Recent in Fashion

Best Seller Books

Ada Cinta di Rumah Rasulullah


OLeh : Ustadz Rudiawan Sitorus

Ada Cinta di Rumah Rasulullah
Cinta bukan ungkapan kata-kata indah...
Dia bahasa jiwa...
penyubur tanah yang tandus...
Menghidupkan kembali jiwa-jiwa yang tlah lama mati...
Hadirnya...membuatmu tertawa, menangis haru..
Bahkan kadang ia tak nyata...
Tapi semua cinta terkmpul pd KEPERCAYAAN...
(Ustazd Cinta)
Namun pecinta tertinggi dengan kemuliaan tertinggi adalah Rasulullah SAW
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيراً
“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”.
(QS: Al Ahzab [33] : 21).
Rumah tangga Rasulullah pnuh dengan cinta.Istri-istri dan anak-anak Rasulullah saw mrasakan dekap2 cinta yang hangat.
Sosoknya yang santun dan tatapannya pnuh dgn kasih sayang.
Ketika aisyah ra brtanya tentang pribadi rasulullah selama bersamanya, ia mngatakan : Kaana kullu amrihi ‘ajaba (Semua tentangnya menakjubkan !).
Semua kbrsamaan dgn Rasulullah pnuh cinta.
Mengapa pribadi Rasulullah pnuh cinta dan menakjubkan ?
Mari kita telurusi khidupan Rasulullah d dalam rumahnya...
Tidur dalam satu selimut bersama isteri :
Dari Atha bin Yasar. “ Sesungguhnya Rasulullah saw dan ‘Aisyah ra biasa mandi bersama dalam satu bejana. Ketika beliau sedang berada dalam satu selimut dengan ‘Aisyah , tiba-tiba ‘Aisyah bangkit. Beliau kemudian bertanya “ mengapa engkau bangkit ?” ‘Aisyah menjawab “ Karena aku sedang Haidh, wahai Rasulullah . Kemudian Rasulullah berkata “ Kalau begitu, pergilah, lalu berkainlah dan dekatlah kembali denganku” Akupun masuk lalu berselimut bersama beliau.”
( HR Sa’id bin Manshur )
2. Mandi bersama Isteri.
Dari ‘Aisyah ra , ia berkata. “ Aku biasa mandi bersama Rasulullah dengan satu bejana. Kami biasa bersama-sama memasukkan tangan kami ( kedalam bejana)”
( HR. ‘Abdurrazaq dan Ibnu Abu Syaibah )
3. Memberi wangi-wangian pada aurat .
‘Aisyah berkata, “ Sesungguhnya Nabi saw apabila meminyaki badannya beliau memulai dari auatnya dan mengolesinya dengan nurah ( sejenis bubuk pewangi ), dan isterinya meminyaki bagian lain seluruh tubuhnya.”
( HR Ibnu Majah )
4. Disisir Isteri .
Dari ‘Aisyah ra ia berkata. “ Aku biasa menyisir rambut Rasulullah saw , saat itu aku sedang haidh “. ( HR.Ahmad )
5. Meminta isteri meminyaki badannya.
Dari ‘Aisyah ra , ia berkata , “ Saya meminyaki badan Rasulullah saw pada hari raya ‘Idul Adha setelah beliau melakukan jumrah ‘aqabah .”
( HR Ibnu ‘Asakir )
6. Minum bergantian pada tempat yang sama.
Dari ‘Aisyah dia berkata ,” Saya biasa minum dari mud yang sama ketika haidh, lalu Rasulullah mengambil mud tersebut dan meletakkan kemulutnya ditempat saya meletakkan mulut saya, lalu beliau minum, kemudian saya mengambil mud, lalu saya menghirup isinya, kemudian beliau mengambil dari saya , lalu beliau meletakkan mulutnya pada tempat saya meletakkan mulut saya , lalu beliaupun menghirupnya.”
( HR.’Abdurrazaq dan Sa’id bin Manshur ).
7. Membelai isteri .
Dari ‘Aisyah ra , “ Adalah Rasulullah saw tidaklah setiap hari melainkan beliau mesti mengelilingi kami isterinya seorang demi seorang. Beliau menghampiri dan membelai kami dengan tidak mencampuri kami hingga beliau singgah ketempat isteri yang beliau giliri waktunya , lalu beliau bermalam ditempatnya.”
( HR. Ahmad )
8. Mencium isteri
Dari ‘Aisyah ra , “ bahwa Rasulullah saw biasa mencium isterinya setelah wudhu’ kemudian beliau sholat dan tidak mengulangi wudhu’nya”
( HR.’Abdurrazaq ).
Dari Hafshah, puteri ‘Umar ra “ sesungguhnya Rasulullah saw biasa mencium isterinya sekalipun sedang puasa.” HR.Ahmad .
9. Tiduran dipangkuan isteri
Dari ‘Aisyah ra ia berkata, “ Rasulullah saw biasa meletakkan kepalanya dipangkuanku walaupun aku sedang haidh, kemudian beliau membaca Al-Qu’an.” ( H ‘Abdurrazaq )
10. Makan Sepiring Berdua
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam juga suka memakan dan meminum berdua dari piring dan gelas istri-istrinya tanpa merasa risih atau jijik.
Dari ‘Aisyah RA, ia berkata: “Saya dahulu biasa makan his (sejenis bubur) bersama Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wassalam .“ (HR. Bukhori dalam Adabul Mufrod)
11. Memanggil dengan Panggilan Kesayangan
Aisyah ra juga takkan lupa saat Rasulullah saw memanggilnya dengan panggilan kesayangan “Humaira” (yang pipinya kemerah-merahan). Sebuah panggilan yang benar-benar mampu membuat pipi Aisyah bersemu merah jambu. Malu dan salah tingkah. Sementara di dalam rumah, potret romantis Aisyah bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam lebih menakjubkan.
🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸
📚TaNYa JaWaB📚
0⃣1⃣ Phity
Kasih sayang dgn keluarga itu kan bisa ditunjukkan juga dgn bercanda dgn yg disayangi...
bgmana cara bercanda rosul thd istri2nya
💜Jawab:
Rasulullah itu suka bercanda dengan istrinya, tapi canda Rasulullah itu slalu benar bukan dusta.
Suatu saat saudah istri Rasulullah datang k rumah madunya yaitu aisyah,
Aisyah memasak roti yg d lumuri mnyak samin dan tepung , Aisyah mngatakan pd saudah "makan lah..".Saudah mngatakan "aku tdk lapar...".
Aisyah kesal ... lalu melumuri wajah saudah dgn tepung...
Melihat itu Rasulullah tersnyum...lalu mngambil tepung dan mlumuri wajah aisyah...sambil tertawa ...mreka pun bermain tepung...
dengan tertawa...
Kecmburuan brubah menjadi keakraban...(diriwatkan oleh ibnu abi dunya)
0⃣2⃣ Amy
Bagaimana cara menghadapi calon suami yang sifatnya sensitif mudah cemburu, gampang emosi tapi dia ga mau nunjukin secara langsung (cuma ngode2 aja 😂)
terus gimana cara menghadapi calon ibu mertua yang agak bawel..
💜Jawab:
Cemburu itu tanda cinta...bersyukur lah...
sebab jika sdh tdk cmburu malah itu tanda tak ada rasa, alhmdllah pnya calon ibu mrtua yg agak bawel...berarti dia pnya prhatian lebih...
orangtua itu suka di dengrkan, jadilah pndengar yg baik maka kita kan merebut cintanya...
0⃣3⃣ Tari
Ustad , td yg ke 8. Rasulullah saw biasa cium istri stelah wudhu , itu cium kening apa cium rambut kepala atau apa ?
Trs biasanya kalo liat di pilem pilem itu lho kalo abis solat berjamaah , suaminya cium kening istri itu ngga batal ya ustad ? 😁
💜Jawab:
Inilah sbg dalil tdk batalnya wudhu brsntuhan dng istri. Mencium d sini...
mencium yg tdk mngndang nafsu...
sbb brbhayya jika ciumannya mengundang nafsu...ntar ngak jadi sholat k mesjid...😁
0⃣4⃣ Yanti
Bagaimana kalau dalam 1 rumah itu pada emosian tadz?
Langkah apa yang harus diambil?
💜Jawab:
Emosi itu bersumber dari setan.maka apabila marah sgera sadari kita sedang di kuasai setan...telan amarah kita ganti dengan senyuman...😊
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إذا غضب الرجل فقال : أعوذ بالله سكن غضبه
“Jika seseorang marah, lalu dia mengatakan: a’udzu billah (aku berlindung pada Allah), maka akan redamlah marahnya.” (As Silsilah Ash Shohihah no. 1376. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih)
Api tidak bisa dipadamkan dengan api...api bisa dipadamkan dengan air yg sejuk...
0⃣5⃣ iNdah
Keluarga Rasulullah contoh kluarga ideal dan idaman...di dalamnya ada saling..faktanya banyak kluarga yg tidak merujuk ksana...
ada suami yg menuntut istri menjadi istri yg sholehah tunduk dan patuh pd suami tetapi suami tdk pernah berkaca apakah suami sudah melaksanakan kewajibannya...
bgaimna dgn kondisi sperti itu tadz..
suami yg bgaimana yg hrs kita taati,menghadapi suami yg selalu menuntut istri!!
💜Jawab:
Mari mematut diri tidak menuntut diri....jika masing2 pasangan mematut diri "patutkah aku d cintai, di taati, di hormati" , sehingga masing2 mmbrikan yg trbaik pd pasangannya bukan mnuntut pasangannya.
Suami yg slalu mnuntut istrinya karena kbrsamaan yg blum trbangun.
Membngun kebersamaan, makan romantis, mandi brsma dan brcanda brsama...itu akan mlkatkan hbungan emosional...
akan mncul rasa sprti satu tubuh...
0⃣6⃣ Mitha
Bila seorang istri tdk hormat pd suami dan mertua, sering berkata kasar apa msh bisa dipertahankan?'
💜Jawab:
Berikan nasihat yg baik, pisah tmpat tidur, libatkan pihak ke 3 yg bijaksana...
berdoalah pada Allah sang pemilik hati...agar Allah mmbuka dan mlmbutkan hatinya...
bersabar dgn kburukan itu lbh baik...
Allah brsama orang2 yg sabar...
0⃣7⃣ Nufus
Ustadz, Apa seorang istri Rasulullah pernah marah trhadap Rasulullah??
Marah krna apa?? Dan bagaimana memperbaiki nya agar tidak trlalu lama marah nya?
💜Jawab:
Bagaimana istri2 Rasulullah mau marah...smua yg ada pd Rasulullah menkjubkan...
mereka marah hnya krn cemburu...
0⃣8⃣ Dewi
Ustadz, gimana mengatasi rasa bosan?
Tiap pagi cium tangan, kening, pipi.. rutin, kadang pura2 sibuk biar gak usah pake acara cium2 kl suami mau brkt kerja.
Boleh gak gitu?
💜Jawab:
Kebosanan itu muncul krna cinta yg sudah mlai kering...luangkan waktu brdua...untuk mrajut kmbali benang2 cinta, brsyukurlah suami mau mncium...itu kadang tdk d daptkan wanita2 yg lain...
kadang itu trasa indah...
ktika ia tlah pergi...
0⃣9⃣ Nani
Apakah ada doa khusus tuk menjaga keharmonisan rumah tangga seperti rumah tangga Rasululloh SAW??
💜Jawab:
Berdoa saja dengan bahasa jiwa...
apa yg d rasakan curhatkan sama...
Allah sang pengenggam jiwa...
1⃣0⃣ Siska
Bagaimana menghadapi orang yang berkata2 kasar dalam keluarga.
Padahal sudah sering diberi tau. Selain itu sudah sambil beristighfar?
💜Jawab:
Seseorang akan membrikan apa yg ia pnya...
Jika yg ada dlm dirinya kkasaran itulah dirinya...maka kita tnjukan bhwa kita brbeda...
Kita tetap brlaku bijaksana dan lemah lembut...
1⃣1⃣ Arika
Ustadz bgmn cara agar cinta kpd suami tetap terjaga walaupun kita semakin tahu dg kelemahan2 /kekurangan2 suami..?
💜Jawab:
Tidak ada yg smpurna...lihat btp sabarnya aisyiah mnghdapi suaminya fir'aun...dan suami ibu bukanlah fir'aun...
Dibalik kekurangan ada klbhannya...
Fokus pd klbhannya...
Mawar itu indah di lihat jika kita fokus pd bunganya bukan durinya...
1⃣2⃣ Amy
Ustad bagaimana cara mengatasi rasa marah dan cemburu ala para istri nabi??
Bagaimana para istri nabi berperilaku??
💜Jawab:
Kalau mau mgtasi marah dn cmburu sprti istri nabi harus di poligami dulu...😁
Mereka istri2 nabi juga manusia sm sprti ibu...
Ketika mrka marah dan cmburu Rasulullah menenangkannya...
Mengatakan “Sesungguhnya marah berasal itu dari syetan, dan syetan itu di ciptakan dari api, sedangkan api itu bisa dipadamkan dengan air.
Oleh karena itu apabila seseorang dari kalian marah, maka hendaklah ia berwudhu.”
[H.R. Abu Dawud dari Ummu Athiyah]
1⃣3⃣ Adinda Rindu
Jika dalam suatu hubungan ketika kepercayaan sudah terkoyak ,apakah mash perlu di pertahankn ato lebih baik di bubarkan sajah!!
💜Jawab:
Sebenarnya ia bukan terkoyak...
Tapi justru kepercayaan itu sedang tumbuh bersemi...butuh waktu...kadang mnyakitkan...
Seperti kepompong yg akan mnjadi kupu2 yg indah...sabar dengan kekurangan2...
itulah ksmpurnaan...
Bertahan lah krna kuncupnya akan segera kembang dan berbunga...
🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸
📚CLoSiNG STaTeMeNT📚
Cinta itu hadir bila benih2 cinta itu di pupuk...dirawat...dan dijaga..."yang tidak menyayangi tidak akan disayangi".
Fokuslah pada cinta yg kita beri ...
jangan pernah fokus pada cinta yg ia beri...
TEBARLAH lah benih2 cinta sebnyaknya...
kita kan MENUAI bunga2 cinta dan buah2 cinta yg ranum...
🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸
📚PeNuTuP📚
_Semoga pertemuan kita menjadi silaturahmi yang barokah... Mendapatkan Ridho dari Allah. aamiin.._
```Dan marilah kita sejenak berdoa sebagai penutup acarara kajian ini dengan membaca lafaz syukur...```
Hamdalah
الْحمد لّله رب الْعالميْن
Istighfar
أسْتغْفر الّله الْعظيْم
Doa kafaratul majelis
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Subscribe Our Newsletter

avatar
"Dengan berbicara di belakang, berarti kau cukup menghargai keberadaanku untuk tidak bertingkah di depan mukaku."

Related Posts

Tidak postingan yang terkait.

Iklan Atas Artikel

Iklan Parallax

PASANG IKLAN ADSENSE
DISINI
YANG SUDAH DIPARSE

Iklan Tengah Artikel

Iklan Bawah Artikel