Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

Baby Blues Syndrome



OLeh : Khoirunnisa Yurliyana, S.Si.T.,M.Kes

Alhamdulillahirobbil aalamiin... dengan rahmatNya melalui Trio Bidadari Surga dan tim, Senang sekali Nisa bisa bersua kembali disini bersama sahabat Bidadari Surga di room kajian istananya Bidadari Surga yg megah dan penuh barokah ini...jazaakunnallah khairan katsiir😍😍😍
Baiklah sahabatku..mohon izinnya untuk sharing tentang "Baby Blues Syndrome"
Bismillaahirrohmanirrohiim...
Sahabat bidadari surga yg di rahmati Allah...Adakah yg tau apakah itu "baby blues syndrome" ?
🌸Baby Blues Syndrome/Post Partum Distress Syndrome adalah suatu kondisi perasaan sedih dan gundah yang dialami oleh sekitar 50 - 80% ibu pasca melahirkan.
🌸Aneh memang.., pasca melahirkan tentunya akan muncul perasaan senang pada diri seorang ibu, rasa haru sekaligus lega karena perjuangan selama 9 bulan masa kehamilan dan proses kelahiran telah terlewati dengan selamat. Dan kini hadir buah hati yang akan senantiasa menemani hari-hari ibu. Namun beberapa hari kemudian, justru perasaan senang yang menghinggapi kini berubah menjadi rasa penuh kesedihan dan khawatir. Kondisi inilah yang dinamakan sebagai " Baby Blues Syndrome"
🍃Kondisi ini biasanya terjadi pada 14 hari pertama setelah melahirkan, dan cenderung memburuk pada 3-4 hari pertama pasca melahirkan.
Namun jika ibu mengalami kondisi yang sama melebihi batas normal 2 minggu, maka baiknya ibu berkonsultasi dengan dokter, karena dikhawatirkan mengalami 'Post Partum Depression'
🌸Adapun gejala yg timbul pada baby blues syndrome = menangis tanpa sebab yang jelas, mudah kesal, lelah, cemas, tidak sabaran, enggan memperhatikan si bayi, tidak percaya diri, sulit beristirahat dengan tenang, mudah tersinggung.
🌸Perbedaan antara Baby Blues Syndrome dengan Post Partum Depression = pada frekuensi, intensitas, serta durasi berlangsungnya gejala-gejala diatas. Pada Post Partum Depression (PPD) gejala tersebut muncul lebih sering, lebih hebat, dan lebih lama.
🌟Oya kan sering sedih smpe gak peduli sama bayi.. sama dokter di kasih obat.. obatnya yg bikin tidur sampai berjam"
Tu smpe 6 bln jalani pengobatan..
🍃Ini yg disebut dgn PPD = post partum depression, lanjutan dari post partum blues
🌸Penyebab Baby Blues Syndrome = faktor ibu, faktor bayi, dan faktor lingkungan sekitar. Qta bahas satu persatu ya..
🌸A. Faktor ibu = faktor yang paling besar menimbulkan sindrom baby blues adalah ketidaksiapan ibu menghadapi kelahiran bayi, diantaranya adalah =
🍃1. Kelelahan pasca melahirkan.
Pada hari pertama setelah melahirkan, kondisi ibu masih sangat capek akibat proses persalinan yang sangat menguras tenaga. Kondisi ini ditambah dengan kewajiban mengurus si kecil yang juga tak kalah melelahkan, yang sering bangun malam sehingga menambah rasa lelah bagi siibu, karena otomatis mengurangi waktu istirahat.
🍃2. Kesulitan menyusui. Mungkin karena siibu yang belum terbiasa, belum berpengalaman (karena bayi pertama), atau faktor payudara ibu yang tidak/kurang menonjol keluar sehingga sulit menyusui bayi, hal ini dapat mengakibatkan frustasi yang berdampak pada kesedihan ibu.
Solusinya 👉🏻 Untuk kondisi puting susu yang kurang/tidak menonjol maka diperlukan terapi khusus yg bisa dimulai sejak dalam masa perencanaan kehamilan, namun jika masalahnya ada pada ASI yang belum keluar, maka ibu dianjurkan untuk terus dirangsang pengeluaran ASI nya dengan sering menyusui ASI, karena semakin sering menyusui maka semakin bertambah produksi ASI nya.
🍃3. Trauma melahirkan dan depresi saat mengandung.
Ibu yang mengalami kesulitan saat persalinan akan berpeluang besar menderita sindrom ini. Juga pada ibu yang pernah mengalami depresi berat saat mengandung. Misalnya : perasaan sedih yang sangat karena kehilangan orangtua atau sanak keluarganya.
🍃4. Canggung mengurus bayi.
Ibu baru mungkin akan merasa canggung menghadapi bayi barunya. Bahkan tak jarang sampai takut menyentuh karena melihat bayinya mungil dan tampak rapuh. Hal ini membuat siibu merasa takut bila bayinya nanti menangis atau terluka karena pegangan ibu yang terlalu kasar, padahal dalam hati ingin sekali melakukannya. Tentu saja kondisi ini memicu kesedihan ibu
🍃5. Pengaruh hormon. Pada saat kehamilan, ibu banyak mengalami perubahan besar baik fisik maupun non fisik termasuk didalamnya perubahan hormon.
Begitu juga pasca melahirkan, perubahan tubuh dan hormon terjadi lagi. Perubahan-perubahan yang terjadi ini sangat mempengaruhi perasaan ibu. Penurunan secara drastis dalam tempo 72 jam kadar hormon estrogen dan progesteron serta hormon lainnya yang diproduksi oleh kelenjar thyroid akan menyebabkan ibu sering mengalami rasa lelah, depresi, dan penurunan mood.
🌸B. Faktor Bayi = hadirnya si kecil yang harus betul-betul diawasi, dipenuhi perhatiannya, diasuh siang dan malam banyak menguras tenaga ibu, sehingga ibu mengalami keletihan dan kurang waktu istirahat. Perubahan pola hidup ini juga sebagai faktor penyebab banyaknya ibu pasca melahirkan mengalami depresi.
Selain itu kecemasan yang menghantui ibu juga bisa memicu Baby Blues Syndrome
🌸C. Faktor Lingkungan = kondisi lingkungan sekitar yg tidak mendukung juga dapat menyebabkan ibu sedih dan emosi. Lingkungan bisa diartikan sebagai suami, orang tua, mertua, tetangga.
🌸🌸🌸
🍃Saat ibu bangun tengah malam karena bayi menangis, sang suami tidak ikut menemani malah asyik dengan mimpi indahnya. Saat ibu panik karena bayi gumoh, si nenek malah menyalahkan ibu, dll menambah ibu post partum tidak nyaman dan ingin selalu menangis, dan menyalahkan diri sendiri. Bila kondisi ini berlangsung lebih dari 2 minggu dan semakin parah, maka dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.
🌸Jika keluhannya lebih dari 2 minggu disebut PPD (post partum depression)
Kondisi yg lebih berat lagi setelah PPD adalah psikosis post partum.
🌸Adakah yang tau apakah psikosis post partum?
Kondisi ini memang jarang terjadi. Seseorang yg mengalami gejala psikotik yaitu delusi ( keyakinan yg salah), halusinasi ( melihat atau mendengar hal hal yg tak ada) atau keduanya.
🌸Penanganan pada kondisi post partum blues =
1. Kelilingi ibu dengan keluarga yg mendukungnya
2. Cukup istirahat, sebanyak yg bisa
🌸🌸🌸
🍃Sebenarnya kondisi baby blues syndrome akan menghilang sendiri setelah 2 minggu, dengan dukungan dari keluarga yang cukup.
Pada kondisi Post Partum Depression dan psikosis post partum, ditangani di RS sesuai dengan gejala dan keluhan yang timbul,
✍🏼mengajarkan ketrampilan ibu seperti menenangkan bayi menangis, merawat bayi, mendukung kesehatan hati ibu pasca persalinan bisa mengurangi kejadian Baby Blues Syndrome.
🌸Penanganan kedaruratan=
A. Hubungi dokter profesional jika = ibu post partum memiliki perubahan suasana hati, atau merasa tertekan selama lebih dari beberapa hari setelah kelahiran bayi,
🍃Ketika ibu post partum tidak dapat mengatasi kegiatannya sehari hari termasuk merawat bayi,
🍃Bila ibu post partum memiliki perasaan depresi yg kuat atau kemarahan 1-2 bulan setelah melahirkan
✍🏼segera hubungi dokter atau 911, jika ada ibu post partum yang mengalami = pikiran menyakiti atau membunuh diri sendiri, menyakiti bayi atau anak2 lain, mendengar suara2 atau melihat hal2 aneh, pikiran bahwa bayinya jahat.
🌸Sudah dulu deh, materinya
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
📚TaNYa Jawab📚
0⃣1⃣ Mitha
Saya punya saudara, setelah melahirkan merasa dia yang paling repot paling sakit, jadi selalu banyak melamun dan menangis, akibatnya Asinya tidak keluar dan bayinya rewel?
Harus bagaimana ukhti nisa!!
💘Jawab:
Bunda mitha yang dirahmati Allah..Kondisi ini disebut baby blues syndrome.., tetap berikan dukungan yang cukup untuk saudara bunda mitha, jangan ditinggalkan, temani dan bantu ajari cara menyusui ASI lebih sering dengan sabar selain cukup mengkonsumsi gizi seimbang, pastikan hatinya tenang dan bahagia agar asinya cepat keluar dan bayinya pun tenang.
Karena jika ibunya tenang insyaallah bayinya pun tenang
0⃣2⃣ Dilla
Bagaimana agar mencegah syndrom baby blues agar tdk terjadi pada ibu yg tlah melahirkan?
💘Jawab:
Ukhti dilla yang baik, agar tidak terjadi baby blues syndrome, maka diperlukan persiapan yang matang baik pada calon ibu dan calon bapak serta keluarga untuk bisa saling mendukung kesehatan calon ibu baik secara fisik maupun psikis/mental yang dimulai sejak persiapan kehamilan, pastikan si ibu terbuka kepada suami atau keluarga tentang perubahan apapun yang dialaminya agar dapat dibantu dan ditatalaksana dengan baik.
0⃣3⃣ Ummu Badi'
Mba Nisa,, apakah rasa cemas dan khawatir yg terjadi sebelum melahirkan juga bisa dikatakan rangkaian baby blues?
Dan tentunya saat post partum perasaan itu masih ada.
Bagaimana tips nya menjadi happy mother tanpa baby blues? 
Jazaakillah khair 🙏🏼
💘Jawab:
'Ya', betul Ummu badi'..rasa cemas dan khawatir yang terjadi sejak sebelum melahirkan adalah awal mula-rangkaian terjadinya baby blues syndrome.
Tips agar menjadi happy mother tanpa baby blues = lakukan persiapan fisik dan mental sebelum melahirkan, lengkapi pengetahuan ibu seputar perawatan kesehatan bayi, support dari keluarga yg paling utama terutama dari suami, beristirahatlah selagi ada kesempatan untuk beristirahat, be positif thinking, jangan lupa berdoa, berserahlah pada Allah.
0⃣4⃣ Key
Gmn caranya mengatasi trauma pasca IUFD anak ke 2 setahun kemaren skr udah hamil lagi 7 bulan tapi perasaan selalu takut setiap kali kontrol... setiap sendirian juga...
Jazakillah...
💘Jawab:
Bunda key yang dirahmati Allah.., menghilangkan trauma pasca IUFD (Intra Uterine Fetal Death/kematian janin dalam kandungan) memang tidak instan, tapi harus selalu berusaha be positif thinking, apalagi bunda key sudah ikhtiar dengan rutin memeriksa kehamilannya dan hasil pemeriksaannya baik, maka teruslah menjaga kesehatan bunda key agar kesehatan janinpun baik. Insyaallah.
Percayakan ke Allah, bahwa Allah akan memberikan yg terbaik untuk bunda key dan keluarga.
Aamiin
0⃣5⃣ Suci
Bunda nisa apakah ada tips bagi seorang wanita yang *belum menikah* agar ketika mjd seorang ibu nanti terhindar dari baby blues syndrome ?😅🙏
💘Jawab:
Ukhti suci yg baik, tips nya = usahakan be positif thinking, rajin browsing seputar kesehatan calon ibu dan perawatan bayi, hindari stress, dan selalu mendekat ke Allah
0⃣6⃣ Jenni
Mba Nisa jika terjadi syndrome baby blue pada si ibu, apa akibat dari syndrome baby blue pd si bayi ?
Lalu bagaimana dan apa yg terjadi dan ada kah pengaruh yg negative terhadap si bayi ? Jazakillah
💘Jawab:
Bunda Jenni yg baik, jika seorang ibu mengalami baby blues syndrome, maka otomatis bayinya akan terlantar karena tidak dihiraukan oleh ibunya yg sering cemas, pasti rewel dan sering menangis, karena kondisi anak itu sebagaimana kondisi ibunya, dan kondisi ini pasti akan berdampak buruk bagi kesehatan bayinya.
0⃣7⃣ Wulan
Kakak temen saya selisih beberapa hari setelah melahirkan merasa blank, lupa cara" melakukan sesuatu, nyapu, nyuci, dsb, merasa tdk berguna, sehingga anak yg ngurus neneknya.. apakah itu termasuk baby blues ukh? Lalu jika sudah mendingan, apakah baby blues bisa kumat lagi??
Soalnya nenek bayi jadi takut kalo anak di kembalikan ibunya, nanti malah kumat..
Sampai dibawa psikiater, mau dirukiyah juga, takutnya kemasukan jin!!!
Jazakillah
💘Jawab:
Betul, ini baby blues ukhti wulan. Baby blues bisa berlanjut jika tidak ditangani dengan baik dan tuntas
Ukhti wulan.., seringkali keluarga menganggap bahwa ibu kemasukan jin sehingga harus di rukyah. Boleh" saja dilakukan rukyah, tapi lebih mengena jika diterapy di psikiater or RSJ juga dengan pendekatan agama.
Karenanya jangan tinggalkan ibu post partum sendirian, selalu ajak komunikasi dan berfikir positif, pastikan ibu post partum senantiasa happy sehat fisik dan psikisnya, cukupi kebutuhannya, termasuk pola istirahatnya dan selalu mendekat ke Allah
0⃣8⃣ Dilla
Kalo habis melahirkan trus seminggu kemudian meninggalkan anaknya tanpa alasan yg jelas apa itu termasuk syndrom baby blues ukhti?
💘Adakah gejala yg lain ukhti dilla? Terutama di 1 minggu sebelum meninggalkan bayinya?
🌟Suka ngelamun gitu mbak..
Tiba2 seminggu kemudian ninggalin anaknya gitu aja..
Pasca melahirkan suka ngelamun kadang diajak ngobrol suka ngga nyambung...
💘iya, ukhti dilla, ini adalah syndrome baby blues.
🌟Astaghfirulloh.. Aku baru tau ukhti yg namanya "syndrom baby blues" alhamdulillah skrng aku sudah tau.. Tadi sampe nanya sma tmn2 apaan sih maksudnya koq "syndrom bayi biru" 🙈🙈
0⃣9⃣ Sri
Ukhty Nisa..afwan rada meleset dari pembahasan. Apakah ada cara traditional supaya puting susu menonjol??
Normalkah ibu hamil mengeluarkan Asi yang cukup banyak di trimester akhir?
Bagaimana cara mencegahnya??
💘Jawab:
Bunda sri yang berbahagia.. cara tradisional agar puting susu menonjol adalah dengan cara menarik ujung puting sambil diputar kearah luar secara perlahan dan bertahap, jangan dipaksa langsung keluar, hal ini bisa dilakukan sejak perencanaan kehamilan, dan diatas usia kehamilan 37 minggu.
Stimulasi puting susu ini tidak boleh dilakukan di usia kehamilan <37minggu karena dapat menimbulkan terjadinya kontraksi rahim sehingga beresiko keguguran dan atau terjadi persalinan prematur.
🌟Syukran ukhty penjelasan dan sarannya, tapi afwan jiddan ukhti masih mengganjal 1 pertanyaan lagi.. Jika di trimester terakhir si ibu hamil mengeluarkan ASI yang cukup banyak apakah normal? lalu cara apa yang bisa di lakukan sebagai pencegahan? Jazaakillah khayr
💘Bunda sri.. Asi memang sudah mulai diproduksi diusia kehamilan trimester kedua tepatnya di usia kehamilan 16 minggu, saat ini hormon prolaktin sudah mulai bekerja aktif untuk memproduksi asi, dan jika di usia kehamilan trimester ketiga asi banyak mengeluarkan asi/kolostrum =Normal karena dipengaruhi oleh peningkatan hormon prolactin dan oksitosin sebagai persiapan pemberian Asi.
1⃣0⃣ Wahyuni
PPD apakah bisa sampai 2 tahun ukhty..
Ko ana merasa ga nyaman terus ya..
💘Jawab:
Bunda wahyuni yang disayang Allah..PPD bisa sampai 2 tahun atau lebih bunda sayang.., seringlah berkomunikasi dengan suami dan keluarga, dan mulailah merubah apa yang bunda fikirkan/anggap selama ini menjadi anggapan yang positif dan menyenangkan, hindari semua faktor pencetus stress, dan jika tidak ada perubahan rencanakan untuk berkonsultasi ke dokter ya bunda
1⃣1⃣ Nigela Sativa
Mungkin agak oot dari yg dibahas di tj..
Penderita PCOS apa bisa disembuhkan ukh?
Adakah kemungkinan utk hamil? Mengingat thn ini usia ana sdh akan menginjak 27thn!!!
💘Jawab:
PCOS = polycystic ovary syndrome adalah kondisi terganggunya fungsi ovarium pafa wanita yang berada di usia subur.
Tanda awal pcos = masa subur yg tidak beraturan, meningkatnya hormon pria (androgen) dalam tubuh wanita, munculnya banyak kista pada ovarium. Pcos tidak bisa disembuhkan tapi gejala-gejalanya bisa dikendalikan. Kemungkinan untuk hamil bisa tapi harus bersabar dan disiplin ikuti therapi dokter ya bunda nigela. Insyaallah. amin 
🌟Bunda nigela, saya waktu habis nikah divonis PCOS sama dokter, haid Tidak teratur dan dibilang akan hamil dalam wktu yg lama mungkin bila umurnya sudah mendekati angka 40, Tapi Alhamdulillah 6 bln setelah di vonis PCOS saya hamil anak pertama..
Maaf cuman sharing saja Semangat ya bund.
💘Jazaakillah khairan bunda widya atas semangatnya👍
Semoga bunda nigela, cepat dikaruniai buah hati terbaik oleh Allah. Aamiin yaa robbal aalamiin👍
1⃣2⃣ Mama Nindy
Apa bisa karena faktor dari keluarga..karena dulu waktu anak pertama lahiran..saya kayak ga boleh gendong bayi saya..
Jd klo anak saya nangis ppilih di gendong sama mertua saya..dan saya ngerasa seperti di pisahkan dari anak saya..
Sampai sekarang saya merasa ga suka sama anak saya...sebel aja klo liat mertua pegang anak saya...
Jadi saya suka sedih sendiri..suka ngelamun sendiri...kadang suka menyalahkan lingkungan saya...apa yg harus ana lakukan ukhty...depresi tingkat tinggi ni kayaknya..😅
💘Jawab:
Bunda wahyuni/mama nindy..,mulailah mencoba merubah mindset bahwa mertua bunda wahyuni adalah mama yang baik, yang sayang dengan bunda wahyuni dan buah hati bunda, dekati mama mertua dengan menunjukkan bahwa bunda wahyuni adalah ibu terbaik untuk buah hati bunda
🌟Akan saya coba bund..😊
Mudah"an negatif thinking bisa dihilangkan..sedikit2..😔
Jazakillah khoiran bunda nisa..😊😊
💘Insyaallah bisa..aamiin yaa robbal aalamiin👍🏻
🌟Syukron bunda..😍😊
💘Waiyyaki
1⃣3⃣ de' henny Rasa kurang suka pada anak kecil apakah bisa mempengaruhi tuk proses kehamilan??
Apa termasuk pra BBS
😬😬🙈🙊
💘Jawab: Kerja hipotalamus mempengaruhi kinerja tubuh. Hipotalamus berfungsi menjaga tubuh tetap konstan dan stabil, hipotalamus merespons berbagai sinyal dari lingkungan internal maupun external.
Pastikan be positif thinking agar kerja tubuh pun menjadi positif karena kerja hipotalamusnya positif, karena apa yg kita fikirkan itulah yg akan terjadi.
🌟Gtu ya kk
💘Tapi terjadi😬😬😬
🌟Seperti sugesti bukan ukhti..😁
💘Baby Blues Syndrome biasanya seringkali terjadi pada seseorang yang kurang terbuka untuk mengkomunikasikan apa yg dirasakannya agar menjadi positif hasilnya, selain dipengaruhi oleh faktor hormonal, dan dukungan keluarga.
🌟Tapi tidak ada kata terlambat ya kk tuk merubahx,
Tuk menyukai baby biar cepat dapat momongan
Amin ya robbal alamin,,,
Semoga segera d berikan momongan ya kk.
Klo misal dak bisa merubah rasa suka ma anak" berarti khan terus seperti itu ya kk,,,
💘Iya, pastikan bisa merubah mindsetnya, dan lakukan pemeriksaan yg lebih lengkap agar dapat ditatalaksana dengan baik sesuai dengan faktor penyebab infertilnya 👍
🌟Apa ya kk yg kadang masih sulit merubahx???
Apa karena sibug dengan kerjaan???
Terlalu mengutamakan perkerjaan akhirx terlupakan.
💘Pola fikir (mindset) nya dulu yang di rubah perlahan dari yang negatif menjadi positif thinking, yang lainnya akan menyusul. Insyaallah👍🏻
1⃣4⃣ de' adinda Kak Nisa apakah ketomboy an itu juga mempengaruhi ketidak sukaan pada anak anak?
💘Jawab: Tidak de' adin, sikap tomboy tidak ada hubungannya dengan ketidaksukaan terhadap anak-anak.
1⃣5⃣ Ulfa Adakah terapi yg di peruntukkan buat penderita PCOS
Solusi dan sarannya dong buat penderita PCOS biar cepat hamil bagaimana bu nisa...krn saya termasuk PCOS
💘Jawab:
Terapi PCOS sederhana = mengkonsumsi pil kb, agar diatur dulu hormonnya supaya bisa menstruasi teratur dan sebaiknya dikonsultasikan ke dokter SpOG bunda ulfa untuk mendapatkan terapi yang lebih tepat
🌟Iya bu nisa, Sudah tapi jujur saya kurang telaten..🙈
💘Sudah melaksanakan terapi apa sajakahkah bunda ulfa?
🌟Ke dokter setiap mens hari ke 2...di USG di lihat sel telurnya..trus di kasih obat😬
💘Lalu
🌟Di lihat selama 3 bln mens..harus rutin kontrol dan periksa..
Di lihat sel telur nya masih kecil2 atau gimana?
💘Bunda ulfa yang disayang Allah.., ketidaksuburan/ infertilitas adalah gejala yang sering dialami wanita dengan PCOS, karena mengalami gangguan keseimbangan hormon berupa peningkatan hormon Luteinizing Hormon (LH) yang menetap sehingga terjadi gangguan ovulasi. Kadar LH yang meningkat menyebabkan sel teka yang aktif menghasilkan androgen dalam bentuk androstenedion dan testosteron.
Keadaan hiperandrogenik ini menyebabkan lingkungan internal folikel bersifat dominan androgen sehingga tidak dapat berkembang dan akhirnya mati, sehingga pada penderita PCOS yang berhasil hamil mengalami keguguran berulang. Adanya PCOS tidak berarti tidak akan hamil, karenanya penderita harus berovulasi dengan normal dulu, diantaranya dengan =
1). Menurunkan resistensi insulin
Dengan cara mengendalikan atau menurunkan berat badan, diet rendah karbohidrat, olah raga teratur. Selain itu juga dapat dilakukan dengan pengobatan untuk meningkatkan sensitivitas insulin dengan metformin dan thiazolidinedione (glirazones). Konsumsi metformin secara rutin akan menormalkan fungsi ovarium. Menstruasi akan normal dengan sendirinya dalam 1-2 bulan terapi.
2). Menurunkan hormon androgen dan mengatur menstruasi.
Hormon androgen yang tinggi dapat diturunkan dengan mengkonsumsi obat yg mengandung cyproteron asetat (ada pada pil kb tertentu). Pil kb juga menormalkan komposisi hormonal pada PCO.
Setelah beberapa bulan pengobatan selanjutnya adalah dilakukan induksi ovulasi untuk merangsang pertumbuhan sel telur.
3). Rajin dan disiplin mengikuti terapi dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
4). Berdoa dan memasrahkan ke Allah, semoga allah mempercepat kesempatan bunda ulfa untuk hamil dan melahirkan buah hati yang sehat dan berkualitas.
Aamiin yaa robbal aalamiin.
1⃣6⃣ Nani
Assalamu'alaikum mbak hanny, saya nani dr cilacap
Mau minta tolong ditanyakan ke ustdzah nisa,,apakah virus hpv bisa dihilangkan?
Bagaimana caranya?
Maaf tidak sesuai tema kajian
Terimakasih.
💘Jawab:
HPV = Human Papiloma Virus = salah satu penyakit menular seksual yang menyebabkan kutil kelamin dan diberbagai bagian tubuh.
Kutil dapat hilang tanpa penanganan khusus, tapi bukan berarti virus HPV juga ikut lenyap. Virus ini akan tetap bersembunyi dalam tubuh pengidap dan dapat menularkannya kepada orang lain.
Langkah pencegahannya = vaksinasi HPV (gardasil), adalah salah satu vaksin HPV yang terbukti efektif untuk mencegah kutil kelamin dan kanker serviks.
Vaksin HPV, umumnya dianjurkan untuk remaja perempuan.
Vaksin ini dibagi dalam 3 dosis. Jarak antara dosis pertama dan kedua adalah 2 bulan, sedangkan jarak antara dosis pertama dan ketiga adalah 6 bulan.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
📚CLoSiNG STaTeMeNT📚
Tips mengatasi baby blues syndrome = selalu mendekat ke Allah dengan dzikrullah, be positif thinking, jangan tinggalkan ibu post partum sendirian-berikan dukungan positif dan pastikan fisik dan psikisnya sehat dan bahagia, komunikasikan rasa cemas yang dialami dengan pasangan, saudara, atau teman dekat, tanamkan pada diri kita sebagai seorang ibu harus bisa sabar dan ikhlas tulus berperan sebagai seorang ibu dalam merawat dan mengurus anak-anak, bergabunglah dengan komunitas ibu untuk berbagi pengalaman dan perasaan sebagai seorang ibu baru, beri penjelasan kepada suami mengenai hal terkait Baby Blues Syndrome, agar suami mengerti dan memahami perubahan sikap kita sebagai ibu dan bisa membantu mengurangi resiko terjadinya baby blues syndrome, pastikan tidak membiarkan diri terus menerus dalam kesedihan dan merasa tak berdaya.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
📚PeNuTuP📚
Alhamdulillah Materi malam ini sungguh luar biasa..dan pertanyaan juga sdh dijawab smua oleh ukhty Nisa.
Sampailah kita di penghujung acara. Jazakillahu khairan katsir ukhty nisa ats kesediaan waktu dan ilmu yg telah disampaikan. Luarrrr biasa.
Karena waktu sudah semakin larut. Saya selaku momod mewakili Trio BS mohon maaf atas segala salah n khilaf.
Kita akhiri majelis yg mulia ini dengan membaca :
Istighfar
اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ
Hamdalah
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
Dan do'a akhir majlis
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ
لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭
Semoga perjuangan ini tak kan lekang oleh rasa lelah, letih, jenuh...
Sebab tujuan kita sama hanya mengharap ridha Allah semata...
Semoga tetap terjaga jalinan ukhuwah walau terbentang jarah nan jauh terpisah,namun hati selalu terikat,insya Allah.dan saling do'a shg istiqomah menjaga tilawah
آمِيْــــــــنْ يَا رَبَّ العَالَمِي
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel