Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

MoVe On



OLeh : Ustadz Hizbullah Ali

*MOVE ON*
*Move on???!!* Tentu sudah mejadi kata yang begitu akrab ditelinga kita. Terutama para muda-mudi yang sudah mengalami mabuk asmara #peace 😬
*Move on* diidentikan dengan perasaan galau, patah hati, ya ... pokonya perasaan yang penuh derita 😢. *Move on* sendiri diartikan sebagai berpindah dan mencoba melupakan. Move on merupakan sebuah tekad untuk kembali bangkit dan melupakan hal-hal yang dianggap menyakitkan.
Selama ini, move on hanya diidentikan dengan perasaan ingin melupakan si *dia* yang pernah hadir di hati kita. Namun, *Move on* juga seharusnya bisa digunakan sebagai sebuah tekad untuk mengubah perilaku kita dari yang tidak baik menjadi baik. *Move on* didalam ajaran agama Islam dapat disamakan dengan hijrah. Hijrah berasal dari bahasa arab هِجْرَه yang artinya,
*(1)* Pindah, menjauhi atau menghindari.
*(2)* Kerasnya sesuatu (الهجر الهجير الهاجرة), berarti tengah hari di waktu panas sangat menyengat (keras). Secara bahasa Hijrah diartikan dengan menjauhi sesuatu dengan sangat keras karena adanya ketidak setujuaan dan kebencian.
Sedangkan pengertian hijrah di dalam al-Qur'an, yaitu:
Meninggalkan dan menjauhi sesuatu dengan kebencian
Dalam QS. Maryam :46 Allah berfirman, _Berkata bapaknya, *Bencikah kamu kepada tuhan-tuhanku, hai Ibrahim? Jika kamu tidak berhenti, maka niscaya kamu akan kurajam, dan tinggalkanlah aku buat waktu yang lama*
Dalam ayat tersebut, bapaknya Nabi Ibrahim mengusir Nabi Ibrahim jika Nabi Ibrahim tidak suka kepada Tuhan-Tuhan nya. Hijrah dalam ayat tersebut diartikan dengan meninggalkan sesuatu karena kebencian terhadap hal itu.
Meninggalkan sesuatu karena kotor atau najis.
Dalam QS. al-Mudatsir : 5 Allah Berfirman, _Dan perbuatan dosa (menyembah berhala) tinggalkanlah._
Allah memerintahkan kita untuk meninggalkan segala perbuatan dosa dan menjauhi kemusyrikan. Hijrah dalam hal ini diartikan dengan menjauhi sesuatu karena hal itu dilarang dan termasuk perbuatan yang kotor.
Tidak mengacuhkan sesuatu karena tidak menyukainya atau karena memusuhinya atau membencinya.
Dalam QS. al-Furqan : 30 Allah berfirman, _Berkatalah Rasul, *Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan al-Qur'an ini suatu yang tidak diacuhkan*_
Dalam ayat ini, Allah memberitakan pengaduan Rasulullah صلى الله عليه وسلم kepada-Nya, bahwa kaumnya menghijrahi (tidak mengacuhkan) al-Qur'an, karena mereka (kafir itu) memusuhi/membenci al-Qur'an dan Pembawa al-Qur'an (QS. 25/31).
Kata Hijrah dalam ayat ini mengandung pengertian Tidak mengacuhkan, tidak memperhatikan, tidak menghiraukan, karena sesuatu itu tidak disenanginya.
Meninggalkan Negeri Kafir
Dalam QS. Ali Imran :195 Allah Berfirman, _Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman), *Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, (karena) sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain. Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Ku-hapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik*_
Dalam ayat ini, Allah mengabulkan do'a Rasulullah صلى الله عليه وسلم kepada-Nya. Allah akhirnya mengijinkan Rasulullah صلى الله عليه وسلم untuk keluar meninggalkan negeri yang kafir setelah beliau dan para sahabat diusir dari negeri tersebut. Pengusiran orang kafir terhadap Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan para sahabat itu terjadi, karena Para Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan para sahabat tidak setuju terhadap dasar (ideologi) negara, hukum, budaya, dan lain lain yang dianut dan dikembangkan negara kafir yang menurut penilaian Rasulullah صلى الله عليه وسلم adalah jahiliyyah.
Dari pengertian-pengertian hijrah diatas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa hijrah berarti meninggalkan sesuatu yang buruk ke arah yang lebih baik. Allah sangat menganjurkan hal ini.
Kita diperintahkan untuk selalu menjadi pribadi yang lebih baik dari hari kemarin. Jadi, meratapi kesedihan, kegagalan dan kesalahan??
Udah ga zaman bila tidak ada langkah perubahan!
Selain *Move on*, kita juga harus mulai *Move up!* Jika move on hanya sekedar *Berpindah*, maka kita naik ke level selanjutnya yaitu *Move up*. *Move up* diartikan sebagai berpindah menuju level yang lebih atas. Setelah kita bertekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik, maka tentunya kita harus mulai melakukan perubahan agar kualitas pribadi kita menjadi semakin lebih baik dari sebelumnya.
*Move on* udah, *move up* ok, maka yang terakhir adalah *move away*. Apa lagi itu??? *Move away* adalah tingkatan tertinggi dalam metamorfosis. *Move away* diartikan sebagai pergi menjauh. Maknanya adalah kita terus melangkah (istiqomah) menjalankan perubahan dan bertekad untuk tidak mendekati kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan.
Jika hanya sekedar teori maka semua orang bisa mempelajari. Jika hanya sekedar berangan-angan maka semua orang bisa melakukan. Jika hanya sekedar bermimpi dan berharap, semua orang juga berkesempatan. Namun, hanya orang-orang pilihan yang bisa membuat perubahan yang diidamkan menjadi kenyataan. Dan orang terpilih itu, pasti adalah kita yang masih diberi kesempatan oleh Allah untuk terus berusaha, belajar, bertekad dan mulai memperbaiki diri.
Mari kita berdamai dengan masa lalu yang ada di belakang kita. Biarlah masa-masa kelam yang pernah terlewati menjadi saksi metamorfosis diri kita. Biarlah segala kesakitan, penyesalan dan kesedihan itu akhirnya berubah menjadi senyuman manis karena kita sudah menjadi orang yang berbeda dengan masa itu. Ubahlah warna hitam itu menjadi warna-warni yang lebih indah yang akan mengisi buku amalan kita.
Hapuslah segala air mata kekecewaan dan sakit hati karena sebuah perasaan *Cinta*. Buatlah sakit hati itu menjadi sebuah tekad dan kekuatan agar kita bisa *Move on, Move up dan Move away*. Lepaskan *dia* yang pernah kau anggap berharga namun hanya menyebabkan luka. Karena cara terbaik untuk mencintai seseorang adalah dengan mendoakan nya, bukan memaksa untuk memilikinya. Jangan lagi menyia-nyiakan waktu untuk hal yang tak pasti, tapi buatlah perubahan yang pasti dalam diri, sehingga kelak biar Allah dengan segala kekuasaan-Nya yang akan memantaskan kita untuk orang yang tepat menurut-Nya.
Buatlah target-target hidupmu tanpa ragu. Potensi-potensi yang ada dalam diri kita sangat berharga dan sayang sekali jika tidak dioptimalkan untuk digali. Tataplah deretan target itu, resapi, rasakan dan yakinkan bahwa kita bisa mencapai semua itu.
Tidak ada waktu lagi untuk ragu, karena waktu tidak akan menunggu keraguan itu hilang. Keluarlah dari zona nyaman, karena para pemenang tidak lahir dari lautan yang tenang!!!
Semoga kita senantiasa dimudahkan untuk terus berubah dan istiqomah dalam perubahan.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎TaNYa JaWaB💎
0⃣1⃣ Rafika
Ustadz jika kita udah dalam tahap move on kemudian lanjut tahap Move up... Tetapi jika dalam langkah menuju move away kadang kala kita mengulangi kesalahan yang sama karena manusia tak sempurna.
Apa tipsnya agar kita settle di tahap Move away ustadz?
🌸Jawab:
Intinya jangan sampai terpuruk lagi dalam keadaan yang sama, karena sudah pernah mengalaminya, maka kita tahu harus mengambil sikap apa 🙂
Remember untuk mencari sahabat yang tulus, yang mau mendengar apa yang kita rasa 🙂
Cemungud ea ...
0⃣2⃣ Non
Ustadz....bagaimana dengan orang yang apatis ?
Apa itu termasuk Move on ?
🌸Jawab:
Apatis itu artinya ia tidak peduli dengan keadaan sekitar, sifat sosialnya hilang, ini bukan move on, karena ia semakin terpuruk ... yang merasa sahabatnya segera sentuh hatinya, jangan biarkan ia semakin terjerembab dalam kelam, berikan perhatian yang tulus, memberi tanpa mengarap apapun🙂
0⃣3⃣ Ima
Mau tanya ustadz...
Caranya untuk mendamaikan hati saat kita mau Move on dari orang yang salah kita sayangi gimana ya ustadz, dan kalau seumpama orang tersebut datang lagi kita harus menyikapinya bagaimana, supaya dak baperan lagi!!
🌸Jawab:
Menerima itu sebagai qadarullah, kita takkan bisa menghindarinya, jalan satu-satunya adalah harus tetap tegar berdiri bagai sang karang, berdamailah dengan sang badai 🙂
Ingan jika hati mampu menerima, maka semua pasti terasa indah 🙂
0⃣4⃣ Nuring
Ustadz move away disaat kita sudah fokus , tapi ada ribuan rintangan di hadapan kita ustadz, apa yang harus kita lakukan?
Nah cara mengajak orang jangan galau dan move on mikir masa depannya gimana ustadz?
Apalagi kalau dah cintanya sedalam lautan sih kalau kata pepatah?
Gmn tuu ustadz?
🌸Jawab:
Bangunkan ia, sadarkan bahwa cinta itu harus diwujudkan ... apalagi sudah sedalam lautan, jangan sampai lemas di dalamnya ...
Naikkan kembali ke biduk, dan bantu navigasi mereka untuk menuju kepada pulau harapan.
0⃣5⃣ Arika
Ustadz...bolehkah kita mengenang kejelekan" orang agar kita bisa mudah Move on?
🌸Jawab:
Lupakan kejelekan orang lain, ingatlah kebaikan mereka.
Dengan seperti itu Move on akan lebih mudah.
0⃣6⃣ Panda
Uhiz, misal "katanya" sudah Move on tapi kemudian ketika tidak sengaja ketemu malah menghindar, pura" tidak liat dan semacamnya. Itu masuk move on kah?
🌸Jawab:
Nope
Artinya belum bisa menerima, belum setegar sang karang
Lihat jawaban nomor 5 juga
0⃣7⃣ Devi
Mau tanya pak ustadz, bagaimana caranya buat Move on dari musik pak ustadz?
Karena tiap denger musik apalagi musik barat bisa bikin lupa daratan. Trus, cara kita istiqomah untuk bisa menjauh dari music tu gimana ustadz?
Karena sebagian ulama ada yang menyebutnya haram.
Syukron ustadz.
🌸Jawab:
Kalau lupa daratan segera terjun ke lautan #😬
Saat galau, ambil Al-Qur'an ... baca, pahami, tadabburkan ...
0⃣8⃣ Yanti
Izin tanya ustadz
Biasanya kalau orang yang sedang mabuk cinta lalu patahs hati, akan sulit buat kita cari cela ustadz.
Karna apa yang kita katakan biasanya di jawab "iya aku tau, kamu tu bisa ngomong gitu karna tidak merasakan"
Bagaimana cara kita menyikapinya mereka ustadz?
🌸Jawab:
Diam, cukup berikan perhatian dulu dengan tulus, jangan ungkit apa yang telah terjadi dengannya, nanti saat ia cerita dengarkan dengan baik, jika ia meminta pendapat berikan jawaban yang membuatnya bangkit 🙂
Sabar 🙂
0⃣9⃣ Hanny
Tadz,, ibu adalah segalanya buat qta tapi waktu beliau masih ada jarang anak itu peduli tuk menengoknya dengan segala kesibukan,, begitu ibu meninggalkan qta baru terasa sekali kehilangan yang sangat dengan segala penyesalan,,,
1. Bagaimana tadz mengolah rasa tuk Move on tanpa menyalahkan diri sendiri?
2. Bagaimana biar tidak muncul rasa penyesalan itu tadz?
🌸Jawab:
Berikan yang terbaik untuk beliau, bagi kita yang berada di jalan dakwah, jadikan apa yang kita lakukan ini sebagai amal ibadah yang pahalanya akan sampai kepada beliau, ikhlaskan karena Allah.
Berikan yang terbaik, selalu jaga silaturahim dengan kekuarga beliau, dan selalu ziyarah (kunjungi) sahabat-sahabat beliau yang masih dihidup ...
إن شآءالله
Dengan segala keikhlasan yang kita lakukan beliau akan diberikan kemudahan didalam kubur dan jalan ke surga, tetep semangat, jangan mudah patah arang ... ganbate!!
Keep hammasah!!!
1⃣0⃣ Key
Uhiz.. gimana caranya Move on dari kehilangan bayi, Udah setahun lebih...
Mencoba ikhlas... Ternyata trauma itu masih sangat melekat... 😭
🌸Jawab:
Allah lebih menyayanginya dibanding kita, ikhlaskan, nikmati dan jalani hidup kita, rajin-rajin tilawah juga, karena tilawah adalah tombo ati 🙂
1⃣1⃣ Uky
Uhiz saya mau nanya. Kenapa kalau saya baru bisa melupakan seseorang kalau saya sudah menemukan pengganti yang lama.
Kalau saya belum mendapat pengganti yang lama, saya sulit melupakannya. Apa yang harus dilakukan agar bisa melupakan yang lama meski saya belum mendapatkan yang baru.
Syukron ustadz,
🌸Jawab:
Kembalilah kepada Allah, perbanyak tilawah, tadabburkan apa yang dibaca, dan jika ada kemampuan ajarkanlah 🙂
Hal tersebut merupakan obat hati terbaik, sambil menunggu seseorang yang tepat.
1⃣2⃣ Panda
Nyambung pertanyaan mba hanny no 9, gimana ngajak move on orang yang seperti ini?
Seolah sejak ibunya meninggal, dia seperti kena "hukuman" karena dulu tidak banyak perhatian ke ibu nya,
🌸Jawab:
Kenali sifat sahabat dengan baik, jika ia suka dinasehati secara langsung, nasehati ia secara langsung,
Jika ia orang yang tertutup, nasehati secara halus, salah satunya dengan tidak membicarakannya namun rajin mengajaknya ikut pengajian, biar ustadz atau ustadzah yang membuka mata hatinya secara bertahap 🙂
1⃣3⃣ iMa
Bagaimana mengendalikan perasaan suka & sayang tadz, padahal sudah jelas" kita tau dia tdk baik buat kita😞
🌸Jawab:
Harus tegas ... tinggalkan ia, apalagi kalau ia menjauhkan kita dari Allah ...
1⃣4⃣ Sofie
Ustadz...bagaimana membuat seseorang bisa Move on dari kita, padahal kita sudah Move on, Move up, Move away. Pokoknya sudah move all ,tapi seseorang itu belum rela ustadz, bahkan dia bilang kutunggu jandamu dan sampai sekarag masih stalking kita masih suka tanya" ke orang" tentang kita. Sudah 7 tahun lebih, apa yang harus saya lakulan ustadz..atau sudahlah urusan dia, tidak ada kewajiban kita, atau bagaimana ustadz baiknya.
Syukron ustadz sebelumnya...afwan panjang😬
🌸Jawab:
Jika memang sudah mengganggu, diskusikan dengan suami, beliau lebih paham putusan apa yang harus diambil 🙂
1⃣5⃣ Anrasta
Ustadz jika seorang istri sulit melupakan kata" yang menyakitkan dari suaminya, apakah berdosa?
🌸Jawab:
Dalam hal apa, kalau suaminya masih dalam koridor syari'at maka tentu istrinya berdosa 🙂
1⃣6⃣ Wandira
Adakah jangka waktu Move on, Move up dan Move away itu Ustadz?
Biar cepat move on dan lepas dari galau gimana Ustadz?
Kasih ana saran, Ana susah Move on Ustadz 😭
🌸Jawab:
Jangka waktunya tergantung masing-masing pribadi
Kalau biarkan diri dan tak mau Move on, maka akan tetap terpuruk ...
Resep yang bisa ana berikan, menjauh dulu dari temen-temen yang selalu membuat kita ndak bisa Move on, faktor pengaruh dari seorang teman itu besar pada kepribadiaan seseorang.
1⃣7⃣ Tirta
Mau nanya ustadz,
Kita menyanyangi seseorang, tapi entah karena apa kita bisa menyayangi orang tersebut dengan sebegitu sayangnya. Padahal dia udah menjelek²kan dan menyakiti kita. Tapi di hati ini tidah ada rasa dendam untuknya sedikit pun. Melihat dia bahagia, hati ini juga ikut bahagia. Bagaimana cara move on agar bisa melupakannya ustadz melupakan dia bukan karena benci, tapi karena sayang😊
Syukron tadz🙏
🌸Jawab:
Bukan dilupakan sebenarnya, tapi jangan dipikirkan, sulit⁉
Tidak, sulit jika memang sadar bahwa kita bukan siapa² nya ...
Dan seseorang yang bukan siapa² harus sadar bahwa kalaupun mencintai dan cintanya tak dibalas, maka jadikanlah ia sebagai cinta rahasia, jangan ditunjukkan secara nyata🙂
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎PeNuTuP💎
Marilah kita tutup dengan membaca
Hamdalah
الْحمد لّله رب الْعالميْن
Istighfar
أسْتغْفر الّله الْعظيْم
Doa kafaratul majelis
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.
آمينَ.. آمينَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ..

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel