Recent in Fashion

Best Seller Books

Premarital Medical Check Up" Perlukah???


OLeh : Ustadzah Khoirunnisa Yurliyana, S.Si.T., M.Kes

Alhamdulillah..jazakillah bunda mitha😘
Assalamualaikum wr wb sahabat Bidadari Surga yg dirahmati Allah SWT
Bertemu lg dengan nisa dalam sharing kajian di rumah cinta kajian Bidadari Surga😍
Alhamdulillahirobbil aalamiin..puja dan puji syukur ke hadirat Illahi Robbi yg telah menganugrahkan nikmat iman-islam, serta sehat untuk kita semua shg dapat berkumpul disini dalam rahmatNya. Sholawat serta salam kita sampaikan kepada Rosulullah SAW seraya kita memohon kekuatan dan kesabaran untuk segenap kaum muslimin dalam menghadapi cobaan yg dapat melunturkan aqidah kita. Aamiin yaa robbal aalamiin
Terimakasih tak terhingga jg kepada Trio BS tercinta yg telah memberikan kesempatan untuk nisa bersilaturahmi disini bersama Sahabat Bidadari Surga yg sangat luar biasa😍
🙇🏻‍♀🙇🏻‍♀
بِسْــــــــــــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Baiklah..tema sharing kita malam ini adalah "Premarital Medical Check up! Perlukah?"
Sebelumnya, nisa mohon bantuannya kepada sahabat yg berasal dari kesehatan untuk bersama menyempurnakan kajian ini🙏🏻🙏🏻
Persiapan kesehatan sebelum menikah?kenapa? Mau menikah, yaa menikah saja. Kenapa harus repot-repot periksa kesehatan?
Dari seluruh sahabat surga disini, Adakah yg tau apakah itu premarital medical chek up?
Premarital Check Up = sebuah tindakan pencegahan untuk mendeteksi kesehatan reproduksi dan genetika.
Berdasarkan definisi, Kesehatan Reproduksi adalah keadaan sehat menyeluruh, serta fungsi reproduksi yg normal. Seseorang dgn reproduksi yg sehat, bukan hanya kondisi bebas penyakit, tetapi jg kehidupan seksual yg menyenangkan
Pernikahan tidak hanya menyatukan 2 hati yg memiliki perasaan dan tujuan hidup yg sama, tetapi umumnya jg bertujuan untuk menghasilkan keturunan sebagai pewaris pasangan. Oleh karena itu, pemeriksaan kesehatan sebelum pernikahan lebih ditujukan untuk persiapan menghasilkan keturunan yg sehat dan sejahtera
Pemeriksaan kespro jg berfungsi untuk menciptakan hubungan pernikahan yg aman, artinya bebas dari infeksi yg mungkin dibawa oleh salah satu atau kedua pasangan dan menjaga keharmonisan rumah tangga yg akan dibina kelak.
🌸🌸🌸
Kegiatan pemeriksaan kesehatan seperti ini memang belum ada zaman dahulu. Rasanya, zaman dulu pasangan yg akan menikah tak perlu repot2 ke dokter untuk memeriksakan kesehatan mereka. Stlh menjumpai masalah dlm kesehatan kehamilan atau anak2 yg lahir ternyata membawa penyakit yg diturunkan, barulah salah satu pihak menyalahkan pihak yg lain shg perkawinan menjadi diujung tanduk. Dgn memeriksakan calon suami-istri sebelum menikah, apabila ada permasalahan dalam kesehatan bisa segera diobati sampai sembuh. Kalaupun penyakit yg dijumpai adalah penyakit yg diturunkan & tidak ada obatnya, pasangan tsbt dapat memutuskan langkah selanjutnya.
🌸🌸🌸
Pemeriksaan kesehatan sebaiknya dilakukan 6 bulan sebelum pernikahan dilangsungkan. Pertimbangannya adalah, bila ditemukan masalah kesehatan maka bisa dicari solusi pengobatan yg tepat. Calon pasangan tsbt bisa mendatangi klinik/RS yg menawarkan pemeriksaan pranikah tsb.
Panel premarital = sekumpulan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan status kesehatan kedua calin mempelai, terutama mendeteksi adanya penyakit menular, menahun, atau diturunkan yg dpt mempengaruhi kesuburan pasangan maupun kesehatan janin
🌸Premarital check up antara lain = 1)Pemeriksaan darah rutin dan analisis hemoglobin; untuk mengetahui adanya kelainan atau penyakit darah. 2)Pemeriksaan golongan darah & rhesus faktor; untuk mengetahui kemungkinan golongan darah calon bayi dan rhesus faktornya.
Hal ini cukup penting, krn banyak ketidakcocokan darah antara ibu dan janinnya. Misalnya ibu mempunyai gol. darah rhesus negatif,sedangkan bayi yg dikandung mempunyai gol. darah rhesus positif, akibatnya terjadi keguguran yg tidak diketahui penyebabnya. 3)Pemeriksaan urin lengkap; untuk memantau fungsi ginjal & penyakit lain yg berhubungan dgn ginjal atau saluran kemih 4)Pemeriksaan gula darah;untuk memantau kemungkinan Diabetes Melitus 5)Pemeriksaan HBsAg; untuk mengetahui kemungkinan peradangan hati (Hepatitis B).
Apabila salah satu menyandang Hepatitis B, maka pasangannya hrs segera diimunisasi agar tidak tertular, krn salah satu cara penularan penyakit ini adalah mll hubungan seksual. 6)Pemeriksaan VDLR/RPR; untuk mengetahui adanya kemungkinan penyakit sifilis. 7)Pemeriksaan TORCH; untuk mendeteksi infeksi yg disebabkan parasit Toxoplasma, virus Rubella, virus Citomegalo (CMV), dan virus herpes yg menyerang perempuan hamil akan mengakibatkan janin cacat, keguguran, atau kelainan prematur. Infeksi yg disebabkan oleh parasit, bakteri, dan virus dapat diobati tetapi membutuhkan waktu & harus dipantau sampai benar2 sembuh. 8)Vaksinasi AntiTetanus (Tetanus Toxoid) untuk calon mempelai wanita. 9)Vaksinasi kanker servix; untuk mencegah virus HPV (Human Papiloma Virus) yg cara penularannya mll hubungan seksual
Pemeriksaan tersebut diatas dapat dilakukan di Rumah Sakit oleh dokter umum, atau dokter SpOG, atau ke klinik fertilitas, atau Puskesmas, atau dapat juga melakukan pemeriksaan langsung ke laboratorium. Pemeriksaan kespro harus disesuaikan dgn kondisi atau riwayat medis dari calon pasangan suami-istri
Karena Semua biaya pemeriksaan diatas tergolong mahal
Untuk menghemat biaya,pasangan calon pengantin bisa mendatangi dokter puskesmas atau dokter umum,untuk wawancara awal ttg riwayat penyakit, termasuk kebiasaan sehari2, misalnya perokok atau peminum minuman keras, jg diperiksa tanda2 fisik dari penyakit seperti tekanan darah, keadaan jantung, anemia, asma, dan penyakit kulit, kemudian barulah diberikan rujukan untuk pemeriksaan laboratorium lebih lanjut.
Di puskesmas, panel pemeriksaan dilakukan secara berantai yaitu = dari dr umum, ke poli KIA, poli gigi, poli gizi, laboratorium, dan farmasi
Uniknya, pemeriksaan pranikah ini lbh banyak dipahami secara medis. Sebetulnya secara mental, kesehatan jiwa (keswa) calon pasutri jg perlu pemeriksaan terlebih dahulu, seperti tes kepribadian dan kecenderungan gangguan jiwa. Adapun fungsi pemeriksaan keswa adalah untuk memahami kondisi psikologis calon pasangan, dan riwayat kesehatan jiwanya
Problem psikis yg dpt menjadi konflik antara lain manajemen stress yg buruk, pribadi yg obsesif, riwayat depresi, riwayat psikotik, dan skizofrenia baik pd individu maupun keluarga besar, riwayat kekerasan dalam rumah tangga, expresi emosi, dan impulsivitas
Orang yg sembuh dari gangguan jiwa khususnya psikotik dan skizofrenia tidak berarti tidak akan terjangkit lg. Jk orang tsb akan menikah, calon pasangannya harus mengetahui dgn jelas riwayat gangguan jiwa yg pernah dialaminya dan jg konsekuensi2 mendukung fia agar terhindar dari stress berat, memperhatikan lebih dan membantu dlm mengelola stressnya
Pemeriksaan kespro dan keswa bukan untuk menyalahkan atau men-judge seseorang, tetapi sebagai bentuk antisipasi dan meminimalisasi masalah yg mungkin muncul dlm pernikahan. Tidak semua pemeriksaan kesehatan perlu dilakukan, hanya untuk orang2 dgn faktor risiko saja
Pemeriksaan dilakukan agar jk ditemukan masalah dpt diatasi lebih dini baik scr medis, psikologis, dan finansial. Pencegahan sebisa mungkin dilakukan untuk mendapatkan kualitas pernikahan dan keturunan yg sehat sejahtera
Idealnya, jk kita sudah mencintai calon pasangan kita apa adanya. Pafa dasarnya pemeriksaan pranikah bukan ajang menghakimi seseorang. Semua insan berhak untuk menikah. Namun pd Pemeriksaan pranikah baik medis maupun keswa, kuta akan dapat memetakan potensi masalah dikemudian hari, melakukan perencanaan yg lbh matang dan penyesuaian yg sifatnya win-win solution.
🌸🌸🌸🌸
TaNYa JaWaB
0⃣1⃣ Ana
Syukron.. begini ustadzah nisa.. ana dlu prnh pny riwayat penyakit kista..
sblm pranikah..apakah ana hrz periksa lagi ustadzah? Apakah ada dmpk negatif buat janin ana bzk. Terima kasih.
🔷 Jawab:
Ukhti ana yg dirahmati Allah.., silahkan diperiksakan kembali status kistanya, jk jinak & tdk kearah patologis berdasarkan hsl pemeriksaan dokter SpOG maka tdk perlu diangkat
0⃣2⃣ Yuliyah
Ana hamil 5 bln, disarankan suntik TT oleh bidan, dikarenakan sebelum menikah belum suntik TT, apakah tidak apa² terhadap janin jika ana melakukan suntik tsb? Atau jika ana tdk suntik TT tdk apa² juga?
🔷Jawab:
Bunda yuli yg berbahagia.. paket imunisasi TT untuk wanita adalah 5x untuk perlindungan seumur hidupnya dan bagi janin yg dilahirkan sbg generasi penerus yg sehat
0⃣3⃣ Ana
Kata dokter.. sdg sembuh ustadzah nisa.. trz dokter..menyarankan ana utk segera menikah.. agar bz menekan kista tsb.
Apakh kista yg diderita ana.. bahaya ustadzah?
🔷Jawab:
Ukhti ana yg disayang Allah..pada status kista yg jinak biasanya dpt ditekan pertumbuhannya dgn menikah krn proses kehamilan. Insyaallah. Aamiin
0⃣4⃣ Anni
Assalamu'alaikum bunda nisa.
Anni dari jakarta izin bertanya bun. Begini bun, beberapa hari yang lalu ada teman ani lagi curhat bun dan nanya solusi. Katanya dia haid bun dan haid nya itu kalau bulan ganjil selalu senggugutan dan dibulan genap itu gk bun, trus saat senggugut nya datang terkadang sampai keringat dingin dan darah haid yang keluar dihari pertama menggumpal dan ada yang berupa cairan juga, tetapi untuk hari2 berikutnya sudah normal bun tetapi siklus haidnya hanya sampai 4 hari saja. Nah itu kira2 kenapa ya bun ?
🔷Jawab:
Ukhti anni yg baik, keluhan dismenorhea sebenarnya tidak ada kaitannya dgn bulan ganjil maupun genap. Apakah temannta ukhti anni sdh menikah?
Belum menikah bun
🔷Solusinya "menikah", agar berkurang nyeri saat dismenorhea
Oh iya bunda.
Tetapi itu tidak ada masalah/gejala kan bunda dalam kesehatannya ?
🔷Ukhti anni..jk muncul nyerinya hanya di hari pertama itu "normal"
Berarti nyeri disertai gumpalannya gk jadi masalah krn itu normal ya bun?
🔷Ya jk terjadi hanya di hari pertama sj, dan sebaiknya segera menikah👍🏻
Ok. Syukron bunda sudah dijawab 🙏
0⃣5⃣ Kurnia
Syukron mb mitha, Ustzah nisa, apakah ada yg harus dipersiapkan wanita sbelum premarital test tersebut? kfcdang kok membayangkannya agak menakutkan.. lalu apakah penyakit depresi itu bisa menurun ustadzah?
🔷Jawab:
Ukhti kurnia yg baik..,Pelaksanaan premarital test dilakukan untuk calon pasutri (berarti calon suami-istri), persiapannya lebih ke finansial dan kesiapan/kesehatan fisik & mental kedua belah pihak
0⃣6⃣ Kinesha
Izn bertanya ustadzah, saudara. .sudah cek kshtan n memang ada kista, lalu stlah menikah sulit hamil, udah 3 thny menikah, apakah ada solusi? Cek dokter juga rutin,mgkn ada tips2nya?
🔷Jawab:
Bunda kinesha yg baik, saudara bunda kinesha ada riwayat kista, sulit hamil padahal sdh 3 tahun menikah dan sdh rutin cek ke dokter. Jenis pemerintah apasajakah yg sdh dijalani? & apakah advis dokter?
Tp pernkhn sblmx puny anak, nah yg skrg blm jg pdhl pngn bgt puny ank lg be2rp bl sblm nikah ktax memg ada kistax.
🔷Bunda kinesha yg baik..untuk bisa hamil harus keduanya (pasangan suami-istri) diperiksa, jk pd istri ditemukan kista agar diperjelas kembali status kistanya & rencana therapy selanjutnya. Begitu jg dgn suaminyapun sebaiknya diperiksakan jg status kesuburannya
Oiya ustadzah, nanti q saran gt deh hehe.. Jazakillah khoir😘😍
0⃣7⃣ Syifa
Assalamualaikum afwan izin bertanya. Sering denger kata orang kalo misalkan wanita lagi subur dan ditunda untuk punya anak, sedangkan ga pake kb apapun dan ketika ingin punya anak bakal susah lagi.. Itu bener ga ya?
🔷Jawab:
Ukhti syifa natasya yg baik, tergantung dari tingkat kesuburan individu dan jenis kb yg digunakan, sebaiknya jk belum sama sekali hamil namun belum ingin hamil dianjurkan untuk menggunakan kb pil krn lebih cepat datang kembali kesuburannya
0⃣8⃣ Cu May
Kalau siklus haidnya lama sampai hampir 2 minggu itu apa ada sesuatu ya umi...itupun ga tiap bln hanya sekali2 aja-misalnya sy haid tgl 1,biasanya selesai tgl 8, nah terkadang ada sesekali sampai tgl 15 br abis umi itu gmn ya?
🔷Jawab:
Kapankah HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir)nya stp kali ukhti haid pd 3 siklus haid? agar lbh mudah analisanya
Mohon diperjelas jg apakah yg dimaksud adalah lama berlangsungnya haid or siklus haid?
Misalnya sy haid tgl 1,biasanya selesai tgl 8, nah terkadang ada sesekali sampai tgl 15 br abis umi itu gmn ya?
🔷Ooh berarti lama berlangsungnya haid, biasanya hal tsbt dipengaruhi oleh faktor kerja hormon tubuh, capek fisik or psikis. Monggo dievaluasi kembali saat haidnya berlangsung lama
Gitu ya ummi...bisa krn fikiran atau stres atau krn kecapekan dll ya umi?
🔷Benar ukhti
Syukron umi atas penjelasannya.
0⃣9⃣ Diyan
Assalamualaikum, izin bertanya, apa yg dimaksud dengan skizofrenia ya bun?
🔷Jawab:
Ukhti diyah fujiyanti yg baik, skizofrenia adalah gangguan mental yg ditandai dgn gangguan proses berfikir dan tanggapan emosi yg lemah. Umumnya dimanifestasikan dlm bentuk halusinasi, paranoid, keyakinan, atau fikiran yg salah yg tdk sesuai dgn dunia nyata.
1⃣0⃣ Nufus
Ustadzah , Mgkin sedikit beda ..
Utk haid datang lg setelah mlahirkan itu kapan ya ustadzah ?
KB yg bagus itu yg mana ustadzah ..
Tp sjujur nya tdk mau KB , tp gmn ya klo tdk KB hehe
🔷Jawab:
Bunda nufus yg berbahagia.., datangnya haid stlh melahirkan biasanya segera setelah 1 bln setelah melahirkan, tp pd kondisi ibu yg menyusui asi scr eksklusif haid biasanya tdk muncul/lama datangnya. Semua metode kb bagus tergantung pd kebutuhan individunya. Biasanya tingkat kesuburan wanita pasca persalinan tinggi, jk tdk kb maka beresiko hamil
Bunda nufus yg berbahagia..kb yg tepat untuk bunda adalah kb khusus ibu menyusui, namun sebelum mulai kbnya silahkan test peck dulu ya..untuk memastikan tidak hamil
1⃣1⃣ Novia
Knp perhitungan kehamilan dri kita hitung NPHT sma hasil dri USG itu beda ya bunda?? Jdi kita harus berpatok yg mana?? Trimakasih
🔷Jawab:
Bunda novia yg dirahmati Allah..tergantung dari hasil pemeriksaannya. jk bunda tidak lupa dengan HPHTnya maka biasanya patokan penentuan umur kehamilan berdasarkan HPHT. Tp jk berdasarkan pemeriksaan, Tinggi Fundus Uteri-HPHT tidak sesuai, maka diperlukan pemeriksaan USG
1⃣2⃣ Yuliyah
Ana, bertanya lagi ustadzah nisa..
Bagaimana jika seorang laki² mempunyai riwayat diabetes kering level 3, apakah bisa mempunyai keturunan?
🔷Jawab:
Bunda yuli jabar yg dirahmati Allah..laki2 penderita diabetes biasanya mengalami impotensi/disfungsi ereksi, sehingga sulit memiliki keturunan.
1⃣3⃣ Nufus
Afwan tanya lagi, klo ga sempet di jwb ga apa2 ustadzah 😍
Oiya ustadzah kbetulan asi ekslusif udh 5 bulan pntesan blm haid 😅
Suntik atau pil kb lbih baik yg mana ustadzah ?
Dnger2 ada KB tp tetep datang haid , tuh yg gimana ya ustadzah ?
Hehe udh masa subur ya 🙊
🔷 Jawab:
Bunda nufus yg berbahagia..kb yg tepat untuk bunda adalah kb khusus ibu menyusui, namun sebelum mulai kbnya silahkan test peck dulu ya..untuk memastikan tidak hamil
Alhamdulillah terjawab , ya bunda jazakillah bunda ..
Smoga Allah berikan kesehatan utk bunda nisa 😘😍
1⃣4⃣ Yessy
Izin tanya ustadzah
Klu haid nya kurang lancar dan sering telat apakah akan susah hamil nantinya ?
🔷 Jawab:
Bunda yessy yg dirahmati Allah.., Untuk bisa hamil maka harus ada proses ovulasi yang apabila sel telur matang tsbt tidak dibuahi sperma maka akan luruh bersamaan dengan darah haid.
Datangnya haid memudahkan penentuan masa subur seorang wanita sehingga memudahkan pula menentukan program hamil untuk pasutri berdasarkan metode ovulasi billings (MOB).
Menurut nisa bukannya haidnya yg kurang lancar dan sering telat, namun karena bunda yessy belum bisa menentukan berapa hari siklus haidnya
MOB = metode Kb alamiah yg mengajarkan kpd perempuan (dan pasangan) untuk mengenali pola alamiah subur dan tidak suburnya dengan cara mengamati lendir dan sensasi di daerah vagina yg menggambarkan langsung tingkat hormon pada perempuan.
Cara termudah menentukan siklus haid adalah dgn mencatat setiap tanggal/ hari pertama haid setiao bulannya selama minimal 3 siklus. Setelah itu silahkan konsultasikan ke bidan or dokter kandungan terdekat untuk program hamilnya
🌸🌸🌸🌸
CLoSiNG STaTeMeNT
Melalui Premarital Medical Check up (Pemeriksaan Pra-nikah baik medis maupun kesehatan jiwa), kita akan dapat memetakan potensi masalah dikemudian hari, melakukan perencanaan yang lebih matang dan penyesuaian yang sifatnya win-win solution.
Memang tidak ada pernikahan yang sempurna, karena pada dasarnya, pernikahan dibangun antara dua insan yang mau bersama-sama menjadi insan pembelajar dan menjadi lebih baik dengan menghadapi bersama-sama setiap masalah yang muncul dan kebahagiaan menanti sebagai bonusnya.
🌸🌸🌸🌸
PeNuTuP
Mari kita tutup kajian malam hari ini dengan mengucapkan *Hamdalah* sebagai ungkapan rasa syukur atas keberkahan ilmu yg telah Allah berikan kepada kita,
🌱 اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ 🌱
serta *Istghfar* untuk memohon ampun atas semua kelalaian kita hari ini dan dengan kelapangan hati untuk saling memaafkan.
🌱 أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ 🌱
Dimohon juga keikhlasan ukhti fillaah semua bersama-sama membaca *doa Robithoh* dan *doa Kafarotul Majelis* untuk mempererat ukhuwah dalam grup.
_*Doa Robithoh :*_
اَللّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذِهِ الْقُلُوْبَ,
قَدِ اجْتَمَعَتْ عَلَي مَحَبَّتِك َ
وَالْتَقَتْ عَلَى طَاعَتِكَ,
وَتَوَحَّدَتْ عَلَى دَعْوَتِك َ
وَتَعَاهَدَتْ عَلَى نُصْرَةِ شَرِيْعَتكَ
فَوَثِّقِ اللَّهُمَّ رَابِطَتَهَا,
وَأَدِمْ وُدَّهَا،
وَاهْدِهَا سُبُلَهَا
وَامْلَأَهَا بِنُوْرِكَ الَّذِيْ لاَ يَخْبُوْا
وَاشْرَحْ صُدُوْرَهَا بِفَيْضِ الْإِيْمَانِ بِكَ,
وَجَمِيْلِ التَّوَكُّلِ عَلَيْك َوَاَحْيِهَا بِمَعْرِفَتِكَ،
وَأَمِتْهَا عَلَى الشَّهَادَةِ فِيْ سَبِيْلِك َ
إِنَّكَ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيرِ y
اَللَّهُمَّ أَمِيْنَ
وَصَلِّ اللَّهُمَّ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ
*Allaahumma innaka ta'lamu anna haadzihil quluub, qodijtama'at 'alaa mahabbatik, wal taqot 'alaa thoo'atik, wa tawahhadat 'alaa da'watik, wa ta'aahadat 'alaa nusyroti syarii'atik, fawatstsiqillaahumma roobithotahaa, wa adim wuddahaa, wahdihaa subulahaa, wamla-haa binuurikalladzii laa yakhbuu wasyroh shuduurohaa bifaidhil iimaanibik, wa jamiilittawakkulli 'alaiik, wa ahyihaa bima'rifatik, wa amithaa 'alasy syahaadati fii sabiilik, innaka ni'mal maulaa wa ni'man nashiir, washollii, Alaahumma 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihi wa shohbihii, wasallam.*
_"Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa sesungguhnya hati-hati kami ini, telah berkumpul karena cinta-Mu, dan berjumpa dalam ketaatan pada-Mu, dan bersatu dalam dakwah-Mu, dan berpadu dalam membela syariat-Mu. Maka kuatkanlah ikatannya, dan kekalkanlah cintanya ya Allah, dan tunjukkanlah jalannya, dan penuhilah ia dengan cahaya yang tiada redup, dan lapangkanlah dada-dada dengan iman yang berlimpah kepada-Mu, dan indahnya takwa kepada-Mu, dan hidupkan ia dengan ma'rifat-Mu, dan matikan ia dalam syahid di jalan-Mu. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Aamiin._
_Dan semoga sholawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, juga kepada keluarganya dan semua sahabatnya."_
_*Doa Kafarotul Majelis :*_
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ
أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ
آمينْ يَا رَبَّ العَالَمِين
*Subhaanakallaahumma, wabihamdika, asyhadu allaa ilaaha illaa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaika.*
_“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”_

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel