Recent in Fashion

Best Seller Books

Sebuah Ibroh dari 3 Hewan di Dalam Al Qur'an



OLeh : Ustadz Hizbullah Ali

Segala puja puji bagi Allah, yang telah mempertemukan kita kembali dalam.kajian malam hari ini πŸ™‚
Shalawat serta salam kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Ψ΅Ω„Ω‰ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ ΨΉΩ„ΩŠΩ‡ ΩˆΨ³Ω„Ω…
dan tak lupa do'a terbaik kita panjatkan untuk istri-istri beliau, anak serta cucu beliau, khalafaur rasyidin, tabi'in, tabi'ut tabi'in, serta seluruh kaum muslim hingga hari kiamat.
🌸🌸🌸
*Sebuah Masa Sebuah Cerita*
πŸœπŸ•·πŸ *Cerita Di Sebalik 3 Binatang Kecil Dalam al-Qur'an* πŸπŸ•·πŸœ
Tiga binatang kecil menjadi nama dari tiga surah di dalam al-Qur'an, yaitu _an-Naml_ (semut), _al-'Ankabut_ (laba-laba), dan _an-Nahl_ (lebah).
🐜 *Semut* menghimpun makanan sedikit demi sedikit tanpa henti-hentinya. Konon, binatang kecil ini dapat menghimpun makanan untuk bertahun-tahun sedangkan usianya tidak lebih dari satu tahun. Ketamakannya sedemikian besar sehingga ia berusaha (dan seringkali berhasil) memikul sesuatu yang lebih besar dari badannya, meskipun sesuatu tersebut tidak berguna baginya.
Dalam surah _an-Naml_ antara lain diuraikan sikap Fir'aun, juga Nabi Sulaiman yang memiliki kekuasaan yang tidak dimiliki oleh seorang manusia pun sebelum dan sesudahnya. Ada juga kisah raja wanita yang berusaha menggoda Nabi Sulaiman demi mempertahankan kekuasaan yang dimilikinya.
πŸ•· Lain lagi uraian al-Qur'an tentang laba-laba. Sarangnya adalah tempat yang paling rapuh (QS. al-'Ankabut : 41), ia bukan tempat yang aman, apa pun yang berlindung di sana atau disergapnya akan binasa. Jangankan serangga yang tidak sejenis, jantannya pun setelah selesai berhubungan seks disergapnya untuk dimusnahkan oleh betinanya. Telur-telurnya yang menetas saling berdesakan hingga dapat saling memusnahkan. Demikianlah kata sebagian ahli. Sebuah gambaran yang sangat mengerikan dari sejenis binatang.
🐝 Akan halnya lebah, memiliki insting yang (dalam al-Qur'an), _atas perintah Tuhan ia memilih gunung dan pohon-pohon sebagai tempat tinggal_ (QS. an-Nahl : 68), dan sarangnya dibuat berbentuk segi enam bukannya lima atau empat agar tidak terjadi pemborosan dalam lokasi. Yang dimakannya adalah kembang-kembang dan tidak seperti semut yang menumpuk-numpuk makanannya, lebah mengolah makanannya dan hasil olahannya adalah lilin dan madu yang sangat bermanfaat bagi manusia. Lilin digunakan untuk penerang dan madu (dalam al-Qur'an) dapat menjadi obat yang menyembuhkan.
Lebah sangat disiplin, mengenal pembagian kerja, ada lebah pekerja, lebah ratu dan lebah pejantan. Segala yang tidak berguna disingkirkan dari sarangnya sehingga sarang lebah terkenal sangat steril, tidak ada bakteri/kuman yang masuk sehingga tidak ada pembusukan di sarang lebah. Lebah tidak mengganggu kecuali yang mengganggunya, bahkan sengatannya pun dapat menjadi obat.
*Sikap hidup manusia seringkali dibandingkan dengan berbagai jenis binatang*. Jelas ada manusia yang _berbudaya semut_, yaitu menghimpun dan menumpuk ilmu (tanpa mengolahnya) dan materi (tanpa disesuaikan dengan kebutuhannya). Budaya semut adalah *budaya menumpuk* yang disuburkan oleh *budaya mumpung*. Tidak sedikit problem masyarakat bersumber dari budaya tersebut. pemborosan adalah anak kandung budaya ini yang mengundang hadirnya benda-benda baru yang tidak dibutuhkan dan tersingkirnya benda-benda lama yang masih cukup indah untuk dipandang dan bermanfaat untuk digunakan. Dapat dipastikan bahwa dalam masyarakat kita, banyak sekali semut yang berkeliaran.
*Entah berapa banyak jumlah laba-laba yang ada di sekitar kita*, yaitu mereka yang tidak lagi butuh berpikir apa, di mana, dan kapan ia makan, tetapi yang mereka pikirkan adalah _siapa yang akan mereka jadikan mangsa_.
*Nabi Ψ΅Ω„Ω‰ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ ΨΉΩ„ΩŠΩ‡ ΩˆΨ³Ω„Ω… mengibaratkan seorang Mukmin sebagai lebah*, sesuatu tidak merusak dan tidak pula menyakitkan, *tidak makan kecuali yang baik, tidak menghasilkan kecuali yang bermanfaat dan jika menimpa sesuatu tidak merusak dan tidak pula memecahkannya*.

*Dapatkah kita menjadi ibarat lebah*, ~bukan semut apalagi laba-laba~?
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
πŸ’ŽTaNYa JaWaBπŸ’Ž
0⃣1⃣ Nuring
Uhiz , apakah ketiga binatang itu saat d pukul atau di bunuh berdosakah?? Apalagi kita tahu semut bnyak jenisnyaa, laba" jugaa... dan lebah??
Apabila mengganggu kita apa yg harus dilakukan??
🌸Jawab:
Jika menggangu jangan dibunuh, cukup diburu/dipindahkan saja, binatang itu kalau menyerang kita karena mereka merasa terganggu dengan kita.
0⃣2⃣ Devi
Assalamualaikum ustadz, Devi mw nanya..
Perumpamaan seseorang yang mempunyai sifat seperti semut dan laba-laba itu gimana ya?
Kan kalo lebah itu perumpamaan orang mukmin. nah kalo yang itu gimana? Syukran tadz. .
🌸Jawab:
Semut itu koruptor
Laba-laba itu orang munafik
0⃣3⃣ Neng
Bagaimana Ustadz karena perkataan Qta ibarat lebah...
Kalau diliat2 zaman sekarang banyak laki2 yg berubah jadi lebah dengan cara mengisap madu dimana?
Maksudx habis manis sepah dibuang...
Gimana itu ustadz untuk menyikap!!!
🌸Jawab:
Kalau yang ini beda yang dimaksud, ini bukan perumpamaan lebah dalam al-Qur'an πŸ™‚
Kalau laki² yang habis manis sepah dibuang itu sebenarnya sama kaya laba-laba ... ia jebak hati wanita, setelah semua kenikmatan habis, ia campakan (seperti dibunuh secara pelan-pelan) ... laba-laba kan gitu bunuh mangsanya ... dijerat ... lalu dinikmati selagi hidup secara perlahan, sampai mati ...
0⃣4⃣ Non
Ustadz....saya pernah dengar bahwa πŸœπŸ•·πŸtidak boleh di usir ya ?
Klu da cicak harus di usir..benar tidak ?
🌸Jawab:
Kalau ndak mengganggu πŸœπŸ•·πŸ dibiarkan saja πŸ™‚
Kalau cicak membunuhnya dapat 1 ganjaran pahala, dengan catatan sekali tepuk mati πŸ™‚
0⃣5⃣ Sri
Ustadz.. dalam al-qur'an di sebutkan bahwa "membunuh semut hukumnya Haram" nah jika kita tidak sengaja bunuh semut kecil yang nyengat bgaimana ustadz? berdosakah??
🌸Jawab:
kalau memang dak disengaja, dalam artian terpaksa melakukannya karena semut tadi megigit sakit, maka tidak berdosa πŸ™‚
0⃣6⃣ Fauziah
Uhiz.. hewan apa aja yang tidak diboleh dibunuh?
🌸Jawab:
Semua hewan dak boleh di bunuh, kecuali menyerang kita/berbahaya, atau untuk keperluan sehari-hari, atau untuk ibadah πŸ™‚
0⃣7⃣ Riska
Assalamualaikum ustadz
Di jaman sekarang banyak orang bersifat seperti laba laba. Hantam sana sini tidak memikirkan orang lain. Bagaimana kita menyikapi nya?
🌸Jawab:
~balas hantam~
πŸ‘†Jangan ya πŸ™ˆ
Nerbuat baik padanya, nasehati ia, jika memang tidak bisa dinasehati dan merugikan, kumpulkan bukti, laporkan ke pihak berwajib, biar hukum yang berbicara untuk menyadarkannya πŸ™‚
0⃣8⃣ Suci..
Assalamu'alaikum...
Ustadz.. apa benar jika kita tidak sengaja makan semut ( semut tersebut di dalam makanan ) ibadah nya tdak di terima selama 40 hari?..
🌸Jawab:
Ndak ada nash/dalilnya.
0⃣9⃣ Raina
Uhiz...tanya yaaaa
Maaf diluar hewan yang 3 tadi.
Saya masihh penasaran dengan yang dibilang jika makanan/minuman disinggahi lalat boleh dimakan/diminum dalam Islam.
Tapi menurut dunia kesehatan dak boleh.
🌸Jawab:
Kalau pasal makanan dan minuman yang dihinggapi lalat itu,
*Pertama*, boleh dimakan/diminum asal dak jijik, kalau jijik otomatis haram, wajib dibuang.
*Kedua*, kalau lalat hinggap dimakanan sebaiknya makannya dak dimakan.
*Ketiga*, kalau masuk dalam gelas minuman, celupkan lalatnya hingga kedua sayapnya masuk dalam air, karena dalam sebuah riwayat, dalam sayap lalat itu salah satunya menggandung racun/penyakit, yang satunya adalah obat/penawarnya πŸ™‚
1⃣0⃣ Sofie
Laba² di sebut dlm cerita nabi membantu utk melindungi ketika bersembunyi di goa...
Trus utk skrg manfaat dr laba² apa ya uhiz...
Laba² kan senengannya bikin sarang di mana²πŸ˜¬
🌸Jawab:
Hu'um
Benar sekali, atas perintah Allah pada saat Rasulullah Ψ΅Ω„Ω‰ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ ΨΉΩ„ΩŠΩ‡ ΩˆΨ³Ω„Ω… bersembunyi dari kejaran kaum kafir saat akan hijrah ke Madinan, laba-laba membuat sarang di pintu goa, sehingga para kafir berfikir karena sarang utuh, tidak mungkin beliau bersembunyi dalam goa tersebut.
Manfaat dari laba-laba, ia adalah predator hama bagi tanaman πŸ™‚
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
πŸ’ŽCLoSiNG STaTeMeNTπŸ’Ž
Yang bisa kita ambil dari kajian malam hari ini adalah,
Jadilah manusia yang baik ... di mana pun berada, di mana pun singgah, Jangan pernah menyakiti orang lain, Jadilah pribadi yang memberi manfaat bagi orang lain πŸ™‚
Keep hammasah πŸ™‚
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
πŸ’ŽPeNuTuPπŸ’Ž
Jazakallohu khyran katsir buat Ustadz Hiz,
Dan semoga Alloh selalu memberi kesehatan kepada UHiz dan keluarga tambah romantis dan fenomenal hehe..
Cepet sembuh ya uhiz
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
Ψ³Ψ¨Ψ­Ψ§Ω†Ωƒ Ψ§Ω„Ω„Ω‡Ω… ΩˆΨ¨Ψ­Ω…Ψ―Ωƒ Ψ£Ψ΄Ω‡Ψ― Ψ§Ω†
Ω„Ψ§ Ψ₯Ω„Ω‡ Ψ₯Ω„Ψ§ Ψ£Ω†Ψͺ
Ψ£Ψ³Ψͺغفرك وؒΨͺوب Ψ₯Ω„ΩŠΩƒ
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Mari kita tutup dengg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
Ψ³Ψ¨Ψ­Ψ§Ω†Ωƒ Ψ§Ω„Ω„Ω‡Ω… ΩˆΨ¨Ψ­Ω…Ψ―Ωƒ Ψ£Ψ΄Ω‡Ψ― Ψ§Ω†
Ω„Ψ§ Ψ₯Ω„Ω‡ Ψ₯Ω„Ψ§ Ψ£Ω†Ψͺ
Ψ£Ψ³Ψͺغفرك وؒΨͺوب Ψ₯Ω„ΩŠΩƒ
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel