Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

Penyakit Reproduksi Wanita


OLeh : Khoirunnisa Yurliana, S.Si.T.,M.Kes

Penyakit Sistem Reproduksi Wanita
Banyak sekali, Diantaranya = 1. Gangguan Menstruasi. 2. Endometriosis. 3. Penyempitan Oviduk. 4. Infertilitas (kemandulan) 5. Infeksi Vagina 6. Mola Hidatidosa. 7. Kanker wilayah genital. 8. Kanker Payudara. 9. Dll. Insyaallah kita bahas semua, namun krn bahasannya banyak, maka akan terbagi dalam part 1, 2,......siapkah sahabatku
🌸 *1. Gangguan Menstruasi* *A. Menstruasi*
adalah proses keluarnya darah/peluruhan dinding rahim (endometrium) yg tebal krn tdk ada pembuahan/tdk terjadi kehamilan yg terjadi stp bulannya keluar mll vagina. Wanita yg normal akan terus menstruasi jk tdk hamil sampai saatnya menopouse. Menstruasi jg merupakan proses mempersiapkan tubuh wanita untuk hamil. Menstruasi pertama kali (menarche) biasanya dimulai pd umur 8-16 tahun, tergantung dari berbagai faktor yg meliputi kesehatan wanita, nutrisi, dan berat tubuh yg relatif pd tinggi badan.
Normalnya menstruasi berlangsung selama 3-7hr. Hampir sekitar 80% siklus menstruasi wanita = 22-30 hr, dan hanya 10-15% wanita yg memiliki siklus 28 hr. Selama masa reproduktif biasanya stp siklus menstruasi dilepaskan 1 sel telur
Banyak wanita usia 20-40 th yg mengeluh nyeri saat haid (dismenorhoe) = kram pd perut bagian bawah dan vagina, nyeri kepala, cepat merasa lelah, perut kembung, perasaan sensitif (mudah marah&tersinggung), gelisah, susah tidur, payudara membengkak, sakit pinggang, perubahan nafsu makan, kurang darah (anemia), dll.
Gangguan tsb disebabkan krn adanya kontraksi otot otot halus rahim yg dikendalikan oleh interaksi hormon yg dikeluarkan oleh hipotalamus, kelenjar dibawah otak depan, dan indung telur (ovarium).
🌸 *B. Menstruasi Tidak Lancar* Ada wanita yg awalnya lancar kmd tiba2 tdk lancar menstruasinya, atau tidak keluar pd bulan berikutnya. Menstruasi yg terjadi 2 bulan sekali bahkan lebih mrp menstruasi yg tidak lancar krn siklus menstruasi plg panjang 35 hr.
🌸 *Penyebab Menstruasi tdk lancar* 1. Kurang istirahat, Stress/Gangguan kesehatan mental ; mengganggu kerja hormon. 2. Alat kontrasepsi. 3. Ada kista. 4. Gangguan tiroid. 5. Gaya hidup tdk sehat. 6. Kurang asupan nutrisi.
🌸 *C. Gangguan Menstruasi* 1. Amenore = tidak menstruasi. Terbagi menjadi DUA jenis : primer dan sekunder. ▶Amenore Primer = ditandai dgn pubertas yg tertunda, payudara yg tdk berkembang, dan jg rambut kemaluan yg tdk tumbuh saat usia sdh memasuki 13-14 th. ▶Amenore Sekunder = tidak menstruasi selama 3 bln scr berturut2 yg dialami oleh wanita yg sbelumnya mpy siklus haid teratur. Penyebab amenore sekunder = amenore alami, Alat kontrasepsi, obat2an, faktor pola hidup, ketidakseimbangan hormon, dan gangguan kesehatan, masalah struktur dan organ seksual yg dpt mengakibatkan amenore.
🌸 *D. Cara Mengatasi Gangguan Menstruasi* 1. Menjaga asupan makanan. 2. Olahraga. 3. Tidak merokok. 4. Ganti alat kb 5. Istirahat
Perdarahan DiLuar Haid. Penyebabnya = polip serviks, erosi portio, ulkus portio, trauma polip endometrium.
🌸 *E. Perdarahan DiLuar Haid*
Penyebabnya =
polip serviks, erosi portio, ulkus portio, trauma polip endometrium.
🌸 *2. Dismenore*
Nyeri menstruasi, rasa kram pd perut bagian bawah, kadang menyebar ke daerah panggul, pinggang, serta paha. Dan kemungkinan bisa disertai dgn adanya diare, mual, muntah, dan jg nyeri kepala. Dismenore biasanya timbul pd hr 1 pertama menstruasi dan akan menghilang 1-2 hr kemudian. Penyebabnya krn kadar hormon prostaglandin tinggi. Selain itu jg bs diakibatkan oleh kondisi medis seperti kehamilan ektopik, keguguran, penyakit kista ovarium, infeksi bakteri di rahim, mengalami sumbatan di serviks, kelainan hormon, endometriosis, serta pertumbuhan yg non kanker atau fibroid di dlm rahim, dll.
🌸 *3. Menoragi* Perdarahan yg lbh lama dari 7 hr dan jml darahnya lbh dari 80 ml. Penyebabnya = kelainan pembekuan darah, ketidakseimbangan hormon, infeksi panggul, pemasangan IUD, fibroid, polip disepanjang rahim, kelainan lapisan endometrium, dll. Hal ini biasanya disertai dgn nyeri, jk tdk diatasi akan menyebabkan anemia. Untuk mencegah anemia akibat perdarahan hebat, maka makanlah makanan yg mengandung zat gizi besi tinggi, serta daging merah, sayuran hijau, gandum utuh dan jg kacang polong.
🌸 *4. Metroragia* Perdarahan dari vagina yg tdk berhubungan dgn siklus haid. Perdarahan ovulatoir tjd pd pertengahan siklus haid berupa spoting yg tdk teratur dan atau lbh diyakinkan dgn pengukuran suhu basal tubuh.
🌸 *5. PMS (Pre Menstrual Syndrome)*
Gangguan menstruasi pd wanita berupa gejala emosi jg fisik. PMS menyerang sekitar 70-80% WUS (Wanita Usia Subur), & 30-40% nya mpy gejala yg cukup berat shg mempengaruhi aktivitas harian, dan 5-10% nya mempunyai gejala yg sangat berat hingga tdk bisa berbuat apa2. Gejala fisik yg timbul dpt berupa = perut kembung, nyeri payudara, retensi air, kenaikan berat badan, kaki -pergelangan kaki bengkak, nyeri kepala, suka ngemil, berjerawat, lemas, kurang energi, nyeri punggung, insomnia, perubahan nafsu makan atau jd senang mengkonsumsi karbohidrat.
🌸 *6 . Oligomenore*
Siklus haid yg memanjang yaitu lbh dari 35 hr per siklusnya. Volume perdarahannya umumnya lbh sedikit dari volume perdarahan haid biasanya. Penyebabnya = stress, penyakit kronik, tumor yg memproduksi estrogen,kurang nutrisi, gangguan pola makan, wanita atlit dgn diit ketat namun aktivitas fisik berlebih, dan ketidakseimbangan hormon.
@Nisa.
🌸🌸🐝🐝🐝🌸🌸
TaNYa JaWaB
1⃣ Desi
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ummi..materi yang sangat bermanfaat sekali umm😊
Ijin bertanya umm..
Pengalaman pribadi..aku haid di bulan juli..dan haid kembali di bulan oktober.,tidak ada tanda" sakit disekitar perut..sudah cek d dokter ternyata hanya kecapean dan stres jd hormonnya terganggu..tapi badan jadi gampang lemes dan hawanya mau tidur mulu,kerja jadi gak semangat..apakah hal itu mempengaruhi tingkat kesuburan seorang wanita umm?
Jawab:
Usianya 22 tahun.
Belum menikah. Siklus haid sebelumnya normal pernah terjadi jg seperti ini di th. 2014 saat menjelang Tugas Akhir..
Baik ukhti desi..dari data tsb, berarti siklus menstruasi ukhti desi yg tidak teratur itu dipengaruhi oleh stress (bisa stress fisik maupun psikis). Silahkan scroll kembali materi diatas ttg polimenore. Jk dilihat dari gejala yg timbul, Ukhti desi mengalami oligomenore, dan ini bisa mempengaruhi kesuburan.
2⃣ Atik
1. Saya dr gadis mmg bermasalah jika haid.
Tp siklus nya teratur. Tp mmg haid hr1-2 nyeri luar biasa,
Lalu stlh nikah dan punya anak. Alhamdulillah sdh tdk nyeri. Kt dokter pas saya lahiran d sc kista nya sekalian dbersihkan
Nah Umur sy 41, Knp skrg mulai nyeri lagi.
Saya kb pil td nya 3bln lalu saya hentikan krn haidnya jd tdk teratur. Solusi nya apa ya bunda. Jazakillah
Jawab:
1. Bunda atik yg shalihah..
Usia 41 thn sebaiknya tdk menggunakan kb hormon seperti pil, suntik, implan, jd sebaiknya ganti kb pil nya dgn menggunakan kb non hormonal seperti = IUD, kondom.
Menkonsumsi kb pil yg tidak teratur beresiko haid yg tdk teratur. Teraturkah bunda atik minum pil kb nya di waktu yg sama setiap harinya?
2. Saya teratur mba. Kmrn sy hentikan krn lama2 ada flek d pipi. Iya. Nnt saya mau pasang iud. Stlh masalah yg sekarang tertangani,
Saya spt nya keguguran
3 minggu yg lalu sy cek positif. Tp seminggu ini keluar flek dan 2 hr ini mulai keluar darah spt haid.
Jawab:
2. Jika test HCG bunda atik positif, dan seminggu ini keluar darah seperti haid, maka dianjurkan untuk cek ke dr SPOG untuk penatalaksanaan selanjutnya.
Krn saat hamil tidak boleh haid, beresiko keguguran. Jk statusnya keguguran maka wajib dibersihkan hingga tdk ada sisa konsepsi (bakal janin) yg tersisa di rahim.
3⃣Diana
Ijin nanya
Dismenore dgn penyebab bakteri. Awalnya haid sekitar 7-8 hari tapi setelah periksa ada bakteri dan konsumsi obat. haid berikutnya berubah jadi 5-6 hari saja. Apakah dgn obat bakteri bisa hilang ato dgn 5 solusi diatas ukht Nisa . Syukron.
Jawab:
Jk ada bakteri maka harus diobati sampai bakterinya tdk ada lg..ukhti diana.
4⃣ Padmi
Assalamu'alaikum wr wb.
Ijin bertanya ukh...
1. Terkait dg keluhan saat haidh, untuk kita tahu keluhan itu gejala normal, atau krn suatu penyakit, itu bgmana ya?
2. Kalo haidh.nya berupa gumpalan datah, tidak ada darah segar seperti normal.nya, tpi dijadwal haidh, krn faktor apakah itu?
Jazaakillah khairan
Jawab: 1. Baik ukhti padmi, usia 33 th belum menikah. Keluhan haid yg normal adalah keluhan yg ringan dan menghilang sendiri selama 1-2 hr dihitung sejak haid pertama.
2. Jk haidnya banyak sekali gumpalan darah, bisa krn ukhti kurang minum air putih dan jg krn ukhti masih gadis jadi himennya (selaput dara nya) msh kecil lubangnya, solusinya adalah menikah
5⃣ Rina
1. Klo tidak haid krn alat kontrasepsi, apakah berbahaya bagi rahim mbak?
2. Misalnya bisa rentan terkena miom, kista dsb?
Jawab: 1. Bunda rina, semua metode kontrasepsi terutama kb hormonal reaksi kerjanya dpt mengganggu siklus haid = Tidak apa2 selama bunda disiplin jadwal kunjungan KB nya.
2. Penyebab miom atau kista selain dari faktor herediter (keturunan) jg disebabkan oleh kurangnya kebersihan daerah kewanitaan, jg pola hidup.
6⃣ Key
1. Assalamualaikum..
Kalo udah divonis ada kista, kemungkinan hamil brp%...
Bisakah kista hilang tanpa operasi ato hilang barengan dg kita melahirkan...
Dr sblm menikah sampai menikah klo haid serasa mau pingsan... klo daging tumbuh didaera jalan lahir apa bisa mempengaruhi prosentase kehamilan???
Matur nuwun
Jawab:
Ukhti key yg dirahmati Allah.., jk ada kista kemungkinan bs hamil brp persen? Tergantung dari hasil pemeriksaan dokternya ukhti. Kista bisa hilang tanpa operasi atau tidak tergantung dari status kistanya, besar diameternya dan jinak atau ganasnya kista. Jk statusnya jinak dan kecil kista bisa mengecil kmd menghilang, tp jk saat hamil kistanya membesar dan mengganggu pertumbuhan janin, biasanya diangkat kistanya.
2. Daging yg tumbuh di jalan lahir apakah bs mempengaruhi prosentase kehamilan?
Jawab:
Diperlukan hasil pemeriksaan lbh lengkap ttg karakteristik benjolan/daging tumbuh tsb berupa lokasi, ukuran, konsistensi, status perlekatannya, tanda radang, batas tepi, maka sangat disarankan untuk segera memeriksakan ke dr SPOG untuk penatalaksanaan selanjutnya.
7⃣ Hanny
Assalaamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh...
Sy puny adek udh 11 thn menikah.. dulu pernah hamil dan keguguran trus kata dokter ada miom.. kata adek tabung fallopi nya dipotong 1.. tinggal 1 lagi .. dan sampai sekarang blm juga hamil..
Jawab:
Bunda hanny..kita, wanita punya 2 indung telur, yaitu di kiri dan kanan. Jk 1 sdh di angkat, maka msh ada 1 lg harapan untuk bisa hamil. Insyaallah.
Saran saya sebaiknya rutin kontrol ke dokter kandungannya untuk pemeriksaan lanjutan terkait program hamil. Krn banyak faktor yg bs memperlambat terjadinya kehamilan.
8⃣ Ratna
Ana ijin brtnya bund.
Ini knp stelah melahirkan haid jd gk teratur. Haid bhkan smpai 15-16 hri, tp tdk trus menerus, 3 hri haid, 2 hri tdk, bgitu strusnya smpai 15-16 hri. Knp y bund?
Mhon pnjelasan.
Syukran bund.
Jawab:
Baik, bunda ratna tdk ber kb, habis melahirkan haid tdk teratur. Bisa jd krn capek, kurang istirahat terutama malam menemani debay yg biasanya klo malam bangun,tp siangnya debay tidur..betulkah bunda?
9⃣ Nafisah
Apa rentang waktu setelah bersuci dg haid 15hari itu normal? Sy haid 3-4 hari .
Itu terjadi (siklus 15hr) sekitar 1 th ini. Biasax siklus dr berauci sampai haid sekitar 25-27hari.
Jawab:
Baik bunda nafisah usia 45 th ,dgn keluhan siklus haid lbh pendek dlm kurun waktu 1 th terakhir, bisa jd bunda masuk kedalam masa klimakterium (masa yg bermula dari akhir masa reproduksi sampai awal masa senium/sebelum menopouse dan terjadi pd wanita usia 40-65 th ).
1⃣0⃣ Zee
1. Bgni bun saya brusan bln ini dtng bulan itu ga lancar, cmn sdikit spt haid mndekati hari2 trakhir,,, trus penyakit alergi sya muncul, bntol merah besar2 dan gatal, mhon pnjlsannya bun, trimkasih,
Jawab:
Ukhti zee.
Bentol2 alergi harus dicari penyebab alerginya, dan sebisa mungkin menghindari semua faktor penyebab alerginya,
2. Tiga tahun yg lalu pernh mnglami gatal ini bun, tpi smbuh dan sdh lma ga kmbuh lg,, brusan akhir2 ini yg kmbuh lg, apa ini ad hbungnny dg daya tahan tbuh atau gmn bun?
lupa bun, ga prnh ingat tanggal nya, soalnya kdg" 3 bln skali beda tanggal, bhkn kdng tiap bln beda tanggal.
Jawab:
Betul ukhti zee..itu ada hubungannya dgn daya tahan tubuh.
Dan pastikan ukhti mengevaluasi penyebab alerginya dan sebisa mungkin menghindari faktor penyebab alerginya


1⃣1⃣ Evi
1. Haid yg berlangsung lebih dari 15 hari, sudah diperiksa ke dokter kandungan, tidak ada masalah apa pun. Keluarnya bukan kecoklatan. Yg bikin sedih karena sudah lama tidak bisa sholat. Cara ngatasi nya gimana ya Bund?
2. FYI, saat ini tidak pake alat kontrasepsi apapun??
Terima kasih
Jawab:
1. Bunda evi. Sdh dibacakah materinya bunda sayang?πŸ‘†πŸΌ. Haid yg berlangsung lama lbh dari 15 hr, dikhawatirkan menyebabkan anemia, maka bunda dianjurkan minum tablet tambah darah. Pd kondisi Anemia, mulut rahim kurang tersuplay oksigennya krn itu mulut rahimnya tdk bisa menutup dan haid mjd lbh lama.
🌹Saya usia 40 thn.
Sudah minum obat penambah darah, vitamin untuk menguatkan rahim. Ini sudah masuk hari ke 20.
2. Sdh okπŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ» bunda evi, jk msh berlanjut silahkan periksa kembali ke dr SPOG.
1⃣2⃣ Jenni
1. Nyimak πŸ‘πŸ»πŸ˜ namun tetap ijin bertanya ya bund
U sy masa2 ini sdh lewat semua n sy sdh di histerektomi sewaktu usia sy 32 th namun thn lalu 2015 di usia sy 61 th di temukan benjolan di payudara kanan yg namanya maligna,,
Yg ingin sy tanyakan knp masih ada di payudara pdhal sdh monopouse??
Jawab:
1. Bunda jenni yg disayang Allah.., berusia 61 th di 2015, terdapat maligna di payudara kanan, sdh di histerektomi di usia 32 th. Maligna /ganas = mengacu pd sekelompok sel tumbuh tdk terkendali, menginvasi, dan merusak jaringan disekitarnya. Usia tertinggi diderita oleh wanita usia 40-60 th, disevabkan oleh faktor genetik, bs jg krn faktor personal = pd wanita yg mengalami menstruasi pertama kali dibawah usia 12 th, penyebab lainnya krn kegemukan, tidak menyusui bayinya (bayi tdk menghisap puting untuk minum asi), peminum alkohol
2. Jazakillah khoir bunda docan Khoirunisa atas jawaban nya, memang di keluarga kami kakak dan adik jg kanker , adik kanker nasofaring n kakak 2 bln lalau jg sdh berpulang ke Rahmatullah ...
Pertanyaan lanjutan boleh yaa ..
Sekarang payudara yg kanan itu malah sakit sampai ke puting , kenapa ya ?
Jawab:
Bunda jenni sayang..sebaiknya dilakukan mammografi kembali untuk deteksi lbh lanjut perkembangan malignanya agar dpt diatasi segera dgn tepat. Syafakillah bunda
1⃣3⃣ Yuli
Dikehamilan ke-2 saya keguguran ukuran 5w, sudah berbentuk embrio, ada bakal janin dan tembuninya, dinyatakan tdk janin tdk berkembang karena pendarahan. Yg saya tanyakan apakah kehamilah spt itu disebut BO atau hamil anggur? Dokter menyimpulkan penyebabnya dikarenakan perjalann jauh, naik pesawat, bus dan kereta api juga.
Jazakillah ats jawabannya.
Jawab:
πŸ‘ΈπŸ»Bunda yuli = itu adalah BO = blighted ovum atau kehamilan anembrionic/ tdk ada embrionya.
🌹Tp sudah berbentuk gumpalan daging embrio 5w.. πŸ˜­
πŸ‘ΈπŸ»Bunda yuli..klo disebut BO berarti tdk ada bakal embrio. Tp jk dokter menyebutkan ada embrio = berarti diagnosanya adalah janin tdk berkembang karena kematian mudigah.
1⃣4⃣ Jenni
Nyimak πŸ‘πŸ»πŸ˜ namun tetap ijin bertanya ya bund
U sy masa2 ini sdh lewat semua n sy sdh di histerektomi sewaktu usia sy 32 th namun thn lalu 2015 di usia sy 61 th di temukan benjolan di payudara kanan yg namanya maligna,,
Yg ingin sy tanyakan knp masih ada di payudara pdhal sdh monopouse??
Jawab:
Bunda jenni yg disayang Allah.., berusia 61 th di 2015, terdapat maligna di oayudara kanan, sdh di histerektomi di usia 32 th. Maligna /ganas = mengacu od sekelimpok sel tumbuh tdk terkendali, menginvasi, dan merusak jaringan disekitarnya. Usia tertinggi diderita oleh wanita usia 40-60 th, disevabkan oleh faktor genetik, bs jg krn faktor personal = pd wanita yg mengalami menstruasi pertama kali dibawah usia 12 th, penyebab lainnya krn kegemukan, tidak menyusui bayinya (bayi tdk menghisap puting untuk minum asi), peminum alkohol
1⃣5⃣ Yulis
Jazakilah atas waktunya.
Yulis ijin tanya...
saya tdk pernah mengalami yg sudah d sebutkan. Alhamdulillah. Yg saya ingin tanyakan...
1. Saya pernah mendengar klo saat haid tdk blh minum es n coklat, apakah itu bnr? Trus klo tetep minum n mkn coklat pa akibatnya?
2. Apakah buah nanas n kobis menyebabkan keputihan?
3. Tmn saya hamil tp haid smpek 15 hr.itu knpa ya? Di periksakan tdk ada mslh.
Syukron ustadzah
Jawab:
Bunda yulis yg baik hati..saat haid tdk boleh minum es dan makan coklat, jg apakah nanas dan kobis menyebabkan keputihan = ini semua hrs dicek terlebih dahulu literaturnya dan diteliti lbh lanjut. Ibu hamil tdk boleh mengeluarkan darah pervaginam walaupun sedikit krn beresiko keguguran pd usia kehamilan muda, kemungkinan terjadinya plasenta letak rendah or menutupi jalan lahir = pladenta previa shg hanya bisa melahirkan scr sesar. Keluarnya darah saat hamil jg beresiko gangguan pertumbuhan janin dan kematian janin. Sebaiknya sarankan teman BUnda untuk memeriksakan lbh lanjut kondisi kehamilannya di dr kandungan.
1⃣6⃣ Chie
Ada teman semenjak smu sampai skg berhenti haid, itu kenapa y dokcan. Katanya ud cek up dokter tp hasilnya bagus gk ada penyakit yg ditemukan.
Jawab:
Ukti chie yg shalihah ..jk tdk haid berarti tdk ada sel telur (ovum) yg diproduksi oleh indung telur (mandul), sebaiknya dianjurkan cek lengkap ke dr SPOG
1⃣7⃣ Esa
Haid yg datang sebulan 2x bisakah memungkinkan seorang wanita memiliki anak kembar?
Seumur hidup sy, sy br sekali mengalami'a bun..
Kira2 penyebab'a apa ya?
Jawab:
Bunda esa yg dirahmati Allah..riwayat kehamilan kembar biasanya terjadi krn keturunan/faktor genetik. Umumnya jk tdk punya riwayat kembar, indung telur wanita hanya mengeluarkan 1 ovum, tp pd riwayat kembar bisa mengeluarkan lbh dari 1 ovum perbulannya.
Haid yg datang 1 bln 2 kali secara rutin bisa jd krn memang siklus haidnya pendek, tp tdk mempengaruhi kemungkinan hamil kembar.
1⃣8⃣ Dyah
32 thn, belum menikah
Saya mngalami gangguan haid dr kuliah
Sd saat ini mens ga teratur
2 sd 3 bulan skali br mens
Pas kuliah, sekitar umur 20 th, pernah ga mens slm 6 bulan,
Trus dikasi dokter pil kb single hormon, hbs itu teratur,
Saya ga intens minum obat ini, krn harganya lumayan mahal buat saya,
Ketika tdk minum, kembali haid saya ga tratur lg,
Pas kerja d jkt sekitar thn 2012 sempat k dokter en dinyatakan ada kista sekitar 2 cm,
Sempat konsumsi obat dokter, en ngatur pola makan serta olahraga, haid jd tratur en kista hilang,
1 tahun kmudian, pola hidup berantakan, kista muncul lg
Sempat berobat k dokter yg sama, namun ga tuntas krn saya pindah k samarinda
Awal2 2014 haid saya normal per bulan, namun sejak 1 tahun trakhir kmbali ga normal, 2 bulan skali baru haid en tanggalnya ga sama, cenderung mundur.
Bagaimana supaya siklus haid saya normal? Apakah ini ada hubungannya, krn saya sudah mens diusia 10 sd 11 thn? Akankah ini mnyulitkan tuk punya anak jg, ktk suatunsaat nanti saya menikah? Fyi, slm haid saya jarang sakit peruut bahkan kram perut,
Trimakasih tuk penjelasannya..
Jawab:
Ukhti dyah yg disayang Allah..agar siklus haid normal maka hrs disiplin mengikuti anjuran dokternya ukhti dyah seperti pola hidup sehat, hindari stress, konsumsi gizi seimbang. Siklus haid yg tdk teratur = sulit menentukan masa subur shg sulit/lama jk hamil. Terapi hormonal yg ampuh dan murah meriah adalah dgn menggunakan pil kb secara teratur, 1 pil untuk 24 jam, diminum di jam yg sama setiap hari sampai minimal 3 siklus haid teratur.
1⃣9⃣ Devi
1. Mau tanyak...bund kalau buat menjaga kebersihan daerah intim wanita..bag luar nya itu bagusnya pake ap ya? sabun biasa katanya ph nya beda..klo pke salah satu merk pembersih daerah tsb ad tmn yg malah keputihan jdxbanyak bund. mgkn ad merk yg rekomended yg aman gt bund apa ya?
2. Semakin bertambahnya usia itu haid yg keluar makin berkurang apakah normal bund? . misal dl bs hampir satu minggu kluar darah merah trus berubah jd cm 3-4 hari aj darah merah nya..slanjutnya flek. normalkah bund?
Jawab:
1. Sabun untuk daerah kewanitaan memang beragam, tp klo bisa baiknya rekomendasi dokter yg periksa ph vaginanya mba' devi, krn klo salah maka dpt memperburuk kondisi ph vagina. Yg baik adalah sll pastikan vagina dan pakaian dalam sll dlm kondisi kering dan bersih, jd stp habis cebok keringkan dl br pake celana dlm. krn kondisi lembab dapat menyuburkan kuman di area vagina.
2. Ukhti devi usia 26 th, blm menikah mengeluh keluar darah merah/haidnya sekarang 3-4hr kmd dilanjutkan flek = tidak apa2, msh normal.
2⃣0⃣ Atik
Mau tanya. Saya haid pas 2 smp. Kira2 umur 14 th. Kira2 umur brp ya saya menopause nya?
Jawab:
Ukhti atik yg baik, jawaban pastinya = allahu a'lam bisshowab, berdasarkan teori, rata2 bayi baru lahir mempunyai ovum = 750.000, dan itu berkurang seiring bertambahnya usia. Diperkirakan menurut teori rata2 wanita diusia 6-15 th, jml oogonium = 439.000, usia 15-25th = 159.000, usia 26-35 th = 59rb, usia 35-45 = 34.000, masa menopouse = semua hilang. Oogonionium berkurang sertiap kali haid hingga masa menopouse tiba.
2⃣1⃣ Pipit
Kepputihan normal dan patologis bagaimn membedakannya?
Jawab:
Ukhti pipit yg shalihah = keputihan normal = yg tdk bau, tdk berwarna, danvtdk gatal. Diluar itu patologis.
2⃣2⃣ Eka
Mau tanya saya sering haid tidak teratur terkadang cuma flek atau sebulan 2 x kpn ys bun ?
Jawab:
Bunda eka haid sering.., tdk teratur, kafang cm flek atau sebulan 2x usia 31 th menggunakan kb pil. Apakah bunda eka minum pil kb nya teratur?, jk tdk teratur maka itulah penyebabnya.
2⃣3⃣ Kartika
Mau tanya, kalau untuk penggunaan Pentyliner gmn ya? Katanya ada yg bilang gak bagus. Soalnya saya pake, tp tiap mau wudhu solat itu diganti.
Jawab:
Ukhti kartika yg dirahmati Allah..sebaiknya jgn sering menggunakan pentyliner. Ini sdh dibahas pada materi kajian sebelumnya. Gunakan pentyliner sesuai kebutuhan sja.
2⃣4⃣ Widi
Asiik dpt giliran, sukron mba hanny🌷
🌹Bund Nisa SholCan🌹
1. Kalo bumil yg mengeluarkan sdikit darah pervaginam nya (krn aktivitas lebih) saat hamil trimester kedua (bulan ke 6 khamilan) gmn ya bund Nisa, apa sama berisiko?
2. Trus dri jawaban bund Nisa untk prtnyaan ukh dyah, apakah jika kita sudah menggunakan teratur pil kb dan sudah sampai min 3 siklus haid sudah aman bund Nisa dan kalo misalkan nanti ngga rajin lg minum pil kb nya di jam yg berbeda gmn ya bund? Apa tetap harus sesuai jam dan keteraturan selamanya? Haduh bund widi belibet ya pertanyaannya. AfwanπŸ™πŸ»
Jawab:
1. Beresiko gangguan pertumbuhan janin, plasenta letak rendah/plasenta previa. Maka tdk boleh ada darah yg keluar pervaginam saat hamil. Jk placenta previa maka wajib bersalin scr secar.
2. Minimal 3 siklus haid scr teratur dihentikan, klo belum teratur dilanjutkan. Jaminan Aman hanya milik Allah SWT. Tp jk ingin berhasil maka hrs disiplin minum pil kb nya.
2⃣5⃣ Riska
Maa'f mau tny bun,,, ank sy udh 18 thn dl prh sih pke alat KB suntik trus gnti pil, pil cm d minum klo berhubngn aja, skrng udh lm hmpir 5 thn berhnti, tp kok ndk hamil bun knp…? pdhl menstruasi lncr tiap bln,,,, mohon penjlsn mksh buuun
Jawab:
Bunda riska yg baik.. sebaiknya dikonsultasikan kembali ke dr kandungan kondisi kesuburan dan agar dilakukan pemeriksaan penunjang lainnya agar bisa dilakukan promil (program hamil).
2⃣6⃣ Bahra
1. Saya mau tanya,
Jika mengalami keputihan sudah bertahun2 dengan ciri2 berwarna putih susu, tapi tidak berbau, tidak gatal. Apakah itu termasuk keputihan yg berbahaya? Saya belum menikah,,
Jawab:
Insyaallah normal ukhti bahra, yg penting sll pastikan menjaga kondisi vagina dan celana dalam ukhti sll dlm keadaan kering dan bersih
2. Afwan, bun..
Ciri2x sampai meninggalkan warna kekuningan atau sedikit menggumpal d cd. Masih normal ya bun?
Jawab:
Ukhti bahrah, jk sampai berwarna kekuningan berarti ada pertumbuhan bakteri di sana
3. Cara penyembuhannya bagaimana bun? Karena ini sudah bertahun2. Siklus haid saya normal , tidak ada gangguan dan alhamdulillah tidak pernah nyeri.
Jawab:
Ukhti bahrah cukup cebok bersih sebelumnya pastikan sdh cuci tangan pake sabun, sll mengeringkan vagina stiap habis cebok bersih, br pake celana dalam, dan hindari stress. Jika keputihannya sdh berwarna baiknya diperiksakan.
2⃣7⃣ Rafika
Apa penyebab ketika berhubungan dengan suami kok masih terasa sakit? Pdhal foreplay udah cukup. Kata mbah2 pijet "onderdilnya" turun.
Jadinya cairan lubrikasi yg keluar jd sedikit sehingga jd sakit. Afwan ini out of topic ga kira" πŸ˜Š
Jawab:
Bunda rafika yg dirahmati Allah..usia 32 tahun,
πŸ‘ΈπŸ»Apakah bunda rafika menggunakan pembersih vagina?
🌹Tidak pernah bun...cuma dl waktu gadis sesekali pakai.
πŸ‘ΈπŸ»Bunda rafika usia 32 th, sdh cukup foreplay tp apakah bunda menikmati? Jk tdk, tetap sj tdk keluar pelumasnya walaupun foreplaynya lama.
Faktor penggunaan sabun kewanitaan jg mempengaruhi pengeluaran secret vagina, jd sebaiknya tdk sering menggunakan pembersih kewanitaan kecuali ada indikasi.
2⃣8⃣ Meymey
Darah haid saya selalu bergumpal, apakah itu normal?
Jawab:
Ukhti mey mey usia 34 th blm menikah, darah haud yg sll bergumpal = sama dgn pertanyaan sebelumnya diatas πŸ‘†πŸΌ.
Penyebabnya = kurang minum air putih, dan krn kondisi lubang himen/selaput dara yg msh kecil2 bolongnya. Solusinya = menikah.
2⃣9⃣ Fitri
Selama ini haidh sy teratur siklus 22-24 hari, bln ini sy blm haidh pdhl trkhir tgl 2 sept, normalkah?
Jawab:
Bunda fitri, tdk pernah pake kb usia 40 th, terakhir haid 2 sept 2016, apakah bunda fitri sedang capek fisik or psikis akhir2 ini, jk tidak hal ini dikarenakan bunda fitri mulai memasuki masa klimakterium sm dgn penjelasan pertanyaan sebelumnyaπŸ‘†πŸΌ
3⃣0⃣ Eka
Bun Nisa 
Kalo sebelum haid, sering keputihan gitu bun, cuma kalo keputihannya kemerahan kayak bercampur darah.. Jadi saya kira saya haid bun, besoknya keputihan warna putih lagi..
Itu bermasalah gak bun? Kira2 masih boleh sholat gak?
Jawab:
Ukhti Eka blm menikah,
Klo keputihannya berwarna kemerahan sebaiknya tdk sholat ya(penjelasan lengkapnya silahkan ke ustadz)..krn kemungkinan itu darah yg keluar dari dinding rahim krn mulut rahim yg terbuka akibat kontraksi. Silahkan dievaluasi jk timbul seperti itu apakah ukhti eka sedang capek?or kurang istirahat? Jk kondisi ini berlanjut, sebaiknya ukhti eka segera memeriksakan ke dokter kandungan.
3⃣1⃣ Adinda
Kakak kemarin dinda ketumbahan minyak panas agak banyak sii trus tak obati propolis sekarang udah 2 hari kok mash mlepuh yaaa gmana kakak,,
Jawab: de' dinda shalihah.. Pertolongan pertama yg paling sederhana pd luka bakar (minyak panas) = menyiram bagian tsb dgn air es/air dingin yg mengalir atau rendam dgn air es agak lama/sekuatnya, ampuh bgt mencegah melepuh
Tp klo sdh melepuh, dan sdh diberikan propolis dilanjutkan sj. Syafakillah
3⃣2⃣ Wida
Bund, Wida pernah mengalami haid yg sakit nya luar biasa di perut, sampai2 untuk gerak pun sakit sekali...
Namun darah yg keluar hanya 1 hari aja..besok sudah ga, apakah yg seperti itu normal?? Hal ini sudah beberapa kali, memang tidak setiap bulan..
Jawab:
De' wida sayang... jk sakitnya luar biasa walaupun hanya sehari sebaiknya diperiksakan ke dokter khawatir ada yg lain di rahimnya. Tp biasanya jk hanya timbul 1 hr msh dianggap normal insyaallah, krn masih gadis, blm menikah maka lubang himennya msh kecil, shg darah haid berebut memaksa keluar, disamping itu ada kontraksi di rahim sehingga perut terasa nyeri. Hal ini dianggap fisiologis. Namun jk berlanjut terus menerus, sebaiknya diperiksakan ke dr SPOG.
3⃣3⃣ Hdw
1. Kk apa yg menyebabkan miom???
Bisa d sembuhkan tdk???
Jawab:
Ade' cantik..mioma = pertumbuhan didalam / disekitar rahim yg tdk bersifat kanker / ganas. Miom berasal dari sel otot rahim yg mulai tumbuh scr abnormal.
Pertumbuhan inilah yg akhirnya membentuk tumor jinak. Penyebabnya = dikaitkan dgn hormon estrogen. Biasanya miom br muncul di usia 30-50 th, stlh menopause miom akan menyusut krn penurunan kadar estrogen., obesitas, menstruasi yg dimulai tll dini, banyak mengkonsumsi daging merah dibandingkan sayur dan buah, dan kebiasaan konsumsi alkohol.
2. Na'am kk,,
Jd klo terkena miom n sdh agak membesar tdk perlu d operasi ya,,,
Tp berbahaya tdk??
Or bisa bertambah besar,,
Jawab:
Jika status mioma nya jinak dan tdk semakin membesar , tdk perlu operasi de'. Status mioma bisa berubah mjd ganas jk wanita tsb tdk menjaga pola hidup sehat, jg hindari konsumsi daging merah termasuk ayam dan telurnya.
Perbanyak konsumsi buah dan sayur, cukupi kebutuhan air putih, dan rutin olah raga.
3⃣4⃣ Wida
Bunda mau nanya lagi πŸ˜¬
Apakah diperbolehkan menggunakan cairan-cairan untuk pembersih vagina (macam produk-produk yg di jual di pasaran)??? Aman kah itu bund???
Jawab:
De' Widaeka shalihah Sebaiknya jgn terlalu sering, krn bisa mengganggu ph vagina 
3⃣5⃣ Arlina
1. Begini apakah di usia sy 45 ini apakah wajar sdh mulai tdk teratur haidh??
Cek ke dokter terkadang di USG itu alhamdulillah normal hanya faktor hormon, bisa jg krn stress,,
Atau kelelahan,,
Dan diberilah obat primolut,,
Nah kl sy makan 3-5 kablet saja alhamdulillah haidhnya keluar,,
Jawab:
Wajar bunda arlina, krn sdh memasuki masa klimakterium,
2. Sdh brp kali bunda arlina mengalami seperti ini?
Jawab:
Terus terang terasa sekali sejak sy rasa sy memiliki masalah yg lumayan beban berat hampir 2 tahunan ini.
Eeehh lupa jg deng plus pake spiral jg.
🌹Berarti faktor penyebab lainnya krn stress yg blm terpecahkan masalahnya shg mjd beban psikis. Gangguan psikis yg berat mempengaruhi kerja hipotalamus shg kerja tubuh pun terganggu bunda arlina, maka sebaiknya jgn berlarut2 dlm masalah, segera selesaikan dgn bijak.
🌹Kb spiral = ga pa2πŸ‘πŸ»
3. Penggunaan obat primolut itu apakah tdk berdampak.
Krn kl sdh hampir 3 bln sy nda haid sy makan itu lagi, biar hafidh keluar?
Jawab:
Primolut itu isinya hormonal bunda, tdk apa2 jk diminum sesuai indikasi dan dosis yg dianjurkan.
3⃣6⃣ Adinda
Kakak hal yang paling sederhana dan mudah untuk di lakukan untuk menjaga kebersihan daerah v kita itu spti apa??
Apakah mengunakan pentiline aman dn di anjurkn??
Jawab: De' dinda cantik..tipsnya = pastikan vagina dan celana dalam selalu dlm keadaan kering dan bersih, sebelum dan sesudah cebok cuci tangan bersih dgn sabun, jgn cebok dgn air hangat, penggunaan pentyliner menyesuaikan kondisi, jgn terlalu sering.
🌸🌸🐝🐝🐝🌸🌸
PeNuTuP
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
Ψ³Ψ¨Ψ­Ψ§Ω†Ωƒ Ψ§Ω„Ω„Ω‡Ω… ΩˆΨ¨Ψ­Ω…Ψ―Ωƒ Ψ£Ψ΄Ω‡Ψ― Ψ§Ω†
Ω„Ψ§ Ψ₯Ω„Ω‡ Ψ₯Ω„Ψ§ Ψ£Ω†Ψͺ
Ψ£Ψ³Ψͺغفرك وؒΨͺوب Ψ₯Ω„ΩŠΩƒ
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel