Recent in Fashion

Best Seller Books

Cinta Sepanjang Masa ( Birul Walidaini )


OLeh : Ustadz Satria Ibnu Abiy

Sy mulai kajiannya dengan pertanyaan boleh ya!!
Klo gk boleh sy pulang ๐Ÿ™Š
Ada yang pernah tukeran kado ndk ya?
๐Ÿ”นPernah ustadz
๐Ÿ”นPernah
๐Ÿ”นBelum pernah tukeran kado ustadz
๐Ÿ”นBelum pernah sama skali
Klo boleh tahu, kapan trakhir tukeran kadonya?
Ke siapa?
Dalam Rangka apa?
๐Ÿ”นInget....yg dapet kadonya tmn...
๐Ÿ”นDlm rangka silaturrahiim kantor ust.
๐Ÿ”นBeberapa tahun yg lalu ustadz, acara perpisahan di bimbelan
๐Ÿ”นKe temen sekitar 2 bln yang lalu
Dlm rangka. .tukeran aja. .karena sayang temen
๐Ÿ”นKalo sy sekitar setaun lalu...
๐Ÿ”นDalam acara kumpul halaqah per liqoan
๐Ÿ”นKe tmn laki2 ust.yg dapet
๐Ÿ”น6'bulan yg lalu
๐Ÿ”น3taun yg lalu ustad, pas acra piknik breng tmen" kerjaan.
๐Ÿ”นNiat'a buat kenang"an, skalian mmpererat tali silaturohim ๐Ÿ˜Š
๐Ÿ”นTerakhir pas bulanpuasa kemarin.. sama teman2 odoj sewilayah.. dalam rangka bukber.
Thayyib,,,
Msh pada inget smw ya spertnya
Lalu, kapan trakhir kali kasih kado (hadiah) ke bapak ibu kita?
Kapan terakhir kali kita belikan/buatkan makanan kesukaan bapak ibu kita?
๐Ÿ”นLebaran idul fitri ustad
๐Ÿ”นKado buat orang tua 3 minggu yg lalu
๐Ÿ”นJleb. Nggk bsa jwb ustad. Udh lama bgt
๐Ÿ”นKalo ini inget usat, lebaran kemarin...
๐Ÿ”นKemaren sore juggaaa
๐Ÿ”นSetiap hari ana membelikan mereka makanan,
๐Ÿ”นMakanan minuman kesukaan jg minggu lalu ust
๐Ÿ”นTerakhir sebelum ramadhan ustadz
๐Ÿ”นBeliin makanan kesukaan juga 3 minggu yang lalu jarang ketemu ortu USat ๐Ÿ˜ญ
๐Ÿ”น๐Ÿ˜ž๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
๐Ÿ”นKalo itu pas ana wisuda ust.
๐Ÿ”นBelum pernah
๐Ÿ”นLebaran kemaren ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ
๐Ÿ”นPas berkunjung kebanda sebulan yg lalu ustadz
Kapan terakhir kali kita membuat bapak ibu kita tertawa lepas dan bahagia?
๐Ÿ˜ž๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
๐Ÿ”นKalo itu pas ana wisuda ust.
๐Ÿ”นPas berkunjung kebanda sebulan yg lalu ustazh
๐Ÿ”นEh pas wisuda ga ktawa...hanya snyum
๐Ÿ”นMembuat orang tua tertawa kemarin .. meski by phone
๐Ÿ”นBelum pernah jadina ust๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
๐Ÿ”นPas perpisahan SMP ust. Ke tmn2
๐Ÿ”น2hari lalu, itu pun saat kumpul bersama keluarga
๐Ÿ”นSeminggu yg lalu ustad tapi lewat telpon.. krn jauh
๐Ÿ”นSeptember lalu 
Allah ๏ทป...
Ternyata disini banyak berkumpul anak-anak yg sholih dan sholihah ya...
AlhamduliLlah...
Thayyib
Buibu, mbak2 & dekadek yg in syaa Allah ๏ทป dirahmati oleh Allah ๏ทป
Sy yakin, seyakin-yakinnya...
Siapapun orangnya, pasti akan merasakan getaran yg berbeda di dalam dadanya, saat kita membahas tentang kedua orang tua kita,,
Walau kenyataan pahitnya, kini semakin banyak, di luar sana, anak-anak yg merasa tdk bahagia berkumpul dan bercengkrama dgn bapak ibunya,,
Padahal bnyk anak lainnya yg tdk seberuntung mereka...
Mereka katanya malu, dgn penampilan orang tua mereka yg mnurut mrk ketinggalan zaman,,
Makanya jangankan membuat orang tuanya senang & bahagia, utk sekedar mencium kedua tangan orang tuanya sj mrk malas dan gak mau melakukannya
Wal iyadzu biLlah
Padahal...
Adakah dr kita dsini yg hadir, sanggup menggendong beban seberat 5Kg selama 9 bulan???
_"Tapi ustadz, orang tua saya itu gak pernah mau ngertiin saya. Mereka terlalu egois, gak pernah mau menyayangi saya!!!'_
Sy mau cerita sedikit ya, boleh?
๐Ÿ”นBoleehhh
๐Ÿ”นTafadhdholy ustadz
๐Ÿ”นBoleh ustadz
๐Ÿ”นAntusias saia
๐Ÿ”นmonggo ustadz๐Ÿ™‡๐Ÿป๐Ÿ™‡๐Ÿป๐Ÿ™‡๐Ÿป
๐Ÿ”นTentu bole ust๐Ÿ‘
๐Ÿ”นSilahkan Ustad
Satu ketika
Arif dimarahi ibunya karena satu hal,
Karena arif tidak kuat dimarahi ibunya, ia lalu minggat dari rumahnya saat itu juga,
QadaruLlah saat itu turun hujan yang sangat deraaas sekali,
Lalu di tengah kekalutan dan kebingungan, tiba2 arif dipanggil seorang ibu penjual bakso di seberang jalan
_"Mau kemana Nak? Kok seperti orang kebingungan gitu?"_ tanya si ibu
"Gak tahu bu, sy lagi marah dan kalut" jawab Arif
Lalu si ibu pun memberikan sepotong handuk utk membersihkan kepala Arif yg basah
Setelah itu, si ibu membuatkan semangkuk bakso dan secangkir teh panas untuk Arif.
Karena memang sdg lapar, si Arif pun langsung menyantap bakso dan tehnya dengan sangat lahapnya.
Setelah kenyang, si Arif sambil nangis berterima kasih kepada si ibu, dan berkata :
_"Terima kasih ya bu bakso dan tehnya. Ibu sangat baik dan perhatian, betapa beruntungnya orang yg menjadi anak ibu. *Tidak seperti ibu saya yg kerjaannya suka ngomel & memarahi saya trus!!!*"_
Dengan seutas senyum yg sedikit tertahan, si ibu berkata kpd Arif.
_"Sudah berapa lama kita berkenalan Nak?"_
"Sekitar sejam yang lalu Bu, kenapa?" Jawab Arif
_"Kau tahu nak, ibu baru mengenalmu sejam yg lalu, dan hanya baru memberikanmu semangkuk bakso dan segelas teh manis panas saja. Lalu kau sudah bisa menilai diriku sbg ibu yang sangat baik"_ kata si ibu
"Iya memang benar Bu, ibu orang yg sangat baik" jawab arif.
_*"Lalu sudah berapa lama kau hidup bersama ibu kandungmu? Sudah berapa suap nasi ia berikan kepada dirimu? Sudah berapa gelas susu ia sajikan untuk dirimu?"*_ Tanya si ibu dgn suara sdikit tegas
Tiba-tiba si Arif menangis... ia teringat ibunya di rumah yg baru saja ia tinggalkan ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
*_"Pulanglah nak... cium kaki ibumu... dan katakan padanya betapa ia sangat baik kepada dirimu, dan kamu sangat mencintai ibumu!!!"_*
๐Ÿ”นUsaatt, ๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฅ
๐Ÿ”น๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
๐Ÿ”น๐Ÿ˜ž๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ญ
Sy rasa cukup dlu materinya ya,,
QadaruLlah hujan semakin deras
Dan rindu kepada ayah ibu juga kian bertambah deras berdegub di dalam dada ๐Ÿ˜ข
ูˆَ ุงู„ู„ّٰู‡ُ ุฃَุนْู„َู…ُ ุจِุงู„ุตَّูˆَّุงุจ
Semoga bermanfaat
Akhukum fiLlah,
๐ŸŒด Satria Ibnu Abiy
๐Ÿ”นMasya Allah...
๐Ÿ”นSubhanallah...
๐Ÿ”นSingkat,padat n jelas ust.
๐Ÿ”น๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญsimbok
๐Ÿ”นJazakallah usat atas materi sudah membuat banjir air mata๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
๐Ÿ”นMerinding bacanya๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
๐Ÿ”นYa sm merrrriindiing sedihh๐Ÿ˜ฅ
๐Ÿ”นSaat ini saya ikut suami dan jarang pula ketemu ortu. Belum tentu saya pulang sebulan sekali. Karena harus ngikuti suami dan seijin suami.
๐Ÿ”นTp alhamdulillah msg sempat merawatnya saat sakitx ibu๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
๐Ÿ”นAlhamdulilaaah, insyaa Allah ilmunya bermanfaat ustadz ^^
๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐Ÿ”ท๐Ÿ”ท๐Ÿ”ท๐ŸŒธ๐ŸŒธ
TaNYa JaWaB
1⃣ LiLa
Assalamualaikum ustadz..
Saya pernah diasuh tante. Mulai smp sampai kuliah. Sehinggsejak itu jarang ketemu ortu.
Saat ini saya ikut suami dan jarang pula ketemu ortu. Belum tentu saya pulang sebulan sekali. Karena harus ngikuti suami dan seijin suami
1. Manakah yang saya dahulukan suami atau orang tua?
2. Bagaimana kalau orang tua ibadahnya kurang dan sulit untuk diingatkan?
Terima kasih ustadz
๐Ÿ”ทJawab:
1. Suami bu, mintalah izin kpd suami utk merawat dan membantu ortu, namun jangan lupa dgn mertua (ortu suami) jg.
2. Mungkin cara dan metode mengingatkannya kita kurang pas, sehingga ortu kita blm bs menerimanya...
ูˆَ ุงู„ู„ّٰู‡ُ ุฃَุนْู„َู…ُ ุจِุงู„ุตَّูˆَّุงุจ
2⃣ Dwi
Assalamualaikum ustad mau nanya bagaiman cara anak perempuan memperbaiki komunikasi dg ortu. Dg Ayah nya yg kadang sibuk,terkadang masa bodo. Terhadap ibu yg kadang tidak mengerti dan justru menyala hkan ktka anak sdg Curhat(mnta nasihat )
๐Ÿ”ทJawab:
ูˆَุนَู„َูŠْูƒُู…ُ ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ
Coba sesekali dengarkan ibu kita yg curhat.
Atau sesekali luangkan waktu kita untuk memijati ayah kita tatkala beliau baru pulang kerja/aktivitas
Lalu lihat apa yg akan terjadi???
3⃣ Eka
Izin nanya usat ๐Ÿ˜Š
Bagaimana cara mengingatkan org tua yg sedang lalai ibadah dengan cara yang gak menyakiti orang tua?
Trus usat,
Sy pernah baca, seorang ibu yang terjamin masuk surga karena anak nya berbakti pada suami, nah salahkah jika kita menikah dengan tujuan untuk membantu ibu meraih Jannah usat??
Jazakallah khoir..
๐Ÿ”ทJawab:
1. Coba menasehatinya sambil dipijat-pijat dan dirayu, sehingga ortu kita merasa dihargai dan dihormati oleh anaknya...
2. Wanita menikah dgn niat utk menambah amalan sholih agar bs memberi syafa'at kpd ibunya, adalah perbuatan yg sangat muliaaa sekali...
4⃣ Siska
Mw nanya ust.
1.Bagaimana cara membuat ortu tertawa/bahagia, smentara qt orgna seriusan ga bisa diajak bercanda...?
2.Trus ust.bagaimana memberi penjelasan ke ortu ttg sesuatu tanpa terkesan menggurui?
๐Ÿ”ทJawab:
1. Membuat tertawa itu ndk hrus melucu, bisa jg dgn mengambil kejadian kejadian yg tak terduga di sekitar kita.
2. Trik memberi pelajaran kpd org yg lbh tua dr kita adalah dgn memberikan pertanyaan2 yg harus dijawab dgn perbuatannya... misal, _"Ternyata sholat itu bs bikin hati tenang ya bu, jadi kayak gak punya rasa stress sehabis sholat. Coba deh bu, dijamin semua stress ilang sehabis sholat ๐Ÿ˜…"_
5⃣ Indah
Bagaimana kalau orang tua selalu nethink terus kpda anaknya? Padahal apa yg di pikirkan tidak seburuk yg dilakukan ust.
Lalu bagaimana menyikapinya?
Diomelin terus ada capenya ust. Mau ngelakuin hal yg baik tapi ada ajah salah yg membuat mereka marah ust
Syukron
๐Ÿ”ทJawab:
Mungkin kita pernah melakukan sebuah kesalahan yg blm kita perbaiki.
Coba perbaiki kesalahan tsb, lalu buktikan & tunjukkan kpd ortu kita bahwa kita bs melakukan sesuatu dgn baik...
๐Ÿ™‹๐ŸปKlo ma ortu itu hrs dng tindakan n bukti nyata ya usat,,,
๐Ÿ‘ณ๐ŸฝBetullll
6⃣ Nurlaela
Asslmkm., mohon bertanya ustad... seringkali sy membuat orgtw terutama ibu meneteskan airmata mengenai jodoh ustad.. sy terlihat kuat, ibu menangis.. sy rapuh.. ibu semakin menangis.. dosa kah sy ustad?
Sy tdk bisa berbuat apa2.. sy hrs bersikap bgmn spy ibu tak menangis lg untk ini?๐Ÿ˜ฅ... mohon wejanganya ustad .. Trmksh ๐Ÿ™
๐Ÿ”ทJawab:
ูˆَุนَู„َูŠْูƒُู…ُ ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ
Mksdnya soal jodoh gmn mbak?
๐Ÿ™‹๐ŸปMksdny blm menikah usat,Blm mndptkn jodoh๐Ÿ˜ท
Jodoh kan kuasa Allah usat.. sy ga bis berbuat apa2 ๐Ÿ˜ท
๐Ÿ‘ณ๐ŸฝSdh coba diajukan k murobbi atau teman2 mbak?
Atau cb ibunya suruh bantu carikan...
๐Ÿ™‹๐ŸปSdh usat
7⃣ iMas
Assalamu'alaikum ustadz,
Ana imas dari sukabumi ..
Saya mempunyai teman bernama bela, bela sejak kecil dibuang oleh orang tua kandungnya. Bela mendapatkan orang tua angkat yang sangat baik dan mengurus bela sampai dewasa, ketika bela ingin silaturahmi ke orang tua kandungnya, bela malah di usir dan ayahnya terang2an bilang kalau "dia sengaja membuangnya dan ndak rugi kehilangan satu anak" sampai bela pun merasa tidak di anggap sama sekali ..
Ana ingin bertanya :
1. Kalau bela melakukan dosa yang ke bawa dosa orang tua angkat apa orang tua kandung?
2. Bagaimana hukumnya kalau bela tidak mau silaturahmi atau bersikap cuek sama orang tua kandungnya ?
Terimakasih ustad ..
๐Ÿ”ทJawab:
1. Kalau si Bela sdh menjadi muklif (dewasa), maka dosanya Bela tanggung sendiri...
2. Kalau memang ortu sdh melakukan hal spt itu, sebaiknya cari waktu dan momen yg tepat utk silaturahmi k mereka lagi
ูˆَ ุงู„ู„ّٰู‡ُ ุฃَุนْู„َู…ُ ุจِุงู„ุตَّูˆَّุงุจ
8⃣ Nurkholifah
Jika seorang ayah dan ibunya perpisah ,
Dan seorang ayah tidak boleh anak nya bertemu sma ibu nya
Sebagai seorang ibu harus gimna agar bsa bertmu anak nya?
Ayah nya kkeh tidak boleh telfon pun klo tau di ambil matiin,,
๐Ÿ”ทJawab:
๏ปปَ ุญَูˆْู„َ ๏ปญَ๏ปปَ ๏ป—ُ๏ปฎَّุฉ ๏บِ๏ปปَّ ๏บ‘ِ๏บŽ๏ปŸ๏ป ّ๏ปช
Perbanyak doa dan minta tolong ke Allah ๏ทป saja bu... ๐Ÿ˜ข
Semoga Allah ๏ทป mudahkan urusannya.
9⃣ Tuti
aslkm.bagaimna cara menjelaskan kepada ibu.bahwa jodoh itu sdh ditetapkan.sama Allah.krn terkadang krn ibu sering mendengarkan perkataan dari tetangga jadi sedih dan sering.sekali mgkn krn putus asa.saya disuruh menyetujui pinangan siapa saja tanpa melihat akhlah atau agamanya.apa yang harus saya lakukan.saya takut krn secara mgkn doanya terkabul.padahal saya cari suami memilih yg baik akhlak dan agama.agar bisa membimbing saya.apakah saya salah ustad.apa yg harus saya lakukan?
๐Ÿ”ทJawab:
ูˆَุนَู„َูŠْูƒُู…ُ ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ
Coba minta pelajaran hidup dr ibunya mbak.
Tanya bagaimana dlu proses awal ibu ketemu ayah, hingga sampe menikah...
Nanti in syaa Allah ๏ทป ada banyak pelajaran dari situ yg bs kita ambil hikmahnya.
1⃣0⃣ Reni
Masya Allah materinya bikin sedih๐Ÿ‘๐Ÿ˜ญ.... ana mau tanya ustadz baru kemarin teman ana sharing ttg ibunya ibunya kurang suka sama suaminya karena dikira ga ada penghasilan padahal suaminya kerja walaupun hasil ga tetap tapi si ibunya tetap aja ga suka karena kerjaannya trus temanku ini posisinya serba salah harus turuti suami atau ibunya? soalnya ibu temanku ini punya sifat yg keras setau ana klo di Islam kan istri itu harus turut kata suaminya..... malah ibunya suka banding" temanku dengan adiknya yg kasih uangnya lebih banyak tapi temanku lebih milih diam dia ga mau sakiti hati ibu dan suaminya makanya walaupun lagi kekurangan dia ga mau sampai ortunya tahu soalnya anak" temanku yg pegang ibunya....temanku domisili bekasi ibunya indramayu.... trus apa yg harus temanku lakukan supaya ga menyakiti hati dan ngimana caranya meluluhkan hati ibunya?klo ana saranin ke temanku banyak" berdoa saja supaya ibunya mendapat hidayah Allah maha mebolak balikan hati... khawatir saran ana malah salah jadi lebih ahsan ana tanya ke ustadz
syukron๐Ÿ™‡๐Ÿป๐Ÿ™‡๐Ÿป๐Ÿ™‡๐Ÿป
๐Ÿ”ทJawab:
Sarannya mbak Reni sudah benar in syaa Allah ๏ทป...
Upayakan jangan trlalu sering komunikasi dgn ibu kalau mmg bgitu sifatnya.
Trus jagalah kehormatan suaminya, jgn sesekali menjatuhkan apalagi merendahkannya...
1⃣1⃣ Tirta
Assalamualaikum ustad..mw nanya
Bagaimana cara mengembalikan senyum ortu kita ustad,semenjak adik saya di panggil ama yg maha kuasa..mama saya sering melamun dan susah untuk tersenyum..kadang² beliau nangis tiba² dan juga pernah ampe pingsan..klo saya bertanya beliau malah bertambah sedih..jadi mw gk mw terpaksa saya biar kan saja..
Bagaimana supaya mama bisa tersenyum lagi?
Saya harus berbuat apa jika mama lagi dalam kesedihan yg mendalam?
Trmksh ๐Ÿ™
๐Ÿ”ทJawab:
Coba mbaknya perbanyak tilawah (baca quran) di rumah.
Karena dgn tilawah, setan di dalam rumah akan minggat, shingga suasana rumah akan terasa adem dan menenangkan, in syaa Allah ๏ทป...
Jangan lupa trus doakan orang tuanya...
๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐Ÿ”ท๐Ÿ”ท๐Ÿ”ท๐ŸŒธ๐ŸŒธ
PeNuTuP
Mari kita tutup dg beristighfar...
Astaghfirullohal adzim...
Mengucap hamdallah bersama...
Alhamdulillahirabbil'alamiin...
Dan Do'a Khafaratul Majelis...
ุณุจุญุงู†ูƒ ุงู„ู„ู‡ู… ูˆุจุญู…ุฏูƒ ุฃุดู‡ุฏ ุงู†
ู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุฃู†ุช
ุฃุณุชุบูุฑูƒ ูˆุขุชูˆุจ ุฅู„ูŠูƒ
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaaillaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik...
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel