Recent in Fashion

Best Seller Books

Membersihkan Hati Yang Kotor



OLeh : Ustadz Rudiawan Sitorus

MEMBERSIHKAN KOTORAN HATI
Hati itu tempat hidayah masuk, hati adalah raja dalam tubuh.Bila hati berpenyakit maka akan mempengaruhi aktivitas anggota tubuhnya yg lain.Hati yg bersih suka dengan kebaikan dan risih dengan keburukan. Sebab itu Rasulullah saw berwasiat kepada kita agar memperhatikan kebersihan hati kita.Rasulullah saw bersabda :
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا أَخْطَأَ خَطِيئَةً نُكِتَتْ فِى قَلْبِهِ نُكْتَةٌ سَوْدَاءُ فَإِذَا هُوَ نَزَعَ وَاسْتَغْفَرَ وَتَابَ سُقِلَ قَلْبُهُ وَإِنْ عَادَ زِيدَ فِيهَا حَتَّى تَعْلُوَ قَلْبَهُ وَهُوَ الرَّانُ الَّذِى ذَكَرَ اللَّهُ ( كَلاَّ بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ) »
Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Seorang hamba apabila melakukan suatu kesalahan, maka dititikkan dalam hatinya sebuah titik hitam. Apabila ia meninggalkannya dan meminta ampun serta bertaubat, hatinya dibersihkan. Apabila ia kembali (berbuat maksiat), maka ditambahkan titik hitam tersebut hingga menutupi hatinya. Itulah yang diistilahkan “ar raan” yang Allah sebutkan dalam firman-Nya (yang artinya), ‘Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka’' (HR. At Tirmidzi no. 3334, Ibnu Majah no. 4244, Ibnu Hibban (7/27) dan Ahmad (2/297). At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan.)
Hati yg mulai kotor ia mulai kehilangan sensitifitas trhdap dosa dan lemah melakukan ketaatan kepada Allah swt. Hati yg brpnyakit kalau pun ia pnya keinginan sholat qiyamul lail, tubuhnya tidak akan kuat memenuhi keinginannya itu. Jam alrm sudah di buat alarm 1 sampai 5 tapi dia hnya mnikmati bunyi alrm tsb dan lemah utk bangun melawan hawa nafsunya, bahkan kalau ia terbangun ia akan tidur kembali. Bgitulah hati itu lemah utk taat kpd Allah.
Lihat lah mereka yg hatiny bercahaya mrka bgtu mudah bangun qiyamul lail , kadang mrka tdk butuh alarm krna alarm mereka adalah hati yg slalu ingat kpd Allah. Stlah bangun mrka mngangkat takbir...getran ayat2 al qur'an bgitu nikmat mnyelinap dalam qolbunya...air mata kerinduan kpd Allah pun mngalir, isak tangis rasa takut hamba kpd Robb-Nya
"Dua mata yang tidak akan disentuh oleh neraka; mata yang menangis karena takut kepada Allah dan mata yang berjaga di jalan Allah.” (HR. At-Tirmidzi).
Mereka yg hatinya bercahaya terbuka mata hatinya untuk mnjadikan apa yg tercipta dan trjadi sebagai ibrah yg berharga.Ketika ia melihat alam smesta dia bukan cuma gmbira karena indahnya lukisan alam ciptaan Allah, tapi ia menangis krena krnduan akan brtmu Allah yg Maha Indah.Melihat jenazah yg d hantarkan k kuburan, ia jadikan sarana muhasabah suatu saat kelak ia akan mnyusul k alam baqa.
Berdoalah setiap saat agr hati kta slalu istiqomah dalam agama dan ketaatan kepda Allah.Rasulullah selalu mengulang2 doa :
اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ
“Allahumma mushorrifal quluub shorrif quluubanaa ‘ala tho’atik” (Ya Allah, Dzat yang memalingkan hati, palingkanlah hati kami kepada ketaatan beribadah kepada-Mu)
Dari ‘Abdullah bin ‘Amru bin Al ‘Ash berkata bahwasanya ia pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ قُلُوبَ بَنِي آدَمَ كُلَّهَا بَيْنَ إِصْبَعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ الرَّحْمَنِ كَقَلْبٍ وَاحِدٍ يُصَرِّفُهُ حَيْثُ يَشَاءُ ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ
“Sesungguhnya hati semua manusia itu berada di antara dua jari dari sekian jari Allah Yang Maha Pemurah. Allah Subhanahhu wa Ta’ala akan memalingkan hati manusia menurut kehendak-Nya.” Setelah itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berdoa; “Allahumma mushorrifal quluub shorrif quluubanaa ‘ala tho’atik” (Ya Allah, Dzat yang memalingkan hati, palingkanlah hati kami kepada ketaatan beribadah kepada-Mu) (HR. Muslim no. 2654). An Nawawi membawakan hadits ini dalam bab, “Allah membolak-balikkan hati sekehendak-Nya.”)
🌸🌸🐝🐝🐝🌸🌸
TaNYa JaWaB
1⃣ Ummu Fatum
Manakalah seseorang sdg proses berhijrah n selalu berusaha membersihkan hati terutama menghindari ghibah tp seiring dgn itu ybs mendengar dirinya sendiri menjadi topik pergunjingan..trik apa kiranya supa bisa membersihkan hati agar tdk merasa ada sakit di hati mnakala kita tahu kita di gunjingkan ??
Jawab:
Orang yg mngunjing kita itu adalah orang yg paling prhatian sm kita, kita harus mnsyukurinya...
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain, (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik daripada wanita (yang mengolok-olok). Janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk.” ( al hujarat : 11)
Ia menampilkan akhlaq buruk...kita harus balas dgn akhlaq yg baik yaitu sabar dan doa,
2⃣ Mah Gibral
Mana yg baik bertman dngn sesama muslim tapi jauh dri norma"islam sudah di ingatkan tapi ttp melanggar ajaran"islam.
Atau bertman dngn non muslim tapi tidak prnah berusha merusak adab atau kluar dri jalur"agama masing " intinya yg non muslim mlh lbh bisa jaga sikap.
Syukron jazakillah seblumnya,
Jawab:
Muslim yg baik akan berakhlaq baik z" sebaik" kalian (muslim) yg paling baik akhlaqnya" kalau pun ia belum baik suatu saat ia bljar islam ad ksmpatan utk baik. Tp non muslim dia mungkin baik sm kita...tapi dia tdk baik sm Allah (musyrik) dan Rasulullah (mengingkari Rasulullah). Bertman dgn non muslim skdrnya saja jgn Jadi teman akrab yg bs jd suatu saat akan mengoyahkan iman kita,,
3⃣ Yeyen
Ijin nanya ustadz .
Bagaimana cara membersihkan hati dari orang yg telah berkali " mendzalimi, terus bagaimana pula cara menghadapinya bila bertemu. Krn yg bersangkutan adalah kerabat, jadi lebih sering bertemu . Syukron
Jawab:
Hati yg bersih itu memiliki jiWa yg luas untuk menampung siapa sj yg mnzaliminya dgn snyuman dan balasan yang ...mereka yg bertaqwa memaafkan stiap kesalahan.
(QS. Ali imran : 134)
4⃣ Dewi
Ustadz... untuk perbuatan2 yang jelas2 salah kita akan sangat mudah mengenalinya sebagai perbuatan yang mengotori hati... tapi akan sangat sulit untuk sesuatu yang sangat halus masuknya. Kalau menurut pengalaman ustadz ... apa kira2 perbuatan yang paling sering tidak sengaja kita lakukan yang membuat hati menjadi tidak bersih, tidak ikhlas... yang kadang sering sudah diusir dengan istighfar masih berasa mengganggu.
Terimakasih sebelumnya ustadz
Jawab:
Riya' itu syirik khofi (tersembnyi) karena pelakunya kadang tdk mnyadari...ini yg sring menjangkiti para asatiz asatizah...sebab itu harus sring brmhasabah dan memprbaharui niat.
5⃣ Ella
Mohon ijin nanya ustadz: setiap hari nya iman kita selalu Up n Down. Ketika Down,, seringkali muncul rasa tdk yakin trhada sgala kuasa Allah dan takut akan ketentuan Allah nnti nya. Apakah rasa tdk yakin & takut itu trmasuk penyakit hati kotor ustad? Bgmn solusi utk rasa tdk yakin dan takut ini? Trmksh🙏
Jawab:
Keraguan itu gambaran pnyakit hati...karena hati yg penuh iman tdk ada keraguan terhadap Allah dan Rasul -Nya.
"Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar" (15)”.
(Qs. al-Hujurat: 15).
6⃣ Peppi
Ustadz, apa saj ayg harus kita lakukan untuk bisa memaafkan orang yg berbuat dzalim kepada kita agar kita benar2 memafkannya tanpa ada lagi unek2 di hati... ?
Jawab:
Luka itu mgkn susah hilang...tapi jika kita tdk memaafkan sprti kita minum racun lalu brharap orang yg mnyakiti kita mati...justru yg tdk memaafkan lah yg akan mati...ia akan sengsara memikirkan musuhnya smntara musuhnya tidur nyenyak...lupakan dan berlapang hati...
7⃣ iis
Ustadz kenapa ya kadang2 perasaa hati tu sangat tidak nyaman, kadang terasa berat dn sesak. Apa krn dosa kita yg terlalu banyak? Bagaimana cara mengatasi nya?
Jawab:
Perasaan tdk nyaman dan sesak, itu diakibatkan adanya perasaan tdk tenang dng ketentuan dan pemberian Alloh SWT.
Maka hati yg bersih , hati yg sll di bersihkan, di sucikan, dia merasa tenang setiap menerima takdir yg Alloh berikan.
Krn apapun yg Alloh berikan, dia meridhoinya dan dia menganggap itu adalah pemberian terbaik dr Alloh SWT.
Oleh krn itu, cara mengatasinya sll berhusnudzon kpd Alloh dan selalulah mencari ridho Alloh SWT.
8⃣ Imah
Teman itu ibarat cermin dari kita....
Saat kita bertekad ingin hijrah ke arah yg lebih baik, perlahan-lahan beberapa teman yg dulu begitu akrab tiba2 menjauh, padahal tidak pernah ada keinganan memutuskan tali silaturahim yg sudah terjalin....
Apa proses berhijrah mempengaruhi kedekatan hati yg sdh ada...???Jika dalam kondisi demikian, apa proses kita dalam berhijrah ada yg salah...??? Bagaimana proses berhijrah yg ahsan, tidak melukai dan memberi manfaat kepada yg lain...???
Jawab:
Memang ketika qta hijrah maka bny konsekuensi yg hrs qta hadapi,
🔵Hijrah itu berarti merubah kebiasaan,, kebiasaan" buruk yg dl qta hilangkan dan qta memiliki kebiasaan baru yaitu kebiasaan yg baik.
Bgt jg dng teman" qta yg dl melakukan perbuatan dosa dan maksiat, bny melakukan perbuatan sia" maka qta merubah teman qta menjadi teman yg baik, krn teman" akrab itu semua d dunia akan menjadi musuh d akhirat kecuali teman" yg bertaqwa.
ﭐﻟْﺄَﺧِﻠَّﺎٓﺀُ ﻳَﻮْﻣَﺌِﺬٍۭ ﺑَﻌْﻀُﻬُﻢْ ﻟِﺒَﻌْﺾٍ ﻋَﺪُﻭٌّ ﺇِﻟَّﺎ ﭐﻟْﻤُﺘَّﻘِﻴﻦَ
"Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa".
(QS. Az Zukhruf: 67)
Jd ketaqwaan itu menjadi landasan utama dlm berteman. Krn teman" yg bertaqwalah yg akan bisa mengajak qta ke surga,,
Sedangkan teman" yg jauh dr ketaqwaan justru akan menjerumuskan qta ke dlm perbuatan sia".
Dan bisa jd qta terjerumus dlm perbuatan" yg memasukkan qta ke dlm api neraka.
9⃣ Bahra
Afwan, mau tanya ustadz..
Ketika melakukan suatu kebaikan , misalnya bersedekah atau menolong orang lain, sebisa mungkin membuang perasaan ujub di dalam hati, tapi tetap saja terkadang terlintas pikiran biasanya atau bisikan d dalam hati seperti membanggakan diri dan memuji diri sendiri.
Tapi setelah itu biasanya sy perbanyak istighfar dan tetap berusaha ingat untuk luruskan niat.
Apa itu termasuk ciri2 hati yg kotor ustadz? Bagaimana carax supaya bisa meluruskan niat tanpa harus ada godaan utk ujub d dalam hati?
Jawab:
Setiap qta melakukan kebaikan, pasti ada bisikan" syetan yg tdk menyenangi kebaikan yg qta lakukan.
Dia akan membisikkan ketidak ikhlasan dlm diri qta.
Dia akan membisikkan rasa takut qta untuk melakukan kebaikan.
Seperti dlm Surah An-Nas Ayat 5 yg artinya
" Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia".
Syetan" itu membisikkan di dlm dada manusia rasa was", rasa keraguan. Oleh krn itu ketika ada bisikan" yg tdk baik yg mengarahkan qta kpd amal" yg riya', maka berlindunglah kpd Alloh dr syetan" yg terkutuk.
Maka bacalah :
a’udzubillahi minasy syaithonir rojim
(Aku berlindung kepada Alloh dari setan yang terkutuk).
Atau Doa yg berikutnya :
Rabbi a’udzubika min hamazatisy syayathin wa a’udzubika robbi an yahdhurun
(Wahai Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari goresan setan dan aku berlindung kepada-Mu dari kehadiran mereka).
Kemudian qta beristigfar, bermuhasabah, krn tdk ada dosa yg tdk d ampuni dng istigfar yg tulus, istigfar yg sungguh", taubat yg sungguh".
Anas Bin Malik radhiyallahu 'anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
ﻛُﻞُّ ﺍﺑْﻦِ ﺁﺩَﻡَ ﺧَﻄَّﺎﺀٌ ﻭَﺧَﻴْﺮُ ﺍﻟْﺨَﻄَّﺎﺋِﻴﻦَ ﺍﻟﺘَّﻮَّﺍﺑُﻮﻥَ . ﺭﻭﺍﻩ ﺍﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ
Artinya: "Setiap anak Adam sering melakukan dosa dan sebaik-baiknya orang yang melakukan dosa adalah orang-orang yang bertaubat" .
(HR. Ibnu Majah, no. 4251, dan dihasankan oleh Al-Albani).
1⃣0⃣ Phity
tanya ustadz...
kalau ada org yg dzolim pd kita, kita sudah menasehatinya, tapi blm ada perubahan dan malah membuat semakin sakit hati dgn perilakunya...
akhirnya memilih diam dan memutus silaturahmi.. apakah sikap itu baik? atau sebaiknya bgmana..
Jawab:
Tetaplah berbuat baik pada siapa pun yg berbuat buruk kpd kita ...karena kualitas kita adlh sikap kita mghadapi kburukan itu dgn positif...mnyambung tali sltahima itu adalah keimanan memutuskannya adalah kekufuran...
Alloh tdk mnyukai tali silaturahim yg trputuz.

1⃣1⃣ Susan
Ustadz ana mau bertanya, apakah karena ada gangguang jin dalam diri ana, masalahnya setiap kali melihat abg ana bawaan ana benci dan marah sama dia. Dimasa lalu dia begitu sering membuat keluarga khawatir bahkan sampai ribut gara2 dia. Suasana hati ana selalu berubah ketika berharapaberharap an langsung dengan dia, namun kalau tidak bertemu terkadang ada keinginan untk baikan atau becanda sama dia. Mohon pencerahannya ustad,,
Jawab:
Bisa jadi itu sihir baca setiap pagi dan petang
• Surat Yunus : 81 – 82
Ayat lainnya adalah :
Surat Al A’raf : 117-122, Surat Thaha : 69-70, Al-Furqan (ayat 32 ), Anbiya' (ayat 70 ), An-Nur (ayat 39 ), Al-Isra' (ayat 81 ), Fussilat ayat 42 ), Fatir ayat 10 ), Anbiya' (ayat 18 ), Al-A'raf (ayat 18 ), Kahfi (: ayat 98 ), Taha (ayat 69 )
1⃣2⃣ Nur Jannah
sy lg bahas n ngapalin hadits arbain nmr 4,sedih klo inget akhiran haditsx ustadz, sy إن شاء الله berusaha melakukn amaln trbaik tiap hr tp ada sj masalah🙏🙏�,terutama masalah dgn hati, kadang lisan tak sengaja jg ikut2an ngoceh🙏🙏�,gmana ustadz??
Jawab:
Istiqomah dengan snantiasa mnuntut ilmu, berteman dgn orang" sholeh, bangun tngah malam mohon agar dberikan hati yg istiqomah.
1⃣3⃣ Ratna
Ustdz afwan, bgaimna cara kita mnata hati agar gk selalu mlihat ketas, mksudnya mlihat segala kelebihan org laen gtu ustdz? , baek materi dan laen".
Jawab:
“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.”
(HR. Bukhari dan Muslim)
Ingat kematian adalah kuncinya...
1⃣4⃣ Yanti
1. Bila ada sodara kita dulu sewaktu dia sulit kita banyak bantu,skrg ketika dia sudah mulai kaya nunjukin kekita dgn agak seperti ingin pamer sedangkan keadaan kita skrg sedang sulit,bagaimana kita mensikapinya tadz?
2. Mungkinkah kejatuhan suatu usaha itu disebabkan seringnya terjadi pertengkaran dlm rumah tangga dan karena seringnya suami menyakiti hati istri?
makasih ustadz..
Jawab:
1. Jika qta memiliki iman yg benar dlm dada qta, hati yg bersih dlm jiwa qta, maka qta tdk akan pernah iRi dng kekayaan, iRi dng keberhasilan orang lain.
Tp qta justru iRi melihat amal" kebaikan yg bny dilakukan oleh orang lain.
Rasullullah bersabda "iRi itu dilarang kecuali dalm DUA hal :
🔵 iRi terhadap orang yg di anugerahkan Alloh Al Qur'an kemidian ia membacanya setiap pagi dan petang, setiap situasi dan keadaan.
🔵 iRi terhadap orang yg Alloh anugerahkan harta, kemudian hartanya d gunakan untuk infak, d dermakan d jalan Alloh SWT.
Maka iri terhadap orang yg membaca Al Qur'an setiap saat, iri terhadap orang yg rajin berinfak, rajin mendermakan hartanya itu adalah iRi yg diperbolehkan.
Krn membuat qta semakin semangat melakukan amal.
Tp iri dengki dlm harta benda, justru itu akan membuat hati qta semakin berpenyakit.
Maka berbahagialah atas kebaikan orang lain, dan bersedihlah atas kesedihan orang lain,, yg l itu adalah iMaN.
Jikalau kemudian d dlm hidup qta, qta mengalami berbagai macam guncanga, berbagai macam godaan yg berkaitan dng lemahnya iman, maka qta kembali kpd Alloh SWT.
2. Ada kaitan yg sangat kuat antara keharmonisan rumah tangga dng faktor ekonomi, krn ketika rumah tangga qta harmonis, ketika qta mencintai, ketika qta saling menyayangi MAKA ada kedamaian, ada kebahagiaan dan itu membuat rejeki mengalir dng deras.
Krn malaikat pun mendoakan qta, alam semesta ini senang dng qta.
Tp pertengkaran, percekcokkan justru akan membuat sesuatu yg negatif. Akhirnya syetan yg akam bersarang d rmh qta dan rejeki qta akan jauh.
Dan doa dr pasangan itu adalah doa yg ydk terhijab.
Seorang istri yg berdoa akan suaminya, seorang suami yg mendoakan istrinya, itu akan membuat pintu rejeki terbuka lebar.
Maka untuk membuat rejeki qta, untuk menjemput rejeki qta, untuk memancing rejeki qta menjadi rejeki yg mengalir seperti magnet yg menarik besi" yg ada d sekitar. Maka keharmonisan itu akan bisa menarik REJEKi untuk mengalir dlm rumah tangga qta.
Maka HARMONiSLAH, maka saling MENCiNTAi antara SUAMi dan iSTRI.
1⃣5⃣ Meymey
Selalu terlena dng suara alarm yg sdh di setting utk bangun Qiyamul Lail,, selalu nya itu.. apakah krn hati sdh terlalu kotor? Solusinya gmn spy tdk terlena lg?😬😬🙏
Jawab:
Qiyamul LaiL itu adalah hadiah Alloh bg mrk yg menjaga amal" yg wajib, kemudian bg mrk yg rutin mencintai amal" sunnah.
Orang yg rajin sholat dhuha, orang yg rakin dzikir, al maksurat, orang yg rajin membaca Al Qur'an, orang yg rajin bersedekah, orang yg rajin melakukan kebaikan" di wkt siang di wkt pagi di wkt petang, Pagi.. Siang.. Petang.. Penuh dng kebaikan, Maka d mlm hari Alloh akan hadiahkan yaitu bisa bangun Qiyamul LaiL.
Krn orang yg Qiyamul LaiL itu adalah hamba" pilihan Alloh.
Rasulullah bersabda:
"Alaikum biqiyaamil laili fainnahu min da'bish shaalihiin qablakum".
Hendaklah kalian sholat tahajud, krn sholat tahajud itu adalah kebiasaan orang" sholeh sebelum kalian.
Orang" sholeh dr nabi Adam sampai Nabi Muhammad SAW. Sampai akhir zaman itu membiasakan dirinya Qiyamul LaiL.
1⃣6⃣ Nida
Ustadz saya mau nanya ketika kita sudah ditetapkan oleh Allah tentang urusan dunia,lantas sulit menerima apakah itu termasuk hati yg kotor lalu bagaimana caranya kita benar" ikhlas menerima ketetapan yang Allah berikan pada kita ?
Jawab:
Bagi orang yg mencintai Alloh, yg mencintai Rasulullah, yg imannya tertanam dlm jiwa maka tdk ada keburukan atas takdir yg Alloh berilan kepadanya.
Kebaikan dan keburukan itu adalah menyikapi sebuah takdir.
Jika dia kemudian ditimpa musibah, dia bersabar, sabar menjadi pahala.
Ketika dia di berikan nikmat dia bersyukur, syukur jg menjadi pahala.
Maka orang yg beriman tdk pernah menyesali atas semua peristiwa yg menimpanya. Justru dia menyikapi semuanya dng bijak. Krn Alloh SWT. menyukai orang" yg ridho terhadap takdirnya.
"radhiyallahu‘anhum wa radhu ‘anhu"
Alloh meridhoinya dan mereka meridhoi Alloh SWT.
Maka orang" yg di ridhoi oleh Alloh, dia adalah orang" yg sll menyikapi semua takdir Alloh dng sangka baik.
Sesungguhnya Alloh tergantung prasangka HambaNYA.
1⃣7⃣ Tatik
Ust bgmn jika kita diminta taujih trus di majelis itu ada yg suka motong" pembicaraan & menyimpulkan sendiri menurut pemahamanx dng suara yg mengganggu alias keras. Hati ni rasax bgmnaaaaa gitu...
Jawab:
Seseorang akan memberikan apa yg ia pny, jikalau ia pny keburukan dlm hatinya maka yg keluar adalah keburukan". Jikalau ia memiliki kebaikan maka yg keluar dr lisannya adalah kebaikan". IMaN seseorang tdk akan Lurus sebelum Lurus Lisannya. Maka Lisan yg Lurus adalah Lisan yg sll menyampaikan kebaikan.
Maka kalau qta melihat keburukan yg di sampaikan oleh seseorang itu menjadi cermin bagi qta dan jd syukur bagi qta bahwa Alloh perlihatkan keburukkan di orang lain dan kemudian qta tdk mencontohnya.
Qta kemudian menjadi ikut pelajaran bhw bgt lah sikap buruk dan begitu sakit hati orang lain dr sikapnya.
Maka merendahlah, maka kemudian terimalah dan tersenyumlah, krn qta di UJi oleh Alloh untuk beraikap baik.
1⃣8⃣ Nurlaela
Maaf tanya lg ustadz,, Bagaimana cara mengatasi org yg sll suudzon sama kita?
Jawab:
Suudzon itu muncul krn jarak yg bgt jauh antara seseorang dng yg lainnya. Maka jikalau jarak itu dekat jikalau kemudian sudah muncul kepercayaan, maka suudzon akan hilang.
Maka oleh itu bangun kedekatan, saling memberi hadiah, saling silaturahim. Kemudian berdoalah kpd Alloh. Mudah"an Alloh SWT. membukakan pintu hatinya untuk prasangka baik. Dan tersenyumlah, berbuatlah kebaikan kpd orang" yg suudzon, krn dia memberikan keburukan kpd qta. Maka qta tunjukkan kualitas diri qta dng melakukan kebaikan.
1⃣9⃣ Eka
Pak ustad saya mau nanya jika kita punya rencana bersedekah ke anak yatim terus tiba" ada sodara yg membutuhkan manakah yg di dahulukan???
Jawab:
Sedekah yg paling utama itu adalah sedekah yg qta berikan kpd kerabat dekat terdahulu sebelum kpd orang lain. Yaitu pemberian kpd orang tua, kpd saudara" dekat qta. Jng sampai qta memberi kpd orang lain begitu bny kemudian qta melupakan saudara" dekat qta. Alloh berfirman :
ﻟَﻴْﺲَ ﺍﻟْﺒِﺮَّ ﺃَﻥْ ﺗُﻮَﻟُّﻮﺍ ﻭُﺟُﻮﻫَﻜُﻢْ ﻗِﺒَﻞَ ﺍﻟْﻤَﺸْﺮِﻕِ ﻭَﺍﻟْﻤَﻐْﺮِﺏِ ﻭَﻟَﻜِﻦَّ ﺍﻟْﺒِﺮَّ ﻣَﻦْ ﺁَﻣَﻦَ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺍﻟْﻴَﻮْﻡِ ﺍﻟْﺂَﺧِﺮِ ﻭَﺍﻟْﻤَﻠَﺎﺋِﻜَﺔِ ﻭَﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏِ ﻭَﺍﻟﻨَّﺒِﻴِّﻴﻦَ ﻭَﺁَﺗَﻰ ﺍﻟْﻤَﺎﻝَ ﻋَﻠَﻰ ﺣُﺒِّﻪِ ﺫَﻭِﻱ ﺍﻟْﻘُﺮْﺑَﻰ ﻭَﺍﻟْﻴَﺘَﺎﻣَﻰ ﻭَﺍﻟْﻤَﺴَﺎﻛِﻴﻦَ ﻭَﺍﺑْﻦَ ﺍﻟﺴَّﺒِﻴﻞِ ﻭَﺍﻟﺴَّﺎﺋِﻠِﻴﻦَ ﻭَﻓِﻲ ﺍﻟﺮِّﻗَﺎﺏِ ﻭَﺃَﻗَﺎﻡَ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓَ ﻭَﺁَﺗَﻰ ﺍﻟﺰَّﻛَﺎﺓَ ﻭَﺍﻟْﻤُﻮﻓُﻮﻥَ ﺑِﻌَﻬْﺪِﻫِﻢْ ﺇِﺫَﺍ ﻋَﺎﻫَﺪُﻭﺍ ﻭَﺍﻟﺼَّﺎﺑِﺮِﻳﻦَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺒَﺄْﺳَﺎﺀِ ﻭَﺍﻟﻀَّﺮَّﺍﺀِ ﻭَﺣِﻴﻦَ ﺍﻟْﺒَﺄْﺱِ ﺃُﻭﻟَﺌِﻚَ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺻَﺪَﻗُﻮﺍ ﻭَﺃُﻭﻟَﺌِﻚَ ﻫُﻢُ ﺍﻟْﻤُﺘَّﻘُﻮﻥَ
"Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa".
( QS. Al Baqarah: 177)
Bahkan dlm hadish riwayat Tabrani : "Alloh tdk menerima sedekah yg diberikan kpd orang lain, sementara kerabat dekatnya itu membutuhkan uluran tangan dan ia tdk memberinya".
Oleh krn itu bersedekah kpd kerabat itu lbh utama drpd kepada orang lain.
2⃣0⃣ Bahrah
Bagaimana caranya agar sholat bisa khusyuk?
Terkadang sudah berusaha sebaik mungkin membaca bacaan sholat dengan tenang (tidak terburu2), antara lisan yg mengucapkan bacaan sholat, tapi hati malah bicara sendiri diluar bacaan yg lisan ucapkan atau memikirkan hal lain.
Jawab:
Sholat khusyu' itu adalah hadiah dari Allah Subhanallah wata'ala bagi mereka yg memiliki iman, bagi mereka yg memiliki ke Istiqomahan, bagi mereka yg menjaga dirinya untuk tetap bersama Allah Subhanallah wata'ala..
Allah berfirman dalam QS Al Mukminun Allah SWT berfirman:
قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ
الَّذِينَ هُمْ فِى صَلَاتِهِمْ خٰشِعُونَ
(QS. Al-Mu'minun: Ayat 1-2)
_"Beruntunglah org2 yg beriman, yaitu mereka yg dihadiahkan Allah ke khusyu an dalam sholat nya."_
Jadi ketika kita semakin memelihara jiwa kita, hati kita selalu berdekatan dengan Allah SWT., menjaga amal" kebaikan kita , menjaga perbuatan-perbuatan dosa dan maksiat maka Allah SWT. akan anugerahkan ke khusyu an Krn hakikatnya sholat itu adalah pertemuan kita dengan Allah.
Maka nya Rasulullah menyebutkan dalam sebuah hadits "Maka sembahlaah Allah, Sholat lah, seolah-olah kau melihat Allah. Kalau kamu tak sanggup seolah-olah engkau melihat Allah maka yakinkan dalam hati mu bahwa Allah sedang memperhatikan dan melihat sholat mu".
Maka org yg khusyu adalah org yg selalu merasa diperhatikan Allah dalam sholat nya, org yg mencintai Allah maka pertemuan yg paling asyik, pertemuan yg paling disukai adalah pertemuan dengan kekasih nya , pertemuan dengan yg di cintai.
Orang yg mencintai Allah pasti merindukan dan sangat asyik dan sangat menikmati pertemuan itu dengan ke khusyu an.
2⃣1⃣ Atik
Begini,, Saya punya bulek.
Beliau punya anak. Tp tdk akur. Jadi ada sesuatu hal yg buat mrk tdk akrab. Malah jadi musuhan. Ga' perlu sy ceritakan ya sebabnya. Krn tkt aib. Yg kasihan bule saya. Krn sbnrnya belio Sdh hrs istirahat. Tp msh hrs jualan sana sini krn anak2nya tdk ada yg bantu. Apa yg bs sy lakukan utk memperbaiki hal tsb. Krn sy sgt menjaga diri utk tdk terlalu ikut campur.
Selama ini Sy hanya support bule saya tsb jk kesusahan dlm keuangan maka sy bantu.
Jawab:
Bisa jadi anak itu adalah ujian, ujian apakah kita tetap melakukan kebaikan, apakah kita tetap istiqomah, oleh krn itu ketika memiliki seorang anak yg bandel, seorang anak yg durhaka seorang anak yg tidak mau membantu ibu nya maka sikapilah itu sbg ujian dalam hidup kita. Krn para nabi pun ada yg memiliki anak yg durhaka.
Nabi Nuh 'alaihi salam bukan cuma anak tp istri nya pun tidak mau mengikuti ajaran, tidak mau mengikuti apa yg dia bawa. Kedurhakaan pada ayah nya, begtu juga seorang ayah yg kemudian tidak mau mengikuti risalah yg dibawa oleh anak nya Nabi Ibrahim 'alaihi salam, dan begitu juga seorang istri yg kemudian mendurhakai suami nya, seorang suami yg mendurhakai istri nya yg tidak mau berbuat baik kepada istri nya.
Oleh karena itu ketika kita menyikapi itu sbg ujian maka kita akan menjadikan itu ladang amal kita, sambil berdoa. Doa seorang ibu itu doa yg tidak ada batas dan Alloh SWat. mengabulkan doa dari seorang ibu yg tulus ikhlas. Mudah-mudahan suatu saat anak itu akan berubah dan akan menemui ibu nya sbg ibu yg harus ia bantu, sbg ibu yg harus ia perhatikan, Sbg ibu yg harus ia sayangi.
2⃣2⃣ Neni
Ustadz kenapa kalau Bulan Ramadhan Qiyamul Lail bisa full satu bulan gak mau tertinggal satu malam pun, kalau bulan" lain Qiyamul Lail bolong", terlalu kotor kah, hati ana? mohon jawabannya ustadz,,
Jawab:
Kadang kita beramal tergantung dgn suasana, ada suasana baik kita berbuat baik, suasana yg tidak kondusif kemudian kita menunda kebaikan kita. Ramadhan adalah dimana suasana kebaikan itu hampir merata, itulah yg membuat kita kemudian melakukan dengan semangat.
Qiyamul Lail di Ramadhan itu berbeda dgn Qiyamul Lail di luar Ramadhan Krn Ramadhan itu suasananya baik, Ramadhan suasananya penuh dgn amal maka jiwa kita pun mengikuti nya tp bagi orang-orang yg memiliki ke Istiqomahan dia tidak melihat Ramadhan atau tidak Ramadhan.
Krn dia menyembah Allah bukan menyembah Ramadhan, walau Ramadhan sudah tidak ada, walau Ramadhan sudah meninggalkan nya tp Allah tetap hidup dan tidak pernah meninggalkan nya maka sembahlah Allah walaupun Ramadhan sudah tiada.
2⃣3⃣ Hernita
Ustadz mau tanya gimana menata hati supaya sabar...sesabar mungkin menghadapi orang yg berhutang tdk kunjung byr...janji melulu...
Hutangnya tdk sedikit...sementara dia mampu bayar seandainya di cicil...
Sdh mencba melupakan..tp pas ada yg nyebut namanya..ana ingat kembali dan jengkel kembali...
Jawab:
Sebenarnya Alloh SWT. berjanji dalam sebuah hadits Rasulullah SAW. bersabda "orang yg berniat baik untuk membayar hutangnya org yg tulus ingin melunasi hutangnya maka Allah akan bantu untuk melunasi nya".
Maka kadang kala org yg tidak bisa melunasi hutangnya itu bukan krn dia tidak mau melunasi nya tapi memang dia tidak punya niat untuk melunasinya, tidak punya tekat yg kuat untuk melunasinya, maka dia kemudian menambah hutangnya disana sini dan ini penyakit.
Oleh Krn itu bantu lah saudara kita untuk hilang penyakit nya dgn kemudian memberikan pelajaran pada dia bisa jadi dengan mendatangi orang-orang yg di segani, atau kemudian menagihnya dengan baik, atau dengan cara yang santun dng cara yg baik dan kita ingatkan bahwa orang-orang yg berhutang dan tidak niat membayar hutangnya maka dia tidak akan pernah dimasukkan Alloh ke Surga, seluruh amal ibadahnya itu akan terhalang oleh hutang yg belum ia lunasi.
Oleh Krn itu Rasulullah SAW. tidak mau mensholatkan jenazah org yg masih memiliki hutang.
🌸🌸🐝🐝🐝🌸🌸
CLoSiNG STaTeMeNT
"Jagalah HATI jangan KAU KOTORI"
🌸🌸🐝🐝🐝🌸🌸
PeNuTuP
Baiklah saudara² syurgaku marilah kita tutup kajian kita mlm ini dg bacaan hamdalah,
الْحمد لّله رب الْعالميْن
Istighfar,
أسْتغْفر الّله الْعظيْم
Doa kafaratul majlis
سُبحآنكَ اللهُمّ وبحمدكْ , أشهَدُ أنْ لآ إله إلا أنتْ , أستغفِركَ وأتُوبُ إليك
Dan hamdalah
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel