Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

Wanita Dan Karier Menurut Islam


OLeh : Ustadz Muhammad Rofiq

Bismillah....
Wanita & Karir Dalam Islam.
......
Bagi saya wanita adalah makhluk Allah yang paling unik yg Allah hadirkan sbagai penyempurna isi dunia, wabil khuss penyempurna bagi laki2 untuk ta'at kepada Allah dan rasulNya.
......
Lihatlah...fasilitas kenikmatan syurga yg serba cukup yang sedikitpun tiada celah dan kurangnya, namun manusia pertama yg Allah ciptakan di dalamnya Nabiyullah Adam as, tetap merasa "galau" berada di dalamnya. Trasa sempurna saat Allah menciptakan Siti Hawa dr tulang rusuknya.
🌸🌸🌸
Meskipun kebersamaan kakek nenek moyang kita ini juga sekaligus menjadi sebab kezhaliman yg akhirnya mereka di usir dr syurga. Sbgmn doa masyhur yg mereka hturkan kpd Allah, "Rabbana zholamna angfusana....dst".
.....
Peristiwa ini jg sekaligus mnjadi pelajaran bg smua pasangan suami istri, akan bersama menuju syurga atau bersama menjauhinya.
.......
Wanita unik karena....
Peradaban manusia "jahiliyah" pernah menganggapnya sebagaianusia yg tidak memiliki kelas dan kedudukan sama sekali.
Posisi dan kedudukanya tidak lebih hanya sekedar pemuas syahwat, bahkan "maaf" binatang lebih pandai menghargai binatang betina di banding dg manusia pd masa itu. Yg anehnya di zaman inipun masih ada bahkan banyak wanita yg memposisikan dirinya hanya sekedar pemuas syahwat lelaki hidung belang layaknya zaman jahiliyah. Na'udzubillah mindzalik...
......
Kelahiran wanita dianggap sebagai aib dan pembawa sial bg seorg bapak. Tidak ada pilihan kecuali membunuhnya saat yg lahir adalah anak wanita.
🌸🌸🌸
Bahkan di antara jenis perkawinan di masa jahiliyah, adl perkawinan nggaduhke "istilah jawa", jk seorg suami tdk memilki anak, mk ia boleh mencari laki2 lain unt bersetubuh dg istrinya unt mendapatkan anak dan unt menutupi aib seorg suami. Pilihan istrihanya; mau menerima atau mati.
........
Babak Baru Kaum Hawa...
Kedatangan Rasulullah saw, adalah kabar kembari bagi smua manusia wabilkhuss wanita,
1. "Wanita adalah tiang negara, jk rusak wanita mk rusaklah negara, jk baik mk baiklah negara". Al hadits.
2.Tidak ada surah dlm al-Quran yg Allah beri nama LANANG atau Ar-Rijal yg ada hanya An-Nisa'.
3.Amal wanita dan laki2 dalam Islam sama kedudukan dn balasanya.
4.Wanita yg bertaqwa di mata Allah lbh mulia dibanding dg lelaki yg zhalim.
5.Wanita/istri shalihah akan menjadi bos para bidadari di surga, yg kelebihan dan keutamaanya akn lbh dr para bidadari.
6.Setiap lelaki di akhirat akan di soal ttg 4 wanita yg mnjadi amanahnya: ibunya, istri, anak wanita dan sdri wanitanya.
7.Harta warisan wanita mmg mndapat 1/2 dr bagian lelaki,
🌸🌸🌸
Apakah ini tidak adil? Hanya org dungu yg mengatakan tdk adil. Harta yg di perolah wanita tidak wajib di salurkan kpd siapapun dan ia bebas menggunakanya tanpa izin siapapun. Semntara harta laki2 wajib ia peruntukkan unt: orang tuanya,kerabat; istri dan anak2nya, yatim piatu, fi sabilillah. Lih. Qs. 2 : 215.
........
Tak ada satupun agama yg menghargai dan memuliakan kaum wanita lebih dr Islam. Emansifasi wanita dlm islam adalah emansipasi yg memuliakan wanita, tdk seperti layaknya emansifasi wanita versi barat kafir, yg malah justru menjauhkan wanita dr fitrahnya.
Bagi kaum skuler kafir atau liberal munafiq, mereka menyerukan kesamaan dlm semua hal antara laki2 dan wanita yg sama sekali tiada beza. Sehinggu munculah wanita pegulat, pesepak bola, dll, degan dandanan layaknya lelaki. Padahal "Allah melaknati wanita yg menyerupai laki2 dan laki2 yg menyerupai wanita" hadits.
..........
Laki2 yg buruk adalah laki2 yg buruk akhlaknya terhadap wanita. "Maka nikahkanlah anak2 wanitamu dengan laki2 yg faham agama dan baik akhlaknya, krn kalau ia cinta ia akan mencintai dg baik dan jk tidak tidak, ia tidak akan menzhaliminya". Hadits.
🌸🌸🌸
Laki2 yg bener imanya, sesukses dan sekaya apapun ia, ia akan faham betul, bahwa tidak ada laki2 hebat kecuali di sana ada jasa wanita; apakah Ibunya "hal ini pasti", istrinya atau anak dan sdr wanitanya.
......
Konon critanya, ketika barak Obama mengajak makan istrinya mitchel di sebuah restauran, yg ternyata owner restauran adl mantan pacar istrinya, tiba2 Obama berucap, "itulah...jk kau dulu menikah denganya, maka kau hanya jadi seorang nyonya seorg owner restoran buka presiden". Lantas mitchel minimpali ucapan Obama, "kau keliru, jika aku dulu
Menikah denganya, bukan kau yg jadi presiden tapi dia yg jadi presiden". Obama hanya bisa menatap istrinya dengan senyum dan tertawa setengah jadi....
.......
Perhatikan kalimat ini wahai para akhwat perindu syurga, "Wanita bisa menjadi sebab laki2 sukses dan mulia di mata Allah, pun wanita juga bisa menjadi sebab terpuruk binasa dan hinanya laki2 di mata Allah".
.......
Laki2 yg shalih akan menyempurnakan kemuliaanmu di sisi rabbmu, dan laki2 yg salah akan menyebabkan pudarnya fitrah dan sirnanya kumuliaanmu.
🌸🌸🌸
Bagi yg masih jomblo, berikhiar dan berdoalah agar Allah anugerahkan imam yg shalih untukmu, krn tiada pertemuan "pernikahan" yg baik kcl pertemuan mukmin dan mukminah.
.......
Fahamilah adab2 beriteraksi, bergaul dg laki2 siapapun, baik rekan kantor, tetangga, temen dunia maya, ustadz, kiyai dan siapa saja asal ia laki2 yg bukan muhrimmu. Mengapa????
Karena interaksi apapun antara laki dan wanita adalah interaksi sarat akan syahwat, bahkan pasti melibatkan syahwat.
Bukankah tarikan syahwat laki2 yg paling besar itu adalah wanita,
Setelah itu anak2, harta benda emas dan permata, kendaraan bagus dan mewah...al ayah.
.......
Wanita akan masuk syurga dengan 4 syarat; Syahadatnya benar, menegakkan shalat, menunaikan puasa ramadhan dan ridha suaminya.
🌸🌸🌸
Wanita Karir....
.......
Bab Ma'isyah atau mencari penghasilan atau bekerja. Dari sejak nabi Adam as sd Muhammad saw hingga dunia kiamat, ia adalah kewajiban setiap laki2, dan hukum wajib ini tidak akan dibeban kepd kaum wanita. Tdk ada khilafiyah dikalangan para ulama' dlm hal ini.
.......
Bahkan bagi laki2, bekerja adl kewajiban ke 2 setelah ibadah fardhu. "Laki2 yg sdh berumur 17thn wajib bekerja unt kehidupan" afwan ana lupa di halaman brp hadits ini, ia termaktup dlm buku "Indahnya Pernikahan Dini" karya Mhd Fauzil Adzim, GIP.
Sementara wanita, meskipun umurnya sdh 40thn, tp blm menikah, maka ia masih menjadi tanggung jawab laki2, wabil khuss ayahnya. Enakkannnn.....yg msh jomblo...ada yg mau???? (Intermezook)
........
Lantasss....apakah wanita bekerja itu haram atau boleh???
Khilaf dikalangan para ulama', ada yg mengharamkanya, terlebih wanita karir yg aktifitasnya keluar rumah. Namun tdk sedikit jg ulama yg membolehkan dg syarat2 tertentu.
.......
Yang mengambil dan mengamalkan pendapat yg pertama silahkan...
🌸🌸🌸
Dan insya Allah lbh sedikit mudharatnya dan banyak keutamaanya. Dan bagi yg mengambil dan mengamalkan pendapat yg kedua, perhatikanlah di antara syarat2nya; izin dan ridha suaminya, bg yg masih lajing, izin dan ridha orang tuanya. Adapun ikhtilat, percampur bauran laki2 dan wanita, wanita keletihan hingga cenderung emosional, ego meninggi, terkesan abai akan kewajiban thd suami dan anak2 itu adl kknsekuensi yg harus di sikapi oleh wanita karir.
.......
Lebih baik mati kelaparan ketimbang bekerja tanpa izin dan ridha suami atau org tuanya.
Bagi yg sudah menikah mengapa cukup izin dan ridha suaminya? Karena sepenuhnya, saat seorg wanita telah menikah ia menjadi tanggung jawab 100% suaminya, jiwa dan raganya. Dan kepatuhan seorg istri kepada suami adl kepatuhan ke dua setelah Allah dan RasulNya.
......
Suami dlm kondisi yg ideal adl suami yg penghasilanya bs membebaskan istrinya dr bekerja, dan fokus di rumah, menjadi peminpin di rmh saat suami tiada, pemimpin/mu'alimah bagi anak2nya, bagi khadimat jk ada, dan tdk akan ada istilah menganggur bg wanita yg
Menetap di rumah.
......
Wanita yg bs melepaskan pekerjaanya terlebih kerja diluar dm memaksimal peranya sbg wanita shalihah insya Allah mrk mulia dan Allah alirkan pahala suaminya untuknya.
.......
Bagi wanita yg bekerja unt menopang kehidupan ekonomi suami dan keluarganya, insya Allah mrk jg mulia. Jika ada wanita yg bekerja, namun ttp dlm fitrah sbg istri yg shalihah di hadapan suaminya dan ibu yg shalihah di hadapan anak2nya, santun dan ramah di hadapan mertuanya. Jauh dr sifat egois dan tdk sombong...
🌸🌸🌸
Untuk wanita seperti ini, saya salut dan takjub serta acung jempol unt mereka. Dan smg Allah jg memuliakanya dan mengganjarinya dg surga.
.......
Karena sy temukan bbrp kasus nyata, istri dg penghasilan lebih besar dan istri dg gelar pendidkan lebih tinggi dr suaminya, cenderung sering berantem dan bbrapa kasus kandas ditengah jalan. Walaupun jg ada yg bertahan, ttp romantis, dan terlihat samara. Inilah di antara wanita hebat dan mulia yg saya maksud.
Jika ada kebaikanya, Semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah bg saya. Wallahu a'lam
Alhamdulillah...kembali ke moderator...sy nyruput kopi dulu...
πŸŒΈπŸŒΈπŸ”·πŸ”·πŸ”·πŸŒΈπŸŒΈ
TaNYa JaWaB
0⃣1⃣ Bunda Sri
Ukhti dinda,ijin bertanya...
Assalamu'alaikum ustadz.. bagaimana hukumnya jika seorang istri bekerja tanpa ijin suami (sembunyi")dengan alasan ekonomi yang rendah karena sang suami tidak sanggup memenuhi. si istri berpikir lebih baik bekerja dripada harus berhutang. syukron sblumnya ustadz
▶Jawab:
Jk sy boleh balik bertanya mb sri, apa yg menyebabkan si istri tdk izi suaminya?
πŸ’›Afwan,sudah ijin ustadz namun tidak di ijinkan,
Alsan si suami tidak mengijinkan.. krena suami merasa dirinya kurang bisa brtnggung jwab untuk memenuhi kebutuhan keluarga,juga takut perhtian dn tnggung jwab si istri sbgai istri dan ibu berkurang. Si suami sll bilang insyaallah kbutuhan selanjutnya bisa trpenuhi tapi trnyata tidak..dan itu membuat si istri bimbang smpai diam" bekerja tnpa suami nya tau.
.......
▶Kebutuhan setiap RT itu relatif dan tdk mungkin sm dg keluarga yg lain.
.....
Kulkas itu perlu, namun jk mmg blm ada rezeki unt mmbelinya, mengapa hrs memaksakn dg cara kredit rentnir/finance, yg jelas riba dan haram hukumnya. Hukum riba paling ringan sm dg berzina dg org tua kamdung. Bahkan jika mmg rezeki blm cukup unt sekedar mmbeli blender saja, menunda dan menggiling dg ulekan tangan akan lebih mulia, ktimbang dg mndapatkanya dg cr haram/riba.
......
Percayalah mbak...apa yg Allah berikan hr ini pasti cukup, mungkin akan trasa tdk cukup krn kt menggunakan unt keperluan yg lebih dr sekedar kebutuhan.
.....
Bukankah Rasulullah melarang Fathimah unt meminta khadimat/pembantu unt meringankan bebanya, dan ia selalu menumbuk gandum dg tamganya.
.....
Atau carilah bekerjaan rumahan yg mungkin suami akan setuju, izin dan ridha.
0⃣2⃣ Eka
Assalamualaikum ustad, izin bertanya..
Ana pernah dengar bahwa penghasilan istri ketika bekerja sama seperti sedekah untuk keluarga, adakah tambahan pahalanya ustad?
▶Jawab:
Jika itu penghasilan sendiri mk istri bebas unt menggunakanya, namun tdk mungkin bg seorg istri yg shalihah unt menggunakan unt hal2 yg mubadzir, akan lebih mulia jk penghasilanya ia gunakan unt menopang ekonomi keluarganya.
.....
πŸ’›Lalu ustad, bagaimana jika suami tidak membolehkan istriny bekerja, sementara bekerja adlh hal yg di impikan istri ustad? Istri tidak membantah karna takut suami tidak ridho shg hanya dipendam saja, apa itu gak termasuk mendzolimi diri sendiri ustad?
▶Jawab:
Sebaiknya ia menentramkan jiwanya, krn sesungguhnya itulah fitrah, dan ia harus bersyukur Allah anugrahkan suami yg faham akan hak dan kewajiban. Wanita jarang dapet imam yg seperti ini. Dan tdk ada kezhaliman jk si istri memahami fitrah dirinya.
πŸ’›Satu lagi ustad, salah ndak yaa, jk ana menolak khitbah seseorg karna beliau tdak mengizinkan ana bekerja?
▶Jawab:
Salah bahkan sangat salah ukhti...krn wanita hanya boleh menolak laki yg buruk agama dan akhlaknya. Sm seperti, salah seorg lelaki yg menikahi wanita hanya dr sisi materi dan kecantikan semata.
.....
Jazakallah khoir ustad..
0⃣3⃣ Uky
Assalam mualaikum ustad. Pertanyaan saya :
1. Ustad menceritakan kalo kasus bahwa istri dgn penghasilan yg lbh besar dan pendidikan lbh tinggi bisa lebih cenderung berantem. Apakah sebaiknya dalam memilih pasangan harus dengan latar belakang pendidikan yang sama?
▶Jawab:
Begini maksud sy mbak, rasulullah jelas memesankan bahwa imam yg hrs di pilih seorg wanita adl yg faham agama dan baik akhlaknya. Jk sdh dg istikharah yg terbaik, percayalah siapapun ia dan dg latar belakang apapun ia pasti terbaik unt seorg wanita. Adapun istri dg gaji dan pendidikan lbh tinggi adl kelebihan, namun ia jg sekaligus cobaan bg keshalihahan dirinya di hadapan keluarga wabil khuss suaminya. Disana ada peluang ganjaran besar di sana jg ada kemurkaan besar.
......
2. Uang istri dari gaji adalah milik istri sendiri. Apakah salah jika sang istri memakai uang itu tanpa sepengetahuan suami?
▶Jawab:
Tidak salah mbak, bahkan ia bebas unt menggunakanya. Sdh ada jawaban terkait di atas ya mbak mhn di baca ke atas.
3. Apakah hutang suami itu juga menjadi hutang istri juga?
▶Jawab:
Tidak mbak, istri sepenuhnya "jiwa dan raganya" adl amanah dan tanggung jawab suami di hadapan Allah. Namun hutang istri menjadi tanggung jawab suami, namun jg tdk di benerkan istri berhutang tanpa sepengetahuan suaminya.
0⃣4⃣ iNdah
Ustadz, biasanya di buku nikah tertulis klo suami tdk bs menafkahi slama 3 bulan. Otomatis jatuh talak. Itu bagaimana jika ternyata yg menafkahi justru istri, jd TKW misalnya. Apa jatuh talak kan lebih dr 3 bulan? Sukron
▶Jawab:
Khuluk "meminta cerai" dalam pernikahan slh satunya di bolehkan sebab krn suami berlepas tanggung jawab dlm hal nafkah. Namun istri jg boleh tdk memperthankan pernikahanya, terlebih jk suaminya tdk bekerja krn sakit2 an. Krn BAB talak dalam islam adl bab khilafiyah di kalangan para ulama'...
0⃣5⃣ Mb Dewi
Assalamualaikum ustd,, sy mw brtanya, apakah boleh wanita bekerja krna mgkn ekonomi sulit & suami tak mampu menafkahi krn sakit"an. Lalu bgaimana hukumnya jika ad seorang istri yg menggugat cerai suaminya lantaran suaminya tak mampu menafkahi. Syukron ustd. .
▶Jawab:
Bismillah...dlm kondisi ini ada pengecualianya, darurat dlm pandangan saya:
1. Tetap izin adl kondisi yg terbaik ya mbak.
2. Jk izin tdk di beri sementara sdh tdk ada lagi penyambung kehidupan, sy berpendapat boleh, namun ttplah mencari pekerjaan yg tdk malah justru menimbulkan mudharat besar.
3. Suami yg faham, dan dlm kondisi sakit"an tdk bisa bekerja, seharusnya ia mengizinkan istrinya bekerja meskipun dg perasaan yg suuuangat berat.
.....
Jika tdk mampu menafkahi krn malas bekerja, mk ini adl alasan kuat seorg istri unt meminta cerai dr suaminya. Pertanyaanya ??? Kok bs dapet yg malas bekerja, org yg menikah islami tdk selayaknya dapet yg males bekerja...krn ta'aru dlm islam itu lbh ideal unt mengenal calon pasangan ketimbang pacaran.
......
Namun tdk sepantas "meskipun" sebagian ulama' membolehkanya" unt meminta cerai krn suami tdk bs menafkahi krn sakit2 an...wallahu a'lam
0⃣6⃣ Nurlela
Assalamu'alaikum ustadz.. ijin bertanya: Bagaimana batasan jelasnya wanita berkarir utk wanita yg telah bersuami? Bgmn hukum ny?Mohon pemaparan detail ustad.. TerimakasihπŸ™
▶Jawab:
Mbak dinda; jk mau di pretelin dr materi sy di atas mbak pasti ketemu jawabanya, meskipun jauh dr memuaskan.
1. Izin dan ridha suami nomor wahid. Jk ini sdh di dapat...si istrilah yg harus menjaga diri dlm aktifitas karirnya, dan sebaiknya ia sll mendiskusikan kpd sjaminya ats musykilah yh ia dapatkan di tmpt kerjanya, agar suaminya bd trus mmbombingnya.
0⃣7⃣ Mb Tirta
Assalamu'alaikum
Ijin tanya ustad
1. Suami sudah mengijinkan kan kita untuk bekerja,tapi ketika malam datang suami meminta hak nya,dan kita menolak karna alasan capek, apakah kita termasuk istri yg tidak taat kepada suami
▶Jawab:
Inilah salah satu yg dikhawatirkan Islam jk seorg istri bekerja yg akhirnya keletihan dan bs mengabaikan kewajiabnya. Nabi pernah bersabda, "Bahkan ketika sdg di punggung untapun, saat suamimu menita maaf "jima' ", wajib melayaninya. Lbh baik tdk bekerja ya mbak, jk di khawatirkan akn mnjadi sebab menolak permintaan suami. Namun jk suaminya faham dan mengerti, ia jg harus faham psikologis istrinya dlm kondisi capek. Ke dua belah pihak, dengan ilmu tawadhu' saling memahami kondisi. Tp mmg ada saat kondisi suami itu maaf "kebelet", ini bs berbahaya jk tdk di salurkan mbak. Onani adl pilihan dosa terkecil dalm hal ini, namun yg berbahaya adl...onani tp tdk ridha dg penolakan si istri...mk Allah dan malalaikan akan melaknatinya.
2. Karna alasan bekerja kita menitipkan anak² kepada nenekx...bagaimana menurut pandangan islam ustad
▶Jawab:
Tidak mengapa mbak, hanya tetap saja, ini kondisi RT yg masih jauh dr ideal, bukankah ibu adl guru dan madrasah terbaik unt anak2 kita! Ilmu tinggi seorg ibu seharusnya ia curahkan unt anak2 yg di dambakan selama ini. Smg Allah memperbaiki kondisi setiap RT kita semua ya mbak!
πŸ’›Membaca jawaban dr ustad yg mengatakan bahwa ibu adl guru dan madrasah terbaik untik anak2 kita.nah kalo menurut ustad gimana sebaiknya karena saya seorang single parent. Anak sy tinggal sama ibu saya di sby sedangkan sy mencari nafkah untuk anak di jkt. Sy ingin bekerja di sby. Tapi sama ibu sy tidak diijinkan.apa yg harus saya lakukan?apa sy hrs mendengar perkataan ibu saya ato sy tetap nekat cari kerja di sby?
▶Jangan nekat ya mbak...semua harus dg bismillah dan tawakkaltu 'alallah. Seorg wanita yg telah talak dg suaminya, ia menjadi tanggung jawab ayahnya dan sdr laki2nya. Ngapunten mbak, Hal terbaik menurut sy, mbak balek dan mlanjutkan kehidupan di sry, rayulah dg cinta dan kasih sayang aga ibu mengizinkan unt mbak plg ke sby. Lagian tdk mungkinkan jk mbak plang bakal di usir sm ibu. Pertimbangkan semua manfaat dan mudharatnya ya mbak. Wallahu a'lam
0⃣8⃣ Ella
Neng Khan single Mom, otomatis Khan harus kerja ustad. Itu gmn? Kerja jg untuk anak?
Trus mw tanya lg, kerjanya itu dideveloper?
Ada yg bilang itu Riba?
Padahal Khan neng niatx ibadah untuk membiayai anak?
Klo g kerja gmn anakx? Mksh
▶Jawab:
Mbak neng yang Allah muliakan...ttp saja hukum dasatnya, bahwa wanita tdk wajib bekerja dlm artian mencari nafkah bahkan unt diri. Hanya masalah yg berbeda, disaat laki2 di sekitar mbak neng tdk faham akan kewajibanya sbg laki2 adl menafkahi 4 wanita; ibu kandumg, istri, anak wanita, dan kakak atu adik wanita.
......
Jk laki2 mukmin yg beginian tdk mbak twmukan, mk bekerjalah mbak neng, dan jauhi pekerja yg mmbawa mudharat dan banyak mafsadat. Cari pekerjaan yg relatif lebih aman bg seorg wanita.
......
Developor riba? Yaach dlm praktik bs riba bs juga tdk ada riba. Mk pilihlah developer yg mengedepankan akhlak islam dlm praktik jual belinya. Jk sdh ownernya org kafir mk sebaiknya meninggalkanya, jgn keburu meninggalkanya seblm dpt alternatif yg baru, mudharat unt mbak neng dan anak bs lbh besar. Smg ada manfaat ya mbk neng...segera trima lamaran jk ada laki2 yg baik agama dan akhlaknya mengkhitbah mbak neng, biat bs fokus menjadi ibu dan istri bg suaminya!
0⃣9⃣ Aniek
assalamu'alaykum ustadz.
apakah istri boleh mengambil semua gaji suami tanpa meninggalkan satu rupiah pun bagi suami?
krn istri memegang kartu atm gaji suami?
jazzakallaah khayrran
▶Jawab:
Mengapa harus di ambil semua mbak? Sebelum seorangg suami wajib menafkahi istri dan anak2nya ia sudah wajib terlebih dahulu menafkahi dirinya sendir. Ini pasti sdg marah2 an sm suami ya mbak. Tidak ada kebaikan melakukanya ya mbak. Krn nafkah yg di berikan suamipun sesungguhnya adl amanah unt seorg istri. Itulah mkana hadits nabi "kullukum ra'in wa kullukum mas'ulim 'aro'yatih...istri memimpin nafkah yg diberiakan suaminya dan akan dimintai pertanggung jawaban. Wallahu a'lam
1⃣0⃣ iNdah
Assalamu'alaikum ustadzsaya mau bertanya , apakah boleh seorang isteri memberi uang ke orang tuanya atw saudaranya atw apa saja yang uang nya dari sisa uang belanja . Tanpa sepengetahuan suami
▶Jawab:
Sebaik izin dan sepengetahuan suami ya mbak. Namun, ulama' ada yg membolehkanya jika suaminya BAKHIL alias Pelit metitit....dan yg perlu di ingat, seorg wanita tdk akan di tanya di akherat ttg nafkah unt anak2nya atau unt org tuanya. Saudara kanung mbak yg laki2 yg semestinya menafkahi org tua mbak. Wallahu a'lam
Bahkan saat inipun ada peluang pahala besar bagi kt yg bisa memaknainya diskusi ini...
1⃣1⃣ Dhila
Ustad bagaimna kalo diantara keluarga ada seorg kk/adik laki2 tidak mau kerja malah mengandalkan saudara prempuannya.. Bhkan hingga saudra prempuannya menikah msh mngandalkan saudara prempuannya..
▶Jawab:
Tiada dosa mbak berlepas dr mereka. Inilah seburuk2 laki2 dlm islam. Bekerja adl kewajiban ke dua setelah amalan fardhu. Nasehati mrk terus mbak...krn kondisi ini bs mengganggu hubungan istri dg suaminya.
1⃣2⃣ Letter
Bgmn pandangan islam jika telah menikah,wanita meniti karir dari rumah dg berbagai usaha & bisnis sehingga pnya karyawan apakah sama hukumnya dg yg kerja di luar rumah?
Yg terjadi kebanyakan wanita jd sibuk sendiri dg karyawan & usahanya sehingga lupa akan kewajiban,
▶Jawab:
Kembali pada hukum awal, dampai kiamat tiba, bahwa hukum bekerja tidak akan pernah jatuh wajib kpd seorg wanita/istri.
.....
Diluar atau bekerja di rumahan, ttp atas izin dan ridha suaminya....ttp salah jk bekerjanya seorg istri lantas membuanya abai dg anak2nya. Keduanya ada mudharat, namun bekerja di rumahan lebih kecil mudharatnya menurut hemat sy. Afwan
1⃣3⃣ Dinda
Ustadz menurut ustadz kesenjangan pendidikan akademis dlm suatu keluarga apakah ber pengaruh dalam keharmonisan keluarga?
▶Jawab:
Kondisi ideal jk suami berpendidikan lbh tinggi dr istrinya. Namun jk yg terjadi sebaliknya, sangat mungkin berpengaruh namun tdklah mutlak mbak dinda, jk ketaqwaan istri lbh tinggi dr pendidikanya, niscaya pendidikanya yg lbh tinggi dr suaminya tdk akan memgirangi romantis thd suaminya. Ingat....ketaqwaanya lebih tinggi...
πŸ’›Jadi klo pn si wanita doktor si lelakinya s1 no problemo yaa tadz krna romantisme kluarga ndak di lihat dari akdemisnya naam ustadz
▶Bener sekali mbak dinda! Harus sm2 berbesar jiwa unt saling memahami dan mengiatkan dlm ketaatan,
πŸ’›Pilihan semua orang soleh..tajir...romantis hehehe
▶Harapan tdk selalu seiring dg kenyataan... namun semua akan brasa lebih baik jk di mulai dg istikhrah cinta yg berkualitas dan rumah tangga bisa di kayuh dengan taqwa dan taqarrub ilallah. Wanita shalihah akan siap hidup bersama suami yg shaleh meskipun tdk tajir, namun sulit menemukan wanita shalihah akan bertemu dan bertahan dg laki2 yg tajir namun tdk sholeh. Afwn
πŸ’›Kn pilihan ustadz ndak apa 2 kn harapan di iringi doa klo kita baik insyaalloh Alloh ijabah doa kita keyakinan doa terkabul insyaalloh
Kan jika kita berharap harus setinggi langit biar berusaha nya jga maksimal,
1⃣4⃣ Nuring
Ustad sebenarnyaa... pekerjaan apa sih, yg sebenarnyaa kita tahu bahwa gaji yg kiga pergunakan itu berkah dan bermanfaat??
▶Jawab:
Pekerjaanya jelas halal dan semua penghasilan trasa manfaatnya unt diri dan org lain. Jk gaji banyak, tapi habis bgitu saja dan jiwa tras gusar dan tdk tenang, itu kndikasi rezeki tdk berkah mbak.
πŸ’›Kalau sedikit bisa bermanfaat ustad , berarti berkah ya ustadz,,
▶Ya mbak...tapi lebih utama banyak tapi berkah...hehehe
πŸ’›Insyaa Allah ustad... smg aja ya ustadz,
1⃣5⃣ Tirta
Temen saya udah punya pilihan calon suami sendiri,tapi ibu temen saya kurang berkenan karna faktor ekonomi laki2 tsb.dan si ibu mencari kan jodoh buat si anak,ibu memilih laki2 yg beliau anggap mapan.tapi ternyata selesai menikah,suami tidak ngasih nafkah yg sesuai dengan yg di harapkan si ibu.dan ibu memaksa anakx bercerai.karna anak patuh sama orang tuax.akhirx anak menceraikan suamix...yg di persalahkan dalam ini siapa ustad..
▶Jawab:
Tidaklah durhaka si anak dlm hal ini wanita jk harus menolak laki2 pilihan ibunya, sebab pilihan ibunya adl krn dunianya semata. Rasulullah mewanti2 kt semua, jk engkau menikahi seseorg krn dunianya, mka dunianya itu jg yg akan membinasakan kita".
......
Mbak yg shalihah....tdk perlu mencari siapa yg slah atas apa yg telah terjadi. Ambil ibroh unt menatap masa depan yg masih bersih dan suci. Ingat faham agama dan baik akhlaknya adl pasti imam yg terbaik,
Yg ini sdh sy jawab ya mbak....sedkit tambahannya, tdk ada dlm fikih islam bahwa cerai atau talak itu ada pada wanita, mungkin maksud penanya, si istri minta atau menggugat cerai, yg menjatuhkan cerai ttp suami. Wallahu a'lam
1⃣6⃣ Nina
Apa arti berkah dalam rejeki?
▶Jawab:
Jiwa merasa tenang, jauh dr kegusaran, dan ibadah trasa ringan dan nikmat, jk qiyamullail sering alfa, jk tilawah trasa berat dst, bs jadi di antara sebabnya adl ketidak berkahan rezeki.
πŸ’›Bgmn pengaruh penghasiln terhadap keberkahan hidup,
▶Nafkah yg tidak berkah, akan menjadi terwujudnya keluarga yg jauh dr keberkahan. Baiti jannati maknanya adl rumah yg penuh dg kenerkahan. Jika aura neraka lebih dominan di RT kt, mk percayalah itu indikasi keberkahan sdg menjauh....sedang menjauh...mk dekatlah...dan buanglah sgl sebab yg menjauhkan keberkahan. Afwan
πŸ’›Terima ksh jawabannya ustadz
1⃣7⃣ Halimah
Ustadz halimah mau tanya,ustadz saya membayarkan hutang ortu,tanpa sepengetahuan suami itu hukumnya apa ya ksarna saya merasa itu hasil jerih payah sendiri terimakasih ustad sblmnya,
▶Jawab:
Jika uang itu adl hasil kerja mbak sendiri mk tdklah mengapa? Justru suami akan salah jk bawel atas uang jerih payah istrinya sendiri. Namun sebaiknya suami jg tau ya mbak! Krn menikah tdk hanya menyatukan dua insan tp menyatukan dua keluarga besar....
1⃣8⃣ Devi
ust..disini dlm memilih pasangan kn ditegaskan agama nya dl dan akhlak nya..kesolehannya ya. soleh itu yg bgmn ? apkah paham agama dan akhlak bagus minimal. dan lbh baik mana..lelaki yg paham agama (mendalami islam) ..akhlak bagus namun terlalu cair dg wanita. . atau lelaki yg pemahaman agaman standar ( tidak terlalu mendalami agama tp tau yg wajib mana ) tapi bs bersikap sesuai alias tidak terlalu cair dg wanita ?.
▶Jawab:
Mbak yg shalihah....
Tidak ada org yg faham agama tidak baik akhlaknya, dan tidak ada orang yg baik akhlaknya namun cair dlm berinteraksi dg lawan jenis. Krn interaksi seseorg menggambarkan akhlak seseorg. Faham agama dan baik akhlaknya adl terbaik unt imam dunia akhirat ya mbak!
πŸ’›Waduh dimarahi ust..ad ust ana py temen...dy paham agama tp kdg suka nyepik cewek....suka terlalu care sm cewek tad...ya dy blg itu krn mrk anggep adek. tp klo yg nda dianggep adek...mskon bercanda kn nda pantes tad..paham agama lhuw tau kn harusnya berinteraksi sm yg non mahram . . huhuu
▶Nyepik cewek itu apa ya mbak! Afwan
πŸ’›iya..kek tebar pesona...ngerayu gt tad
Krn msi singe...jd klo koment disosmed misal ad yg ty soal jodoh dijawab nda tau trus menjurus gt..jawabane sama guru mgkn kali ya (misal ce yg sikomet tsb profesinya sbg guru ) entah cm becanda ato beneran.
▶Tidak ditemukan istilah dlm fikih islam, adek atau abang angkat, yg ada anak angkat. Apalagi yg diangkat adek atau abg angkat beza jenis kelamin...ada udang di balik bakwan tu!hehehe
......
Ingatlah para akhwat sekalian: hubungan laki2 dan wanita adl hubungan yg tdk terlepas dari syahwat bahkan sarat akn syahwat. Mk saling menjagalah agar tdk saling menggelincirkan....
πŸ’›Baiklah...terimakasih ust jawabannya πŸ™πŸ€—
1⃣9⃣ Yeni
Apabila suami yg Super sibuk dikantor... Lalu ana sendiri yg menghandle anak2.. Mulai Dari urusan belajar sampai semuanya ana kerjakan srndiri.. Apakah suami ana termasuk lalai akan kewajiban sebagai seorang Ayah.. Ustadz
▶Jawab:
Ana tidak ragu, ia adalah suami yg lalai, dan dosa besar dlm islam. Bukankah nabi saw adl Qudwah hasanah (lih.alahzab:21), wabil khuss dlm hal tarbiyah aulad. Ia bekerja keras dan kaya dengan bisnisnya namun beliau saw adl ayah teladan bagi anak2nya. Bukankah jg bekerja ada batas normalnya, apa yg mau diburu jk siang dan malam habis unt urusan dunia. Manfaat dunia di kejar, namun mudharat besar dunia akhirat seolah dibiarkan menghampirinya.
πŸ’›Naam cukup yaa shalihah,
Rekor menyaingi kajian ustadz rudiawan hehe...
πŸŒΈπŸŒΈπŸ”·πŸ”·πŸ”·πŸŒΈπŸŒΈ
CLoSiNG STaTeMeNT
Bersukurlah krn Allah anugerahkan ketaqwaan dlm diri kalian semua, meskipn ketaqwaan itu trasa kecil kita rasa, krn ia akan membesar seiring mujahadah kita mempertahankanya, sampai ia melekat dalam jiwa hingga ia menjadi malaka dlm diri setiap kita.
Inilah kehidupan sementara, yg akan menjadi penghantar kehidupan abadi kita hingga kembali ke kampung halaman kita, kampung halaman yg pernah di huni oleh kakek nenek moyang kita...Syurga. Insya Allah. Matur nuwun...
πŸŒΈπŸŒΈπŸ”·πŸ”·πŸ”·πŸŒΈπŸŒΈ
PeNuTuP
Mari kita tutup dengan beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
Ψ³Ψ¨Ψ­Ψ§Ω†Ωƒ Ψ§Ω„Ω„Ω‡Ω… ΩˆΨ¨Ψ­Ω…Ψ―Ωƒ Ψ£Ψ΄Ω‡Ψ― Ψ§Ω†
Ω„Ψ§ Ψ₯Ω„Ω‡ Ψ₯Ω„Ψ§ Ψ£Ω†Ψͺ
Ψ£Ψ³Ψͺغفرك وؒΨͺوب Ψ₯Ω„ΩŠΩƒ
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel