Recent in Fashion

Best Seller Books

Tanya JAwab Riba


Oleh : Ustadz Ir. Dodi Kristono, MM

 *TaNYa JaWaB*πŸ’
Samuroh
πŸ™‹πŸ»Assalamualaikum ustad sy mau tanya bagaimana hukum Dropship, apakah juga termasuk dlm hadis yg menjualkan barang yg belum dimiliki? Walaupun dr pihak pertama sudah mengizinkan jualannya di promosikan?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Sebagai dropshipper boleh saja, kuncinya cuma 1 ya. *TIDAK BOLEH DP* maka *HARUS BAYAR LUNAS*
πŸ™‹πŸ»Ustadz knp tdk boleh dp dulu? Apa alasannya?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Karena barangnya belum menjadi milik kita. Kita harus beli dulu kan ke produsen, baru boleh kita jual.
Nanti kenanya ke Kredit Segitiga.
πŸ™‹πŸ»Bagaimana hukumnya mendepositokan uang ke bank? Apakah termasuk riba?
Terimakasih atas jawabannya
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Iya RIBA
Vony
πŸ™‹πŸ»Ustad ijin bertanyaa..
Klo bank syariah gmn ustad hukumnya?? Apakah msh ada unsur riba nya kah?? Ato sdh murni syariah. Contoh bank syariah mandiri, muamalat dll.
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Walaupun BS [ Bank Syariah ] masih belum sempurna, lebih baik kita tinggakkan BK [Bank Konvensional].
Di BS harusnya nasabah dan pihak BS akan tanggung renteng bila terjadi keuntungan maupun kerugian, tapi nasabah BS tidak dibebankan hal itu, karena tercover oleh LPS [Lembaga Penjamin Simpanan] pemerintah. Saat ini belum ada LPS yang syariah.
Ituh! πŸ‘†
Yanti
πŸ™‹πŸ»Kami punya usaha di properti didalam perputaran usaha kami memakai dana selain dari bank juga kami pinjam langsung perseorangan dan pengembalian uang sudah ditentukan tambahan persentasenya..setelah 6th apa yg kami punya sudah terjual dan tergadaikan di luar dan keadaan ekonomi terpuruk tajam..apakah ini karena pengaruh riba ustadz?
Maaf ya kalo melenceng dr materi sekalian curhat😬😭
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Betul... akad didepan aja udah salah dengan MEMASTIKAN sekian persen sekian persen.
Bisa dipastikan itu masuk ke wilayah riba.
Bund Nina
πŸ™‹πŸ»Ass. ustads, bgmn hukumnya minjem uang di bank konvensional?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
HARAM lah yaauuuwww. Minjemnya 1000 disuruh balikin 2000
πŸ™‹πŸ»Ya,Allah, harus gmn solusinya ustads, saya ga punya uang buat bayar bank, sementara cicilan msh bertahun2,,
Dwi K.
πŸ™‹πŸ»Begini ustadz ada teman pinya usaha kredit barang, terus kita ditawarin untuk investasi. Tiap bulan kita dapat keuntungan itu riba bukan ustadz?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Investasinya apa? Keuntungannya gimana?
πŸ™‹πŸ»Barang apa aja ustadz. Ya keuntungan dr mencicil. Upama harga 1 juta, nanti nyicilnya 200 ribu/ bulan selsms 10 bulan
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Kredit barang boleh boleh saja. Dan harga nya berbeda dengan harga cash juga tidak masalah.
Investasi maksudnya menanamkan modal diusaha kredit barang? Boleh saja. Tapi tidak boleh bilang akan dapat sekian persen sekian persen.
Yayah
πŸ™‹πŸ»Kt tdk punya rumah. Tp kt bisanya dg mencicil. Karena untuk beli lunas atw buat membutuhkn dana yg banyak.
Kl kt bertahan d rumh kontrakan biaya smkn besar dan kontrakn itu tdk bs kt miliki. Tp kl dgn mencicil walaupun dlm jangka waktu panjang akn manjd milik sndri.
Jd bgmn menyikapi hal tersebut. Mksh
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Carilah Leasing yang sesuai syariat.
Eka
πŸ™‹πŸ»Dalam hal kredit rumah atau motor, apakah jika seorang kakak memakai nama adeknya sebagai jaminan untuk kredit yg dia ambil, apakah adikny turut menangung dosa riba, sedangkan tidak ada kesempatan untuk menolak(terpaksa), gak enak juga sih nolaknya πŸ˜
Apakah dalam keaadaan demikian si adik terlepas dari dampak riba dan debunya ustad??
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Saling membantu dalam riba. Maka terimbas dosanya. Makanya pakelah KPR yang syariah.
πŸ™‹πŸ»Ini mbak, tadi kan ustad jawab begini..
Nah gimana ya ustad, pada saat itu memang belum mengerti soal riba.. Dan sebelumnya juga orang tua sempet ngelarang, cuma sit diterima sama kakak. Kan KPR nya masih lama ustad, gimana cara lepas dari dampak/dosa ribanya?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Saya kasih kalimat pamungkas ya :
Jika dan hanya jika, kita sudah terlanjur akad dengan akadnya bank riba atau leasing riba.
Maka jalan keluarnya adalah :
1. Bertaubat kepada Ψ§Ω„Ω„ّΩ‡ُ Ta'ala
2. Jual aset lain untuk melunasi | jika ada
3. Jika tidak ada | Patuhi AKAD di awal yang sudah terjadi | karena Islam taat akan akad yang sudah terjadi
4. Kembali ke Point 1
Kusty
πŸ™‹πŸ»Ustad saya mau tanya...
Kalo sistem pembayaran diskonto termasuk riba kah?
Diskonto itu semacam cek mundur ustadz. Yang bisa di ambil full kalo nunggu selama 2 minggu tp kalo langsung diambil dpt potongan 1 sd 1,5% dr total. Apa itu termasuk tiba tadz?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Yang memotong itukan tentunya pihak Bank bukan? Atau perorangan?
Bund Wiwid
πŸ™‹πŸ»Teman suami buka usaha, minta pinjeman sebagai modal. Dengan ketentuan, jika rugi dikembalikan sekian, jika untung dikembalikan sekian (lebih tinggi dari pinjaman awal). Apa masuk riba?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Jika rugi itu dikembalikan sekian masih lebih dari hutang pokoknya? Jika lebih maka skema diatas sama aja menari dengan riba.
πŸ™‹πŸ»Kalau cicilan KPR biasa, dipindahkan dari bank konvensional ke bank syariah, halalkah?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Sulit, Karena akad BS itu adalah akad jual beli. Sementara kredit di BK itu akan pinjaman. Dan BS sulit untuk membeli dari barang yang belum dimiliki
πŸ™‹πŸ»MLM syariah apa musti ditinggalkan walau sudah berlepas dengan poin & bonus? (Masih jual beli produknya)
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Selama harganya tidak lebih mahal dari pasaran, tidak ada TUPO, memang menjual barang dan bukan mengejar bonus, maka ini diperbolehkan.
Chal
πŸ™‹πŸ»Arisan trmasuk riba ndak?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Tidak... tapi berhati hatilah dengan arisan. Ini sama saja dengan berhutang.
iSmi
πŸ™‹πŸ»Kalo online shop itu riba gk? Kita pesan barang harga nya lbih mahal dri harga barang si pemilik barang itu?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Ini dropshipper namanya. Ingat tak boleh dp. Pembeli harus bayar lunas dulu sama kita.
Mei W.
πŸ™‹πŸ»Ustad kalau misalnya kita jadi reseler tapi barang dari sebuah toko untuk mengkreditkan tapi tetep modal dari pemilik toko langsung kita cuma menjual tapi dikreditkan? Itu gimana ustad?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Maaf... boleh dirinci lagi? Biar saya tidak salah jawab,
πŸ™‹πŸ»Gini ustadz, kita dimodalin sama toko di sruh menjual barangnya secara kredit gimana hukumnya?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Menjual kredit tidak masalah. Boleh boleh saja. Harganya lebih tinggi dari harga cash juga boleh.
Bund Wiwid
πŸ™‹πŸ»Kalau investasi dengan beli saham di perusahaan syariah, lalu sewaktu2 perlu dana, saham dijual. Apakah riba?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Tidak. Belum tentu juga dijual untungkan. Bisa rugi juga.
Mei
πŸ™‹πŸ»Gini ustadz, kita dimodalin sama toko di suruh menjual barangnya secara kredit gimana hukumnya?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Menjual kredit tidak masalah. Boleh boleh saja. Harganya lebih tinggi dari harga cash juga boleh.
Jumarsih
πŸ™‹πŸ»Klo SHU koperasi suatu lembaga/perusahaan apakah ada unsur ribanya ustadz?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Koperasinya Riba atau koperasi syariah. Kalau koperasi riba dan ada produk simpan pinjam disana dengan % tertentu. Ya ini koperasi riba.
Bund Wiwid
πŸ™‹πŸ»Jadi beli rumah mesti KPR syariah ya? Dulu tahun 2011 blm banyak πŸ˜­
Kalau cicil sama orang yang punya rumah langsung boleh ya? Tanpa lewat bank.
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Boleeeehhhh
Linda
πŸ™‹πŸ»ustad mau nanya.. kalo misalnya nyetorin uang bulanan k bank bagaimna hukum nya..? yang ngutangnya kakak, tapi minta tolong nitip bayar angsuran.nolak ga enak.gmna tuh ustadz..?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Gpp kalau memang menyetorkan saja.
Mei
πŸ™‹πŸ»Ustadz kalau kita nabung di bank dapet bunga, bunganya termasuk riba kah?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Kalau BK maka riba.
Oliph
πŸ™‹πŸ»Ustad, sblum nikah suami ternyata punya pinjaman k BK.. dan baru jujur pas udah nikah.. karna udah nikah jadi jga bantu keuangan kluarga, termasuk bayar cicilan k bank itu tadi.. apa saya kena dosa ribanya jga ustd.?? Syukron.
πŸ‘³πŸ½Jawab:
In sha Ψ§Ω„Ω„ّΩ‡ُ tidak
πŸ™‹πŸ»Klo asuransi kesehtan bukan riba y ustd.??
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Produknya apa dulu. Kudu kita bedah.
Mitha
πŸ™‹πŸ»Kalau dana haji talangan bagaimana tad,?',bank sekarang banyak menawarkan.
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Hukumnya haji apa?
πŸ™‹πŸ»hukumnya wajib bila mampu.
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Terus ketika dana nya ditalangi, artinya dia mampu atau tidak?
πŸ™‹πŸ»ini di rt saya pada berlomba daftar haji talangan ansuran berfariasi setiap bulan
Bund Nina
πŸ™‹πŸ»Jadi nabung di bk buat haji ga boeh juga?, gmn kl udah terlanjur dan udah melaksanakan hajinya?πŸ˜”
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Tadi liat kalimat pemungkasnya.
Jumarsih
πŸ™‹πŸ»Bagaimana dengan asuransi kesehatan n pendidikan..yg katanya syariah..tp bernaung di bawah BK or BSM..ada unsur riba juga kah ustadz?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Produknya didetailkan yaa. Baru saya jawab,
πŸ™‹πŸ»seperti asuransi prudencial syariah n asuransi takaful ustadz.
πŸ™‹πŸ»Klo Asuransi prudencial syariah n takaful..gmn ustadz?
πŸ™‹πŸ»Vony, Jawab:
Prudensial ada yg syariah. Jd uang yg kita setorkan tiap bulan utk inveatasi ke perusahan2 yg berbasis syariah.
πŸ™‹πŸ»Sy nasabah prudensial syariah jd tahu krn dijelaskan sprti itu dn tiap tahun dpt laporannya.
Oliph
πŸ™‹πŸ»Asuransi kshatannya kita bayar perbulan, klo sakitnya sampe masuk RS baru bisa dklaim, tapi klo sakit k dokter biasa ndak bisa. Trus klo misalnya gak pernah sakit, dlm 10 th uang bisa diambil utuh.
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Konvensional atau Syariah?
πŸ™‹πŸ»Afwan nyebut merk.. kayak prudensial gitu ustd.. saya jga kurang pham itu syariah ato bukan..
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Kalau konvensional akadnya itu akad tadabuli, ini HARAM jatuhnya.
Kalau syariah biasanya menggunakan Akad Tabarru, dan selama tidak memenuhi unsur Gharar, Maasyir dan Riba maka diperbolehkan.
Harus detail tentang produknya yaa. Supaya saya tidak salah menjelaskan.
Adinda
πŸ™‹πŸ»Intinya semua prodak dari bank syariah ndak riba gtu yaa ustadz!!
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Belum tentu
πŸ™‹πŸ»Ada jga tho yg riba.
Eka
πŸ™‹πŸ»Kalo nerima gaji melalui rekening BK gmana ustad?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Langsung KOSONGKAN dan transfer semuanya ke BS.
Kalau bisa kasih aja norek BS ke HRD nya.
πŸ™‹πŸ»Saya di pemerintahan ustad, jd gak bs pindah rekening..
Jazakallah, berarti nanti langsung di kosongkan saja..
πŸ‘³πŸ½Jawab:
iyaaaa
Bund Nina
πŸ™‹πŸ»Saya pernah membandingkan pinjeman utang saya di bk dan bs, ternyata selisihnya cuma 20 rb perbulan , artinya ga jauh beda bs dengan bk. Gmn tuh ustads?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Pinjamannya untuk apa? Pembiayaan?
πŸ™‹πŸ»Pinjemannya buat beli rumah dan buat bayar utang.
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Beli rumah emang dikasih cash sama BS?
Bund Wiwid
πŸ™‹πŸ»Asuransi kesehatan untuk rawat inap, bayar 1x untuk masa ditanggung 1 tahun. Jika tidak sakit, maka uang hilang, itu riba?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Konven atau Syariah?
πŸ™‹πŸ»Kartu nyelip ustadz, jika asuransi konven gimana, syariah gimana?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Jika konven → Tutup aja. Pindah ke Syariah.
Septia
πŸ™‹πŸ»Misalkan sy melakukan transaksi pembayaran dengan pelanggan via transfer . Kalau misalkan sy menggunakan BK jadi riba kah ustad ?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Tidak. Sekarangkan udah ada BS, pada pindah aja deehhh.
Mei W.
πŸ™‹πŸ»Gaji kita dibayar dengan perusahaan lewat BK, gimana itu ustadz? πŸ˜”
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Ya tadi, tarik semua atau transfer semua.
Vony
πŸ™‹πŸ»Ust, bank syariah mana yg bagus?? Yg mgkn sdkt skli unsur ribanya.
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Memang belum ada yang sempurna. Intinya BS aja dulu. Kalau mau aman ya di BS pemerintah.
Leni Kusuma
πŸ™‹πŸ»Trs klo qt mmpunyai usaha dbidang jasa ktika pmbyrn ato dilakukn diawal trs keuntungnny qt gunakan trlbh dahulu untuk modal usha trsbt, pdhl utk usaha jasany blm dilakukan itu gmn ustd secara syariah boleh ga?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Coba diurai pake angka Bunda!
πŸ™‹πŸ»Contohny klo orng beli jasa qt 5jt untung sjt dr 5 jt orng itu dp dlu kekita 2 jt nah dr uang yg 2 jt itu ada keuntungn qt lalu keuntungn itu qt gunakn trlbh dahulu utk modal lain ato kpntingn pribadi..pdhl jasa qt blm digunakn itu gmn hukumny ustd,
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Ooohh... ya ngga apa apa. Kan sudah didalam ketentuan akad awal. Kamu pakai jasa saya sekian harganya.
Septia
πŸ™‹πŸ»Ustad . Kalau misalkan pinjam di BS untuk membeli motor . Trus tiap bulannya nyicil di BS . Riba kah ustad ?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Gini yaaaa. BS itu bukan mengeluarkan uang ke kita dan kita belikan motor.
Kalau di BS, ketika kita mau motor, maka kita survey ke dealer dan datangi BS. Bahwa saya mau motor itu di dealer X,
BS akan kasih persyaratannya. Jika deal, maka BS lah yang membeli ke dealer dan kita lah yang membeli dari BS, melalui system angsuran.
Harga didealer misalnya 14 Juta. Maka ini motor dibeli BS.
dan BS boleh menjual ke kita dengan harga 18 Juta dengan di cicil.
Maka selisih 4 juta itu bukan riba, tetapi margin keuntungan BS,
πŸ™‹πŸ»Iyaa ustad . Insya Allah paham
Syukron ustadz,
Suci
πŸ™‹πŸ»Nah ustadz..kalau deposito itu haram tdak ya..
Contohnya sprti ini..misal kita inves 50jt..nah masa kontrak 1th..jd setiap bulan itu kita dpt bagi hasil 5%..sekitar 2.5jt an selama 1th..gmn donk klo begitu..
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Haram,,
Leni Kusuma
πŸ™‹πŸ»Klo nabung ke bank ga pake bunga ato minjm jg ga dibungain trs mereka ngegaji karyawanny yg bnyk gtu dr mn yaa, hehehe
Jd prmslhnny dr akadny pa gmn ustd krn BS pun kayaknya sm aja berbunga...
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Bunga dengan Margin itu berbeda yaa dimana bedanya?
Sebentar saya kasih ilustrasinya,,
Apa sih perbedaan antara BK dan BS....?
Semuanya sama sama ajaa,
Cuma beda istilah doang,
Sekarang saya tanya ke semua member disini,
Apa PERSAMAAN antara orang yang sudah menikah dengan orang yang kumpul kebo.....?
πŸ™‹πŸ»Septia : Beda akadnya
πŸ™‹πŸ»Vony : Klo sdh menikah ada akad ustd
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Yang ditanya PERSAMAAN. Hehheeh
Persamaannya → SEMUA SAMA
πŸ™‹πŸ»Adinda : Tidur bareng
Apa yang dilakukan orang yang menikah sama orang kumpul kebo, semuanya sama,
Tapi kenapa yang satu dikatakan HALAL dan yang satu dikatakan HARAM?
Cuma satu jawabannya,
Yaitu → AKAD
Jadi di BS boleh saja mengambil margin dan tidak menyelisihi Sunnah.
Karena dalam menentukan margin keuntungan dibebaskan berapa saja. Mau 10% kek, mau 30% kek, mau 100% kek, tidak masalah,
Kenapa margin keuntungan BS kok angkanya ngikutin RIBA di BK?
Boleh boleh saja dan sah sah saja. Selama semuanya sesuai akad,
Toh ambil margin diperbolehkan besaran berapapun,
Kenapa BS mengikuti BK? Karena BK inilah yang sudah terpola dan tertanam di otak masyarakat muslim,
Jadi bisa dilihat kompetitifnya,
Margin itu = Keuntungan.
Keuntungan akan hadir dan akan logis jika itu terbentuk dari jual beli
Keuntungan yang hadir diluar dari proses jual beli, misalnya pinjam meminjam, maka masuk kategori riba.
Leni Kusuma
πŸ™‹πŸ»Maaf ustd klo qt pinjm uang dgn mnjaminkan ssuatu ato mnggadaikn dlm jangka waktu trtentu itu gmn hukumnya?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Jika ada kelebihan dari pokok pinjaman maka itu masuk riba,
πŸ™‹πŸ»Ooo wlupn pmbyrannya dgn kredit,
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Pinjam uang itu akadnya pinjam atau akadnya jual beli?
Kalau akad jual beli, maka boleh ada margin,
Kalau akad pinjam meminjam, maka tidak boleh ada kelebihan Rp 1 pun,
Tapi mana ada judulnya PINJAM tapi akadnya JUAL BELI
πŸ™‹πŸ»Klo gadein gmn ustd jd nnti klo dah lunas brngny diambil lgi dgn pmbyrnny ya dkredit otomatis ada keuntungn,
πŸ‘³πŸ½Jawab:
ini masuk series 02
πŸ™‹πŸ»penasaran dng series" nya
Okkk...syukron ustd ilmuny
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Jual beli itu terjadi jika dan hanya jika adanya :
- Pembeli
- Penjual
- Barang yang diperdagangkan
Fidyati Amalia
πŸ™‹πŸ»Saya pernah mendengar ada hadist yang melarang menjual yang bukan milik nya...apakah Bank tsb membeli barang yang mau kita beli dulu baru menjual ke kita...?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Benarrr. Contohnya dimateri diatas diuraikan.
Kalau Bank Syariah memang demikian seharusnya. Dia yang beli dahulu lalu dijual ke kita → Akad Jual beli ( Masuk Akal )
Kalau BK dia yang keluarkan uang, kita yang beli dan kita cicil ke BK → Akad Pinjaman ( Tidak masuk akal )
Leni Kusuma
πŸ™‹πŸ»Strategi dakwah yg sprti pa yg hrus digunkn jika dilingkungn qt erat bgt kaitnny dgn yg nmny riba,
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Jika tidak mampu lebih baik diam dan hati kita mengikari perbuatan riba tsb. Jika mampu nasehati saja,
Bund Wiwid
πŸ™‹πŸ»Kalau jual beli online. Baiknya barang dikirim dulu, baru pembeli transfer setelah barang diterima?
Selama ini biasanya untuk menghindari pembeli penipu, maka uang ditransfer duluan, baru barang dikirim, seperti ini boleh kan ya ustadz?
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Boleh. Memang ditransfer dulu uangnya,
Fidyati Amalia
πŸ™‹πŸ»Klu bank blm membeli dan barang blm ada di bank apa boleh bank menjual ke nasabah...? Dalam praktek nya tidaklah demikian....barang masih di dealer klu itu mobil...apa boleh bank mengadakan akad jual...pada calo b nasabah,
Apakah itu bukan kilah...
πŸ‘³πŸ½Jawab:
A punya stock mobil. A jual rumah ke Bank Syariah. Semenit kemudian Bank Syariah jual mobil ke C. (Maka ini Sah)
A punya stock mobil. Si Bank Syariah minta tolong si C jadi wakil si Bank Syariah beli mobil dari A. Trus mobil tadi dijual oleh si Bank Syariah ke C. (Maka ini Sah)
πŸ™‹πŸ»Seakan akan barang sdh di beli...padahal kan belum...
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Perlukah BS info ke calon pembeli bahwa uangnya sudah ditransfer ke dealer?
Ngga perlu! Kenapa? Karena calon pembeli bukan siapa siapa diantara transaksi BS dengan Dealer,
Samuroh
πŸ™‹πŸ»Jadi klo kredit lwt leasing itu ada 2 akad yg dikumpulkan jd satu ya ustadz (akad pinjam n akad jual beli)
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Salaaaahhh. Akadnya tetap satu dong. Akad jual beli → Leasing syariah yaa.
Suci Aryanti
πŸ™‹πŸ»Ttg yg deposito blm d jelaskan alur nya ustadz..mohon penjelasanya..agar mudah mnerangkan nti jika ada yg brtanya,
πŸ‘³πŸ½Jawab:
Kalau BK → Tarik aja semuanya
Kalau BS → sementara tidak apa apa.
Pertemuan berikutnya saya akan jelaskan lebih detail.
πŸŒΈπŸŒΈπŸ’«πŸŒΈ
πŸ’ *PeNuTuP* πŸ’
Baik ukhty fillah Ana Adinda mohon maaf mewakili Trio BS atas kekuranngan yg ada dn semoga kajian mlm ini ber manfaat sampe bertemu di hari rabu dlam tema yg ber beda
Kebenaran hanya dari Alloh dn kesalahan ada pada Ana mohon di bukakan pintu maaf,,,
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
Ψ³Ψ¨Ψ­Ψ§Ω†Ωƒ Ψ§Ω„Ω„Ω‡Ω… ΩˆΨ¨Ψ­Ω…Ψ―Ωƒ Ψ£Ψ΄Ω‡Ψ― Ψ§Ω†
Ω„Ψ§ Ψ₯Ω„Ω‡ Ψ₯Ω„Ψ§ Ψ£Ω†Ψͺ
Ψ£Ψ³Ψͺغفرك وؒΨͺوب Ψ₯Ω„ΩŠΩƒ
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel