Recent in Fashion

Best Seller Books

How About Selfie???



OLeh : Ustadz Satria Ibnu Abiy

بـــســم الـلّٰـــه الرحــمــن الرحــيــم
الــسلام علــيكم ورحمة الله وبركاته
Gmn kabarnya buibu, mbak2 & dekadek smw pagi ini?
Alhamdulillah baik luar biasa Allaahu Akbar 😊
الحمد لله
Sy mulai dgn pertanyaan, boleh ya? Biar gak trlalu serius nyimaknya 😅
Jawabnya dgn jujur ya, gak akan dihukum kok kalo salah jawabnya.
*Aplikasi apa aja yang ada di Home Screen HP antum saat ini?* 😅
Wa, browser,kamera,galeri dll
Nah Rata2 mesti ada *kamera* dan *galery* ya 😅 Berarti temanya ini pas untuk dibahas ya.
How About Selfie???
Sy pengen membahas salah satu fitrohnya kaum hawa dlu ya,
Sebab pelaku selfie yang paling banyak (hasil survey pribadi) adalah kaum hawa, bener atau betul?
Ada yg tahu kata *wanita* dalam bahasa arab?
Mar'atun (مرعة)
Wanita dalam bahasa arab adalah *mar'atun*.
Ini uniknya bahasa arab ya.
▶Ada 2 kata yg sama dan mirip dgn kata mar'ah ini :
*1⃣Mar'ah ( مرأة )*
Yakni berarti *kehormatan, kemuliaan, bermartabat.*
Makanya dr sini, kita bs mengetahui knp para wanita itu paling gede gengsinya, Gak mau direndahkan, Juga gak mau dihinakan, Karena mmg mar'ah adalah sesuatu yg terhormat, tinggi dan memiliki martabat.
_"Duuh jeng, anak sy baru 3 tahun udah bs ngomong loh jeng..."_
_"Yaelah jeng... anak sy mah baru 2 tahun udah bisa marah-marah"_ 😅
Bgitu tuh,
Gak pernah mau "dikalahkan".
Karena memang "kalah" itu identik dgn *tidak mulia* dan *tidak terhormat.*
Betul atau bener? 😅
Makanya kalo skrg ada kaum hawa yg udah bilang ke kaum adam, _*Kamu itu gak peka?*_ (sambil mukanya cemberut).
Saran sy utk kaum Adam, perbanyak istighfar bro, jgn sesekali tanya *_salah saya apa???_*
Percaya deh 🙈
Thayyib..
2⃣Kata *mar'ah ( مرآة )* juga memiliki kesamaan dengan kata *mir'atun ( مرأة )*, Cuma beda sakhal di huruf mim sj, _Mar'ah dgn fathah_
Sdg _mir'ah dgn kasroh_.
Apa arti *mir'atun*?
Artinya adalah *cermin.*
Dari sini, kita dpt mengambil satu pelajaran, bahwa karakter wanita lainnya adalah spt sebuah cermin,
- Sesuatu yg mudah pecah
- Perlu kehati-hatian saat membersihkannya
- Tidak mudah disatukan saat sudah pecah
Apa lagi kira2?
 selalu ingin terlihat lebih dr siapapun dan ingin sellu dipuji
Selain hal ini, hikmah lainnya adalah *seorang wanita itu _gak bisa jauh jauh dari cermin._*
Bener atau betul?
Mau berangkat k kampus, ngaca dulu sampe sejam di dalam kamar,
Udah keluar kamar, ngaca lg di ruang tamu,
Udah keluar rumah, ngaca lg di jendela luar,
Mw naik motor, ngaca lg di spionnya,
Berhenti di lampu merah, ngaca lg,
Udah sampe kampus, ngaca dlu sambil ngerapiin pakaian,
Udah masuk kampus pun ngaca lagi 😅
Bahkan gak cukup sampe dsitu,
Tuh kaca juga selalu dibawa kemana-mana di dalam tas.
Kayaknya ini mah betul pake banget yak 😅
Dari sini kita bisa ambil kesimpulan,
▶Bahwa memang *ingin terlihat* dan *mengangkat martabat/harga diri* adalah salah satu fitrahnya kaum hawa.
Gak heran juga kalau wiki bilang penemu pertama selfie ini adalah *seorang remaja PUTRI* dari Rusia 😅
Di dalam kaidah disebutkan bahwa,
_"Asal dari mu'amalah adalah MUBAH (BOLEH), hingga ada dalil yang MENGHARAMKANNYA"_
Karena selfie ini masuk ke dalam *ranah mu'amalah*, maka berarti hukum asalnya adalah _BOLEH_
Tapi...
Nah ini dia,
Ada 3 rambu yg harus diperhatikan dalam berselfie ini, agar perkara yg *MUBAH* tidak berbuah *MURKA*.
Apa aja *3 rambu* tsb?
1⃣Harus bisa menundukkan pandangan
Menundukkan pandangan dlm bhs arab disebut *Ghaddhul Bashar* ( غض البصار)
Dan perintah ghoddhul bashar ini turun berbarengan utk kaum adam, juga kaum hawa, yakni di *ayat ke 30 dan 31 di dalam surah An Nuur*
2⃣Harus menutupi aurat juga hal yang bs mendatangkan syahwat.
Dalilnya surah *An Nuur ayat 31 dan Al Ahzab 59.*
Di dalam surah *Al Ahzaab* ada kata _Jalaabib_(Jilbab)
Apa makna jilbab?
 Busana Muslim yg menutup seluruh badan kecuali tangan, telapak kaki dan wajah. Bisa jg yg menghimpun or membawa.
Artinya, yg ditutupi oleh jilbab bukan hanya badan sj ya.
Segala sesuatu yg bs mendatangkan syahwat, trmasuk pose2 yg menggoda, juga harus ditutupi.
Terakhir,
3⃣Tidak boleh *CAPER*
Ada yg tahu apa itu _caper?_
*Caper* = _cari perhatian_,
Atau dalam bahasa arab dikenal dengan istilah *TABARRUJ*.
Dalilnya adalah *QS. Al Ahzab ayat ke 33.*
Termasuk *caper* adalah :
1⃣Memakai make up atau pakaian yg norak dan _genjreng ngibling ibling_
Norak trdiri dr 2 suku kata
*No* = _tidak_
*Rak* = _rak rakan_
Jd *norak* = _baju yg gak ditaruh di rak rakan 😅_
Norak kwi yg keminclong, warnanya nabrak sana sini,
Trus klo diliat, mata suka silau,
2⃣Juga meniru gaya beribadahnya umat
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
🌴 Satria Ibnu Abiy
🌸🌸🌸🌸
TaNYa JaWaB
0⃣1⃣ Layin
Kalau foto yg pakai cadar gtu gmna??
kan mengundang rasa penasaran ikhwan...
apa foto dr belakang dgn khimar...
🔷Jawab :
Pada dasarnya, ketika 3 rambu sebelumnya sdh diperhatikan, (yakni sudah mnjaga pandangan, menutup aurat & tidak caper), maka selfie boleh aja...
Juga dikembalikan k niatnya, jangan sampe selfinya bertujuan agar terlihat cantik atau yg sejenisnya...
Wal iyadzu biLlah,
0⃣2⃣ Oktriani
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selmat siang ustad
Bolhkah memsang foto profile disosmed dg tujuan hnya untuk memudahkn sahabat mengenali akun kita,
Syukron 😊
🔷Jawab :
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Boleh mbak,
0⃣3⃣Mah gibral
Afwan ijin nanya
Kl untuk akhwat yg sudah cekrek cekrek selfie dan ga thn upload poto lalu di jdikan dp atau pp. Hukum nya gimana ustadz boleh ga?
Syukron
🔷Jawab :
Pertanyaan 1 - 3 kayaknya senada ya,
Intinya boleh asal memenuhi syarat,
0⃣4⃣ Yulis
1. Td d sebutkan meniru beribadahnya agama lain. Contoh?
2. Dlm hal pakaian ana mang dr dl tdk suka warna coklat ato krem. Ana suka warna pink merah orange ungu... kbnyakan pink...tp soft warnanya. Apa itu jg bs d blg caper?
Niat ana tdk kyak gt.
3. Gimana caranya ya ngurangi budaya selfi?
Jazakallah usat
🔷Jawab :
1. Misalnya berpose mirip org kristen ibadah, atau org yahudi beribadah atau yg semisalnya,
2. Dikembalikan ke niatnya sj bu,
3. Selfi jgn dikurangi bu, tapi dikontrol dan diwaspadai,
0⃣5⃣ Fitri
Bagaimana kalau kita foto hanya menampakkan bagian belakang tidak kelihatan mukanya, bolehkan tadz??
🔷Jawab :
Boleh, bahkan hal ini lebih aman,
0⃣6⃣ Rere
Saya kan punya shop khimar , terkadang jdi model'a saya , apa termasuk selfie gitu ?
Trus kan kdang² suka wajah'a dicakep²in tuh , apa itu trmsuk tabarruj ?
🙊✌🏿
🔷Jawab :
Dikembalikan ke niatnya sj mbak,
0⃣7⃣ iMas
Mau nanya, bagaimana hukum meng upload foto bersama suami atau istri ??
🔷Jawab :
Boleh sj bu.
Dengan catatan tdk mengumbar sesuatu (pose) yg mengundang syahwat ya.
Krn jika sudah diupload, artinya seluruh netizen pasti bisa "menikmatinya"
 Afwan maksud "menikmatinya" itu contohnya gimana ust ??
🔷Jawab :
Ada yg dijadikan utk modus kejahatan,
Atau utk dijadikan perantara kejahatan lainnya...
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
0⃣8⃣ Eka
Aslmkm ust..jika foto kita di pajang di ruang tamu. Itu hukumnya gmn ya ?
Sukron😊
🔷Jawab :
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Terjadi perbedaan pendapat dalam hal ini, ada yg melarangnya, jg ada yg membolehkannya...
Namun hemat sy, sebaiknya jangan dipajang...
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
0⃣9⃣Hanny
Bgmn klo yg d jadikan PP itu pemain idolax usat🙈(ikhwan)
🔷Jawab :
Kira2 tujuannya apa ya? 🤔
▶ Suka saja,, dak ada tujuan,,
🔷
انما الأعمال بالنياة
▶ Berarti boleh or tidak usat?
🔷 Boleh
1⃣0⃣ Asri
Usat mau tanya kalau saya dan suami ber azzam dari awal nikah ga mau pamer2 photo kemesraan di sosmed boleh kah? termasuk di dp bbm dan wa ga pernah😂Sampai ada yang bilang ga pernah liat photo saya dan suami. Kami beranggapan ingin menjaga perasaan saudara2 kami yg jofisa.Tapi kalau ada yg minta mau tau saya sama suami baru deh saya kirimin.
Tapi masa kadang2 suka ada rasa ingin masang dp bersama suami boleh nda usat?😂
🔷Jawab :
Jadi mau pasang atau tidak? 😅
Klo tdk mau pasang dan bs berkomitmen keduanya, ini hal yg baik, bahkan sangat aman dan terjaga in syaa Allah ﷻ.
Kalopun mw dipasang, tinggal memperhatikan 3 rambu sebelumnya aj ya
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
1⃣1⃣ Risma
Hukum foto pernikahan gimana ustadz ....
🔷Jawab :
Boleh aj mbak
Dikembalikan k hukum asalnya, dan tetap memperhatikan 3 rambunya ya,,
🌸🌸🌸🌸
CLoSiNG STaTeMeNT
Silahkan Selfie dan expresikan diri...
Namun jangan lupa untuk tetap menjaga dan tidak menjatuhkan harga diri.
Karena Selfie terlalu sangat murah jika harus menjadi pengganti harga diri yang jauh lebih mulia dan suci...
وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب
🌸🌸🌸🌸
PeNuTuP
Acara selanjutnya yaitu penutup
Marilah kita tutup acara malam hari ini dengan bersama-sama membaca doa Penutup Majelis
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhaanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
🌸🌸🌸
Sebelum berpisah
Yuk kita berdo'a untuk mempererat ukhuwah dalam grup,
اَللّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذِهِ الْقُلُوْبَ , قَدِ اجْتَمَعَتْ عَلَي مَحَبَّتِكَوَالْتَقَتْ عَلَى طَاعَتِكَ, وَتَوَحَّدَتْ عَلَى دَعْوَتِكَوَتَعَاهَدَتْ عَلَى نُصْرَةِ شَرِيْعَتِكَفَوَثِّقِ اللَّهُمَّ رَابِطَتَهَا, وَأَدِمْ وُدَّهَا، وَاهْدِهَا سُبُلَهَاوَامْلَأَهَا بِنُوْرِكَ الَّذِيْ لاَ يَخْبُوْاوَاشْرَحْ صُدُوْرَهَا بِفَيْضِ الْإِيْمَانِ بِكَ, وَجَمِيْلِ التَّوَكُّلِ عَلَيْكَوَاَحْيِهَا بِمَعْرِفَتِكَ، وَأَمِتْهَا عَلَى الشَّهَادَةِ فِيْ سَبِيْلِكَإِنَّكَ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرِاَللَّهُمَّ أَمِيْنَ وَصَلِّ اللَّهُمَّ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ
Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa sesungguhnya hati-hati kami ini, telah berkumpul karena cinta-Mu, dan berjumpa dalam ketaatan pada-Mu, dan bersatu dalam dakwah-Mu, dan berpadu dalam membela syariat-Mu. Maka ya Allah, kuatkanlah ikatannya, dan kekalkanlah cintanya, dan tunjukkanlah jalannya, dan penuhilah ia dengan cahaya yang tiada redup, dan lapangkanlah dada-dada dengan iman yang berlimpah kepada-Mu, dan indahnya takwa kepada-Mu, dan hidupkan ia dengan ma'rifat-Mu, dan matikan ia dalam syahid di jalan-Mu. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.
Ya Alloh perkenankan lah do'a kami..
Aamiin...

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel