Recent in Fashion

Best Seller Books

Menikmati Proses Hijrah



OLeh : Ustadz Qosim Nursheha Dzulhadi

♻Menikmati Proses Hijrah oleh: Ustadz Qoasim N.
Yang bertugas memandu acara Mitha dan nonot ukhti Eka karena waktu, sudah malam kita mulai yaa dengan ditemani secangkir coklat dipojok teras Mitha mulai yaa,,
Kepada ustadz Qosim waktu saya dipersilahkan ๐ŸŽ™๐ŸŽ™
๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ
๐Ÿ“šM a T e R i๐Ÿ“š
ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ุฑุจ ุงู„ุนุงู„ู…ูŠู†، ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ุฃุดุฑู ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุก ูˆุงู„ู…ุฑุณู„ูŠู† ูˆุนู„ู‰ ุขู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡ ุฃุฌู…ุนูŠู†، ุฃู…ุง ุจุนุฏ:
Insya Allah pada malam hari ini kita akan berbincang seputar “Hijrah”. Semoga nanti bermanfaat ya๐Ÿ‘
*“Menikmati” Hijrah*
____________________
✍Ibnu Dzulhadi
--------------------------------
Secara sederhan _hijrah_ maknanya adalah: pindah, yakni berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. _Hijrah_ yang seperti ini biasa disebut dengan “hijrah makani” (hijrah tempat). Dan _hijrah_ yang seperti ini dipandang sudah selesai ketika Nabi Muhammad Saw. dan para Sahabatnya _hijrah_ ke kota al-Madinah al-Munawwarah. Berkenaan dengan ini Nabi Muhammad Saw. bersabda,
ู„ุง ู‡ุฌุฑุฉ ุจุนุฏ ุงู„ูุชุญ، ูˆู„ูƒู† ุฌู‡ุงุฏ ูˆู†ูŠุฉ، ูˆุฅุฐุง ุงุณุชู†ูุฑุชู… ูุงู†ูุฑูˆุง
_“Tidak hijrah setelah Fath Mekah, tetapi hijrah dengan jihad dan niat. Dan jika kalian dituntut untuk keluar, maka keluarlah kalian.”_
Ada pula makna _hijrah maknawi_ yaitu: hijrah dari keadaan yang buruk ke arah yang baik. Misalnya, dari maksiat menuju taat, dari “salah” menjadi “soleh”, dari jahat menjadi baik.
Berkenaan dengan makna _hijrah maknawi_ ini Nabi Muhammad Saw. bersabda,
ุงู„ู…ู‡ุงุฌุฑ ู…ู† ู‡ุฌุฑ ู…ุง ู†ู‡ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡
_“Orang yang hijrah itu adalah: yang meninggalkan hal-hal yang dilarang oleh Allah.”_ (HR. al-Bukhari).
Nah, kit sejatinya setiap saat memang harus “hijrah” dari segala perbuatan yang tidak baik, atau dari akhlaq yang buruk menjadi mulia.
Dan dalam kehidupan sehari-hari istilah “hijrah” ini selalu muncul. Misalnya, yang baru mulai pakai hijab (jilbab) biasa bilang, “Aku baru hijrah.”
Orang yang selama ini suka judi, suka dugem, suga begadang tak karuan, ketika kembali baik akan mengatakan, “Kami baru setahun lalu hijrah.” Indah sekali “hijrah” itu bukan?
Nah, jika kita telah “hijrah” mari nikmati keadaan ini. Caranya dengan Istiqamah dalam hijrah kita: kita pertahankan shalat kita, tutur kata kita, jilbab kita, puasa kita, tilawah, dan lain sebagainya. _Selamat menikmati hijrah ya!_
Demikian materi yang sederhana ini. Semoga bermanfaat buat kita.
ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ
๐Ÿ“šTaNYa JaWaB๐Ÿ“š
0⃣1⃣ Key
Afwan... Bagaimana menghadapi ke futur an disaat kita sudah ber hijrah..
๐ŸŒบJawab :
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…،
Alhamdulillah, memang Allah titipkan dalam diri dua potensi: Fujur dan Taqwa. Fujur itu potensi godaan yang bisa jerumuskan kita ke dalam kemaksiatan dan dosa. Sumbernya adalah syahwat yang menguasai hati.
Lawannya adalah taqwa: ajakan kepada kebaikan, amal saleh. Dua potensi ini selalu “perang” dalam diri kita. Tentang ini Allah Swt. berfirman dalam Al-Quran,
ูุฃู„ู‡ู…ู‡ุง ูุฌูˆุฑู‡ุง ูˆุชู‚ูˆุงู‡ุง
_Maka, Allah ilhamkan kepada jiwa manusia fujur dan taqwa_
Dan futur itu bisa menimpa siapa saja. Kita Harus pertahankan kesalehan kita, ketakwaan kita dengan perbanyak amalan sunnah.
Dan mari kita amalkan doa Nabi Saw. ini,
ูŠุง ู…ู‚ู„ุจ ุงู„ู‚ู„ูˆุจ ุซุจุช ู‚ู„ุจูŠ ุนู„ู‰ ุฏูŠู†ูƒ
_Hai Allah yang membolak-balikkan hati, teguhkan hatikku dalam meniti perintah agama-Mu_
0⃣2⃣ Nuring
Ustadz seperti tersebut d atas tadi, sejatinya hijrah itu dari yg buruk ke yg baik ustadz, nah ustadz kenapa yaa... setiap orang di ajak berhijrah untuk kebaikkan pasti jawabnya hatinya dulu yg d benerin baru yg lain" ustadz, apakah hidayah itu sudah datang kah, atau belum ustadz??
๐ŸŒบJawab :
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…،
Itulah bisikan setan. Selalu saja ada yang ingin membelokkan kita dari jalan “hijrah”, diantaranya: Hati kita dibuatnya ragu.
Maka tak heran, kalau masih ada yang mengatakan, “Yang penting hatinya berjilbab, meskipun kepala belum berjilbab.”
Dia lupa, ketika wajib pakai helm, tidak mungkin cukup hati saja yang pakai helm. Karena fisik kita sebenarnya gambaran dalam hati kita. Semoga kita istiqamah dalam “hijrah”.
0⃣3⃣ Dilla
Ustadz bagaimna bila qta hijrah ke arah lebih baik tapi ternyata pandangan orang membuat qta tdk nyaman?
Contoh dulu pakai kerudung standar yg penting tutup aurat trus hijrah sekarang pake kerudung syar'i yg panjang.. Tapi kalo keluar rumah kadang diomongin trus diliatinnya begitu,
๐ŸŒบJawab :
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…،
Tentang cibiran orang kita jangan pusing", karena yang suka mencibir kebaikan adalah jenis setan dalam wujud manusia. ู…ู† ุงู„ุฌู†ุฉ ูˆุงู„ู†ุงุณ
Dan, kita perlu ingat bahwa keinginan manusia tak dapat kita ikuti. Imam Syafi’i berkata,
ุฑุถุง ุงู„ู†ุงุณ ุบุงูŠุฉ ู„ุง ุชุฏุฑูƒ
_Ridha manusia adalah samudera yang tak terduga (dalamnya)_
Kata Allah,
ุฅู† ุชุทุน ุฃูƒุซุฑ ู…ู† ูู‰ ุงู„ุฃุฑุถ ูŠุถู„ูƒ ุนู† ุณุจูŠู„ู‡
_Jika engkau ikuti pendapat kebanyakan manusia, maka dia akan sesatkan engkau dari jalan-Nya_
Maka, istiqamahlah, jangan hiraukan celaan manusia๐Ÿ‘
0⃣4⃣ Rafika
ustadz biasanya orang yg hijrah maknawi itu kenapa kok selalu aja ada cobaannya... Misal kalo biasanya pake jilbab pendek skrg hijrah memakai jilbab panjang malah dicibir orang...
Kedua, kalo hijrah dalam berbisnis misalnya dulu jika mengembangkan bisnis pake pinjam modal di bank skrg dak mau pake pinjaman bank lagi, malah ada aja cobaannya... bisnisnya malah jadi gulung tikar, pelanggan" yg berhutang dak mau bayar malah kabur. Itu kira" kenapa ya ustadz?
๐ŸŒบJawab :
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู†،
Memang, siapa saja yang akan “hijrah” setan tidak akan ridha. Sekuat tenaga setan halangi kita dari berbuat baik. Agar kita tetap dalam keburukan.
Kita tentu tak seperti Nabi, para Sahabat, Tabi’in dan para wali Allah. Mereka saja digoda habis-habisan, apalagi kita. Namun kita tetap sandarkan kepada Allah, agar semua godaan setan dan celaan manusia dapat memotivasi kita untuk dapat lebih jihad lagi dalam menghadapi cobaan.
Allah telah janji dalam Al-Quran,
ูˆุงู„ุฐูŠู† ุฌุงู‡ุฏูˆุง ููŠู†ุง ู„ู†ู‡ุฏูŠู†ู‡ู… ุณุจู„ู†ุง
_Orang-orang yang sungguh-sungguh dalam mencari keridhaan Kami lewat ketaatan, maka pasti kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami_
So, selalu keep spirit!
0⃣5⃣ Ulfa
Ijin bertanya ustadz..
Bagaimana seharusnya diri qta ya ustadz menghadapi orang lama yg menganggap aneh sikap hijrah qta.. misal dalam berhijab..
Padahal menurut pribadi qta sudah sesuai hijrah yg baik..
Adakah do'anya ustadz agar proses hijrah qta di permudahkan oleh Allah.
๐ŸŒบJawab :
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญูŠู…،
Allah pesan dalam Al-Quran,
ุงุณุชู‚ู… ูƒู…ุง ุฃู…ุฑุช
_Istiqamahkah kamu, sebagaimana yang diperintahkan kepadamu_
Sabarlah dalam ujian, agar peroleh kenikmatan dalam ketaatan.
Mintalah keimanan yang jujur kepada Allah, hati yang teguh kepada-Nya, dan jiwa yang tenang dalam menghadapi cobaan.
Sebagaiman jawaban-jawaban sebelumnya, siapa saja yang “hijrah” pasti ada cobaannya: besar atau kecil, dari manusia maupun jin jahat.
Tetaplah dalam kebenaran dan ketaatan. Semoga Allah membantu kita dalam meniti ketaatan di jalan-Nya. Amin.
0⃣6⃣ Arika
Ustadz, Mengapa kita terkadang merasa berat/sulit untuk hijrah?
๐ŸŒบJawab :
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…،
Untuk berbuat baik memang sulit, bermaksiat amat mudah. Kata Nabi Saw.,
ุญูุช ุงู„ุฌู†ุฉ ุจุงู„ู…ูƒุงุฑู‡ ูˆุญูุช ุงู„ู†ุงุฑ ุจุงู„ุดู‡ูˆุงุช
_Jalan ke surga penuh ombak dan duri, sedangkan jalan ke neraka dihiasi yang indah-indah_
Semoga kita istiqamah!
0⃣7⃣ Wandi
Bagaimana agar kita bisa terhindar dari rasa malas dan senantiasa Istiqomah dalam melaksanakan perintah Allah.
Syukron
๐ŸŒบJawab :
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…،
Malas itu tanda godaan setan. Kita harus paksa agar diri kita kuat melawan godaan setan.
Diantara cara agar kita istiqamah adalah: perbanyak kawan yang soleh, rajin baca Quran, perbanyak Tahajjud, dan terus berdoa utk dapat hidayah kepada Allah. Amin ya Allah.
Kemudian, banyak" baca biografi ulama-ulama hebat. Belilah buku tentang sirah mereka, agar dapat motivasi dari mereka. Selain sirah nabawiyah, para sahabat, dan Tabi’in. Insya Allah, akan naik semangat kita.
0⃣8⃣ Sri
Ustadz sering kali kita menanyakan bagaimana supaya kita konsisten dengan hijrah kita dan bisa istiqomah selalu. Tapi masyaallah rasanya diri ini belum cukup terbentengi dengan baik.. masih saja kami lalai dengan janji kami sendiri (terutama ana sendiri).
Motivasi apalagi yg bisa kami contoh ustadz ? dan bagaimana juga spya kita bisa sama" istiqomah/ mengajak sesama awam/muslim lainnya untuk tetap konsisten dan bisa istiqomah dalam hijrahnya??
๐ŸŒบJawab :
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…،
Kita memang butuh mujahadah dalam menjalani ketakwaan. Karena dalam menerima motivasi dan nasihat, kata Imam Ibn al-Jauzi dalam kitabnya _Shaid al-Khathir_ manusia terbagi dua:
1. Nasihat itu ibarat cambuk, manusia ada yang merasakan sakit saat dicambuka. Lama-lama hilang rasanya. Nasihat pun demikian.
2. Manusia dalam menerima nasihat dan motivasi memang berlevel-level, tidak sama. Ada yang harus berkali-kali. Ada yang cukup sekali. Tergantung kejernihan dan kebersihan cermin hatinya.
Imam Hasan Basri di samping tempat tidurnya gali kuburan. Jika Tahajjud malas dia masuk ke kuburan buatannya dan berkata,
“Hai jiwaku, ini bukan kuburan sebenarnya. Ayo, keluar dan shalat.”
Kita bagaimana?
0⃣9⃣ Nurlaela
Assalamu'alaikum wr.wb. ustadz, kebayakan orang sering menjudge kita dr cover nya saja.."aah penampilan masih begitu ko, mau sok alim" . Hmm ,, idealny hijrah itu diawali dari dlm diri dulu ( hati & sikap ) ataukah penampilan dulu ustadz? Dan mohon berkenan ustad mmberikan kiat" khusus utk keep strong for this hijrah? Terimakasih ustadz๐Ÿ™
๐ŸŒบJawab :
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…،
1. Motivasi apapun harus dasarnya dari dalam bathin. Karena perubahan luar indikasi yang di dalam.
Maka, niat amat penting dalam Islam. Salah niat jadi salah tujuan. Kata Nabi SAW.,
ุฅู†ู…ุง ุงู„ุฃุนู…ุงู„ ุจุงู„ู†ูŠุงุช ูˆุฅู†ู…ุง ู„ูƒู„ ุงู…ุฑุฆ ู…ุง ู†ูˆู‰
_Amal itu tergantung niatnya. Dan seseorang akan mendapatkan apapun sesuai yang diniatkan olehnya_
2. Dalam “hijrah” jangan hiraukan apapun kata orang, karena bisa saja mereka mengembalikan kita ke masa lalu yang kelam. ๐Ÿ‘
1⃣0⃣ Aditya
Ustadz , saya mau bertanya perihal sosial media..
Katanya dak boleh terlalu banyak mengupload Foto selfie disosial media, tapi klo foto kita diupload tanpa memperlihatkan wajah (wajah ditutup atau foto menghadap belakang) dan captionnya tentang dakwah, apakah diperbolehkan?
๐ŸŒบJawab :
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…،
Memang dalam upload foto" harus hati2. Terutama foto" shelfie, yang dapat membuat orang dengki atau memotivasi orang untuk berbuat jahat.
Jika foto" yang tidak mengundang hal" di atas tidak apa". ๐Ÿ‘
1⃣1⃣ Nida
Ustadz ijin bertanya,
Bagaimana menyikapi cara mereka berpikir bahwa seseorang yg telah mencoba berubah/hijrah itu juga manusia yg tidak luput dari rasa khilaf. Sering merasa kesal saja. Mereka menilai ketika kita berbuat kesalahan, padahal itu pun ndak sengaja. Karena sering kali mendengar orang menyinyir " percuma sholat, ngaji mulu tapi perilakunya buruk bicaranya ndak dijaga, walau bukan kita yg dinyinyir gitu rasanya juga ikutan gemes ustadz. Mohon pencerahannya,
๐ŸŒบJawab :
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…،
Tantangan berbuat baik memang demikian. Karena surga Allah itu sangat mahal, tak mudah meraihnya. Setan dalam bentuk manusia akan sll nyinyir. Karena itu memang tugas mereka.
Siapapun pasti pernah khilaf, kecuali Nabi-nabi Allah. Karena sifat manusia itu salah satunya adalah alfa. Kata orang Arab,
ุณู…ูŠ ุงู„ุฅู†ุณุงู† ุฅู†ุณุงู†ุง ู„ู†ุณูŠุงู†ู‡
_Manusia disebut insan karena sifat lupanya itu_
Dan masuk ke surga memang banyak rintangannya. Kata Nabi SAW.,
ุฃู„ุง ุฅู† ุณู„ุนุฉ ุงู„ู„ู‡ ุบุงู„ูŠุฉ ุฃู„ุง ุฅู† ุงู„ู„ู‡ ุณู„ุนุฉ ู‡ูŠ ุงู„ุฌู†ุฉ
_Ketahuilah dagangan Allah itu mahal. Dan barang dagangan Allah itu adalah surga_
Ayo, saudariku, mari kita cuekin orang yang nyinyir. Semua aktivitas kita bukan untuk kaum nyinyir, tapi hanya untuk Allah๐Ÿ‘
1⃣2⃣ Arni
Izin tanya ustadz,
Salah satu proses hijrah dari diri yg dulu pernah mengalami pacaran adalah memutuskan untuk tidak lagi mengulangi.
Bagaimana mengokohkan keteguhan hijrah dari yg lalu agar tidak lagi terulang ustadz? ๐Ÿ˜”
๐ŸŒบjawab :
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…،
Pacaran dalam Islam “haram” karena jalan menuju zina. Dan zina haram, maka jalan ke arahnya juga haram.
Jika kita paham kehinaan pacaran, maka kita kan tak sudi kembali lagi. Dan, meninggalkan pacaran itu untungnya dua:
1. Terhindar dari dosa, dan
2. Allah siapkan laki" baik untuk kita.
Lihatlah teladan" kita dari kalangan ulama yang cetak generasi hebat, mereka tak ada yang pacaran.
Dan, meninggalkan pacaran itu anugerah. Krn Allah sedang selamatkan dan muliakan kita. Maka, jangan kembali hinakan kita ini. ๐Ÿ‘
1⃣3⃣ Bund ida
Saya sering berdiskusi dengann sepupu saya yg baru hijrah. Tujuan saya supaya dia tdk merasa sendirian... tapi kadang malah jadi boomerang bagi dirinya sendiri, karena anak gadisnya berlawanan dengan topik yg dibahas. Misal hijab, anaknya pake baju tanktop dan hotpants sdh biasa. Gaya pacaran, anaknya pacaran dengan non muslim. Milih pemimpin, anaknya pilih yg nasrani. Akhirnya saya diblock oleh anaknya dan ibunya pun tidak bertegur sapa lagi. Apakah yg saya lakukan ini salah?
๐ŸŒบJawab :
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…،
Tidak salah, bahkan jika niatnya baik dapat pahala. Tapi, kadang usaha memang tak sebanding dengan hasil.
Nabi Nuh anaknya ikut kafir. Istri nabi Luth tak taat pada suami. Tapi, pahala tetap besar. Jangan kecewa!
1⃣4⃣ Bund Elfianti
Ustadz..adakah kiat kapan kita mesti bersikap lembut & kapan kita hrs bersikap keras terkait aqidah dlm implementasi kehidupan sehari2/berinteraksi dengan beragam type manusia.... kebetulan ana juga bekerja di tmpt yg multikompleks /lembaga penyiaran. Mohon pendapat๐Ÿ™
๐ŸŒบJawab:
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…،
Lembut dalam tutur kata, tegas dalam prinsip aqidah. Dalam interaksi sosial, kita baik dan sopan. Dalam keyakinan kita tak tawar menawar๐Ÿ‘
1⃣5⃣ Anis Salamatus
Assalamu'alaikum wr.wb
'afwan ustadz , seperti yg ustadz tuturkan bahwa jika kita telah "hijrah" selanjutnya kita nikmati keadaan ini dgn cara istiqomah dlm hijrah kita ,diantaranya yaitu dgn mmpertahankan shalat kita , saya pernah merasakan ketika melakukan shalat dgn menghayati makna² bacaanya, rasanya benar² nikmat ustadz.
Bahkan ketika mengucap asma Alloh hati ini bergetar , serasa diri ini pennnuh dgn dosa, sampai² air matapun hadir,, namun ustadz , berhubung saya ini wanita dgn fitrahnya selalu ada halangan (cuti sholat) , setelah kembali dlm keadaan suci rasanya susaaah sekali mengembalikan kekhusuan sholat seperti yg saya ceritakan diatas , nah yg ingin saya tanyakan "apakah ini bisa disebut TIDAK ISTIQOMAH ustadz , lalu bagaimana cara mengembalikan semangat ibadah kita yg hilang , dan adakah tips menuju sholat khusu?" , Syukron
๐ŸŒบJawab:
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…،
1. Alhamdulillah, jika sdh kenal rasa nikmatnya bersama Allah.
2. Belum tentu hal di atas tidak istiqamah, kemungkinan hanya “futur”. Insya Allah dengan taufiq dari Allah akan kembali bangkit.
Syaratnya: kuatkan amalan sunnah (puasa Senin-Kamis, Qiyamul-Lail, dll).
3. Tipsnya bbrp hal sudah ada dalam jawaban sebelumnya, misal: cari kawan yang salihah, banyak" baca biografi ulama-ulama kita. Insya Allah akan istiqamah. Amin.
1⃣6⃣ Ulfa...
Ustadz kenapa niat kita hijrah dr arah buruk k arah baik tp malah yg kurang baik lg yg kami hadapi...
Apakah perlu untuk hijrah lagi ustadz atau kita yg harus kuat dposisi tersebut... ?
๐ŸŒบJawab:
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…،
Allah selalu ingin lihat keimanan kita, sekokoh apa, seteguh apa. Maka, kadang kita mau hijrah, menurut kita kok malah keburukan yang di dapat. Padahal, pasti hikmahnya besar di balik itu. Kita tinggal menanti dan terus jaga istiqamah kita. Amin.
๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ
๐Ÿ“šPeNuTuP๐Ÿ“š
Tak terasa sdh malam,,,,
Jazakallah ustadz atas keluangan waktu dan ilmu yg luar biasa dr ustadz,,,
Smg bermanfaat bg kami smuax yg sedang, masih dan menuju prosses hijrah,,,
Smg Alloh sll berikan hidayahNYA pd Qta smua dalam menggapai JannahNYA
Ana tutup dl kajian malam hari ini,,,
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
ุณุจุญุงู†ูƒ ุงู„ู„ู‡ู… ูˆุจุญู…ุฏูƒ ุฃุดู‡ุฏ ุงู†
ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุฃู†ุช
ุฃุณุชุบูุฑูƒ ูˆุขุชูˆุจ ุฅู„ูŠูƒ
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu. "

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel