”ΌSaya usia 34 tahun. Sdh lama tidak menggunakan alat kontrasepsi apapun,
πŸ’šBunda uky..total ngefleknya brp hari? bisakah dievaluasi saat punggung bunda uky sakit sampai tidak bisa bangun, bunda habis melakukan apa?
πŸ”Ό3-7 hari. Kalo punggung terutama pinggang sakit banget. Itu terjadi setiap haid.tapi hari2 biasa ga sakit
πŸ’šBunda uky..total lama haid berarti sampai 7 hari = normal. Nyeri dysmenorhroea biasanya memang suka menjalar sampai ke pinggang dikarenakan rahim yg berkontraksi. Solusinya, jgn menahan BAK, cukupi konsumsi air putih, minum vitamin dan bila perlu obat pereda nyeri,
πŸ”ΌJazakumullah khairon Kasiron untuk jawabannya, Insha Allah nanti dipraktekan πŸ˜Š
πŸ’šWaiyyakiπŸ‘πŸ»πŸŒΉ
1⃣4⃣ Linda
Afwan mau nanya mba..kenapa klu sebelum haid itu, harus sakit perut sama pinggang..
πŸ’šJawab:
Ini yg dinamakan dysmenorhoea, krn adanya kontraksi rahim saat mengeluarkan darah haid maka timbullah nyeri,
1⃣5⃣ Riskiyana
Saya mau tanya, sudah 2 bulan ini siklus haid nga normal mundur tangalnya, dari tgl 10 jd tangal 20 baru haid, sebetulnya apa masalahnya bu bidan, dan haidnya cm 3 hari. Trimksih mohon jawabannya😁
πŸ’šJawab:
Bunda riskiana yg baik, pake kb apa?
Siklus haid yg tidak teratur bisa disebabkan = kelelahan fisik or psikis, penggunaan alat kontrasepsi, ketidakseimbangan hormon tubuh, kegemukan, gaya hidup, penyakit kista, gangguan pada thyroid, dll
1⃣6⃣ Yuli
Ustadzah, apakah ada efeknya ke janin jika bumil sering ol atau main hp, seiring mitos ataupun faktanya ttg radiasi hp? Berhubung aktif dlm berbagai grup wa. Jazakillah atas penjelasannya.
πŸ’šJawab:
Bunda yuli yg berbahagia..setiap gadget memang memiliki efek radiasi, sebaiknya dikurangi penggunaannya. Silahkan mulai pengkaderan tugas bunda, agar tidak terlalu lelah di depan hp, krn pada beberapa hasil penelitian menyatakan efek radiasi hp saat hamil mengakibatkan anak hiperaktif
1⃣7⃣ Saadah
Assalamualaikum ana saadah mau tnya bu bidan, bagaimana jk seseorang brbulan" tdk mengalami haid, tp tdk hamil it knp ya ustazah??
πŸ’šJawab:
Bunda saadah apakah pernah menggunakan alat kontrasepsi? Brp lama? Sdh berapa lama tidak menggunakan kb? "Jika tidak haid maka tidak akan hamil"
πŸ”ΌPertama kali pas nikah pakai kb cm satu bulan, habis it udh nggak lg, tp knp haid ny nggak lancar, kadang 2-3buln bru haid, itu knp ustazah apa ada kelainan? makasih
πŸ’šBunda saadah pernah menggunakan kb hormon selama 1 bulan, dan sekarang haidnya menjadi tidak lancar, terkadang 2-3 bln baru haid = bisa disebabkan masih adanya pengaruh kb hormonal tersebut bunda saadah, anjurannya = pastikan menghindari stress, jd jangan difikirin kok belum hamil padahal tidak menstruasi, relax sj ya bun, krn semakin stress maka siklus haidnya menjadi semakin tidak teratur.
πŸ”ΌOow... Gitu ya bu. Insyaallah akan bunda buat rilex sukron ya bu bidan atas saran nyaπŸ™
πŸ’šPasti saat itu bunda saadah menggunakan kb suntik 1 bulan ya? Saran nisa, sebaiknya selain anjuran yg tsb diatas πŸ‘†, bunda saadah bisa menggunakan kb pil untuk melancarkan kerja hormon tubuhnya, syaratnya minum pil kb nya harus disiplin dan teratur di jam yg sama setiap hari walaupun tidak bersetubuh dgn suami, tujuannya bukan untuk mencegah hamil namun untuk melancarkan kerja hormon di tubuh bunda
πŸ’šPenggunaan kb pil untuk memperlancar haid yg disebabkan oleh kerja hormon yg tidak teratur bisa selama 3 siklus haid teratur baru dihentikan. Semoga berhasil bunda saadahπŸ‘πŸ»
πŸ”ΌMenggunakan pil kb bu, lepas satu bln udah nggak pakai kb lg krn ingin punya anak, tp smpai satu thun masih belum ada tanda" hmil, bu sedangkan udh program jg
πŸ’šMinum pil kb nya teratur kah? Klo ga teratur maka kerja hormonpun menjadi tidak teratur. Klo tidak haid maka kemungkinan untuk hamil pun kecil/sulit krn tidak adanya proses ovulasi,
1⃣8⃣ Nufus
Assalamualaikum Bu bidan,
Saya nufus mau tanya kalau pakai KB katanya haid nya tertahan...
Apa itu tidak bahaya ustadzah??
πŸ’šJawab:
Bunda nufus yg baik, "menggunakan kb katanya haidnya tertahan". = bukan tertahan namun cara kerja kontrasepsi hormonal menekan/ menghambat ovulasi, ada yg tidak haid sama sekali (amenorea), ada yg mengalami haid sering tp sedikit - sedikit, ada jg yg banyak, hal ini tergantung dari respons tubuh masing-masing wanita menerima hormon kb. Jadi bukan menahan haid, dan ini = Normal
1⃣9⃣ Hilda
Assalamualaikum, saya hilda mau bertanya, sekarang ini saya lagi bingung dan cemas dikarenakan begini, saya sampe sekarang belum haid, padahal terakhir saya selesai haid itu tanggal 27 november, dan sekarang sudah 1 bulan saya belum haid pada bulan desember. Jadi yang mau saya tanyakan apa itu tidak apa apa? Saya takut sesuatu terjadi pada saya. Mohon penjelasannya bu bidan, terima kasih πŸ˜Š
πŸ’šJawab:
Ukhti hilda yg dirahmati Allah.., apakah ukhti sdh menikah? Jk sudah menikah, sebaiknya test peck dulu ya..
πŸ”ΌBu bidan, hilda masih 16 tahun, belum nikah bu bidan,
πŸ’šUkhti hilda belum menikah, sekarang sedang cemas dan bingung krn telat haid, anjurannya = jgn stress, cemas, dan bingung, relax saja ya sayang..pastikan cukup istirahat, olahraga ringan, dan minum vitamin ya..Insyaallah akan segera datang haidnya. Karena kondisi stress dan cemas bisa mempengaruhi kinerja hipothalamus sehingga siklus haid menjadi tidak normal
πŸ”ΌHehe iya bu bidan πŸ˜… insyaaAllah akan selalu rileks, soalnya ini baru pertama kali ini telat haid, sebelumnya gak pernah, jadinya ketakutan sendiri πŸ˜…
2⃣0⃣ Cira
Cira mau nanya, benarkah saat haid, kita ga boleh minum es ?
πŸ’šJawab:
Ukhti cira, banyak yg bilang klo sedang haid tidak boleh minum es karena bisa menyebabkan darah keluar tidak lancar dan meninggalkan sisa di dinding rahim sehingga bisa menyebabkan kista, tumor, bahkan kanker rahim.
πŸ”ΌTp benarkah demikian?
πŸ’šMitos,
Tidak ada hubungan antara air es dan proses menstruasi. Jika selama seorang perempuan tidak merasakan sakit atau perut kembung saat menstruasi, minum es boleh saja
2⃣1⃣ Desy
Assalamualaikum..Saya mau tanya, selama ini saya haidnya sering telat bu bidan. Dari haid pertama ke haid selanjutnya butuh waktu rata2 45 hari.. apa masih bisa dikategorikan normal? Selain itu saat awal haid sering lemas sekali badannya bu bidan kadang sampai muntah.. apa bisa diatasi iya bu bidan?terima kasih πŸ˜Š
πŸ’šJawab:
Waalaikumussalam ukhti desy ya baik.. Mengeluh haidnya sering telat jarak haid pertama ke haid berikutnya 45 hari, ini yg dinamakan dgn siklus haid yg panjang,
Keluhan lemas sampai muntah ini disebut dgn PMS (Pre Menstrual Syndrome) bisa diatasi dgn minum vitamin penambah darah, konsumsi gizi seimbang, cukup istirahat, dan olah raga teratur. Batasi dan hentikan minum minuman yg mengandung kafein atau bekerja terlalu keras saat datang bulan. Hubungi dokter jika gejala gejala tsb mengganggu aktivitas harian, kesehatan atau pekerjaan,
2⃣2⃣ Uky
Boleh menambahkan pertanyaam tentang ini kah? Soalnya saya juga dengar kalo haid tidak boleh minum es dan makan ketimun. Alasannya akan menyebabkan kanker rahim..apa itu benar?
πŸ’šJawab:
Ukhti uky..klo yg minum es td sudah nisa jawab ya diatasπŸ‘†. klo saat menstruasi tidak boleh makan ketimun = mitos
2⃣3⃣ Hilda
Assalamualaikum bunda, ini yang mau saya tanyakan, siklus haid kan 7-8 hari, jadi jika lewat dari situ dan dilihat masih ada bercak coklat di celana, apakah itu masih darah haid? Teman saya curhat begitu, dia sampai mandi junub 3 kali, karna bingung itu darah haid atau tidak??
πŸ’šJawab:
waalaikumussalam ukhti hilda, mungkin maksud ukhti hilda lama haidnya 7-8 hari ya..,
yg ditanyakan jk masih keluar bercak coklat dicelana setelah hr ke 8 apakah masih tetap disebut darah haid,
Menurut Imam Syafi'i batas minimal haid adalah sehari semalam, dan batas maximalnya adalah 15 hari. Jika lebih dari itu = darah istihadhah dan wajib bagi wanita tersebut untuk mandi dan sholat.
Istilah medis untuk perdarahan menstruasi yg berlebihan dalam satu siklus Menstruasi normal rata rata kehilangan darah 30ml darah selama sekitar 7 hari haid. Bila perdarahan melampaui 7 hari atau terlalu deras (melebihi 80 ml), maka dikategorikan menorrhagia,
2⃣4⃣ Qiya
Assalamu 'alaikum mba henny syg
Qiya nanya,,
Agk nyimpang dikit tp msh berhubungan dgn siklus haidh😊
Td kata dokter siklus haidh normal antara 21-35
Jika seseorg siklus haidnya kadang 25 hr kadang 30 hr bagaimana cara mengetahui masa suburnya
Apakah itu msh tergolong siklus haidh normal atw tidak??
πŸ’šJawab:
Jika siklus haidnya kadang 25 hari dan kadang 30 hari = "siklus haid tidak teratur" ukhti qiya
Bagi yg siklus haidnya teratur, masa subur berlangsung 14 +/- 1 hari dari haid berikutnya. Artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yg akan datang.
πŸ’šBagi yg siklus haidnya tidak teratur, maka pertama tama harus dicatat panjang siklus haid sekurang kurangnya selama 6 siklus. Dari jumlah hari siklus terpanjang dikurangi dengan 11, maka akan diperoleh masa suburnya. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, maka diperoleh masa suburnya.
Misalnya = siklus terpanjang = 30 hari, sedangkan siklus terpendek = 25 hari. Maka masa subur dapat dihitung = 30 - 11 = 19, dan 25 - 18 = 7, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 7 sampai hari ke 19
2⃣5⃣ Sinda
Assalamu'alaikum wr.wb
Ini sinda, afwan br baca kajiannya.
Mau nanya (pake cerita dl biar tau historinya πŸ™). Sy itu bermasalah sm mens sejak sma. Setiap kali kecapekan / stres mmg selalu ga teratur. Entah yg sebulan 2x mens dgn durasi mens 14 hr. Jd masa suci cm 15 hr. Atau justru kebalikannya sampe telat 1- 2bln. Waktu lulus kuliah pernah konsultasi ke dokter obsgin & minum obat hormon. Tp krn telat minumnya, pernah efeknya sampe pendarahan (sampe rasanya lemas sekali saking banyaknya darah yg keluar). Pembalut tebal yg didobel masih tembus ke kasur.
Nah sejak itu, haid sy justru tergolong jarang. Sy ingat pernah 6 bulan ga haid. Kalo pun haid, sy istilahkan "haid formalitas", krn cm 1-3 hr sj & itu cm sedikiiiittt sekali atau bahkan cm flek.
April & mei kmrn sy konsul ke dokter obsgin lg. Katanya cm masalah hormonal. Rahim dll bagus katanya. Sy jg diberi obat hormon lg (πŸ˜“) padahal sy ga mau takut pendarahan sperti dl.
Hasilnya tiap pas minum obat hormon bln april, seminggu sblm haid PMS-nya luar biasa sakit. Pas haid....subhanallah....banjir sperti pendarahan & sampe sy gbs gerak.
Pas minum obat hormon bln mei, alhamdulillah efeknya lbh ringan (mungkin krn beda dokter & beda resep). Tp setelah itu koq haid sy ttp ga teratur.
Sy malah jd jerawatan parah. Haid msh dikit & ngeflek aja. Paling lama 5 hr tp itu isinya flek smua.
Oiya, sy abis lulus kuliah itu alhamdulillah langsung kerja di jkt. Mmg stres dgn kondisi macet & polusi + kerjaan yg seabreg. Sy dr november kmrn posisinya sdg kuliah s2 & ttp stres sm tugas kuliah walau udara di tempat baru sgt fresh & bebas macet.
Lalu sy sdh pernah nikah tp sdh pisah 2 thn-an ini. Jd mmg tidak berKB & slm nikah blm pernah pake KB + blm pernah hamil jg.
Maksudnya....stres mmg gbs dihindari apalg sy mmg punya masalah hormon.
Lalu upayanya apa biar haid teratur lg? Lalu apa ada pemeriksaan lanjutan yg hrs sy lakukan?
Jazakillah khoir jawabannya
πŸ’šJawab:
ukhti sinda yg dirahmati Allah..
jika melihat riwayat haid nya, gangguan haid yg ukhti sinda alami dikarenakan gangguan hormonal tubuh dan stress. Kedua masalah ini akan selalu mengganggu siklus haidnya ukhti sinda jk tidak ditangani dgn baik.
Lakukan Pengendalian stress/kopping stres yg baik.
Cukup istirahat, minum vitamin, olah raga teratur, konsumsi gizi seimbang,
Lakukan sharing ke sahabat terpercaya yg bisa memberikan solusi penyelesaian masalah yg bisa menyebabkan sress.
Penggunaan therapy hornonal memang harus disiplin dan teratur agar hasilnyapun maximal,
Pada saat haid, tetap konsumsi vitamin untuk mencegah anemia saat haid.
Konsultasikan segera ke dokter SpOG untuk pemeriksaan lebih lanjut,
🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸
πŸ“šCLoSiNG STaTeMeNTπŸ“š
Pastikan kita bisa menghitung siklus haid dan tahu siklus haid kita yg teratur agar jk ditemukan kelainan dapat segera ditangani dengan segera. Hindari stress fisik or psikis, cukup istirahat, konsumsi gizi seimbang, olahraga ringan dan teratur agar siklus haid teratur. Semangat sehat selalu sahabat surgaquπŸ’ͺ😍😘
🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸
πŸ“šPeNuTuPπŸ“š
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
Ψ³Ψ¨Ψ­Ψ§Ω†Ωƒ Ψ§Ω„Ω„Ω‡Ω… ΩˆΨ¨Ψ­Ω…Ψ―Ωƒ Ψ£Ψ΄Ω‡Ψ― Ψ§Ω†
Ω„Ψ§ Ψ₯Ω„Ω‡ Ψ₯Ω„Ψ§ Ψ£Ω†Ψͺ
Ψ£Ψ³Ψͺغفرك وؒΨͺوب Ψ₯Ω„ΩŠΩƒ
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Nisa mohon maaf lahir bathin, jk banyak kekurangan dalam sharing hari iniπŸ™

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel