Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

Penyakit Sistem Reproduksi Wanita ~ Part 2



OLeh : Khoirunnisa Yurliyana, S.Si.T.,M.Kes


Alhamdulillahirobbil aalamiin, rasa syukur tak terhingga atas nikmat hidup sehat ini sehingga qta bisa berkumpul di room Kajian Bidadari Surga yg penuh barokah ini, Dan semoga kesempatan kajian ilmiah ini berjalan lancar,tertib,dan menyenangkan.
Aamiin yaa robbal aalamiin
Baiklah sahabatqu.. Kajian kali ini adalah ttg "Penyakit Sistem Reproduksi Wanita" Part~2 yaitu
~ Endometriosis ~.
Jk diantara bidadari surga disini ada yg berasal dari kesehatan, mohon bantuannya untuk bersama memperkaya kajian ini. TerimakasihπŸ™
Sebelumnya, saya sampaikan bahwa akan ada beberapa istilah medis, jk ada yg blm jelas boleh ditanyakan.
A. PENGERTIAN
Endometriosis adalah suatu kondisi penyakit/radang yg berkaitan dgn peningkatan hormon estrogen yg dicerminkan oleh keberadaan & pertumbuhan jaringan endometrium diluar uterus,yg akan hilang seiring dgn datangnya menopouse . Jaringan endometrium ini bisa tumbuh di ovarium, tuba falopii, ligamen pembentuk uterus,atau bisa jg tumbuh di apendiks, colon, ureter, dan pelvis.
B. PENYEBAB
Beberapa faktor resiko penyebab terjadinya endometriosis =
1. Wanita usia reproduktif (15-44th)
2. Wanita yg siklus haidnya pendek (<27 hr)
3. Menstruasi yg lama (>7hr)
4. Peningkatan jumlah estrogen dalam darah.
5. Keturunan.
6. Terpapar toksin dari lingkungan, biasanya toksin yg berasal dari pestisida, pengolahan kayu dan produk kertas, pembakaran sampah medis,dan sampah2 perkotaan.
7. Teori menstruasi retrogard (menstruasi yg bergerak mundur) : sel2 endometrium yg dilepaskan pd saat menstruasi bergerak mundur ke tuba falopii lalu masuk ke dalam panggul atau perut & tumbuh ke dlm rongga panggul/perut.
8. Teori sistem kekebalan : kelainan sistem kekebalan menyebabkan jaringan menstruasi tumbuh didaerah selain rahim.
9. Teori genetik keluarga
C. TANDA & GEJALA
1. Nyeri : dismenorea sekunder, dismenorea primer yg buruk, disparunia, nyeri ovulasi, nyeri pelvis terasa berat & nyeri menyebar ke dalam paha & nyeri pd bagian perut bawah selama siklus menstruasi, nyeri selama & setelah hubungan seksual, nyeri saat pemeriksaan dalam oleh dokter.
2. Perdarahan abnormal : hipermenorea, menoragia, spotting sebelum mens , darah menstruasi yg berwarna gelap yg keluar sebelum menstruasi atau di akhir menstruasi.
3. Nyeri sebelum, pd saat, dan sesudah BAB, darah pada feces, diare, konstipasi dan kolik.
πŸ‘†istilah2 diatas sdh kita bahas pd pertemuan lalu ttg menstruasi
D. PENCEGAHAN
1. Hamil. 2. Observasi & pemberian analgetika (obat anti nyeri)
3. Terapi hormonal. 4. Pembedahan.
Jadi, gejala umum yg timbul pd penderita endometriosis = nyeri perut bawah yg luar biasa sebelum, selama, dan sampai akhir menstruasi
Adakah diantara sahabat surga yg pernah mengalami,
🌸🌸🐝🐝🐝🌸🌸
TaNYa JaWaB
0⃣1⃣ sofi
kakak saya setiap haid nyeri yg hebat seperti yg dokter bahas di bawa ke klinik cuma di kasih obat anti nyeri gimana cara pengobatanya dokter syukron,
πŸ’ Jawab:
Ukhti sofi yg baik, apakah kakaknya ukhti sofi sdh menikah? Sdh pernah hamil?
D. Pencegahan. 1. Hamil. 2. Observasi & pemberian analgetika (obat anti nyeri)
3. Terapi hormonal. 4. Pembedahan.
0⃣2⃣ Can
Bagaimana pengobatan untuk pcos?
apakah terapi hormonal?
bagaimana mekanisme nya?
πŸ’ Jawaban :
Ukhti can, mohon perjelas kembali apakah 'pcos'?
▶Polikistik syndrom
πŸ’ Terapy hormonal bisa menggunakan pil kb kombinasi estrogen-progestin, terapi progestin, danazole, tergantung dari hsl pemeriksaan
πŸ’  Polikistik syndrome = keadaan terlalu banyak hormon pria shg ovulasi mjd tdk teratur ukhti can, sebaiknya dikonsultasikan ke dr SPOG
0⃣3⃣ Riska
Assalamualaikum ustadzah saya pernah polif dan endometriosis, dirahim tapi tidak berbahaya terjadi di th 2012. Apakah polif bisa menyebabkan endometriosis.
πŸ’ Jawab:
Polip endometrium = benjolan yg tumbuh akibat pertumbuhan kelenjar yg berlebihan pd endometrium. Berbeda dgn pengertian endometriosis,
0⃣4⃣ Atik
Saya mengalami pas gadis. Tp Alhamdulillah stlh melahirkan anak pertama sdh hilang derita itu
Skrg usia sdh 40
Apakah ada kemungkinan timbul lg?
Oya sy sdg hamil saat ini.
Br 10 weeks. Knp ya msh ada pendarahan spt darah kental gitu. Bewarna hitam. Sdh cek k Dr kt ny gpp.
Nah apakah ada hub dgn dismorhea?
πŸ’ Jawab:
Bunda atik yg dirahmati Allah..Endonetriosis memang bisa hilang krn proses kehamilan, atau menopouse. Selamat atas kehamilan bunda atik yg sdh memasuki usia 10 mg.
Tp pengeluaran darah pervaginam pd ibu hamil adalah salah satu randa bahaya bunda.., bisa beresiko keguguran, pertumbuhan janin terganggu, resiko terjadinya plasenta previa, dll. Atau bisa jg krn otot rahim yg lemah shg mudah berkontraksi dan keluarlah darah dari dinding rahim,,
0⃣5⃣ Indah
saya sbelum mnikah mengalami disminore hebat ketika sdh menikah dan melahirkan sembuh....tapi sekarang sakit lagi dperut bagian bawah ketika mau mulai haid..dan menjelang akhir haid sakitnya sampai maaf di kemaluan...apakah terkadang jg s anus...apakah ini endometriosis?
Siklus haid normal...bgaimana pengobatannya?
πŸ’ Jawab:
Bunda indah shalihah..kontrasepsi apakah yg bunda gunakan saat ini?
Sebaiknya bunda indah periksakan ke dr SPOG apakah gejala tsb mengarah ke endometriosis, dan bagaimana status endometriosisnya. Jk ringan, cukup dgn terapi hormonal seperti yg sdh di jawab pd pertanyaan ukhti can, tp jk status endometriosisnya berat/dalam maka diperlukan pembedahan.
0⃣7⃣ Chici
Uztadzah,,,afwan ingin bertanya sedikit di luar tema,,,saya kurleb 3th suntik kb 3bln,,,sudah berhenti beberapa bulan lalu,,,tapi ko saya masih belum haid ya,,,bagaimana solusinya,,,sukron
πŸ’ Jawab:
Bunda chici yg baik..bunda tdk/blm haid kembali krn masih ada pengaruh dari hormon kb suntik Terapinya adalah minum pil kb untuk membantu mengatur kerja hormon di tubuh bunda
0⃣6⃣ Dee
Normalx usia haid brpa?? Krna ad tmn yg usiax 17thun blm haid..apkh itu trmsuk klainan??
πŸ’ Jawab:
Usia menarche berbeda2 tergantung dari keturunan, faktor gizi, dll. Usia termuda 8th max 17 th. Jk diatas usia 17 th belum menstruasi, maka sebaiknya dikonsultasikan ke dr SPOG
0⃣8⃣ Bahrah
Adik sy berusia 23 tahun, dari sejak pertama menstruasi sampai diusianya sekarang, ia mengalami haid bisa dikatakan sangat jarang sekali.
Dalam 1 tahun , terkadang tidak haid, tapi jika mengkonsumsi obat 'regumen', bbrapa hari kemudian langsung haid disertai nyeri yg sangat.
Sudah bbrapa kali cek k dokter, tapi dokter selalu bilang kalau tidak apa2. Masa menstruasi yg sangat jarang ini dikarenakan 'kadar hormonnya sedikit'.
Yg saya tanyakan, apakah adik sy ini jika sudah menikah , akan sulit memiliki anak?
Dan adakah gejala2 penyakit tertentu terkait ciri2 yg sy sebutkan tadi?
Djazakillah bu dokter cantik..
πŸ’ Jawab:
Penyebab haid yg jarang = siklus haid yg panjang, kerja hormon tubuh yg tidak teratur. Tp jk haidnya hanya muncul jk minum obat, sebaiknya diperiksakan lbh lanjut apakah adiknya bunda bahra mengalami ovulasi? Jk tidak, maka statusnya infertil (mandul), sebaiknya diperiksakan lbh lanjut ya bunda..tdk cukup hanya USG sj
0⃣9⃣ Rikka
Apakah endometriosis bisa menyebabkan kemandulan (ketidak suburan rahim )
πŸ’ Jawab:
Ukhti rikka..Endometriosis yg berat bisa menyebabkan kemandulan krn menghalangi jalannya sel telur dari ovarium ke rahim,
1⃣0⃣ Leily
Assalamu'alaikum mb nisa..
Afwan ana mau tanya bgni ana kan punya murid beliau kalau lgi mens apalgi di 3 hari pertma itu sengugutanny luar biasa kadang sampai mojok dibawah meja pernah sampai nungging² kpla di lantai sakin nahan sakitnya,, dan da bbrapa murid ana sperti itu,, mereka selalu nanya ke ana obatnya biar gak gni lgi apa gtu,, lah ana juga kurang tau juga krna ana gk pernah ngerasai ana bilang ja sehari² konsumsi air putih tu hrus cukup dan mereka tu da yg sampai disuntik dulu atau wajib minum jamu dulu baru bisa enakan tu penyebabny sampai nyeri spert tu apa ya mba ? kadang ngerasa kepnasan dan trsa klilit dipetut gtu juga??
Apa sperti suntik atau jamu buatan rumah atau kmasan juga nntny gak ber efek ? Mereka juga sampai bosan berasa ketergantungan dgn suntik,, dan apa hal seperti itu selmany atau bisa di hentikan ?
Ana suka kasian lihat mereka sampai sperti tu dan serasa serba salah nolongi nya,
πŸ’ Jawab:
Ibu guru leily yg baik..,jk muncul nyerinya hanya sampai di 3 hr sejak menstruasi sj namanya dismenorea. Sebenarnya ini sfh dibahas dipertemuan sblmnya. Terapinya = pemberian obat analgetik/analgesic / anti nyeri.Tp jk nyerinya luar biasa dan berlanjut sampai ke akhir masa menstruasi maka dianjurkan untuk periksa ke dr SPOG
1⃣1⃣ Ningsih
Assalamualaikum nitip pertanyaan yaa tp rada menyimpang
Maaf sy klu pakai cd bahan tertentu sehabis pipis gatal nah sy ngk faham dg bahan
nah apa itu bs berpengaruh pd mrs "V"
πŸ’ Jawab:
Ukhti ningsih shalihah.. Sebaiknya pakailah bahan yg mudah menyerap keringat. Keluhan gatal setelah BAK banyak penyebabnya diantaranya = alergi bahan dari pakaian dalam, adanya jamur di kemaluan, kurang hygien sanitasinya + air ceboknya, kondisi mrs V yg lembab, maka usahakan sll mengeringkan mrs V setiap selesai BAK/ BAB
1⃣2⃣ Halimah
Assalamualaikum wr.wb.
Saya klo menstruasi selalu merasa kesakitan dan kaki sampe kejang,trus klo mens itu seperti darah kental,udah gitu mensnya itu keluarnya pas kencing aja,mens cuma 3 hari udah selesai,apa itu menghambat untuk hamil udah cek ke dokter kandungan katanya kelebihan hormon prolactin gmna cara penyembuhannya terimakasih,,
πŸ’ Jawab:
Sebaiknya diperiksakan ke dokter bunda halimah..untuk diketahui penyebabnya. Prolactin yg tinngi berarti dlm kondisi tidak subur, krn nya haidnya bunda seperti ituπŸ‘†
1⃣3⃣ Ratna
Dokter, na mau brtnya diluar tema, kapan sbenarnya masa subur wanita stelah haid dok, ana mau program hamil dok, mohon penjelasannya.
Syukran dokter πŸ˜
πŸ’ Jawab:
Bunda ratna yg dirahmati Allah.., masa subur wanita diantara 10-17 hari terhitung dari hari pertama haid sebelumnya pada siklus haid 28 hari. Apakah bunda ratna haidnya teratur?
1⃣4⃣ Yanti
Adik ipar saya endometriosis...kalo mens sakitnya dari hari pertama sampai hati terakhir mens...sampai udh beberapa kali operasi mash ada juga penyakit itu....permasalahannya..saya nih punya anak gadis 2 ..saya takut penyakitnya ini turun ke anak gadis saya nih...gmn caranya biar gk kena penyakit seperti tantenya itu... apa ada cara pencegahannya....jazakillah khair..
πŸ’ Jawab:
Bunda yanti yg baik, salah satu penyebab endometriosis krn faktor keturunan. Jadi ada kemungkinan putrinya bunda yanti jg mengalami endometriosis jg.
Solusinya menikah bunda
1⃣5⃣ Rina
Assalamualaikum ustadzah 1~saya trmasuk teori ke 7.. setiap menstruasi selalu berjalnan mundur kadang smp 1 minggu.
Pertanyaany saya apakah trmasuk endometriosis dan bgaimna pengobatanya? ustadzah syukron,
πŸ’ Jawab:
Ukhti rina, yg dimaksud dgn teori menstruasi retrograd ( menstruasi yg bergerak mundur)= sel2 endometrium yg dilepaskan pd saat menstruasi bergerak mundur ke tuba falopii (saluran indung telur) lalu lama kelamaan bisa masuk ke panggul atau perut dan tumbuh di dlm rongga panggul/perut. Tp klo yg ukhti rina alami tdk sama dgn teori ini, melainkan siklus menstruasi yg panjang sehingga mundur sampai 7 hari. Silahkan ukhti perjelas lg dgn contoh 
1⃣6⃣ Ratih
Aku titip pertanyaan aja ya..apakah wanita yang mempunyai diabetes dan hipertensi bisa mempunyai masalah infertilitas
Karena saya haidnya juga gak teratur. Kadang banyak kadangkala gak haid
Jazakillah khair katsir
πŸ’ Jawab:
Ya bisa menyebabkan infertilitas ukhti ratih
1⃣7⃣ Zee
Assalamu'alaikum Ustadzah,
Bicara ttg sistem reproduksi ni sya mau tanya ttg keputihan, kdg ad kputihan yg gatal, kdg ad yg bau, kdg brwarna kuning, kdg ad yg brupa gumpalan, mhon d jlaskn dampak2 nya Ustadzah dn ap ad hbungannya dg penyakit cancer, trimkasih ustadzah πŸ˜Š
πŸ’ Jawab:
Ukhti zee yg baik, kajian keputihan sebenarnya sdh dibahas pd pertemuan sebelumnya. 
Keputihan yg normal = tdk berwarna, tdk bau, tdk gatal. Jk timbul warna, bau, dan gatal berarti ada pertumbuhan bakteri disana, maka sebaiknya diobati. Kanker bisa terjadi krn = faktor genetik, pola hidup tdk sehat, dll. Apakah keputihan berhubungan dgn kanker? Bisa ya, jk keputihannya berstatus patologi, maka harus dilakukan pemeriksaan lbh lanjut
1⃣8⃣ Fadilah
Mau tanya bu,
Ada cerita katanya waktu masih muda dia menstruasinya seperti biasa (7 hari sudah bersih) akan tetapi waktu usiannya udah menginjak 45 thn dia menstruasinya lebih lama (7 masih keluar darah) dan yg keluar masih dalam bentuk darah, itu merupakan tanda" menopouse atau ada penyakit lain?.
Terimakasih
πŸ’ Jawab:
Jk msh menggunakan kontrasepsi, hal tsb dipengaruhi oleh kontrasepsi.
▶Dan tidak menggunakan alat kontrasepsi apapun,,
πŸ’ Sekarang total lama menstruasinya brp hari ukhti fadilah?
Adakah nyeri, or keluhan lain??
▶14 hari bu
Cuma lemes karena darahnya banyak keluar.
πŸ’ Harus diperiksa adakah anemia, kondisi anemia menyebabkan mulut rahim tdk berkontraksi dgn baik shg darah tetap banyak keluarnya. terapinya minum vitamin penambah darah setiap menjelang sampai sesudah menstruasi.
Adakah nyeri sangat di perutnya ukhti?
Jk semakin hari semakin bertambah banyak perdarahannya maka sebaiknya diperiksakan ke dr SPOG ya ukhti, agar dpt dideteksi penyebabnya lbh lanjut
1⃣9⃣ Yuli
Sedikit melenceng dr tema bu ustadzah.
Bagaimana jika hamil dgn darah rendah tp tdk mngonsumsi obt pnambah darah dikarenakan sering lupa?
πŸ’ Jawab:
Bunda yuli yg baik..sering lupa ya bunda, ga pa2 tp begitu ingat langsung minum ya..😘,
Pd kondisi anemia sangat diperlukan vitamin penambah darah + vit c (vit. C berguna untuk memaksimalkan penyerapan vitamin penambah darahnya).
2⃣0⃣ Widya
Assalamualaikum ustadzah...
Saya sdh 10 thn ikut kb suntik yg 3 bln sekali dan tdk pernh haid
Yg ingin sy tanykn apakh dgn tdk haid sekian lama itu nantiny bs kena kanker?
πŸ’ Jawab:
Kb suntik 3 bulan jenis kontrasepsi hormonal yg cara kerjanya dpt mengganggu siklus haid, haid mjd tidak lancar, ada yg haid sedikit2 tp sering, ada jg yg tdk haid sama sekali. Apakah bisa terkena kanker? Penderita kanker tdk boleh menggunakan kontrasepsi hormonal. Penyebab kanker = faktor keturunan, pola hidup tidak sehat. Petugas kesehatan pastinya akan melakukan penapisan pd stp pasien calon akseptor kb, sebelum melakukan pemberian kb.
2⃣1⃣ Wida
Mau nanya. Kapan hari yg di part 1 kan ana pernah bertanya mengenai keluhan yg terjadi sama sy. Yaitu terkadang keluar darah haid di luar tgl nya dan keluar nya darah hanya 1 sampai 2 hari disertai sakit perut yg luar biasa..dan sudah pernah konsultasi ke dokter bahwa itu hanya masalah hormonal...
Nah ini kejadian lg Kak, πŸ™ˆ
Padahal bulan lalu tidak, bulan lalu nua Iyaa...jadi sekitar 2 bulanan jeda nya..
Itu bagaimana yaa??? Sy jadi takut. Apakah iya itu hanya masalah hormonal?? πŸ™πŸ˜
Jazakillahu Khoir Kaka Nisa syantiikkkk πŸ˜˜πŸ˜˜
πŸ’ Jawab:
De' wida sayang..kemarin dikasih obat apa sm dokternya?
▶Ga dikasih obat apapun Kaka
Krn dokter hanya bilang masalah hormonal, jadi ga ada apa-apa..cuma pesan nya kalau terjadi lg boleh dtg lg tuk diperiksa lebih lanjut πŸ˜Œ
πŸ’ Berarti de' wida datang kembali untuk diperiksa lbh lanjut penyebabnya
Stress/capek fisik maupun capek psikis mempengaruhi kerja hipotalamus shg kerja tubuhpun mjd tidak teratur, begitu jg menstruasinya de' wida
▶Wida selalu positif Thinking bahwa hal ini terjadi ketika tubuh sudah di puncak capek nya..
Trus pikiran juga lg banyak-banyak nya...
Tp lama-lama jadi Parno sendiri πŸ™ŠπŸ™ˆ
πŸ’ Berarti de' wida datang kembali untuk diperiksa lbh lanjut penyebabnya
▶Noted Kaka...
Insya Allah besok kesana lg πŸ˜¬πŸ˜“
2⃣2⃣ Dinda
Kakak dinda kok sakit perutttttt bgt setlah makan knapa yaak??
πŸ’ Jawab: Pasti punya sakit nyeri lambung jg ya..(sakit magh)
▶Mag gak pnya klo lambung iya punya,
πŸ’ Nyeri lambung = magh sama,
Pd kondisi lambung yg kosong/jarang makan/makan ga teratur = meningkatkan asam lambung, shg apabila diisi makanan/minuman akan terasa perih.
Semua AnggotaTubuh bekerja sesuai jadwalnya, begitu jg dgn lambung ada or tdk ada makanan yg dicerna akan tetap bekerja sesuai dgn jadwal kebiasaan makan, klo ga ada makanan yg dicerna lama kelamaan asam lambungnya tinggi dan melukai lambung akibatnya terasa perih.
Baiknya minum obat anti nyeri lambung dulu sblm makan jk terlambat makan
🌸🌸🐝🐝🐝🌸🌸
CLoSiNG STaTeMeNT
Endometriosis bisa hilang seiring usia menopouse, tp sll waspadalah terhadap setiap gejala yg timbul di tubuh yg diperkirakan tdk normal untuk segera dikonsultasikan ke tenaga kesehatan.
🌸🌸🐝🐝🐝🌸🌸
PeNuTuP
Terimakasih ya Ustadzah Nisa atas pemaparan materi pada kajian kali ini yg begitu luar biasa. Semoga akan jd manfaat untuk kita semua dan berpahala bagi ustadzah yg membagi ilmunya.
Selamat istirahat ya ustadzah cantik dan ukhtifilah cantik semua.
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
Ψ³Ψ¨Ψ­Ψ§Ω†Ωƒ Ψ§Ω„Ω„Ω‡Ω… ΩˆΨ¨Ψ­Ω…Ψ―Ωƒ Ψ£Ψ΄Ω‡Ψ― Ψ§Ω†
Ω„Ψ§ Ψ₯Ω„Ω‡ Ψ₯Ω„Ψ§ Ψ£Ω†Ψͺ
Ψ£Ψ³Ψͺغفرك وؒΨͺوب Ψ₯Ω„ΩŠΩƒ
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel