Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

SDIDTK (Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang)



OLeh : Khoirunnisa Yurliyana, S.Si.T., M.Kes.


Materi kajian kita hr ini adalah SDIDTK (Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang) pada anak. Apakah ini?
Pernahkah sahabat dengar istilah.... Bagi sahabat yg dari medis or paramedis boleh bersama kita sempurnakan kajian malam ini
Materi kajian hr ini lbh tepatnya untuk para bunda
Kita sebagai orangtua mendambakan mempunyai anak yg sehat, baik sehat scr jasmani maupun rohani, agar anak2 kitapun bisa hidup sukses & mampu bersaing ditengah persaingan global dimasa mendatang serta bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama. Aamiin
Memang tidak ada anak yg sempurna, namun kita bisa mengupayakannya. Salah satunya adalah dgn upaya pemantauan pertumbuhan & perkembangan anak yg dikenal dgn 'SDIDTK'
SDIDTK = Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang anak
STIMULASI = kegiatan merangsang kemampuan dasar anak umur 0-6 th, agar anak tumbuh & berkembang scr optimal. Stimulasi dpt dilakukan oleh ibu, ayah, pengganti orang tua (pengasuh), anggota klg lain, atau jk si anak sdh masuk PAUD, maka akan mjd tanggung jawab lembaga untuk membantu pendeteksiannya.
DETEKSI = Kegiatan /pemeriksaan untuk menemukan scr dini adanya penyimpangan tumbuh kembang pd balita dan anak prasekolah
INTERVENSI = suatu tindakan tertentu pd anak yg mempunyai perkembangan & kemampuan menyimpang krn tidak sesuai dgn umurnya. Penyimpangan perkembangan bisa terjadi pada salah satu atau lebih kemampuan anak.yaitu kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara, dan bahasa, serta sosialisasi dan kemandirian anak
PERTUMBUHAN = bertambahnya ukuran fisik anak dari waktu ke waktu. Dilihat dari tinggi badan, berat badan, dan lingkar kepala
PERKEMBANGAN = bertambahnya fungsi tubuh si anak. Meliputi sensorik (dengar, lihat, rasa, cium), motorik (gerak kasar, halus), kognitif (pengetahuan, kecerdasan), komunikasi/berbahasa, emosi-sosial serta kemandirian.
Jenis skrining/deteksi dini penyimpangan tumbuh kembang dlm SDIDTK =
1. Deteksi dini penyimpangan pertumbuhan dgn cara mengukur BB (berat badan), TB/PB (Tinggi Badan/ Panjang Badan), dan Lingkar kepala. 2. Deteksi dini penyimpangan perkembangan = dgn KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan), TDL ( Tes Daya Lihat), TDD (Tes Daya Dengar). 3. Deteksi dini penyimpangan mental emosional yaitu menggunakan = KMME (Kuesioner Masalah Mental Emosional), CHAT (Check list for Autism in Toddler) atau chek list deteksi dini autis, dan GPPH ( Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas)
Penetapan Standar usia dlm pendeteksian SDIDTK = anak usia 0 bln, 3 bln, 6 bln, 9 bln, 12 bln, 15 bln, 18 bln, 21 bln, 24 bln, 30 bln, 36 bln, 42 bln, 48 bln, 54 bln, 60 bln, 66 bln, dan 72 bln.
Jk umur anak belum menginjak usia yg ditentukan , maka jgn lakukan pendeteksian sampai anak tsb mencapai usia yg ditentukan
Pertumbuhan & perkembangan anak secara fisik, mental, sosial, emosional dipengaruhi oleh gizi, kesehatan & pendidikan. Hal ini telah banyak dibuktikan dlm berbagai penelitian, diantaranya penelitian longitudinal oleh Bloom mengenai kecerdasan yg menunjukkan bahwa kurun waktu 4 tahun pertama usia anak, perkembangan kognitifnya mencapai sekitar 50%, di 8 th mencapai 80%, dan setelah usia 18 th mencapai 100%
Penelitian lain mengenai kecerdasan otak menunjukkan bahwa untuk memaksimalkan kepandaian seorang anak, stimulasi harus dilakukan sejak 3 th pertama dlm kehidupannya, mengingat pd usia tsb jml sel otak yg dipunyai 2x lbh banyak dari sel2 orang dewasa
Program SDIDTK merupakan revisi dari progr DDTK yg telah dilakukan sejak tahun 1988 & termasuk salah satu program pokok puskesmas. Kegiatan ini dilakukan menyeluruh dan terkoordinasi diselenggarakan dlm bentuk kemitraan antara keluarga (orang tua, pengasuh anak, dan anggota klg lainnya), masyarakat (kader, organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat) dgn tenaga profesional.
Alat pantau yg dipakai orangtua/keluarga = buku KIA. Didalam buku KIA lengkap sekali terdapat acuan untuk deteksi dini tumbuh kembang anak. Jk orangtua mendapati anaknya tdk sesuai dgn target tumbuh kembang yg ada di buku KIA maka orangtua harus merujuknya. Kemanakah perujukannya?
▶ 1. Tingkat puskesmas dan jaringannya, jgn lupa buku KIA nya jg dibawa. Pada rujukan dini, bidan dan perawat di posyandu, polindes, pustu, termasuk puskesmas keliling melakukan tindakan intervensi dini penyimpangan tumbuh kembang sesuai standar pelayanan yg terdapat pd buku pedoman. Bila kasus penyimpangannya ternyata memerlukan penanganan lanjut, maka dilakukan rujukan ke tim medis di puskesmas
▶ 2. Jk kasus penyimpangan tsb tdk dapat ditangani di puskesmas, maka perlu dirujuk ke RS kabupaten /kota yg mempunyai fasilitas klinik tumbuh kembang anak dgn dokter spesialis anak, ahli gizi serta laboratorium/pemeriksaan penunjang diagnostik. RS provinsi sbg tempat rujukan sekunder diharapkan memiliki klinik tumbuh kembang anak yg didukung oleh tim dr spesialis anak, kesehatan jiwa, kesehatan mata, THT, rehabilitasi medik, ahli terapi, ahli gizi dan psikolog Untuk para bunda yg msh memiliki balita, masihkah buku kia nya tersimpan rapih
Krn alat pantau yg paling sederhana dan praktis adalah menggunakan buku kia.
🌸🐝🌸🐝🌸🐝
TaNYa JaWaB
1⃣Darma
Saya mau menanyakan anak saya usia 3 th..tp bicara nya belum lancar..msh sepotong2..belum bisa membuat kalimat..apakah normal?
Jawab:
Bunda darma yg dirahmati Allah..klo boleh tau usia dede dlm bulan brp kah bunda?
Krn dlm SDIDTK penetapan skriningnya dgn bulan bukan tahun, agar intervensinya tepat DiUsia 36 bln diharapkan tahapan perkembangannya = bicara dgn baik, menggunakan 2 kata dgn benar dan tdk cadel.
2⃣ Sofi
Kan ada anak yg ternyata data2nya dua tuh di bawah atau di atas standar...nah batas toleransi yg masih diperbolehkan tuh bagaimana? Maksudnya bahwa anak ini masih normal begitu...
Data2 dia,,,
Jazakillah ...
Jawab: Bisakah diperjelas lg bunda sofi
πŸ“Serra
Assalamualaikum ustadzah. Apakah boleh setiap saat kita mengecek ke dokter tentang perkembangan anak kita. Dalam arti jika kita yg mendeteksi di khawatirkan salah mengartikan. Terima kasih
Jawab:
Orang tua bisa mengecek sendiri pertumbuhan dan perkembangan anak kita yaitu dgn menggunakan buku kia, jk didapatkan penyimpangan maka segera bawa anak tsb ke puskesmas atau rumah sakit yg memiliki klinik tumbuh kembang.
4⃣Darma Hariwati
Saya punya anak usia 4 laki2, dan saat ini suka sekali memegang alat kelamin nya. Bagaimana ya cara mengalihkan perhatian nya dr Situ? Krn sudah di ingatkan, sampai di alihkan masih saja suka memegang dan tiba2 suka buka celana nya,,,
Jawab:
Maksudnya usia 4 tahun ya bunda darma hariwati, di usia tsb memang masanya dia mulai mengenal kelaminnya. Maka orangtua hrs sering mengingatkan dan menjelaskan kapan bisa membuka, menyentuh kelaminnya.
5⃣AyuKey
Sy punya anak usia 4,9 th udah TK A anaknya sangat aktif... Bb dah 5 bln tetap 14 tp TB 115an.. tiap bln selalu naek... Apakah itu normal...
Jawab:
Laki2 atau perempuan bunda ayukey? Normal bunda, nilainya diatas standar deviasi. Ini bisa dilihat penilaiannya di buku kia bunda.
6⃣Nur Jannah
anakku 3,cowok semua dok😘😘
sejak balita rata2 mereka kurg beratx, kadang d garis merah.tp lincah semua, sy ngisi buku kia msng2 anak, klo motorik mrka cepat brkmbang,rata2 cepat bicara daripada jalan, koq beratx susah naik, yg sulung 12 thn bb 15 kg kadang d bawah, yg tengah 8 thn bb 12 kg, yg bungsu 3thn bb 10kg.
Normal nda bu??
Jawab:
Normalnya pertumbuhan bb anak setiap bulannya naik bunda, patokan kenaikan bb balita bs dilihat di buku kia yaitu berdasarkan KBM ( Kensikan Berat Badan Minimal)
Kenaikan berat badan minimalπŸ‘†πŸΌ
3 tahun itu apakah pas di usia 36 bln bunda nurjannah?
Jk ya, berarti bb dede pas sekali di garis merah pd buku kia,
Kenaikan bb di usia 36 bln minimal perbulannya adalah 2gram,
Perlu dikaji kembali adakah masalah di pola makannya, atau adakah penyakit yg menyertai sehingga bb nya sulit untuk bertambah
πŸ“Sofi
2 gram?
Jawab:
Ya, untuk usia 36 bln
7⃣Tanti
Anakku 9th (kls 3) habis kejang demam, memang saat bayi ada riwayat kejang
Ternyata setelah sadar beberapa kemampuan menurun terutama dlm komunikasi. Bahkan dia sempet lupa angka😭
Wajarkah itu dok?
Kami hrs konsul kemn dok?
Jawab:
Riwayat kejang demam memang beresiko terhadap kemampuan kecerdasan anak bunda tanti yg shalihah, pastinya tidak wajar, sehingga perlu sekali dikonsultasikan ke dr spesialis anak yg berkolaborasi dgn klinik tumbuh kembang anak dgn fasilitas lengkap seperti yg tertera di materi kajian πŸ‘†πŸΌ
8⃣Afni
Pertanyaan sy sm dg mba darma tapi umur anak sy 5 th.. Anak saya laki"
Jawab:
Jawabannya hampir sama dgn jawaban pertanyaan bunda darma ya bun afni.., harus sering mengingatkan kpd anak kpn kelaminnya bs di buka atau disentuh, dan siapa sj kah yg boleh menyentuh kelaminnya 
9⃣Atik
Titipan dr teman
bagaimana menghadapi anak yang terlalu perfeksionis, mungkin awalnya saya salah mendidiknya sedari awal,jadi sekarang klw ada tugas dari sekolah, anak saya ga akan tidur kalau belum selesai atw puas dengan tugasnya, baru 10 tahun usianya mba...
Saya padahal udah bilang gpp salah sedikit juga namanya juga manusia..
pernah dia pulang nangis karena nilainya 7, padahal saya ga pernah menuntut dia untuk nilai bagus atw jadi juara. .gimana yaa baiknya penanganan selanjutny. Jazakillah
Jawab:
Anak cerdas ya bunda atikπŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ», kebiasaan /tingkah laku anak biasanya menyerupai ortunya
1⃣0⃣iSna
1.Anak sya usia 3th 2bln dokter,sering batuk,krna sedikit ada asma.min 1bln skali batuk,akhirnya sering priksa,minum anti biotik.apakah akan berakibat pda daya tahan tubuhnya kelak dokter?
2.Kapan ideal anak masuk sekolah dokter?
Trima kasih😊
Jawab:
1. Bunda isna yg dirahmati Allah.., asma adalah salah satu penyakit alergi, jd akan sll kambuh jk penyebab alerginya muncul. Jd silahkan bunda isna evaluasi ulang faktor apa sajakah yg bs menyebabkan dede mjd kambuh asma nya.
Dan pengobatan alergi sebenarnya tdk memerlukan antibiotik, tp lbh ke vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh
2. Di materi kajian πŸ‘†πŸΌsdh dipaparkan bunda, bahwa semakin dini kita menstimulasi otak anak insyaallah makin sempurna serabut otaknya sehingga semakin cerdas kognitifnya. Aamiin. Tp hrs jg melihat kemauan/motivasi dan kemampuan anak.
1⃣1⃣Jiah
maaf dok, ,apakah sulit bab pada anak juga mempengaruhi susah naiknya bb?
Jawab:
Sebaiknya jgn dibiasakan susah bab/sembelit. Pd kondisi sembelit sistem cerna sulit berkontraksi mengeluarkan feses shg perut jd sering sebah, kembung, dan akhirnya ga nafsu makan. Maka, cukupkanlah konsumsi air putih, makanan berserat, dan olah raga.
1⃣2⃣Wita
Anak sy umur 32 bulan, gimana menstimulasi agar dia nggak takut kotor?karena selama ini kalau kena kotor sedikit langsung teriak, bahkan waktu jatuh di aspal nangisnya bukan karena kakinya sakit tapi kakinya kotorπŸ˜€
Jawab:
Bunda wita shalihah..hal ini terjadi biasanya krn perlakuan kebiasaan klg pd anak, sehingga anak berusaha sll bersih/perfect
1⃣3⃣Jiah
iya dok, ,,dan kalo makanan berserat kan anak2 ada yg kurang suka sayur dan buah dok, ,,kalo d ganti dg semacam vegebland gtu boleh gak??
Jawab:
Suplemen makanan vegeblend ya bunda jiah ghoffar?, boleh sj, tp yg lbh alami lbh baik. Seorang bunda memang wajib memiliki kreatifitas seni dlm pengolahan makanan agar anak2 tertarik dan nafsu makannya terutama yg berhubungan dgn makanan berserat seperti sayur dan buah.
Tips nya, baiknya sering disuguhkan/ diperlihatkan di atas meja makan = aneka sayur dan buah, insyaallah jk anak2 terbiasa melihat sayur dan buah maka mereka akan mencoba untuk suka. Aamiin
1⃣4⃣Setia
Maaf Bun.. anak saya usia 54 bulan.. dulu waktu kecil setiap tidur sll pakai kipas angin.. kalo tidak dgn kipas listrik ya pakai kipas tangan.. setelah memasuki usia 36 bulan anak saya sering flu.. tapi hanya pagi sampai jam 12an siang saja kalo malam tidak..knp ya dok..
Jawab:
Bunda setia yg baik.., flu adalah salah satu gejala alergi, silahkan dievaluasi adakah penyebab alerginya shg flu nya hanya muncul di jam segitu, bisa debu, asap, bulu2, kotoran, dll. Silahkan dievaluasi ya buun, agar flunya tdk sering kambuh dan mengganggu. Aamiin
1⃣5⃣Dian
Anak saya yang paling kecil perempuan umur 58 bulan. Kalau punya kemauan selalu minta dituruti kalau tidak jadi marah-marah dengan membuang barang dan memukul orang yang membuatnya marah/orang yang tidak menuruti kemauannya. Sekarang di sekolahnya ada pelajaran renang tapi mulai awal masuk, sudah 2.5 bulan ini tidak pernah mau diajari guru renangnya, bahkan didekati saja menangis. Tapi kalau ditanya kenapa nggak mau bilang alasannya. Bagaimana cara menghadapinya ya Dok? Terima kasih
Jawab:
Bunda dian yg dirahmati Allah.., di usia 58 bulan memang masanya anak untuk explore kemampuannya, jd kita sbg orangtua terus mendukungnya.
Tp disini anak bunda dian blm bisa mengungkapkan apa yg mjd uneg2nya, akhirnya hanya bisa menangis dan marah. Mungkin si dede' pernah merasa kurang nyaman/tdk terpenuhi kebutuhannya/kemauannya mll gurunya, silahkan bunda kaji ulang dan sering ajak dede' untuk mengungkapkan isi hatinya dgn mengajaknya bercerita apapun yg telah dialaminya disekolah atau dimanapun setiap hari
1⃣6⃣Fitri
Maaf bun,Anak saya sekarang 7 th, bs dikatakn anknya hiperaktif, dr kecil anknya ndk pernh mau diam,mmg daya ingatnya Sgt kuat,to yg jd keluhan saya dlm soal memperhatikan Sgt kurang, guru menerangkn mlh mainan sendiri n sering bikin ulah bgmn caranya biar dpt merubah sikap ank yg seperti ini dok, terima kasih
Jawab:
Bunda fitri shalihah..,Untuk anak yg hiperaktif bisa dikonsultasikan ke klinik tumbuh kembang anak, atau silahkan bunda isi dl kuesioner GPPH (Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas), jk nilai kuesionernya tinggi, maka segeralah konsultasikan ke klinik tumbuh kembang ya bunda fitri. Sebentar saya kirim foto kuesioner GPPH yg hrs bunda dian isi
1⃣7⃣Setia
Syukron dok.. boleh satu lagi pertanyaan terkait alaergi.. anak saya memang kadang suka alergii.. waktu itu pernah alergi protein.. jd kalo makan yg terlalu banyak kandungan proteinnya bisa gatal seluruh tubuh nya.. matanya bisa membengkak.. yg mau saya tanyakan.. apakah alergi itu bisa seumur hidup? Atau ada obatnya selain menghindari makanan yg membuat alergi.. sebelum dan sesudahnya Syukron katsiron bun dokter... πŸ˜˜πŸ˜€
Jawab:
Bunda setia..Alergi adalah salah satunya krn keturunan bunda, dan memang seumur hidup, jd memang harus dan wajib tau apa sj yg bs mengakibatkan terjadinya alergi, selain sll berusaha meningkatkan daya tahan tubuh
1⃣8⃣Chie
tanya dokcan, ponakan ana yg perempuan rata² klo demam karena bapil suka ada step (kejang) normal kah itu??
Rekam otak gk ada gejala apapun namun setelah reda panas nya badan nya jd lemes bgt jd klo jalan kek anak baru belajar jalan. Ini kenapa y, dokcan. Diagnosa dokter jg gk ada gejala apapun.
Jawab:
Usianya berapakah ukhti chie?
Sebaiknya jgn dibiasakan kejang demam/step krn busa mempengaruhi kemampuan syaraf otaknya. Sll sediakan obat penurun demam, dan kenali gejala demam, krn pd saat demam tinggi seringkali yg teraba tubuhnya dingin bukan panas, shg sll sediakan thermometer di rumah untuk memudahkan deteksi demam ya bunda chie Sedangkan untuk kemampuan berjalannya yg lemes seperti br belajar jalan, mungkin krn dipengaruhi efek obat kejang demam yg mengandung penenang syaraf agar tdk timbul kejang berulang. Tetap di stimulasi belajar jalannya dan berikan suplemen vitamin untuk menguatkan daya tahan tubuhnya
1⃣9⃣Tatik
Anak sy perempuan usia 59 bulan berat 13kg. Kami tdk imunisasi anak2 kami. Kl ke puskesmas cm ukur tinggi, lingkar kepala & timbang. Garis merah itu langganan saat usia 8-15 bln. Anakx sedikit makan. Selalu dpt biskuit dr puskesmas. 1 thn terakhir sering sariawan. Kira2 ada hubunganx dg makan yg sedikit,,
Jawab:
Bunda tatik yg dirahmati Allah.., penyebab sariawan banyak sekali, salah satunya krn kurangnya zat gizi yg masuk ke tubuh sehingga permukaan mulut mjd rapuh, mudah berdarah, dan sariawan
2⃣0⃣Cahyani
afwan bunda Nisa, bagaimana cara melatih fokus anak usia 7 tahun utk konsen pada pelajaran atau sewaktu belajar di rumah..dia hanya konsen ketika melakukan hal yg disukai misal waktu menggambar atau membuat kreasi..hobbynya mmang menggambar..
Jazakillah penjelasannya bunda..😘
Jawab:
Bunda cahyani..kita memang tidak bisa memaksakan anak untuk harus fokus. Tp dgn tau kemampuan anak yg suka seni gambar, maka bisa pengalihan belajarnya dgn sistem belajar yg mengasyikkan seperti saat dia melukis/menggambar, memang sulit tp harus sll diajak komunikasi ttg apa sjkah yg bisa membuat dia mjd semangat belajarnya
2⃣1⃣Glendha
Kalau anak usia 8th blm bisa membaca apakah normal dok?
padahal sudah cek ke psikolog jg ktnya bukan diseleksia. Jazaakillah penjelasannya.
Jawab:
Blm bisa membacanya krn cuek kah, or enggan belajar membacakah, or kondisi saat belajar yg menegangkan shg membuat dede' mjd malas membaca. Bisa diawali dgn kita sering membacakan buku cerita yg menarik, dan minta ia untuk mengulangi ceritanya kembali dgn ikut membaca buku cerita, intervensinya bunda hrs rajin melatih membaca dgn sistem yg menyenangkan ( sambil bermain, sambil bersenda gurau minta ia untuk membaca bacaan apapun yv ada didekatnya. Krn seharusnya diusianya sdh mulai mampu membaca lancar
2⃣2⃣Serra
Jika ketegasan kita terhadap anak misal saya tetep melarang makan permen apapun yg terjadi . Akan berpengaruh buruk atau gmn ya ? Terima kasih
Jawab:
Sebaiknya dgn teknik seni tingkat dewiπŸ˜ƒ, anak saya yg ke 3 pun msh balita, anjuran saya biasanya lbh diikuti jk saya menjelaskan dampaknya dgn memperlihatkan gambar2 resiko jk memaksa melakukan hal yg kita larang, boleh dicoba bunda.
2⃣3⃣Setia
Bun dok can.. kalo saat alergi.. pertolongan pertama yg harus diberikan apa ya dok.. saya kadang suka kewalahan.. kalo pas lg di jalan.. tiba tiba si sulung alergi.. bisa semua badan gatal gatal.., memerah dan jlidur..
Jawab:
Yg harus dilakukan selain menghindari faktor penyebab alerginya adalah sll sediakan obat anti alergi dimanapun or kemanapun dede' bepergian.
2⃣4⃣Tatik
Sariawan bukan efek dr lambung ya dok?
Jawab:
Sariawan adalah salah satu gejala penyakit yg berhubungan dgn sistem cerna, termasuk lambung dan usus. Tp jk sariawan timbulnya sering perlu diperiksa lbh lanjut ke dokter bunda.., pd kasus anak bunda, anak tdk / kurang nafsu makan sehingga otomatis asupan gizipun kurang menutrisi tubuh sehingga mjd rapuh dan mudah timbul sariawan.
2⃣5⃣Tanti
Utk deteksi no 2 &3 hrs konsul ke dokter tumbuh kembang/psikolog dok?
Jawab:
Dilakukan penapisan terlebih dahulu, deteksi penyimpangannya berdasarkan kasus baru kemudian dideteksi dgn menggunakan KPSP, or TDL, or TDD, jk ya maka di rujuk ke dr anak spesialis tumbuh kembang anak,
Begitu jg dgn anak yg diduga ortunya mengalami gangguan penyimpangan mental emosional maka dideteksi dulu dgn KMME or CHAT, or GPPH, tergantung keluhan kasusnya. Jk jawabannya ya, maka rujuk ke dr anak spesialis tumbuh kembang anak.
🌸🐝🌸🐝🌸🐝
CLoSiNG STaTeMeNT
SDIDTK penting sekali dilakukan untuk mendeteksi adanya penyimpangan tumbuh kembang anak, cara sederhana adalah dgn menggunakan buku kia dan segeralah rujuk anak jk terdapat penyimpangan tumbuh kembangnya segera sebelum terlambat.
🌸🐝🌸🐝🌸🐝
PeNuTuP
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
Ψ³Ψ¨Ψ­Ψ§Ω†Ωƒ Ψ§Ω„Ω„Ω‡Ω… ΩˆΨ¨Ψ­Ω…Ψ―Ωƒ Ψ£Ψ΄Ω‡Ψ― Ψ§Ω†
Ω„Ψ§ Ψ₯Ω„Ω‡ Ψ₯Ω„Ψ§ Ψ£Ω†Ψͺ
Ψ£Ψ³Ψͺغفرك وؒΨͺوب Ψ₯Ω„ΩŠΩƒ
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel