Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

Penyakit Hati


Oleh : Ustadz Satria Ibnu Abiy


بـــســم الـلّٰـــه الرحــمــن الرحــيــم.
الــسلام علــيكم ورحمة الله وبركاته
Kita mulai ya
Nabi saw bersabda: “Ketahuilah, sesungguhnya di dalam tubuh manusia ada segumpal daging, apabila daging itu baik maka baiklah tubuh manusia itu, akan tetapi bila daging itu rusak maka rusak pula tubuh manusia. Ketahuilah bahwa sesungguhnya segumpal daging itu adalah hati.” [HR. Bukhari-Muslim].
Thayyib. Mohon diperhatikan ya buibu
Sy mw tanya
Kalau seandainya (maaf) di wajah kita muncul banyak jerawat, kira2 apa yg akan terjadi dgn kita?
☘ Malu
🌾 ga pede
🌷 Sebel
👳🏼 Yg lain
🌻 Cari obat jerawat ustd
🍃 Ngeluh
👳🏼 ﻣَﺎﺷَﺂﺀَﺍﻟﻠّﻪُ
👳🏼 Yg jelas bikin panik ya
Thayyib. Perhatikan ya
Yg udah punya suami, pernah gak suaminya ngeluh atau bilang tambah jelek kalo jerawatan?
🌹 Hahaha gakk tambah manis ktanya hehe
👳🏼 Thayyib. Perhatikan dlu ya
Jerawat itu adalah salah satu penyakit yg bisa menjangkiti wajah kita. Kenapa jerawat ini bikin heboh dan panik? Karena penyakit ini adanya di organ tubuh yg terlihat (jahr), shingga kita merasa penampilan fisik (jahr) kita jd jelek saat penyakit ini datang, sepakat?
Lalu bagaimana jika hati kita (yakni organ tubuh yg tdk terlihat/sirr) yg sakit?
Apakah akan seheboh dan sepanik spt saat jerawat datang?
Padahal perlu dicatat; Bahwa jika hati sudah sakit, maka seluruh anggota tubuh jg akan ikut2an sakit
Mngkn malam ini, sy gak akan membahas dlu jenis2 penyakit hati. Namun sy akan membahas mengenai racun2 yg menyebabkan hati kita sakit
Sampai dsini bs difahami?
Thayyib
Ada 4 racun yg paling berbahaya utk hati. Sy bahas singkat aja ya
1. Berlebihan dalam berbicara
Banyak berbicara adalah salah satu faktor yang menyebabkan hati menjadi keras, sebagaimana sabda RasuluLlah ﷺ,
”Janganlah memperbanyak kata (bicara) selain dzikruLlah, karena banyak bicara selain dzikruLlah menjadikan hati keras. Dan orang yang terjauh dari Allah adalah yang berhati keras.” [HR. Tirmidzi dari Ibnu Umar].
2. Berlebihan dalam memandang sesuatu (terutama yang haram)
Allah ﷻ telah memerintahkan kepada setiap mukmin dan mukminah untuk menundukkan pandangannya, karena yang demikian itu lebih suci bagi hati mereka, dan juga mereka akan merasakan manisnya iman, sebagaimana sabda RasuluLlah ﷺ,
“Barangsiapa yang menahan pandangannya karena Allah, maka dia akan diberikan oleh Allah rasa manisnya iman yang ia rasakan dalam hatinya, sampai dimana ia manghadap kepada-Nya.” [HR. Ahmad]
3. Berlebihan dalam makan
Sedikit makan dapat melunakkan hati, menajamkan otak, merendahkan nafsu birahi dan melemahkan nafsu amarah. Sedangkan bila banyak makan, bahkan sampai kekenyangan akan berakibat sebaliknya.
Dari Miqdam bin Ma’di Karib dia berkata, bahwa ia mendengar RasuluLlah ﷺ bersabda,
“Anak adam tidak memenuhi wadah yang lebih buruk, daripada ia memenuhi perutnya. Cukuplah baginya beberapa suap saja untuk menguatkan tulang rusuknya. Jika memang tidak memungkinkan, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minum, dan sepertiga untuk nafasnya.” [HR. Ahmad dan Tirmidzi].
Terakhir...
4. Berlebihan dalam bergaul
Demikian juga berlebih-lebihan (tidak memilih teman) dalam pergaulan dapat mendatangkan kerugian di dunia dan akhirat.
Seyogyanya bagi seorang mukmin mengambil hikmah dari setiap pergaulan, usahakanlah untuk bersikap bijak dan dapat menempatkan diri dalam menghadapi berbagai karakter teman sepergaulan.
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
S.E.L.E.S.A.I
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
TANYA-JAWAB
1⃣ Tanya ☝🏻☝🏻☝🏻
Apakah sifat ketidakpuasan termasuk penyakit hati ? Bagaimana mengobati nya ?
Jawab🔐
Tidak puas terhadapa apa contohnya?
Kalau terhadap duniawi, jelas ini adalah penyakit hati.
Jika tidak segera diobati, maka akan muncul penyakit2 lainnya, spt berambisi tinggi, rakus, tamak, bakhil, dll
Obatnya cuma satu, yakni qona'ah atau menerima apapun yg menjadi rezki kita dgn lapang dada dan tdk mengeluh
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
2⃣ Seringkali kita mudah memaafkan org lain secara lisan,, tp di dlm hati msh aj kesal,, msh terus terngiang2 kesalahan2nya yg bikin skt hati. Bgmn cara menangani penyakit hati ini ustad? Trmksh jwbnya 🙏
Jawab🔐
1. Banyak berdzikir, spt baca quran, sholat serta membaca kalimat2 dzikr
2. Mengingat2 kebaikan org yg telah menyakiti kita
3. Mengingat2 kejelekan dan dosa kita kepada orang lain
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
Bisa difahami jawabannya?
3⃣ 🙋🏻Fitri
1.Ustadz,apa benar klw penyakit hati itu bisa berdampak menjadi penykit jasmani ustadz?
2.Selain byk istighfar dan sll mengingat Allah dan berpasrah kepadaNya,apakh ada amalan khusus agar terhindar dr penyakit hati?
Jzklh jawabannya🙏
Jawab🔐
1. Benar pake bingitz
Misalnya dengki (iri), ini kan penyakit hati.
Org klo sudah iri jd makanan hatinya tiap hari, mesti mulutnya akan sering mengumpat atau membicarakan org yg diirikan tsb. Setelah itu pikirannya jg pasti akan selalu gak tenang jika org yg diirikan malah baik-baik saja, dst...
2. Perbanyak ibadah sunnah dan amal sholih lainny
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
4⃣ Mw nanya ni ustad..ibadah apa yg bisa kita lakukan utk menyenangkan hati suami..smentara dg hubungan jarak jauh ustadz..
Jawab 🔐
LDR ya?
1. Jaga kehormatan diri di belakang suami, yakni dgn menutup aurat jg menjauhi berinteraksi dgn lelaki lain yg bukan mahrom
2. Doakan suami agar senantiasa dijaga dan diberikan hidayah oleh Allah ﷻ
3. Saling bertukar hadiah
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
Iya ustadz..LDR sudh 2th 😅..masih kurang faham dg no 3..kalau saling bertukar hadiah itu mksdnya gmn ya ustadz..contoh real nya sprti apa...mkasih ustadz 😊
🔐 Jawab :
Misal si istri belikan suaminya baju dgn warna kesayangannya
Lalu suami gantian membelikan istri nano spray dr MCI 😅
5⃣ 🙋🏻🙋🏻tanya
Sedikit makan dpt melunakkan hati ...
Tapi kok masih aja ...kita kadang kelepasan marah
Jawab🔐
Makannya sih sedikit, bicaranya sedikit jg ndk?
Pandangan ke yg haram gmn?
Bs difahami jawabannya?
6⃣ Ustad kalo bicara di sosmed harus sedikit jg ya 😁
Saya senang bercanda kadang
Afwan 🙊
Jawab🔐
Di sosmed nulis yak, bukan ngomong
Dan tulisan itu = ucapan kita
🌸 Jd ?
👳🏼 Klo gak boleh banyak bicara, brarti jg gk boleh banyak nulis (yg gak penting)
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🌹Penutup🌹
🌹 Baik lah akhwati kita bwrasa di pnghujung kajian. Usat mau SC sementara silahkn
🌺 SC??!😳
secsio cecarea??!
🌹 Closing stetment
👳🏼 😅
Hati-hati bawa hati 
Udah gitu aja
🌹 Baik lah akhwatifillah
Semoga apa yg kita diskusikan bisa bermanfaat dn menambah wawasan kita
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان
لا إله إلا أنت
أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel