Recent in Fashion

Best Seller Books

Oral Hygiene


OLeh : drg. Ina Asmisari Syawalina

إِنْ شَاءَ اللّهُ
Malam ini kita bahas mengenai Oral Hygiene...
Seperti yang kita ketahui bahwa kesehatan gigi dan mulut sangat dipengaruhi oleh oral hygiene atau kebersihan mulut..
Tanpa adanya kebersihan mulut maka akan mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut.. Akan menimbulkan karang gigi dan bau mulut yang disertai gusi bengkak, gig berlubang sampai dengan gigi goyang..
Kebersihan gigi dan mulut di pengaruhi oleh kebiasaan ..
Kebiasaan yang terbaik untuk menunjang kebersihan mulut adalah kumur air putih setiap habis makan.. Dan menggosok gigi sebelum tidur juga sangat penting dalam kesehatan gigi dan mulut..
Kebersihan gigi dan mulut juga dipengaruhi dengan kebiasaan membersihkan karang gigi setiap 6 bln atau maksimal 1 th sekali.
Demikian informasi yang bs sy berikan mengenai oral hygiene atau kebersihan mulut..
Apabila ada pertanyaan silahkan di ajukaan..
🌸🌸🐝🐝🐝🌸🌸
TaNYa JaWaB
1⃣ Atieq
Dok, senin lalu saya baru scalling. Tp tiap kali makan/sikat gigi gigi sy selalu ngilu (sebelumny ga pernah). Itu knp ya dok? Dan bagaimana pengobatanny? Sangat tidak nyaman dok.
🔵Jawab :
Efek setelah scalling / pembersihan karang gigi memang menimbulkan rasa ngilu atau linu pada gigi.. Hal tsb diakibatkan karena penipisan email dan efek akar gigi yang terbuka akibat penumpukan karang gigi yg banyak. Sehingga gusi tidak lagi menutupi bagian dentin dan akar yang terletak di bawah gigi..
Solusinyaa.. Selama terasa ngilu mba atieq silahkan pakai pasta gigi yg hipersensitif.. Merk apa saja silahkan dan pemakaian rutin setiap gosok gigi..
Waktu gosok gigi yang disarankan sebelum tidur dan 2 jam sesudah makan..
Sehabis makan jangan langsung gosok gigi.. Namun cukup kumur air putih saja untuk menghindari penipisan email yg lebih parah.
2⃣ iiN
Gigi bungsu saya sepertinya salah arah tumbuh....
jadi sering sakit, karna bengkak...., dan kalo pas sakit , badan ikutan demam
tp klo dikasih obat sakitnya hilang..., ga lama stlh obat habis, sakit lagi.....
dokter gigi menyarankan tuk ke dokter bedah...., tp blm sy lakukan karna biayanya mahal.....
Apakah berbahaya jika gigi tsb tidak di cabut?
🔵Jawab :
Yang dikatakan drg Betul mba iin untuk gigi geraham terakhir yg tidak tumbuh sesuai tempatnyaa..
Atau impaksi memang perlu dilakukan pembedahan untuk pengambilan gigi nyaa karena apabila tidak di buang maka gigi tsb mengalami komplikasi yg menimbulkan rasa sakit pada kepala, telinga, leher, bahu atau punggung..
Dan terjadi gusi bengkak terus krn gigi tsb akan memaksa untuk keluar sedang tidak cukup tempatnyaa..
3⃣ Fadilah
Terimakasih mbak atas waktu yg diberikan.
Temen saya ada masalah di bau mulut tapi dia sudah melakukan itu semua seperti gosok gigi sebelum tidur, dan kumur" saat sesudah makan, tetapi masih saja bau mulut dan saya tanya ternyata dia pakai gigi palsu.
Apakah gigi palsu tersebut bisa menyebabkan bau mulut?
🔵Jawab:
Bau mulut tidak bisa hilang hanya dengan menggosok gigi secara rutin..
Karena menggosok gigi tidak berpengaruh menghilanglan bau mulut apabila masih ada karang gigi di dlm mulutnyaa.. Ditambah dengan gigi palsu juga ba menambahkan penyebab bau mulut apabila gigi palsunya tidak di bersihkan krn adanya sisa makanan yg melekat di gigi palsu tsb..
Solusi..
Dimulai dengan melakukan scalling, menggosok gigi sebelum tidur dan membersihkan gigi palsunyaa setiap malam.
4⃣ Suci
Dokter kira2 buah atau sayur apa yg bagus untuk gusi yang sering berdarah dan bengkak dan bagaimana cara membuat gigi putih secara alami?
🔵Jawab:
Yang pasti gusi yang berdarah itu akibat dari karang gigi yang banyak.. Jd solusinyaa tetap harus bersihkan karang giginyaa dl.. Supayaa kuman ato bakteri gusi bengkaknyaa hilang.. Setelah scalling lakukan kumur air garam
Untuk menjaganyaa sayuran yang baik bs dikonsumsi wortel dan buah jeruk..
5⃣ Uma
Saya pernah ke dokter minta dibersihkan karang Gigi. Tp kok ditolak dgn Alasan nanti bikin ngilu,,
🔵Jawab:
Hehehe mungkin drg nya lelah mbaa uma.. 😊
0⃣6⃣ Sari
Assalamu'alaikin bu dokter.. Dokter gigi menyatakan ane memiliki gigi yang terbentuk dengan karakter muda. Sehingga warna gigi ane warnanya putih dan ada lingkaran lebih putih disisi2 tertentu setiap gigi dan bisa berdampak pada pengeroposan gigi lebih cepat dan termasuk pada pengeroposan tulang badan secara keseluruhan? Apa bener begitu bu dokter?
Dan bagaimana solusinya?
🔵Jawab:
وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Tanda putih pada gigi mba sari sebaiknyaa di foto supaya sy bs liat pasti seperti apa tanda putihnya..
Apabila tanda putihnyaa gigii disertai lubang kecil bs jadi hal tersebut krn adanyaa pengeroposan gigi..
Untuk pengeroposan yg di tandai pada gigi bs juga mempengaruhi organ lainnya.
Solusinya.. Konsumsi calcium organik krn lebih efektif.. Untuk giginyaa bs di lakukan penambalan dan perbaikan pada kebiasaan juga kebersihan mulutnyaa seperti yg sudah sy sampaikan..
0⃣7⃣ Suci
Bunda kira2 buah atau sayur apa yg bagus untuk gigi dan gusi?
Makanan yg harus dihindari apa?
🔵Jawab:
Buah yang bagus untuk gigi tidak ada yg spesifik..
Yang paling penting konsumsi calcium pada gigi harus baik..
Untuk konsumsi calcium disarankan mengkonsumsi calcium organik yang penyerapannyaa lebih banyak..
0⃣8⃣ Essy
Bagaimana menurut dokter dgn adanya larangan mengosok gigi sesudah makan...?
🔵Jawab:
Menggosok gigi sesudah makan memang tidak dianjurkan..
Karena setelah makan kondisi mulut kitaa dalam situasi asam mk apabila langsung di gosok akan mengikis email gigi yg berfungsi sebagai pertahanan gigi..
Efek dari email yang tipis mengakibatkan hipersensitif terhadap gigi..
0⃣9⃣ Nurani
Bu dokter,untuk pemakai kawat gigi,brp lama max penggantian karet,aapa efek buat gigi klu karetna tdk rajin diganti,hnya digosok gigi spt biasa setiap hari,syukron.
🔵Jawab:
Penggantian karet pada kawat gigi harus sesuai anjuran drg nyaa..
Biasanyaa 2 mg atau 1 bln sekali..
Apabila karet tidak diganti akan menghambat proses perawatan orthodonti atau kawat gigi..
Krn penggantian karet merupakan kontrol perkembangan perawatan orthodonti..
1⃣0⃣ Nurlaela
Asslmkm.. bu dokter, mohon bertanya.. knpa setiap kali selesai puasa sunnah senin kamis.. pas mendekati maghrib gusi saya sering tiba2 berdarah.. byk lg,,? Bagaimana solusinya? Sy selalu rutin kumur2 dg Listerin .. ada efek ny ga ya dok? Terimakasih🙏
🔵Jawab:
Untuk gusi berdarah biasanyaa disebabkan karena ada nyaa karang gigi..
Solusinyaa harus di bersihkan karang gigi k drg. Untuk pemakaian obat kumur tidak disarankan terlalu sering krn bs menimbulkan hilangnyaa indera pengecapan..
Untuk rileksasi gusi bengkak bisa dilakukan dengan kumur air garam hangat setiap hari setelah gosok gigi malam..
1⃣1⃣ Uneni
Bu dokter kalau gosok gigi lebih dari 3 kali dalam sehari apakah ada efek sampingnya?
🔵Jawab:
Gosok gigi lebih dari 3x sehari tidak masalah selama cara & waktu menggosok gigi nyaa tepat.
Cara yang tepat seluruh permukaan gigi dalam atas-bawah-samping kanan-kiri wajib di sikat dan bagian depan disikat dengan cara memutar ke seluruh bagian gigi depan samping kanan dan kiri..
1⃣2⃣ Rotin
Bu dokter,
Apakah klo mau pasang kawat gigi nunggu usai 12 thn?
🔵Jawab:
Pasang kawat gigi / ortho cekat sebaiknyaa di lakukan di usia awal mulai 12-13 th krn pada masa tsb gigi sudah dlm posisi gigi tetap semua..
Jd proses perawatan orthonyaa lebih baik.
1⃣3⃣ Dee
Bu dokter..pada usia brpa anak bru bisa cabut gigi geraham??
🔵Jawab:
Gigi geraham susu bs dicabut pada usia 10-12 th
1⃣4⃣ Sari
1. Nambah dikit bu dokter ya.. Beberapa temen punya masalah bau mulut dan sudah bener2 mengikuti saran kesehatan gigi dengan rajin menyikat gigi serta berkumur2 tetapi masih juga bau mulut dan akan bertambah bau jika sedang berpuasa?
2. Selain itu apa penyebab lidah menjadi putih dan berbau?
Apa sarannya bu dokter?
🔵Jawab:
1. Seperti yg telah sy sampaikan.. Bau mulut yg utama disebabkan krn karang gigi..
Solusi bersihkan karang gigi, perbaiki kebiasaan dan kebersihan gigi dan mulut spt yg telah sy sampaikan...
2. Lidah putih yang berbau bs disebabkan krn ada nyaa jamur..
Solusi periksa k drg untuk pengobatan & pembersihan lidah dilakukan dg caraa sikat lidah dg sikat gigi setiap menggosok gigi.
1⃣5⃣ Dee
Apa yg menyebabkan bau mulut dan bgaimana mensiasatix..
🔵Jawab:
Saya sudah bahas Seperti yg telah sy sampaikan.. Bau mulut yg utama disebabkan krn karang gigi..
Solusi bersihkan karang gigi, perbaiki kebiasaan dan kebersihan gigi dan mulut spt yg telah sy sampaikan..
1⃣6⃣ Layin
utk anak usia 3 tahun gmna cara menjaga kesehatan gigi?
🔵Jawab:
Biasakan anak untuk kumur air putih setiap habis makan dan minum susu..
Biasakan anak untuk Gosok gigi setiap malam sebelum tidur..
Minimal kumur air putih..
1⃣7⃣ Mey
Asslmkm.. bu dokter, mohon bertanya, gigi sya bnyak yg bolong, bisa di bagusin lagi kah, 😬, Terimakasih🙏
🔵Jawab:
وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Tergantung kondisi gigi yg bolongnyaa.. Kl masih banyak jaringan sehatnyaa pasti bs ditambal..
Yang paling utama konsultasikan dg drg nyaa dan lakukan kebiasaan dan kebersihan sesuai yg sy anjurkan..
1⃣8⃣ Peppi
Jika seusia saya (36) geraham ad bbrpa yg berlubang, sebaiknya cukup di tambal saja atau di ganti gigi palsu?
Geraham saya yg ujung sering berdarah jika sedang menyikat gigi, padahal ga di gosok kuat2, kenapa ya dok?
🔵Jawab:
وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Tergantung kondisi gigi yg bolongnyaa..
Kl masih banyak jaringan sehatnyaa pasti bs ditambal..
Yang paling utama konsultasikan dg drg nyaa dan lakukan kebiasaan dan kebersihan sesuai yg sy anjurkan..
Untuk gigi geraham paling ujung harus di buang dengan caraa operasi odontektomi krn apabila tidak keluhan akan terus berlangsung..
1⃣9⃣ Devi
Assalamu'alaikum dokter,,
Dok penyebab kanker gigi apa ya?
🔵Jawab:
وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Penyebab kanker gigi bisa terjadi krn kondisi gigi yg sudah mengalami komplikasi dan diperburuk oleh kebiasaan buruk yg bisa merangsang sel kanker..
2⃣0⃣ Santi
Dok waktu itu saya pernah scalling tapi yang tdi nya gak sakit mlh jadi skit akhirnya dibongkar lagi tambelannya itu knp y dok??
🔵Jawab:
Bisa jadi ada kebocoran pada tambalan gigi nyaa sehingga penambalan harus di ulang dan gigi dirawat atau di obati dulu sebelum ditambal..
2⃣1⃣ Hilwa
Bagaimana dokter menangani seorang pasien yang ingin berobat masalah giginya tapi orang itu menderita penyakit HIV dan AIDS ?
Caranya , penanganan , tindakan yang dilakukan nya seperti apa ?
🔵Jawab:
Penangannya dilakukan bertahap dengan kerjasama kedua pihak antara drg dan pasiennya..
Selama kondisi umum pasien HIV terkontrol Insya Allah perawatan giginyaa ttp bs dilakukan..
Untuk tindakan tergantung keluhan atau permasalahan yg ada di dlm mulut pasien.
2⃣2⃣ Ayu
Bu dokter mau tanya, gigi geraham belakang saya bolong, lumayan besar. Takut kalau mau dicabut, mending ditambal aja y, Dok. Tp kata ibu saya, klo ditambal, pake air raksa. Ada saran, dok?
🔵Jawab:
Gigi geraham belakang dengan lubang yang besar biasanyaa harus di obati dl atau bahkan di cabut..
Krn kl jaringan sehatnyaa sedikit maka gigi akan keropos dan percuma apabila ditambal.
Saat ini metode penambalan dengan amalgam & air raksa sudah sangat jarang atau hampir tidak di lakukan..
2⃣3⃣ Chie
Dokcan, adakah korelasi antara kesehatan gigi dg kesehatan janin dlm kandungan??
Makasi sebelumnya,,
🔵Jawab:
Kesehatan gigi sangat berperngaruh terhadap kesehatan janin..
Krn ada bakteri dlm gigi yg bs masuk k dalam rahim dan mengganggu proses pertumbuhan janin..
2⃣4⃣ Milla
Saya mau nanya bu dokter, anak saya msh umur 6th sm 4th dua2nya giginya bagian belakang lubang smua, sebaiknya di tembel apa di cabutkn dok ? Trus msh bs tumbuh apa tidak? Soalnya gigi dlm. Trimakasih 🙏
🔵Jawab:
Untuk gigi belakang pada usia 4 & 6 th sebaiknyaa dilakukan penambaalan agar tidak mengganggu posisi gigi tetapnyaa nanti..
Usia pertumbuhan atau pergantian gigi susu k gigi tetap terjadi sejak usia 6-12 th.
🌸🌸🐝🐝🐝🌸🌸
CLoSiNG STaTeMeNT
Semoga bs bermanfaat dan memberikan pengetahuan untuk kesehatan gigi dan mulut yang sangat penting untuk menunjang kesehatan diri secara umum..
Krn gigi dan mulut merupakan pintu gerbang masuknyaa nutrisi yang akan di olah oleh tubuh..
Sebagai penunjang kesehatan diri secara umum..
Demikian info dari saya.. Jazakillahu khairan atas kesempatan yg di berikan..
Mohon maaf lahir batin atas setiap kesalahan dan kekurangan yang saya lakukan.. 🙏🏻
🌸🌸🐝🐝🐝🌸🌸
PeNuTuP
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان
لا إله إلا أنت
أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel