Recent in Fashion

Best Seller Books

SADARI & IVA test "Deteksi dini kanker Payudara dan kanker Servik"



OLeh : Khoirunnisa Yurliyana


Alhamdulillah..qta bertemu lg di forum kajian yg barokah ini, terimakasih banyak kepada tim Bidadari Surga yg telah memberikan kesempatan kpd saya untuk bisa berbagi bersama sahabat semua
insyaallah kajian kita hr ini adalah ttg = *"SADARI dan IVA test sebagai deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks"*.
Bagi sahabat yg berasal dari medis or paramedis seperti saya, dimohon bantuannya untuk melengkapi kajian hr ini.
Sebelumnya adakah yg tau dgn apa itu "SADARI" dan apa itu "IVA tes" ?
*SADARI = Periksa Payudara Sendiri*. Untuk mendeteksi adanya tanda/gejala kanker payudara.
*IVA test = Inspeksi Visual dgn Asam Asetat*. Oleh dokter, bidan/perawat yg telah terlatih IVA test. Untuk mendeteksi adanya kanker servix.
Kajian hr ini saya bagi mjd 2 sesi besar, yaitu = A) SADARI dan tekniknya.
B) IVA test. Di sesi A, kita akan langsung praktekkan teknik SADARI didepan cermin sambil melihat contoh gambar di gadget, bersediakah sahabatku semua..πŸ™‹πŸ»πŸ™‹πŸ»
*A) SADARI (periksa payudara sendiri)* Sebaiknya dilakukan sebulan sekali saat menstruasi pada hari ke 7 sampai dengan hari ke 10 setelah hari pertama haid, yaitu ketika payudara sedang mengendur dan terasa lebih lunak secara rutin. Jk ditemukan adanya benjolan atau perubahan pada payudara segera konsultasikan ke dokter.
Para Wanita yg telah berusia *20 th*, dianjurkan untuk mulai melakukan SADARI bulanan dan CBE (Clinical Breast Examination) tahunan. sedangkan wanita yg sudah memasuki usia *40 tahun* dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mammografi setahun sekali.
Ada 3 langkah pemeriksaan SADARI = 1) Pemeriksaan di depan cermin. 2) Pemeriksaan raba pada posisi berdiri. 3) Pemeriksaan raba pada saat berbaring.
Kita praktekkan yuuk sahabat
Yuuk..sambil berdiri didepan cermin, tentunya klo bisa sambil dibuka pakaian atas, termasuk bra nya, krn kita akan praktekkan langsung tekniknya. Bersediakah sahabatku
1)Pemeriksaan di depan cermin. Caranya = *a. Lihat pada cermin, bentuk dan keseimbangan bentuk payudara*
(simetris atau tidak).
*b. Melihat perubahan bentuk dan besarnya payudara, perubahan puting susu, serta kulit payudara didepan kaca.*
Sambil berdiri tegak didepan cermin, posisi kedua lengan lurus kebawah disamping badan.
*c. Periksa payudara dengan tangan diangkat diatas kepala*.
Dengan maksud untuk melihat retraksi kulit atau perlekatan tumor terhadap otot dibawahnya.
*d. Berdiri tegak didepan cermin dengan tangan disamping kanan dan kiri.*
Miringkan badan ke kanan dan kiri untuk melihat perubahan pada payudara.
*e. Menegangkan otot-otot bagian dada dgn berkacak pinggang/tangan menekan pinggul.*
Dimaksudkan untuk menegangkan otot di daerah ketiak/axilla.
2) Pemeriksaan raba pada posisi berdiri dan berbaring.
Pada dasarnya gerakannya sama antara berdiri dan berbaring.
Disini saya berikan contoh yg sambil berbaring ya sahabat..Yaitu =
*a. Dimulai dari payudara kanan.*
Baring menghadap kekiri dgn membengkokkan kedua lutut anda. Letakkan bantal atau handuk mandi yg telah dilipat dibawah bahu sebelah kanan untuk menaikkan bagian yg akan diperiksa. Kemudian letakkan tangan kanan anda di bawah kepala. Gunakan tangan kiri anda untuk memeriksa payudara kanan. Gunakan telapak jari untuk memeriksa sembarang benjolan atau penebalan. Periksa payudara anda dgn menggunakan Vertical strip (gerakan keatas dan kebawah)dan circular (melingkar/memutar).
*b. Pemeriksaan payudara dgn vertical strip*. Memeriksa seluruh bagian payudara dgn cara vertikal, dari tulang selangka di bagian atas ke bra-line di bagian bawah, dan garis tengah antara kedua payudara ke garis tengah bagian ketiak anda. Gunakan tangan kiri untuk mengawali pijatan pd ketiak. Kemudian putar dan tekan kuat untuk merasakan benjolan. Gerakkan tangan anda perlahan-lahan kebawah bra-line dgn putaran ringan dan tekan kuat di setiap tempat. di bagian bawah bra-line, bergerak kurang lebih 2 cm kekiri dan terus kearah atas menunu tulang selangka dgn memutar dan menekan. Bergeraklah keatas dan kebawah mengikuti pijatan dan meliputi seluruh bagian yg ditunjuk.
*c. Pemeriksaan payudara dgn cara circular/memutar.*
Berawal dari bagian atas payudara anda, buat putaran yg besar. Bergeraklah sekeliling payudara dgn memperhatikan benjolan yg luar biasa. Buatlah sekurang kurangnya 3 putaran kecil sampai ke puting payudara. Lakulan sebanyak 2x. Sekali dgn tekanan ringan dan sekali dgn tekanan kuat. Jgn lupa periksa bagian bawah areola mammae (lingkaran yg berwarna gelap di sekitar puting susu).
*d. Pemeriksaan cairan di puting susu*. Dgn menggunakan kedua tangan, tekan payudara anda untuk melihat adanya cairan abnormal dari puting payudara.
*e. Memeriksa ketiak.* Letakkan tangan kanan anda kesamping dan rasakan ketiak anda dgn teliti, apakah teraba benjolan abnormal atau tidak.
Beberapa kelainan pada payudara yg wajib diperiksakan lebih lanjut ke dokter = 1. Benjolan pada payudara berupa benjolan
nodul, asimetris atau simetris, abses/peradangan yg dgn antibiotik tdk menyembuh, serta benjolan berupa kista.
2)nyeri pada payudara. 3)keluarnya cairan tdk normal/abnormal pd puting payudara. 4)retraksi atau distorsi puting (puting masuk kedalam), eksim pd puting.
5)perubahan warna dan kontur kulit payudara.
Demikian pemeriksaan SADARI yg dilakukan rutin sebulan sekali pd hr ke7-10 dihitung sejak hari pertama haid.
Kita lanjutkan ke materi IVA test ya sahabat..
*B. Pemeriksaan IVA test (Inpeksi Visual dengan asam asetat)*
yaitu pemeriksaan skrining kanker dgn cara melakukan pulasan asam asetat 3-5% pada servix, jk hasil pulasan tjd perubahan warna 'aceto white epithelial' pada servix, dapat ditegakkan diagnosis adanya lesi pra kanker. Pelaksana iva test adalah = perawat / bidan terlatih IVA terakreditasi, dokter umum, dan dokter spesialis
IVA test merupakan salah satu skrining kanker servix yg sederhana, praktis, lebih mudah dan terjangkau biayanya, sensitifitas dan spesifikasitas cukup tinggi.
Adapun persyaratan mengikuti IVA test = 1) sdh pernah melakukan hubungan sexual. 2) tidak sedang haid. 3)tidak sedang hamil 4)24 jam sebelumnya tdk melakukan hubungan sexual
Dimana ada IVA test = di Puskesmas, Bidan Praktek Mandiri yg telah memiliki sertifikat pelatihan IVA test, RS
πŸŒΈπŸ’«πŸŒΈπŸ’«πŸŒΈ
πŸ’ *TaNya - JaWab* πŸ’
1⃣ Rismarini
Ukh ana sedang halangan hri pertama, bisa ikut praktek SADaRI kah?
Jawab :
Bisa, Untuk sekarang, tp pemeriksaan SADARI dilakukan pd hr ke 7-10 sejak hari pertama haid.
2⃣ Wulan
Kalau sedang hamil 9 bulan apa bisa periksa SADARI?
Jawab :
Bisa, tp kurang akurat hasilnya bunda
3⃣ Nancy F
Tanya mba.. IVA test itu sm ga dgn pap smear??
Jawab :
Beda, klo pap smear pemeriksaannya dgn mengambil cairan vagina dan servix di uji di laboratorium. Tp klo IVA test, pemeriksaannya dgn cara melihat hsl pulasan dgn asam asetat di mulut rahim.
4⃣Desyy
Apakah jika bentuk payudara besar sebelah itu indikasi kanker payudara??
Jawab :
Tidak juga, kecuali jk terdapat gejala2 kanker yg sdh disebutkan di materi πŸ‘†πŸ»
5⃣ Nanci Ana
Bisa terdeteksikah servix melalui pap smear?
Jawab :
Maksudnya kanker servix apakah bisa dideteksi dgn pap smear begitukah pertanyaannya ukhti Nancy? *'Bisa'*
πŸ™‹πŸ»Ya.. tp.. knp ada yg sm pap smear dg ana (rajin) tiba2 sdh stadium 2 priksa d tempat lain..
Jawab :
Banyak faktor mengapa bisa berbeda hasil pemeriksaannya. Yg pasti setiap persyaratan pemeriksaan harus dipenuhi sebelum melakukan pemeriksaan apapun
6⃣ Fourika
Apakah setiap distorsi puting wajib diwaspadai? Sejak mulai payudara tumbuh kdng ada yg putingnya tdk keluar,apakah ini termasuk yg hrs waspada?
Jawab :
Harus diwaspadai bunda 
πŸ™‹πŸ»ibu hamil yg distorsi puting tdk termasuk khan mbak??
Jawab :
Puting susu normalnya menonjol, maka perawatan payudara termasuk puting susu adalah sejak remaja, agar saat hamil siap untuk dapat menyusui Asi.
7⃣ Samuroh
Mb nisa aq mau tanya 2 hari lalu di ujung payudara bawah ketiak sakit nyeri banget g tertahankan memang bulan ini belum haid dan sebelumnya belum pernah sesakit ini kira2 wajar gak ya? Atau pengaruh terlalu lelah? Oia mbak di payudara aq ko banyak tahi lalat kecil kecil warna coklat ya padahal sebelumnya gak ada? Aq pernah denger tahi lalat itu bisa tanda kanker bener g mbak?
Jawab :
Sebaiknya diperiksakan lebih lanjut ke dr spesialis obstetri & gynecology bunda.
Krn normalnya tidak ada keluhan πŸ‘†πŸΌ
8⃣ Reni
Assalamu'alaikum dr. nisa mau tanya mamamku setelah operasi pengobatan kemo kanker payudara selama 6 bulan sekarang udah ga pernah control udah 4 tahun lebih soalnya obatnya keras setiap minum obatnya pasti seluruh tubuh sakit sebaiknya ngimana yaa dr. ? apakah klo ga control bisa tumbuh kanker lagi pencegahannya seperti apa? keluhannya rahim sering sakit klo lagi halangan 3 bulan sekali usia mamaku 47 tahun apakah itu gejala menopause atau efeknya kemo?
Jawab :
Sebaiknya pengobatan kankernya dilengkapi sampai tuntas ukhti reni.., memang efek kemo dan obat2 kanker membuat tubuh tdk nyaman, tp hrs dituntaskan pengobatannya. Krn jk tdk tuntas, kankernya bisa menyebar ke anggota tubuh lainnya. Sebaiknya segera periksakan bundanya ukhti reni kembali ke dokter ya..syafahallah. aamiin
Rahim yg sakit sangat saat haid dan berlangsung lama sebaiknya diperiksakan ke dr spog.
9⃣ Fourika
Jd siapapun, mau br mulai tumbuh payudara sampai bumil smua hrs waspada?
Jawab :
BetulπŸ‘πŸ»
1⃣0⃣ Ulfa
Klo di bagian rahim sebelah kiri terkadang nyeri tpi setelah selesai haid gmna?
Jawab :
Berapa lamakah nyerinya ukhti ulfa? Sdhkah ukhti menikah dan melahirkan? Pengguna kb apakah saat ini?
πŸ™‹πŸ»Sebentar ukhti..sudah menikah dan tidak sedang KB
Jawab :
Sebaiknya diperiksakan ke dokter spog ukhti ulfa, krn normalnya tdk nyeri
πŸ™‹πŸ»Klo keputihan tanda kanker ndak ukhti?
Jawab :
Keputihan yg abnormal bisa jg sebagai tanda/gejala adanya kanker ukhti ulfa, jd jk ditemukan gejala keputihan yg abnormal sebaiknya segera diperiksakan ke dokter atau bidan.
1⃣1⃣ Novie
Dok tetangga q kan mau operasi tumor jinak di payudara mggu dpn?
Itu kt tetangga q awal wkt pasca melahirkan udah ada terasa benjolan wkt menyusui dikira krn pembengkakan kelenjar tp smp skg ngak hilang dan pd saat angkat tangan sakit skg & besarnya skg sebesar telor,
Itu krn faktor apa dokter bisa tumbuh benjolan di payudara?
Jawab :
Klo benjolan di payudara penyebabnya banyak ukhti novie.
Salah satunya disebabkan oleh faktor hormonal, adanya bendungan asi, dll. Tp klo tumor/kanker biasanya krn selain faktor keturunan jg disebabkan pola hidup yg kurang sehat.
1⃣2⃣ Wulan
Gejala yg harus diwaspadai apa saja untuk kesehatan serviks?
Apakah keputihan termasuk?
Saya dulu waktu SMA kata dokter ada tumor jinak, tp skarang belum periksa lagi...benjolan tidak sakit apakah juga indikasi?
Terima kasih...
Jawab :
Betul ukhti wulan, keputihan yg abnormal adalah wajib diwaspadai dan dihindari. Tumor jinaknya di mana ukhti?
Di rahimkah? Sebaiknya diperiksakan kembali ke dokter.
1⃣3⃣ Sari
Klo rahim terasa sering nyeri pertanda apa? Dan ketika haid terasa sakit klo kita bawa kendaraan di jalanan jelek sedang kan klo tidak haid biasa aja (tidak sakit).. Itu juga pertanda apa??.. Afwan ane bingung membahasakannya.. Mudahan bisa dimengerti?
Jawab :
Maksud ukhti sari kurnia, sering mengeluh nyeri perut bagian bawah ya.., apakah ukhti sering mengangkat beban berat?sering seperti mengedan keras? Sering Bawa kendaraan melintasi di jalanan bebatuan/jelek jg bs menyebabkan nyeri perut bag bawah krn posisi rahim yg mungkin turun. Krn itu disarankan untuk meninggikan posisi kaki saat rebahan/ tidur, dan tdk boleh menahan BAK.
πŸ™‹πŸ»Iya bubid.. Jalanan ke tempat kerja ane jelek banget.. Jadi itu ya penyebabnya? Menahan BAK dan yang lainnya enggak.. Apa itu mempengaruhi untuk memperoleh keturunan?
Jawab :
Bisa jadi bunda, tp banyak faktor yg mempengaruhi kesuburan untuk memperoleh keturunan
1⃣4⃣ Sari
Terus ada juga siswa2 ane yang sering mengeluh haid tidak teratur solusinya apa?
Jawab :
Klo untuk siswa yg sering mengeluh haid tdk teratur bisa disebabkan oleh gangguan hormonal, kecapean, stress krn pelajaran sulit, jg diet yg kurang sehat.
1⃣5⃣Nafisah
Apa haid dlm rentang waktu 15 d haidx 3-4hari, Itu ada gejala jg ga mb?
Jawab :
Mohon maaf bunda, bisakah diperjelas pertanyaannya?
πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»
1⃣6⃣ Eka
Untuk wanita di umur 20an ke atas pencegahan dini kanker payudara dan serviks apa ya mbak? Selain pemeriksaan rutin, pencegahan dari segi makanan atau aktivitas sehari-hari gitu mbak..
Makasih sebelumnya..
Jawab :
Lakukan rutin SADARI untuk deteksi kanker payudara, dan imunisasi hpv untuk pencegahan kanker servix selain menjaga kebersihan kewanitaan dan lakukan pola hidup sehat.
1⃣7⃣ Murni
Bu dokter ,saudara saya meninggal krn kanker payudara.
Bisakah kanker itu menurun ke anaknya??
Skrg anaknya umur 6,5 thn?
Jawab :
Bisa, krn kanker adalah penyakit yg diturunkan.
1⃣8⃣ Wulan
Yg abnormal seperti apa bu bidan?
Kalau sekarang sy sdg hamil, cairan yg sering keluar adalah bening atau putih...
Tumor di payudara bu, dulu sakit sekali jadi periksa ke dokter dibilangnya tumor dan disarankan operasi,saya tdk operasi dan smp skr juga tdk ada keluhan lagi...
Kalau dilakukan SADARI yg teraba sprti otot dibagian atas payudara dan kecil2 seperti kelenjar2, tp tdk sakit...
Jawab :
Klo sedang hamil, hasil pemeriksaannya kurang akurat bunda, krn saat hamil terjadi pembesaran payudara krn pembentukan asi, dan asi ada yg sdh mulai keluar sejak usia kehamilan 16 mngg. Kemungkinan yg bunda wulan raba adalah kelenjar susu.
1⃣9⃣ Yama
Bund.. puting sy dr msh gadis yg sebelah msuk kdlm.. mkanya g bs mnyusui.. jd menyusui pke yg sebelahnya..
Jawab :
Iya bunda yama, bantuan puting palsu/dot bs membantu pemberian asi. Tp sebaiknya bunda jg rutin memeriksa SADARI stp bulannya ya bun..
2⃣0⃣ Leni k.
Klo haidny cma ngflek2 ja apa bsa dktkn krn pengaruh lepas kb krn sblmny kb yg 3 bln dan sdh mau 2 bln ni lepas krn bnyk keluhan tp ketika wktu haid tdk lancar& perut suka ngerasa sakit, mules ky biasa orng haid..
Jawab :
Bisa krn masih ada efek kb suntik 3 bulan bunda
2⃣1⃣ Ully
Saya bbrp bln ini klo lg dtg bulan, dlm jangka wkt 1bln itu bs 2 x haid. 1x haid bs sampe 10 hari, dah gt bbrp hari terakhir mau selesai ya flek dan ga banyak. KB sy pil. Kira2 bgmn? Klo terkadang *maaf sdg berhubungan badan terus terasa sakit didalam itu bgmn?😁
Jawab :
Bunda ully minum pil kb nya teratur kah? Biasanya keluhan haid seperti itu pd pengguna kb pil yg minum pil kbnya tdk teratur
Jika saat bersetubuh terasa nyeri banyak faktor penyebabnya bunda, diantaranya = kurang foreplay, kurang relaxasi saat mulai/bersetubuh, sehingga kurangnya pelumas/lendir vagina, dll.
2⃣2⃣ Cahaya
Saya mau tanya, kalo untuk makanan atau minuman yg harus di hindari atau dikurangi untuk menghindari kanker serviks dan kanker payudara? Mohon jawabannya bu bidanπŸ˜€
Jawab :
Yg dihindari = Makanan- minuman yg mengandung pengawet, junk food, jd pastikan mengkonsumsi gizi seimbang sj bunda
2⃣3⃣ Lusi
kenapa untuk yg sudah pernah operasi FAM seperti saya, untuk KB hanya bisa memakai spiral? Pil KB dan suntik tidak boleh.
Apakah benar setelah menyusui kelenjar apapun didalam payudara bisa hilang?
Jawab :
Krn hanya kb spiral/IUD yg tdk mengandung hormonal dan untuk jangka waktu panjang, insyaallah aman untuk mengurangi terjadinya / kambuhnya FAM, or resiko kanker . Jk menyusui asi secara sering maka diharapkan tdk terjadi bendungan asi pd kelenjar asi.
2⃣4⃣ Yus
Kalau lagi haid terasa nyeri pada daerah "V" itu kenapa ya dok, apakah ada kaitanya dgn kanker?
Jawab :
Sudahkah menikah ukhti?
πŸ™‹πŸ» Belum ukh, tp kalau BAK sering di tahan dan BAB y ngedennya keras2 πŸ˜. Apakah itu ada pengaruh ya?
Sakitnya itu di atas daerah "V",
Jawab :
Klo belum menikah, saat haid daerah "V" terasa nyeri, itu krn himennya/selaput dara/selaput keperawanannya belum lebar lubangnya, krn blm dimasuki (mr. P) , jd lubangnya masih kecil2, padahal darah haid yg bergumpal dan harus keluar dari lubang tsb, sehingga menyebabkan nyeri di vagina, obatnya = menikahlah
Klo itu menyebabkan perut bawah sering sakit dan sering terasa kembung-mules.
πŸ™‹πŸ» Klu dah nikah?
Jawab :
Klo sdh menikah, tp kok masih nyeri. Brp lama nyeri haidnya? Jk sepanjang haid, berarti ada masalah di rahimnya.
πŸ™‹πŸ» Emang sering menggupal darah haidnya dok, itu penyebab darah haid menggumpal kenapa ya dok?
Jawab :
Bisa Krn penumpukan pengeluaran darah dari rahim, maka dianjurkan saat haid perbanyak minum air putih dan tidak menahan BAK, jg sering mengganti pembalut.
πŸŒΈπŸ’«πŸŒΈπŸ’«πŸŒΈ
πŸ’ *CLoSiNG STaTeMeNT*πŸ’
*Rutinlah melakukan deteksi dini kelainan apapun di tubuh dan sll menjaga hidup sehat agar selalu sehat. Aamiin yaa robbal aalamiin*
πŸŒΈπŸ’«πŸŒΈπŸ’«πŸŒΈ
πŸ’ *PeNuTuP* πŸ’
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
Ψ³Ψ¨Ψ­Ψ§Ω†Ωƒ Ψ§Ω„Ω„Ω‡Ω… ΩˆΨ¨Ψ­Ω…Ψ―Ωƒ Ψ£Ψ΄Ω‡Ψ― Ψ§Ω†
Ω„Ψ§ Ψ₯Ω„Ω‡ Ψ₯Ω„Ψ§ Ψ£Ω†Ψͺ
Ψ£Ψ³Ψͺغفرك وؒΨͺوب Ψ₯Ω„ΩŠΩƒ
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel