Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

Pencegahan Kanker Sejak Dini




Oleh : dr. HiLwa Muzna



*🌻Apa Itu Kanker?🌻*
Kanker atau yang biasa disebut neoplasma yaitu penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk :
1. Tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel yang tdk normal).
2. Menyerang jaringan biologis.
3. Dapat menyerang sirkulasi darah.
Kebanyakan kanker menyebabkan kematian. Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Banyak bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari.
*🌻Faktor Resiko Kanker🌻*
1. 90-95 % faktor lingkungan
2. 5-10% faktor genetik
Faktor lingkungan
Mencangkup :
1. 25-30% tembakau
2. 30-35% diet dan obesitas
3. 15-20% infeksi
4. 2-10% radiasi, stress, polutan dll
*🌻Cara Mencegah Kanker🌻*
Cara mencegah kanker sejak dini dengan:
1. Pemeriksaan resiko krn keturunan
2. Hindari makanan yang dibakar/asap
3. Menjauhi alkohol
4. Menghindari kebiasaan merokok
5. Menghindari makanan yang berlemak
6. Banyak makanan yang banyak serat dan antioksida
7. Olahraga yang rutin
8. Mengkonsumsi vitamin A, C dan E yang banyak mengandung antioksida yang baik
9. Mengkonsumsi teh hijau
Menurut riset penelitian universitas USA thn 1980, mengkonsumsi teh hijau dpt mencegah penyebaran dan pertumbuhan sel krn teh merupakan antioksida yang paling potensial
*🌻Jenis Kanker🌻*
Kanker dapat terjadi dalam berbagai jenis sel antara lain :
1. *Leukemia*: kanker dalam sel darah putih.
2. *Sarkoma*: kanker pada epitel.
3. *Myeloma*: kanker di jaringan selaput saraf / neuron.
4. *Hepatoma*: kanker dalam sel hati.
5. *Fibroma*: kanker pada jaringan ikat fibrosa.
6. *Limfoma*: kanker dalam kelenjar getah bening.
*🌻Data Statistik Kanker🌻*
Di negara maju, 25% kematian adalah karena kanker. Berdasarkan data statistik, telah diperkirakan bahwa 289.000 orang di Inggris menderita kanker setiap tahun. Rata-rata usia pasien yang didiagnosis kanker usia 67 an pada tahun 2001-2004 dan usia rata-rata mortalitas adalah 73 tahun. Satu dari tiga orang yang didiagnosis dengan kanker di Inggris, dan jenis kanker utama adalah kanker paru, kanker payudara, kanker usus dan kanker prostat.
*🍊Kanker Payudara*
Pemeriksaan:
Memeriksa fisik payudara sendiri untuk mendeteksi apakah ada perubahan pada payudara seperti adanya benjolan, perubahan pada puting atau pada kulit payudara.
Mamogram: pemeriksaan X-ray yang digunakan untuk memperlihatkan penampakan jaringan pada payudara.
Disarankan bagi:
Perempuan yang memiliki anggota keluarga yang pernah mengidap kanker payudara atau kanker ovarium.Wanita berusia di atas 47 tahun yang sudah memasuki masa menopause sebaiknya memeriksakan diri sekali dalam tiga tahun.
*🍊Kanker Leher Rahim atau Serviks*
Pemeriksaan:
Pap Smear atau Liquid Based Cytology (LBC)
Disarankan bagi:
Wanita berusia 25 tahun ke atas, terutama yang sudah melakukan aktivitas seksual secara aktif. Untuk wanita berusia di antara 25-49 tahun, pap smear sebaiknya dilakukan tiga tahun sekali. Sementara untuk wanita berusia di atas 49 tahun, tes ini sebaiknya dilakukan lima tahun sekali. Untuk wanita berusia 65 tahun ke atas hanya perlu melakukan tes ini jika beberapa hasil tes terakhir tidak normal atau belum pernah menjalani tes sejak umur 50 tahun.
*🍊Kanker Usus*
Pemeriksaan:
Fecal Occult Blood Test (FOBT) atau tes okultisme darah tinja. Tes ini dilakukan untuk memeriksa jika dalam kotoran ada darah yang disebabkan oleh kanker usus. Tes ini dilakukan dua tahun sekali.
Tes sigmoidoskopi hanya dilakukan sekali saja.
Disarankan bagi:
Tes FOBT untuk orang berusia di antara 60-75 tahun.
Tes sigmoidoskopi dilakukan saat orang menginjak usia 55 tahun.
*🍊Kanker Prostat*
Pada umumnya, keputusan untuk memeriksa keberadaan kanker prostat dan frekuensi pemeriksaannya berada di tangan pasien sepenuhnya. Belum ada bentuk rekomendasi yang bersifat universal mengenai pemeriksaan ini. Keputusan untuk memeriksa akan didasarkan kepada riwayat kesehatan pasien dan keluarganya.
Pemeriksaan:
Tes terhadap Prostate Specific Antigen (PSA). PSA adalah protein yang diproduksi oleh jaringan kanker prostat. Tapi hasil PSA yang tinggi tidak selalu disebabkan oleh kanker prostat dan tidak setiap kasus kanker prostat menunjukkan hasil PSA yang tinggi.
Disarankan bagi:
Pria yang berusia antara 40-75 tahun. Orang dengan anggota keluarga yang memiliki riwayat kanker prostat.
*🍊Kanker Paru*
Pemeriksaan:
CT-scan spiral dosis rendah.
Disarankan bagi:
Orang berumur antara 55-74 tahun yang sedang aktif merokok atau yang berhenti merokok dalam 15 tahun terakhir. Orang berumur antara 55-74 tahun yang memiliki 30 ‘smoking pack years’. Cara menghitung smoking pack years adalah mengalikan jumlah batang rokok per hari dengan jumlah tahun merokok kemudian dibagi 20. Misalnya, orang yang merokok sebanyak 10 batang rokok per hari selama 20 tahun, berarti mempunyai 10×20/20 = 10 smoking pack years.
Orang yang berprofesi di bidang industri yang rentan terpapar bahan kimia asbestos.
*🍊Kanker Hati*
Pemeriksaan:
Pemeriksaan darah untuk mendeteksi tingkat alfaprotein (AFP) dalam darah dua kali setahun. Ultrasound scan dua kali setahun untuk memeriksa jika ada pertumbuhan kanker.
Disarankan bagi:
Orang yang kecanduan minuman keras selama bertahun-tahun. Orang yang mengidap hepatitis B dan C. Orang yang mengidap penyakit hemakromatosis.
🌸🌸🍓🌸
*🌷TANYA-JAWAB🌷*
1⃣ Desy
Tadi disebutkan faktor pemicu kanker itu adalah diet.. bu dokter tau pola makan food combining ngga? Jd pagi2 minum jeruk nipis peras, sampai jam 12 pagi makan buah sja, maksi dan makmal daging+sayur, sayur+karbo, selain itu tak boleh.
Ini bagus ga?
🐝Jawab
Ini boleh.. tp lebih baik pagi jangan minun jeruk nipis krn kondisi perut yg masih kosong n lambung juga belum melakukan aktifitas lebih baik d ganti dengan makan pagi atau minum susu.
2⃣Ana
Basaloima masuk yang mana dokter?
🐝Jawab: Kanker Kulit
3⃣Mila
1. Almh mama n nenek terkena kanker serviks, apakah aku n adik2 perempuan bisa terkena juga?
2. Aku pernah oprasi myoma utera, alhamdulillah sudah bersih. Apakah bisa kambuh lagi? Apa penyebabnya?
🐝Jawab:
1. Ya bisa karena faktor keturunan.
2. Bisa.. jika pola makanan n kesehatan tidak dijaga dgn baik.
4⃣Barika
Mohon izin nnya ciri2 kanker serviks apa ya bu dokter?
🐝Jawab:
Gejala kanker serviks yang pertama mungkin adalah terjadinya perdarahan secara tidak normal pada organ kewanitaan Anda. Kondisi ini adalah gejala atau ciri fisik yang paling umum dialami oleh para wanita yang menderita kanker serviks. Di sini Anda harus bisa membedakan yang mana perdarahan karena menstruasi, perdarahan karena hubungan suami istri dan yang mana perdarahan yang terjadi secara tidak normal. Jika Anda merasakan bahwa perdarahan yang terjadi sudah tidak sewajarnya seperti yang biasa Anda alami, segera periksakan diri Anda ke dokter.
5⃣Mitha
Aku terdiagnosa leukemia dan katanya bila pengobatan harus medis tdk boleh campur herbal benarkah? Baru kemo pertama kemarin per 21 hari
🐝Jawab:
Sebenarnya boleh tapi untuk hasil lebih baik n pengobatanya tidak tercampur" lebih baik medis aja tkutnya hal yg tdk d inginkan terjadi misalkan ketika mencoba herbal ada ramuan yg d minum jd menyebabkan penyakit d tmpt lain.. lanjutkan saja dulu kemo yang ada.
6⃣Nurul
Dokter saat ini ibu ana terkena kanker payudara dan sudah di operasi trus sekarang lagi menjalani kemo adakah kemungkinan kanker itu tumbuh lagi trus adakah kanker payudara itu bisa menurun,,,,,, jazakumulloh dokter,,
🐝Jawab:
Kemungkinan untuk kanker itu dtg lagi cukup besar bisa.. n kanker payudara dr keturunan itu bs terjadi jd bagi mb yang keturunan harus hati"... bisa mencegahnya dgn hidup sehat dan kalau malam tdr d buka aja bra/bhnya.
7⃣Neneng
Bu dokter awal diagnosa abses mamae tumbuh lagi pasca operasi apakah bisa kemungkinan menjadi kanker payudara??
Bagaimana langkah sebaiknya yg hrs ditempuh?
🐝Jawab:
Abses itu penumpukan nanah pada satu daerah tubuh, karena bakteri dapat menyebar ke seluruh kulit ketika mereka tertusuk. jd kemungkinan terkena kanker payudara bisa terjadi.. bs dengan pengobatan lebih intensif ke dokter agar perawatannya lebih d tanganin krn cairan yg keluar itu akan menyebar ke daerah lainnya
8⃣Ardillah
Bu dokter mau tanya... Ini kmarin saya terdiagnosa kanker servik.. Stadium awal.. Kmarin saya operasi leser atau cater...pada riwayat ndak ada kturunan sakit ini... Apa saya hbis d operasi itu sudah terbebas dr pnyakit ini... Dan bagaimana langkah saya agar tidak trserang pnyakit ini lgi untuk kdepanya
🐝 Jawab:
Kanker serviks bs terjadi pd siapa saja meskipun bkn dr keturunan.. meski sdh melakukan operasi n kalau dokter sdh blg bebas dr kanker tsb harus ttp berhati" krn sel sifatnya aktif jd kemungkinan terkena lg cukup besar.. langkahnya dgn hidup sehat perbanyak olahraga.
9⃣Eka N.
Assalamualaikum bu dokter..
Sebenarnya nanyain soal anak nya temen di kantor..
Anak ini usia nya masih sekitar 8 tahun, kelas 2 SD. Memang dari pihak keluarga punya kelainan darah. Jadi si anak di vonis leukimia gitu.. Gimana ga dokter cara yang simple untuk mengobatinya, karna anak nya juga sulit setiap mau di ajak ke dokter suka nangis gak mau. Pencegahan untuk anak di umur segitu yang bisa di lakukan dg sederhana setiap hari oleh orang tuanya gimana ya dokter?
🐝Jawab:
Wahh susah tuh kalau begitu cb ajak d bujuk anaknya baik" karena kalau pengobatan leukimia biasa Kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker. Radioterapi untuk menghancurkan dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.Terapi terfokus untuk menyerang bagian-bagian rentan dalam sel-sel kanker.Terapi biologis untuk membantu sistem kekebalan tubuh mengenali dan menyerang sel-sel kanker.
1⃣0⃣ Dela
Dokter, klu kena gatal2 d daerah sekitar vagina, apakh itu pny kemungkinan kena kanker? Trs apakah nanti bisa hamil jika menikah? Apakah gatal2 & kulitnya berwarna gelap disekitar vagina bisa sembuh & kulitny bisa normal kembali?
🐝Jawab:
Gk mb hehe itu karena bakteri aja.. hamil atau tdknya itu tergantung proses pembuahan.. kalau gelap itu wajar bs lg berubah wrnya jika d pakaikan salap
1⃣1⃣ Fourika
Pola makan sperti apa yg bs meminimalisir kanker..
Tadi katanya boleh FC yaa dok? Dan ganti jeruk nipis dg makan pagi atau susu...
Susu boleh bagi penderita kanker?
🐝Jawab:
Makanan yg banyak mengandung antioksida yang tinggi.. susu boleh d berikan ke penderita kanker tp tdk terlalu berlebihan
1⃣2⃣Arum
Klo ciri2 kanker usus atau lambung sperti apa cara deteksinya? Krn biasanya ketauan stadium langsung tinggi.
🐝Jawab:
Cara mendeteksinya biasa penderita mengalami rasa sakit di bagian perut.. gejalannya adanya darah pada kotoran atau bahkan pendarahan di anus. Berubahnya tekstur kepadatan kotoran. Menurunnya berat badan. Tubuh terasa lelah. Nyeri atau kram pada bagian perut. Perut kembung. Meningkatnya frekuensi buang air besar atau diare. Konstipasi. Hilang nafsu makan.
1⃣3⃣ Zeenenik
Assalamu'alaikum Bu Dokter, kl d kalangn kluarga ga ad yg mnderita kanker, tpi slh satu anknya d diagnosa kanker payudara gmn bu??? Trus bedanya knker sm tumor ap, dn lbih bhya mn???
🐝Jawab: kanker payudara dpt terjd pd siapa saja meski bkn dr keturunan itu semua sebab dr diri sendiri... kanker dan tumor . Sebagian besar kanker membentuk tumor, tetapi beberapa tidak sama saja ... lebih ganas kanker.
1⃣4⃣ Heradini
Kalo prinsip FC bagi penderita kanker itu adalah membasakan tubuh. Krn sel kanker tdk berkembang pd tubuh yg basa.
Serta melaparkan sel kanker.
Bagaimana menurut dokter?
🐝Jawab: gk ada hubungannya sih,, kan mandi jg basah n tdk dpt menghilangkan kanker... kanker berkembang dr sel.
1⃣5⃣ Sofiyun
dada saya sebelah kiri kadang2 sakit seperti di cengkeram untuk nafas sakit apa iti terlalu capek dokter syukron.
🐝Jawab: sdh pernah cek kah? Mungkin ada masalah di saluran pernafasannya cb d cek biar lebih pasti apa sebabnya.
🌸🌸🍓🌸
*🌷CLOSING STATEMENT🌷*
Sehat atau sakit itu berada di tangan kita.
Sehat itu mahal maka harus dijaga dengan sebaik baiknya dgn menjaga tubuh dengan baik dan jangan menzolimin tubuh dengan membuat penyakit karena ulah kita sendiri.
Kondisikan agar pola hidup sehat, olahraga, dan cek jika di rasa tubuh ada sesuatu yang aneh.. jangan biarkan kita meberikan keturunan penyakit kasihan anak cucu nanti.. deteksi kanker sejak dini sebelum parah hingga stadium lanjutt.. ayoo mulai hidup sehat.
🌸🌸🍓🌸
*🌷PENUTUP🌷*
Kita tutup kajian hari ini dengan membaca
istigfar 3 X
Astagfirullah
Astagfirullah
Astagfirullah
dan kita membaca doa kafaratul majlis,,
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
“Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allailahailla anta astaghfiruka wa’atubu ilaik”
Artinya : “Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” (HR. Tirmidzi, Shahih)
Wassalamu'alaikum warahmatulahi wabarakatuh.

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel