Recent in Fashion

Best Seller Books

Anemia Pada Kehamilan



OLeh : Khoirunnisa Yurliyana, S.Si.T.,M.Kes

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh sahabat Bidadari Surga yang berbahagia😍🌹
Bertemu lagi dengan nisa disini dalam sharing seruu insyaallah tentang *"Anemia Pada Kehamilan"* di room kajian *Bidadari Surga* yang penuh barokah ini alhamdulillaah..
Rasa syukur tak terhingga ke hadirat Illahi Robbi atas kesempatan emas yang Allah berikan melalui *Trio BS* tersayang kepada kita semua sehingga kita bisa tetap sehat dan bersilaturahmi disini untuk bisa bermanfaat satu sama lain. Insyaallah. Aamiin🌹
Sebelum mulai sharingnya, seperti biasa, nisa mohon bantuan partisipasinya kepada sahabat yang berasal dari tenaga medis or paramedis untuk bersama memperkaya kajian malam iniπŸ™πŸ‘
*"ANEMIA PADA KEHAMILAN"*
🌟Adakah yang tau apa itu "ANEMIA" ?
πŸ”Ή Kurang darah
πŸ”Ή Kekurangan darah di dalam tubuh seseorang bisa karena kurang nutrisi yg baik, kurang tidur dll.
🌟ANEMIA adalah suatu kondisi tubuh yang terjadi ketika sel-sel darah merah ( eritrosit) dan atau hemoglobin (Hb) yang sehat dalam darah berada di bawah nilai normal sehingga tidak mampu memenuhi fungsinya sebagai pembawa oksigen keseluruh jaringan tubuh.
Hemoglobin ( Hb) adalah bagian utama dari sel darah merah yang berfungsi mengikat oksigen. Jika seseorang kekurangan sel darah merah atau Hb yang normal, maka sel-sel dalam tubuh tidak akan mendapatkan oksigen yang cukup, akibatnya timbullah " gejala ANEMIA".
Tanda dan gejala anemia = letih, sering mengantuk, pusing, lemah, nyeri kepala, luka pada lidah, kulit pucat, membran mukosa pucat (misalnya konjungtiva), bantalan kuku pucat, tidak ada nafsu makan, mual dan muntah.
Dalam masyarakat kita, anemia dikenal dengan istilah 'Kurang Darah'. Kurang Darah (anemia) ini berbeda dengan 'Darah Rendah'. "Darah Rendah" merupakan "rendahnya tekanan darah" (baca : Tekanan Darah Rendah), sedangkan 'ANEMIA' adalah kurangnya sel darah merah atau hemoglobin seperti yang telah disebutkan diatas
🌸🌸🌸
Penyebab Anemia =
1. Faktor genetik, seperti thalasemia, hemoglobinopati, abnormal enzim glikolitik.
2. Kekurangan nutrisi atau malnutrisi.
3. Perdarahan.
4. Faktor imunologi.
5. Infeksi seperti malaria, sepsis gram negatif, toksoplasmosis.
6. Obat obatan dan zat kimia seperti kontrasepsi, antimetabolis, zat kimia toksik.
7. Trombotik trombositopenia purpura dan syndrome uremik hemolitik.
8. Penyakit kronis seperti infeksi kronis, penyakit ginjal atau hati, neoplasma.
Anemia dalam kehamilan adalah kondisi ibu dengan kadar Hb dibawah 11g% pada trimester 1 dan 3 atau kadar <10,5 g% pada trimester 2.
Perubahan fisiologis yang dialami terjadi selama kehamilan akan mempengaruhi jumlah sel darah normal pada kehamilan.
Peningkatan volume darah ibu terutama terjadi akibat peningkatan plasma, bukan akibat peningkatan jumlah sel darah merah.
Walaupun ada peningkatan jumlah sel darah merah didalam sirkulasi, tetapi jumlahnya tidak seimbang dengan peningkatan volume plasma. Ketidakseimbangan ini akan terlihat dalam bentuk penurunan kadar Hb.
🌸🌸🌸
Klasifikasi anemia dalam kehamilan =
1. anemia defisiensi zat besi = Anemia yg terjadi akibat kekurangan zat besi dalam darah.
Anemia ini terjadi terjadi pada sekitar 62,3% pada kehamilan. Hal ini disebabkan oleh kurang masuknya unsur zat besi dan makanan karena gangguan resorbsi, perdarahan.
Keperluasan besi bertambah dalam kehamilan terutama pada trimester terakhir.
Tanda dan gejala = rambut rapuh dan halus serta kuku tipis, rata dan mudah patah, lidah tampak pucat, lucin dan mengkilat, berwarna merah daging, stomatitis algularis, pecah pecah disertai kemerahan dan nyeri disudut mulut. Pengobatan biasanya dengan memenuhi kebutuhan zat besi, misalnya dengan perbaikan pola makan atau pemberian tablet besi.
2. Anemia megaloblastik adalah anemia yang disebabkan oleh sum sum tulang kurang mampu membuat sel sel darah baru. Anemia ini terjadi pada sekitar 8% kehamilan. Penyebabnya biasanya karena kehamilan, apabila wanita tersebut telah selesai masa nifas maka anemianya akan sembuh sendiri, namun jika ia hamil lagi maka akan mengalami kembali anemia hipoplastik.
Ciri cirinya = pada darah tepi terdapat gambaran normositer dan normokrom, tidak ditemukan ciri ciri defisiensi besi, asam folat, atau vitamin b12, sum sum tulang bersifat normoblastik dengan hipoplasia eritropoesis yang nyata.
3. Anemia hemolitik adalah anemia yang disebabkan penghancuran atau pemecahan sel darah merah yang lebih cepat daripada pembuatannya.
Gejala utamanya adalah anemia dengan kelainan gambaran darah, kelelahan, kelemahan, serta gejala komplikasi bila terjadi kelainan pada organ organ vital.
Anemia ini terjadi pada sekitar 0,7 % kehamilan. Pengobatan tergantung pada penyebabnya. Bila disebabkan oleh infeksi, maka infeksinya diberantas dan diberikan obat obat penambah darah.
Wanita dengan anemia hemolitik biasanya sulit hamil, apabila hamil biasanya anemia menjadi berat.
🌸🌸🌸
Bagaimana bisa terjadi anemia pada kehamilan = perubahan hematologi sehubungan dengan kehamilan adalah oleh karena perubahan sirkulasi yang semakin meningkat terhadap plasenta dan pertumbuhan payudara.
Volume plasma meningkat 45-65% dimulai pada trimester 2 kehamilan, dan maksimum dimulai pada bulan ke-9 sekitar 1000ml, menurun sedikit menjelang aterm serta kembali normal 3 bulan setelah partus.
Diagnosis anemia defisiensi besi pada kehamilan = dengan hasil anamnesa berupa keluhan cepat lelah, sering pusing, mata berkunang - kunang, dan keluhan mual muntah pada hamil muda.
Pada pemeriksaan dan pengawasan Hb minimal 2 kali selama kehamilan yaitu pada trimester 1 dan 3.
🌸🌸🌸
Upaya mencegah terjadinya anemia & penanggulangan anemia=
1. Meningkatkan konsumsi makanan bergizi (kaya zat besi) = daging, ikan, ayam, hati, telur, sayuran berwarna hijau tua, kacang kacangan, tempe, daun katuk, daun singkong, bayam, jambu, tomat, jeruk. Sangat bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam usus.
2. Menambah asupan zat besi dengan minum tablet tambah darah (tablet besi).
🌸🌸🌸
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi tablet zat besi =
1. Minum tablet zat besi dengan air putih atau air sari buah. JANGAN dengan teh, susu, kopi karena dapat menurunkan penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga manfaatnya menjadi berkurang.
2. Kadang dapat terjadi gejala ringan yang tidak membahayakan seperti perut terasa tidak enak, mual mual, susah BAB, dan feses berwarna hitam.
3. Untuk mengurangi gejala sampingan, minum tablet zat besi setelah makan malam, menjelang tidur. Akan lebih baik bila setelah minum tablet besi disertai makan buah buahan seperti pisang, pepaya, jeruk, dll.
4. Simpanlah tablet zat besi ditempat yang kering, terhindar dari sinar matahari langsung, jauhkan dari jangkauan anak, dan setelah dibuka harus ditutup kembali dengan rapat. Tablet besi yang telah berubah warna sebaiknya tidak diminum.
5. Tablet besi tidak menyebabkan tekanan darah tinggi atau kebanyakan darah.
🌸🌸🌸
Penyakit yang dapat menyebabkan atau memperberat anemia = kecacingan, malaria, dan penyakit TBC.
Dampak anemia dalam kehamilan = menurut penelitian tingginya angka kematian ibu berkaitan erat dengan anemia.
Anemia juga menyebabkan rendahnya kemampuan jasmani karena sel sel tubuh tidak cukup mendapatkan pasokan oksigen.
Pada wanita hamil, anemia meningkatkan frekuensi komplikasi pada kehamilan dan persalinan.
Resiko kematian maternal (ibu), angka prematuritas, berat badan bayi lahir rendah, dan angka kematian perinatal meningkat.
Ibu mengalami perdarahan saat persalinan dan pasca persalinan.
Dampak anemia pada kehamilan bervariasi dari keluhan yang sangat ringan hingga terjadinya gangguan kelangsungan kehamilan (abortus, partus imatur atau prematur), gangguan proses persalinan (atonia, partus lama, perdarahan), gangguan pada masa nifas (sub involusi rahim, daya tahan terhadap infeksi, stress, dan produksi asi rendah), dan gangguan pada janin ( dismaturitas, mikrosomi, BBLR, kematian perinatal, dll).
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
πŸ’ŽTaNYa JaWaBπŸ’Ž
0⃣1⃣ Siska
Anemia itu bisa nyebabin sampai pingsan tidak?
Bukankah pingsan itu karena kurang makan biasanya?
Minum vit penambah darah berbahaya kah ?
πŸ’˜Jawab:
Ukhti sisca yang dirahmati Allah..seseorang yang menderita anemia bisa sampai mengalami pingsan disebabkan kurangnya sel sarah merah-hemoglobin sehingga asupan oksigen dijaringan tubuh tidak mencukupi.
Faktor-faktor penyebab pingsan selain anemia =
1. Kekurangan oksigen = di tempat yang berdesakan dan dipenuhi banyak orang sehingga asupan oksigen menjadi sedikit, akibatnya aliran darah dan juga oksigen menuju otak menjadi berkurang, sehingga menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran secara tiba-tiba.
2. Cuaca = kondisi cuaca ekstrim terutama panas yang menyengat membuat metabolisme tubuh menjadi tidak seimbang.
3. Dehidrasi = saat dehidrasi aliran darah dan oksigen diseluruh tubuh menjadi terhambat, cairan tubuh yang cukup bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah juga oksigen diseluruh tubuh, cairan tubuh yang terlalu sedikit akan membuat sel sel dan organ tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik.
4. Lapar = saat lapar seseorang akan menjadi mudah pingsan dan juga lemas. Glukosa yang menurun membuat seseorang lemas dan juga hilang kesadaran. Glukosa diperlukan sebagai sumber energi yang dipecah oleh insulin oleh tubuh.
5. Perubahan posisi tubuh mendadak dikarenakan kurangnya tekanan aliran darah di otak.
6. Perubahan irama jantung = dikarenakan terjadinya fluktuasi yang berpengaruh terhadap jumlah darah yang akan dipompa ke seluruh tubuh, jika jumlah darah berkurang pasokan oksigenpun akan berkurang. Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada penderita penyakit jantung.
7. Shock = kondisi yang terjadi karena ada rasa kaget yang luar biasa sehingga menyebabkan kerja jantung juga bermasalah.
8. Tekanan darah rendah = dikarenakan penurunan tekanan darah di dalam saraf vagus sehingga membuat orang menjadi pingsan.
9. Tekanan darah tinggi = menyebabkan pembuluh darah dibagian otak mengalami tekanan yang sangat tinggi sehingga menyebabkan pingsan.
10. Elektrolit tubuh yang tidak seimbang menyebabkan perubahan aliran darah di tubuh dan perubahan tekanan darah. Untuk memenuhi kebutuhan elektrolit tubuh maka bisa minum air putih dan istirahat yang cukup.
11. Efek samping obat = obat obatan tertentu seperti obat penurun darah, obat maag, obat penambah kalsium, dll. pingsan hanya efek samping dari dari penggunaan obat-obatan tertentu, namun dengan konsumsi yang benar maka pingsan mungkin tidak akan terjadi. Insyaallah.
12. Alkohol dan obat terlarang = dapat mempengaruhi kesadaran karena langsung diserap kedalam aliran darah sehingga mempengaruhi sinyal kesadaran.
13. Bius = pingsan dengan cara dibius merupakan pingsan yang disengaja biasanya karena tindakan medis agar pasien yang menjalani prosedur medis tertentu tidak merasakan sakit dan trauma.
Minum vitamin/ tablet tambah darah = aman jika diminum sesuai dosis dan kebutuhan.
0⃣2⃣ Fauziah
Anemia itu bisa menyebabkan ke janin tidak?
Dan bayinya sudah lahir, apakah bayinya akan terkena anemia juga?
πŸ’˜Jawab:
Ya, karenanya untuk semua ibu hamil agar selalu menjaga asupan nutrisinya serta asupan besi untuk mencegah anemia agar tidak diturunkan kepada bayi yang dilahirkannya.
0⃣3⃣ Devi
Assalamualaikum bunda, mau tanya nih. Dulu waktu pas melahirkan anak pertama sdcy smpet pingsan sampai 2 kali. Terus ditensi ternyata tekanan darahnya cuma 70. Biasanya normal 110-120. Itu ngedrop banget bunda.
Gimana ya bunda, supaya tekanan darah kita tetep normal pasca melahirkan?
Apakah ada asupan" tertentu begitu?
Syukron bund
πŸ’˜Jawab:
Bunda devi yang berbahagia,
Upaya mencegah terjadinya anemia dan penanggulangan anemia:
1. Meningkatkan konsumsi makanan bergizi (kaya zat besi) = daging, ikan, ayam, hati, telur, sayuran berwarna hijau tua, kacang kacangan, tempe, daun katuk, daun singkong, bayam, jambu, tomat, jeruk.
Sangat bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam usus.
2. Menambah asupan zat besi dengan minum tablet tambah darah (tablet besi).
0⃣4⃣ Sri
Dokter.. Ana anemia.. dulu rutin kontrol HB beberapa bulan belakangan ini sudah enggak pernah.. ana sedikit" pusing dan tekanannya berpindah".
Dulu konsumsi obat penambah darah tapi efeknya mengganggu banget seperti (mual sampai muntah, lemes dll) . Ada saran tidak dok ??
Syukran
πŸ’˜Jawab:
Bunda sri yang baik.. sudahkah diperiksa lebih lanjut jenis anemianya?
Dan penyebabnya?
🌟Dulu pernah di jelaskan sama dokter dan di kasih resep penambah darah tapi lupa lagi dokπŸ˜“
Penyebabnya bukan krena genetik dok..
πŸ’˜Silahkan dikonsulkan kembali ke dokternya untuk pemeriksaan lebih lanjut dan agar diganti dengan dosis vitamin yang lebih ringan.
Agar bisa memperoleh manfaat optimal dan terhindar dari kemungkinan efek sampingnya, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut:
1. Utamakan zat gizi daripada suplemen, jika memang sumber makanan tidak mencukupi, misalnya dalam kondisi hamil yang disertai muntah-muntah terus, barulah mempertimbangkan suplemen.
2. Sebaiknya pil tidak diminum dalam keadaan perut kosong atau sebaiknya diminum menjelang tidur, ini perlu dilakukan untuk memperkecil kemungkinan efek mual akibat kandungan zat besi.
Jika merasa mual saat minum pil tambah darah merek tertentu, silahkan coba merek lain, bisa saja satu merek pil menyebabkan mual sedangkan merek lain tidak, hal ini tergantung dari formulasi pil itu.
Jika pil yang diminum tidak mengandung vitamin c, maka dianjurkan minum pil tambah darah bersama jus buah. Kandungan vitamin c dari buah akan membantu penyerapan zat besi.
3. Jangan minum terus terusan pil tambah darah, misalnya sampai berbulan bulan kecuali atas petunjuk dokter. Jika sudah sebulan bunda mengalami 5L, maka patut dicurigai bahwa masalahnya bukan kurang darah, mungkin tekanan darah yang rendah atau penyakit lain. Seperti halnya obat pada umumnya, pil tambah darahpun ada batas dosisnya. Jika kebanyakan minum obat ini, kandungan zat besi akan menumpuk didalam tubuh dan menyebabkan sembelit, mual, gangguan usus besar, hingga gangguan pembuluh jantung.
0⃣5⃣ Wandira
Saya masih single Bun πŸ˜
Saya sering mengantuk apa sudah masuk penyakit anemia Bund?
Bolehkah saya tau Obat tablet zat besi contohnya apa Bun?
Syukron πŸ˜Š
πŸ’˜Jawab:
Ukhti wandira yang disayang Allah.., vitamin zat besi banyak di jual tanpa resep di apotik seperti sangobion, sakatonik liver, dll.
Penyebab sering mengantuk banyak ukhti..selain karena anemia, bisa juga karena kurang istirahat dan kurang mengkonsumsi gizi seimbang
0⃣6⃣ Mia
Saya hamil jalan 3 bulan, BB sudah turun 7 kg gara" tidak mau makan sama sering muntah..
Apakah ada hubungannya sama anemia?? Kalau periksa HB apa dengan tes darah atau gimana buu, saya belum paham soalnya πŸ˜
πŸ’˜Jawab:
Bunda mia yang berbahagia, saat ini BB nya sudah turun 7kg dikarenakan mual muntah yg berlebihan  bisa karena anemia, juga karena asupan gizi yang kurang.
Untuk bisa tau kadar HB yaitu dengan pemeriksaan darah dilaboratorium.
0⃣7⃣ Farida
Dokter saya mau tanya, kalau selama hamil kita tidak ada keluhan anemia, boleh tidak vitamin penambah darahnya tidak diminum?
Soalnya saya kalau habis minum vitamin penambah darah, malah ngantuk banget,,
πŸ’˜Jawab:
Bunda farida yang berbahagia, sebaiknya vitamin penambah darahnya tetap diminum karena dalam kehamilan cenderung terjadi anemia yang disebabkan proses hemodilusi (pengenceran darah merah), silahkan dibaca lagi teorinyaπŸ‘†πŸΌ.
Selama kehamilan tablet tambah darah diberikan 90 tablet sampai 42 hari setelah melahirkan yang diberikan sejak pemeriksaan kehamilan pertama kali.
Solusinya minum vitamin penambah darahnya sebelum tidur malam ya bun..πŸ‘
0⃣8⃣ Rafika
Bunda nisa...apakah gejala anemia dengan darah rendah sama?
Jika sama bagaimana membedakannya?
πŸ’˜Jawab:
Bunda rafika..jawabannya ada di teori diatas πŸ‘†
Dalam masyarakat kita, Anemia dikenal dengan istilah 'Kurang Darah'.
Kurang Darah (anemia) ini berbeda dengan 'Darah Rendah'.
"Darah Rendah" merupakan "rendahnya tekanan darah" (baca : Tekanan Darah Rendah), sedangkan 'ANEMIA' adalah kurangnya sel darah merah atau hemoglobin seperti yang telah disebutkan diatas.
🌟Maksud saya gejalanya bunda nisa...apakah sama? Kalo sama bagaimana cara membedakannya?
Misal anemia badan suka lemes...darah rendah juga lemes...
πŸ’˜Gejalanya sama.
Cara membedakannya adalah jika ada keluhan segera diperiksakan ke tenaga kesehatan untuk mengetahui penyebabnya.
Perbedaan Anemia dan Tekanan Darah Rendah:
~ Anemia dapat disebabkan banyak hal seperti kekurangan zat besi, kekurangan vit. B12, penyakit kronik, kehamilan, kehilangan banyak darah seperti saat persalinan dan menstruasi.
~ Sementara klo tekanan darah rendah dapat dikarenakan volume darah yang berkurang (misalnya akibat dehidrasi sedang/berat, atau perdarahan), menurunnya jumlah darah yang dipompa jantung misalnya akibat kelainan jantung atau kehamilan, penggunaan obat obat penurun darah dan juga gangguan hormonal.
Untuk mengetahui penyebab yang mendasarinya jika timbul keluhan segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut.
0⃣9⃣ Puji
Saya dari dulu kalau lagi kerja kok ngantuk, alhasil bolak balik klinik ternyata tekanan darah atau apa tuh 70 jadi kerja benar" dak bisa melek πŸ˜­
Pas hamil juga tekanan paling tinggi 90 HB cuma 7 jadi bawaannya molor mulu πŸ™† atau pengaruh golongan darah ya bu ?
Golongan darah saya AB
πŸ’˜Jawab:
Bunda puji yang disayang Allah..
Semua keluhan bunda puji penyebabnya = anemia
Tidak ada pengaruhnya dengan golongan darah.
1⃣0⃣ Letter
Kalo darah rendah,boleh tidak ikut tranfusi darah /donor darah?
πŸ’˜Jawab:
Tidak boleh πŸ‘
1⃣1⃣ iRa
Saya cenderung darah rendah tapi selama hamil malah selalu normal dan kenapa pas lahiran kemarin harus tranfusi darah dulu ya dok?
πŸ’˜Jawab:
Bunda ira ya disayang Allah..
Tolong ceritakan kronologis persalinannya hingga diberikan tranfusi darah, apakah bunda ira mengalami perdarahan sehingga kekurangan darah?
Bunda ira... jika saat persalinan seorang ibu dilakukan pemberian transfusi darah berarti ada masalah yang serius yang diakibatkan keadaan kekurangan darah seperti perdarahan saat persalinan, dll.
Monggo di ingat kembali memori saat bersalin kemarinπŸ‘
1⃣2⃣ Mama Nindy
Masih boleh tanya ukhty..😊
Assalamu'alaikum bunda nisa..
Alhamdulillh saat ini ibu ana sedang hamil 2 bulan anak ke 4.
Di umur 43 tahun.. setiap pagi tidur mulu..
Itu berpengaruh tidak bund sama bayinya??
Seperti yang saya baca tadi kalau suka ngantuk berarti anemia..
Mudah lelah..capek...
Apa juga karena faktor umur ???
Syukron..😊
πŸ’˜Jawab:
Mama nindy yang disayang Allah.. gejala kehamilan bukan hanya berupa perubahan emosi atau fisik, melainkan dapat pula diikuti dengan rasa mudah mengantuk, mudah lelah akibat tekanan darah rendah hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron yang semakin bertambah seiring dengan perkembangan janin didalam rahim selain disebabkan oleh "Anemia".
1⃣3⃣ Nufus
Assalamu'alaikum bunda nisa ..
Saya mau tanya ..
Baik atau tidak setelah menikah itu langsung KB ya ??
Istilah nya si menunda mungkin ya bun, sebab mungkin ada yang seperti itu gimana bund??
Makasih bunda nisa πŸ˜Š
πŸ’˜Jawab:
Waalaikumussalam wr.wb. Bunda nufus yang baik.. Adakalanya pasutri (pasangan suami istri) belum siap jika segera dikaruniai anak, sehingga ber KB sebelum hamil = boleh saja, asalkan menggunakan metode KB jangka pendek yang tingkat kembali kesuburannya bisa cepat dan hal ini harus dibawah pengawasan dokter.
1⃣4⃣ Musse
Assalamu'alaikum bunda Nisa mau nanya tapi menyimpang dari tema..
"ibu saya terkena penyakit komplikasi hipertensi, kolesterol,asam urat dan ginjal, sebaiknya pola makan seperti apakah yang baik?
Dan adakah obat herbal untuk menyembuhkan penyakit tersebut? Jazakillah
πŸ’˜Jawab:
Bunda musse yang baik, pola makan yang dianjurkan adalah yang berdasarkan diet hipertensi, kolesterol asam urat, dan ginjal.
Sebaiknya berkonsultasi ke dokter yang menangani ibunya bunda musse agar tepat pengobatannya.
1⃣5⃣ Atik
Saya trauma, kemaren pas lahiran terakhir saya ada masalah. Sampai d transfusi 4 kantong.
Agak deg"an juga mba menghadapi persalinan yang sekarang. (sudah 6 Bulan)
Kiat" nya apa ya mba?
Oya dulu masalah nya plasenta menempel di dinding rahim,,
Sama dokter saya disarankan untuk USG 4 dimensi. Bisa diantisipasi ya dari situ?
(Saya punya 3 anak, Cesar semua)
πŸ’˜Jawab:
Bunda atik yang disayang Allah.. operasi caesar lebih dari 3 kali memang meningkatkan risiko untuk terjadinya berbagai macam komplikasi, namun bukan berarti tidak boleh hamil lebih dari itu.
Sebagian dokter kandungan memang masih memegang pendapat maximal 3 kali, namun dengan izin Allah, kemajuan penanganan didunia medis dewasa ini memungkinkan seorang wanita untuk melakukan operasi caesar lebih dari 3 kali, dengan catatan kesehatannya memungkinkan.
Diantara beberapa risiko yang semakin meningkat seiring dengan makin banyaknya jumlah operasi yang dilakukan:
1. Robeknya rahim.
Operasi meninggalkan luka dirahim yang meski sembuh, namun jaringannya tidak sekuat daerah lainnya dan berpotensi menjadi titik lemah saat rahim membesar dan kontraksi. Kondisi ini sangat membahayakan jiwa ibu dan janin.
2. Perlengketan plasenta yang tidak normal seperti plasenta previa, perlengketan plasenta yang terlampau erat masuk kedalam dinding rahim, hal ini dapat menyebabkan pendarahan yang terus menerus paska kelahiran yang membahayakan jiwa ibu.
3. Kehamilan ektopik dan endometriosis (lebih jarang)
*SARAN* =
Usahakan mencari dokter yang berpengalaman menangani kasus seperti yang bunda alami & memiliki reputasi yang baik.
ikuti setiap anjuran dokter yang menangani bunda.
Silahkan melaksanakan pemeriksaan USG 4 dimensi seperti yg disarankan dokter bunda.
1⃣6⃣ Fitri
Assalamualaikum, bund Nisa mau tanya.
Ana sekarang ini lagi hamil 26w. Beberapa hari ini sering ngantuk, mudah & lelah, kliyengan.
Apakah itu anemia bun?
Atau hanya kelelahan saja? Saat ini saya lagi ngurusin bayi ade saya (dia masih takut ngurusin bayinya)
Dari baru lahir sampai sekarang 25 hari.
Syukron buntik😘
πŸ’˜Jawab:
Waalaikumussalam wr.wb.
Bunda fitri.. silahkan bunda periksakan kadar HB bunda untuk memastikan apakah benar anemia, jika melihat dari keluhan yang bunda fitri rasakan seperti sering mengantuk, mudah lelah dan kliyengan = tanda tanda anemia.
Faktor kelelahan dan kurangnya asupan gizi yang cukup juga dapat menimbulkan keluhan tersebut.
1⃣7⃣ Atik
Mba saya tanya lagi ya...
Saya di kehamilan ke 4 ini kok kalau bangun tidur jari tangan kok kenapa kaku" dan sakit ya?
πŸ’˜Jawab:
Bunda atik yang disayang Allah.. keluhan tersering ibu hamil yaitu jari jari kesemutan, kaku dan nyeri disebabkan =
1. Adanya gangguan pada saraf tepi, otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak. Umumnya disebabkan oleh carpal tunnel syndrome.
2. Pembengkakan akibat banyak cairan di pergelangan tangan. Seorang ibu hamil akan menyimpan lebih banyak air di tubuhnya akibat bayi didalam kandungan yang semakin membesar.
Cairan tubuh yang lebih banyak daripada biasanya ini akan membuat hampir seluruh jaringan tubuh ibu hamil 'membengkak' termasuk di pergelangan tangan.
Cairan ini akan mengumpul di rongga kecil antara tulang-tulang pergelangan tangan sehingga akan meningkatkan tekanan dibagian ini dan menekan saraf medianus di pergelangan tangan sehingga akan terasa kesemutan, bahkan nyeri pada jari jari tangan.
Solusinya =
πŸ”ΉCukupi kebutuhan gizi ibu hamil dan pola makan yang teratur.
πŸ”ΉKonsumsi vitamin khusus sistem syaraf yaitu vitamin B kompleks, dapat juga didapatkan dengan mengkonsumsi buah, ikan, atau daging, dan sayur sayuran dengan seimbang.
πŸ”ΉUsahakan ibu hamil tidur dengan posisi yang senyaman mungkin.
Gunakan bantal atau penyangga dibagian tubuh seperti kepala, punggung, lutut, untuk mengurangi tekanan pada bagian tubuh yang mudah kesemutan.
πŸ”ΉBerolahraga secara teratur, yaitu senam hamil.
πŸ”ΉCukup istirahat.
Segeralah istirahat jika merasa lelah. Saat rebah, posisikan kaki lebih tinggi dari kepala hal ini bertujuan untuk memperlancar sirkulasi darah di kaki yang seharian sudah mendapat banyak tekanan, sehingga bisa mengurangi resiko kesemutan.
πŸ”ΉPijat di bagian kaki atau tangan yang kesemutan atau kaku.
πŸ”ΉBerkonsultasi dengan dokter spesialis syaraf.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
πŸ’ŽCLoSiNG STaTeMeNTπŸ’Ž
Perbedaan anemia dan tekanan darah rendah =
Anemia dapat disebabkan banyak hal seperti kekurangan zat besi, kekurangan vit. B12, penyakit kronik, kehamilan, kehilangan banyak darah seperti saat persalinan dan menstruasi.
Sementara kalau tekanan darah rendah dapat dikarenakan volume darah yang berkurang (misalnya akibat dehidrasi sedang/berat, atau perdarahan), menurunnya jumlah darah yang dipompa jantung misalnya akibat kelainan jantung atau kehamilan, penggunaan obat obat penurun darah dan juga gangguan hormonal. Untuk mengetahui penyebab yg mendasarinya jika timbul keluhan segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Hindari anemia pada saat hamil, agar ibu dan janin sehat.
Aamiin yaa robbal aalamiin
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
πŸ’ŽPeNuTuPπŸ’Ž
Marilah kita tutup dg membaca
Hamdalah
Ψ§Ω„ْΨ­Ω…Ψ― Ω„ّΩ„Ω‡ Ψ±Ψ¨ Ψ§Ω„ْΨΉΨ§Ω„Ω…ΩŠْΩ†
Istighfar
Ψ£Ψ³ْΨͺΨΊْفر Ψ§Ω„ّΩ„Ω‡ Ψ§Ω„ْعظيْΩ…
Doa kafaratul majelis
Ψ³Ψ¨Ψ­Ψ§Ω†Ωƒ Ψ§Ω„Ω„Ω‡Ω… ΩˆΨ¨Ψ­Ω…Ψ―Ωƒ Ψ£Ψ΄Ω‡Ψ― Ψ§Ω† Ω„Ψ§ Ψ₯Ω„Ω‡ Ψ₯Ω„Ψ§ Ψ£Ω†Ψͺ Ψ£Ψ³Ψͺغفرك وؒΨͺوب Ψ₯Ω„ΩŠΩƒ
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.
Ψ’Ω…ΩŠΩ†َ.. Ψ’Ω…ΩŠΩ†َ يَΨ§ Ψ±َΨ¨َّ Ψ§Ω„ْΨΉَΨ§Ω„َΩ…ِيْΩ†َ..

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel