Recent in Fashion

Best Seller Books

Music... What is Really Happening?



OLeh : Ustadz Hizbullah Ali

بسم الله الرحمن الرحيم 😊
Music ...
ada sebuah ungkapan, dunia tidak indah tanpa adanya musik tapi benarkah itu ...
pertanyaan yang akan banyak menimbulkan banyak jawaban, dan banyak pertentangan,,
Sebelumnya kita baca mutiara hati dulu ya ..
💎 Mutiara Hati
Sungguh indah jika kita punya sahabat dunia-akhirat. Di dunia berkawan dan saling membantu, di akhirat pun bersama dalam kenikmatan surgawi.
_Di sekitar Arsy-Nya ada menara-menara dari cahaya, di dalamnya ada orang-orang yang pakaiannya dari cahaya, wajah-wajah mereka pun bercahaya. Mereka bukan para nabi dan syuhada, hingga para nabi dan syuhada pun iri kepada mereka_ Ketika para sahabat bertanya, Rasulullah صلى الله عليه وسلم menjawab, _Mereka adalah orang-orang yang saling mencintai karena Allah, saling bersahabat karena Allah, dan saling berkunjung karena Allah_ (HR. Tirmidzi)
Kita tentu tidak ingin seperti yang diingatkan imam Ja'far Shadiq, _Semua sahabat di dunia yang bukan karena Allah akan berubah menjadi musuh pada hari kiamat_ (Tafsir Nurul Tsaqalain), berdasarkan sinyalemen Allah تعالى,
_Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain, kecuali orang-orang yang bertakwa_ (QS. az-Zukhruf : 67)
Maka berhati-hati dan selektiflah mencari sahabat atau berteman. Untuk mendapatkan sahabat dunia-akhirat itu, Islam memberikan sejumlah rambu-rambu untuk kita patuhi. Rambu-rambu itu Dia turunkan melalui al-Qur'an, hadits Nabi صلى الله عليه وسلم, dan para sahabat serta ulama, di antaranya,
_Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang saleh dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau dapat baunya yang tidak enak_ (HR. Bukhari)
_Apabila dua orang laki-laki saling mencintai dan mengasihi di jalan Allah, yang satu berada di timur, sedangkan yang satu lagi berada di barat, maka Allah تعالى akan mengumpulkan keduanya di hari kiamat dan berkata, _Inilah orang yang telah engkau cintai di jalan-Ku_ (HR. Ibnu Asakir dari Ibnu Abbas)
Ali bin Abi Thalib berkata, _Jangan kau bersahabat dengan kawan yang bodoh, takutlah kamu terhadapnya. Betapa banyak orang bodoh membinasakan orang yang santun ketika bersaudara dengannya. Seseorang itu diukur dengan seseorang apabila mereka berjalan bersama. Sesuatu itu ada ukuran bagi sesuatu yang lain dan mirip. Hati punya petunjuk atas hati yang lain ketika bertemu_
Imam al-Ghazali berkata, _Bersahabat dan bergaul dengan orang-orang yang pelit, akan mengakibatkan kita tertular pelitnya. Sedangkan bersahabat dengan orang yang zuhud, membuat kita juga ikut zuhud dalam masalah dunia karena memang asalnya seseorang akan mencontoh teman dekatnya_ (Tuhfatul Ahwadzi, 7/42)
_Seseorang itu tergantung pada agama sahabatnya, maka perhatikanlah salah seorang dari kamu kepada siapa dia bersahabat_ (HR. Abu Daud)
_Teman yang paling baik adalah apabila kamu melihat wajahnya, kamu teringat akan Allah, mendengar kata-katanya menambahkan ilmu agama, melihat gerak-geriknya teringat mati. Sebaik-baik sahabat di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap temannya dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah ialah orang yang terbaik terhadap tetangganya_ (HR. Hakim)
_Hendaklah engkau bergaul dengan ahli ilmu (para ulama) dan dengarlah kata-kata para ahli hikmah, karena Allah تعالى menghidupkan hati yang mati dengan cahaya hikmah sebagaimana Dia suburkan bumi dengan hujan yang lebat_ (al-Hukama')
_Pergaulan mempengaruhi didikan otak. Oleh itu, untuk kebersihan jiwa, hendaklah bergaul (berteman) dengan oarang-orang beradab dan berbudi mulia yang dapat kita kutip manfaatnya_ (HAMKA)
Nabi Sulaiman عليه السلام mengingatkan, _Janganlah kamu menilai orang sampai kamu melihat siapa sahabatnya. Orang hanya diketahui melalui kelompoknya dan sahabat-sahabatnya_ (al-Bihar)
_Teman baik akan mengingatkan kita saat alpa dan senantiasa siap membantu. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم mengingatkan, _Jika Allah menghendaki kebaikan kepada hamba-Nya, Dia berikan kepadanya sahabat yang baik, jika alpa, ia mengingatkannya, jika ingat ia membantunya_ (Biharul Anwar)
والله أعلم
#FQ
#pencintaquran.com
#Oase Kalbu (FQ Secret)
📮more info: 08565391113
👳🏼Hiz
🗞Grup Telegram
http://bit.ly/29tICzv
*DONASI*
_Bank BTN Syariah Banjarmasin_
No. Rekening: *715-301-80-90*
an. Hizbullah Ali Q.
🌸🌸🌸
Mengupas tentang musik lebih jauh
ana akan mengangkat apa yang sudah disampaikan oleh DR. Zakir Naik,,
Karena apa yang beliau sampaikan ana rasa, sudah sangat mewakili untuk menjawab apa yang menjadi keraguan dan pertanyaan kita,,
🌸🌸🌸
📚 Sebuah Sudut Pandang Tentang Musik
Pada sebuah acara yang disiarkan oleh Peace Tv, DR. Zakir Naik menjawab pertanyaan yang selama ini masih mengganjal dan membingungkan masyarakat muslim tentang hukumnya musik dalam Islam berdasarkan al-Qur'an dan Hadist. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan musik sebagai sarana atau media dakwah.
*Berikut percakapan dari siaran televisi Peace Tv*
Pembawa Acara,
_Terkait hukum musik, banyak muslim yang membolehkan musik. Bisakah Anda membahas bagaimana Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم menjelaskan tentang musik?_
*Dr. Zakir Naik*
Ada banyak pendapat yang mengupas hukum tentang musik, apakah boleh atau tidak. Dalam al-Qur'an tidak ada ayat yang melarang musik secara tegas, tetapi ada isyarat.
Allah تعالى berfirman dalam Surat Lukman : 6, _Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan_
Berdasarkan ayat ini, banyak ahli tafsir, termasuk penafsiran sahabat Ibnu Mas'ud, mengatakan perkataan yang tidak berguna (Lahwal hadits) ini maksudnya adalah nyanyian dan alat musik.
Terkait larangan Rasulullah صلى الله عليه وسلم tentang musik, bisa kita dapatkan dalam beberapa hadits. Jika telah jelas ada larangan dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم, maka tidak ada keraguan akan keharamannya.
Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, _Sungguh benar-benar akan ada di kalangan umatku sekelompok orang yang menghalalkan *zina, sutera, khamr dan alat musik*_ (Sahih al-Bukhari volume 7 Book of Drinks Hadith 5590)
Hadits ini menyebutkan bahwa kelak akan ada yang menghalalkan beberapa hal. *Dan kita telah tahu bahwa khamr hukumnya haram, kita sudah tahu zina itu haram. Karena alat musik disebutkan bersama-sama dengan hal-hal yang diharamkan tersebut, itu artinya Rasulullah صلى الله علبه وسلم mengharamkannya*.
Tetapi ada sebagian orang yang tetap menghalalkannya, kita tahu ada beberapa ulama kontemporer yang membolehkan. Dari hadits ini secara jelas mengatakan bahwa alat musik itu haram.
Tetapi ada hadits shahih lainnya yang membolehkan alat musik tertentu, yaitu duff (rebana).
Ketika Rasulullah صلى الله عليه وسلم menghadiri acara pernikahan, beliau datang dan berkumpul bersama para sahabatnya. Kemudian datang dua orang anak kecil perempuan yang memainkan rebana.
Mereka menyebutkan kebaikan para sahabat yang telah wafat di medan jihad (dalam perang Badar), ketika salah satunya menjanjung Nabi صلى الله عليه وسلم (mengatakan bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم mengetahui tentang hari esok) Rasulullah صلى الله عليه وسلم berkata, _Tinggalkanlah ucapan tersebut, ucapkan saja yang tadi kau katakan_ (Sahih al-Bukhari volume 5 Book of Maghaazi Hadith 4001)
Dalam hadits ini Rasulullah صلى الله عليه وسلم tidak melarang mereka memainkan rebana.
Dalam hadits lain (Sahih al Bukhari volume 2 Book of 'Eidain Hadits 987),
yang diberitakan oleh 'Aisyah, 'Aisyah berkata, _Ada dua orang anak perempuan yang bermain rebana sambil bernyanyi. Ketika Abu Bakar melihatnya, beliau menyuruh mereka berhenti. Rasulullah صلى الله عليه وسلم berkata kepada Abu Bakar, *Biarkanlah mereka melakukannya, karena sesungguhnya ini adalah hari raya*_
Pada hadits yang lain (Sahih ath-Tirmidzi Book of Manaaqib Hadith 3690), _Ada seseorang yang berkata kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم, *Aku telah bernadzar kepada Allah, jika anda (Rasulullah) kembali dalam keadaan selamat, aku berjanji akan memainkan rebana*. Rasulullah صلى الله عليه وسلم menjawab, *Jika engkau bernadzar maka lakukanlah, jika belum maka jangan engkau lakukan*_
Dari semua hadits tersebut mengindikasikan bahwa alat musik secara umum haram, kecuali rebana, maka Rasulullah صلى الله عليه وسلم membolehkannya dalam situasi tertentu.
Syaikh Utsaimin berkata, _Menabuh duff pada hari-hari resepsi pernikahan itu boleh atau sunnah, jika hal itu dilakukan dalam rangka I'lanunnikah (menyiarkan pernikahan)_
_Menabuh duff yang dimaksud adalah alat yang dikenal dengan nama rebana, yaitu yang tertutup satu bagian saja, karena yang tertutup dua bagian (lubang)nya disebut thablu (gendang). Yang ini tidak boleh, karena tergolong alat musik, sedangkan semua alat musik hukumnya haram, kecuali ada dalil yang mengecualikannya, yaitu seperti rebana untuk pesta pernikahan_ (al-Fatawa asy-Syar'iyyah fi al-Masa'il al-Ashriyyah Min Fatawa Ulama al-Balad al-Haram)
🌸🌸🌸
_Nyanyian akan menumbuhkam kemunafikan di dalam hati_ (Abdullah ibnu Mas'ud)
🌸🌸🌸
_Nyanyian hanya dilakukan kaum fasil di kalangan kami_ (Imam Malik bin Anas)
#FQ - our home 😊
🌸🌸🌸
Now what we feel after read ...
silahkan ungkapkan apa yang kita rasakan, lalu kita diskusikan bersama,,
semoga Allah merahmati kajian kita malam hari ini.
🌸🌸🌸🌸
TaNYa JaWaB
0⃣1⃣ Muslihatun
Bagaimana hukumnya jika saya bekerja di pabrik yang membuat alat musik(piano) dan saya bagian membuat kursinya ...
🔷 Jawab:
Kursi secara umum adalah tempat duduk, selama bukan satu kesatuan dengam piano, terpisah, إن شآءالله tidak mengapa,
Namun jika ia menyatu dengan piano, maka ia termasuk bagian alat musik piano, dan hukumnya haram,
0⃣2⃣ Zee
Kan bnyak tu ustadz grup2 band indonesia yg main alat musik,, trus ustadz syam jg bisa main gitar ustadz,,
Kemudian bagaimna hukumnya jika d acara pernikahan ada pemain musiknya???
🔷 Jawab :
Jika beliau berdakwah menggunakan musik lebih baik dihindari,,
Dalam artian dakwahnya diambil intisarinya, musiknya buang ke laut,,
Jangan dinikmati, apalagi dihapalkan,,
Lebih baik mengapal al-Qur'an atau hadits 😊
0⃣3⃣ Indah
Berdasar penjabaran materi ustad...jelas skali hukum alat musil haram dlm islam..
Bagaimana solusinya bagi kami yg melayani anak2 disabilitas dan salah satu terapi dan pendidikannya menggunakan musik?
🔷Jawab :
Jika memang darurat dan tidak tergantikan dengan alat bantu terapi lain, maka silahkan ...
Namun jangan sampai si terapis menikmati lantunan alat musiknya, jika terapi sudah berhasil, buang jauh-jauh musik dari pikiran mereka 😊
0⃣4⃣ Irma
Kalo bedug haram gak tadz. Br nyadar bedug gak bolong satu sisi toh. Kl ramadhan kan srg ada lomba kreasi menabuh bedug. Menjelang adzan jg bedug nya kdg dibuat ada "irama" nya!
🔷Jawab :
Bedug itu dianggap urf (kebiasaan) yang diperbolehkan untuk menandakan masuknya waktu sholat,,
Namun tidak untuk dikompetisikan,,
Bedug ada yang bolong satu sisinya 😊
0⃣5⃣ Meli
Tanya yaa Ustadz 😊
Jika diperbolehkannya rebbana di hari pernikahan bagaimanah jika hanya Kaset kaset atw audio yg di gunakan ??
Melalui salon atw speker
trimakasih sudah berkenan mnjawab. Semoga Allah melimpahkan kebaikan pada Ustadz 😊💐💐
🔷Jawab :
Kaset atau audio tadi hanya syair atau ada iringan alat musiknya?
Jika ada iringan alat musiknya maka hukumnya sama 😊
0⃣6⃣ Tirta
Tanya ustadz
Musik yang Bagaimana yang Dibolehkan Islam?
Mendengarkan musik yang bagaimana yang dibolehkan dalam Islam termasuk menyanyikannya.
Bagaimana pula hukumnya kalau musik dipakai buat dakwah. Trmksh 🙏
🔷Jawab :
Kalau memang musik diperbolehkan dipergunakan untuk dakwah,,
Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan tiga generasi terbaik setelah beliau pasti sudah menggunakannya,,
0⃣7⃣ Eka Nurciantii
Bagaimana Nasyid ustad? Pilihan terakhir untuk tuntutan orng tua yg pengen pake musik pas walimahan??
🔷 Jawab :
Silahkan, tapi jangan dinikmati musiknya 😊
0⃣8⃣ Widi
Assalammualaikum U Hiz.
Subhanallah keren sekali U Hiz materi nya, referensinya pun keren.
Jadi pada intinya dlm kegiatan atau hal apapun, yg penting tdk menikmati lantunan musiknya ya U Hiz (dlm keadaan darurat).
Tanya U Hiz, berarti lantunan syair dan rebana yg bisa kita nikmati hanya pd hari Raya dan acara pernikahan?
Jd definisi hari Raya ini apa saja ya U Hiz.
Krn dlm acara pengajian2 pun terkadang sll ada tampilan rebana.
Acara pengajian ini masih bisa dibilang hari Raya tak U Hiz. Afwan U Hiz, maklumi pertanyaan org awam ini😅
🔷Jawab :
Hari raya umat Islam itu adalah eid fitri dan eid adha, diperbolehkan saat wakimah pernikahan,
Silahkan melantunkan syair pada saat futur, tapi jangan sering, coz lebih baik sering membaca al-Qur'an, bukankah al-Qur'an obat hati,,
Rebana yang dinamakan duff itu, sisinya polos, ndak ada gemerincing nya ya 😊
0⃣9⃣ Devi
Kalau mengajarkan anak kcl alat musik gmn ust ?
atau semisal mengajari anak kecil lagu" islami gt...krn biasanya kalau dilaguin itu akan cepat dihapal sm anak,,
🔷Jawab :
Lagu islami yang seperti apa?
Untuk apa diasah 😊
Artinya sudah bukan keadaan darurat lagi,,
Kan hanya untuk terapi saja, jika sudah sembuh, cukup.
🌸 Ya lagu yg misal menghafal rukun iman..rukun islam...nama nama nabi..atau lagu yg isinya ttg kebaikan gt tad gmn?
▶ Only syair silahkan 😊
Kalau make alat musik 📛
🌸 Kalo nadyidnya beralat musik bgmn ustad?
▶ Halal tidak bercampur dengan haram,,
Dari ana tidak ada definisi lain, mungkin kyai, ulama, atau ustadz lain ada, silahkan ikuti nasehat mereka 😊
1⃣0⃣ Nitnit
Ane mau nanya nih....ane pan kerjanye jd tukang cuap² tuh diradio ntu pigimane ...
🔷Jawab :
Suara wanita termasuk aurat,,
Jika cuap-cuap ndak ada manfaat sebaiknya mundur dari pekerjaannya,, apalagi terkait dengan musik juga,,
🌸 Ustad, gimana ya hakikatnya "suara wanita termasuk aurat" yang sebenernya?
Cara melindungi nyaa?
▶Suara seorang wanita itu harus dijaga dengan baik
terutama jika ia berbicara baik secara langsung atau pun tidak langsung di hadaoan non mahram.
Berbicara sesuai keperluan, cukup yang penting saja
tidak ada nada merayu mengharu biru, suara manja dll.
1⃣1⃣ Nitnit
Afwan ustadz cuap² nye jg pan ksh tips and trik....jg utk dakwah pigimane ..trus sepengetahuan ane nih....selama music itu tdk melenakan dan membawa pd kemaksiatan katanya diperbolehkan...ntu pigimane?
🔷Jawab :
Yang bilang boleh nash/dalilnya apa, coba ditanyakan 😊
Ana tetap berdiri di tempat yang sama, jika dalil yang ana ketahui lebih shahih.
1⃣2⃣ Widi
U Hiz memainkan rebana dikompetisikan jg nda boleh?
🔷Jawab :
Ndak boleh 😊
Sudah beralih fungsi,,
🌸 Acara pernikahan yg mngundang pemain musik tdi blum d jwb ustadz
▶ Sudah juga 😊
intinya kalau sanggup ndak menikmati silahkan, namun ana berlepas tangan,,
Coz musik haram, dan kalau mengundang pemain musik artinya mejerumuskan orang lain dalam perbuatan yang diharankan (menikmati musik).
1⃣3⃣ Zee
1. Trus gmn dgn lagu2 islamiah yg mnggunakan alat musik ustadz?
2. Pdhal sy sndri pngen bgt bljr main gitar ustadz?
🔷Jawab :
1. Haram 😊
2. Tidak bisa dicampur antara yang halal dan yang haram,
kenapa disibukan dengan lagu-lagu kalau ada al-Qur'an 😊
🌸 Oh bgtu ya U Hiz, waaaaah, itu yg mengadakan jg sprti MTQ STQ gitu U Hiz.
▶ MTQ itu kan lomba hafalam al-Qur'an, membaca al-Qur'an ... ana yakin ndak ada musik di sana😊
🌸Mantap!👍🏿 yg bikin susah berpaling dari musik sebab dari awal kita udh menghalalkan musik.. coba dari awal kita berislam sesuai al quran dan hadist shohih.. ndk bakal gini ya tadz, maaf iklan bentar😬
▶ Hu um 😊
Karena dibiasakan dalam pembenaran atas sesuatu yang salah,
Sebagian dari penyampai syari'at takut ditinggalkan jama'ahnya,
🌸 Tapi kan maksud mreka jg syi'ar islam ustadz, trus gmn ustadz dg saudara2 qt yg pandai main musik dn emang sdh pkerjaan mreka?
▶ Halal dan haram itu sangat jelas,
Bahkan yang abu-abu saja wajib dihindari apalagi yang haram,
Banyak pekerjaan lain, asal bisa ikhlas, tidak mengejar dunia.
▶ Jadi intinya seperti ini saja,
Ana akan meralat apa yang sudah ana sampaikan 😊
bersabarlah dengan fitnah dunia 😊
🌸🌸🌸🌸
CLoSiNG STaTeMeNT
"Semua yang terasa Manis adalah Ujian" 😊
🌸🌸🌸🌸
PeNuTuP
Marilah kajian malam ini kita akhiri dengan doa kafaratul majlis,,
DOA PENUTUP MAJELIS
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik.
Artinya:“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau.
Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Aamiin ya Rabb
🔚🔚🔚

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel