Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

Hipertensi Dalam Kehamilan



OLeh : Khoirunnisa Yurliyana,S.Si.T.,M.Kes 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh sahabat *Bidadari Surga* yg berbahagia😍😍
Bertemu lagi dengan nisa disini..alhamdulillahirobbil aalamiin
Terimakasih bunda mitha, mohon maaf Nisa = Bidan 
Bukan dokterπŸ™πŸ»πŸ™πŸ»
Terimakasih tak terhingga kepada *Trio BS* tercinta dan tim yang telah memberikan kesempatan yang sangat luar biasa kepada nisa untuk bisa tetap bersilaturahmi di room yang senantiasa diberkahi Allah SWT ini..😘🌹
Mohon izin untuk sharing materi yang lumayan berat ini, dan boleh ya nisa mohon bantuannya kepada audiens yang berasal dari paramedis maupun medis untuk memperkaya sharing hari iniπŸ™πŸ»πŸŒΉ
Sharing malam ini adalah = "Hipertensi Dalam Kehamilan (HDK)"
πŸ’˜Adakah yang tau apakah itu hipertensi?
🌟Darah tinggi πŸ˜πŸ˜
🌟Tekanan Darah Tinggi.
πŸ’˜Adakah sahabat disini yg mengalami hipertensi?
🌟Ada,,
πŸ’˜De'henny ya..
πŸ’˜Adakah ibu hamil disini yang mengalami hipertensi?
🌟Saya😰
πŸ’˜Bunda siti rohatun sedang hamil dan hipertensi?
🌟Iya bunda....hamil ke2 kena hipertensi
πŸ’˜Sebelum hamil, hipertensikah?
🌟Iya...baru barusan saja...2tahunan klo g salah
πŸ’˜Sampai sekarang?
🌟Iya😰😰
πŸ’˜Baik, insyaallah kita akan bahas kondisi bunda siti rohatun
🌸Hipertensi adalah=
1)Bila tekanan darah sistolik 140mmHg, dan atau tekanan darah diastolik >_90mmHg.
2) Kenaikan tekanan darah sistolik 30 mmHg, kenaikan tekanan darah diastolik 15mmHg.
πŸ’˜Adakah yg tau apakah tekanan darah sistolik dan diastolik?
🌟Ndak paham bu bidan πŸ™πŸ»πŸ™πŸ», afwan.
🌟Kontraksi dan relaksasi otot jantung?
Bunda key, tekanan darahnya (TD ) = 100/70. 100 adalah tekanan sistolik, dan 70 adalah tekanan diastolik.
🌟Tekanan darah saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh dan saat darah masuk ke jantung.
πŸ’˜Super sekali bunda dipeπŸ‘
Untuk mengukur TD yang pertama dilakukan 2 X setelah istirahat duduk 10 menit.
Pengukuran TD ini harus dilakukan sekurang kurangnya 2X dengan selang waktu 6 jam dan ibu dalam keadaan istirahat
πŸ‘†πŸΌ untuk memastikan benarkah menderita hipertensi.
🌸Penyebab terjadinya hipertensi ada 2 yaitu = Hipertensi esensial /primer, dan hipertensi sekunder
1) Hipertensi esensial/primer penyebabnya bukan karena adanya gangguan pada jantung atau ginjal, melainkan disebabkan oleh faktor lain, contohnya = karena pola hidup yang tidak sehat, mengalami stress, mengkonsumsi garam yang berlebih, merokok, kebiasaan minuman beralkohol dan kafein, pola makan yang tidak sehat yang mengakibatkan timbunan lemak dan kelebihan berat badan, dan adanya faktor keturunan.
2) Hipertensi sekunder disebabkan oleh adanya gangguan ginjal atau jantung.
Ini untuk de'henny
Mengalami Hipertensi esensial,
ibu hamil bisa mengalami yg disebabkan karena kehamilannya yg disebut dengan HDK (Hipertensi Dalam Kehamilan).
🌸Macam - macam HDK = 1) Hipertensi kronis = jika hipertensi diketahui sebelum usia kehamilan 20 minggu dan proteinuri negatif.
2) HDK atau Hipertensi Gestasional ditegakkan apabila hipertensi TANPA proteinuria pertama kali terjadi pada kehamilan lebih dari 20 minggu atau dalam waktu 48-72 jam pasca persalinan dan hilang setelah 12 minggu pasca persalinan, mempunyai resiko hipertensi pada kehamilan selanjutnya, dapat berkembang menjadi preeklamsia maupun hipertensi berat.
3) Hipertensi kronis superimposed preeklamsi = Hipertensi diketahui sebelum umur kehamilan 20 minggu dan proteinuri positif.
4) Preeklamsia atau yang sering disebut dengan keracunan kehamilan. Adalah keadaan terjadinya kumpulan gejala atau tanda-tanda hipertensi, edema (bengkak di tangan, wajah, kaki), dan proteinuria yang timbul karena kehamilan.
Jika ada ibu hamil yang mengalami tanda gejala diatasπŸ‘†πŸΌ, rutinlah memeriksakan diri ke bidan atau dokter.
🌸Pencegahan =
1) Pola hidup sehat.
2) Jauh minuman. beralkohol, jangan merokok, hindari stress.
3) Pola makan yang sehat (konsumsi protein tinggi, hindari konsumsi berlebih makanan yang mengandung hidrat arang, dan garam berlebih)
4) Olahraga/senam hamil.
5) Konsumsi beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan TD seperti coklat, ikan, buah jeruk, pisang.
6) Lakukan kontrol rutin kehamilan dan ikuti petunjuk yang disarankan oleh bidan atau dokter.
Yang lebih berat dari preeklamsia adalah = eklamsia = kejang pada penderita preeklamsia.
πŸ’˜Adakah yang pernah mengalami kondisi seperti diatasπŸ‘†
🌟Kejang??
🌟Alhamdulilah saya tidak πŸ˜Š
🌟Alhamdulillah tidak sampai kejang,semoga tidak.
Silahkan bunda moderator kita lanjutkan ke sesi tanya jawabπŸ‘πŸ»
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
πŸ’ŽTaNYa JaWaBπŸ’Ž
0⃣1⃣ Key
Dimaksud kejang itu seperti apa...
Selamam 7 bulan ini tekanan dari 100/60-70
Afwan perbedaan air ketuban dan air orgasme itu apa ya bu?
πŸ’˜jawab:
Kejang adalah suatu kondisi dimana otot tubuh berkontraksi dan relaksasi secara cepat dan berulang, oleh karena abnormalitas sementara dari aktivitas elektrik di otak atau metabolik. Perubahan aktivitas listrik di otak ini menyebabkan perubahan kesadaran, prilaku, dan gerakan abnormal dimana tubuh menjadi kaku, mata terlihat menatap dengan pandangan kosong, selama periode ini lidah dapat tergigit sehingga dapat menyebabkan perdarahan dimulut.
Kejang Eklamsia = Timbulnya kejang pada penderita preeklamsia yang disusul dengan koma, kejang dusini bukan akibat kelainan neurologis. Eklamsia merupakan salah satu penyebab utama kematian ibu dan janin/bayi.
Perbedaan air ketuban dengan air orgasme = air ketuban mengalir sendiri tidak berasa, tidak bau, tidak bisa ditahan, dan semakin banyak atau langsung banyak.
Klo air orgasme pada wanita warnanya jernih keluar dari kelenjar skene's didekat saluran kencing, cairan ini keluar selama aktivitas seksual yang intens atau selama orgasme, hanya sedikit keluarnya karena hanya sebagai pelumas vagina dan memudahkan transportasi sperma divagina.
0⃣2⃣ Oktriani
Izin bertanya bu Dokter,
Sewaktu melahirkan saya mengalami pendarahan yg berlebihan dan bidan bilang saya tidak mempunyai sel darah beku, apakah hal tersebut bisa terulang saat melahirkan berikutnya?
Syukron
πŸ’˜Jawab:
Mungkin maksudnya bunda oktriani saat melahirkan kemarin mengalami gangguan pada sistem pembekuan darah.
Hal ini bisa berulang pada persalinan berikutnya.
0⃣3⃣ Siti Rohatun
Langsung ya bunda...apa bahayanya hipertensi yg datang saat persalinan.... Antisipasinya apa ya bunda supaya tdk terlalu tinggi tensinya... Kadang suka pusing mendadak, muntah dan lemes apa itu wajar disaat hamil... Klo pas tidak hamil hanya pusing saja??
πŸ’˜Jawab:
Bahaya hipertensi saat persalinan = perdarahan saat persalinan dan pasca persalinan, beresiko mengalami preeklamsia dan eklamsia, jika bunda menderita hipertensi saat hamil, maka dianjurkan untuk rutin kontrol ANC dan lebih melahirkan di RS.
Pencegahan =
1. Pola hidup sehat.
2. Jauh minuman. beralkohol, jangan merokok, hindari stress.
3. Pola makan yang sehat (konsumsi protein tinggi, hindari konsumsi berlebih makanan yang mengandung hidrat arang, dan garam berlebih).
4. Olahraga/senam hamil.
5. Konsumsi beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan TD seperti coklat, ikan, buah jeruk, pisang.
6. Lakukan kontrol rutin kehamilan dan ikuti petunjuk yang disarankan oleh bidan atau dokter.
0⃣4⃣ Riska
Assalamualaikum ustadzah
Waktu kehamilan saya dulu pas mau lahiran darah saya naik 160/100. Di kasih obat via infus. Dan dapat lahir normal 2.5 jam kemudian. Waktu itu hari raya, Mungkin karena faktor makan. Waktu lahiran saya di bilang varises vagina. Apa yg menyebabkannya ya ustadzah?
πŸ’˜Jawab:
Penyebab hipertensinya silahkan dilihat kembali ke materi☝🏻bunda πŸ™πŸ»
Varises adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah balik vena akibat penumpukan darah, dikarenakan meningkatnya hormon progesteron dan bertambahnya berat badan saat hamil sehingga kaki terbebani, akibatnya aliran darah dari kaki, tungkai, pangkal paha, dan perut bagian bawahpun terhambat.
0⃣5⃣ Sri
Assalamu'alaikum Dok, Dokter ana mau tanya. Apakah hipertensi menyebabkan penyakit jantung??
πŸ’˜Jawab:
Ya
0⃣6⃣ Mia
Bolehkah USG lebih dari sekali tiap bulannya?
πŸ’˜Jawab:
Boleh, pemeriksaan USG aman untuk ibu hamil.
0⃣7⃣ Lia
Bu bidan bolehkah USG di awal" bulan ?
Misalnya baru 1 bulann ?
Klo drahnya 100/60 apa termasuk tinggi kah klo kehamilan masih awal"?
πŸ’˜Jawab:
Pemeriksaan USG diawal kehamilan boleh dan dianjurkan untuk memastikan tanda pasti kehamilan.
TD 100/60 apakah termasuk tinggi? Tidak.
0⃣8⃣ Rafika.
Pertama, waktu kehamilan anak pertama saya menderita preeklamsia di trimester ketiga. Waktu itu saya lahiran ke bidan. Seminggu sebelum lahiran saya ke dokter tekanan darah saya 140/90. Kemudian pas hari H saya periksa ke bidan... waktu itu pembukaan 5 kalau dak salah tekanan saya normal. Pas udah bukaan 10 kata bidan tali pusarnya keluar duluan pas ketuban udah pecah. Kepalanya juga ikutan keluar menjepit tali pusarnya dijalan lahir. Kemudian saya dibawa ke rumah sakit dan dioperasi tapi si kecil dak tertolong. Apa itu dampak dari preeklamsia?
Kedua, preeklamsia itu disebabkan gaya hidup dan pola makan sebelum atau saat hamil? Terima kasih
πŸ’˜Jawab:
Bunda rafika yang dirahmati allah.., dampak dari preeklamsia - eklamsia = kematian ibu dan janin.
Preeklamsia disebabkan pola hidup sebelum dan saat hamil, juga dikarenakan karena genetik (keturunan), kelainan pembuluh darah, respon imun.
0⃣9⃣ Suli
Tanya bu bidan yang sholihah, mungkin meleset dari tema ya bu. Kandungan ana 30 w, tapi posisi kepala janin masih diatas, apakah masih bisa turun kebawah dengan seiringnya waktu sampai 9 bulan?
Apakah boleh di urut agar posisi kpala bisa turun ke bawah? Jazakillah atas ilmunya πŸ˜
πŸ’˜Jawab:
Insyaallah masih bisa bunda.. dengan cara rajin rutin melakukan terapi knee-chest yaitu posisi menungging dengan dada menempel di lantai/tempat tidur dan posisi kepala bunda boleh miring kekiri atau ke kanan.
Sebaiknya jangan diurutπŸ‘πŸ»
1⃣0⃣ Novia
Maaf bu bidan saya mau tanya, benarkah pembengkakan kaki saat hamil itu akibat dari hipertensi?
Kalau benar begitu kaki saya agak membengkak tapi hb saya 8,3 dan tekanan darah saya hanya 90-100/70-80. Mohon penjelasan nya bu. Trima kasih,
πŸ’˜Jawab:
Bunda novia yang dirahmati allah.. penyebab kaki bengkak bukan karena hipertensi melainkan oleh penumpukan cairan pada kaki tersebut karena kaki menerima beban berat dari sebelumnya karena berat badan ibu saat hamil yang meningkat tajam seiring perkembangan janin, akibatnya membebani kaki, , besarnya rahim juga menyebabkan tertimbunnya cairan di kaki 30% lebih banyak dari sebelumnya, selain itu penyebab kaki bengkak adalah karena aliran darah baliknya terhambat, pembuluh darah yang tersumbat/terhambat itu menyebabkan aliran darah ke jantung mengalami gangguan sehingga menyebabkan hipertensi, penyebab lainnya adalah karena kurang gerak bunda seperti terlalu lama berdiri atau duduk dengan posisi kaki menjuntai kebawah, atau disebabkan gangguan yang lebih serius seperti penyakit ginjal, jantung, diabetes,dll.
Anjurannya jika disebabkan karena posisi berdiri atau duduk terlalu lama maka sebisa mungkin posisi ini dihindari, dan dianjurkan meninggikan posisi kaki saat tidur, bisa diganjal dengan bantal, dan jangan menahan kencing.
Tapi jika disebabkan gangguan yang lebih serius maka dianjurkan untuk segera memeriksakan ke dokter.
1⃣1⃣ Neng Ella
Kalau Orang yang lagi hamil tiba" dia cepat stress, apakah itu diakibatkan Hipertensi?
Kalau iya, bagaimana solusinya biar dia bisa mengkontrol tingkat kestressannya.
Kalau dak salah Khan orang hamil itu dak boleh stress harusnya selalu bahagia😁
πŸ’˜Jawab:
Bunda neng yang berbahagia, salah satu penyebab ibu hamil cepat stress adalah karena hormon kehamilannya. Solusinya mengikutsertakan keluarga untuk membantu ibu hamil tetap bahagia, dengan selalu berfikir positif, dan selalu mendekat ke Allah. Insyaallah
1⃣2⃣ Rahma
Apakah yang menyebabkan kandungan lemah?
Dan bagaimana cara mengatasinya?
πŸ’˜Jawab:
Bunda rahmah yang dimuliakan allah.. Penyebab kandungan lemah yang dapat menyebabkan keguguran spontan yang paling besar adalah akibat kelainan kromosom dan ini adalah faktor genetik, gangguan hormonal (hormon prolaktin yang terlalu tinggi dan hormon progesteron yang terlalu rendah), karena kelainan pada dinding rahim seperti adanya miom (tumor jaringan otot rahim), karena gangguan pada leher rahim (inkompetensi serviks), karena infeksi virus, karena kekentalan darah, karena anemia dan kurangnya asupan gizi, karena faktor stress dan kelelahan.
1⃣3⃣ Lia
Bu bidan.. kenapa ya kalau lagi hamil dak suka sama susu πŸ˜… hehe.. sebagai gantinya minum apa bun ? Teh boleh kah ?
πŸ’˜Jawab:
Bunda lia yang berbahagia.. Kalau tidak suka susu hamil, boleh minum susu bukan untuk ibu hamil. Kalau tidak suka susu apapun, maka lengkapi zat gizi yang bunda konsumsi dengan gizi seimbang.
Tidak dianjurkan minum teh atau kopi untuk ibu hamil karena dapat mengurangi penyerapan zat gizi yang bunda konsumsi
1⃣4⃣ ULfa
Bu bidan kalau menstruasi maju dari hpht sebelumnya itu bagus apa tidak ya bu?
πŸ’˜Jawab:
Bunda ulfa, menstruasi yang maju dari hpht sebelumnya dikatakan normal atau tidak tergantung dari siklus menstruasinya.
🌟Iya bu nisa.. siklus nya maju selama 3 bulan ini maju trus..sampai 9 harian..
πŸ’˜Bunda ulfa.. nisa minta detil tanggal menstruasinya (hpht/hari pertama haid terakhir) selama 4 bulan terakhir ya..πŸ‘πŸ»
🌟Bln feb tgl 1
Bln jan tgl 10
Bln des 8
Bln nov 8
πŸ’˜Bunda ulfa..jika melihat dari siklus haid bunda ulfa pada bulan januari, desember, dan november =siklus haidnya normal, Namun pada bulan februari majunya terlalu banyak ya bun.. yuuk dievaluasi apakah bunda ulfa akhir akhir ini lebih capek dari biasanya?
Karena faktor stress baik fisik maupun psikis bisa mempengaruhi berubahnya siklus menstruasi
1⃣5⃣ Sofiyun
Bu dokter saya lagi hamil darah saya sampai 200/alhamdullilah sekarang udah turun 160 mohon doa nya jamaah semoga saya lahiran normal amiiin
πŸ’˜Jawab:
Bunda sofiyun yang dirahmati Allah..semoga kehamilan bunda senantiasa disehatkan dan hingga saatnya melahirkan nanti baik bunda dan dede janin.
Aamiin yaa robbal aalamiin
1⃣6⃣ Mila
Alhamdulillah ... saya cuma mau tanya,,
Sejak gadis hingga sekarang usia 40 tahun haid saya dak jelas terus bulan januari saja dak haid .. itu berbahaya dak yaa.. saya tidak pernah KB sejak KB suntik 1 bulan sekali seperti orang hamil mual muntah,,
πŸ’˜Jawab:
Bunda mila yang dirahmati allah..sudahkah tes peck? Jika hasilnya negatif, maka segera hubungi bidan or dokter untuk pemeriksaan selanjutnya agar diketahui penyebabnyaπŸ‘πŸ»
🌟Belum bu bidan karena setiap tes hasilnya pasti negatif .. saya sudah punya 2 putra: 17 thn dan 11thn dan selama itu sejak anak yg kecil lahir hampir 20 an tespack hasil negatif, jadi merasa biasa apalagi sejak laktasi 2 tahun saya dak haid.
1⃣7⃣ ULfa
Bu nisa saya mau tanya...
Menstruasi yang di hari pertama sampai 3 hari cuma flek" itu gimana ya bu..
Apakah normal ya kalai di saat mau menstruasi tidak terasa tanda" mau mens nya.. tau" sudah mens gitu aja,,
πŸ’˜Jawab:
Normal bunda ulfaπŸ‘
1⃣8⃣ Makhilatul Jan'nah
Kalo haid selalu merasa melilit itu kenapa yah,
Saya belum menikah ..
Sehat tidak ?
Syukron ...
πŸ’˜Jawab:
Ukhti makhilatul jannah.. berapa harikah nyerinya?
Ini yang dinamakan dismenore. Jika hanya muncul di awal menstruasi = normal.
Namun jika nyerinya dirasakan sepanjang menstruasi maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter kandunganπŸ‘πŸ»
1⃣9⃣ Nuring
Jika dalam keadaan mens , kenapa yaa kaki sakit semua, belum lagi pinggang dan perut , dan kenapa bisa demam juga?
Dan apa boleh bekam waktu mensπŸ™ˆ
πŸ’˜Jawab:
Bunda nuring yang dirahmati allah.. ini yang dinamakan dengan PMS (pre menstrual syndrom) sebenarnya sudah dibahas pada pertemuan sebelumnya
Solusinya kurangi aktivitas yang berat saat menstruasi, cukupi istirahat, konsumsi gizi seimbang dan minum vitamin agar tubuh lebih bugar.
Klo berbicara tentang hukum berbekam disaat haid = tidak ada larangan untuk berbekam dalam kondisi haid, namun harus melihat kembali pada kondisi klien.
Jika sedang fit maka dibolehkan, namun jika pada kondisi kurang sehat dapat dilakukan pembekaman namun dengan penanganan khusus. Kontraindikasi bekam ada 2 = absolut dan relatif.
Kontraindikasi absolut = pafa kondisi atau kelainan tertentu yg dilarang seperti = usia kurang dari 4 tahun, sedang mengkonsumsi obat pengencer darah, pasien dengan gangguan pembekuan darah, koma (tidak sadar), dehidrasi berat (syok), habis transfusi darah, donor darah, cuci darah (kurang dari 48 jam dari waktu bekam), penderita jantung.
2⃣0⃣ Henny
Kk,, hipertensi itu bisakah terjadi pada siapa saja??
Atau memang keturunan??
πŸ’˜Jawab:
De' henny sayang.. hipertensi bisa terjadi pada siapa saja dikarenakan pola dan gaya hidup yang kurang sehat, dan faktor keturunan adalah pencetusnya.
Karena hipertensi adalah salah satu penyakit keturunan.
De' henny sayang..ini yang disebut dengan hipertensi esensial/primer, penyebabnya untuk de'henny karena faktor genetik, dan kurangnya istirahat
🌟Tapi bisa sembuh dak kk??
Or kalau sudah kena hipertensi ya selamanya hipertensi ya...
πŸ’˜Iya de' karena faktor genetik itu kuat sekali pengaruhnya.
Namun bisa ditekan atau dikurangi dengan berusaha mencukupi waktu dan pola istirahat, hindari stress, pola makan dengan gizi seimbang sesuai diet hipertensiπŸ‘πŸ»
🌟Diet Hipertensi itu apa saja kk?
πŸ’˜Diet hipertensi:
1. Kurangi kandungan garam (sodium atau natrium),salah satu sumber utamanya garam dapur tidak lebih dari seperempat sampai setengah sendok teh/hari. Tujuannya membantu menghilangkan retensi garam atau air dalam jaringan tubuh dan menurunkan tejanan darah.
2. Konsumsi suplemen pottasium 2-4gram/hari. Pottasium umumnya terdapat pada beberapa buah dan sayur seperti semangka, alpukat, melon, buah pare, labu siam, mentimun, lidah buaya, seledri, bawang dan bawang putih, selain makanan yg mengandung omega 3 seperti ikan, dll.
3. Hindari makanan berkadar lemak jenuh tinggi seperti otak, ginjal, paru, mintak kelapa, gajih.
4. Makanan dan minuman dalam kaleng seperti sarden, sosis, korned, sayuran atau buah buahan dalam kaleng.
5. Makanan yang diawetkan seperti dendeng,casinan sayur atau asinan buah, abon, ikan asin, pindang,udang kering, telur asin, selai kacang.
6. Susu full cream, mentega, margarin, mayonaise, daging merah, kuning telur, kulit ayam.
7. Alkohol dan makanan yang mengandung alkohol seperti durian, tape.
Yg dianjurkan:
1. Suplemen antioksidan seperti asam folat, vitamin b6, vitamin b12.
2. Kacang kedelai seperti tempe.
3. Asam lemak omega 3, seperi ikan.
4. Cukupi serat.
2⃣1⃣ ULfa
Bu nisa...sebelumnya saya memang hipertensi..
Tapi sekarang sudah tidak.. Terkadang normal terkadang kurang..
Tapi kok kalau saya makan daging"an kok jadi pusing ya bu..
Padahal saya cek juga normal tensinya..
πŸ’˜Jawab:
Bunda ulfa yang disayang allah.. sudahkah bunda melakukan cek laboratorium seperti cek kolesterol, dll?
🌟Sudah..ceknya di apotik..
Normal semua..tapi kurang gula.
πŸ’˜Untuk bunda ulfa, sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk pemeriksaan penunjang lainnya.
Dan sementara ini jangan makan daging dulu ya..
2⃣2⃣ Bu Aisyah
Bu bidan, saya tanya, saya promil, sudah 7 tahun KB suntik 1 bulan, dah 10 bulan ini stop KB. Bagaimana supaya bisa hamil
πŸ’˜Jawab:
Bunda aisyah..apakah haidnya teratur?
Jika ya..kita bisa tentukan masa suburnya bunda aisyah. Nisa minta HPHT (tanggal hari pertama haid terakhir) 4 bulan terakhir ya bunda..πŸ‘
🌟Haidnya tidak teratur bu bidan, pas KB saja saya sering tidak haid hampir 8 bulan pernah tidak haid. Ini promil anak ke 3 = bulan oktober tanggal 20, bulan november tanggal 15, bulan desember tanggal 5, bulan januari tanggal 20.
πŸ’˜Bunda siti aisyah..
Hitungan kuncinya adalah masa subur ada di 14 hari sebelum haid yang akan datang.
Klo dari tgl haid bunda aisyah, siklus haidnya memang tidak teratur, siklus terpendek bunda 20 hari dan siklus terpanjangnya 45 hari. Berdasarkan rumus penghitungan masa subur pada siklus haid tidak teratur ( siklus terpendek - 18 dan siklus terpanjang dikurangi 11), maka perkiraan masa subur bunda aisyah diantara hari ke-2 sampai dengan hari ke 34 (insyaallah)= rentang masa subur ini sangat panjang sehingga sulit menentukan kapan tepatnya terjadi ovulasi.
Cara berikutnya untuk mengetahui masa subur yaitu dengan melihat perubahan lendir servix yang keluar melalui vagina yaitu dengan merasakan dengan jari tangan lendirnya mulur tidak gampang putus. Disaat inilah waktu tepat bersetubuh. InsyaallahπŸ‘
2⃣3⃣ Atik
Cuman mau tanya aja.
Saya sedang hamil 6 Bulan. Masih Anter jemput anak sekolah pake motor. Itu tidak apa"? Ada efeknya kah?
Usia berapa Bulan saya stop sama sekali dak naik motor?
Jazakillah
πŸ’˜Jawab:
Bunda atik yang berbahagia.. sebenarnya jika tidak ada keluhan tidak mengapa, namun tetap harus berhati hati terutama jika ada polisi tidur or jalanan licin or berbatu, jadi Sesuaikan dengan kondisi bunda atik dan janin
2⃣4⃣ Dwie
Badan saya terbilang tidak proporsional.... sudah menikah 4 tahun belum juga dikaruniai keturunan, pergi ke dokter sana sini juga belum dapat hasil, minggu ini melakukan tiup pada rahim dan kata dokter tidak ada masalah/kelainan... yang saya bingung sampai saat ini blum juga dapat. Apakah karena aktivitas saya yangg berlebihan ya dok n kadang belum bisa kontrol emosi juga penyebabx????
Padahal segala cara telah qu lakukan bahkan ke alternatif.....
Menurut dokter apa yang harus saya lakukan lagi???
πŸ’˜Jawab:
Bunda dwie ariee yang dirahmati Allah.. banyak faktor penyebab infertil, dan untuk bisa hamil harus ada kerjasama yang baik antara suami-istri, jadi bukan hanya bunda yang diperiksa tapi suami bundapun diperiksa. Klo boleh tau suami bunda sudah diperiksa apa sajakah?
Dan bunda serta suami selain hidrotubasi (tiup rahim), apa lagikah pemeriksaan yang sudah dilakukan?
Faktor stress karena aktivitas yang berlebihan, emosi yang naik turun juga mempengaruhi kondisi bunda, maka usahakan. relax ya bun.. Cobalah ajak suami rekreasi (bulan madu kedua😍), dan saat proses bersetubuh pastikan bunda dan suami relaxs dan menikmati.
Ooh ya..sudahkah bunda dwi diperiksa posisi mulut rahimnya menghadap kemana?
Karena posisinya menentukan posisi bunda dan suami saat bersetubuh
Klo siklus menstruasi bunda dwi normal, maka insyaallah akan lebih mudah untuk menentukan masa subur. Jadi di masa subur itulah saat yang tepat untuk bersetubuh.
2⃣5⃣ ULfa
Kalo saya masa suburnya kapan jika = bulan november 2016 tgl 8, bulan desember 2016 tgl 8, bulan januari 2017 tgl 10, bulan februari 2017 tgl 1
πŸ’˜Jawab:
Jika melihat hpht di bulan november, desember, dan januari siklus haid bunda ulfa tergolong teratur, tapi di bulan februari 2017 hpht nya maju menjadi tanggal 1-2-17 , mungkin hal ini disebabkan kondisi bunda ulfa yang lebih capek/stress di bulan ini sehingga siklus haidnya berubah.
Diperkirakan ovulasi bunda ulfa berdasarkan rumus di tanggal 17 februari, jadi perkiraan masa suburnya diantara tanggal 15 - 19 februari 2017 (insyaallah) silahkan bersetubuh, jangan lupa sambil dilihat juga pengeluaran lendir subur di vagina yaitu lendir yang diraba dan terasa mulur tidak gampang putus.
πŸ’˜Untuk bunda aisyah dan bunda ulfa yang dirahmati Allah...
Ini semua adalah ikhtiarnya kita manusia, selebihnya Allah lah yg menentukan taqdir rizkinya untuk kita, sambil berdoa ya bun..insyaallah diijabahi. Aamiin yaa robbal aalamiin
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
πŸ’ŽCLoSiNG STaTeMeNTπŸ’Ž
Waspadai tanda dan gejala hipertensi kehamilan jika = ditemukan kelebihan proteinurin dan tanda tanda masalah di ginjal, sakit kepala hebat, penglihatan kabur, nyeri ulu hati, mual muntah, BAK menurun/berkurang, sesak, kenaikan berat badan tiba tiba dan pembengkakan (oedema). Segera periksakan ke dokter jika terdapat salah satu gejala diatas.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
πŸ’ŽPeNuTuPπŸ’Ž
SubhAnaAlloh
Luar biasa mah kk materi n jawaban pd malam sampai dini hari ini
Jazakillah kk atas keluangan waktu n ilmux,,,
Smg apa yg qta sharingkan hr ini bisa menambah wawasan n manfaat
Ana Hanny mewakili TrioBS mohon maav bila ada kata, tulis n candaan yg menyakitkan hatiπŸ™
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
Ψ³Ψ¨Ψ­Ψ§Ω†Ωƒ Ψ§Ω„Ω„Ω‡Ω… ΩˆΨ¨Ψ­Ω…Ψ―Ωƒ Ψ£Ψ΄Ω‡Ψ― Ψ§Ω†
Ω„Ψ§ Ψ₯Ω„Ω‡ Ψ₯Ω„Ψ§ Ψ£Ω†Ψͺ
Ψ£Ψ³Ψͺغفرك وؒΨͺوب Ψ₯Ω„ΩŠΩƒ
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.
Wassalamualaikum wr.wb.

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel