Recent in Fashion

Best Seller Books

FENOMENA "om..te..lo..let..om"


WiTH : Ustadz Hizbullah Ali


0⃣1⃣ Dinda
How about fenomena telolet apakah berpengaruh dgn akidah kita,??
🌸Jawab:
Simpel saja,,
Secara langsung tidak
Secara khusus, kalau keasyikan, hingga lupa waktu, dalam artian sampai ndak sholat karena keasyikan telolet, maka akan tergerus aqidah kita πŸ˜Š(karena ndak sholat)
padahal sendi dari Islam adalah *Rukun Islam*, salah satunya ada sholat di sana πŸ˜Š
Jadi, selama teloletnya todak berlebihan, tidak mengganggu orang lain, tidak menutup jalan yang ada hak orang lain di sana, tidak ada masalah di sana πŸ˜Š
Kita harusnya peka, dengan kondisi masyarakat saat ini, dimana semua serba mahal, nyari kerjaan susah, akhirnya dicari hiburan murah-meriah, didapatlah telolet ini πŸ˜Š
dan ini paling tidak lama, dibanding hebob *batu akik* kemaren lepas, masih jauh lebih aman telolet, karena pas demam batu akik kemaren *banyak* yang terperosok ke jurang syirik, karena percaya batu tertentu memiliki kemampuan/kesaktian tertentu πŸ˜Š
dan satu hal lagi, kalau demam jangan lupa minum obat penurun demam, jika sakit berlanjut hubungi dokter πŸ˜…
0⃣2⃣ Chie
Ust, ijin bertanya
Kenapa kita mudah sekali tergiring oleh setiap fenomena baru yg muncul??
🌸Jawab:
Jawabannya tentu beragam, namun yang pasti adalah keengganan untuk belajar πŸ˜Š
padahal kita diperintahkan untun mencari ilmu, sebelum beribadah kita harus menuntut ilmu, bagaimana tata cara sholat, bagaimana melakukan puasa, zakat, haji, bahkan yang umum seperti bagaimana kita masak, makan pun harus belajar πŸ˜Š
ketika kita tidak mau belajar, bisa juga dalam artian tidak mau menerima pandangan baik dari orang lain, kita terpaku dengan sesuatu yang baku, atau taqlid buta tanpa mau melihat mana yang benar-mana yang salah, saat itulah kita mudah terseret dalam beragam fenomena yang ada πŸ˜Š
gunakan akal kita pada tempatnya QS. Shaad : 43
ΩˆΨ§Ω„Ω„Ω‡ Ψ£ΨΉΩ„Ω… πŸ˜Š
0⃣3⃣ Raina
Gimana adab yg sdh menikah kepada para jofisa ustadz ? Krn kadang ana melihat postingan mereka yg sdh menikah itu agak "over"
🌸Jawab:
Wah wah, nambah lagi istilah jofisa (jomblo fisabilillah), untung ana ni sedikit gaul ... dan semoga bener-bener fisabilillah (jangan sampai niat ngejomlo seumur hidup, coz bertentangan sunnah, dan orang yang menentang sunnah dipastikan bukan umat Rasulullah Ψ΅Ω„Ω‰ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ ΨΉΩ„ΩŠΩ‡ ΩˆΨ³Ω„Ω… πŸ˜Š
‼perhatian bagi yang sudah menikah, kemesraan itu jangan diumbar keluar, itu aib bagi kalian, dimana akhlak kalian, yang kedua memang apa yang dilakukan sah karena udah halal, namun ingat ada norma sosial yang berlaku, Indonesia bukan Amerika, bukan negara barat, jaga semua postingan kalian πŸ˜Š
Jika mengaku muslim πŸ˜Š
Ada batasan yang harus diperhatikan, dan yang ketika jika postingan tadi menyakiti hati saudara kalian (baik diniatkan atau tidak), dosa meliputi kalian πŸ˜Š
Stop πŸ“›
Jangan share hal-hal yang kurang pantas, yang bisa dilihat oleh orang lain, yang bisa menyakiti perasaan orang lain, bahkan apa yang kita lakukan menyebabkan dosa bagi orang lain (yaitu menghibah kalian)
Sadarlah, seorang muslim harus menjaga kehormatan ia dan suaminya, serta akhlaknya, karena Rasulullah Ψ΅Ω„Ω‰ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ ΨΉΩ„ΩŠΩ‡ ΩˆΨ³Ω„Ω… diutus salah satunya untuk memperbaiki akhlak manusia πŸ˜Š
🌟Allahu akbar.... Mantap ustadz jawaban inilah yg ana tunggu πŸ˜
0⃣4⃣ Mb Hanny
Uhiz mau nanya..
Hukum nya rokok elektric itu gimana.. sekarang lg booming tu rokok.. sampai anak2 SMP SMA makai juga.. dan si ading uln juga makainya.. gimana ya caranya supaya bisa nyetop tu rokok..
🌸Jawab:
MUI mengeluarkan fatwa merokok haram, bagi yang memyakini fatwa tersebut, maka ia melakukan hal yang merupakan sebuah larangan, baik rokok biasa, rokok electrik, rokok lintingan daun, atau pun obat nyamuk dijadikan rokok berlaku keharamannya.
Khilaf lain menganggap rokok adalah makruh, tentunya kita sebagai muslim selalu berusaha menghindari hal makhruh, ini terkait dengan tingkat keimanan kita, memang tidak ada dosa dalam hal makruh jika dikerjakan, namun setiap yang meninggalkan mesti diganjar pahala, dan muslim sejati mesti mengejar pahala πŸ˜Š
0⃣5⃣ Hilda
Assalamualaikum ukhti ukhti cantik dan sholehah serta kepada ustad, perkenalkan nama saya hilda, ingin menanyakan sebenarnya golongan islam itu ada 73 atau 63 ya ustad, kata guru agama saya 63 ustad, tapi saya pernah baca artikel disitu disebutkan 73, jadi yang mana yang benar ustad?
Mohon penjelasannya beserta dalil nya yaa ustad, terima kasih, saya hanyalah hamba yang fakir ilmu πŸ˜Š
🌸Jawab:
Ada 4 riwayat shahih (hasan) seingat ana yang menyatakan umat Islam terpecah menjadi 73 golongan dan hanya 1 golongan yang meraih surga πŸ˜Š
siapakah golongan tersebut,
*Ω…َΨ§Ψ£َΩ†َΨ§ ΨΉَΩ„َيْΩ‡ِ وَ Ψ£َΨ΅ْΨ­َΨ§Ψ¨ِيْ*
_Ialah golongan yang mengikuti jejakku dan jejak para sahabatku_
Artinya setiap kita yang berpegang teguh dengan al-Qur'an dan Sunnah, setiap kita yang melakukan ibadah sesuai dengan nash shahih, maka kita termasuk dalam golongan tersebut πŸ˜Š
ΩˆΨ§Ω„Ω„Ω‡ Ψ£ΨΉΩ„Ω…
🌟Jadi 73 golongan kah yang benar ustad?
🌸Dari nash yang ana ketahui 73 golongan πŸ˜Š
dan kita tidak perlu memikirkan apalagi mendata golongan tersebut πŸ˜Š
🌟Oh, na'am syukron ustad atas ilmunya πŸ˜Š
🌟Golongan yg berpegang teguh pada Al Qur "an dan Sunnah....
Satu golongan ini bisa saja dr beberapa harokah yg berbeda, selama berpegang teguh pd Al-Qur" an dan Sunnah....begitu yach ustads...???
Soalx sy biasa gemes sendiri sama teman2 yg seakan-akan harokahx yg paling benar, dan yg lain salah...padahal kita cuma berbeda pemahaman dlm hal masalah fiqih....πŸ™πŸΌπŸ˜Š
🌸Hanya orang awam yang mempertentangkan hal-hal yang besifat furu πŸ˜Š
yang ilmunya ndak sampai, yang baru belajar πŸ˜Š
intinya, selama tidak mengubah tata cara sah pelaksanaan ibadah dan ada tuntunan dari dalil yang *shahih* silahkan
Namun kalau pelaksanaan ibadah itu dibuat-buat, karena kebiasaan, tidak ada dalil, boleh diberikan nasehat *yang tidak memaksa*
Jangan suka berdebat pasal agama, karena orang yang suka berdebat dalam masalah agama, meskipun ia benar, ia tetap salah πŸ˜Š
Cukup berikan nasehat dengan santun, hindari perdebatan, diam jika nasehat tidak didengar, do'akan mereka, lain waktu berilah nasehat kembali, sabar πŸ˜Š
0⃣6⃣ Hera
Astagfirullah!!!
Saya baru sadar bahwa arti dari "om telolet om" Adalah " Saya Yahudi "(maafkan hamba ya allah)
"om berasal dari bahasa Bali kuno yang artinya 'Tuhan' telolet adalah bahasa Swahili yang berarti 'yahweh'
om telolet om maka kalian sedang menyebutkan Yahweh tuhan orang Yahudi.....sebarkan pesan ini,jangan berhenti di kamu! kalian sedang di Yahudinisasi!!!!
saya hanya meneruskan"
Pendapat u hiz
🌸Jawab:
Sikap yang terlalu berlebihan πŸ˜Š
coba ditanyakan saja secara langsung, ama orang-orang yang *om telolet om*, apakah maksud mereka dengan telolet tadi πŸ˜Š
0⃣7⃣ Yeni
Afwan ustadz mau tanya..
Apabila teman kantor yg non Muslim mengundang dan menjamu kita.. Apa yg sebaiknya kita lakukan..
🌸Jawab:
Jika terkait ibadah, misalnya natalan di rumah, ulang tahun, acara keagamaan mereka lainnya, gunakan alasan yang baik untuk menolak
Apalagi jika undangan tersebut ke rumah mereka, dan mereka menyantap daging babi atau anjing di rumah mereka, wajib menolak dengan halus
Jika untuk jamuan biasa, jika di luar rumah, di tempat makan yang tidak menyajikan masakan yang haram, silahkan
Namun, jika tempat makan tadi termasuk di rumah mereka atau di luar rumah mereka terindikasi menyajikan masakan yang diharamkan, maka wajib ditolak dengan halus πŸ˜Š
0⃣8⃣ Siska
Ust.apa yg dipertimbangkan pria pada umumnya utk memilih perempuan utk menjadi calonnya?
🌸Jawab:
Lelaki yang normal mesti akan memilih *kecantikannya*
lalu *hartanya* lalu *derajatnya/pendidikannya*
namun lelaki terbaik, dari semua pilihan tersebut, dari kriteria tersebut ia akan memilih wanita yang,
*baik agamanya, baik akhlaknya, enak dipandang, memiliki penghasilan, dari keturunan keluarga yang baik-baik*
0⃣9⃣Rika
Tanya ustadz ..apa arti manhaj ahlul sunnah wal jamaah ? Syukron .
🌸Jawab:
Manhaj itu artinya jalan
ahlus sunnah adalah orang-orang yang mengikut syari'at (al-Qur'an dan Sunnah)
jadi, bisa disimpulkan pengertiannya orang-orang yang mengikut kepada jalan yang lurus, jalan yang sesuai dengan syari'at πŸ˜Š
di luar itu, berarti bukan golongan ahlussunnah πŸ˜Š
1⃣0⃣ Linda
Uhiz tanya... bagaimanakah sikap sebaiknya wanita.. saya pernah denger bahwa sebaik2nya wanita adalah yang tinggal d rumah.. lalu bagaimna dengan para akhwat yang kebnyakan d luar rumah, tapii untuk berda'wah...,?
🌸Jawab:
Silahkan keluar rumah, jika tujuannya untuk berdakwah, namun harus diingat,
 bagi yang belum menikah harus seizin kedua orang tua, bagi yang sudah menikah harus seizin suami
 mampu menjaga kehormatan dirinya, suaminya, dan keluarganya
 apa yang ia sampaikan adalah nasehat yang baik, bukan memprovokasi ummat, apalagi hingga memecah belah, baikh dengan ghibah apalagi fitnah πŸ˜Š
 Tidak ada jama'ah laki-laki di antara jama'ahnya
1⃣1⃣ Hanny
Assalamualaikum wr.wb.
Uhiz,,, bgmn dng kebiasaan or bahkan kesengajaan berjabat tangan dng yg bukan muhrimx??
Misal d skull dng siswa yg sll salim stiap ktemu??
Bgt jg dng temen kantor yg bercampur ikhwan dan akhwat???
🌸Jawab:
Jawaban ini dikembalikan kepada diri masing-masing saja πŸ˜Š
Kalau paham, pasti ndak melakukan, dalilnya jelas πŸ˜Š
🌟Tapi ustad, boleh saya berkomentar ustad, kebanyakan para siswi kebanyakan terpaksa melakukan, mungkin karna takut jika nilainya berkurang atau dimarahi atau dicemooh begitu ustad,
🌸Pakailah sarung tangan,
sebenarnya simpel saja, lebih takut sama hukuman Allah apa hukukan manusia πŸ˜Š
Kalau di sekolah itu banyak yang non muslim, terutama gurunya, kesalahan sudahnada pada kita πŸ˜Š kenapa memilih sekolah yang guru/siswanya banyak yang non muslim,
1⃣2⃣ Nida
Uhiz mau nanya, orang tua saya kan masih awam mengenai sunnah, apalagi kalo liat ikhwan atau akwat yg makek celana cingkrang sama niqob kayak ndak suka atau gimana gitu, gara"nya temannya pernah cerita kalo beliau pernah mergoki ada sekumpulan orang" kayak gitu pada (aasif ) telanjang bulet semua di rumah, trus kebetulan pas kemarin ada pengajian ustadnya bilang kayak gitu juga, didaerah solo. Katanya kaya semacam istilah " milik ku milikmu". Nah,yang mau saya tanyakan bagaimana cara meyakinkan bahwa ndak semua orang yg pakai pakaian sunnah itu gitu?
🌸Jawab:
Maksudnya miliku milikmu apa πŸ˜Š
Jujur ana kurang paham πŸ˜Š
Dalam Islam sendiri, ada larangan untuk (maaf) bertelanjang bulan dengan sesama jenis (meskipun banyak), ada batasan aurat yang boleh tampak terhadap lelaki lain πŸ˜Š
Sepertinya mereka bukan orang-orang salaf, pakaian tidak mencerminkan akhlak seseorang πŸ˜Š belum tentu yang jenggotan make celana cingkrang itu adalah salaf πŸ˜Š
🌟Itu suami istri campur tuker" an pasangan uhiz. Kayak arisan gitu,ikhwan akhwat campur.
Dari yg diceritakan memang bukan prilaku orang salaf,tapi gimana cara meyakinkan keorang tua atau orang" kalo gak semua yg berjenggot atau bercadar itu ndak sesat.
🌸Jawab:
Itu syi'ah
Laporkan ke Pihak Berwajib dan MUI setempat πŸ˜Š
Menariknya ajaran syi'ah
Apalagi kalau jadi tokohnya
Tinggal tunjuk saja jama'ah wanitanya buat (maaf) digituin
Bagi kita tentu paham sesatnya ajaran syi'ah tersebut, di kenal dengan sebutan nikah mut'ah πŸ˜Š
1⃣3⃣ Dira
U hiz dira mau tanya,maaf jika ada yg baper, πŸ™
bagaimana menyikapi pria yg berharap pada saya,sikapnya dtng dn pergi begitu saja,sdngkan sya tidak tau bagaimana dia, mencoba menghindar pun ada rasa tidak enak dn saya hanya berharap kepada Allah. Bagaimana caranya agar saya juga bisa fokus memperbaiki diri saya. Syukron ust πŸ™ πŸ˜Š
🌸Jawab:
Harus ditolak dengan tegas, namun tidak menyakiti πŸ˜Š
1⃣4⃣ Devi eka
Assalamualaikum ustad, ana mw tanya.. gmana sich sbnernya btasan aurat wanita. Ada yg mengatakan yg boleh terlihat hanya muka dan kedua telapak tangan, lalu ada juga yg mengatakan bhwa hanya kedua bola mata saja yg boleh terlihat. Itu gmn y ustd? Soalx ana jg pgen sch pke cdar, cuman suami menolak, ktanya jgn yg aneh"lah gtu.. syukron atas jwbnx y ustd..😊
🌸Jawab:
Mengenakan niqob/penutup wajah adalah pilihan, hukumnya sunnah πŸ˜Šbisa menjadi wajib (dari pandangan 4 madzhab)
*sunah* jika diyakini tidak ada fitnah
*wajib* jika wajah itu bisa menimbulkan fitnah
Jadi, secara umum hukumnya sunnah saja, jika suami meminta istri tidak mengenakan cadar, solusinya jika keluar rumah kenakan masker/penutup wajah πŸ˜Š
Karena perintah suami wajib ditaati
Perintah Allah yang *wajib* harus ditaati, meski suami melarang, misal disuruh jangan puasa ramadhan, jangan sholat 5 waktu, kalau dah gini wajib cerai
Perintah Allah yang *sunnah* terbentur dengan keberatan suami, maka wajib taat ama suami, misal niqob, sholat sunah, puasa sunah, dan hal sunah lainnya,
😊
Batasan aurat tadi ...
Mengenakan niqob sunah,
Jadi boleh kelihatan wajah πŸ˜Š
Yang bagian tangan sekejab,
Punggung tangan dianggap bagian dari yang boleh nampak,
Sah ndak kalau kelihatan punggung tangan bagi wanita,
1⃣5⃣ Yenni
Afwan salaf itu apa ya ustadz?
🌸Jawab:
Sahabat, tabi'in, tabi'ut tabi'in (3 generasi terbaik setelah Rasulullah Ψ΅Ω„Ω‰ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ ΨΉΩ„ΩŠΩ‡ ΩˆΨ³Ω„Ω…)
orang-orang yang mengaku salaf di masa ini adalah, orang-orang yang ingin mengikuti kebiasaan dari 3 generasi terbaik tersebut πŸ˜Š
1⃣6⃣ Rika
Tanya lagi ..bagaimana cara dakwah yg tepat untuk kita yg hidup ditengah masyarakat yg berbeda pandangannya ttg melaksanakan syariat islam , misal adat tahlil dan dilanjutkan dg makan hidangan yg disediakan kelrg yg sdg kesusahan sptnya bertolak belakang sekali dg hadist yg pern saya dengar .., lalu bgmn sikap kita jika ada undangan spt itu ?apakah tdk usah memnuhi undangannya atau bgmn ya ?
🌸Jawab:
Diundang datang saja, kalau ternyata yang mengundang orang susah, berikan infaq untuk meringankan beban mereka πŸ˜Š
1⃣7⃣ Adinda
U hiz gmana cara ngilangi sifat baperan apalagi sama lawan jenis hehe
🌸Jawab:
Ndak bisa diulangin πŸ˜Š
Ditekan saja πŸ˜Š
Perbanyak istigfar πŸ˜Š
1⃣8⃣ Devi Eka
Oiya ustad, my tanya lg. .mengenai tahlilan apa itu bukn bid'ah ya ustad? lalu apa kita harus mengikuti tahlilan itu jika kita diundang?
🌸Jawab:
Baik,
Kita hidup dikondisi yang majemuk
Ada pilihan, sebenarnya jika ingin hindari hal tersebut, yaitu dengan cara membuat hunian yang eksklusif πŸ˜Š
Namun, akan tambah parah perbedaan itu ...
Yang bisa ana sarankan, dan ana pun tetap hadir, (memenuhi undangan hukumnya wajib)
Hadir, kalau mereka orang berada artinya tidak menyusahkan mereka, kalau orang ndak berada maka berinfaqlah kepada mereka agar mereka tidak merasa beratnya biaya tersebut
Ana hadir, ana ndak ikut ritual, biasanya orang baca tahlilan, ana tadarus πŸ˜Š
Kalau ibu-ibu lebih gampang, langsung ke dapur πŸ˜Š
Jadi, kita datang tidak ikut acara tersebut, ana biasa juga duduk di luar, ndak masuk ke dalam rumah πŸ˜Š
Nah, yang diedukasi anak-anak,
Bikin kajian kecil untuk anak-anak di rumah,
Kita putus mata rantainya,
Cuman, harus perlahan πŸ˜Š
Tapi kalai tidak sependapat silahkan πŸ˜Š
🌟Mantap sekali ustadz , jd lebih lega,
🌸Memutuskan mata rantai itu yang penting πŸ˜Š
🌟Memutus klo akarx tdk d berantas dulu pasti khan msh berlanjut tadz??
🌸Dengan manajemen dakwah yang baik pasti bisa πŸ˜Š
Kalau akarnya yang dicabut, apalagi secara paksa, maka kerugian besar yang di dapat,
Pohon tadi akan mati πŸ˜Š
itu ahasa halusnya,
Kenapa mati, karena kita yang berusaha mencabut akar tadi, belum sempat kita mencabutnya, akan banyak orang yang datang untuk menghalangi,
Bahkan akan berujung pengusiran πŸ˜Š
Atau terputusnya ukhuwah,
Karenanya perlu ada tahapan-tahapan,
Anak-anak dulu sebagai pemutus mata rantai,
Baru dekati orang tuanya yang sekiranya sudah mendapatkan pemahaman,
Harus ada nilai positip yang mereka lihat dari anak-anak mereka,
Nanti akarnya akan mudah dicabut,
🌟Sambil menyelam mencari ikan πŸŽ£πŸŽ£πŸŽ£
🌸Apalagi kalau bisa mendekati orang yang berpengaruh
Tar malah dipindahin sendiri puunnya
Bertahap, sabar πŸ˜Š
🌟Mantab skali tadz,,,
Step by step
One by one
1⃣9⃣ Kurnia
Assalamu'alaikum wr.wb.
Afwan ustadz.
Sy mau bertanya.
sy sering dapat artikel mengenai perempuan yg bermimpi disetubuhi.
Dan ada sebagian yg menjawab, itu adalah gangguan jin.
Apakah wajib baginya untuk melakukan mandi junub???
Jazakillah
Wassalamu'alaikum.
🌸Jawab:
(maaf) tentang disetubuhi jin itu terlalu berlebihan πŸ˜Š
Mimpi basah itu bisa datang pada laki-laki maupun wanita
Jadi, jika dalam mimpi itu berasa *kenikmatan*, maka wajib mandi πŸ˜Š
2⃣0⃣ Hilda
Permisi ustad, boleh tanya lagi tidak? Saya mau nanya, apa hukum chattingan dengan lawan jenis? Terima kasih πŸ˜Š
🌸Jawab:
Jika ada keperluan, misalnya menanyakan hukum syari'at,
Atau memang keperluan yang harus dibicarakan silahkan,
Fengan catatan, tidak ada orang lain (sesama jenis) lagi yang bisa memberikan solusi,
Dan bahasa pun harus dijaga πŸ˜Š
Agar tidak ada letupan (maaf) birahi πŸ˜Š
2⃣1⃣ Yenny
Apakah wanita yg sudah bersuami boleh posting photos di medsos ustadz
Tapi maksud Hati bukan utk ria atau yg negatif..
🌸Jawab:
Jangankan yang bersuami, yang belum memiliki suami pun tidak boleh memposting photo di socmed πŸ˜Š
Baik itu photo diri sendiri apalagi photo orang lain
Jangan jadikan photo sebagai konsumsi orang lain, apa pun alasannya,
Photo gunakan sesuai keperluan, misal untuk kartu tanda pengenal, paspor,
Silahkan simpan di album photo jika untuk kenangan bagi keluarga (jangan ada pula photo orang lain di sana/utamanya non mahram)
Berat, pasti πŸ˜Š
Karena tidak biasa,
2⃣2⃣Nety
Ustadz mau tanya,
Hukum syukuran khitanan dlm islam apa ya?
Jzk tadz..
🌸Jawab:
Hukum asalnya mubah
selama tidak memberatkan, tidak ada ritual yang melanggar syari'at πŸ˜Š
Kenapa jadi mubah, simpel saja, tidak ada dalil yang memerintahkan, dan tidak ada dalil yang melarang πŸ˜Š
🌟Ustadz, Jadi klo dikerjakan ??
Gak dpat pahala atau gmn ya?
🌸Jawab:
Karena sifatnya mubah maka kembali kepada saat pelaksanaannya.
Jika dikerjakan untuk menyambung silaturahmi, berbagi kebahagiaan, maka ganjaran pahala
Jika ada ritual tertenty, yang menyalahi syari'at maka berdosa πŸ˜Š
2⃣3⃣ Dewi
Ustadz, mau tanya ttg Tata Cara Qodho Tahajjud & bagaimana Jika mengerjakan Qodho tsb di waktu dhuha, apakah qodho tahajjud terlebih dahulu, kemudian dhuha?
🌸Jawab:
Tidak ada qadha untuk tahajjud
Dalam nash yang shahih, memang ada penjelasan, bahwa saat Rasulullah Ψ΅Ω„Ω‰ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ ΨΉΩ„ΩŠΩ‡ ΩˆΨ³Ω„Ω… tidak melaksanakan tahajjud, beliau mengerjakan dhuha 12 raka'at, namun itu bukan pengganti tahajjud πŸ˜Š
Dalam riwayat lain, dijelaskan bagi orang yang terbiasa mengerjakan amalan sunah, lalu satu waktu baik karena lupa, sakit, atau tertidur sehingga ia tidak bisa mengerjakan, maka Allah tetap mencatat amal yang biasa ia kerjakan tersebut πŸ˜Š
Jadi, tidak ada qadha tahajjud πŸ˜Š
2⃣4⃣ Dewi
Ustadz, Maaf tanya lagi
1.Bagaimana cara menghafal Al Qur'an yg cepat & tidak mengantuk?
2. Apakah Orang Tua bisa durhaka ke anaknya?
🌸Jawab:
πŸ“š Ana tidak tau metode apa yang bisa digunakan untuk cepat menghapal al-Qur'an, karena mengapal al-Qur'an itu bukan hanya sekedar hapal πŸ˜Š
Namun, harus ditadaburkan, kalangan salaf bahkan tidak beranjak dari lima ayat, sebelum mereka benar-benar bisa mentadaburkan apa yang sudah mereka baca dan hapalkan πŸ˜Š
‼Tidak ada oarang tua yang durhaka kepada anak πŸ˜Š
2⃣5⃣ Patimah
Tahlilan d daerah saya itu dengan tadarrus ustads, bahkan terkadang panggil adek2 dr pesantren....dengan *Niatan pahala bacaan Al Qur"annya buat orang yg wafat*
Itu gimana ustads dgn niatan seperti itu...kalau ada dalilx mungkin ustadsπŸ™πŸΌπŸ˜Š
🌸Jawab:
Kita semua mesti sudah tahu dalilnya, bahwa ada 3 pahala yang tetap mengalir,
Anak yang sholeh
Sedekah jariyah
Ilmu yang bermanfaat
Silahkan mengundang orang-orang untuk tadarus, tapi ingat, anak-anak beliau harus ikut tadarus juga πŸ˜Š
2⃣6⃣ Yuli
Udtadz, jika gerakan dlm sholat dilebihkan kan hukumnya batal ya tadz, tapi bagaimana jika gerakan salamnya di ahir sholat dilebihkan, yaitu saat sbelum salam ke kanan dan kekiri itu menghadap kedepan dengan menganggukkan kepala kebawah?
🌸Jawab:
Ana agak lupa, tapi dalam sebuah riwayat diperbolehkan/pernah dilakukan/dicontohkan hal tersebut, nanti ana cek, mohon diingatkan via japri πŸ˜Š
2⃣7⃣ Hilda
Maaf, mentadaburkan itu apa ya ustad?
🌸Jawab:
Tadabur itu artinya menghayati kandungan ayat yang dibaca, sehingga ayat-ayat tersebut menjadi tarikan nafas, dasar bertindak, sebagai penentu langkah πŸ˜Š
2⃣8⃣ Eka
Ustadz mau tanya
bolehkah sholat tahajjud setelah taraweh?
bolehkah membaca al qur'an disaat sedang haid atau nifas?
🌸Jawab:
Tahajjud silahkan dikerjakan di malam bulan ramadhan, denfan syarat tidur dulu sebelumnya
Jika niatnta tilawah tidak boleh, namun diperbolehkan membaca apa yang sudah dihapalkan (agar hapalannya tidak hilang), silahkan juga membaca terjemah dan tafsir,
2⃣9⃣ Wandira
Ust mau tanya lagi
Soal tahajjud,apakah harus dibarengi witir? Dan sah tidak sholatnya jika setelah sholat tidak membaca ayat kursi serta 3 qul (Al ikhlas,al falaq dan an nas)?
🌸Jawab:
Tidak harus, kan hukumnya sunah πŸ˜Š
Sah, bahkan tanpa membaca ayat pendek, silahkan buka buku/kitab fiqih, apakah membaca surah pendek merupakan syaray sah sholat atau bukan πŸ˜Š
3⃣0⃣ Septia
Ustadz sy mau tanya ..
Sy pernah dengar kalau seorang ayah tidak boleh menjadi wali nikah untuk dua anak perempuannya di tahun yg sama ..jadi harus nunggu ganti tahun dulu
Apakah hal tersebut memang benar ustadz ? Dan dasarnya apa ustadz ?
Jazakallah ustadz ..
🌸Jawab:
Tidak ada dalilnya, hanya ada setempat, di tempat ana ndak ada πŸ˜Š
3⃣1⃣ Saadah
Apa prbedaan ny istiqoma mudauama dn daima,mnta pnjelasan ny ustadz
🌸Jawab:
Istiqamah: teguh pendirian, lihat QS. Fushilat : 30
Mudawamah: berkelanjutan, kontinyu
daima
3⃣2⃣ Nani Suryani
Ustdz, bagaimana cara agar menjadi pribadi yang ikhlas dalam menerima semua ketentuanNYA.
Sehingga hati menjadi tdk terasa berat dan adakah terapinya.
Dan apakah terapi dengan musik diperbolehkan??
(musik2 barat yg slow).
Syukron. Jazakallah
🌸Jawab:
Ψ§Ω„Ψ­Ω…Ψ―Ω„Ω„Ω‡ΩˆΨ­Ψ―Ω‡ Ω„Ψ§Ψ΄Ψ±ΩŠΩƒ Ω„Ω‡، ΩˆΨ§Ω„Ψ΅Ω„Ψ§Ψ© ΩˆΨ§Ω„Ψ³Ω„Ψ§Ω… ΨΉΩ„Ω‰ Ψ±Ψ³ΩˆΩ„ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ ΩˆΨΉΩ„Ω‰ Ψ’Ω„Ω‡ وءحابΨͺΩ‡ ΩˆΩ…Ω† ΩˆΨ§Ω„Ψ§Ω‡، Ψ£Ω…Ψ§ Ψ¨ΨΉΨ―
🌸 Buah Keikhlasan Seorang Hamba
πŸ“š FQ/el-Qudsy
Jama'ah yang dimuliakan Allah,
Sebagaimana kita ketahui, bahwa ikhlas dan mengikuti contoh Rasulullah Ψ΅Ω„Ω‰ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ ΨΉΩ„ΩŠΩ‡ ΩˆΨ³Ω„Ω… merupakan kunci diterimanya sebuah amal. Amal apa pun, baik yang bersifat batin seperti mencintai Allah dan apa saja yang Allah perintahkan untuk mencintainya, sabar, serta tawakal kepada-Nya, ataupun amal yang bersifat lahiriah seperti sholat, zakat, sedekah, menolong orang, menghormati tamu, dan lain-lain. Oleh karena itu, tidak ada yang paling bermanfaat untuk seorang hamba, baik di dunia maupun di akhirat, selain keikhlasan dan sunah Nabi sebagai barometer seluruh amalnya.
Kita semua tentu masih ingat hadits shahih yang diriwatkan oleh Muslim, yang menerangkan tiga orang yang kelak masuk ke dalam neraka pertama kali dengan diseret di atas mukanya, kemudian dilemparkan ke dalam neraka. Mereka adalah para mujahid yang mencari tanda jasa, orang alim ahli al-Qur'an yang mencari popularitas, dan orang dermawan yang mencari ketenaran.
Kaum Muslimin yang dirahmati Allah,
Jika seseorang melakukan suatu amal dengan ikhlas hanya mengharap ridha Allah, yakinlah bahwa pasti Allah akan memberikan balasan yang tidak pernah disangka-sangka. Namun sebaliknya, jika dalam beramal terbesit sesuatu selain Allah, maka bersiaplah mendapatkan kekecewaan atas apa yang kita lakukan. Sebagaimana Allah janjikan,
,Ω‡Ω„ Ψ¬Ψ²Ψ§Ψ‘Ψ§Ω„Ψ§ٕΨ­Ψ³Ψ§Ω† Ψ₯Ω„Ψ§Ψ§Ω„Ψ₯Ψ­Ψ³Ψ§Ω†
"Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula)" (QS. ar-Rahman : 60)
Di dalam hadits Bukhari dan Muslim dikisahkan tiga orang yang selamat dari ancaman kebinasaan, karena buah keikhlasan amal mereka. Ringkas cerita, tiga orang melakukan perjalanan. Karena kemalaman, maka mereka beristirahat dalam sebuah gua. Sayang sekali, tidak lama kemudian sebuah batu besar jatuh dari atas tebing dan menutup mulut gua. Mereka pun berusaha untuk menggeser batu tersebut. Usaha mereka sia-sia, karena batu itu terlampau berat untuk mereka. Lalu sebagian mereka berkata kepada yang lainnya, "Berdo'alah kepada Allah dengan amalan terbaik yang pernah kalian lakukan!"
Seorang dari mereka berkata, "Ya Allah, saya mempunyai dua orang tua yang sudah renta serta lanjut usia. Saya tidak pernah memberi minum kepada siapa pun sebelum keduanya, baik keluarga ataupun hamba sahaya. Suatu saat, saya terlambat dan enggan membangunkan keduanya. Saya pun menunggu, sampai fajar menyingsing. Yaa Allah, jika saya mengerjakan hal itu karena benar-benar mengharapkan keridhaan-Mu, maka lapangkanlah kesukaran yang sedang kami hadapi akibat batu besar ini" Batu besar itu tiba-tiba bergerak membuka sedikit, tetapi mereka belum dapat keluar dari gua.
Jama'ah yang dirahmati Allah,
Orang kedua pun berdo'a kepada Allah dengan menyebutkan amalnya, yaitu mampu memjaga kehormatan dirinya dari berzina dengan seorang wanita yang sangat ia cintai dan telah ia berikan hartanya untuk itu, tapi ia tidak memintanya kembali. Maka ia berdo'a, "Yaa Allah, jika saya mengerjakan hal itu untuk mengharapkan keridhaan-Mu, maka lapangkanlah kesukaran yang sedang kami hadapi ini" Batu besar itu kemudian membuak lagi, hanya saja mereka masih belum dapat keluar dari dalamnya.
Adapun orang ketiga, ia berdo'a kepada Allah dengan menyebutkan amalannya, yaitu ia memenuhi upah semua buruhnya, tapi salah satu buruh pergi tanpa sempat mengambil upahnya. Kemudian upah itu ia kembangkan menjadi harta yang melimpah dan ia serahkan seluruhnya tanpa tersisa. Maka ia berdo'a, "Yaa Allah, jika saya mengerjakan hal itu karena mengharapkan keridhaan-Mu, maka lapangkanlah kesukaran yang sedang kami hadapi ini" Batu besar itu lalu membuka lagi, dan mereka pun bisa keluar dari goa itu.
Saudara seiman yang dirahmati Allah,
Demikianlah dahsyatnya amalan yang dilakukan dengan penuh keikhlasan. Dengan izin Allah, keikhlasan mampu menyelamatkan manusia dari berbagai macam kesulitan, baik di dunia maupun akhirat. Semoga kita termasuk di dalamnya.
🌟Theraphy dengan musik yang slow, apakah boleh πŸ˜Š
🌸Saran ana gantikan dengan rekaman lantunan ayat suci al-Qur'an yang mendayu syahdu πŸ˜Š
3⃣3⃣ Rika
Mau tanya ustadz , bagaimana pandangan Islam ttg program bayi tabung , yg sangat bermanfaat untuk pasangan yg lama tidak dikaruniai anak , sdgkan oernah dengar menurut ulama islam membolehkan klo untuk kebaikan maka adanya kemajuan teknologi boleh dipakai selama untuk kebaikan .
🌸Jawab:
Jika memang itu jalan terakhir mubah πŸ˜Š
namun benih itu harus diambil murni dari kedua pasangan πŸ˜Š
3⃣4⃣ Diah
Ustadz mau tanya, bagaimana seharusnya para remaja bersikap. Mengingat zaman sekarang pergaulan dengan lawan jenis sudah susah dikontrol. Bagaimana supaya dapat membaur tapi tetap sesuai syariat islam. Kemudian, apa tolong ustadz beri tips agar tidak jatuh hati terhadap lawan jenis, mengingat belum cukup layak untuk jenjang yang serius. Terimakasih
🌸Jawab:
Tidak akan bisa πŸ˜Š
ikhtilat (bercampur baurnya laki-laki dan perempuan) memang harus dihindari, kecuali dalam hal ibadah, contoh saat haji/umrah
Bagaimana cara membentengi diri, harus dengan niat dan usaha yang kuat, dari ikhtilat, akan melangkah kepada khalwat, dan akhirnya jika tidak bisa menahan, bermuara kepada zina πŸ˜Š
Kembali kepada tingkat iman masing-masing, kembali pada kekuatan hati masing-masing πŸ˜Š
ibarat mobil, kalau remnya blong, selihay apapun supirnya, pasti nabrak juga πŸ˜Š
3⃣5⃣ Nuraini Sofie
Saya ijin bertanya juga ustadz...,bagaimana hukum curhat ttp aib keluarga,dengan niat mendapat solusi terbaik kebetulan curhat na dg ustadz,dibenarkan tdk ustadz,syukron katsir sebelumnya ustadz
🌸Jawab:
Diperbolehkan selama orang tersebut mampu memberikan solusi yang baik, dan adil
namun harus, hati-hati dalam menceritakannya, lebih ahsan disamarkan, misal meminta pendapat tentang keluarga si a, atau si b, bilang saja orangnya malu cerita langsung, diawali dengan cerita fiktip dulu, nanti jika dirasa nasehat beliau baik, baru mulai dikaitkan dengan keadaan sesungguhnya, namun kalau ternyata jawaban beliau dibarengi emosi, stopπŸ“›
🐞🐞🌟🐞🐞
🌟CLoSSiNG🌟
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
Ψ³Ψ¨Ψ­Ψ§Ω†Ωƒ Ψ§Ω„Ω„Ω‡Ω… ΩˆΨ¨Ψ­Ω…Ψ―Ωƒ Ψ£Ψ΄Ω‡Ψ― Ψ§Ω†
Ω„Ψ§ Ψ₯Ω„Ω‡ Ψ₯Ω„Ψ§ Ψ£Ω†Ψͺ
Ψ£Ψ³Ψͺغفرك وؒΨͺوب Ψ₯Ω„ΩŠΩƒ
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel