Recent in Fashion

Best Seller Books

Kesejahteraan Hewan



OLeh : drh. Correy Wahyu Adi Sulistyo

بـــسم اللّه الرّحمن الرّحيم
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Alhamdulillah, ana msh diperkenankan utk hadir di tengah2 grup Bidadari Surga yg penuh barokah ini.. 😊🙏
Baik, tema kali ini adalah Kesejahteraaan Hewan..
Ada yg tau, bgmn definisi sejahtera itu?
🔻Sejahtera itu terpenuhi semua aspek.kebutuhan, kesehatan, dll😬
🔻Kesejahteraan lahir dan batin tercukupi
🔻Kesejahteraan dlm hal lingkungan tuk kondisi psikoligi hewan
🔻Bahagia, sehat lingkungan memadai
🔻Sejahtera : bebas tanpa adanya hambatan
Salah apa betul ya😬
🎍Hmmm.. kurang lebih deh y.. 😅👍
Jadi gini,
Yg disebut Kesejahteraan Hewan, klo berdasar Undang-Undang no 18 thn 2009, adalah segala urusan yg berhubungan dengan keadaan fisik dan mental hewan, menurut ukuran perilaku alami hewan yg perlu diterapkan dan ditegakkan untuk melindungi hewan dari perlakuan setiap orang, yg tidak layak terhadap hewan yg dimanfaatkan manusia..
Bisa dipahami? Klo bingung y wajar.. 😁 karena begitulah bahasa undang-undang..
Atau mudahnya gini, kesejahteraan hewan, yg biasa disingkat kesrawan, adalah suatu keadaan dimana seekor hewan secara mental dan fisik berada dlm keadaan yg seimbang dng lingkungannya..
🎍prinsip kebebasan, yg menjadi tolak ukur kesrawan yaitu;
1. Hewan bebas dr rasa haus dan lapar
Selalu menyediakan air bersih dan pakan yg baik utk mempertahankan kesehatan hewan
2. Hewan bebas dr rasa ketidaknyamanan / penyiksaan fisik
Menyediakan lingkungan yg sesuai mulai dr kandang, hingga tmpt istrht yg nyaman
3. Bebas dari rasa sakit, cedera maupun penyakit
Melakukan pencegahan penyakit, perawatan hingga pengobatan
4. Bebas utk mengekspresikan perilaku alaminya
Menyediakan tempat yg cukup, fasilitas yg tepat, dan ada teman bermain bersama dr jenis yg sam
5. Bebas dari rasa takut dan tertekan
Memastikan kondisi dan perawatannya utk menghindari terjadinya kekerasan mental
Dengan menerapkan 5 prinsip kebebasan tersebut, diharapkan hewan yg kita pelihara bisa sejahtera..
🎍Adapun tujuan diterapkannya Kesejahteraan Hewan adalah;
1. Utk meningkatkan produksi/produktivitas hewan.
Produksi ayam petelur akan stabil dan bisa meningkat jika ayam tsb sehat, didukung dgn kandang yg bersih dan ventilasi yg cukup. Sapi perah jg menghasilkan susu yg berkualitas, jika diberi pakan yg baik, sapi dan kandangnya bersih, dgn tempat tinggal yg hawanya sejuk.
2. Melindungi sumberdaya hewan dari perlakuan orang yg dapat mengancam kesejahteraaan dan kelestarian hewan.
Populasi harimau, badak hingga orangtua mulai berkurang, karena adanya aksi perburuan yg mengancam kelestarian hewan2 tsb.
3. Menghasilkan PAH (Pangan Asal Hewan) spt daging, susu dan telur yg berkualitas, aman dan layak dikonsumsi..
🎍Bagi yg pny hewan, mgkn pernah melihat hal spt ini pada hewannya..
Tanda-tanda hewan yg stress;
1. Vokalisasi / bersuara
2. Kegelisahan, banyak pergerakan
3. Membatu, tidak ada respon pergerakan
4. Peningkatan ekskresi tubuh
5. Berbaring ketika masuk ke lingkungan yg baru
Tanda stres dalam kondisi panas;
- berkeringat berlebihan
- tidak tenang, gelisah
- keluar air liur berlebih
- tampak kelelahan
- ambruk
Tanda stress dingin;
- menggigil
- rambut berdiri
- meringkuk
- mengantuk
🐫🐂🐃🐄🐑🐏🐎🐓🐇
🎍Stres atau perasaan tertekan sangat berpengaruh pada kesehatan. Bahkan, sapi yg disembelih, jika sblmnya stres, akan mengalami perubahan pada dagingnya..
🎍Kondisi stres pada sapi yg akan disembelih, tyt brpengaruh thd daging yg dihasilkan..
Jika sapi mengalami stres akut, mengalami perlakuan kasar sblm penyembelihan, maka akan menghasilkan daging yg disebut PSE, _pale soft exudative_.
PSE merupakan suatu peristiwa yg ditandai dgn kandungan air pada daging lebih tinggi dr normal. Hal ini terjadi karena penyerapan glikogen yg sangat cepat sebelum penyembelihan. Faktor penyebabnya yaitu produksi asam laktat setelah pemotongan dr glikogen yg sangat cepat tidak terkendali, mengakibatkan pH daging sangat rendah dan menyerap warna putih lbh banyak, sehingga daging tampak pucat..
Sebaliknya, jika sapi mengalami stress kronis, stres di peternakan atau kelelahan selama perjalanan, akan menghasilkan daging yg disebut DFD, _Dark Firm Dry_
DFD merupakan kondisi dimana daging berwarna gelap, teksturnya keras dan kering, pH nya tinggi dan daya mengikat air yg tinggi.
🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸
📚TaNYa JaWaB📚
0⃣1⃣ Esa
Bagaimana cara melihat hewan yg stres kalo hewan peliharaan kita habitat'a air?
Air tawar atw air laut misal ikan hias dok?
🐬Jawab:
Mbak Esa yg baik, biasanya ikan akan gelisah, atau kadang lbh agresif, saat spt itu harus waspada.. coba cek suhu air, atau apakah ada perubahan mendadak di habitatnya. Itu sangat berpengaruh.. 🙏
0⃣2⃣ Novi
Dok terkait dgn hewan tpi terlepas dri kesejahteraan hewan sendiri .. apakah benar kucing itu tidak baik bagi kesehatan ibu hamil?
🐬Jawab:
Mbak Novi yg dirahmati Allah,
Ini arahnya biasanya ke tokso y.. 😊🙏
Oke, ana jelaskan dikit ttg tokso y, biar pada ga salah paham..
*Tentang Toxo*
_Toxoplasma gondii_ adalah sejenis hewan bersel satu yang biasa disebut protozoa, merupakan parasit yang dapat menginfeksi hewan dan manusia. Nama penyakitnya disebut Toksoplasmosis.
Semua hewan berdarah panas dapat terinfeksi toxoplasma. Hewan yang berada disekitar manusia dan kucing seperti sapi, kuda, tikus, domba, anjing, ayam, babi bisa terinfeksi toxoplasma, termasuk juga satwa liar seperti musang, atau harimau.
Kucing merupakan inang definitif toxoplasma. Dalam tubuh kucing, toxoplasma dapat berkembang biak secara seksual dan non seksual (membelah diri). Kista atau telur toxoplasma kemudian dikeluarkan melalui kotoran (feces) kucing.
Manusia atau hewan dapat tertular toxoplasma jika *tertelan* kista atau ookista dari toxoplasma.
Kista dapat bertahan hidup di tanah dalam jangka waktu tertentu. Dari tanah ini toxoplasma menyebar melalui hewan, tumbuhan atau sayuran yang kontak dengan kista tersebut.
Penularannya melalui bbrp cara;
1. Secara tidak sengaja menelan telur toxoplasma. Biasanya tidak kita sadari menyentuh mulut dgn tangan yg telah trkontaminasi kotoran kucing, misal habis berkebun, atau membersihkan tempat pakan kucing
2. Parasit masuk melalui daging yg telah terkontaminasi, dan kita mengkonsumsi daging yg tidak dimasak secara matang
3. Bisa melalui air atau sayuran yg terkontaminasi
Cara mencegah toxoplasma;
1. Hindari mengkonsumsi daging mentah atau setengah matang
2. Cuci alas pemotongan daging air panas
3. Jangan menggosok mata atau mulut dengan tangan yg tidak bersih ataupun pada saat menyiapkan makanan
4. Cuci sayuran dgn baik sebelum dikonsumsi
5. Cuci tangan setelah beraktifitas atau sebelum makan
6. Jika harus membersihkan kandang atau berkebun, sebaiknya gunakan sarung tangan..
0⃣3⃣ Mia
Untuk contoh sapi stress yg tadi, apakah ada efeknya kalo kita makan daging sapi yg stress? Secara kan pH-nya aja berubah
🐬Jawab:
Mbak Mia yg dimuliakan Allah,
Biasanya lbh ke kekenyalan saat mkn..
Namun selain itu, daging dgn pH yg berbeda jauh dr normal, sangat mudah dimasuki bakteri, sehingga tidak tahan lama saat disimpan.
0⃣4⃣ Rima
Assalamu'alaikum dok.
Apakah benar, kucing peliharaan yg memakan curut (tikus kecil) bisa menyebabkan kemandulan?
Syukron dok
🐬Jawab:
Mbak Rima yg baik..
Curut atau tikus kecil berpotensi membawa bakteri lbh banyak dibandingkan pakan kemasan atau yg biasa kita masak khusus utk kucing..
Klo kucing mbak Rima rutin masukin bakteri ke perut, otomatis pencernaan akan bermasalah. Selain itu pertumbuhan organ2 lain akan terhambat, termasuk organ reproduksi, karena yg dimakan, maaf tidak bergizi..
Solusinya, batasi kontak dgn curut. Mengejar boleh, tp klo sampe makan, diomelin aja.. jgn dipukul lo..
0⃣5⃣ Ana
Punten, dokter saya bingung sama kucing saya.
2 kucing saya adl jantan dewasa
hampir setiap hari saya
pergoki sedang LGBT samaq kucing kecil saya
dokter, saya harus bgm kucing saya dokter
jazzakillaah khayrran dokter
🐬Jawab:
Ana coba ulangi;
Jd ada 2 kucing jantan dewasa,
Lgbt ama kucing kecil? Kucing kecilnya jantan apa betina?
Dikeroyok oleh 2 kucing jantan dewasa itu? Begitukah?
0⃣6⃣ Eka
Assalamualaikum dok saya mau tnya..
Dirmh memelihara ayam,jika ayam nya sakit gak doyan makan itu knp ya ? Terus bunyi grok"😂di tenggorokan nya...
Sukron dok,,mhon penjelasannya.😊
🐬Jawab:
Wa alaikumsalam mbak Eka yg dirahmati Allah..
Itu penyakit mbak, menyerang saluran pernafasan. Dia g mau mkn, karena tenggorokannya sakit. Bunyi grok brarti masalah di pernafasannya, semacam ada lendir disitu.
Solusinya; cari antibiotik di toko peternakan, bisa amoxillin serbuk, campurkan di minumnya. Klo msh ga mau minum, dicekok pake spuit., siapkan juga vitamin, biasanya ada yg serbuk, pemberiannya sama spt antibiotik.
0⃣7⃣ Uchy
Dirumah kan pelihara kucing...jantan
Suka berantem ama kucing lain klu jantan kn dok
Trus hbis berantem itu biasa ny luka..brdarah...bulu ny rontok bbrp...
Nah stelah itu...langsung ngk nafsu makan...ngk mw mnum jg..tiduran aj...
Kira2 it knp ya dok...sring sprti it klu hbis berantem ama kucing lain...
🐬Jawab:
Mbak Uchy yg baik, ga mau mkn, ga mau minum, cm tiduran aja, itulah kondisi stres yg dimaksud..
klo dibiarkan berlarut2, kucing akan sakit, makin lama ga mau mkn, makin lemes, tinggal nunggu dijemput.. 😰🙏
Solusinya, pisahkan para pejantan itu. Klo yg 1 bebas mau jln2 dlm rmh, jantan yg satunya masukkan kandang dl.. klo mau jln2, gantian deh..
Kcg pejantan sifatnya teritorial, artinya dia merasa yg menguasai daerah itu. Klo liat pejantan lain, bawaannya berantem, berebut kekuasaan..
🔻Oo..jdi stres ya itu dok
Jazakillah khoir jwaban ny dok...
Klu dipaksa masukin makanan ny ngk pa2 kah dok?
Soalny khawatir tambah lemes kucing ny klu berhari2 ngk mw mkan
Afwan...nambah prtanyaan ny dok & mba momod😁
🐬Klo kucing laper, biasanya ngeong-ngeong, kadang menggosokkan badannya ke kaki kita.. kadang naek meja makan jg.. 😅🙏
Justru karena dia g makan apa2, harus dibantu disuapin. Sbg alternatif, bisa kasi air gula, air madu jg oke. Bisa jg buatin bubur sun agak halus, trs disuapin..
Bahkan, klo sampe 3 hr ga makan, uda harus diinfus si kucingnya..
🔻Brarti ngk salah y dok dipaksa mkan ny...
Jazakillah dok ilmu ny malam ini...😄
🐬Nggak salah.. daripada harus diinfus krn uda dehidrasi dan lemas..
0⃣8⃣ Esa
Boleh nanya lg kah?
Tiap ikan kan beda2 sifat'a dok..ada yg kalem dan ada jg yg agresif..
Misal ikan lemon(kt penjual'a gt nama'a)
Ikan ini emang dasar'a agresif..😬😬
🐬Jawab:
Iya mbak Esa, ana td jg kurang jelas ikannya apa..😊🙏
Jadi gini, kondisi stres biasanya muncul jika ada perubahan mendadak dlm habitatnya, bisa karena perubahan cuaca, atau hadirnya ikan baru di tmptnya.. kondisi stres akan memunculkan sifat yg berbeda dr biasanya. Yg biasanya agresif akan tenang, atau bisa jg jadi lbh agresif lg. Yg mengetahui perubahan karakter ini, biasanya yg kasi makan atau yg ngurus tiap hari.
Jadi, amati aja klo ada perubahan yg terjadi. Meski perubahan itu kecil, namun sudah di luar kebiasaan, bisa disebut stres..
0⃣9⃣ Ana
Dokter,
satu kucing dewasa saya menyetubuhi 3 kucing kecil saya secara bergilir setiap hari.
waktu nya ba'da subuh dan malam sekitar jam 12an
padahal kucing kecil saya masih menyusu sama induknya
bagaimana saya menyikapi 1 kucing dewasa saya itu dok.
jazzakillaah khayrran
🐬Jawab:
Nah, yg ini lbh jelas..
Solusinya, pisahkan pejantan dr grup induk dan anakan itu.
Bisa dikandangkan..
Brarti hasrat pejantannya sangat besar, klo berkenan carikan pasangan lagi..
Klo dibiarkan, yg kecil bisa infeksi.. 🙏
1⃣0⃣ Arlina
Dok..normalkah klo kelinci jantan kawin dgn kelinci betina (anak nya)?
🐬Jawab:
Mbak Arlina yg baik,
perilaku kawinnya normal, karena hewan hanya memiliki nafsu, tidak pny akal.
Nah klo pemiliknya tau, jgn dibiarkan..
Klo sampe kawin, anak yg dihasilkan akan cacat, karena perkawinan sedarah.. sebaiknya carikan betina lain, jgn kawin dgn anaknya sendiri. Klo spt itu, solusinya pisahkan aja..
1⃣1⃣ iRna
Dok... Saya punya ikan hias , tiba2 dalam 2 hari ikannya mati secara berturut turut ... Dn hanya tertinggal 1 ekor saja, kira2 penyebabnya apa yaa dok.
🐬Jawab:
Bisa byk hal, coba cek kualitas airnya, atau adakah bahan asing yg masuk ke aquariumnya? Bisa jg karena penyakit.. saran ana, hubungi dokter hewan terdekat, biar di cek lgsg..
Klo yg spt ini, ana ga bisa kira2., byk faktor perlu dilihat.. 🙏
1⃣2⃣ Wiyanti
Dok, normal memberi makan kucing berpa kali sehari?
Disekitar rumah bnyak kucing liar, sudah d beri makan tetep nyolong.
Trus cara mendekati mereka bagaimana?
Kadang sakit mau di obati tp kucingnya mau nyerang krna takut y dok?
🐬Jawab:
Bisa sehari 2x, atau 3x.. sesuaikan dgn kemampuan..
Supaya g nyolong, pintu dapurnya ditutup, meja makan dikasi tudung saji.. 🙏😊
Akan sulit klo cm berinteraksi sesekali.
Klo uda rutin, coba elus pelan2, klo diem brarti nurut. Klo ga mau dipegang, ya jgn dipaksa, karena mreka dasarnya g hidup seharian ama manusia..beda ama kucing rumahan
Iya, mreka pny sikap waspada yg tinggi, itulah knp jd susah dipegang..
🔻Iyya... kadang sampah yg d simpan depan rumah di ubek2 padahal sdh d kasi makan....*apa kucing2 liar juga bisa stress, ciri2x apa sm dgn kucing peliharaan dok....
🐬Klo kcg liarnya byk, disediakan makan seberapapun ga akan cukup. 🙏😊
Mreka cenderung hidup lebih bebas, bisa manjat atap rumah, bisa ngeong2 sepuasnya. Klopun stres, biasanya krn mreka kelaperan aja..
Klo mreka sakit, umumnya malah menjauh dr rmh..
🔻Terimakasih penjelesannya dok, kucingnya jinak2 merpati dok.
1⃣3⃣ Cira
Saya punya kucing, kalo diliat dr tingkah lakunya, kayany dia lg birahi dok. Nah td tuh mau dikawinin kan sama kucing sodara, pas baru ketemu aja dia udh kabur dluan. Trus skrg jd ga mau keluar lg, tp tuh msih kaya msih birahi gtu, itu gmna ya dok ? 😅
🐬Jawab:
Jadi gini, kucing jg memiliki karakter.
Klo mau kawin, betina biasanya pilih2 dl, tidak selalu lgsg cocok. Klo lgsg cocok, proses kawinnya lancar dan mulus aja. Tp klo ga cocok, kadang betina nya ngamuk2..
Solusinya,
Gini.. siklus birahi betina umumnya berulang setiap 3 mgg sekali.
Usahakan ktemuannya jantan dan betina jgn pas birahi, tp klo bisa 1 mgg sblm birahi uda ditemuin, biar ada kenalan2 dl, biar saling adaptasi..
Klo uda ditemuin bbrp hari sblmnya, tyt betinanya msh nolak, bahkan msh sembunyi, brarti betinanya pemilih.. di siklus berikutnya, coba diulang dgn pejantan yg lain..
1⃣4⃣ Sifa
Dokter...bagaimana dengan hewan liar di sekitar lingkungan, terkait dengan undang2 yg disebutkan tadi....
🐬Jawab:
Hewan liar spt apa yg dimaksud?
🔻Misalx kucing....
🐬Saat ini, msh sering dijumpai anak2 kucing yg dibuang di pasar.. bahkan ada kucing yg jg berkeliaran di sekitar rmh kita tanpa diketahui siapa pemiliknya.. sehingga terkesan mreka hidup secara liar..
Bagi kucing2 itu yg bertahan hingga dewasa, umumnya mreka memiliki daya tahan tubuh yg kuat..
Sesuai prinsip kesrawan, setidaknya kita tidak perlu menyakiti mreka jika berjumpa kucing2 liar spt itu. Mau diberi makan jg silahkan.. mau diberi naungan tmpt tinggal jg boleh..
🔻ya hewan kayak cicak apa harus di lindungi dok?
🐬Klo cicak disarankan utk dibunuh..
Ada jg yg mencarinya utk dikasi mkn ikan..
Sejauh hewan2 itu bs menjadi peliharaan, atau hewan liar utk keseimbangan ekosistem, atau yg memberi manfaat bagi kesejahteraan manusia, kita upayakan utk bisa diterapkan kesrawan..
🔻Trimakasih dok penjelasanx
1⃣5⃣ Arlina
Apa penyebab kerontokan bulu pada kelinci jantan dok,..
2 jenis kelinci jantan sy koq sering sekali rontok bulunya ...
🐬Banyak faktor bulu rontok, bisa karena ganti pakan, atau perubahan cuaca ekstrim jg bisa.. coba diraba di sekujur tubuhnya, apakah ada jamur? Itu jg bikin rontok..
🔻Alhamdulillah tdk ada jamur dok, apakah ada hub dgn keinginan u kawin jg bs menyebabkan bulunya rontok 🙈,
Yg betinanya sdg hamil dan tdk ada betina yg lain, kecuali anak2 nya.
🐬Iya, birahi jg berpengaruh pada kerontokan bulu.. 😊🙏
🔻Duhh repot ya dok...nyariin betina nya...rontoknya byk..mana 2 ekor lagi ...😣
🔻dok..byk yg akhirnya menganjurkan u mengebiri si Kenzo dan Kimchi untuk mengendalikan hormonnya itu...
Apakah tepat tindakan itu dok?
🐬Itu dikembalikan lg ke pemiliknya..
Klo mreka pny keturunan, apakah kesulitan utk merawatnya?
Secara medis, operasi steril memang bisa dilakukan..
Apakah pemiliknya tega jika mreka tidak bisa menyalurkan hasrat alaminya?
Sekali lg, keputusan ada di pemilik.
Klo kcg pribadi, biarin mreka berkembang jg bkn hal jelek kok.. 😊🙏
1⃣6⃣ Yuliyah
Ana waktu hamil 3 bln digigit kucing peliharaan sendiri, krna blm tau cara bersihkannya pakai aor dan sabun, saat itu kisiram alkohol yg ada.
Pertanyaannya apakah tdk apa² terhadap janin dok?
🐬Jawab:
Tidak apa2, alkohol yg disiram fungsinya utk mensterilkan luka gigitan, selanjutnya akan menguap ke udara. Tidak akan sampai ke janin..
(kecuali klo alkoholnya diminum, itu uda beda crita lg) 😰🙏
🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸
📚CLoSiNG STaTeMeNT📚
Kesejahteraan Hewan erat kaitannya dgn Kesejahteraan Manusia..
Kesehatan manusia berkaitan dgn kesehatan hewan dan produksi ternak. Dalam hal ini, telah diketahui bahwa 75% penyakit baru yg menginfeksi manusia dlm 10 thn terakhir berasal dr hewan (Zoonosis)
Adanya perbaikan kesejahteraan hewan, akan meningkatkan kesejahteraan pemilik hewan dan orang2 yg ada di sekelilingnya..
🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸
📚PeNuTuP📚
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان
لا إله إلا أنت
أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel