Recent in Fashion

Best Seller Books

ADS

Ketika Cinta Menyapa


OLeh : Ustadz Rudiawan Sitorus

M a T e R i
💞Ketika Cinta Menyapa💞
Mencintai dicintai fitrah manusia ...
Setiap insan di dunia akan merasakannya ...
Indah ceria kadang merana itulah rasa cinta ...
(The fikr)
Ada pepatah yang bilang, cinta itu datangnya mendadak. Kadang di saat seseorang berusaha keras dan mencoba mencarinya, justru ia tidak menemukannya.
Tapi, di saat ikhlas dan sudah tidak memikirkannya atau bahkan menginginkannya, cinta itu pun dengan tiba-tiba. Hati kitapun tidak kuasa menolaknya. Itulah anugerah Allah yang terindah.
Begitulah mereka yang disapa oleh cinta...Hari-hari yg dilaluinya seakan cepat berlalu, karena semuanya indah.
Mereka yg di sapa cinta... seolah memiliki energi yg tak pernah habis. Setiap kata2 yg ia dengar dari kekasihnya seolah fatwa yg suci. Nama kekasihnya bgitu indah dan tidak bosan2 untuk mnyebutnya. Semua yang ada padanya istimewa.
Mereka yang di sapa cinta...selalu merindu yg ia cinta. Takut kehilangan...Ia kan lakukan apa pun untuk mendapatkan cintanya. Berkorban jiwa dan raga...
Mereka yg di sapa cinta...malam2 yg ia lalui seolah tak brksudahan...mata sulit terpejam...bayangnya slalu hadir...
Mereka yg di sapa cinta ... tidak lagi memiliki mata dan telinga...buta dan tuli...yg ada hanya dia...
Pepatah arab mengatakan :
حُبُّكَ الشَّيْءَ يُعْمِي وَيُصِمُّ
"Cintamu kepada sesuatu, menjadikanmu buta dan tuli"
Mereka yang di sapa cinta...kehilang rasa... sebelum bertemu dengan yg dicinta...
Rasulullah bersabda :
لم ير للمتحابين مثل التزويج
“Tidak ada penawar yg lebih manjur bagi dua insan yg saling mencintai dibanding pernikahan“.
(HR. Ibnu Majah, Al Hakim, Al Bazzar, dihasankan Al Albani dalam Silsilah Ahadits Ash Shahihah, 2/196-198)
Mereka yg disapa cinta...menjaga diri sampai ia berikan cinta suci pada Sang kekasih...
وَلْيَسْتَعْفِفِ الَّذِينَ لَا يَجِدُونَ نِكَاحًا حَتَّىٰ يُغْنِيَهُمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗ
"Dan orang-orang yang tidak mampu kawin hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sehingga Allah memampukan mereka dengan karunia-Nya."
(QS. An nur : 33)
Mereka yg disapa cinta...meletakkan sgala cintanya tidak melebihi cinta pada Allah dan Rasul-Nya...karena ia ingin merasakan manisnya iman dari bejana Cinta pada-Nya...
Mereka yang di sapa cinta...menginginkan cinta sejatinya dibingkai taqwa hinga cinta iu berkekalan hingga ke surga-Nya...Cinta abadi di alam abadi...
الْأَخِلَّاءُ يَوْمَئِذٍ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلَّا الْمُتَّقِينَ
“Orang yang saling mencintai pada hari itu( hari qiyamat) akan saling memusuhi kecuali orang-orang yg cintanya karena alasan takwa”
(QS. Az zukhruf : 67)
Mereka yg disapa cinta tidak ingin mnderita ... mereka ingin selalu bahagai dalam ridho-Nya...
Walau pat kay mengatakan "begitulah cinta penderitaannya tiada akhir"...
💝💝💝
Sudah itu aja yaa...materinya lewat puisi dan kata2 pujangga...😬
Kita bnyak diskus aja ya....
Hmmmm
Malam hari makan roti
Ustad rudi jago ya buat puisi😍😍
🌸🌸🔷🔷🔷🌸🌸
TaNYa JaWaB
0⃣1⃣ Mb Kus
Pak ustadz cinta itu anugrah kaann nah gmn caranya cinta ini tdk berubah jd nafsu?
💝Jawab:
Cinta yang dlandasi taqwa dan tujuan yg suci mmbna rmh tangga pnghuni surga...ia akan mnepis hawa nafsu.
0⃣2⃣ Uky
Assalamualaikum ustad. Saya mau nanya, salahkah kita kalo mendoakan agar sang mantan mendapatkan hidayah dari Allah ? Tujuannya murni agar sang mantan kembali sayang ke anaknya.Makasih ya ustad.wassalam mualaikum
💝Jawab:
Mendoakan orang dapat hidayah itu baik...Malah sngat di anjurkan... Sebgaimana Rasulullah prnah mndoakan umar dan abu jahal agar dapat hidayah...tapi Allah mmilih umar bin khattab.
0⃣3⃣ siska
1. Bagamn cara menyampaikan yang baik kpd ortu dan keluarga misalnya qt lg mw taaruf dg ikhwan?
2. Apakah cinta itu bisa timbul setelah menikah atau sebelum menikah?
💝Jawab:
Dalam hadis sbutkan resep org yg saling mncintai adalah mnikah...maka lbh baik sblm mnikah harus ada rasa cinta...Itu sbbnya nadhzor dalam taaruf itu s sunnahkan...dgn melihat calon pasangan kita nantinya ada getaran cinta dan rasa...kalau tdk ada..bs sj akan mncul stlah pernikahan...tp itu Tergantung kdunya saling mmhami...sy lbh stuju...
Rasakan cinta itu saat taaruf baru menikah lah,
🔹Jadi memang tidak benar teori cinta selepas nikah?
🔹Nggk jga sih mba klo kata saya. Coz saya punya teman yg menikah lewat proses ta'aruf. Dan ketika ta'aruf tmen saya ini blom mencintai si ikhwan'a. Tpi mrk lanjut sampai kejenjang pernikahan. Teman sya bilang, cinta bsa hadir seiring jln'a waktu dlm kebersamaan 😊
🔹Ana dlu ga cinta sma suami ana mba.. tpi setelah menikah Alhamdulillah ternyata rasanya lebih indah 😀
💝Mesti saling memahami,
Rasulullah mngingtkan abdurrahman bin aur Lihat lah ya abdurrahman...
Mungkin itu bs mnumbuhkan cinta d hatimu,
Saat taaruf msti ada yg menarik hati kita...jika tidak..itu bs muncul saat prnikhan brjlan bs tidak...jika tdk muncul itu lah awal perceraian dan petaka rmh tangga.
🔹Jadi harus jatuh cinta ya tadz saat taaruf,
💝Bnyak kasus menikah yg d pksakan brujung perceraian...
Bukan jatuh cinta ... jatuh cinta sakit...tp ada bnih cnta yg akan d siram dan di pupuk..
🔹👍🏻👍🏻 setuju ustadz 😊
🔹Kok jatuh cinta sakit ??
💝Dimana2 yg namanya jatuh sakit..
🔹Menurut ustadz jatuh cinta apa bangun cinta ?
💝Bangun cinta...tp ngk bs d bangun kalau bahan bngunannya ngak ada,,
🔹Ya pentingnya kan pondasi & bangunannya ustadz,
💝Pondasi dan bahan2 yg lainnya...kalau cuma pondasi namnya bukan bangunan toh,
🔹Setuju..
Bangun cinta berarti ya ustadz..
0⃣4⃣ Apris
Bagaimana caranya agar cinta kita kepada seseorang tidak menjadi berlebihan?agar sewajarnya saja tidak sampai membuat gelisah.
2) ustd,apakah boleh menyebut nama seseorg yg kita sukai dalam berdoa?trimkasih 🙏
💝Jawab:
“Cintailah kekasihmu (secara) sedang-sedang saja, siapa tahu disuatu hari nanti dia akan menjadi musuhmu; dan bencilah orang yang engkau benci (secara) biasa-biasa saja, siapa tahu pada suatu hari nanti dia akan menjadi kecintaanmu” (Riwayat Turmidzi)
Agar tdk mncntai brlbhan maka letakkan lah prioritas cnta kita hnya kpd Allah dan Rasul -Nya lbh utama dari selainnya, sadari lah cinta manusia sering berubah cinta Allah lah yg abadi.
Menyebut nama yg d cintai dlam doa silahkan...tapi bukan skdar doa, tp ada komitmen yg kuat utk mnikah dngannya...doa itu adalah mmnta jika org itu baik utk kita mudahkan tp jika tidak jauhkan..
0⃣5⃣ Siska
Bgmn cara memperjuangkan sang ikhwan dihadapan ortu dan keluarga sementara banyak kekurangan yg dimilikinya?
💝Jawab:
“Jika datang kepada kalian seorang lelaki yang kalian
ridhai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar.”
(HR. Tirmidzi. Al Albani berkata dalam Adalah Dho’ifah bahwa hadits ini hasan)
Dari hadis tsb, hal yg paling pnting utk mnrima ikhwan yg akan mnjadi suami adalah agama yg baik dan akhlaq yg mulia...beri kefahaman ortu kita, kalau kita tak mampu hadirkan org yg paling diseganinya utk mmbrikan nasihat..berdoalah pada Allah agr d mudahkan... namun tetap lah ridho orgtua itu harus di raih,
0⃣6⃣ Nong
Assalamu'alaikum ..
Pak ustad mau bertanya, arti cinta yang sesungguhnya itu apa ?? Dan bagaimana cara kita menyikapi cinta supaya tidak keluar dari aturan2 Allah swt ..
Terimakasih ..
💝Jawab:
Cinta itu ada cinta jahiliyah...cinta yg hnya d lndasi nafsu dan materi...ada cinta suci...cinta yg dilandasi taqwa dan tujuan akhirat...ia mmlih pasangannya atas lndsan agama yg baik dan akhlaq yg mulia,
0⃣7⃣ Bunda Aliffia
Setelah sekian lama berumah tangga, Alloh anugerahkan pula anak2 yang lucu, lalu kenapa para lelaki kemudian melirik wanita lain?
Padahal sudah bertahun2 merenda cinta dalam duka cinta nestapa....siapa yg harus dipersalahkan Ustadz?😥
💝Jawab:
Tidak ada yg harus d prsalahkan, jika suami itu mampu acara ruhiyah (agamanya), maliyah (ekonomi) dan jasadiyah (fisik) maka bukan aib kalau dia mnikah lagi.Karena Allah mmbolehkannya...
Jangan sekali2 kita mngharamkan apa yg Allah tlah halalkan...krna itu brtntangan dgn nafsu kita.wnita2 muslmah sdh bnyak dicekoki dgn pmkiran liberal dan femimisme yg mnghajar bab poligami "tuhan pndusta dgn ayat poligami"...ajaran paulus yg mnyekat hak laki2, sehingga mrka bristri satu tapi bnyak wanita2 smpanan.. "Biarlah setiap pria mempunyai istrinya sendiri dan setiap wanita mempunyai suaminya sendiri.”
(1 Korintus 7:2)
Selama itu perkawinan yg sah...jangan anggap itu dosa dan musibah...saling bantulah dlm syariat Allah...hidup takkan lama lagi...
🔹Sepakat
🔹Jazzkillah khoir Ustadz, hanya sepertinya sebagian muslimah blm paham dan mengerti akhirnya meminta bubar dan balik kanan... dosakah Ustads?
💝Mereka para musuh islam menistakan al quran lewat poligami, selayaknya kita mninggikan al quran...
Menunjukkan ayat poligami itu bukan klmahan al quran, tp kkuatan al quran.Tentu dgn mmnuhi syarat yg Allah brikan "Maa thoba" istri kedua wanita yg baik2 (agama dan akhlaqnya) dan suami yg mampu (Ruhiyah, fisik, ekonomi dan ilmu). Suami itu bukan lah spnuhnya milik istri tapi ia milik Allah ...
🔹Na'am ustadz
💝Jika MAMPU dalam syarat itu tdk ada ...jangan coba2 poligami...!!! Brantakkan..
🔹Jadi klo ada yg poligami tanpa bekal bunuh diri namanya yaaa,,
🔹Nah ntu dia Ustadz..😂😂
🔹Sepertinya Ini yg sering dilupakan, hingga musuh2 dengan gampang memfitnah islam setelah melihat kenyataan dilapangan yaa ustadz?
🔹Hanya nafsu yang dikedepankan....
🔹Nahh ini dia..bapak2 -yg *mampu* sekalipun srg tdk *aware* nya:
Syarat istri kedua hrs wanita baik2, bhkn kl perlu lbh "alim" dr istri pertama ya tadz..
Spertinya tdk ada istri pertama yg tdk akn rela jk suaminya akn menikahi wanita yg lbh baik drpdnya akhlah n kepahaman agamanya.
(Misal suami akn menikahi seorg hafidzah yg santun)
Sebaliknya istri pertama akan *gemes* kl suaminya akn menikahi wanita yg..udh lbh muda, msh hrs dibina dl akhlaknya, kedewasaannya, dst... "Nambah kerjaan aj" ibaratnya...
*skdr opini pribadi 🙊😬
🔹Biasanya wanita yg pendidikn nya menunjang,akhlak nya baik cenderung lebih mengalah dan sadar diri bahwa she is yg ke dua jadi ya, pembawaanya tenang, Aplagi dekat dgn Alloh tambah menenangkan.bisa bisa sang suami jatuh hagi ber kali kali sama yg muda yaaah
💝Kalau tak rela juga ...perlu di terapi 😬
🔹Amin ya robbal alamin,,,
Mmg mudah teori tp praktek blm tentu bisa sama teori
🔹Betul
🔹Yang sudah di poligami, semoga Alloh lapangkan hatinya.. berpahala surga yg dr pintu manapun boleh memasukinya..tetap semangat👍👍
🔹Amiin, cuma itu tujuannya. bila bahagia didunia tdk seberapa bnyk yg hrs diukur dipertimbangkan jgn memudahkan karena cintaa,
0⃣8⃣ Mb Asih
Assalamualaikum ustadz saya mau tanya bagaimana dengan wanita yang sudah menikah tetapi masih menjalin hubungan dengan mantannya, sementara mantannya ini juga sudah menikah pak ustadz??????
Bagaimana cara saya menasehati teman saya ustadz?
Karena saya belum perpengalaman ustadz takutnya dibilang menggurui!!
💝Jawab:
Itu adalah kmungkaran yg harus d cegah..beri nasihat yg baik padnya, jk Tdk mampu hadirkan org yg bijaksana utk mensihatinya..
0⃣9⃣ Novia
Assalamualaikum ustadz saya mau tanya salah tidak ya kalau saya begitu mencintai suami saya ?
Dan semua yang suami saya bilang saya lakukan meskipun itu bertentangan dengan orang tua?
(Tapi dalam hal baik)
💝Jawab:
Rasulullah brsabda :
أَيُّمَا امْرَأَةٍ مَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَنْهَا رَاضٍ دَخَلَتِ الْجَنَّةَ
“Wanita mana saja yang meninggal dunia lantas suaminya ridha padanya, maka ia akan masuk surga.”
(HR. Tirmidzi no. 1161 dan Ibnu Majah no. 1854. Abu Isa Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan gharib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)
Tapi taat pada orang tua lbh utama, krana ridho Allah ada pd ridho orangtua,
عَنْ عَبْدُ الله بن عَمْرٍو رضي الله عنهما قال قال رسولُ الله صلى الله عليه وسلم: رِضَى اللهُ فى رِضَى الوَالِدَيْنِ و سَخَطُ الله فى سَخَطُ الوَالِدَيْنِ ( اخرجه الترمذي وصححه ابن حبان والحاكم)
Artinya: dari Abdullah bin ‘Amrin bin Ash r.a. ia berkata, Nabi SAW telah bersabda: “ Keridhoaan Allah itu terletak pada keridhoan orang tua, dan murka Allah itu terletak pada murka orang tua”.
( H.R.A t-Tirmidzi. Hadis ini dinilai shahih oleh Ibnu Hibban dan Al-Hakim).
Maka jika taat pd suami brtntangan dgn orgtua...brusahalah utk mnylaraskannya...jika tdk bisa ...pilih lah orangtua...ada istilah mantan suami tp tdk ada istilah mantan orangtua..
🔹Syukron ustadz jawaban nya sangat jelas sekali😍
1⃣0⃣ Dani
Assalamualaikum ustadz..saya mau tanya, benarkah cinta sebelum pernikahan itu adalah ujian? Dan katanya cinta sbelum menikah itu adalah cinta yg berdasarkan nafsu semata. Lantas bagaimana jika kita mencintai seseorang tetapi org tersebut blm halal bagi kita? Apakah kita berdosa? Lalu bagaimana seharusnya kita menyikapinya?
💝Jawab:
Jika kita punya rasa cinta pd lawan jenis brsykur lah ...kita masih normal, Allah abadikan perasaan cinta ini dalam Al quran وَلَقَدْ هَمَّتْ بِهِ ۖ وَهَمَّ بِهَا " Sungguh zulaikha pnya keinginan dgn yisuf dan yusuf juga punya keinginan dgn zulaikha.
(QS. Yusuf : 24).
Tapi Rasulullah mnegaskan jika sudah saling cinta sgera mnikah jgn DITUNDA2 krna tidak ada *penawar* bagi cinta kecuali *menikah*..jika tdk sgera maka semakin *resah* dan *gelisah*
🔹Keyeeeenn
1⃣1⃣ Chindy
Apakah usia pernikahan dengan orang seumuran akan terjadi masalah financial dan metal?
Karena banyak orang tua yg menginginkan anak perempuannya menikah dgn lelaki yg jauh lebih tua dan mapan.
💝Jawab:
Faktor usia tdk mnjadi penentu gagal finansial dan mental, bnyak juga yg menikah dgn suami yg lbh mudah bahagia dan pnya finansial baik.
Tapi yg dperlukan mindset pernikahan...pernikahan itu saling mlngkapi, Allah mngibaratkan sperti pakaian,
ۚ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ ۗ
"Mereka adalah pakain bagimu, dan kamu adalah pakain bagi mereka"
Jika masing2 suami istri saling mmahami dan mmbantu kan hadir kharmonisan...keharmonisan itu pembuka pintu rezeki...
🔹Setuju Ustadz, tapi napa banyak yang nyinyir ya, mungkin belum paham...🙇‍
1⃣2⃣ Devi
ust mau tanyak
kalai hati kita masih condong sm ikhwan A tp ad ikhwan B yg mao bertaaruf serius bgmn tad ?
krn dg ikhwan yg A blm ad jalan terang untuk lanjut sefangkan ortu pgn anaknya segera menikah dg yg ud pst aj yaitu ikhwan B .
💝Jawab:
Kalau ada bunga di depan halaman mngapa brkhayal bunga yg di atas gunung...yg baik mnurut kita bisa jd itu adalah buruk...bismillah yg jelas2 aja,
Afwn ana hnya mau mluruskan mindset akhwat tentang poligami ...jngn smpai tergiring dngn pemikiran barat liberal fmnisme dan misionaris tnp kita sadari,
Kbetulana skrng sdng mnylsaikan doktor filsafat dan pmikiran islam...bnyka mmbhas pemikiran2 mereka slah satunya poligami
1⃣3⃣ Dinda
Di masyarakat kita poligami kn mash tabu, ada yg sering bilang iiih tega amat siiih mendua, kan udah punya anak bnyak pengorbanan istrinya banyak nah gmana tu?
💝Ini lah target musuh2 islam...menjdkan poligami momok yg mnakutkan...
Padahal bgtu mudah dan akrabnya para sahabat dan sahabiyah dgn poligami...bahkan di mekkah jika d tnya "berapa istri anda ?" dijawab "satu" merka bilang "anta bakhil (pelit)".
Maka saatnya ini kita syiarkan agar jd solusi bagi ummat, malaysia tlah memlainya...bahkan rusia mewajibkan poligami...
🔹Tapi kan biasae klo poligami memicu masalah baru yg tadi nya rumah tangga gak beranyem jadi ribut gara2 poligami
Bner gak men temen?
💝Kelapangan dada, saling memahami...ghoyah ny akhirat...akan mnentramkan...
Sebab poligami adalah puncak pernikahan...
Pernikhan tertinggi, maka pelakunya ngak bisa orang biasa2...msti yg berjiwa besar...atau yg blajar memiliki jiwa besar..
🔹Sabar tanpa batas
🔹Salahkah bila si istri tak ingin dipoligami, selama ia mampu menjalankan sgala kewajiban'a kpada suami,
🔹Trus klo gara2 poligami jadi bercerai gmana tadz,?
💝Cerai bukan aib, nabi dan sahabt pun mlakukannya...jika trpksa dia tdk tnduk pd syariat mmnta cerai...itu jalan terbaik,
🔹Lha kan mendingan gak poligami tapi jga gak ber cerai tadz,
1⃣4⃣ UKy
Kalau misal sang suami itu kawin cerai gimana ustad?
Padahal dari segi agama dan ekonomi terbilang kurang mampu.
💝Jawab:
Latar blkang cerai apa...jika tdk ada sbb yg fatal...itu penyakit...harus taubat,
1⃣5⃣ Noenk
Ustadz kan klo qta ta'aruf itu artinya siap menikah.
Lalu bgamna cara menolak'a bila benih cinta tak didpaat? Nnti disangka'a cuma main" lgi.
Pengalaman sndri ustadz 2x ta'aruf, 2x gagal 😁
Krna tak mndpatkan benih cinta itu, jadilah sya beralasan ortu tak setuju 😭
💝Jawab:
Sebelum taaruf brsihkan jiwa, tilawah, qiyamul lail, dhuha,zikir, sedekah dll d kencengin...sehngga jiwa kita bs membrikan fatwa...
TaNYa JaWaB
1⃣6⃣ Sofie
Nabi Muhammad berpoligami setelah istri pertama beliau Khadijah Ra wafat,jadi..bagaimana klu saya juga mengizinkan suami berpoligami,nunggu saya tiada dulu?
💝Jawab:
Ini lah dalil para pnganut femenisme barat dan liberal...tdk ada hbngannnya antara wafat khadijah dan polgami Rasulullah...siapa yg paling tahu Rasulullah ? Sahabat2 dekatnya...apakah para sahabt itu mnggu istrinya mninggal baru poligami ?
Atau adakah sahabiyah yg mngatakan "saya mati dulu baru abang poligami" tidak ! Mereka cinta kpd Allah mlebihi apa pun ...termasuk suaminya, Allah berfirman :
"Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah…
(QS Al-Baqarah, 2: 165)
🔹Astaghfirullah,begitu ya ustadz...
1⃣7⃣ Lia
Ust..mauuu tanya ? Benarkah seorag suami boleh menikah lgi.. tanpa izin istri pertama... ?
Tapi.. si istri mngethui? Ada dalilny gaaa?
Hee.. maf.. ikutan tanya
💝Secara syariat tdk mesti izin dari istri prtma, tp scara negara mngharuska izin dari istri prtama?
🔹Jadi klo suami mau menikah lgi..istri pertma ga boleh melarang ya tadz😂
🔹Baru tahu sy ustd,,
💝Dahulu poligami iti mudah...ndak ribet macem skrg...pmikiran barat yg buat kita ribet, ,mereka pnya istilah "kalau bisa memeras susu dri balik pagar mngapa harus memiliki sapi"
🔹Astagfirullah
1⃣8⃣ Sofie
Apa tidak menzalimi namanya ,ustadz klu tnpa sepengatahuan isti pertama,jahatnya,.....,dan wanita yang menjadi istri kedua oh😟...apa dy juga rela nti suaminya menikah yang ketiga apa keempat kalinya...hmm,belum tentu😊😊,afwan trahir
💝Jawab:
Nafsu harus tunduk dgn syariat...kalau asal syariatnya bgitu...tapi kalau sang istri faham agama dan welcome dgn poligami...monggo izin dulu sbgai adabnya...
1⃣9⃣ Anita
Ane sk binggung...karena banyak ikhwan tg datang dgn maksud utk taaruf kebanyakan dari mereka menginginkan ane jd istri kedua mereka....🙊🙈
Klw dilihat dari pemahaman....dan kemampuan yg dibilang ustadz cinta mereka memilikinya....
Cuma yg jd masalah...ane msh ragu karena pandangan lingkungan dan keluarga yg msh blm bisa menerima klw sampe ane hrs jd istri kedua...bgmn cara menyampaikannya....??
Klw secara pribadi insyaa Allah dgn pemahaman ane tentang poligami ane bisa terima asal sesuai syariat....hanya saja bgmn skrng caranya ane menyakinkan keluarga....jg calon pasangan.....
Bgmn mana jg sebaiknya sikap ane menyikapi istrinya yg pertama....walau sdh ada komunikasi tp dari pihak pertama sepertinya msh tdk ikhlas....ane mesti gimana???
💝Jawab:
Pandang lah Allah dan Rasulnya...kalau kita ikuti kbnykan orang maka kita akan trsesat...
“Seandainya kalian mengikuti kebanyakan orang di muka bumi, sungguh mereka akan menyesatkan kalian dari jalan Allah.
(Qs:al An’aam:116)
Jalani lah...poligami itu prnikahan jihad..,hnya para pjuang yg bisa melaluinya...mka sy sarankan yg mental2 bukan pejuang...baiknya mundur...
🔹Yg bukan pejuang munduuuurrrr
🔹Lha gmana klo suaminya lebih condong ke salah satu istri nya?
💝Itu awal perjuangan
🔹Bagaimana konsep adilnya ustadz?
💝Adil itu bukan dlm hal cinta...tapi jatah mabit dan nafkah.
🔹Ya otomatis yg lebih di suka lah yg lbih banyak mabit nya iye gak,
2⃣0⃣ Peppi
Apakah sama2 dpt jatah 4 hari padahal para istri ada yg pynya anak n ada yg tidak?
💝Jawab:
Terhadap anak2 kita aja ... kita kadang condong pd yg satu dari yg lain...tp kita brsaha tdk mnampakkannya...
bgtu juga suami yg sholeh walau dia lbh cinta pd istrinya yg lain tp dia brusaha tdk mnampakkannya...
ada tmpat2 rahasia mluapkan cintanya,
🔹Tadi kta ustadz kan klo bukan akhwat pejuang mundur.lha sekarang para laki laji jga harus bgtu klo ndak bisa bn bkl nya blm cukup jangan dong poligami kasian istri nya,
🔹Tp biasanya kelihatan loh dibedakannya. Antara anak atau istri pertama dan ke 2,,
💝Suami yg sholeh akan menjaga agar smuanya adil...sesuai ksanggupannya,
Sekali lagi poligami itu pernikahan tertinggi...pernilahan luar biasa dan d luar kbiasaan...
maka badainya lbh bnyak...gelombangnya lbh tinggi...ujiannya lbh bertubi2...butuh ksbaran dan k ikhlasan...sebab ia kan memanen pahala yg besar...para praktisi poligami akan slalu brsama Allah...krna ia sllau di uji untuk sabar...innallaha ma'ashobirin...
2⃣1⃣ Kaysa
Ust,baikx bahas bagaimana kiat2 agar para jofisa tambah sholeha dan siap menikah..
krn menikah bukan hanya sekedar cinta!!
💝Jawab:
Sblm menikah harus ada i'dad ...baik ruhiyy (iman), ilmy (keilmuan), jasady (fisik) dan mali (finansial) ...semuan msti tawazun (seimbang) agar sholehah universal
Kiatnya hadiri mjlis ilmu, bnyk mendekatkan diri pd Allah dgn amal2 wajib dan sunnah...trus mmohon kpdnya agar dbrikan jodoh yg sholeh dan mushlih.
🔹Ustadz, kalo orang tua suami ga ridho anaknya beristri lebih dr 1 gimana status pernikahannya?
💝Ridho orangtua lbh utama...stop jgn poligamu smpai orgtua ridho.
2⃣2⃣ Sofie
Ustadz...saat waktu menikah,yg dipikir hnya cinta,stelah menikah,bnyak masalah yang timbul,dan si suami bnyak menjauhkan dr Allah,apakah berdosa klu si istri mengajukan talak dan mencari suami soleh😁 meski menjadi istri kesekian,asal suaminya soleh gpp..
apa diperbolehkan ustadz??
💝Jawab:
Mengajukan cerai kalau sebabnya syar'i boleh...tapi sblumnya harus ada nasihat dan brbagai upaya agar ia brubah...kalau tdk mau juga...itu hak istri utk mlnjutkan atau tidak...kharmonisan iti penting.
2⃣3⃣ Hanny
Skr mah kbanyakan ikhwan poligami krn merasa bny uang dan yg d poligami akhwat muda" dan cantik beda dng Rasullullah mmg Poligami krn ibadah dan yg d poligami para janda yg usia sdh tdk muda bahkan lbh tua dr rosulullah,,,
Gmn dng itu ustadz???
Anggapan poligami yg sperti itu
💝Jawab:
Luruskan niat...hasil poligami itu trgantung niat awalnya...kalau pun nikah dgn yg muda dan cantik ndak mngapa kalau niatny tulus dan lurus...ngak ada kwajiban msti nikah sm janda dan yg sdh tua...
2⃣4⃣ Dinda
Bagaimana cara kita sbg seorang akhwat membangun keberanian untuk bangga menjadi istri ke 2.ato berani untuk menerima pinangan menjadi istri ke 2!!
Mari kita simak bersama
Ilmu tingkat tinggi nii
💝Jawab:
Nikah aja...kalau engkau takut datangilah sumber ketakutan itu...engkau akan mnjadi pmberani..
Taklukan ketakutanmu...bergelut dgn sumber ketakutan..
🔹Akhwat sll yg mengalah bila masalah poligami,,
Ikhwan yg sll dng alasan Rasullullah saja Poligami tp knyataan mmg akhwat lbh bny populasi dr ikhwan d dunia ini,,,
💝Berjuang
2⃣5⃣ Novia
Pembahasan dari smlem blm selesai kah tentang poligami??😀suami ana . Ana suruh poligami dia malah marah 😀
💝Jawab:
Jngan paksa yg tak mampu...tp jika hatinya bisa bicara...akan nyata...
🔹Iya ustadz ana ga maksa hanya menganjurkan saja.. tapi yowis Alhamdulillah klo ga mau mh 😊😊
💝Bukan ngak mau...belum mau 😄
🔹Hihii iya ya ustadz 😀 ya klo nanti beliau mau jg in syaa Allah ana siap. .. dgn bekal iman dn ilmu yg cukup kedepannya 😍
💝👍 subhanallah
🔹Semangaat😬
2⃣6⃣ Hanny
Di dalam Al-Qur’an ada satu ayat suci yang berbicara tentang poligami yang mengatakan, “Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja.” (An-Nisa’: 3), dan pada ayat lain Allah berfirman,
“Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara istri-istri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian”
(An-Nisa’: 129).
Pada ayat yang pertama tadi dinyatakan bahwa berpoligami itu dengan syarat adil, sedangkan pada ayat yang kedua dijelaskan bahwa adil yang menjadi syarat berpoligami itu tidak mungkin tercapai.
Apakah ini berarti bahwa ayat yang pertama dinasakh (dihapus hukumnya) dan tidak boleh menikah lebih dari satu, sebab syarat harus adil tidak mungkin tercapai?
Mohon penjelasanx tadz🙇
💝Jawab:
Itu adil dalam mabit dan nafkah...dan tdk akan bisa berlaku adil... Allah memaklumi klmahan suami ... yg Allah mnta kmaksimalan ia brlaku adil...maka Allah maklumi adilmu wahai hambaku tdk bisa 100 %
Rasulullah pernah berdoa, agar Allah memaklumi kmampuannya berlaku adil trbatas mngilir istri2nya...
اَللَّهُمَّ هَذِهِ قِسِمَتِيْ فِيْمَا أَمْلِكُ فَلاَ تُؤَاخِذْنِيْ فِيْمَا تَمْلِكُ وَلاَ أَمْلِكُ
“Ya Allah ini adalah caraku menggilir (istri-istrinya) dengan apa yang aku miliki, oleh karena itu jangan kau siksa aku sebab apa yang tidak aku miliki, sementara kau memilkinya”
2⃣7⃣ Lily
Tp klo misalnya istri prtama tanya kpd suaminya, knp beberapa hr tdk pulang kerumah? trus si suami berbohong kpd istri, dia membikin alasan yg lain krn tdk mau istri pertamanya tau..dia gk jujur,, karena dia pulang kerumah istrinya yg lain.. apa itu tdk dosa ustd.??
💝Jawab:
Ayoo ihyauttaaddud 
Berbohong utk mnjaga khrmonisan itu boleh...misalnya istrinya pakaiannya menor...trus dia tnya sm suaminya "bagus bang pakaian adek ?" Suaminya bilang "cuantik kali adek pakai itu" padahal smbil nelen ludah...boleh...
🔹Segitunya kah emag gak dosa kah,
💝Ibnu Syihab berkata, “Aku tidaklah mendengar sesuatu yang diberi keringanan untuk berdusta di dalamnya kecuali pada tiga perkara, “Peperangan, mendamaikan yang berselisih, dan perkataan suami pada istri atau istri pada suami (dengan tujuan untuk membawa kebaikan rumah tangga).”
(HR. Bukhari no. 2692 dan Muslim no. 2605, lafazh Muslim).
🔹Ada jg yg bilang enak masakanx padahal sebenarx ..... Wkwkwkkwkww
Cinta oh cintaaaaa💜💙💚💛
💝Suami yg baik slalu memuji istrinya saat duka maupun suka
🔹Berarti klo masak keasinan di makan ajah yaa tadz klo di tanya enak..bilang enak syekali
Istri nya manja dan ngambekan dan tukan rewel di bilang sholeha gtu yaa tadz
Haduhhhh
2⃣8⃣ Nina
Berat kali poligami itu. Apalg persyaratannya prndapatan hrs cukup, hrs ijin pengadilan .
💝Jawab:
Hnya Pejuang yg mampu
🔹Pejuang Cinta💞💞💞💞
🔹Tapi ada beberapa org yg bisa poligami
🔹Dak ada yg berat klo sdh NiAT krn Alloh n smua Syarat sdh terpenuhi n mampu menjalankan,,,
Bgtu ya tadz
💝Makin cerdas mbak henny
2⃣9⃣ Dewi
Ustadz, mau tanya lg. Jika poligami krn kena sihir gmn tuh?
Jd istri ke 2 main sihir ke istri pertama agar dibenci sang suami. Trus akhirnya kesampaian tujuannya menikah, tp awal2 nikah. Sie suami zolim kepada istri pertama dan anak2nya, main pukul. Berjalannya waktu, suami malah jd beneran cinta sm istri ke 2
💝Jawab:
Ini model poligami haram...justru poligami baik itu dilakukan pada saat puncak keharmonisan dan cinta pd istri prtama.
🔹Wowo brarti yg mau poligami sedang mabuk kepayang dgn istri pertama nya yaa😬
🔹Istri kedua di sayang suami istri pertama d hormati istri ke dua
🔹Jadi tipz yg jadi istri ke dua,,
Tetap lah menjadi sholiha tampil cantik ,kuat,perbaiki akhlak buat suami nya jatuh cinta berkali kali jatuh cinta lagi lagi dn lagi......hahahaha
Semangat istri ke 2...pancarkan pesonamu 😀
3⃣0⃣ Lily
Ustad mau tanya lg..
Jodoh itu sebaiknya ditunggu atau dicari/diusahakan ustad?” krn sy punya teman perempuan dia skrng sdh berumur 38 thn belum juga menikah?
💝Jawab:
Akhwat dlm cari jodoh ad yg pasif dan aktif...kalau pasif skdr nunggu ... kalau aktif mnjmput...khadijah istri Rasulullah aktif mnjmput Rasulullah...memang jodoh d tangan Allah ...tp kalau ngak d jmput d tangan Allah trus...😁
🔹Ntar njemput d bilang akhwat agresif tadz😂
💝Bagus ...yg pnting dapet...darpada expired...😁
3⃣1⃣ Peppi
Ustadz, kalo poligami nya ga sesuain syariat, boleh kah istrinya mengajukan cerai? Apalagi keluarga n orang tua ga menyetujui poligami?
🔹Menangis bombay tu udah kuno jadi, jadi lah kekiniaan,istri ke 2 yees dan jadi lah pelopor bangga jadi istri ke 2,
😀😀😀😀😀😀
💝Jawab:
Jika sdh trknjur brjuang dulu...jika suami agama dan akhlaknya baik...layak untuk d prjuangkan.
🔹Cerainya boleh kan ya kalo ga layak diperjuangkan ustadz?
💝Hidup datar itu biasa teman...tapi hidup mengarungi tanah terjal berduri ...lembah dan gunung...itu yg luar biasa...
Yg penuh tantangan aja brjuang...bgmana dngan yg sesama muslimah sholehah ?
Medan kata2 itu tidak sebanding dengan medan amal...medan amal itu tak sebnding dngan medan jihad...medan jihad itu tak sbnding dngan medan jihad yg hakiki...tulus dan ikhlas...
Pengalaman yg brharga buat saya
🔹Kalo belum ikhlas untuk di poligami gmn ustadz?
krna sya belum siap jika suami sya suatu saat berpoligami?
💝Ikhlas itu akan datang brsma dgn tauhid yg bnar
Kalau ia mampu...sholeh dan bisa brtanggung jawab...ikhlas lah
Perbaiki tauhid...Allah saja hanya Allah...hdup ini sbntar...cobaan laki2 d luar itu berat...darpda zina...ikhlaskan yg halal untknya
3⃣2⃣ Peppi
Ustadz, ada yg bilang, ga apa2 suami n istri barunya dzolim sm istri lamanya(misalnya dr segi adil). Yg penting istri lamanya tetep shalihah..
Ko saya melihatnya jadi ga ma'ruf ya? Menurut ustadz bagaimana?
💝Jawab:
Allah brsama orang2 sabar...tp klau sdh tjdi kdzaliman maka istri prtma boleh ambl sikap...lari dari takdir yg satu k takdir lain..
Cara dan niat yg salah...hasilnya salah...ingat !!! Ikut panduan dari Allah "Maa thoba" wanita yg baik2...kalau wnita itu baik...ngk mngkin suaminya kumel trus ngak terurus...jd yg slah bukan poligaminya tapi caranya ngk ikut aturan...
3⃣3⃣ Nur
Bagaimana mau tenangkan hati jika suami terlalu mengontrol?
Dan dia mutasyaddid dalam agama.. rasa macam semuanya ngak bisa..
💝Jawab:
Kalau aisyiah mndapatkan fir'aun yg mnghalanginya brbuat baik, ia pun brsabar mnjadi istri trbaik bagi fir'aun.Ibu mndapatkan suami yg mngahalangi ibu brbuat tdk baik dan mngarahkan ibu dlm kbaikan, walau kadang caranya yg blm tepat...kalau ia mngntrol ibu...ktahui lah cintanya itu sngat mndalam pd ibu...siapkan ruang hati yg lapang...mnerima kbaikan yg berlimpah.
3⃣4⃣ HeniFitri
Pertanyaan saya ustadz bagaimana hukumnya suami yg kurang agama,kurang ekonomi tp minta nikah lagi dan dijaman sekarang berpoligami kebanyakan karna mengikuti hawa nafsu saja,afwan🙏
💝Jawab:
Poligami itu pernikahn level tertinggi...jangan coba2 mlakukan kalau level mash rendah...maka Allah memberi aturan ...
istri kedua "maa thoba lakum minnisa" pilih perempuan yg baik2 diantara wanita2 yg ada dan laki2 dituntun mampu baik agam, fisik dan ekonomi...kalau tidak justru poligami itu membawa petaka..
3⃣5⃣ Santi
Boleh g ustadz kita berdoa sma Allah suami kita jngn smp berpoligami,sedangkn poligami itu diperbolehkan?
💝Jawab:
Justru doa yg gitu...malah cepet poligaminya...Allah kan uji kita lewat apa yg paling kita cinta mlbhi Allah
Kalau khadijah masih hidup...apakah yakin Rasulullah tdk poligami smntara ayat2nya ada...Rasulullah lbh cinta Allah dari yg lainnya
🔹Ga usah pake "kalau" ust. Itu kan ungkapn skrg, krn sy msh proses pningkatan ilmu n iman. Next time , wallaahua'lam, mngkin saya siap mjadi Aisyah, hehehheee
💝Ayat poligami turun khadijah sdh wafat..
🔹ini br sy tw🙈🙈🙈
🔹Kalo cara n langkahnya betul sepertinya poligami indah ya...
🔹Iya ust, sy bilg gt kan krn sdah trjadi pd Bunda Khadijah n Rasulullaah
🔹Tetap butuh ilmu. Agar kluarga samara, mskipun poligami ato tidak. Apalagi poligami.
💝Baca
… أَفَتُؤْمِنُونَ بِبَعْضِ الْكِتَابِ وَتَكْفُرُونَ بِبَعْضٍ فَمَاجَزَآءُ مَن يَفْعَلُ ذَلِكَ مِنكُمْ إِلاَّ خِزْيُُفيِ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ يُرَدُّونَ إِلىَ أَشَدِّ الْعَذَابِ وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ {85}
“ … Apakah kamu beriman kepada sebahagian kitab dan ingkar terhadap sebahagian yang lain? Tiadalah balasan bagi orang yang berbuat demikian daripadamu, melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat”
(QS. Al Baqoroh:85).
👍 ikuti panduanya "maa thoba" dan "mampu"
🔹Saya ada teman ustad. Dia menantang suaminya untuk poligami langsung nambah 3 sekaligus.
Kalau begitu menurut ustad gimana?
💝Action trus...semangat 
🔹Bila sdh punya suami hargai suami , hormati, layanani sebaik mungkin dr urusan sekecilnya karena dr.masalah.kecil itu akan timbul masalah besar, sayangi keluargamya muliakan orangtua, dan ajaklah beribadah bersama, syahdu luoo kita bisa shalat bareng terus cium tangan suami, terus mencium dahi.kita, 😍😘 berapapun hasil suami kita ucapkan terimakasih kita cium tangannya, dan bila kita istirahat kita tawari mas membutuhkan saya tdk ? karena hal sepele itu yg kadang kita mudahkan.
💝Poligami itu mudah semudah senyuman...
Jangan di buat sulit,,,
🔹Temen saya ada yg punya istri pertama begini, bahkan waktu mau nikah dgn istri ke 2 sang istri pertama yg ngurusin, menyiapkan segala sesuatu termasuk baju yg mau di pakai suami pd hari H, bahkan mengantar suami ke tempat nikah...
💝Senang jika sdh pada akrab dgn syariat poligami...jika asing itu tanda ghozwul fikri tlah brsarang d pmikirannya
🔹Seberat apapun kalau paham ilmu nya dan niatanx karena mencari Ridho Allah, jadi tegar yach😂
💝Sebenarnya sdh lama sy ingin merubah mindset poligami para akhwat...alhamdulillah ada forumnya,
Mungkn ini diskusi terpnjang d RAK yaaa....
🔹Ada suatu daerah di Sumatera Barat daerah asal ayah saya, daerah itu memang agamanya kuat. Pada zaman dahulu para istru disana bangga kalau suaminya nikah lagi.... sekarang saya tahu apa alasannya.
3⃣6⃣ Nita
Assalamualaikum mba hen...afwan mengganggu ana mau titip pertanyaan utk ustadz cinta...begini...
1.Apa perbedaannya antara poligami dgn pengganggu rumah tangga orang.....secara dalil.....bukankah sering orang yg dipoligami dianggap dan disebut sbg pengganggu rmh tangga orang!!
2. Bagaimana menyikapi istri pertama jika ternyata dia tdk mau suaminya perpoligami dan menuntut cerai bila poligami itu sampai terjadi....dan yg dipersalahkan adalah calon istri keduanya...bgmn sicalin istri kedua ini menyikapinya sementara diapun tdk ingin rmh tangga calon suaminya berpisah!!
3.Tolong berikan penjelasan ringkas soal poligami bahwa poligami itu bkn salah/penyakit yg sgt dibenci utk orang yg bnr² menolak agar bisa terbuka pemikirannya....
Jazakallah khouran katsir seblm dan sesudahnya....
💝Jawab:
1. Poligami itu pernikhan yg sah...para Nabi dan Rasul melakukannya...apkah wanita yg di nikahi nabi dan rasul itu mnganggu rumah tangga orang lain ?
Mereka nabi dan rasul makhkuk yg mulia dibnding kita yg hina ini. Nabi ibrahim malah mnikahi pmbantunya siti hajar...apakah siti sarah istri pertama nabi ibrahim merasa siti hajar merebut suaminya ? Tidak !.
Mrk yg mngerti syariat tdk akan mnganggp remeh syariat Allah...smua yg Allah perintahkan adalah keindahan walau berlawanan dgn hawa nafsunya.
2.Poligami itu hak suami (yg mampu), pd masa Rasulullah dan sahabat yg mulia...mrk kalau poligami tdk pernah minta izin dari istri pertama...mrk stlah menikah baru mmbritahukan k istri pertama. Kalau istri prtma minta cerai...nasihati bahwa wanita yg mnta cerai tanpa alasan yg tepat tdk akan mencium bau surga.
Rasulullah bersabda :
أَيُّمَا امْرَأَةٍ سَأَلَتْ زَوْجَهَا الطَّلاَقَ مِنْ غَيْرِ مَا بَأْس َفَحَرَامٌ عَلَيْهَا رَائِحَةُ الْجَنَّةِ
“Wanita mana yang meminta cerai kepada suaminya tanpa ada apa-apa maka haram baginya mencium wanginya surga.”
(HR. At-Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ibnu Hibban, dishahihkan Al-Imam Al-Albani.)
Jalani saja lah...poligami itu jihad butuh mental para pejuang. Kalau mental masih pecundang ...mundur lah..
3. Poligami itu dari Allah...dia lah yg paling tahu kebutuhan makhluq ciptaannya...mmbncinya sama dengan mmbenci yg mmiliki aturannya...Allah mmbuka lebar2 pintu prnikahan (poligami) dan mnutup rapat2 pintu perzinahan.
Ketika seseorang benci dengan hukum2 Allah trmasuk poligami...Allah akan hapus pahala2 amalnya..
ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ كَرِهُوا مَا أَنْزَلَ اللَّهُ فَأَحْبَطَ أَعْمَالَهُمْ
“Yang demikian itu adalah karena sesungguhnya mereka benci kepada apa yang diturunkan Allah (Al-Quran) lalu Allah menghapuskan (pahala-pahala) amal-amal mereka.”
(QS. Muhammad: 9).
Cintai lah hukum2 Allah semuanya tanpa tebang pilih.
Ujilah cinta kita pada hukum Allah dgn poligami.
🔹Wanita yg poligami berarti benar" sungguh berhati n iman yg kuat dan hny mengharapNYA tdk ada yg lain lg ya tadz,,,
SubhanaAlloh
Jazakallah ya tadz,,
Bny banget ilmu yg ana dpt,, ternyata msih sdikit skali ilmu yg ana pny ini😓
💝
_Allah *melapangkan* bagimu, supaya engkau tidak selalu dalam *kesempitan*, dan Allah *menyempitkan* bagimu, supaya engkau tidak *hanyut dalam kelapanga*n, dan Allah *melepaskan* engkau dari keduanya, supaya engkau *tidak bergantung* kepada sesuatu selain Allah_..
(Ibn Atha'illah dalam kitab Al hikam)
💝Saya sengaja luangkan waktu...mdh2an ilmu ini bisa d tularkan k yg lain...shingga manfaat dan hikmah ta'addud bisa d rasakan,,
🔹Amin ya robbal alamin
🔹Amiin sama meluruskan pandangan tadz.
🌸🌸🔷🔷🔷🌸🌸
CLoSiNG STaTeMeNT
Taat lah pada Allah dan Rasulnya scara kaffah...bisa jadi apa yg kita benci justru itu baik bagi kita...pilih lah cinta yg halal ... bantulah mreka yg mnghndari cara haram (zina) mncari cara halal (menikah)...
Allah sudah mentakdirkan laki2 memiliki klebihan d banding wanita....maklumkan lah klebihan itu...sabar...ikhlas...brsama Allah kita BISA..
🌸🌸🔷🔷🔷🌸🌸
PeNuTuP
Barakallah,,,,
Alhamdulillah nambah ilmu lg,,,
Smg qta smua bisa lbh ikhlas dan sabar dlm menjalani skenario hidup d Dunia ini dlm menggapai jannahNYA
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان
لا إله إلا أنت
أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamualaikum wr.wb
💝💝💝
🔹Subhanalloh,,diskusi yg sungguh luar biasa sangat menyentuh bnget, pengalaman sy jg pernah sprti itu tp sayang suami fall in love ke mantannya dulu tp waktu itu dia masih bersttus menikah jd sy bner2 melarangnya dan waktu itu pula sy blm siap di madu krna banyak alasan terutama ekonomi yg notabene sy lebih bnyak mencari nafkah akan ttpi ketika wanita itu sdh mnjanda krna suaminya meninggal akhirnya sy mengijinkan hakikatnya Allah yg menyadarkan sy tpiiii malah suami yg mundur,,insyaAllah jika akidah kta bagus dan berfikir klu hidup ini harus bner2 ikhlas Allah akn sllu memberikan jln,, 

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel