Recent in Fashion

Best Seller Books

CeMBuRu



OLeh : Ustadz Hizbullah Ali

بسم الله الرحمن الرحيم
🤒
Jadi panas dingin ui ... kata pembukanya begitu menggelegar dan membuat hati tersentak ...
Panggungnya sebelah mana ya 😬😅
Boleh ana bertanya ya ... semoga ndak bayar ... 😅
Cemburu itu apa sih ...
Ada yang bisa jelasin ndak, apa maknanya?
🔹Cemburu itu rasa tidak senang melihat sesuatu yg dimiliki org lain, tpi kita tidk mampu memilikinya.. 😂😂 itu cemburu ap iri ustadz .. 😬
🔹Cemburu tu ketika sesuatu yg kuta sukai berpaling dari kit ato malah ndak memberhatiin kita ...rasanyaaaaaa keseeel
🔹Cemburu itu sejenis iri bkn ya
🔹Cemburu: emosi yg merujuk pd pikiran negatif.. n perasaan yg terancam , takut dan gelisah akan kehilangan sesuatu,.. maybe ust😬
Satu lagi apa itu cemburu buta 😊
🔹Cemburu yg tak ber mata hehehehe...
🔹Cemburu buta itu. Cemburu sambil tutup mata ustadz 😂, bukn bukn.
🔹Cemburu yang gak ada dasarnya ustdz hahha....
🔹Cemburu yg tak berarah., tnpa ad dasarr.. gaje😅
🔹Cemburu yg membahana 😅
Baik satu lagi ...
Di grup ini berapa orang yang sudah menikah 😊
🔹Banyakkk
🔹Blm taz✌🏼✌🏼
🔹Saya sudah tadz hehehe

الحمدلله
bagi yang belum, ana do'akan agar segera dipertemukan dengan dermaga sandaran hatinya, agar rasa cemburu itu lebih bermakna 😊
🔹Aku belum ustz 🙋🏻
Baik ... we start ...
_Rasa cemburu akan muncul karena adanya rasa cinta_. *Semakin kuat rasa cinta seorang istri kepada suaminya maka semakin kuat pula rasa cemburu dalam hatinya*.
🔹Kan cintanya g boleh berlebihan, klo berlebihan krg baik 😆😆
Coz itulah rasa cemburu yang positip
Kalau belum nikah, udah cemburu ... ehem ehem ...
🔹🤔🤔cemburu positif?
Cemburu itu ada yang terpuji dan ada yang tercela,
Cemburu kepada suami yang sah dan tidak berlebihan 😊
ana lanjut ya ...
🔹Jadi kalo belm nikah, ngga boleh cemburu ☹ hemm
Saat menyukai seseorang, dalam artian lawan jenis, rasa cemburu akan datahg menghampiri 😊
Namun karena tidak ada ikatan, rasa itu harus ditekan ... tak bisa ambil mic lalu berteriak ... *Aku Cemburu* 😊
Karena, ia bukan milikmu dan kau bukan miliknya 😊
*Cemburu yang terpuji*
🌸 Cemburu terhadap hal-hal yang diharamkan oleh Allah تعالى
🌸 Cemburu terhadap kehormatan. Orang Mukmin harus cemburu terhadap anggota keluarganya jika ada salah satu seorang di antara mereka yang mengotori kemuliaan atau kehormatan diri.
🌸 Cemburu terhadap waktu. Waktu merupakan sesuatu yang paling berharga bagi ahli ibadah. Dia tentu akan cemburu jika kehilangan waktu. Sebab sekali saja kehilangan waktu, dia tidak akan dapat kembali lagi.
Yang kedua adalah, *Cemburu yang Tercela*
yaitu cemburu yang dibarengi rasa prasangka yang berlebihan, bahkan hingga menimbulkan rasa su'udhon 😊
🔹Contohnya gmn ni tadz,hihihi
Contohnya, selalu curiga ama suami, padahal suaminya jujur banget, berangkat kerja, di kantor juga mampu menahan beragam godaan yang datang mendera, pulang kerja sesuai waktunya ... si istri pas suami datang malah pecahin wajan 😊 nuduh suami macam-macam,
Kalau istri nelpon suami ndak angkat dituduh selingkuh 😊
Nanti dijelaskan pas sesi tanya jawab 😊
Atau contoh yang kedua,
🔹😱😱serem amat pecahin wajan ustadz😬
Seorang yang belum sah tadi, berasa suka ama seseorang, lalu merasa memiliki, ternyata ndak jodoh, pas lelaki tersebut mau nikah tiba-tiba datang sambil berorasi ... turunkan harga barang ... #eh
Intinya dia kaga terima, kalau si lelaki tadi nikah ama wanita lain, coz dia cemburu
Bahkan sambil ngancam mau bunuh nyamuk, ...
🔹nyamuk yg gtw apa2 jd sasaran ya tadz, hihihi..
Itu cemburu yang fatal dan salah arah ... (ndak bawa kompas)
Cemburu itu adalah bagian dari perasaan was-was 😊
Allah berfirman,
إِنَّ الَّذِينَ اتَّقَوْا إِذَا مَسَّهُمْ طَائِفٌ مِنَ الشَّيْطَانِ تَذَكَّرُوا فَإِذَا هُمْ مُبْصِرُونَ
_Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa apabila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah تعالى. Maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya_
Seorang sahabat bahkan pernah mengungkapkan apa yang akan ia lakukan, jika kecemburuan yang melanda hatinya memiliki bukti yang nyata,
لَوْ رَأَيْتُ رَجُلًا مَعَ امْرَأَتِي لَضَرَبْتُهُ بِالسَّيْفِ غَيْرَ مُصْفَحٍ
_Seandainya aku melihat seorang laki-laki sedang bersama istriku pasti aku pukul dia dengan sisi pedangku yang tajam!_
Sebagai penutup, izinkan ana sedikit memberikan pernyataan ...
*Bukan berarti kita tidak boleh cemburu. Rasa cemburu bukanlah sesuatu hal yang buruk dan harus dihilangkan atau ditolak, namun semua itu harus berdasar kepada ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan dalam syari'at*
والله أعلم 😊
🌸🌸🌸🔷🔷🔷🌸🌸🌸
🌟TaNYa JaWaB🌟
0⃣1⃣ Lia
Ustadz, perasaan terpuji yg baik untuk pasangan suami istri itu seperti apa?.. Apakah dahulu Rosullah ,nabi muhammad ada kisah cemburu pada istrinya,, cemburu yg bagaimana?
Monggo ustadz dijelaskan,,
🌸Jawab🌸
Sangat wajar, dalam beberapa riwayat, pernah Aisyah cemburu kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم, begitupun dengan istri-istri beliau yang lain, contoh: ada satu masa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bermalam disalah satu rumah istri beliau, lalu beliau dikirimi makanan oleh istri yang lain, istri yang saat itu bersama beliau merasa cemburu dan marah, lalu dipecahkan piring yang berisi makanan tersebut, dengan lembutnya Rasulullah صلى الله عليه وسلم menenangkan hati istri beliau, dan piring tersebut diganti dengan piring yang ada di rumah tersebut (piring yang serupa), sehingga apa yang terjadi tidak diketahui oleh istri beliau yang lainnya 😊
والله أعلم 😊
0⃣2⃣ Uki
Ustadz, Bagaimana menghilangkan atau mengurangi rasa cemburu?
🌸Jawab🌸
Istighfar ... ambil wudhu ... 😊
Instropeksi diri, sekiranya adakah hal yang kita rasa, kekurangan pada diri kira, sehingga kita berpikiran negatip, bahwa suami mencari hal tersebut dengan orang lain 😊
Jika memang ada kendalikan dan perbaiki diri 😊
Jika tidak ada kekurangan pada diri kita, dan tidak ada bukti nyata kesalahan suami, tekan rasa itu 😊 artinya hanya prasangka yang tidak berdasar 😊
0⃣3⃣ Suci MMardiyani
Maksud dari cemburu terhadap mereka yang mengotori kemuliaan atau kehormatan diri gimana ustadz? Mengapa cemburu tsb trmasuk cemburu yg terpuji?
🌸Jawab🌸
*Cemburu yang terpuji*
🌸 Cemburu terhadap hal-hal yang diharamkan oleh Allah تعالى
Dalam artian merasa marah jika terperosok ke dalam dosa, dan berusaha kembali kepada jalan yang sesuai dengan tuntunan al-Qur'an dan Sunah
🌸 Cemburu terhadap kehormatan. Orang Mukmin harus cemburu terhadap anggota keluarganya jika ada salah satu seorang di antara mereka yang mengotori kemuliaan atau kehormatan diri.
Contoh ada seorang anggota keluarga yang *pacaran*, maka kita harus cemburu atau marah dengan apa yang ia lakukan, dengan cara kita mencegahnya dari perbuatan tercela tersebut
🌸 Cemburu terhadap waktu. Waktu merupakan sesuatu yang paling berharga bagi ahli ibadah. Dia tentu akan cemburu jika kehilangan waktu. Sebab sekali saja kehilangan waktu, dia tidak akan dapat kembali lagi.
QS. al-Ashr 😊
🌸Misalnya ada salah seorang kerabat kita yang suka bermaksiat, maka kita harus cemburu padanya, dengan cara memberikan nasehat agar ia sadar 😊
🔹Masya Allah.. jazakallah ustadz. Ana paham skrg😊
0⃣4⃣ Suci
Kalau contoh cinta yg berlebihan kpd suami itu gmn ya tadz ?
🌸Jawab🌸
😊
Cinta yang berlebihan, bisa dikatakan *over protectif*
Ga tau jam kerja, suami ditelpon setiap 15 menit
Kalau keluar rumah suami mesti harus selalu nelpon dan ngasih tau ada di mana, bersama siapa
Hape suami diubek-ubek
😊
0⃣5⃣Dian
Uhiz,ijin tanya, maaf kalo keluar dari materi,
bagaimana tanda"nya bahwa seseorang itu benar" jodoh kita?tanpa ada perasaan ragu atau terburu"
🌸Jawab🌸
Ketika ada rasa *click*
Susah digambarkan dengan kata-kata
intinya, ketika melihatnya kita merasa nyaman, ketika mendengar suaranya serasa terbuai, senyumnya menenangkan hati 😊
click 😊
0⃣6⃣ Lela
Asslmkm,, ustd ijin tany,. Bgmn cara meleburr rasa cemburu .. bhkn yg di cumburui sj mgkn ga ngerti.. hati ini aj yg bikin repot sndiri.. 😂tentuny meleburr ke arah yg positif.. tetap terlihat cool wlpun skt.. mohon berkenan memberi contoh realnya ya ustd,Trmksh🙏
🌸Jawab🌸
😊
Dalam rumah tangga, rasa cemburu pasti datang melanda 😊
Ketika rasa itu hadir, seperti yang ana sampaikan pada jawaban sebelumnya, instropeksi diri 😊 adakah kekurangan dalam diri kita, kita harus jujur pada diri kita sendiri, karena dengan adanya kekurangan pada diri kita, rasa cemburu itu akan meraja dalam sanubaru, sehingga membuat kita terperdaya olehnya 😊
Perbaiki diri, tutup kekurangan itu semampu, sedaya upaya kita 😊
Jika memang kita merasa begitu sempurna, tinggal kuatkan hati, apalagi tanpa bukti, tak perlu kita kotori hati dengan prasangka buruk 😊
Perbanyak istighfar, dan serahkan semua kepada Allah, Allah pasti akan memberikan yang terbaik kepada kita 😊
🔹Berarti kurang lbh cmburu hmpir sama dgn marah,
🌸Cemburu itu muaranya bisa kemana-mana jika tidak dikontrol dengan baik 😊
ia terkait dengan emosi 😊
0⃣7⃣Mega
Saya ingin bertanya. Cemburu kpda seseorng yg bukn suami kita itu kan salah.
Saya kn belm nikah ustadz, mislkn sya cemburu kpd seseorng. Itu gmna cranya untk mencegh sikp buruk tersebt ustazd. Cara ampuh dalm prakteknye biar cemburu ngga salah (cemburu posting)
🌸Jawab🌸
😊
Rasa cemburu tadi ditelan abis tu dimuntahin 😊
Kalau memang berasa lelaki tersebut seseorang yang tepat, segera bicara ama orang tua ukhty, ceritakan bahwa ukhty menaruh hati dengan seseorang, dan ukhty berharap ia bisa menjadi suami ukhty
Nanti lihat tanggapan orang tua ukhty, jika mereka menanggapi dengan baik apa keinginan ukhty, mereka pasti akan mencari jalan agar rasa cemburu itu menjadi hal yang benar
Dan jika ternyata putusan mereka adalah tidak, maka ukhty harus menghapuskan dirinya dari jiwa ukhty 😊
🔹Pernh merasakn sprti ini jg saya. . .aaah masa lalu buat pelajaran untuk hdapin masa depan,
0⃣8⃣ Sri..
Ustdz mau tnya, Dosa kah kita cburu fositif yg berlebihan smpai memaksakan dan alhasil kita tidak mndafatkan mnfaat dri cmburu tsb
🌸Jawab🌸
Sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik 😊
Contoh:
Ngecharge gadget, kalai berlebihan akan meledak
Makan berlebihan akan bikin penyakit,
Bahkan dalam ibadah pun tidak dianjurkan untuk berlebihan 😊
Secukupnya saja, karena setiap hal yang berlebihan, mesti akan menimbulkan mudharat 😊
🔹Lalu bgaimana cara mengontrol diri supaya tidak memaksakan diri.. takutnya malah timbul syirik dan sombong. Apakah kita tidak ckup dg kemampuan kita tanpa mengharuskan diri mencapai hal yg lebih tinggi
🌸Istighfar 😊
0⃣9⃣ Nuring
Ustadz bagaimana caranyaa menghadapi rasa cemburu yang tak menentu, biasanya antar saudara dalam satu keluarga, antara adik dan kaka atau malah sebaliknya???bagaimana pula menyikapinya... misal si ibu pilih kasih gt ustad
🌸Jawab🌸
Sebenarnya setiap orang tua mesti menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya 😊
Tak ada pilih kasih terhadap anak-anaknya 😊
Yang agak sulit itu saat kita sebagai orang tua, dibebankan pada dua pilihan, antara mendukung putusan si kaka atau si dede
Orang tua yang bijak, akan mendudukan mereka berdua, lalu ia dengarkan keluhan mereka, selanjutnya ia ambil titik tengah antara keinginan keduanya, hingga tidak ada yang merasa diabaikan di sana 😊
🔹Ia ustad , soalnya d rumah gt si ustadz,
Mama suka gt🙈
Adik" tiri ane yg suka gt sm mm, kalau ane sendiri insya Allah kaga usatd🙊
Haduh jd curhat🙊
🌸Mereka butuh perhatian lebih dari seorang ibu,
🔹Nah bisa jadi ustadz,
🌸Jadi sebagai seorang kakak yang manis baik hatindan rajin menabung, pahamilah mereka 😊
🔹Kalau ane sudah terbiasa sendiri ustadz,
1⃣0⃣ Nuring
Bagaimana caranyaa mengatasi rasa rindu sm ayah yg tak tahu batang hidungnya bahkan tak pernah berjumpa dgnnya??, kmd apakah beliau menanggung dosa anaknya terdahulu, ustad apakah kewajiban anak mencari ayahnya??, bahkan ia sendiri tak pernah ketemu sm ayahnya?? Dan nga tahu jejaknya masih hidup atau sudah meninggal???, bagaimana menyikapinyaa ustad???
🌸Jawab🌸
Dinikmati dan dirasakan 😊
Sambil mencari tahu keberadaan beliau, coz tidak ada *mantan* anak 😊carilah informasi terkait beliau sekecil apa pun, semoga Allah mudahkan usaha untuk mencari beliau 😊
🔹Aamiin yaa Robb,masalahnyaa jejaknyaa nga tahu dmn,
1⃣1⃣ Indah
Ustadz, adakalanya atasan kita lebih cenderung ke pegawai tertentu. Ketika kondisi hati sedang normal, mungkin bs tetap huznudzon. Namun ketika kondisi kurang baik, habis dpt komentar terus ngeliat ketidak adilan tersebut rasanya pengen ngambek. Gimana ngatasinnya ustadz, biar bs tetep hudnudzon bagaimanapun kondisi hati? Jazakalloh
🌸Jawab🌸
Ketika kita bekerja menjadi bawahan mesti ada rasa itu
Tetaplah bekerja sesuai dengan apa yang sudah diamanahkan pada kita, dan tujuan bekerja dirubah, bukan untuk berharap pada pujian manusia, bukan untuk disukai atasan 😊
Namun niatkan karena Allaj, sehingga bernilai ibadah 😊
Setiap pekerjaan yang bernilai ibadah, hati kita akan berasa lebih tenang 😊
1⃣2⃣ Fitri P.
Ustdz gmna caranya menghilangkan rasa cemburu kpda tmn yg berhijrah. Si teman ini berhijrah namun saya punya perasaan cmburu knpa dia bisa gtu 😭😭
🌸Jawab🌸
Ikuti langkahnya, setapak demi setapak 😊
Saling menguatkan jika salah satu dari kalian merasa lelah 😊
1⃣3⃣ Yani
Ustd apa kah wajar saya sebagi istri merasa cemburu jika mendapati suami lagi ngobrol di telpon atau secara langsung kepada wanita lain dengan cara bicara yg beda dan tidak seperti umumx..apalagi jika lawan bicarax (wanita lain)tidak menghargai ataupun tidak menghargai saya sebagai istrix ada dekat situ tanpa menegur ataupun menyapa saya.
🌸Jawab🌸
Cemburu wajar 😊
Boleh selepas itu tanyakan pada suami wanita itu siapa, dan jika ukhty kuat hati, izinkan suami untuk menikah lagi, jika arahnya memang ke *cara berbeda* tadi 😊
Aasif jika jawaban ini terasa menyakitkan 😊 namun ana do'akan semoga tidak terjadi 😊
🔹Syukronn ustdz..lama konteks ini brarti bukan saya yg cmburu buta ataupun cemburu tdk berarah...😢😢
🌸🌸🌸🔷🔷🔷🌸🌸🌸
🌟PeNuTuP🌟
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان
لا إله إلا أنت
أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel