Recent in Fashion

Best Seller Books

Menjaga Cinta Agar Tetap Fitroh



OLeh : Ustadz Satria ibnu Abiy


بـــســم الـلّٰـــه الرحــمــن الرحــيــم
الــسلام علــيكم ورحمة الله وبركاته
Temanya kita adalah *Menjaga CINTA Agar Tetap Pada Fitrohnya*
Sblm kita masuk materi,, Sy cb bedah satu kata kuncinya dlu ya,,
*FITROH*
👳🏽‍♀Apa sih fitroh itu?
👧🏻Sifat dasar
Besih...Suci...
👳🏽‍♀Fitroh dlm bhs arab artinya adalah *sifat asal, karakter bawaan, suci*
👧🏻Fitroh adalah sebuah tabiat yang Allah itu menciptakan manusia berada diatasnya, atau bahasa mudahnya, fitroh itu sesuatu yang sudah jadi bawaan dari sana.
Jd pada dasarnya, fitrohnya manusia adalah cinta kpd Allah ﷻ (tauhid) yang suci dan bersih,
Cinta kepada Allah ﷻ ini yg dinamakan dgn tauhid, yakni mengesakan Allah ﷻ
Allah ﷻ berfirman,
وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنْ بَنِي آدَمَ مِنْ ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ ۖ قَالُوا بَلَىٰ ۛ شَهِدْنَا ۛ أَنْ تَقُولُوا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَٰذَا غَافِلِينَ
_"Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): Bukankah Aku ini Tuhanmu? Mereka menjawab: Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi. (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan),"_
(QS. Al-A'raf : 172)
Dlm ayat ini Allah ﷻ sudah mengambil syahadah/bai'at alias sumpah kpd seluruh anak Adam,
Jauuh sblm seorang manusia dilahirkan k dunia, Allah ﷻ sdh lbh dulu mengambil sumpah dan kesaksian thdp TAUHIDULLAH
Inilah *FITROH* itu
Fitroh cinta yg Allah ﷻ sematkan di dalam diri setiap manusia,
Lalu seiring tumbuhnya fisik, akal dan kejiwaan seorang manusia,
Kadar fitroh dalam cintanya pun akan mengalami banyak perubahan,
Oleh sebab itu Allah ﷻ pun memberikan informasi yg penting dalam sebuah ayat,
زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ
_"Dijadikan indah pada (pandangan) manusia *kecintaan* kepada apa-apa yang diingini, yaitu: *wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang*. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)."_ (QS. Ali 'Imran : 14)
Allah ﷻ msh menggunakan bahasa yg sangat halus lagi santun dlm menggambarkan fitrohnya manusia ini,
Yakni setiap manusia yg telah berakal, mesti akan cenderung memiliki cinta kpd apa2 yg telah Allah ﷻ sebutkan dlm ayat ke-14 ini.
Yakni kecenderungan kpd:
*wanita*, yakni suka dengan lawan jenis
*anak-anak*,
*harta dr jenis emas dan perak*
*kuda pilihan*, yakni tunggangan, spt jg mobil, motor dan yg semisalnya
*binatang ternak*, yakni usaha dan hobi,
Dan *sawah ladang*, yakni pekerjaan,
Ke enam hal inilah yg biasanya bisa membuat fitrohnya cinta menjadi berubah.
Lalu terpecahlah manusia pada umumnya ke dalam 2 kelompok besar:
1. Manusia yg tetap menjaga fitroh (kesucian) cinta mereka kpd Allah ﷻ
2. Manusia yg mengotori fitroh cintanya dan lalu membuat tandingan-tandingan utk Allah ﷻ...
Wal iyadzu biLlah
Golongan pertama adalah mereka yg Allah ﷻ sebutkan di dalam firman-Nya,
وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَتَّخِذُ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَنْدَادًا يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللَّهِ ۖ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ ۗ وَلَوْ يَرَى الَّذِينَ ظَلَمُوا إِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَ أَنَّ الْقُوَّةَ لِلَّهِ جَمِيعًا وَأَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعَذَابِ
_"Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. *Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah*. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal)."_ (QS. Al-Baqarah : 165)
Adapun golongan kedua, Allah ﷻ juga menyebutkan sekaligus menyindir mereka di dalam firman-Nya
قُلْ إِنْ كَانَ آبَاؤُكُمْ وَأَبْنَاؤُكُمْ وَإِخْوَانُكُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيرَتُكُمْ وَأَمْوَالٌ اقْتَرَفْتُمُوهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسَاكِنُ تَرْضَوْنَهَا أَحَبَّ إِلَيْكُمْ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَجِهَادٍ فِي سَبِيلِهِ فَتَرَبَّصُوا حَتَّىٰ يَأْتِيَ اللَّهُ بِأَمْرِهِ ۗ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْفَاسِقِينَ
_"Katakanlah: jika bapa-bapa, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah *lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya?*, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik."_ (QS. At-Taubah : 24)
Jd yg akan kita bahas adalah golongan kedua ya,,
Karena golongan pertama sudah selamat,,
Mereka adalah org2 yg tetap menjadikan cintanya berada dlm bingkai fitrah yg suci,,
Lalu bagaimana dgn golongan yg kedua?
Apakah mereka org yg celaka semuanya?
👧Blm tentu,,
👳Benar 👍
Di antara golongan kedua ini, ada org2 yg hanya tergelincir saja,,
Iman mereka dikalahkan oleh nafsu yg menggebu,,
Sehingga fitrohnya pun jd diam membeku,,
Untuk mendeteksi fitroh cinta yg suci, rasa kita perlu mengenal 3 karakter *CINTA YANG BENAR*
Ada yg tahu 3 karakter cinta yg benar?
1. Cintanya _liLlah_
Ini sudah jelas ya, ndk perlu sy jelasin lg,,
Salah satu indikasi dari cinta yg _liLlah_ adalah tidak mudah membuat *lelah*
Karakter cinta yg benar kedua,
Cinta yang benar itu, mesti membuat pemiliknya bertambah tenang dan bahagia, bukan sebaliknya.
RasuluLlah ﷺ bersabda,
*فَإِنَّ الخَيْرَ طُمَأْنِيْنَةٌ وَإِنَّ الشَّرَّ رِيْبَةٌ*
_“Kebaikan selalu mendatangkan ketenangan, sedangkan kejelekan selalu mendatangkan kegelisahan.”_
(HSR. Al Hakim)
Karakter cinta yg terakhir:
Cinta yang benar juga akan menjadikan pemiliknya berubah dan melangkah ke arah yang lebih baik, jauh lebih baik dari keadaan sebelum ia jatuh cinta.
RasuluLlah ﷺ bersabda,
*ثَلَاثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ بِهِنَّ حَلَاوَةَ الْإِيمَانِ مَنْ كَانَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا وَأَنْ يُحِبَّ الْمَرْءَ لَا يُحِبُّهُ إِلَّا لِلَّهِ وَأَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُودَ فِي الْكُفْرِ بَعْدَ أَنْ أَنْقَذَهُ اللَّهُ مِنْهُ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِي النَّارِ*
_"Tiga perkara jika itu ada pada seseorang maka ia akan merasakan manisnya iman, orang yang mana Allah & Rasul-Nya lebih dia cintai daripada selain keduanya, mencintai seseorang yang ia tak mencintainya kecuali karena Allah & *benci untuk kembali kepada kekafiran* setelah Allah menyelamatkannya dari kekafiran tersebut sebagaimana ia benci untuk masuk neraka"_.
(HSR. Muslim)
Terakhir, Sekaligus penutup ya,,
Tips jitu dari Syaikh Ibnu Qayyim tentang 10 langkah mudah mendapatkan cinta dari Allah ﷻ...
Ada yg mau dicintai Allah ﷻ?
Cung 🙋
Ibnul Qayyim -rahimahullah- mengatakan (tentang langkah mendapatkan cinta Allah) .. maka hendaknya kita renungkan dan amalkan, serta berlomba-lombalah dalam mengamalkannya.
۱- قراءة القرآن والتدبر لمعانيه .
1. Membaca Al Quran serta (membaca dan) merenungi makna ayat2nya.
۲- التقرب إلى الله تعالى بالنوافل بعد الفرائض .
2. Mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan ibadah2 sunnah setelah ibadah2 yang wajib.
۳- دوام ذكره على كل حال .. باللسان والقلب والعمل والحال .. فنصيبه على قدر نصيبه من هذا الذكر.
3. Merutinkan dzikir kepada Allah dalam setiap keadaan .. dengan lisan, hati, perbuatan dan berbagai keadaan .. maka porsi (kecintaan Allah kepada kita tergantung dari) seberapa banyak porsi kita dalam melazimi dzikir ini.
قال بعض السلف : علامة حب الله كثرة ذكره .. فإنك لن تحب شيئا إلا أكثرت من ذكره .
Berkata sebagian ulama salaf : tanda2 kecintaan kepada Allah adalah dgn memperbanyak dzikir kepada-Nya .. tidaklah mungkin kamu mencintai sesuatu kecuali kamu pasti banyak mengingat2nya.
وعن أبي بن كعب قال : من أكثر ذكر الله برئ من النفاق ، لأن المنافقين لا يذكرون الله إلا قليلاً .
Dari Ubay bin Ka'ab berkata : barang siapa yg banyak berdzikir maka dia akan terlepas (selamat) dari sifat nifaq. Karena sesungguhnya orang2 munafiq itu sangat sedikit berdzikir kepada Allah.
٤- إيثار مرضاته ومحابه على محابك عند غلبات الهوى .
4. Lebih mengutamakan ridho dan cinta Allah diatas kecintaan mu walau hal tersebut bertentangan dengan hawa nafsu mu.
٥- مطالعة القلب لأسمائه وصفاته ومعرفتها .
5. Senantiasa menelaah hati tentang keyakinan kita terhadap nama2 & sifat2 Allah serta pengenalan kita (ma'rifah) kepada-Nya.
٦- مشاهدة بره وإحسانه ونعمه الظاهرة والباطنة .. فإنها داعية إلى محبته .
6. Mempersaksikan segala kebaikan, nikmat dari Allah, baik yang terlihat atau tidak .. karena sesungguhnya yang demikian itu akan menyampaikan kita kepada kecintaan Allah.
٧- انكسار القلب بكليته بين يدي الله عز وجل .
7. Berpasrah dengan merendahkan & menghinakan diri ketika beribadah / berdoa di hadapan Allah.
٨- الخلوة به لا سيما عند النزول الإلهي ، لمناجاته وتلاوة كتابه ، والوقوف بالقلب والتأدب بآداب العبودية بين يديه .. ثم ختم ذلك بالاستغفار والتوبة .
8. Senantiasa berkholwat (menyendiri) dengan Allah pada sepertiga malam terakhir, untuk bermunajat kepada-Nya & membaca kitab-Nya, serta menundukkan hati & beradab dgn adab2 yang baik dalam beribadah di hadapan-Nya .. kemudian mengakhiri kholwat dengan istighfar & taubat.
٩- مجالسة المحبين الصادقين .. والتقاط أطايب ثمرات كلامهم .
9. Bermajelis dengan orang2 yang mencintai kebenaran (orang sholeh) .. dan mengambil buah yang baik dari perkataan2 mereka.
١٠- مباعدة كل سبب يحول بين القلب وبين الله عز وجل .
10. Menjauhi seluruh sebab2 yang dapat memisahkan antara hati kita dengan Allah azza wa jalla.
Semoga bermanfaat
Akhukum fiLlah,
🌴 Satria Ibnu Abiy
🌸🌸🔷🔷🔷🌸🌸
TaNYa JaWaB
1⃣ iLya
Kalo kita bersama seseorang, kita memang bertambah ibadahnya tapi bukan karena bahagia tapi karena sedih, khidupan yg tidak tenang sehingga nambahin ibadah ya agar tenang... apa itu bisa di bilang cinta,,
Jawab:
Siapakah seseorang itu?
Teman or pacar?
2⃣ Linda
Gimana caranya supaya ngga mudah jatuh cinta ke makhluk allah , supaya cinta nya bisa fokus ke Allah,
Jawab:
Jaga pandangan 👀
3⃣ Dian
Gimana caranya menghilangkan perasaan lebih ke lawab jenis tad?
Lamalama ada feel ini jg takut tadz..
Jawab:
Perasaan itu lahir karena kekosongan di dalam hati kita. Yakni kosong dari cinta kpd Allah ﷻ...
Oleh sebab itu, jangan sampai hati kita kosong dr cinta kpd Allah ﷻ, agar cinta kpd selain-Nya tdk mudah masuk dan bersarang di dalamnya...
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
4⃣ Hye
klo dicintai Allah kn brati Allah bakal kasi ujian ya huhuuu..gmn itu tad?
ujian kn pst nda mengenakan.,,
Jawab:
Ujian memang gak enak, yg enak kan setelah ujian.
Utk dunia sj, kita gak bs naik kelas klo gak ikut ujian kan?
Trus utk akhirat gak mw diuji?
Tanya kenapa? 🤔
5⃣ Nur H.
Mengolah rasa cinta pada makhluk Allah itu gmna ustadz? Agar kita tdk smpai d Laknat Allah krn terlalu mencitai mAkhluk Ciptaan-Nya..
Jawab:
Coba baca lagi materinya, apa 3 ciri *CINTA YANG BENAR*
6⃣ Eka
Nanya usat 😁
Makna nya dari "Uhibukum fillah" itu apa ya usat? Terus ke siapa aja kita boleh ngomongnya, ke siapa aja yang gak boleh? Jazakallah khoir usat..
Jawab:
Uhibbukum = aku mencintai kalian
FiLlah = karena Allah ﷻ
Kalimat ini diucapkan kpd seluruh saudara2 muslim kita yg memang kita cintai krn Allah ﷻ (agamanya)
Yg gak boleh diucapkan kpd lawan jenis dgn tujuan caper alias cari perhatian,
7⃣ Zeeninik
Gmna dg sbuah kluarga yg sring bertengkar ustadz, ap itu cintanya bkan Lillah dan gmn cranya mndptkan ssorg yg pas dri sgi ilmu agama, materi, akhlak, dll, mhon pnjlasan,
Jawab:
Pertengkaran dlm rumah tangga itu (katanya) ibarat bumbu dlm masakan.
Apa jadinya masakan tanpa bumbu???
Namun jangan kebanyakan bumbu jg kali ya, khawatirnya malah rasanya jd gak karuan.
8⃣ Shinta
Ustadz saya mau tanya,,
Saya punya seseorang yang sering saya sebut dalam doa2 saya. Itu boleh tidak ya atau sama aja kaya gitu sama aja belum hak mencintai lawan jenis kalo belum menikah? 😁
Jawab:
Langsung lamar aja bu,,
9⃣ Cangla
Ustad mau tanya kalau ada temen kt lain jenis yg berusaha mendekati lantas bagaimana batasan" dalam islam tentang hal tersebut? lalu kalaupun sama" ada rasa tp yg pihak ikhwat tdk berani maju kehadapan orang tua lantas ada orang lain yg lebih siap utk mengkhidbah maka harus memilih yg mana ustadz sedangkan diantara keduanya sama" baik dlm hal agamanya..
Jawab:
Pilih yg berani menghadap ke orang tua.
Karena ia lebih laki dan gentle.
1. Hye
ya kalau ud dpt iji mah pst ikhwan brani lamar akhwat nya ust tp klo blm dpt ijin oetu nya gmn. padhl mrk slh sk
#eh
#ortuikhwantadimakasudnya.
Jawab:
Brarti rayu ortunya dlu, jangan rayu anaknya
2. Ortu ikhwan tad bukan akhwat. hati org bs berbolak balik kn tad dl ud iya tp msndadak nda boleh .
Jawab:
Knp bs mendadak ndk boleh?
3. iya kalau kita sreg sm ikhwan yg dtg ngelamar tad klo nda sreg gmn . . kn tar malah banding"in sm ikhwan yg lain.
Jawab:
Mesti ada penyebabnya kan,,
4. Nda paham juga tad kenapa. oetunya saklek..jodo anak nya msi dipilihin gt mgkn.
Jawab:
Coba ajak ngobrol
Sambil dipijitin, Dan buatin makanan/minuman kesukaannya
5. Yah tadz..klo misal tau hukumnya ortu nda boleh menyulitkan anaknya klo ud mau nikah dg alasan yg nda syari mst crt nya nda ksk gt tad 🤒.
Jawab:
Sambil dirayu mbak
Buat ortu kita "klepek klepek"
1⃣0⃣ Patimah
Ustads, bagaimana dengan orang tua yg memaksakan anak laki-lakinya untuk menikah dgn anak temanx....???
Sebagai seorang anak yg menyayangi/tidak ingin melihat ortux sedih, apakah harus di iyyakan sementara hati kecilx masih susah menerima...karena dy pengenx menikah dgn akhwat yg satu pengajian....
Jawab:
Laki2 harus bs berargumen di depan org tuanya.
Klo memang pilihan org tuanya tdk sesuai dgn pilihannya.
1⃣1⃣ Zeeninik
Ustadz d daerah sy umur 20 itu sdh pd nikah smua, kbtuln sya dn ade sy umur d ats 20 dn blum nikah,, jdinya mrsa minder ad, trus jg mrasa terbebani jg ustadz, gmn mnyikapinya ustadz?
Jawab:
Jika sudah berusaha mencari (lewat jalan yg halal tentunya), namun belum jg diberi rezeki berupa pasangan yg sholih, maka bertawakkal dan semakin dekatkan diri qt kpd Allah ﷻ. Mintalah kpd Allah ﷻ agar menghapus kegalauan kita, juga menenangkan hati dan pikiran kita.
Selain itu, coba utk memperbanyak puasa sunnah, krn sesungguhny puasa itu adalah perisai...
Bisa jg dgn menyibukkan diri dgn aktivitas2 yg bermanfaat, spt merintis usaha, aktif di rohis, dan yg semisalnya...
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
1⃣2⃣ Nita
Usat...ada 3 pilihan...yg 2 udah saya kenal lama...yg terakhir baru kenal..namun yg siap nikah yg terakhir ta'aruf...tapi saya belum tau bagaimana keluarganya..bagaimana tad?apa yg harus saya lakukan??
Jawab:
Pilih yg berani melamar ke rumah, dan pilih yg berani melamar kita di depan org tua kita.
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
1⃣3⃣ Asri
Assalamualikum ustad, saya punya teman ikhwan tp entah knp dia menanyakan apa saya ini termasuk alir wahabi??
Wahabi itu ap si ustad??
Jawab:
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Wahabi itu adalah penyematan yang diberikan oleh orang2 yang membenci dakwah syaikh Muhammad bin Abdul Wahab.
Karena menganggap dakwah Syaikh Muhammad terlalu keras dan tidak kenal kompromi...
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
1⃣4⃣ Patimah
Ustads, katax cari pendamping itu yg sekufu terutama dalam hal agama....sekufu dalam hal agama maksudx di sini mintol di jabarkan...???
Bagaimana jika saat kita taarufan dan menyadari bahwa kapasitas keilmuan kita terlalu jauh dibawahx, jadix susah singkron....*karena alasan takut pada akhirx dzolim pd pasangan kelak, apakah ahsan untuk tdk melanjutkan proses taarufanx...???
Jawab:
Sekufu maknanya adalah selevel atau sama tingkatannya.
Namun dalam kasus2 trtentu, boleh sj jika mmg ada calon pasangan yg tdk mempermasalahkan kesekufuan ini, jika ia memiliki alasan yg lebih rajih dan shahih tentunya.
Misalnya walau ilmu agamanya msh tahap belajar, tp karena seorang yg memiliki IQ tinggi dan kecerdasan yg di atas rata2, maka boleh saja memilihnya...
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
1⃣5⃣ Nida
Ustadz ikut nanya juga,,bagaimana caranya kita tau seseorang itu adalah jodoh kita?
Jawab:
Saat kita dipersatukan dalam ikatan pernikahan yg sah,
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
1⃣6⃣ Aditya
"Ustad,saya mau nanya ini salah satu prestasi terbesar syaitan kan adalah menceraikan suami-istri. Saya ingin tahu faktor2 apa saja yg bisa menyebabkan masalah disana? Khususnya komunikasi bagaimana bisa mengatasi kesalahpahaman yg sering terjadi antara suami istri?"
(Bekal klo udah nikah hohoho)
Jawab:
Faktor utama yang bisa membuat kerukunan (sakinah), mawaddah & rohmah dalam sebuah rumah tangga adalah KEIMANAN dan TAQWA yang benar kepada Allah ﷻ.
Adapun masalah selainnya (termasuk komunikasi), in syaa Allah ﷻ bisa dengan mudah dipelajari jika memang keduanya memiliki kesamaan iman dan taqwa di dalam pernikahannya.
Perbanyak juga membaca dan mencari literatur dan rujukan sebagai bekal dalam mengarungi luasnya perjalanan berumah tangga nantinya...
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
1⃣7⃣ Yanti
Ikutan nanya ya ustadz..gimana kalo selama menikah rumah tangganya itu selaluu di isi dengan pertengkaran? Dan setiap masalah kecil jd besar?dan kl suami tidak bisa baca alquran bagaimana ustadz? Mudah tersinggung dan selalu mencari2 kesalahan istri?apakah itu bisa dikatakan rumah tangga yg berkah? Makasih ustadz jawabannya..
Jawab:
Jika memang sedari awal suami/istri sudah yakin dengan pilihannya untuk memilih pasangannya, maka semestinya segala kekurangan dan ketidak sempurnaan pasangannya harus menjadi perhatian dan PR bersama untuk memperbaikinya, bukan malah disesali apalagi dibenci, jangan!!!
Jika pun si istri lebih dulu mendapat sentuhan hidayah, maka cobalah ajak suaminya juga agar bisa tersentuh dengan dekapan hidayah Allah ﷻ...
Ajaklah ia dengan sepenuh cinta yang dipunya...
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
1⃣8⃣ Widya
Ustad mau maaf mau tanya dan minta soluai serta pendapat 😊
Gimana jika orang tua menginginkan anaknya segera melangsungkan pernikahan tapi anaknya belum siap lahir batin tadz. Gimana solusi serta pendapat nya tadz ??
Mohon jawabnya terimaksih
Jawab:
Jika ortu sudah memberi izin, maka itu berarti ortu menganggap kita sudah siap untuk melakukannya.
Mungkin cuma perasaan kita saja yang mengatakan belum siap...
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
🌸🌸🔷🔷🔷🌸🌸
PeNuTuP
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان
لا إله إلا أنت
أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel