Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

Zoonosis



OLeh : dr. Correy Wahyu Adi Sulistyo


*بـــسم اللّه الرّحمن الرّحيم*
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Memiliki hewan peliharaan sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat saat ini. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan memelihara hewan, mulai dari sebagai teman bermain di rumah, mengurangi rasa stres, hingga menjadi bagian dari interaksi sosial..
Selain mendatangkan manfaat, memelihara hewan juga memerlukan tanggung jawab dari pemilik untuk bisa merawatnya dengan baik. Pemilik juga harus bersiap dengan resiko yang ditimbulkan dengan adanya kehadiran hewan peliharaan..
Salah satu yang diwaspadai saat memiliki hewan, adalah adanya penyakit Zoonosis..
Adakah yang mengetahui sebelumnya, apakah Zoonosis itu?
Kalau menurut Undang-Undang No 41 tahun 2014, *Zoonosis adalah penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia atau sebaliknya..*
Berdasarkan reservoirnya, Zoonosis dibagi menjadi;
1. Anthropozoonosis; penyakit yang berkembang bebas di alam di antara hewan liar atau hewan domestik, dan bisa menginfeksi manusia. Contohnya adalah Rabies, Leptospirosis.
2. Zooanthroponosis; penyakit yang berlangsung secara bebas pada manusia, dan kadang menyerang hewan. Contohnya tuberkulosis tipe humanus, difteri.
3. Amphixenosis; zoonosis dimana manusia dan hewan sama2 merupakan reservoir yang cocok untuk agen penyebab penyakit. Contohnya Staphylococcosis dan Streptococcosis.
Penularan Zoonosis sendiri bisa terjadi antara lain melalui makanan, udara atau kontak langsung dengan hewan penderita. Berdasarkan agen penyakit yang dapat menyebabkan Zoonosis, kita kelompokkan yaitu;
1. Bakteri; _Bacillus anthracis_, _Brucella abortus_, _Salmonella thypi_
2. Virus; Hepatitis A virus, Rabies, Flu Burung
3. Parasit; _Taenia saginata_, Toxoplasma
4. Prion; Bovine Spongioform Encephalopathy (BSE).
Adapun hewan penular penyakit Zoonosis, pada umumnya berupa anjing, kucing, hewan ternak seperti sapi, kambing, unggas, hingga hewan liar.
Berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 4026/Kpts/OT.140/4/2013 tgl 01 April 2013 ditetapkan ada 22 Penyakit Hewan Menular Prioritas, dan ada sebagian merupakan penyakit Zoonosis;
1. Rabies *
2. Avian Influenza *
3. Brucellosis*
4. Anthrax*
5. Hog Cholera*
6. Salmonellosis
7. Porcine Reproductive and Respiratory Syndrome
8. Helminthiasis
9. Haemorrhagic Septicaemia
10. Nipah Virus Encephalitis
11. Infectious Bovine Rhinotracheitis.
12. Bovine Tuberculosis
13. Leprospirosis
14. Jembrana
15. Surra
16. Paratuberculosis
17. Toxoplasma
18. Classical Swine Fever
19. Swine Influenza
20. Campylobacteriosis
21. Cysticercosis
22. Q Fever
* : Penyakit Hewan Menular Strategis.
Ada yang pernah tau beberapa penyakit di atas?
Sdikit saya crita ttg Rabies
Penyakit Rabies atau dikenal penyakit Anjing Gila, adalah penyakit hewan menular yang disebabkan oleh virus, yang menyerang syaraf hewan berdarah panas (anjing, kucing, kera) dan manusia.
Cara penularannya ke manusia melalui gigitan dari hewan yang terinfeksi rabies.
Adapun ciri-ciri hewan rabies;
1. Air liur keluar berlebihan.
2. Tidak menurut perintah majikannya.
3. Nafsu makan hilang.
4. Memakan benda asing spt kayu, batu.
5. Ekornya dijepit di antara kedua paha.
6. Menggigit apa saja yg dijumpai.
7. Sembunyi di tempat gelap.
Sedangkan tanda rabies pada manusia;
1. Diawali sakit kepala, gugup.
2. Mual, susah menelan, nafsu makan turun.
3. Nyeri pada bekas gigitan
4. Kejang-kejang disusul kelumpuhan.
5. Bisa berakibat kematian
Tindakan untuk mencegah hewan peliharaan tidak tertular Rabies;
1. Bawa ke dokter hewan untuk vaksinasi secara teratur.
2. Hewan peliharaan jangan dibiarkan berkeliaran keluar rumah.
3. Jika hewan mau dibawa keluar, hewan harus diikat dengan rantai atau tali.
Jika kita tergigit oleh anjing, cuci luka gigitan dengan sabun menggunakan air mengalir selama 10 menit. Laporkan ke puskesmas untuk mendapatkan VAR (Vaksin Anti Rabies) dan laporkan juga ke dinas peternakan setempat untuk dilakukan observasi terhadap anjing tsb.
Saat ini, di Indonesia baru ada 9 provinsi yang bebas dari Rabies, yaitu Kep. Riau, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Papua dan Papua Barat.
Selain Rabies, penyakit zoonosis yang disebabkan oleh virus contohnya adalah penyakit mulut dan kuku pada sapi, influenza pada unggas dan babi, serta rabies pada anjing, kucing dan kera.
Penyakit mulut dan kuku disebabkan oleh virus dari famili Picornaviridae. Penyakit ini sangat berbahaya bagi manusia, jika kita mengkonsumsi daging sapi yang terkena virus ini, dapat mengakibatkan luka koreng di tubuh, yang bisa mengakibatkan kelumpuhan hingga kematian.
Untuk penyakit influenza pada unggas dan babi, disebabkan oleh influenza virus type A sub type H5N1 (pada flu burung) dan influenza virus type A sub type H1N1 (pada flu babi). Manusia yang tertular virus flu burug atau flu babi, dapat mengalami gangguan pernafasan yang akut, hingga menyebabkan kematian..
Pencegahan dan pengendalian penyakit Zoonosis terkait dengan keseimbangan antara manusia, hewan, lingkungan, serta agen penyebab penyakit. Secara teknis, upaya pencegahan dan pengendalian meliputi tindakan higiene sanitasi (upaya menghilangkan kontaminasi mikroorganisme, menjaga kebersihan), vaksinasi (memberikan kekebalan terhadap hewan dalam melawan mikroorganisme penyebab penyakit) dan biosekuriti.
Menurut Departemen Kesehatan, biosekuriti meliputi:
1. Isolasi, pembatasan hewan hidup di dalam lingkungan yang terkontrol
2. Pengawasan lalu lintas, baik manusia maupun kendaraan dalam lingkungan yang diawasi
3. Sanitasi, kebersihan dan desinfeksi manusia serta peralatan yang masuk ke dalam lingkungan tersebut.
Untuk pengendalian penyakit Zoonosis perlu peran dan komitmen dari semua pihak, tidak hanya dari pemerintah namun juga masyarakat selaku pemilik hewan peliharaan.
Waallahu a'lam bishawab.
🌸🐝🌸🐝🌸🐝
 TaNYa JaWaB 
1⃣. Key
Assalamualaykum
Tikus bisa jd penyebab zoonosis kah??
Efek buat ibu hamil dr pengaruh tikus bgmn????
Yg bahaya dr mana nya?? Solusinya bagaimana???
Jawab :
Bisa..
Penyakit leptospirosis contohnya, dibawa oleh tikus. Kejadian banjir besar di Jkt bbrp thn yg lalu, memunculkan wabah leptospirosis, karena air banjir bercampur dgn kotoran dan air seni tikus.
Penyakit toxoplasma jg bisa menyerang hewan berdarah panas spt tikus, kambing, atau sapi.
Jika tikus hinggap di peralatan makan atau bahkan sampai naik ke meja makan, bisa dipastikan kuman atau bakteri jg sudah menempel disana. Penularan toxo melalui tertelan, jadi tolong dipastikan ibu hamil menggunakan peralatan makan yg bersih, dan mengkonsumsi makanan yg bebas dari kotoran.
Klo di rmh byk tikus, sebar aja racun tikus. Atau pastikan tidak mencemari peralatan makan/minum.
2⃣. Emi
Toxoplasma ditularkan dr kucing-kah?
Pernah dengar,,,
Dampaknya bs smpai meninggal ya dok?
Jawab :
Oke, mengenai Toxoplasma..
_Toxoplasma gondii_ adalah sejenis hewan bersel satu yang biasa disebut protozoa, merupakan parasit yang dapat menginfeksi hewan dan manusia.
Nama penyakitnya disebut Toksoplasmosis.
Semua hewan berdarah panas dapat terinfeksi toxoplasma. Hewan yang berada disekitar manusia dan kucing seperti sapi, kuda, tikus, domba, anjing, ayam, babi bisa terinfeksi toxoplasma, termasuk juga satwa liar seperti musang, atau harimau.
Kucing merupakan inang definitif toxoplasma. Dalam tubuh kucing, toxoplasma dapat berkembang biak secara seksual dan non seksual (membelah diri). Kista atau telur toxoplasma kemudian dikeluarkan melalui kotoran (feces) kucing.
Manusia atau hewan dapat tertular toxoplasma jika *tertelan* kista atau ookista dari toxoplasma.
Kista dapat bertahan hidup di tanah dalam jangka waktu tertentu. Dari tanah ini toxoplasma menyebar melalui hewan, tumbuhan atau sayuran yang kontak dengan kista tersebut.
Penularan pada manusia bisa dicegah dengan mencuci tangan dengan sabun hingga bersih sebelum mengkonsumsi sesuatu.
Sampai meninggal? Iya bisa terjadi pada anak yg dikandungnya ataupun setelah lahir..
Teman sekantor saya pny tmn, saat hamil tmnnya hobi mkn sate. Hampir tiap hari mkn sate. Setelah melahirkan, anaknya tidak punya langit2 di mulutnya, dan akhirnya meninggal. Setelah diselidiki, dia tertular toxo karena terlalu sering mkn sate. Bisa jadi proses pembakaran sate yg kurang matang, menyebabkan parasit toxo masih hidup dlm daging.
3⃣. Isna
Tolong djelaskan zoonosis dri kambing dokter,apakah sma dngn sapi?bagaimana ciri2 yg perlu dwaspadai?kbtulan drumah ada kambing.bbrpa bulan yg lalu ada yg mati.tidak tau knpa.
Jawab :
Brp ekor yg mati?mendadak kah? Sudah dilaporkan? Byk hal yg harus diselidiki utk mengetahui penyebab kematiannya. Klo pada ternak spt sapi atau kambing, yg berbahaya adalah penyakit Brucellosis, atau keluron. Salah satu ciri khasnya, saat melahirkan anaknya sering mati atau keguguran. Penyakit ini bisa menular ke manusia, dan menyebabkan keguguran jg..
4⃣. Rianti
Saya mau tanya dok..teman saya lagi hamil usia kandungan 4 bulan..bayinya diindikasi terkena virus tokso..selain dr hewan spt kucing apakah bs ditularkan dr makanan yg dimakan secara mentah.., kemudian bagaimana cara mengatasi hal tsb?
Jazakumullah.
Jawab :
Iya, sangat bisa. Coba lihat keterangan ana di atas ttg toxo, kucing cm media perkembangbiakan parasitnya aja. Asal kita tidak kontak lgsg dgn fecesnya, dan cuci tangan sblm mkn, insya Allah aman. Tp feces bisa mencemari sayuran (lwt air hujan yg mengalir), atau bs jg sayuran termakan sapi atau kambing, dan akan menetap dlm daging. Itulah knp tidak disarankan memakan daging yg mentah (misal; steik rare atau medium well. Pastikan order seik yg welldone/matang).
Cara mencegah penularan toxo;
1. Gunakan sarung tgn saat berkebun
2. Hindari konsumsi daging mentah atau setgh matang
3. Cuci tgn sblm dan sesudah pegang makanan
4. Cuci buah dan sayuran sblm dikonsumsi
5. Hindari kotoran kucing pada wadah atau tanah
6. Hindari memberi pakan daging mentah kpd kucing.
5⃣. Ika
Bagaimana jika ibu hamil terkena gigitan kyk kucing atau anjing terus melakukan Vaksinasi rabies apakah nnt akan berdampak pada bayiny nya pak dokter? Dan apakah benar jika ibu hamil terkena toksoplasma gondi /tiksoplasmosis akan menyebabkan keguguran ?
Jawab :
Kekebalan yg didapat oleh si ibu biasanya menurun kepada anak, jd tidak berpengaruh kepada bayi..
Toxoplasmosis memiliki bbrp gejala umum;
1. Pada manusia sehat, berupa demam tinggi, nyeri otot, kelelahan, radang tenggorokan, kelenjar getah bening.
2. Pada ibu hamil, menyebabkan gangguan kehamilan, spt keguguran, kelahiran mati, atau toxoplasmosis kongenital yg menimbulkan kerusakan otak, hilang pendengaran atau gangguan penglihatan pada bayi.
3. Pada penderita gangguan sistem kekebalan tubuh, gejalanya skt kepala, kejang, sulit bernafaa, dan gangguan penglihatan.
6⃣. Atik
Begini. Saya tuh sering bgt liat d jalanan org buang bangkai tikus. Mgkn berharap terlindas mobil trus kering dpanggang matahari.
Yg ingin saya tanyakan. Bukankah hal ini malah menyebarkan kuman yg ada d tikus ya...
Lalu blm lagi kl hujan. Jadi nyebar kmn2. Apakah penyakit yg bs ditimbulkan pak dokter?
Jawab :
Iya.. hampir dimana2 terjadi spt itu. Bisa jd yg naruh di jalan uda sangat jengkel ama tikusnya, tanpa menyadari bahaya yg terjadi setelah itu. Penyakit yg bisa ditimbulkan mulai dr leptospira, pes bahkan typus..
7⃣. Peppy
Baiknya tikus mati diapakan dok? Suka ada yg buang ke sungai juga?
Jawab :
Bisa dikubur atau dibakar aja bersama sampah.
8⃣. Dinny
Dok saya mau tanya, sy punya kucing persia usia 2 th beratnya hanya 3kg, hingga saat ini dia belum pernah kawin sama skli, ketika birahi, ia srg muntah bulu dan pipis sembarangan hingga pipis d kasur sy. tindakan apa yang harus sy berikan kpd kucing sy ini? lalu bgimn cara yg baik n benar membersihkan ompol kucing di kasur agas bebas virus n bakteri?
Treatment apa yang harus sy lakukan spy si kucing gemuk, krn kata dokter lain, bila kucing sy mau kawin harus gemuk dlu.
Jawab :
Muntah bulu adalah hal normal bagi kucing ras.
Klo pipis sembarangan, kayaknya jantan y?
Biasanya saat birahi, kcg jantan akan menandai daerah kekuasaannya dgn pipis itu.
Bersihkan dgn cairan desinfektan spt wipol atau sejenisnya. Sediakan pasir di wadah plastik utk tmpt dia mau pipis. Sbenernya klo pelihara dr kecil, dan terbiasa pipis di bak pasir, akan aman.
Blm pernah kawin itu, emang sengaja tidak dikawinkan atau blm nemu pasangannya? 😊🙏
Jgn terlalu gemuk. Klo gemuk, lemak nya bisa menutupi saluran reproduksi, dan menghambat pertemuan sprema dgn sel telur.
Yg penting nafsu makan nya bagus, dan aktif serta cukup bergerak, insya Allah produktif.
Tp jgn terlalu kurus jg. Kurus menandakan kurang gizi, dan organ reproduksi bisa jadi tidak berkembang dgn baik..
👳🏽 Ukhti Dinny, kucingnya jantan or betina?
Jawab:
Betinaa dok..😹
dari kecil terbiasa pipis di kotak pasir dok..hanya sj kl lagi birahi suka ngambek dan pipis sembarangan.
Belum pernah kawin karena belum nemu pasangannya dok, dan jg kt dokter kucing sy terlalu kurus untuk, sklinya ketemu dg kucing kampung dekat kompleks rumah, kucing jantannya malah lari ketakutan liat kucing sy dok.
👳🏽 Pdhl klo liat fisiknya, itu uda cukup ndut loh.. 😰🙏
Utk kawin, kucing tidak serta merta akan lgsg kawin jika bertemu. Mereka perlu saling pendekatan jg, saling menjajaki.
Klo cocok, kawin akan terjadi secara alami. Klo ga cocok, bisa jantannya kabur, atau betinanya marah2..
9⃣. Ana
Terima kasih sblmnya dok..
Sering sekali, ana tdk sengaja menghirup air seni tikus,..dlm wktu lama,,apakah tu berdmpk pd kesehatan?
Dan dboyolali,kotoran hewan ternak sering dgunakan utk memupuk padi. Apakah ni bz berkaitan dg timbulnya ataumenularnya virus kdlm tubuh manusia? Afwan klo pertanyaany.. tdk berbobot,,
Jawab :
Iya, karena mikroorganisme jg bisa menular melalui udara (terhirup). Sangat bisa.. saat bekerja berkaitan dgn pupuk atau kotoran hewan, disarankan menggunakan sepatu boot dan sarung tangan, atau lengan panjang.
Utk meminimalisir kontak lgsg kotoran dgn kulit kita. Bisa jg menggunakan masker atau penutup hidung dgn kain jika baunya menyengat..
1⃣0⃣. Ulfa
Apakah burung peliharaan juga menyebabkan toxo..??
Klo tempatnya sudah saya sendirikan..tpi terkadang kan ada bulunya yg lepas dan kdng ada baunya..
Jawab :
Burung jg termasuk hewan berdarah panas, jadi bisa.. namun waspada jg terhadp flu burung y..
1⃣1⃣. Siti
Bila di daerah kita ada wabah rabies, apa yg mesti kita lakukan?
Jawab:
1. Minta vaksinasi rabies hewan peliharaan, khususnya anjing, kucing dan kera ke dinas peternakan setempat
2. Hewan peliharaan jgn dibiarkan berkeliaran keluar rmh. Klo mau dibw keluar, hewan harus diikat dgn rantai atau tali
3. Kenali ciri2 hewan yg terkena rabies, hindari jika berpapasan di jalan
4. Ketahui apa yg harus dilakukan jika tergigit oleh anjing pengidap rabies; cuci luka gigitan dgn sabun dan air mengalir selama 10 menit, kemudian lapor ke puskesmas utk dilakukan suntik VAR. Laporkan pula keberadaan anjing penggigit tsb ke dinas peternakan utk diobservasi
5. Biasanya dinas peternakan melakukan sosialisasi akan bahaya Rabies ke masyarakat..
Jangan pernah membiarkan luka gigitan dr anjing yg diduga rabies. Korban gigitan hingga meninggal di Bali dan Kalimantan Barat cukup menjadi pelajaran. Semoga bermanfaat..
🌸🐝🌸🐝🌸🐝
 PeNuTuP 
_Alhamdulillah akhwati fillah shalihah, acara kajian malam ini telah selesai..._
_Jazakallah khoir buat dokter Correy atas materinya.._In sya Allah manfaat.
_Marilah kita tutup majlis yg mulia hari ini dengan membaca :_
*Istighfar*
اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ
*Hamdalah*
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
*Dan do'a akhir majlis*
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ
لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٭
_Majlis yg mulia ini kita tutup dengan penuh rasa syukur bahwa Allah masih memberikan kita usia untuk senantiasa kita isi dengan ibadah..._
_Semoga agenda malam ini ini bisa membuat kita semakin semangat untuk beribadah kepada-Nya_
_Sebab tujuan kita sama hanya mengharap ridha Allah semata..._
آمِيْــــــــنْ يَا رَبَّ العَالَمِي

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel