Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

RIBA BAG 2




Oleh : Ustadz Ir. Dodi Kristono, MM


PRAKTIK KEDUA : PERGADAIAN
Di antara bentuk riba yang merajalela di masyarakat ialah riba pegadaian. Telah menjadi budaya di berbagai daerah, pihak kreditur memanfaatkan barang gadai yang diserahkan kepadanya. Bila gadai berupa ladang, maka kreditur mengelola ladang tersebut dan mengambil hasilnya. Dan bila gadai berupa kendaraan, maka kreditur sepenuhnya memanfaatkan kendaraan tersebut.
Praktik semacam ini tidak diragukan sebagai bentuk riba karena dengan pemanfaatan ini sebagai bentuk riba karena dengan pemanfaatan ini kreditur mendapatkan keuntungan dari piutangnya.
‎كُلُّ قَرْضٍ جَرَّ نَفْعًا فَهُوَ رِبًا
Setiap piutang yang mendatangkan kemanfaatan/keuntungan, maka itu adalah riba”
Ketentuan hukum gadai ini selaras dengan penegasan Sa’id bin Musayyib rahimahullah bahwa :
‎لاَ يَغلِقُ الرَّهْنُ الرَّهْنُ مِنْ صَاحِبِهِ الَّذِى رَهَنَهُ لَهُ غُنْمُهُ وَعَلَيْهِ غُرْمُهُ
Barang gadai tidak dapat hangus. Gadai adalah milik debitur (yang berhutang), miliknyalah keuntungan dan tanggug jawabnya pula kerugiannya” [Riwayat Imam Syafi’i dalam kitab al-Umm : 3/170]
PRAKTEK KETIGA : MENGAITKAN NILAI PIUTANG DENGAN HARGA BARANG
Di antara bentuk riba yang kini telah merajalela di masyarakat ialah mengaitkan nilai piutang dengan nilai emas atau barang lainnya. Bila anda berhutang uang sebesar Rp. 1.000.000 lima tahun silam, dan kala itu dengan satu juta anda dapat membeli 5 gram emas, maka ketika melunasi anda diminta membayar sejumlah uang yang dapat digunakan membeli emas seberat 5gram pula. Akibatnya, ketika pelunasan anda harus mengembalikan piutang anda dalam nomnal yang lebih besar. Misalnya bila nilai emas saat pembayaran adalah Rp. 300.000/gram maka anda harus membayar piutang anda sebesar Rp. 1.500.000.
Praktik semacam ini tidak diragukan keharamannya, karena ini nyata-nyata riba, berhutang satu juta kembali satu juta lima ratus ribu rupiah. Hutang piutang adalah salah satu bentuk akad tolong menolong sehingga tidak boleh ada pemikiran untung atau rugi. Yang ada hanyalah itikad baik menolong saudara yang kesusahan atau membutuhkan kepada uluran tangan. Adapun balasan atas uluran tangan ini hanyalah diminta dari Allah Ta’ala semata.
‎مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤ مِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الذُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُربَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَاللَّهُ فِىعَوْنِ الْعَبْدِ مَاكَانَ الْعَبْدُ فِى عَوْنِ أَخِيهِ
“Barangsiapa melapangkan suatu kesusahan seorang mukmin di dunia, niscaya Allah melonggarkan satu kesusahannya di akhirat. Barangsiapa memudahkan urusan orang yang ditimpa kesulitan, niscaya Allah memudahkan urusannya di dunia dan akhirat. Baragsiapa menutupi kekurangan (aib) seorang muslim di dunia, niscaya Allah menutupi kekurangannya di dunia dan akhirat. Dan Allah senantiasa menolong seorang hamba selama ia juga menolong sudaranya” [Riwayat Muslim hadits no. 7028]
Praktik semacam ini muncul karena doktrin riba telah merasuki jiwa masyarakat. Praktik riba senantiasa memandang suram masa depan, sehinga doktrin inflasi dianggap sebagai suatu kepastian yang tidak mungkin berubah. Padahal faktanya tidak selalu demikian, karena anda pasti mengetahui bahwa betapa banyak barang yang dahulu memiliki nilai jual dan kini tidak lagi laku dijual.
والله أعلم بالصواب
🌸🐝🌸🐝🌸🐝
 TaNYa JaWaB 
1⃣ Aan Anita :
Gadai bisa disebut rihanah dlm islam..
Berarti gadai dlm islam yang benar seperti apa?
Jawab :
Gadai di Islam yaitu akadnya kan akad pinjaman, maka sama saja dengan hutang, pinjam XXX maka kembalikan XXX tanpa ada penambahan keuntungan.
🍓Aan Anita
Bagimana hukumnya menggunakan barang gadaian?
Seperti sapi yg digadaikan? Harus tetap kita pelihara.
Apakah ada ujroh dlm hal ini?
Jawab :
Kalau kita kasih makan sapinya. Maka dipersilahkan menikmati susu dari sapi tersebut.
Tidak boleh dimanfaatkan disewakan tenaga sapi tersebut sehingga dapat uang yaa,
🍓Aan Anita
Klo motor yg digadai apakah kita boleh pake motornya? Spt untuk Ngojek?
Jawab :
Tidak boleh,
Karena dapat uang dari situ dan masuk kategori tambahan uang disana dan jelas ini RIBA
🍓Aan Anita
Apakah sama dengan jaminan?
Ketika kita meminjam uang kita menaruh jaminan?
al-Baqoroh ayat 282?
Jawab :
Jaminan hanya memberikan bentuk keamanan bagi yang menerima gadai, agar uangnya bisa tergantikan jika hutang tidak dikembalikan,
🍓Aan Anita
Ustadz..klo gadai sawah..kemudian sawah digarap sama yg menggadai apakah hasilnya riba??
Jawab :
Segala macam keuntungan dari benda yang digadaikan, maka ini termasuk riba. Baik dengan ijin atau tanpa ijin pemiliknya.
Kecuali hanya hewan yang digadai dan kita merawatnya maka boleh dinikmati susunya.
2⃣ Oliph
Assalamualaikum ustd. Kalau d bpr syariah gimana ustd.??
Pake jaminannya bpkb, trus akadnya dipinjami uang, tapi ada uang yg digunakan untuk bagi hasil.. aman dri riba kah ustd.?? Syukron
Jawab :
وَ عَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Ini maksudnya pegadaian...? Atau apa kebutuhan ke BPR Syariah?
🍓Oliph
Iya ustd, pagadaian tapi ngaku sistemnya sperti syariah.. jdi mreka bilang bunga yg dibayar itu uang bagi hasil.. bukan bunga dri uang hasil gadai bpkb itu..
Jawab :
Syariah tapi bilang bunga...?
Ini akad pinjaman atau akad mudharabah?
Dipegadaian pinjam uang atau apa?
🍓Oliph
Gadai bpkb ustd.. dapetnya uang.
Jawab :
Naah... ini berarti akadnya adalah AKAD PINJAMAN, maka jika dapat uang 5 Juta, dikembalikan harus sebesar 5 Juta juga. Kelebihan dari hutang pokok termasuk RIBA.
Mana ada pinjam uang [betul betul butuh uang, kok masuk ke bagi hasil], terus diminta bagi hasil dari hal yang dianggap usaha?
3⃣ Rindu
Assalamu'alaikum ustadz titipan pertanyaan
Berarti pinjam uang di bank di kategori kan riba????
Jawab :
Absolutely yes yes yes → HARAM
🍓Ustadz klo udh terlanjur utang di bank. Gimana solusinya,,
Jawab :
1. Bertaubatlah.
2. Lunasi jika memang ada uang.
3. Jual Aset jika ada.
4. Jika tidak ada, patuhi akad diawal dan berusaha tepat waktu untuk membayarnya sehingga tidak tercipta riba baru lagi berupa denda.
4⃣ Tri
Bagaimana hukumnya jika terjadi pinjaman dlm bentuk barang dlm hal ini emas. Pada kesepakatan antara 2 belah pihak tsb,,, pinjamannya tdk ditentukan kpn hrs dibayar namun pengembaliannya hrs dlm bentuk emas jg, apakah itu termasuk riba ustadz?? Syukran jazakallah
Jawab :
Tidak.
Hutang emas bayarlah dengan emas. Justru ini yang syar'i.
5⃣ Serra
Assalamualaikum bagaimana jika orang tua tanpa kita sadari memberikan uang dari riba tp ketika kita memberitahu itu tidak benar,orang tua marah. Baiknya bagaimana kita menyikapinya ?
Terima kasih.
Jawab :
Nasehatinya pelan pelan. Jika tidak mampu, belikan buku tentang bahaya riba. Taro di mana orang tua sering duduk santai.
Itu usaha kita disamping Berdoa kepada اللّهُ Ta'ala agar dipahamkan orang tua tentang riba.
6⃣ Ummu Aulia
Dikampung tempat tinggalku ada yang suka meminjamkan uang untuk pupuk ...., nanti di kembalikannya dalam bentuk uang (senilai yg diberikan) dan seperempat bagian dari hasil panen...., bolehkah demikian?
Jawab :
Pertanyaan saya, kalau ternyata gagal panen bagaimana....?
Karena sudah ada akad diawal Hutang + 1/4 hasil, maka 1/4 hasil itu masuk kategori riba.
Inga
Inga
Inga
Keuntungan itu hanya didapat dari akad jual beli.
7⃣ Reni
Assalamualaikum
Ada kayak arisan..jd gini di awal arisan nyetor 1.2jt istilah saham..trus tiap minggu ngisi arisan 200rb..nah di arisan ini diwajibkan setiap anggota pinjam uang misal 1jt..tiap minggu selain uang arisan 200rb +110rbx10 minggu..jd pinjaman 1jt bunganya 100rb..di akhir tahun total dr bunganya di bagi rata ke semua anggota..kira2 itu gmna?riba juga g?
krn banyak yg sepuh di arisan tersebut bilgnya ga riba..
krn bunganya akhir tahun dibagi rata ke semua anggota.
Jawab :
Kalau akadnya akad pinjaman, maka yang 100.000 itu riba. Walaupun dibagi rame rame.
8⃣ Serra
Bagaimana memulai untuk tidak riba ? Karena banyak tipu daya yg terjadi tanpa kita sadari.
Terima kasih.
Jawab :
Jangan banyak banyak berhutang.
9⃣ Ummi
Pak ustadz misalkan sya meminjamkan uang 300rbu..jangji 10 hari d bayar..tpi pas udah tempo 10 hari gk d bayar alasannya blm ada.trus d karenakan blm bisa bayr yg 300 rbu..malah orangnya ngasih 25 rbu tpi yg 300 rbu blm bisa bayar.pdahal sya gk minta lebihnya.apa yg 25 rbu termasuk riba?
Jawab :
Bisa saja 25.000 itu menjadi pengurang hutang 300.000. Maka sisa hutangnya 275.000
Kalau ditagih 300.000, maka 25.000 termasuk riba.
1⃣0⃣ Atik
Saya kelola uang kas pkk. Ada dana utk simpan pinjam.
Pinjam 400. Kmbali 4 bln.
Lalu boleh ksh infaq boleh tidak. Saya g mewajibkan. ( walopun sama bu RT nya dtekankan kita suruh ngerayu Biar pd ngasih.
Cmn aku g enak. Jd g pernah mnt)
Tp ada bbrp yg ngasih.
Nah itu trmasuk riba?
Uang lebihnya.
Jawab :
Selama tidak ada akad yang mengatur WAJIB MEMBERIKAN INFAK [tambahan], maka tidak mengapa.
Supaya lebih clear, usahakan hilangkan kalimat "mau infak boleh, tidak juga tak apa"
1⃣1⃣ Armila
Ustadz , td katanya kan pinjam uang di bank itu riba. Tp klau udh trlanjur htg dn belum pnya uang utk melunasi bagaimana ustadz?
Jawab :
1. Bertaubatlah.
2. Lunasi jika memang ada uang.
3. Jual Aset jika ada.
4. Jika tidak ada, patuhi akad diawal dan berusaha tepat waktu untuk membayarnya sehingga tidak tercipta riba baru lagi berupa denda.
1⃣2⃣ Isna Hidayati
Nyambung pertanyaan di atas ustadz
Misal pinjam emas dkembalikan emas tdi.
300rb/gram kmudian pas dkembalikan sudah 500/gram.bukan riba njeh ustadz?pinjamnya 10gram.dkembalikan stelah 3thn.masih ragu krena ad selisihnya.
Jawab :
Jawab → BUKAN. Selama hutang emas dibayar emas
pinjamnya 10gram.dkembalikan stelah 3thn.masih ragu krena ad selisihnya.
Jawab → Pinjam 10 gram, kembalikan 10 gram kapanpun itu waktunya.
1⃣3⃣ Isna Hidayati
Pegadaian di negara kita termasuk riba atau bukan ustadz?
Jawab :
Ada kom pegadaian yang sesuai syariah.
1⃣5⃣ Desy Rahmadini
Ustadz dodi, kalau kita punya aset hasil dari transaksi riba, harus kita apakan?
Jual atau dipake??
Jawab :
Dulukan tidak tahu.
Ya sudahlah Bun. Jangan ditanya mendetail ke saya yaa.
Nanti kaget jawabannya dan harus dijalankan.
Saran saya → Bertaubat saja atas ketidak tahuan tentang riba masa lalu yaa.
1⃣6⃣ Azizah Wasil
Sewa mbil taruh jaminan motor. Trs motor d pkai oprasional rental. 1. Penyewa mbil ada yg menyuruh pkai motornya krn takut ngadat klo lama berhenti.
2. Ada jg yg sewa blom byr sampai lama trs motor d pki oprasional rental bgm ya ustad klo srperti itu,
Jawab :
1. Tidak boleh
2. Tidak boleh
1⃣7⃣ Maryam
Assalamu'alaikum
Ustd sy mo bertanya..
Klo jualan mcm kredit tu msuk riba gak? Jd ada 2 syarat.. klo jual cash lbh murah di banding hrga credit.. tujuannya utk bs mutar barang.. misal harga baju klo cash 170rb.. tp klo kredit jd 210rbu..
Jawab :
Boleh dan HALAL
Boleh.... islam sudah mengenal konsep *TVOM* sebelum para pakar ekonomi dunia merumuskan
Apa itu TVOM...?
Time Value Of Money
Dulu Rasulullah ﷺ pernah membeli hewan dengan cara tidak tunai
Dan pada saat zakat terkumpul, maka Rasulullah ﷺ membayarkannya dengan 2x hewan tersebut,
1⃣8⃣ Chici Purwanto
Menyambung pertanyaan kridit baju ustad,,berarti jika ada yg ingin beli motor,,kalo cash harga normal,,tapi kalo kridit seharga deler pun boleh ustadz,,,
Jawab :
Beli motonya sama siapa....?
Pakai leasingnya konvensional atau syariah?
🍓Apakah penambahan hutang pada jual beli jg riba?
Jawab :
Tidak. Keuntungan timbul dari adanya akad jual beli
Masalahnya kalau ke BK / LK, disana mereka menggunakan akad pinjaman uang.
Maka pinjaman uang inilah yang dibungakan oleh pihak BK / LK dan akhirnya menjadi riba.
Belum lagi jika keterlambatan membayar cicilan, akan timbul denda, maka ini juga Riba yang baru lagi,
Kalau di BS / LS, maka yang membeli motor ke dealer itu adalah pihak BS / LS.
Dan pihak BS / LS melakukan akad jual beli tidak tunai kepada kita.
Maka BS / LS boleh menentukan margin berapapun kepada kita dan dibagi sama rata sesuai lamanya periode cicilan.
🍓Chici Purwanto
Semisal saya beli motor,,nah ada si fulan yg ingin beli,,,ok kalo cash harga sama seperti yg saya beli,,
tapi kalo kridit saya kasih harga sama kaya dealer,,jangka waktunyapun sama seperti dealer,
Jawab :
Boleh kalau perorangan. Kasih tau aja begini :
Kalau Cash = 10 Juta
Kalau Kredit = 15 Juta dengan periode cicilan 36 bulan.
Boleh boleh saja ini yaaa
Maka yang 5 juta itu bukan bunga, melainkan MARGIN KEUNTUNGAN dan masuk dalam ketentuan TVOM.
🍓Chici Purwanto
Ok ok baiklah ayah ustd,,,kecuali ada aturan kalo gak bisa bayar dlm waktu yg sudah di tentukan di tambah 30% gitu,,itu baru riba ya ustadz,
Jawab :
Naaah ini baru RIBA
1⃣9⃣ Dewi Sumarty
Ustadz, saya punya usaha jasa laundry yang pada saat akad sudah dijelaskan bahwa pakaian yang tidak diambil dalam waktu tiga bulan sejak tanggal selesai akan dikenakan biaya penyimpanan sebenar 50 persen dari biaya jasanya.
ini termasuk riba atau tidak ya ustadz?
karena kadang pelanggan suka ngambil telat2.
Jawab :
In sha اللّهُ Tidak
2⃣0⃣ Umi
Ustadz bagai mana kalau ada yg menggadaikan sawah...apa sawahnya boleh d garap gk?
Jawab :
Jangan yaaa.
Penambahan hasil dari garap sawah tersebut masuk kategori riba.
🍓Umi
Waduuuhhh d kampung sya bnyak yg menggadaikan sawahnya..gmna pak ustdz solusinya? Termasuk mertua sendiri,
🍓Aan Anita
Terus sebaiknya klo ada yg menggadai sawah gimana?
Jawab :
Diamkan saja sawahnya. Sampai dengan batas waktu tertentu yang sudah disepakati, maka pemilik sawah menjual sawahnya seharga hutangnya.
Jika hanya dapat 1/2 sawah, maka kembalikan 1/2 nya.
Dan silahkan digarap 1/2 sawah yang sudah menjadi milik kita,
🍓Umi
Gmna kalau misalkan si pemilik sawah pinjam uang 5 jta misalkan..trus yg pinjem uang 5 jta itu tiap panen ngasih 3 kintal ke yg meminjamkan apa itu termasuk riba?
Jawab :
Iyaaa
2⃣1⃣ Zeeninik
Gmna dgs SPA ustadz, Sistem Perdagangan Alternatif, dg k'untungan bisa mncapai 50-79% dri modal awal dlm 1 bln??? Mhon pnjlasan,,
Skrngkn zaman sdh modern, sehingga perdagangnpun jg ikutan modern
D indonesia ad bnyak perusahaan ustadz, slh satunya perusahaan pialang yg bergerak d bidang analisa k'uangan yg mngajk masyarakt untk berdagang dgn sistem perdagangan alternatif secara online
Dstu d sebutkan keuntungan/hari ustadz, trus jika k'untungan perhari itu bila d kumpulkan dlm sbln, bisa balik modal atau stra dg modal awal, ap trmasuk riba??? Mhon pnjlasan,
Jawab :
Tidak dong.
Keuntungan itu bisa timbul dengan adanya AKAD JUAL BELI.
Mau berapapun margin yang ditentukan, 20% kek, 30% kek, 100% kek, 200% kek. Selama penjual dan pembeli sama sama ridho, maka pertambahan nilai disaini bukan riba. Tetapi adalah *MARGIN KEUNTUNGAN*
2⃣2⃣ Ani Nasnur
Asslamualaikm...
Ustad mau nanya... tentang ke untungan jual beli misalnya barang belanja 10 ribu rupiah kemudian kita jual 40 ribu untung 3 kali lipat itu termasuk riba apa gak yah?
Jawab :
Tidak masuk riba. Itu masuk keuntungan
Riba itu intinya penambahan nilai yang bukan dari transaksi jual beli. Dan umumnya timbul dari pinjaman uang [hutang].
2⃣3⃣ Isna
Pengambilan keuntungan yg tidak masuk akal ustadz?boleh?
Jawab :
Boleh ajaaa
Selama ada yang mau beli
Kalau sebelah kita ambil margin 15% dan kita ambil margin 100%
Cuma jangan nangis kalau pelanggan larinya ke margin yang 15%
2⃣4⃣ Serra
Jika penjelasan kita soal riba membuat kita di jauhi . Bagaimana menjelaskannya ?
Jawab :
Biarin ajaaa. Toh kita di akhirat juga sendiri sendiri. Ngga ada yang nemenin.
Yang penting sudah dikasih nasehat dengan baik, dia tolak ya udah. Gugurlah kewajiban kita sesama muslim.
2⃣5⃣ Zeeninik
Iya ustadz, terus klau mengambil keuntungan dari kerugian sinyg empunya dana gimna ustadz?
Misalnya spt ini, anggao si A nanam modal d slh satu perusahaan pialang dan ikut SPA, kmudian dlm kantor itu ada oknum2 yg sengaja membuat si A rugi demi mndapatkan bonus dan jabatan yg lbih tinggi dri atasan, gmn hkumnya ustadz?
Jawab :
Bentar.
SPA ini maksudnya bergerak di pialang...?
Bukan seperi transaksi jual beli biasa, antara penukaran uang menjadi barang [baik konvensional atau online].
Kalau SPA memang hanya bergerak di pembelian "saham2", maka ada aturan mainnya juga. Bukan berspekulasi dengan maasyir [untung2an].
Dan mengenai pertanyaan diatas, zhalim, penipu, perampok lah yang melakukan hal demikian kepada pemilik modal.
🍓Zeeninik
Iya ustadz Sistem Perdagangan Alternatif di perusahaan pialang, ad bbrpa oknum d dlm yg bisa jadi sengaja membuat si A rugi besar2'an, tpi sda jg yg ruginya krna si A emank serakah ustadz.
Jawab :
Maaf ya...
Pialang ini bukan sesuai rukun akad jual beli secara syariah.
Siapapun yang bekerja disana, keluarlah.
Ini kental sekali unsur Gharar [kabur], Maasyir [judi]
Jadi ini bukan termasuk perdagangan yang sesuai syariat.
🍓Zeeninik
Trus bagaimana jika kluar dri situ tidak mndapat pkerjaan lain ustadz? Sdngkn kluarga mngharapkan gjih dri org yg bkrj dstu??
Jawab :
Percayalah... اللّهُ Maka Kaya dan Maha Pemberi Rezeki.
Buannyyaaakkk pekerjaan yang halal diluar sanaa.
2⃣6⃣ Eka Nurcianti :
Alhamdulillah, syukron mbak hanny..
Ustad, izin nanya ustad, Bank Indonesia itu mengandung riba gak ya ustad? Kalo kerja di BK kan kecipratan dosa riba nya ya ust, gimana dengan bank Indonesia??
Masih ada ribakah disana?
Jawab :
Pastinya juga terciprat. Kecuali dalam misi masuk kerja di BI ingin membuat kemudahan dan merubah kebijakan agar lebih condong ke kebijakan Bank Syariah.
Jika tidak bisa merubah, lebih baik hindari.
2⃣7⃣ Ambarwati
Afwan masih bisa bertanya kan??
Sy punya sebuah usaha yg bekerjasama dg liesing utm mengkreditkan dagangan sy..jd nanti konsumen bayar kredit ke liesing sedangkan liesing bayar cash ke saya..tapi dlm hal ini saya yg memberikan jalan atau peluang konsumen utk bisa kredit barang..
Bgmn dg hal itu ustadz?? Mnhn pnjlsan
Jawab :
Barangnya sudah berpindah tempat belum ke leasing [pembayaran lunas]....? Kalau belum, pihak leasing ini menjual barang yang bukan merupakan barang dia. Dan ini terlarang dalam Islam.
🍓Ambarwati
Biasanya setelah 1 - 2 hari barang sy kirim ke konsumen pihal liesing melunasi barang sy itu tadz..yg sy ingin tanyakan..
bgmn dg kerjasam yg sy lakukan ini krn sy menjual barang scr kredit dg bantuan liesing sbg pihak pengelola.
Jawab :
Coba direvisi perjanjiannya menjadi system konsinyasi.
Dan jika masih banyak [diatur juga], bisa retur barangnya.
🌸🐝🌸🐝🌸🐝
 PeNuTuPaN 
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان
لا إله إلا أنت
أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel