Recent in Fashion

Best Seller Books

Mother's Love of All Time



OLeh : Ustadzah Irnawati Syamsuir Koto

Alhamdulillah.... Syukran jazakillah khair mba leily,,
Assalamu'alaikum sahabat2 ku Bidadari Surga,,,
Alhamdulillah kita kembali bertemu malam ini diacara kajian Online Grup BS, dan saya dipercaya kembali untuk membersamai sahabat2ku disini, berdiskusi bersama , berbagi ilmu dan juga berbagi rasa, walau sebenarnya mungkin saya lebih pas untuk menjadi peserta dibanding sebagai muwajjih, namun karna diamanahi, Insyaa Allah kita kan berbagi bersama,
Saya yakin teman2 ingat setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai hari apa, dan malam ini, bertepatan tgl 22 Desember,
Bukan ingin ikut2an menspesialkan tanggal ini, karna bagi kita mengingat ibu bukan sekali setahun, menyenangkan hati ibu bukan sekali setahun, namun tidak ada salahnya kita bermuhasabah bagaimana kita telah memperlakukan seorang Wanita Hebat yang telah berjuang untuk kita.
🌹Boleh saya minta sedikit narasi teman2 tentang Sosok Seorang Ibu?
💝Kata orang bijak ; ibu adl malaikat yg terlihat , umm ... dan sy sngat setuju
💝Mom are everything..
💝Ibu adalah sosok wanita yg kuat dan tangguh..
💝Ibu...seorang pejuang...
💝Ibu adalah sosok luar biasa, yang tidak bisa dilukislan lagi dengan kata kata
💝Mama is a hero
💝Ibuku pahlawanku😭
💝Ummi ya ummi..
🌹iBu.....
1. Ibu Seorang Malaikat
2. Ibu Segalanya
3. Ibu Seorang Pejuang
4. Ibu seorang Pahlawan
💝Assalamualaikum ustadzah
Ibu bagi saya adalah sosok yg kuat dan kokoh dalam pendirian.
Tahan terhadap setiap cobaan yg diterimanya
Saat orang lain mencemooh kami karena ketakberdayaan kami dalam finansial di bangkit berjuang....
Dia selalu berdoa agar kami anak anaknya bisa jadi sarjana....
Ibu
Ibu kami tak berpendidikan tinggi
Tapi kami anak anaknya sarjana semua dan lulusan universitas negeri.
Ibu
Ibu
Bagi kami adalah panutan
Kulihat berapa taat nya beliau pada Allah SWT
Sehingga diusianya yg sudah 63th. Masih terlihat muda.
Walaupun hujan...
Dan tinggal sendiri dirumahnya
Ibuku begitu mandiri
Jika sabtu pagi mau dzikir beliau pergi sendiri. Semua dilakukan sendiri
Ibu
Itulah ibuku yg kusayangi........ Walau jauh makanya aku sering pulang menjenguknya 😭😭
💝Mama malaikat, guru, sahabat, 😭everything 
💝Mother is my heart
💝ibu sll penuh kasih sayang
Subhanallah Begitu indahnya penggambaran tentang sosok seorang ibu
terimakasih teman2,,,
Teman2 malam ini saya mungkin tak akan terlalu membahas tentang berbuat kepada orang tua,
namun saya hanya ingin sedikit mengingatkan untuk diri saya sendiri khususnya, dan untuk kita semua umumnya, bagaimana sosok seorang ibu.
Ibu adalah seorang wanita yang luar biasa…. Dari rahim seorang ibulah Orang – Orang hebat dilahirkan, dari Rahim seorang ibulah hadirnya wanita-wanita cantik yang ada digrup ini,
Ibu….itulah satu nama yang kasih sayangnya tak bertepi, raut wajah tuanya yang semakin hari semakin terlihat, menggambarkan pengorbanan yang luar biasa sepanjang hidupnya.
Badannya yang terlihat rapuh menggambarkan segala perjuangan dalam membesarkan anak-anaknya.
Namun, senyumnya yang tetap merekah, menyembunyikan segala gundah, segala derita,
Ibu adalah sekolah pertama buat anak-anak, generasi muda yang akan membangun bangsa. Ketika ibu mengajarkan kebaikan, maka generasi terbaik akan didapat. Namun, jika Ibu mengajarkan keburukan, maka generasi muda bangsa akan hancur dan berakibat kehancuran negeri.
🌸🌸🌸
Ibu menentukan seperti apa generasi yang tercipta dikemudian hari, merupakan sosok wanita hebat, berjuang mulai dari masa kehamilan hingga melahirkan, bahkan ketika anak-anaknya tumbuh dewasa.
Ibu tanpa pamrih mengorbankan seluruh tenaga, pikiran, bahkan nyawa demi anak-anaknya. Bangun tengah malam hanya untuk sekedar memberi air susu atau mengganti popok, terjaga dari tidur ketika anaknya sakit. Mungkin ada juga yang berhutang demi biaya sekolah anaknya atau bekerja keras demi pendidikan anaknya agar lebih baik.
Ibu adalah sosok yang bisa membuat kita belajar tentang kehidupannya. Betapa perjuangannya tak mudah dalam menapaki hidup, , betapa getirnya perjuangan seorang ibu , betapa kuatnya jiwa kuat ibu.
Kemuliaan, keikhlasan dan kesabarannya yang luar biasa dalam mengandung bayinya, serta mempertaruhkan nyawa pada saat melahirkan anak belahan jantungnya, tentu tidak dapat dibandingkan dan dinilai dengan apapun, harus diakui bahwa tiada cinta, sepenuh kasih sayang "ibu" sepanjang masa.
💝 *Ibu* _Sosok yg tak pernah tergantikan dan terlupakan_
🌸🌸🌸
Tidak jarang ibu adalah sumber inspirasi yang berharga, selalu menginspirasi dengan perjuangannya, kasih sayangnya, pengorbanannya, dan curahan hatinya. Kesuksesan seorang anak dimasa depan juga tergantung pada bagaimana seorang ibu member dasar dpendidikan dalam dirinya.
Ibu adalah sosok tidak ada perhitungan apalagi untuk meminta imbalan balasan jasa, tanpa pamrih. murni dan tulus. Wajarlah apabila do'a serta kutukan dari seorang "ibu" terhadap anaknya dianggap sangat manjur, karena sering dikabulkan oleh Allah SWT.
Simpel…tidak rumit…Itulah ketulusan cinta Ibu yang ikhlas, tak mengharap balas, tak mengharap pujian. Pada dirinya melekat sifat kasih Ilahi yang tak pernah padam, ibu senantiasa memancarkan keindahan dan kasih Ilahi.
Ibu adalah Sang Guru Pertama kita, bertitel atau tidak bertitel Ibu akan tulus mengajarkan kita perlahan lahan seni menghadapi kehidupan,
Seorang Ibu yang sarjana akan mengajarkan anaknya menyusui sama dengan ibu yang bukan sarjana,
ibu sarjana akan mengajarkan anaknya bagaimana cara makan, sama dengan ibu yang bukan sarjana,
Ibu sarjana akan mengajarkan kelembutan dalam membelai begitu juga ibu yang tidak tamat SD
Perlahan lahan tapi pasti berbagai pelaran tentang kehidupan akan kita dapatkan dari sosok seorang ibu.
🌸🌸🌸
Ilmu komunikasi pertama akan kita dapatkan juga dari Ibu, Lihat saja, beberapa kegiatan seorang ibu pada jaman apapun dan kapanpun itu. Ketika menyuapi anaknya makan, ibu akan mengajak anaknya belajar berkomunikasi, atau bahkan mempertemukannya dengan bayi yang lain untuk belajar bersosialisasi, sambil mengajaknya bermain-main di bawah hangatnya sinar matahari pagi, sementara dia juga harus mengingat bahwa di dapurnya ada kompor menyala yang dia tinggalkan untuk menjerang air, selain itu ada juga setumpuk cucian yang dia rendam dalam-ember-ember di sumurnya. Sementara kegiatan sang ibu modern kini juga tidak jauh berbeda, saat menghangatkan makanan anaknya dalam microwave, ia juga mengakses internet untuk membayar berbagai macam tagihan melalui e-banking, sambil mengetik, ibu juga menelepon toko dekat rumahnya untuk mengantarkan beberapa galon air mineral dan kebutuhan pokok lainnya, sementara mesin cucinya juga sedang berputar pada waktu yang sama.
Juga ketika kita di jalanan menyaksikan seorang ibu sambil menggendong anaknya, dia mendorong gerobak dagangannya, atau menidurkan anak-nya di samping dagangannya, atau bahkan mengajari anaknya membuat PR diantara tumpukan dagangannya tersebut.
Banyak hal lain yang setiap hari kita saksikan dan rasakan, bagaimana seorang ibu menjadi guru tanpa ada sebuah keluhanpun keluar dari mulutnya.
🌸🌸🌸
Apapun profesinya, seorang ibu adalah sosok dengan kekuatan yang luar biasa. Apa yang kita rasakan terhadap kasih sayang seorang ibu, atau apapun yang telah kita lakukan sebagai seorang ibu, akan terasa sangat luar biasa jika mampu terefleksikan dalam setiap profesi yang kita jalani.
Dan satu hal yang pasti Ibu tak akan membiarkan anaknya hidup dalam kemelaratan dan kebodohan meski mereka melarat dan bodoh. Apa lagi seorang ibu yang tinggi keilmuannya dan bagus ekonominya.
Namun sungguh sangat disayangkan cinta kasih ibu pada anak mengalir setiap saat sebagaimana matahari menyinari bumi, namun pantulan balik cinta anak pada ibu tidaklah sebanding volumenya.
Ibarat air hujan yang selalu mengucur ke bawah, yang kembali ke atas hanya sekadar uap atau percikannya.
Kita yang terkadang penuh rasa sombong walau itu tak kita akui, mendahulukan urusan pribadi dibanding urusan ibu.
Bersembunyi dibalik kata SIBUK , ibu pun terabaikan.
💝Astagfirullah😓😓😓
Dikala hari tuanya , disaat dia membutuhkan kehadiran anak disisinya , Namun sang anak larut dalam kesibukkannya.
Masih ingatkah kah.. bagaimana kita membutuh ibu dikala kita kecil dulu?
Masih ingatkah kita bagaimana rasa bahagia yang yang menyelimuti hati kita dikala ibu datang setelah tiba tiba menghilang?
Masih ingatkah kita betapa nikmatnya nasi suapan ibu disaat makan, masih ingatkah kita bagaimana ibu membersihkan mulut kita dari sisa makanan yan berserakkan.
💝Masih ingat...😭
🌸🌸🌸
Bayangkanlah saat ini kita sedang memegang tangan ibu…
Lihatlah jemari tua yang udah mulai gemetaran itu..
Jemari itulah yang dulu tanpa lelah menyuapi, memandikan , mencebok an, jemari itulah yang dengan telaten membersihkan tubuh kita, pakaian kita, tangan itu yang setia membopong kita saat lemah, dan tangan itulah yang selalu menadah kepada Allah memohon kebaikkan untuk kita. Tangan itu kini mulai lemah malah kadang tak berdaya karna ditelan usia.
Lihatlah kaki ibu… kaki itu setia mengiringi langkah langkah kecil kita, kaki itu sigap mengejar saat kita terjatuh, kaki itu yang melangkah dengan tegap saat kita membutuhkan pertolongannya. Kaki itu kini mulai menggigil melangkah
Ketika makan enak di restoran, apakah ingat bila ibu dulu pernah menahan perutnya yang sakit akibat lapar ? Karena makanan yang dimilikinya selalu diberikan untuk kita?
Ketika berjalan bersama teman-teman dan berbelanja menghabiskan uang gajimu. Pernahkah terlintas wajah ibu ? Yang dulu pernah menyisihkan uang belanjanya untuk membelikan kita mainan baru ?
🌸🌸🌸
Ketika kita mendapatkan pasangan hidup
miliki rumah dan kendaraan
Mungkin terlalu bahagia dengan keluarga baru
Hingga lupa pada ibu yang selalu mendoakan agar jodoh kita dipermudah oleh-Nya.
Berkat doa-doanya, segala usaha yang kita lakukan selalu dimudahkan.
Namun karena bahagia kini... kita lupa mengunjungi ibu bahkan untuk sekedar meneleponnya saja tak ada waktu !
Betapa banyak pengorbanan yang ia telah berikan untuk kita
mengandung 9 bulan
Membawa kita kemana ia pergi, dengan beban yang berat diperutnya, ia tetap kuat bekerja dan ibadah.
Pernahkahkita merasakan sakitnya melahirkan ? Yang bertarung antara hidup dan mati ??? Bagaimana ia menahan sakit demi kita agar hadir kedunia ini ???
💝Ana merasakan ummu sakitnya saat melahirkan 😭
🌸🌸🌸
Dan pernahkah membayangkan saja lelahnya menjaga kita sepanjang hari. Memberi asupan makanan yang bergizi, memandikan tubuh kita hingga bersih, mengajak bermain, menjaga dari orang asing, mendidik , bahkan membela kita ketika mem buat masalah dengan orang lain.
Lalu apa balasan kita untuknya ???
Apakah cukup dengan uang setiap bulan ?
Apakah cukup dengan memberangkatkannya berlibur dan membelikannya barang mewah ?
😔😭😭
😔😔😔
🌹Sungguh yang ia butuhkan hanya kita... waktu kita yang sedikit saja. Perhatian kita, kasih sayang kita dan doa dari anak yang selalu menjaga Akhlaq dan Agamanya.
💝Tidak akan pernah cukup...😭😭
🌹Ketika kita lapar, tangan ibu yang menyuapi, ketika kita haus, tangan ibu yang memberi minuman.. Ketika kita menangis, tangan ibu yang mengusap air mata.
Ketika kita gembira, tangan ibu yang menadah syukur, memeluk kita erat dengan deraian air mata bahagia..
Ketika kita mandi, tangan ibu yang meratakan air ke seluruh badan, membersihkan segala kotoran..
Ketika kita dilanda masalah, tangan ibu yang membelai duka sambil berkata : "Sabar nak, sabar ya sayang
💝Jadi kangen sama ibu😓
🌹Namun ketika ibu sudah tua dan kelaparan, tiada tangan dari anak yang menyuapi.
Dengan tangan yang gemetar, ibu menyuapkan sendiri makanan ke mulutnya dengan linangan air mata..
Ketika ibu sakit, dimana tangan anak yang ibu harapkan dapat merawat ibu yang sedang sakit..??
💝Astagfirullah 😭😭😭
🌹Ketika nyawa ibu terpisah dari jasad.. Ketika jenazah ibu hendak dimandikan, dimana tangan anak yang ibu harapkan untuk menyirami jenazah ibu untuk terakhir kali..??
💝Ya Alloh😭😭😭😭
🌹Sahabat2 ku... apakah ada disini yang pernah merasa kecewa kepada ibu?
Bahkan merasa benci kpd Ibu?
💝Jujur pernah ummu 😕
💝Ada umm😢,, Tapi tidak benci
💝Terkadang kecewa tapi benci engga
💝Gak pernah uum apalg benci gak pernah sekalipun Astagfirullah all'aziim ...
💝Walau mama cerewet krna beliau sayang dan mencintai anaknya. Mama you're everything. Alhamdulillah g pernh kecewa sm mama
💝Alhamdulillah gak pernah benci...umm
🌸🌸🌸
Alhamdulillah bagi yang tidak pernah merasa kecewa kepada ibu , kepada orang tua.
🌹Bagi yang pernah merasa kecewa ada yang menyimpan kekecewaan itu,
Menyimpan dan memaafkan,
💝Insha Allah tidak ummu..
💝Engga um ... hilang begitu aja
💝Mgkin hnya perasaan sesaat
🌹Namun ada juga yang menyimpan tapi menjaga jarak dengan Ibu
💝Kalau uda liat wajah mama timbul rasa sayang ummu
🌹Ada yang secara frontal perang mulut sama ibu
💝Insha Allah tidak pernah ummu
🌹Alhamdulillah mba yeni dan mba rika , Allah masih menjaga hati mba2 dari sebuah kedurhakaan,
💝Alhamdulillah ummu
💝Alhamdulillah
🌹iya mbaa.. kita lihat dimedsos , berapa banyak anak2 yang menghina , mencaci maki orang tua mereka
💝Astaghfirulloh..😓😓
🌹Bahkan mereka bilang menyesal lahir dari orang nya. Mereka tidak minta dilahirkan dari orang mereka itu, tanpa mereka fikir bahwa orang tua mereka juga tidak meminta bahwa merekalah yang akan menjadi anak2 yang akan dititipkan oleh Allah kepada Orang tua tersebut
💝Smg Allah mengampuni kekhilafan anak2 tsb .. aamiin,
🌹Pernahkah orang tua tau bahwa yang akan dititipkan Allah adalah mereka? tentu tidak, pernah kah mereka ikut menentukan siapa2 saja yang akan menjadi anak mereka? tentu tidak,
Semua itu ketentuan dari Allah.
😭😭😭😭
Kekecewaan bisa saja timbul dari anak2 yang broken home, kekecewaan juga bisa datang dari anak2 yang terpisah dari Ibu kandung dan dibesarkan oleh ibu angkat, kekecewaan bisa datang dari anak2 yang kehidupannya serba kekurangan sementara keinginannya sangat banyak,
Sangat beruntung kita yang hidup berjalan terbilang lancar , hingga kita mampu mempertahankan rasa sayang kepada ibu , kepada ayah,
Dan akan berbeda jika berhadapan dengan anak2 yang saya sebutkan diatas tadi,
Bahkan tidak mungkin kebencianlah yang ada dihati mereka untuk ibu dan ayah mereka,
Namun satu yang perlu kita sadari adalah bagaimanapun jua Orang tua tetaplah orang tua, yang wajib kita sayangi, yang wajib kita kasihi, yang wajib kita hormati
😭😭😭😭
Meskipun mereka berbeda agama, akhlak yang baik tetap wajib dijalankan atas orang tua, apalagi orang tua kita masih seiman,
🌸🌸🌸
Kemarahan kita padanya, kekecewaan kita padanya takkan melunturkan kasih sayang Ibu pada kita,
Ibu akan tetap menagis dikala kita bersedih
ibu akan tetap mengorbankan apa yang dia punya jika kita membutuhkan
😭😭😭
Kasih sayangnya akan tetap mengucur deras kepada kita m takkan mampu dibendung oleh apapun,
Sedihnya ibu , kecewanya ibu , marahnya ibu akan sirna dengan menatap wajah anaknya,
Saya tutup pertemuan kita malam ini dengan mendengarkan kembali sebuah renungan...
Semoga pertemuan malam ini bermanfaat untuk saya dan untuk kita semua,
💝Jazakillah iBu atas smua yg sdh d paparkan atas ungkapan yg tulus dr seorang ibu yg mengingatkan kmbali pd qta bahwa mmg sook ibu itu sangatlah luar biasa tid akan pernah tergantikan,,
🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸
📚TaNYa JaWaB📚
0⃣1⃣ Yenny
Apakah benar didalam ajaran Agamaislam kita tidak diperbolehkan memperingati hari ibu ummu.. Apa alasannya ummu
💞Jawab:
Thoyyib mba Yeni.... dalam hal peringat memperingati itu masih berbeda pendapat, layaknya ulang tahun, ada juga yang membolehkan, jadi tergantung kita menyikapi saja, dan berusaha untuk saling menghormati, mereka yang melarang kita hormati dan jika kita yakin kebenarannya maka ikuti, dan begitupun yang membolehkan, jika kita yakin , silakan diikuti, asal jangan berlebih lebihan saja, seperti biasa.. Iman manusia itu naik turun, dan disaat iman turun rasa sayang kepada orang tua juga akan turun, jadikan hari ini sebagai hari bermuhasabah dan memperbaharui rasa sayang kita.
Wallahu a'lam
0⃣2⃣ Ana
Afwan umm mau tanya.....apa yg membuat orang2 rame rame mengucpkn tiap tgl 22 hari ibu..😂bahkan ada pula yg mati2@n beli hadiah juga..,,buknkh klo secara logika..hari ibu itu tiap hari...😭😭😭..afwan umm..tanya gini...efek anak rantau ini
💞Jawab:
Bener mba Anna.. secara logika tiada hari tanpa menyayangi ibu... itu seharusnya, tapi kembali kita melihat realita, sudah benarkah hal yang semestinya itu berlaku dalam kehidupan kita? jika sudah benar maka tgl 22 ini akan terabaikan dengan sendirinya, namun jika belum maka tgl 22 ini akan menjadi alarm buat kita bahwa kita masih punya Ibu yang butuh perhatian dan kasih sayang kita. mungkin seperti itu.
Wallahu a'lam
0⃣3⃣ Dewi
Bunda, apakah layak seorang anak menaruh rasa kecewa kepada org tua terlebih seorang ibu yg notabene telah membesarkan mereka, hanya karena apa yg mereka harapkan dari org tua mereka tak sesuai dg kondisi kehidupannya bun, lantas pergi utk mencari kehidupan mereka sendiri?
💞Jawab:
Tentu saja ini tidak layak , tidak ahsan, jangan kan untuk kecewa, ngomong ah karna kesal saja kepada orang tua itu tidak boleh, bagaimana mungkin kecewa dikatakan layak? Apapun kondisinya Ibu dan ayah adalah sosok yang wajib kita hormati.
Wallahu a'lam
0⃣4⃣ Mitha
ibu saya alhamdulillah baru saja muaallaf, dan 3 hari ini ibu setelah kita jamaah shalat selalu mencium saya dan minta maaf , rasa hati ini teriris ibu kok minta maaf , ?'bagaimana yaa menyingkapi
💞Jawab:
Na'am mba Mitha... untuk meminta maaf, sebenarnya siapa saja boleh, orang tua juga bukan makhluk suci tanpa dosa, terlepas beliau baru mu'allaf atau tidak yaa.. kita bahas secara umum saja, siapapun yang merasa bersalah maka dia yang meminta maaf, dan dalam kondisi ini mba mitha wajib membesarkan hati ibu dari rasa bersalahnya. Namun kita sebagai anak juga wajib menjaga diri dan hati dari sikap sombong, jangan sampai iblis masuk kedalam diri kita disaat kondisi seperti itu.
Wallahu a'lam
0⃣5⃣ Ana
Lanjut tanya njih umm...jika seorang anak yg dilahirkan dari ibu kandungnya..tapi dibesarkan budhenya...lalu..kpd siapa dahulu..ank itu berbakti..kerana kondisi dan keadaan..sang anak pasti milih budhenya...😭😭😭😭...lalu..teguran apa yg harus dilakukn...agar cinta sang anak sama orang tua..sama besarnya..sebagaimna dia menyayangi ibunya
💞Jawab:
Sebenarnya anak seperti ini adalah anak yang beruntung, dia punya 2 orang yang sangat mencintai dan menyayanginya. Dan sayang itu wajib seimbang kepada Ibu kandung ataupun kepada Ibu angkatnya, disini budhe nya yaa.... Ibu walau tidak ikut membesarkan namun dari rahim beliaulah kita dilahirkan, Sari2 makanan beliaulah yang telah menjadi darah daging awal atau pondasi kehidupan kita. Dan biasanya anak diserahkan kepada keluarga lain itu karna beberapa alasan, yang pertama karna keluarga lain itu tidak punya anak, 2. karna keadaan ekonomi keluarga yang belum baik. dan ke 3. gabungan antara 1 dan 2.
Jika alasannya yang pertama mungkin kita harus berbesar hati menerima dan memahami bahwa ibu kita adalah ibu yang berempati kepada orang yang belum punya anak, bagaimana sedih dan sepinya hidup dalam rumah tangga tapi belum punya anak, ini sebuah rasa yang empati yang hebat, serta ini termasuk dalam tingkatan ukhuwah tertinggi, mendahulukan saudara .
Jika alasan nya adalah yang kedua maka kita tidak boleh menyalah kan orang tua, karna saat itu yang terfikir olehnya adalah bagaimana anak bisa hidup dengan berkecukupan karna orang tua kita belum mampu menghidupi kita dengan baik dan semestinya. Maka berterimakasih adalah hal yang pantas kita lakukan karna mempunyai ibu yang mengkhawatirkan kehidupan kita.
Jika alasannya 1 dan 2 , maka ini lah pengorbanan serta wujud dari kasih dan sayang , maka berbanggalah kita, karna punya orang tua yang berhati baik dan rela berkorban .
Kita bukan berada pada pihak yang memberikan teguran, tapi rangkullah orang seperti ini, slalu ingatkan bahwa dia adalah orang yang beruntung , jangan sia siakan keberuntungan itu dengan berbuat tidak adil, jadilah orang penuh kasih seperti ibu.
Wallahu a'lam
💙Afwan😭😭😭...saya jadi curhatt...😌😌
💞Nggak apa2 mba anna
💙Aku..sendiri sbg seorang kakak...juga merasa bersalah buat adikku...yg ikut budheku...😭😭😭...
💞Sabar yaa mba anna... masih ada waktu untuk memperbaiki nya kan?
💙Waktu ini sudah lama ummu..kurg lbih 16thn..tak tinggl bersama...bhkn sekilas rebahn bareng pun gak pernah...dan terkadang aku hya bisa menjerit dan memendam rasa sedih di hati
💞Jalin kembali hubungan kasih sayang itu dengan perlahan mba... ciptakan momen momen yang sekira nya bisa mendekatkan, jangan merasa risi dan segan memulai untuk sekedar saling memberi pelukan dan bertegus sapa, buka komunikasi yang baik walau sering dicuekin, tunjukkan bahwa mba anna juga menyayanginya.
0⃣6⃣ Yenny
Apa hukumnya bagi orgtua yg suka membedakan kasih sayang terhadap anak anaknya ummu ( afwan ada yg titip pertanyaan)
💞Jawab:
Subhanallah...
Orang tua juga manusia biasa, sama hal nya kita yang hanya mampu melihat dengan kaca mata kita, bagi kita mungkin orang tua membedakan kasih sayang, namun bagi orang tua mungkin bukan tidak, mereka mungkin punya alasan tersendiri yang mungkin tidak mampu kita cerna.
meski bagaimanapun perlakuakn orang tua, kita tak berhak untuk mencap nya dengan cap yang negatif, karna sejatinya kasih sayangnya kepada anaknya tetap ada, namun karna sifat manusianya dan mungkin karna keterbatasan orang tua juga hingga beliau terlihat bersifat seperti itu.
slalulah Berlakulah ahsan kepada orang tua, jaga akhlak dan jaga hati, biarlah Allah yang akan menilai semuanya, kita jangan ikut menilai walau itu seperti apa yang kita rasakan. Tempatkan orang tua pada sifatnya da pada ilmunya, terimalah apa adanya beliau, karna kunci surga kita ada pada beliau. Ibu adalah harta karun kita, simpanan berharga kita. jangan sia sia kan. Pintu langit akan terbuka jika doa doa ibu sudah dilantunkan.
Wallahu a'lam
0⃣7⃣ Neng
Ummu, neng berdosa g nitip anak ke mama.
Neng Khan kerja, jd anak dititipkan ke orang tua.
Walaupun kadang neng g tega ke mama, tapi Krn kerjaan jadix anak dititipkan ke mama. Afwan
💞Jawab:
Na'am mba neng.. ini laik terjadi dalam masyarakat, ibu disaat tuanya masih "dihadiahi" oleh anak2nya cucu setiap hari, merawat, memelihara cucu, Subhanallah sebenarnya ini bukan lagi tugas nenek, ini adalah tugas kita sebagai seorang ibu.
Dosa atau tidak? jika kita memperlakukan ibu layaknya seorang baby sitter tentunya berdosa, namun jika kita meminta kerelaan ibu, mudah2an Allah mengampuni kita.
Wallahu a'lam
💙Astagfirullah...
Smoga Mama rela mengurus anak neng 😭dan peluh keringat Mama dibalas oleh Allah Surga. Aamiin Allahumma Aamiiinnn😇
0⃣8⃣ Yenny
Bagaimana dengan anak yg mau terima pemberian orhtuanya.. Padahal orgtua juga dalam keadaan ekonomi pas passan .. Ummu
💞Jawab:
Menerima disini apa diberi suka rela atau diminta? Kalo orang tua memberi dengan suka rela, ini agak sulit kita untuk menolaknya, karna kalo ditolak orang tua akan kecewa, namun bisa diakali dengan membelikan sesuatu buat mereka . Namun jika diminta... mari kita berfikir ulang kembali masih pantaskah kita menyusahkan orng tua dihari hari tua nya? Jangan lagi kita menyusahkan mereka. berilah pada mereka itu kabar2 gembira saja.
Wallahu a'lam
💙Insha Allah Ana tidak pernah menyusahkan orgtua ummu apalagi berkeluh kesah.. 😊
💞Alhamdulillah 😊
0⃣9⃣ Rika
Ana mau bertanya umm . bagaimana jika keinginan ibu yg tidak terpenuhi karena saya lebih memilih menuruti suami ,meski kadang hati ini menjadi gelisah krn bersalah tidakbisa menyenangkan ibu , tp ku sangat berharap kerelaan ibu akan keputusan ini , apakah keputusan sy itu sdh benar ya umm ?
💞Jawab:
Na'am mba Rika... kita sebagai wanita punya kendala dalam hal ini, bahkan dilema dikala kita dituntut untuk memilih, keputusan mba rika sudah benar, karna disaat kita menikah maka kepatuhan kita adalah kepada suami, selama itu tidak bertentangan dengan kepercayaan yang kita anut. namun seorang suami yang baik, seharusnya dia mendorong istri untuk mengabdi kepada orang tua, dan begitu juga sebaliknya, seorang istri mendorong suami untuk berbakti kepada orang tua. Jika kita tak mampu untuk berbuat hal2 yang membahagiakan ibu, minimal jangan membuat beliau sedih dengan keluh kesah kita. Minta Maaf lah kepada beliau karna belum mampu berbuat yang terbaik. Inyss Allah seorang ibu akan menyambut anaknya dengan kebahagiaan dikala anak datang dengan tersenyum
Wallahu a'lam
1⃣0⃣ Indah
Umm, ada seorang teman ketika ibunya msh hidup. Beliau berpesan agar putrinya menikah dg laki2 yg lebih tua. Temen sy msh ingat pesen tsb. Dia bingung, misalkan ada laki2 sholeh tapi usianya lebih muda apakah harus ditolak mengingat nasehat tadi? Jazakillah
💞Jawab:
Anak juga mempunyai hak untuk memilih, semasa hiduppun jika memang anak tak suka dengan orang yang dijodohkan, maka anak berhak untuk menolaknya. apalagi ini perbandingan adalah kesholehan, maka anak berhak untuk memilih yang lebih sholeh. Insyaa Allah tak ada masalah untuk tidak melaksanakan permintaan.
Wallahu a'lam
1⃣1⃣ Evi
Ana mau bertanya umm...apakh saya berdosa tdk memenuhi keinginan alm ibu yg terakhr...alm menginginkn saya untk segera menikah..saya 9 bersaudra semuax udah pda menikah..tgl saya sendri yg belum..sampe seblum alm ibu meninggal pun dia memegang tangan saya...smbil menetes kn air mata..katax ibu gk akan tenang klw saya blum menikah..trmah ksih...
💞Jawab:
Mba Evi... Pernikahan itu Rahasia Allah, Allah lah yg menentukan kapan jodoh akan ditetapkan untuk kita, sama hal nya anak, Allah lah yang tau kapan kita akan diberikan kepercayaan untuk hamil. Selama tetap berusaha dan berdo'a , tidak ada dosa, kecuali kita menyalahkan Allah kenapa tak mendatangkan jodoh sebelum ibu meninggal dunia. Semua orang tua akan berharap anaknya sudah punya pendamping sebelum beliau meninggal. tak ada orang tua yang tenang jika anaknya belum menikah. ini sifat manusiawi. namun manusia tak bisa memaksakan kehendak kepada Allah. ini bukan sebuah pembangkangan kecuali memang mba evi yang menolak untuk menikah tanpa alasan yang syar'i
Wallahu a'lam
🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸
📚CLoSiNG STaTeMeNT📚
Semua rasanya sudah tersampaikan, jadi singkat saja untuk SC nya.....
Sahabat2 ku..... Ibu saatnya membicarakannya takkan pernah habis kata, terlalu banyak cerita dan kita yang kita lewati bersamanya. Kasih sayang nya memang tak berharap balasan, Namun kita sebagai anak wajib mengabdikan diri padanya sebagai balas jasa, walau jasanya takkan pernah terbalas, doanya ibu mengguncang arasy Allah dan murkanya ibu juga mengguncang arasy Allah, jangan sampai ibu murka karna kesombongan kita, jangan sampai ibu merintih karna cueknya kita. jagalah ibu selama dia masih ada.... Pandanglah daster daster tuanya.... saat ini masih ada tuannya, munfkin besok daster itu hanya akan tergantung dilemari meninggalkan kenangan.
Liatlah senyumnya dan nikmati... karna mungkin esok senyum itu akan berganti gundukan tanah merah ...
Liatlah mata teduh Ibu dikala masih mampu berbinar menatap kita... karna siapa tau besok kita hanya mampu menetap batu nisannya...
Demikian saja dari saya malam ini... Mohon maaf jika ada kesalahan yang disengaja ataupun tidak....
Wasalamu'alaikum
🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸
📚PeNuTuP📚
Jazakillah ustadzah yang sudah banyak memaparkan dan kembali mengingatkan kita semua kepada ibu.. Betapa luar biasanya sosok ibu, jazakallah ukhtifillah atas waktu ya malam ini semoga setlah ini dapat mnmbah rasa cinta kita pada ibu karna-Nya bertambah pula kesadaran kwajiban kita sebagai anak kepda orang tua, dan mampu belajar dri sosok yg bernama ibu dan semoga Allah menggolongkan kita semua bersama keluarga tercinta dalam golongan orang yg beriman dan dpat berkumpul syurganya. Aamiin
🌸🌸🌸
Mari kita tutup kajian malam hari ini dengan mengucapkan *Hamdalah* sebagai ungkapan rasa syukur atas keberkahan ilmu yg telah Allah berikan kepada kita,
🌱 اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ 🌱
serta *Istghfar* untuk memohon ampun atas semua kelalaian kita hari ini dan dengan kelapangan hati untuk saling memaafkan.
🌱 أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ 🌱
Dimohon juga keikhlasan ukhti fillaah semua bersama-sama membaca *doa Robithoh* dan *doa Kafarotul Majelis* untuk mempererat ukhuwah dalam grup.
_*Doa Robithoh :*_
اَللّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذِهِ الْقُلُوْبَ,
قَدِ اجْتَمَعَتْ عَلَي مَحَبَّتِك َ
وَالْتَقَتْ عَلَى طَاعَتِكَ,
وَتَوَحَّدَتْ عَلَى دَعْوَتِك َ
وَتَعَاهَدَتْ عَلَى نُصْرَةِ شَرِيْعَتكَ
فَوَثِّقِ اللَّهُمَّ رَابِطَتَهَا,
وَأَدِمْ وُدَّهَا،
وَاهْدِهَا سُبُلَهَا
وَامْلَأَهَا بِنُوْرِكَ الَّذِيْ لاَ يَخْبُوْا
وَاشْرَحْ صُدُوْرَهَا بِفَيْضِ الْإِيْمَانِ بِكَ,
وَجَمِيْلِ التَّوَكُّلِ عَلَيْك َوَاَحْيِهَا بِمَعْرِفَتِكَ،
وَأَمِتْهَا عَلَى الشَّهَادَةِ فِيْ سَبِيْلِك َ
إِنَّكَ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيرِ y
اَللَّهُمَّ أَمِيْنَ
وَصَلِّ اللَّهُمَّ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ
*Allaahumma innaka ta'lamu anna haadzihil quluub, qodijtama'at 'alaa mahabbatik, wal taqot 'alaa thoo'atik, wa tawahhadat 'alaa da'watik, wa ta'aahadat 'alaa nusyroti syarii'atik, fawatstsiqillaahumma roobithotahaa, wa adim wuddahaa, wahdihaa subulahaa, wamla-haa binuurikalladzii laa yakhbuu wasyroh shuduurohaa bifaidhil iimaanibik, wa jamiilittawakkulli 'alaiik, wa ahyihaa bima'rifatik, wa amithaa 'alasy syahaadati fii sabiilik, innaka ni'mal maulaa wa ni'man nashiir, washollii, Alaahumma 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihi wa shohbihii, wasallam.*
_"Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa sesungguhnya hati-hati kami ini, telah berkumpul karena cinta-Mu, dan berjumpa dalam ketaatan pada-Mu, dan bersatu dalam dakwah-Mu, dan berpadu dalam membela syariat-Mu. Maka kuatkanlah ikatannya, dan kekalkanlah cintanya ya Allah, dan tunjukkanlah jalannya, dan penuhilah ia dengan cahaya yang tiada redup, dan lapangkanlah dada-dada dengan iman yang berlimpah kepada-Mu, dan indahnya takwa kepada-Mu, dan hidupkan ia dengan ma'rifat-Mu, dan matikan ia dalam syahid di jalan-Mu. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Aamiin._
_Dan semoga sholawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, juga kepada keluarganya dan semua sahabatnya."_
_*Doa Kafarotul Majelis :*_
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ
أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ
آمينْ يَا رَبَّ العَالَمِين
*Subhaanakallaahumma, wabihamdika, asyhadu allaa ilaaha illaa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaika.*
_“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”_

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel