Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

Cinta Dalam Diam



OLeh : Ustadz Hizbullah Ali


Kita berjumpa lagi, dalam program dan gelombang yang sama, apa kabarnya ๐Ÿ˜Š
๐Ÿ™‡๐Ÿผ‍♀AlhamdulilLah... baik ustadz.
๐Ÿ‘ณ๐Ÿปุงู„ุญู…ุฏู„ู„ู‡ ๐Ÿ˜Š
Ana beserta seluruh keluarga juga dalam keadaan sehat. Materinya live ya, jadi akan ada jeda dibeberapa saat.
Sebelumnya ana mau tanya, apakah di sini ada yang pernah merasakan *indahnya* cinta?
๐Ÿ™‡๐Ÿผ‍♀Alhamdulillah sudah pernah ustad
๐Ÿ‘ณ๐ŸปTahun 90an, kata cinta itu memiliki makna, _*C*erita *I*ndah *N*amun *T*iada *A*rti._ Karena begitu dalamnya makna cinta, sehingga sedalam apa pun digali, tak akan bisa menemukan dasarnya. Banyak yang salah mengartikan cinta sehingga mereka terperangkap dalam cinta dan bagi yang mampu memahaminya, ia peroleh kedamaian dalam cinta. Ana akan coba sedikit demi sedikit mengupas materi malam hari ini *Suka Dalam Diam*
Tema malam hari ini membuat ana tertegun, karena begitu beratnya jalan yang harus dilalui, terutama bagi para *akhwat.* Ketika hati mereka harus meleleh di hadapan pujaan hati mereka, namun lidah mereka kelu tak mampu untuk berucap.
๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’
*Wanita Muslimah Jatuh Cinta?*
mereka juga adalah manusia. Bukankah cinta itu adalah fitrah manusia?
Mereka juga punya hati dan rasa.
Tetapi tahukah kalian betapa berbedanya mereka ketika cinta seorang lelaki menyapa hatinya? Tiada senyuman bahagia, tiada rona malu di wajah, tiada perasaan suka di dada.
 Namun sebaliknya.
Ketika wanita muslimah jatuh cinta, yang mereka rasakan adalah ketakutan yang begitu besar akan cinta yang tidak lagi suci
Yang ada adalah kegelisahan, karena rasa yang salah arah. Yang ada adalah penderitaan akan hati yang mulai sakit.
Ketika wanita muslimah jatuh cinta, bukan harapan untuk bertemu yang mereka nantikan, tapi yang ada adalah rasa ingin menghindar dan menjauh dari orang tersebut.
๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’
Tiada kata-kata cinta dan rayuan. Yang ada adalah kekhawatiran yang amat sangat, akan hati yang mulai merindukan lelaki yang belum halal ataupun mungkin yang tak akan pernah halal baginya.
Ketika mereka jatuh cinta, maka perhatikanlah, kegelisahan di hatinya yang tidak mampu lagi memberikan ketenangan di wajahnya yang dulu teduh. Mereka akan terus berusaha mematikan rasa itu bagaimanapun caranya. Bahkan jika cinta dia harus menghilang, maka itu pun akan dilakukan.
Alangka kasihannya jika wanita muslimah jatuh cinta, karrna yang ada adalah penderitaan. Tetapi, bersabarlah. Jadikan ini ujian dari Rabbmu. Matikan rasa itu secepatnya. Pasang tembok pembatas antara kau dan dia.
Pasangkan duri dalam hatimu, agar rasa itu tidak tumbuh bersemai. Cuci dengan air mata penyesalan akan hijab yang sempat tersingkap. Putarkan balik kemudi hatimu, agar rasa itu tetap terarah hanya padaNya.
Pupuskan rasa rindu padanya dan kembalikan dalam hatimu rasa rindu akan cinta Rabbmu.
๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’
*Memperjuangkan Cinta dalam Diam?*
Allah tak pernah mengharamkan cinta. Cinta adalah sebuah rasa yang sudah menjadi fitrah bagi setiap umat manusia. Namun, manusia diperintahkan untuk menjaga agar cinta itu tidak lantas menjerumuskannya pada tindakan yang diharamkan-Nya. Cinta haruslah menjadi media untuk mendekat kepada-Nya. Cinta yang seperti apakah yang sekiranya mampu mendekatkan kita kepada Sang Pemberi Cinta? Sebut saja, cinta dalam diam.
Cinta dalam diam menurut Islam adalah cara mencintai yang dirasa paling tepat ketika diri belum mampu terikat dalam sebuah ikatan suci, yaitu pernikahan. Jika belum mampu mencintai dan dicintai dalam ikatan pernikahan, cinta dalam diam merupakan jawaban atas segala kegalauan hati. Bagaimanakah cara memperjuangkan cinta dalam diam?
*Jangan Jatuh Cinta, tetapi Bangun Cinta*
Pantaskan diri untuk yang kau cinta.
_Kini aku tersadar, bahwa sendiri adalah status terbaik sebelum menikah. Kesucian diri, tulusnya cinta, dan besarnya pengorbanan, hanya untuk orang yang sudah dihalalkan bagi kita. Maka sebelum nikah kita harus bersabar dalam kesendirian. Kita padatkan waktu untuk berprestasi. Tak perlu lagi kita galau soal jodoh. Kalau diri kita berkualitas. Jodoh yang berkualitas akan dihadirkan untuk kita_ (Ahmad Rifa'i Rif'an)
Persoalan tidak akan selesai hanya dengan kita mengatakan, _Allah, aku mencintainya_ Lantas, apakah yang menjadi bukti bahwa perasaan itu adalah cinta karena Allah? Ya, sebuah perjuangan. Sebuah perjuangan untuk membangun cintalah yang akan kita lakukan setelah rasa bernama cinta itu hadir. Cinta tak semestinya memaksa diri untuk melupakan, tetapi cinta juga tak boleh memaksa diri untuk memiliki. Perasaan cinta haruslah dikelola agar rasa cinta dapat tumbuh ataupun mengkerut sewajarnya. Memantaskan diri merupakan cara untuk mencintai dalam diam.
๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’
*Tidak Harus Dia, tetapi Harus karena Dia*
Berdo'alah kepada Yang Maha Pemilik.
_Ketika hatimu terlalu berharap kepada seseorang maka Allah timpakan ke atas kamu pedihnya sebuah pengharapan supaya kamu mengetahui bahwa Allah sangat mencemburui hati yang berharap selain Dia. Maka Allah menghalangimu dari perkara tersebut agar kamu kembali berharap kepada-Nya_ (Imam Syafi'i)
Apakah kita sungguh yakin bahwa dialah jodoh kita? Jodoh itu mungkin saja teman kita, atau orang yang baru saja kita temui di suatu tempat, atau seseorang yang dulunya kita ikhlaskan. Jodoh itu bisa saja orang tua atau wali kita yang mencarikan, atau teman kita yang menjodohkan. Bagaimana pun juga, jodoh itu bukan hanya perihal cinta, tetapi juga tentang rencana Allah kepada kita. Bukan cinta yang pada akhirnya membuat kita berjodoh dengan seseorang, tetapi Allahlah yang menjodohkan. Tentunya, semua telah tertulis dalam Lauhil Mahfuzh. Jadi, janganlah kita mencintai seseorang melebihi cinta kita kepada Allah. Cukuplah cinta dalam diam dan serahkan sepenuhnya kepada Allah. Setelah usaha cinta dalam diam ini yang bisa kita lakukan ialah mengikhlaskan semuanya kembali kepada Allah.
Dalam proses mengikhlaskan sembari terus berusaha menjadi seorang muslim/muslimah yang baik, tetap berdo'alah kepada Allah yang mengetahui rasa cinta yang dirasakan. _Ya Allah, ampuni aku karena sampai detik ini aku masih menyimpan sebuah rasa cinta kepada salah satu hamba-Mu yang jauh di sana. Ya Allah, jika memang rasa cinta ini membuatku jauh dari-Mu, maka hilangkanlah. Kumohon pertemukan aku dengan orang yang mencintai-Mu di atas segalanya, yang mencintaiku karena-Mu dan yang kucintai karena-Mu. Namun, jika memang rasa cinta ini membuatku mendekat kepada-Mu dan dialah yang Kau tetapkan sebagai jodohku, maka pertemukanlah kami di waktu yang tepat. Di saat kami telah siap, pertemukan kami dalam kesucian cinta-Mu_
Mencintalah dengan bijak. Tak perlu terlalu berharap terhadap cinta yang dirasa, cukuplah cinta dalam diam. Berdoalah pada Yang Maha Kuasa atas segala pilihan terbaik-Nya. Semoga kita akan mendapatkan pilihan yang benar-benar terbaik dan menjadi pendamping dunia dan akhirat.
๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’
*Mencintaimu dalam Diam*
oleh Nisrina Putri Nurdiani (Banjarmasin)
Aku selalu diam seribu bahasa ...
Meluapkan isi hatiku hanya dalam diriku,
Dengan penuh gejolak-gejolak rasa yang menghantui ini ...
Tak bisa kukekang ataupun kubohongi,
Tetapi, mudah untukku sembunyikan ...
Perasaanku selembut kain katun,
Menyimpan sesuatu yang manusiawi ...
Dan juga tak masuk akal ...
Sesuatu yang tak berdosa untuk kurahasiakan ...
Aku ukir namamu di semua sudut dinding jiwaku ...
Aku renungi setiap hurufnya ...
Aku pandangi semuanya dengan rasa yang mempesona. ...
Lalu ...
Terlintas suara berbisik kepadaku ...
Secantik inikah bidadari yang jatuh di surga? ...
Entahlah, entah mengapa ...
Aku merasa malu untuk mengungkapkannya kepadamu ...
Bahwa, aku mencintaimu ...
Oh, Tuhan ...
Jika saja bukan waktu yang memisahkan ...
Dan status yang menjadi persyaratan,
Aku bisa saja mengatakannya padamu ...
Bahwa, aku menyayangimu ...
Setulus bunga yang mekar ...
Setinggi langit yang biru ...
Sesederhana rumah semut di tanah
Seluas tata surya yang kita tinggali ...
Sepanjang waktu yang kumiliki ...
Tapi apalah daya ...
Aku bukanlah pandangan untuk hatimu ...
Aku bukanlah kesatriamu yang gagah berani ...
Bukan juga pemimpin dirimu saat kau tersesat,
Karna faktanya ...
Aku hanyalah, aku hanyalah ...
Penontonmu yang paling setia ...
Mengagumi dirimu dari jauh ...
Dengan perasaan yang mendebar-debarkan hatiku ...
Walau kau tak mengenalku ...
Setidaknya aku bersyukur ...
Diriku yang pencundang ini tahu bahagianya ...
๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’
Demikian apa yang bisa ana sampaikan, semoga ada manfaatnya, maafkan bahasannya bertemakan cinta.
๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ
TaNYa JaWaB
0⃣1⃣ Sri
Bagaimana cara supaya pikiran dan hati kita tidak fokus kepada 1 perhatian. karna yang ana takutkan rasa cinta ini lebih besar dari Cinta ana kepada Allah SWT ..bagaimana pula cara supaya kita berhenti berkhayal ttg dia. syukron
๐Ÿ’˜Jawab:
Ketika rasa itu membuat kita semakin dekat kepada Allah, ketika ia mampu membimbing langkah kita untuk menjaga iman kita, jangan pernah melepaskannya ๐Ÿ˜Š
Pasangan sejati adalah, pasangan yang saling mengingatkan dalam kebaikan, dan meberi peringatan saat salah satunya akan terjerumus dalam jurang kesalahan ๐Ÿ˜Š
Sebaliknya hindari dirinya ketika membuat kita lalai kepada Allah ๐Ÿ˜Š karena dibutakan oleh cintanya, kuatjan hati, dan lepaskan diri.
0⃣2⃣ Sofi
Kalo cuma kagum aja boleh ga u hiz...?
๐Ÿ’˜Jawab:
Jaga kekaguman itu, namun sadarilah bahwa setiap kita, setiap manusia memiliki kekaguman, jadi jangan sampai rasa kagum itu membutakan akal dan pikiran kita ๐Ÿ˜Š
0⃣3⃣ Eka Nurcianti
Assalamualaikum ustad..
Ana ingin bertanya, bagaimana mengukur nya ustad, bahwa Cinta untuk dia tidak melebihi Cinta kepada Allah??
Dan jugaa, apa mencintai dalam diam itu tidak menimbulkan dosa ustad? Baik untuk Ana sbg akhwat juga untuk beliau sbg ikhwan ustad? Karna dalam diam pun kan beliau yg dicintai ustad..
Jazakallah khairan ustad..
๐Ÿ’˜Jawab:
Indikatornya, ketika ibadah yang dilakukan semakin meningkat, namun bukan karena ingin dilihat taat oleh orang yang kita sukai ๐Ÿ˜Š
Ketika rasa itu sudah tiada tertahankan, segera berbicara kepada orang tua, bahwa kita mencintai seseorang, dan meminta mereka untuk mencari jalan (jika memang setuju) agar kita bisa bersatu dalam ikatab suci ๐Ÿ˜Š
0⃣4⃣ Farihah
Afwan ustad ,,Kalo seseorang nya blm datang apa kita bisa suka dlm diam ,,, dan bgm caranya meng ikhlaskan seseorang yg sdh bersama yg lain tapi hatinya susah utk meng iklaskan bunda,,mohon penjelasannya๐Ÿ™๐Ÿผ
Bgmn menghilangkan ingatan dia yg blm halal yg prnh hadir cinta tanpa iman๐Ÿ˜ฐ
๐Ÿ’˜Jawab:
Jangan pernah berusaha untuk melupakannya, karena semakin besar usaha untuk melupakannya, semakin kuat juga ingatan bekerja untuk mengingatnya ๐Ÿ˜Š
Perbanyak istighfar, jalani dengan sabar ๐Ÿ˜Š
0⃣5⃣ Arni
Assalamu'alaikum ustadz,
Mengenai cinta dalam diam, perasaan cinta yg dipilih untuk berdiam saja dan dikembalikan pada yang punya Cinta tapi kadang kan ada kalanya muslimah butuh curhat juga dengan sahabatnya.
Bagaimana baiknya ya ustad? Apa tetap bertahan dalam diamnya atau dicurhatkan!
๐Ÿ’˜Jawab:
Tetap bertahan dalam diam, dan jika tidak mampu menahannya lagi, ceritakan pada wali kita, utarakan isi hati kita pada kedua orang tua kita, biar mereka yang dengan bijak memilih jalan apa yang harus diambil ๐Ÿ˜Š
0⃣6⃣ Bunda Alifia
Ustadz, gimana cara memproteksi anak2 jaman sekarang agar tak terjebak dalam cinta yang salah arah dan tujuannya...
๐Ÿ’˜Jawab:
Tanamkan nilai-nilai Islam sedari dini, sehingga mereka paham, mana yang benar, mana yang salah
Sehingga mereka bijak menimbang
Ketika ana bertemu dengan pasal cinta, jangan menyalahkan mereka, rangkul dan bimbing mereka, sehingga cinta mereka tidak menjadi *"cinta rahasia berbahaya"*
0⃣7⃣ Mega
Bagaimna jika kita tiba2 atau katkn lah tidak sengaja terpikirkn seseorng yga kita kagumi. Pdahl kita tidak ingin memikirkn nya. Trs apakh sesutu yg tidk di sengja itu salah . Mohon penjelasannya ๐Ÿ™
๐Ÿ’˜Jawab:
Wajar saja ๐Ÿ˜Š
Selama berkhayalnya tidak berlebihan ๐Ÿ˜Š
0⃣8⃣ Mila
Assalamualaikum uhiz, izin bertanya,,
1. Bagaimana agar cinta kita terhadapfc seseorang tidak melebihi rasa cinta kita kepada Allah?
2. Bagaimana agar kita peka terhadap rasa cemburu nya Allah ketika kita mencintai seseorang melebihi rasa cinta kepada NYA?
syukron uhiz
๐Ÿ’˜Jawab:
Indikatornya adalah sebuah ketaatan, contoh, ketika masuk waktu sholat wajib, lalu terbentur dengan permintaan seseorang yang menjadi pasangan kita, maka kita katakan padanya, bahwa kita akan sholat dulu, selepaa itu baru permintaan si mas akan dituruti, ketika kita mengutamakan Allah, maka itulah cinta yang sebenar ๐Ÿ˜Š
Allah tidak membutuhkan kita, kitalah yang membuthkan Allah, Allah tidak akan cemburu kepada hamba-Nya yang tidak taat kepada-Nya ๐Ÿ˜Š
karenya kita wajib berhati-hati dari cinta kepada makhluk yang tidak pada tempatnya ๐Ÿ˜Š
0⃣9⃣ Yenny
Assalamualaikum ana yenny Banda aceh.. Apakah dosa wanita yg sudah bersuami tetapi masih menyimpan rasa cinta pada org lain ustadz walaupun org yg kita cintai meninggal dunia.. Mohon penjelasannya..
๐Ÿ’˜Jawab:
Hu um ๐Ÿ˜Š
harus dihapus dan dibuang jauh rasa itu, karena sama saja itu menduakan suami dengan yang lain ๐Ÿ˜Š
1⃣0⃣ Hilda
Assalamualaikum ustad, saya hilda mau bertanya tapi sebenarnya sih bukan bertafcnya, tapi curhat. Begini ustad, saya pelajar diam diam suka sama abang kelas saya, awalnya cuma add sosmed dia, tapi rupanya berlanjut chattingan biasa dan bahasnya agama, tapi saya baru baru ini yakin bahwa chattingan dengan lawan jenis tidak boleh. Jadi saat ini saya mulai jauhin dia, dan saya juga sudah bilang sama dia, dan sekarang saya cuma kirim artikel islam saja pada, tapi terkadang dia nanggapi artikel yang saya kirim, dan pas saat itu ada rasa ingin membalas lebih, dan kadang itu terjadi, dan saya terkadang teringat ini gak boleh, tapi terkadang ada rasa ingin membalas lebih, yang mau saya tanyakan bagaimana cara nya agar saya memang benar benar bisa menjauhi dia, saya takut terkadang setan merayu untuk menanggapi lebih si dia, apa saya harus memblokir semua sosmed dia yang berteman denganbh saya. Mohon penjelasannya dan sarannya yang harus saya lakukan, terima kasih,
๐Ÿ’˜Jawab:
Socmed saat ini berkembang demikian pesat, tapi temanya tidak pernah berubah sejak tahun 98, waktu itu masih masa-masa miRc, lalu hadirlah Yahoo Messengger, muncul friendster, multiply, lalu facebook, dan socmed lainnya yang berkembang pesat, yang ditawarkan sama, tiada berbeda, intinya masih sama ... yaitu hubungan interaksi, terutama dengan lawan jenis ... sering kita gunakan topeng agama, padahal ilmu agama kita sama tidak pahamnya, sama tidal mengertinya, namun asik bahas agama, makanya mudah dibelokan setan ๐Ÿ˜Š
Saran ana tutup saja, atau jadikan socmed itu media bisu ๐Ÿ˜Š
1⃣1⃣ Isah
MAu tanya,dulu saya pernah menyukai seseorang tetapi waktu itu kita salah menyikapi perasaan cinta tersebut yg pada akhirnya Allah memisahkan kita selama 2thn,sampe sekarang perasaan itu masih ada.Tetapi masalahnya rasa cinta itu sudah saya alihkan ke Allah karna saya sudah bertekad untuk menghilangkan perasaan itu tetapi skrg dia muncul lgi dlm kehidupan sya,saya sudah menghindar tetapi dia gx mau nglepas saya,gimana cara meyakinkan dia bahwa perasaan itu salah karna dia jg gx mau berkomitmen makanya saya pilih mundur.
Tolong dijawab ya pa ustadz
๐Ÿ’˜Jawab:
Harus ada ketegasan ๐Ÿ˜Š
Ketika seorang laki-laki yang paham agama, ia tidak akan mendekatkan dirinya pada wanita yang jadi pujaan hatinya, ia akan segera mencari rumah si wanita, dan datang kepada walinya, ia ungkapkan perasaannya kepada wali si wanita tadi, jika ia ditolak ia tutup hatinya, jika diterima khitbah dan menyusul nikah ๐Ÿ˜Š
Jika bertemu lelaki yang suka merayu haru biru, masukan dalam karung, ikat, kasih batu, buang ke laut, ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…kejam pisan ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜…
1⃣2⃣ Ayu
Asssalamu'alaikum...
Terimakasih atas kesempatannya utk bertanya.
Sebenarnya malu ๐Ÿ˜Š
Begini ustdz, saya dikenalkan dengan seseorang. Orangtua kami masih kerabat dekat. Selama berkenalan, saya minta petunjuk Allah. Masalahnya begini, orgtuanya sangat ingin saya yg menjadi menantu.
Saat ini hubungannya dengan orangtuanya tidak baik krn calon istrinya tidak disukai oleh orgtuanya. Saya bingung ustdz, di satu sisi dia meminta saya menjelaskan ke orgtuanya bahwa saya bukan org yg dia pilih, sdgkan orgtuanya berkeras ingin menjadikan saya menantu. Saya prnh bermimpi setelah sholat malam bhw dia bukan jodoh saya. Apa yg harus saya lakukan terhadap masalah ini?
๐Ÿ’˜Jawab:
Jika memang ukhty tidak suka, tolaklah ๐Ÿ˜Š
karena orang tua tidak berhak memaksa anak gadis mereka untuk menikah dengan seseorang yang tidak ia sukai ๐Ÿ˜Š
1⃣3⃣ Uti
Mau nanya, bagaimana cara kita belajar mencintai orang yang baru, krn terkadang saat ada yg baru.yg ingin serius dengan kita, secara tdk sadar kita membandingkan dengan seseorang dimasa lalu yang orang itu sudah tak mungkin dimiliki.
๐Ÿ’˜Jawab:
Jika yang dimaksud untuk berpacaran atau entah apa nama lainnya maka katakan tidak
Namun jika seseorabg tersebut datang mengkhitbah, dan dari pandangan pertama memang sudah menyukainya, silahkan menikah, dan belajarlah mencintainya dengan cinta yang sebenar, yaitu cinta seorang istri terhadap suaminya ๐Ÿ˜Š
1⃣4⃣ Elfira
Assalamualaikum ustadz boleh tanya?
Afwan mau bertanya. Arti taaruf itu bgmn dan bgmn juga meyakinkan orang tua kita bahwa taaruf lebih baik drpd mengenal lebih dekat dahulu spt pacaran atau jln bereng. Apakah taaruf sendiri juga hanya menuju ke pernikahan selanjutnya/hanya tahap perkenalan saja ?
๐Ÿ’˜Jawab:
Khitbah dulu, melamar dulu, baru ta'aruf
Ndak ada ta'aruf sebelum khitbah ๐Ÿ˜Š
Masa ta'aruf tadi gunakan dengan baik, ndak boleh jalan berduaan, ndak boleh telpon²an, sms²an, wa, tg, bbm, socmed dan lainnya
Silahkan datang dan bertamu ke rumah wanitanya, maksimal 3x, dan wanitanya harus ditemani mahramnya
Jika masa 3x ta'aruf tadi merasa ndak cocok, baik keduanya atau salah satunya, maka pembatalan khitbah ๐Ÿ˜Š
1⃣5⃣ Wandira
Bagaimana melupakan seseorang dimasa lalu dan meyakini kalau dia bukan jodoh kita ust?
Krna saat ini dia sudah memiliki wanita lain,saya tidak tahu dia sudah menikah atau blum,yg terakhir tau adlh dia bahagia dgan pasangannya. Hati saya sering berucap rindu dan kdng ingin menghubungi nya.tpi trus bertentangan dgan akal dgn alasan untuk apa lagi berharap.slalu bgitu. Bgimana cara mengontrol nya ust?
Dan ada pria yg tingkahnya mirip dgan yg dlu,bagaimana cara menyikapi nya agr tidak jatuh ke lubang dosa?
Syukron ust ๐Ÿ˜Š๐Ÿ™
๐Ÿ’˜Jawab:
Istighfar, seminggu ini bacalah QS. al-Baqarah ... japri ana jika memamg terasa berat ๐Ÿ˜Š
1⃣6⃣ Selvi
Izin bertanya ustad..
bagaimana caranya mencintai dalam diam? apa jika ada kesempatan kita gak perlu mengungkapkan ke orangnya langsung?
๐Ÿ’˜Jawab:
Wanita ndak boleh mengungkaplan secara langsung, ketika menyukai seseorang ia ungkapkan melalui walinya, dan arahnya harus langsung ke jenjang pernikahan, bukan *pacaran*
1⃣7⃣ Hilda
Assalamualaikum, saya hilda kembali ingin bertanya. Saya punya sahabat, saat dulu dia pernah pacaran selama satu tahun, namun setelah saya kasih tau, dia hijrah, dia diputusin karna hijrahnya itu, namun beberapa bulan kemudian, dia ditembak gitu deh istilahnya oleh abang kelas rame rame di sekolah, dia bingung jadi dia terpaksa nerima tuh abang kelas, namun tidak sampai seminggu mereka sudah putus. Setelah kejadian itu, beberapa bulan lagi ada abang kelas yang kirim surat sama dia dan nyatain perasaannya. Sahabat saya ini bingung, butuh waktu berbulan bulan untuk move on dari mantan 1 tahun nya itu, namun dia juga cerita lama lama dia juga menyukai dua lelaki yang selanjutnya.
Dan dia bingung, jadi yang mau saya tanyakan, bagaimana memberi tau dan meyakinkan sahabat saya ini, agar tau mana cinta yang benar benar di ridhoi allah, bagaimana cara mengetahui laki laki yang memang benar benar mencintai dia karna Allah, dan cara meyakinkan dia gitu ustad. Terima kasih, maaf kalau kepanjangan ๐Ÿ˜…
๐Ÿ’˜Jawab:
Kalau masih sekolah/kukiah, selesaikan dulu dengan benar, jika ada kumbang yang datang dan ingim menghisap madu simpel saja, katakan pada mereka untuk datang mengkhitbah (melamar) kepada orang tua, jika tidak berani, dan masih mendekat, masukin karung, tambahin batu, ikat, buang ke laut ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜…
1⃣8⃣ Sri
Izin bertanya ustadz..
Bagaimana cara meyakinkan diri bahwa benar jodoh sudah ditetapkan oleh Allah? Tahun 2015 lalu ana menikah hanya 2 bulan, suami ana mninggal, setelah slesai masa iddah.. Kluarga suami bnyak merekomendasikan kerabat2 suami yg siap mngkhitbah ana, tp hingga saat ini ana masih blm bisa mmbuka hati.
Ana ingin mnikah lagi, namun smkin niat ana mnggebu, smkin ana teringat almarhum suami.
๐Ÿ’˜Jawab:
Sabarlah ๐Ÿ˜Š
Jodoh iti sudah digariskan Allah, jika memang harapan ukhty tetap bersama suami di surga kelak, bersabarlah dengan godaan cinta yang datang, karena jika ukhty menikah, maka ukhty tidak akan berjodoh dengan beliau kelak di surga ๐Ÿ˜Š
1⃣9⃣ Indah
Ustadz, ada temen udah di khitbah. Pengen ikhwannya langsung dinikah. Cuman karna terbatass dana. Ikhwannya menangguhkan beberapa bulan utk nabung. Ustadz, mereka cuma bertemu sekali pas ta'aruf dan kedua kali pas khitbah. Mereka tetap menjaga jarak, karna blm mahrom. Mungkin hanya sesekali sms tanya tentang hal teknis pernikahan, bukan perasaan. Ustadz, dosakah ketika akhwat suka lihat foto ikhwannya, ketika terkadang ragu utk melanjutkan utk menikah karna beberapa keadaan? Dosakah klo mereka ada perasaan dan terkadang kepikiran? Mohon nasihatnya. Jazakalloh
๐Ÿ’˜Jawab:
Pasal pernikahan, jangan smsan ke calon, keluarga saja yang diminta bicara ke pihak satunya ๐Ÿ˜Š
pasal dana diringankan saja, karena yang paling ringan maharnya termasuk golongan wanita yang dimulyakan oleh Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ๐Ÿ˜Š
adakan resepsi secara sederhana saja ๐Ÿ˜Š
2⃣0⃣ Selvi
izin bertanya..
jika kita mengharapkan seseorang dan selalu mendoakan nya dalam diam, dan minta pertanda sebagai jawaban "ya" , "tidak" , atau "tunggu" bagaimana.cara membedakannya ustad?
๐Ÿ’˜Jawab:
Jika memanh mengharapkan seseorang, selain berdo'a dalam diam, ikhtiarkanlah, dengan cara membicarakannya kepada kedua orang tua, bahwa kita menyukai seorang laki-laki yang sekiranya beliau pantas menjadi pendamping kita ๐Ÿ˜Š nanti orang tua yang menilai dan mencari jalan, terimalah apapun keputusan mereka ๐Ÿ˜Š
2⃣1⃣ Mitha
Assalamualaikum ustadz.. saya mau nanya :
1. Bagaimana caranya agar kita bisa melupakan dan menghilangkan perasaan cinta kita kepada seseorang yg ada di masa lalu kita?
2. Cinta pada pandangan pertama apakah itu salah?
3. Salahkah kalo kita baper terhadap seseorang dan mengharapkan dia menjadi bagian dalam diri kita? Bagaimana biar tidak baper?
Makasih
๐Ÿ’˜Jawab:
*pertama*, istigfar jika teringat, perbanyak baca QS. al-Baqarah ๐Ÿ˜Š
*kedua*, tidak ada yang salah dalam cinta, cinta akan salah ketika terjerumis dalam hal yang mendekati zina
*ketiga*, berharap wajar, selama tidal berlebihan ๐Ÿ˜Š
๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ
PeNuTuP
Mari kita tutup kajian malam hari ini dengan mengucapkan *Hamdalah* sebagai ungkapan rasa syukur atas keberkahan ilmu yg telah Allah berikan kepada kita,
๐ŸŒฑ ุงَู„ْุญَู…ْุฏُ ู„ِู„َّู‡ِ ุฑَุจِّ ุงู„ْุนَุงู„َู…ِูŠู†َ ๐ŸŒฑ
serta *Istghfar* untuk memohon ampun atas semua kelalaian kita hari ini dan dengan kelapangan hati untuk saling memaafkan.
๐ŸŒฑ ุฃَุณْุชَุบْูِุฑُ ุงู„ู„َّู‡َ ุงู„ْุนَุธِูŠู…َ ๐ŸŒฑ
Dimohon juga keikhlasan ukhti fillaah semua bersama-sama membaca *doa Robithoh* dan *doa Kafarotul Majelis* untuk mempererat ukhuwah dalam grup.
_*Doa Robithoh :*_
ุงَู„ู„ّู‡ُู…َّ ุฅِู†َّูƒَ ุชَุนْู„َู…ُ ุฃَู†َّ ู‡َุฐِู‡ِ ุงู„ْู‚ُู„ُูˆْุจَ,
ู‚َุฏِ ุงุฌْุชَู…َุนَุชْ ุนَู„َูŠ ู…َุญَุจَّุชِูƒ َ
ูˆَุงู„ْุชَู‚َุชْ ุนَู„َู‰ ุทَุงุนَุชِูƒَ,
ูˆَุชَูˆَุญَّุฏَุชْ ุนَู„َู‰ ุฏَุนْูˆَุชِูƒ َ
ูˆَุชَุนَุงู‡َุฏَุชْ ุนَู„َู‰ ู†ُุตْุฑَุฉِ ุดَุฑِูŠْุนَุชูƒَ
ูَูˆَุซِّู‚ِ ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฑَุงุจِุทَุชَู‡َุง,
ูˆَุฃَุฏِู…ْ ูˆُุฏَّู‡َุง،
ูˆَุงู‡ْุฏِู‡َุง ุณُุจُู„َู‡َุง
ูˆَุงู…ْู„َุฃَู‡َุง ุจِู†ُูˆْุฑِูƒَ ุงู„َّุฐِูŠْ ู„ุงَ ูŠَุฎْุจُูˆْุง
ูˆَุงุดْุฑَุญْ ุตُุฏُูˆْุฑَู‡َุง ุจِูَูŠْุถِ ุงู„ْุฅِูŠْู…َุงู†ِ ุจِูƒَ,
ูˆَุฌَู…ِูŠْู„ِ ุงู„ุชَّูˆَูƒُّู„ِ ุนَู„َูŠْูƒ َูˆَุงَุญْูŠِู‡َุง ุจِู…َุนْุฑِูَุชِูƒَ،
ูˆَุฃَู…ِุชْู‡َุง ุนَู„َู‰ ุงู„ุดَّู‡َุงุฏَุฉِ ูِูŠْ ุณَุจِูŠْู„ِูƒ َ
ุฅِู†َّูƒَ ู†ِุนْู…َ ุงู„ْู…َูˆْู„َู‰ ูˆَู†ِุนْู…َ ุงู„ู†َّุตِูŠุฑِ
ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฃَู…ِูŠْู†َ
ูˆَุตَู„ِّ ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุนَู„َู‰ ุณَูŠِّุฏَู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِู‡ِ ูˆَุตَุญْุจِู‡ِ ูˆَุณَู„ِّู…ْ
*Allaahumma innaka ta'lamu anna haadzihil quluub, qodijtama'at 'alaa mahabbatik, wal taqot 'alaa thoo'atik, wa tawahhadat 'alaa da'watik, wa ta'aahadat 'alaa nusyroti syarii'atik, fawatstsiqillaahumma roobithotahaa, wa adim wuddahaa, wahdihaa subulahaa, wamla-haa binuurikalladzii laa yakhbuu wasyroh shuduurohaa bifaidhil iimaanibik, wa jamiilittawakkulli 'alaiik, wa ahyihaa bima'rifatik, wa amithaa 'alasy syahaadati fii sabiilik, innaka ni'mal maulaa wa ni'man nashiir, washollii, Alaahumma 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihi wa shohbihii, wasallam.*
_"Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa sesungguhnya hati-hati kami ini, telah berkumpul karena cinta-Mu, dan berjumpa dalam ketaatan pada-Mu, dan bersatu dalam dakwah-Mu, dan berpadu dalam membela syariat-Mu. Maka kuatkanlah ikatannya, dan kekalkanlah cintanya ya Allah, dan tunjukkanlah jalannya, dan penuhilah ia dengan cahaya yang tiada redup, dan lapangkanlah dada-dada dengan iman yang berlimpah kepada-Mu, dan indahnya takwa kepada-Mu, dan hidupkan ia dengan ma'rifat-Mu, dan matikan ia dalam syahid di jalan-Mu. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Aamiin._
_Dan semoga sholawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, juga kepada keluarganya dan semua sahabatnya."_
_*Doa Kafarotul Majelis :*_
ุณُุจْุญَุงู†َูƒَ ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ูˆَุจِุญَู…ْุฏِูƒَ
ุฃَุดْู‡َุฏُ ุฃَู†ْ ู„ุงَ ุฅِู„َู‡َ ุฅِู„ุงَّ ุฃَู†ْุชَ
ุฃَุณْุชَุบْูِุฑُูƒَ ูˆَุฃَุชُูˆุจُ ุฅِู„َูŠْูƒَ
ุขู…ูŠู†ْ ูŠَุง ุฑَุจَّ ุงู„ุนَุงู„َู…ِูŠู†
*Subhaanakallaahumma, wabihamdika, asyhadu allaa ilaaha illaa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaika.*
_“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”_

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel